Semangat Sholat Tahjjud

of 14 /14
KEUTAMAAN QIYAMULLAIL “SHOLAT TAHAJJUD”

Embed Size (px)

description

Persentasi semangat Tahajjud oleh ahmad firdaus semoga bermanfaat dan barokah

Transcript of Semangat Sholat Tahjjud

Page 1: Semangat Sholat Tahjjud

KEUTAMAAN QIYAMULLAIL

“SHOLAT TAHAJJUD”

Page 2: Semangat Sholat Tahjjud

QS AL ISRO : 79

“DAN PADA SEBAHAGIAN MALAM HARI, KERJAKANLAH SHOLAT TAHAJUD SEBAGAI

SUATU IBADAH TAMBAHAN BAGIMU, MUDAH-MUDAHAN ROBB-MU MENGANGKAT

KAMU KE TEMPAT YANG TERPUJI”

Page 3: Semangat Sholat Tahjjud

YOU KNOW….

SHOLAT TAHAJUD SANGAT BESAR MANFAATNYA, SELAIN MANFAAT DI AKHIRAT SEBAGAI SUATU IBADAH, SHOLAT TAHAAJUD JUGA SANGAT BERMANFAAT DI DUNIA

MANFAAT SHOLAT TAHAJJUD

ORANG-ORANG SHOLEH ZAMAN DAHULU TEKUN MENJALANKANNYA, BAIK PADA MUSIM PANAS MAUPUN MUSIM DINGIN. MEREKA MEMANDAG SEOLAH-OLAH SHOLAT TAHAJJUD ITU ADALAH SUATU YANG WAJIB

JIKA TERLEWATKAN SEKALI SAJA, MEREKA MENGANGGAP ITU SEBAGAI MUASIBAH YANG BESAR

Page 4: Semangat Sholat Tahjjud

ADAKAH MANFAAT SHOLAT TAHAJJUD BAGI TUBUH

UNTUK MENJAGA KESEHATAN

“TIDAK DIRAGUKAN LAGI, SHOLAT TAHAJUD MENJADI TERAPI PENGOBATAN TERBAIK DARI BERBAGAI MACAM PENYAKIT. KARENA ITU, ORAG-ORANG YANG MEMBIASAKAN DIRI UNTUK TAHAJJUD AKAN MEMILIKI DAYA TAHAN TUBUH SEHINGGA TAK MUDAH TERSERANG PENYAKIT”

Page 5: Semangat Sholat Tahjjud

APA SUMBERNYA………..?

RASULULLAH ‘ALAIHI SHOLATU WASALAM BERSABDA……..

“LAKUKANLAH SHOLAT MAAM KARENA ITU ADALAH TRADISI ORANG-ORANG SHOLEH SEBELUM KALIAN, SARANA MENDEKATKAN DIRI KEPADA ALLOH TA’ALA, PENCEGAH DARI PERBUATAN DOSA, PEGHAPUS DARI KESALAHAN DAN PENCEGAH SEGALA MACAM PENYAKIT DARI TUBUH”

(HADIST RIWAYAT TIRMIDZI)

Page 6: Semangat Sholat Tahjjud

SHOLAT TAHAJJUD MENJAGA KETAMPANAN ATAU KECANTIKAN

MELALUI TERAPI SHOLAT TAHAJJUD , SESEORANG DAPAT MERAIH APA YANG DIDAMBAKANNYA TANPA

MENGELUARKAN BIAYA SEPESERPUN, YAITU , JAMINAN KETAMPANAN ATAU KECANTIKAN YANG DIHASILKAN

DARI SHOLAT TAHAJJUD , TIDAK TERBATAS PADA TAMPILAN LAHIR SAJA, TAPI JUGA KETAMPANAN ATAU

KECANTIKAN BATHIN

Page 7: Semangat Sholat Tahjjud

HISTORY……

• ADA YANG BERKATA PADA AL HASAN AL BASHRI , "BEGITU MENAKJUBKAN ORANG YANG SHALAT MALAM SEHINGGA WAJAHNYA NAMPAK BEGITU INDAH DARI LAINNYA." AL HASAN BERKATA, "KARENA MEREKA SELALU BERSENDIRIAN DENGAN AR RAHMAN -ALLAH TA'ALA-. JADINYA ALLAH MEMBERIKAN DI ANTARA CAHAYA-NYA PADA MEREKA."

• ABU SULAIMAN AD DARINI BERKATA, "ORANG YANG RAJIN SHALAT MALAM DI WAKTU MALAM, MEREKA AKAN MERASAKAN KENIKMATAN LEBIH DARI ORANG YANG BEGITU GIRANG DENGAN HIBURAN YANG MEREKA NIKMATI. SEANDAINYA BUKAN KARENA NIKMATNYA WAKTU MALAM TERSEBUT, AKU TIDAK SENANG HIDUP LAMA DI DUNIA." (LIHAT AL LATHOIF 47 DAN GHODZAUL ALBAAB 2: 504)

