RPP PAI Kelas X_bab. 3_2013

6
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP) Nama Sekolah : SMA N 2 BATANG Mata Pelajaran : Pendidikan Agama Islam Kelas : X/I Materi Pokok : Iman Kepada Allah SWT (Asmaul Khusna : Al Kariim, Al Mu’min, Al Wakiil, Al Matiin, Al Jaami’ dan Al ‘Adl, dan Al Akhir) Alokasi Waktu : 3 X 3 Jam Pelajaran A. Kompetensi Inti KI 1 : Menghargai dan menghayati ajaran agama yang dianutnya. KI 2 : Menghargai dan menghayati perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, peduli (toleransi, gotong royong), santun, percaya diri dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam dalam jangkauan pergaulan dan keberadaannya. KI 3 : Memahami pengetahuan (faktual, konseptual, dan prosedural) berdasarkan rasa ingin tahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya terkait fenomena dan kejadian tampak mata. KI 4 : Mencoba, mengolah, dan menyaji dalam ranah konkret (menggunakan, mengurai, merangkai, memodifikasi, dan membuat) dan ranah abstrak (menulis, membaca, menghitung, menggambar, dan mengarang) sesuai dengan yang dipelajari di sekolah dan sumber lain yang sama dalam sudut pandang/teori. B. Kompetensi Dasar dan Indikator Pencapaian Kompetensi No . Kompetensi Dasar Indikator Pencapaian Kompetensi 1 . 1.1. Berpegang teguh kepada Al Qur’an, Hadits dan Ijtihad sebagai pedoman hidup. 2 . 2.1. Menunjukkan perilaku Iman Kepada Allah SWT (Asmaul Khusna : Al- Kariim, Al -Mu’min, Al- Wakiil, Al- Matiin, Al Jaami’ dan Al ‘Adl, dan Al -Akhir) 3 3.1.Menganalisis Asmaul Menyebutkan arti Asmaul Khusna (Al-

Transcript of RPP PAI Kelas X_bab. 3_2013

Page 1: RPP PAI Kelas X_bab. 3_2013

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP)

Nama Sekolah : SMA N 2 BATANGMata Pelajaran : Pendidikan Agama IslamKelas : X/IMateri Pokok : Iman Kepada Allah SWT (Asmaul Khusna : Al Kariim, Al Mu’min, Al Wakiil, Al

Matiin, Al Jaami’ dan Al ‘Adl, dan Al Akhir)Alokasi Waktu : 3 X 3 Jam Pelajaran

A. Kompetensi Inti

KI 1 : Menghargai dan menghayati ajaran agama yang dianutnya.KI 2 : Menghargai dan menghayati perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, peduli (toleransi, gotong

royong), santun, percaya diri dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam dalam jangkauan pergaulan dan keberadaannya.

KI 3 : Memahami pengetahuan (faktual, konseptual, dan prosedural) berdasarkan rasa ingin tahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya terkait fenomena dan kejadian tampak mata.

KI 4 : Mencoba, mengolah, dan menyaji dalam ranah konkret (menggunakan, mengurai, merangkai, memodifikasi, dan membuat) dan ranah abstrak (menulis, membaca, menghitung, menggambar, dan mengarang) sesuai dengan yang dipelajari di sekolah dan sumber lain yang sama dalam sudut pandang/teori.

B. Kompetensi Dasar dan Indikator Pencapaian Kompetensi

No. Kompetensi Dasar Indikator Pencapaian Kompetensi

1. 1.1. Berpegang teguh kepada Al Qur’an, Hadits dan Ijtihad sebagai pedoman hidup.

2. 2.1. Menunjukkan perilaku Iman Kepada Allah SWT (Asmaul Khusna : Al- Kariim, Al -Mu’min, Al- Wakiil, Al- Matiin, Al Jaami’ dan Al ‘Adl, dan Al -Akhir)

3. 3.1.Menganalisis Asmaul Khusna (Al- Kariim, Al -Mu’min, Al- Wakiil, Al- Matiin, Al Jaami’ dan Al ‘Adl, dan Al -Akhir).