Page 8: Semangat Sholat Tahjjud

SHOLAT TAHAJJUD DAPAT MENINGKATKAN PRODUKTIVITAS KERJA

YANG BERBASIS SPRITUALITAS

MENINGKATKAN KEMAMPUAN

SUMBER DAYA MANUSIA YANG HANDAL

• INTELEKTUAL

• EMOSIONAL

• SPIRITUAL

Page 9: Semangat Sholat Tahjjud

SABDA RASULULLAH ‘ALAIHI SHOLATUWASSALAM

“SETAN MEMBUAT PADA TENGKUK SALAH SEORANG DIANTARA KALIAN KETIKA TIDUR DENGAN TIGA IKATAN DAN SETIAP KALI MEMASANG IKATAN DIA BERKATA, ‘MALAM MASIH PANJANG, MAKA TIDUR’. JIKA ORANG TADI BANGUN LALU BERZIKIR KEPADA ALLOH TA’ALA TERLEPASLAH SATU IKATAN , JIKA DIA BERWUDHU , TERLEPASLAH SAU IKATAN YANG LAINNYA, DAN JIKA DIA MELAKSANAKAN SHOLAT , TERLEPASLAH SEMUA IKATANNYA, PADA AKHIRNYA DIA MENJADI SEGAR (PRODUKTIF) DENGAN JIWA YANG BERSIH . JIKA TIDAK, DIA AKAN BANGUN DENGAN JIWA YANG KOTOR YANG DILIPUTI RASA MALAS.”

(HR BUKHORI)

Page 10: Semangat Sholat Tahjjud

MEMPERCEPAT TERCAPAINYA CITA-CITA

DAN RASA AMAN

SELAIN DENGAN USAHA IKHTIAR) SECARA MAKSIMAL GUNA MENCAPAI CITA-CITA DAN RASA AMAN, SESEORANG HENDAKNYA MEMBIASAKAN DIRI DENGAN SHOLAT

TAHAJJUD DAN DO’A YANG MENGIRINGI TAHAJJUD AKAN DIKABULKAN OLEH YANG MAHA MENGABULKAN

Page 11: Semangat Sholat Tahjjud

SABDA RASULULLAH ‘ALAIHI SHOLATUWASSALAM

“KETAHUILAH SEUNGGUHNYA ALLOH TERTAWA MELIHAT DUA ORANG LAKI-LAKI: SESEORANG YANG BANGUN PADA MALAM YANG DINGIN DARI RANJANG DARI SELIMUTYA LALU DIA BERWUDHU DAN MELAKUKAN SHOLAT , ALLOH TA’ALA BEFIRMAN KEPADA MALAIKATNYA ‘APA YANG MENDORONG HAMBA-KU MELAKUKAN INI ?, MEREKA MENJAWAB : ‘WAHAI ROBB KAMI, IA MELAKUKAN INI, KARENA IA MENGHARAP APA YANG ADA DISISI-MU’, ALLOH TA’ALA BERFIRMAN ‘ SESUNGGUHNYA AKU TELAH MEMBERIKAN KEPADANYA APA YANG DIHARAPKAN (CITA-CITAKAN) DAN MEMBERI RASA AMAN DARI APA YANG IA TAKUTKAN”

(HR AHMAD)

Page 12: Semangat Sholat Tahjjud

MOTIVATION……

• IMAM AHMAD BERKATA, "TIDAK ADA SHALAT YANG LEBIH UTAMA DARI SHALAT LIMA WAKTU (SHALAT MAKTUBAH) SELAIN SHALAT MALAM." (LIHAT AL MUGHNI 2/135 DAN HASYIYAH IBNU QOSIM 2/219)

• TSABIT AL BANANI BERKATA, "SAYA MERASAKAN KESULITAN UNTUK SHALAT MALAM SELAMA 20 TAHUN DAN SAYA AKHIRNYA MENIKMATINYA 20 TAHUN SETELAH ITU." (LIHAT LATHOIF AL

MA'ARIF 46). JADI TOTAL BELIAU MEMBIASAKAN SHALAT MALAM SELAMA 40 TAHUN. INI BERARTI SHALAT MALAM ITU BUTUH USAHA, KERJA KERAS DAN KESABARAN AGAR SESEORANG TERBIASA MENGERJAKANNYA.

Page 13: Semangat Sholat Tahjjud

MOTIVATION……

• ADA YANG BERKATA PADA IBNU MAS'UD, "KAMI TIDAKLAH SANGGUP MENGERJAKAN SHALAT MALAM." BELIAU LANTAS MENJAWAB, "YANG MEMBUAT KALIAN SULIT KARENA DOSA YANG KALIAN PERBUAT." (GHODZAUL ALBAAB, 2/504)

• LUKMAN BERKATA PADA ANAKNYA, "WAHAI ANAKKU, JANGAN SAMPAI SUARA AYAM BERKOKOK MENGALAHKAN KALIAN. SUARA AYAM TERSEBUT SEBENARNYA INGIN MENYERU KALIAN UNTUK BANGUN DI WAKTU SAHUR, NAMUN SAYANGNYA KALIAN LEBIH SENANG TERLELAP TIDUR." (AL JAAMI'

LI AHKAMIL QUR'AN 1726)

Page 14: Semangat Sholat Tahjjud

QS AL ISRO : 79

“DAN PADA SEBAHAGIAN MALAM HARI, KERJAKANLAH SHOLAT TAHAJUD SEBAGAI

SUATU IBADAH TAMBAHAN BAGIMU, MUDAH-MUDAHAN ROBB-MU MENGANGKAT KAMU

KE TEMPAT YANG TERPUJI”