3.2.Memahami makna Asmaul Khusna (Al- Kariim, Al -Mu’min, Al- Wakiil, Al- Matiin, Al Jaami’ dan Al ‘Adl, dan Al -Akhir).

Menyebutkan arti Asmaul Khusna (Al- Kariim, Al -Mu’min, Al- Wakiil, Al- Matiin, Al Jaami’ dan Al ‘Adl, dan Al -Akhir).

Menjelaskan kandungan Asmaul Khusna (Al- Kariim, Al -Mu’min, Al- Wakiil, Al- Matiin, Al Jaami’ dan Al ‘Adl, dan Al -Akhir).

Menyebutkan manfaat dan khikmah Asmaul Khusna (Al- Kariim, Al -Mu’min, Al- Wakiil, Al- Matiin, Al Jaami’ dan Al ‘Adl, dan Al -Akhir), dan menerapkannya dalam kehidupan.

Menjelaskan manfat dan khikmah Asmaul Khusna (Al- Kariim, Al -Mu’min, Al- Wakiil, Al- Matiin, Al Jaami’ dan Al ‘Adl, dan Al -Akhir), dan menerapkannya dalam kehidupan.

4. 4.1.Berperilaku yang mencontohkan keluhuran budi, tokoh pendirian, pemberi rasa aman,

Menjelaskan hukum membaca Asmaul Khusna (Al- Kariim, Al -Mu’min, Al- Wakiil, Al- Matiin, Al Jaami’ dan Al ‘Adl, dan Al -Akhir).

Page 2: RPP PAI Kelas X_bab. 3_2013

tawakal dan perilaku adil sebagai implementasi dari pemahaman makna Asmaul Khusna (Al- Kariim, Al -Mu’min, Al- Wakiil, Al- Matiin, Al Jaami’ dan Al ‘Adl, dan Al -Akhir).

C. Tujuan PembelajaranPertemuan Pertama

Setelah mengikuti proses pembelajaran peserta didik diharapkan dapat:1. Menganalisis isi kandungan Asmaul Khusna (Al- Kariim, Al -Mu’min, Al- Wakiil, Al- Matiin, Al

Jaami’ dan Al ‘Adl, dan Al -Akhir).2. Memahami manfaat dan khikmah Asmaul Khusna (Al- Kariim, Al -Mu’min, Al- Wakiil, Al- Matiin,

Al Jaami’ dan Al ‘Adl, dan Al -Akhir), dan menerapkannya dalam kehidupan.Pertemuan KeduaSetelah mengikuti proses pembelajaran peserta didik diharapkan dapat: 1. Membaca bacaan teks tentang Asmaul Khusna (Al- Kariim, Al -Mu’min, Al- Wakiil, Al- Matiin, Al

Jaami’ dan Al ‘Adl, dan Al -Akhir), dan menerapkannya dalam kehidupan.2. Mengidentifikasi makna bacaan teks tentang Asmaul Khusna (Al- Kariim, Al -Mu’min, Al- Wakiil, Al-

Matiin, Al Jaami’ dan Al ‘Adl, dan Al -Akhir)

Pertemuan KetigaPeserta didik diharapkan mampu menghafal bacaan teks Asmaul Khusna (Al- Kariim, Al -Mu’min, Al- Wakiil, Al- Matiin, Al Jaami’ dan Al ‘Adl, dan Al -Akhir).

D. Materi PembelajaranPertemuan Pertama1. Kandungan makna Asmaul Khusna (Al- Kariim, Al -Mu’min, Al- Wakiil, Al- Matiin, Al Jaami’ dan Al

‘Adl, dan Al -Akhir).2. Manfaat dan khikmah Asmaul Khusna (Al- Kariim, Al -Mu’min, Al- Wakiil, Al- Matiin, Al Jaami’ dan

Al ‘Adl, dan Al -Akhir).

Pertemuan Kedua1. Bacaan Asmaul Khusna (Al- Kariim, Al -Mu’min, Al- Wakiil, Al- Matiin, Al Jaami’ dan Al ‘Adl, dan

Al -Akhir).2. Makna Bacaan teks Asmaul Khusna (Al- Kariim, Al -Mu’min, Al- Wakiil, Al- Matiin, Al Jaami’ dan Al

‘Adl, dan Al -Akhir).

Pertemuan KetigaHafalan bacaan teks Asmaul Khusna (Al- Kariim, Al -Mu’min, Al- Wakiil, Al- Matiin, Al Jaami’ dan Al ‘Adl, dan Al -Akhir).

E. Metode Pembelajaran1. Metode Saintifik dengan pendekatan CTL2. Contextual Teaching and Learning3. Direct Intruction ( Model Pengajaran langsung)

F. Media, Alat, dan Sumber Pembelajaran

1. Mediaa. Video pembelajaranb. CD Pembelajaran

2. Alat a. Komputerb. LCD Proyectorc. Papan tulis

Page 3: RPP PAI Kelas X_bab. 3_2013

3. Sumber Belajar1. Buku PAI Kelas X Kemdikbud2. Buku lain yang menunjang3. Multimedia interaktif dan internet

G. Langkah-Langkah Kegiatan PembelajaranPertemuan Pertama

1. Pendahuluan (15 menit)a. Memberi salam dan memulai pelajaran dengan mengucapkan basmalah dan kemudian berdoa

bersama. b. Peserta didik menyiapkan kitab suci al-Qur’an c. Secara bersama bertadarus al-Qur’an (selama 5-10 menit)d. Menjelaskan secara singkat materi yang akan diajarkan dengan kompetensi inti dan kompetensi

dasar serta indikator yang akan dicapai.e. Menanyakan materi yang pernah diajarkan (Appersepsi).

2. Kegiatan inti (90 menit)1) Mengamati :

Mencermati bacaan teks tentang Asmaul Khusna (Al- Kariim, Al -Mu’min, Al- Wakiil, Al- Matiin, Al Jaami’ dan Al ‘Adl, dan Al -Akhir).

Menyimak penjelasan materi di atas melalui video atau media lainnya.

2) Menanya : Mengapa Allah SWT memiliki nama yang begitu banyak? Apa yang harus dilakukan oleh umat islam terkait nama-nama Allah SWT yang indah itu.

3) Mengumpulkan informasi (mengeksplorasi): Peserta didik mendiskusikan makna dan contoh perilaku keluhuran budi, kokoh pendirian,

pemberi rasa aman,tawakal dan perilaku adil sebagai implementasi dari pemahaman makna asmaul khusna (Al- Kariim, Al -Mu’min, Al- Wakiil, Al- Matiin, Al Jaami’ dan Al ‘Adl, dan Al -Akhir).

Guru mengamati perilaku keluhuran budi, kooh pendirian, pemberi rasa aman, tawakal dan perilaku adil melalui lembar pengamatan lembar di sekolah

Guru berkolaborasi dengan orang tua untuk mengamati perilaku keluhuran budi, kokoh pendirian, pemberi rasa aman, tawakal dan perilaku adil dirumah.

4) Mengasosiasi: Membuat kesimpulan materi diatas.

5) Mengkomunikasikan: Mempresentasikan atau menyampaikan hasil diskusi tentang materi diatas.

3. Penutup (15 menit)a. Pendidik meminta agar para peserta didik sekali lagi membaca asmaul khusna (Al- Kariim, Al -

Mu’min, Al- Wakiil, Al- Matiin, Al Jaami’ dan Al ‘Adl, dan Al -Akhir) sebagai penutup materi pembelajaran.

b. Pendidik meminta agar para peserta didik membiasakan membaca asmaul khusna (Al- Kariim, Al -Mu’min, Al- Wakiil, Al- Matiin, Al Jaami’ dan Al ‘Adl, dan Al -Akhir).

c. Pendidik menutup atau mengakhiri pelajaran tersebut dengan membaca hamdalah/do’a.d. Pendidik mengucapkan salam kepada para peserta didik sebelum keluar kelas dan peserta didik

menjawab salam.

H. Penilaian1. Sikap

a. Teknik Penilaian : b. Bentuk Instrumen : c. Instrumen :

Page 4: RPP PAI Kelas X_bab. 3_2013

No Aspek Pengamatanselalu sering jarang

tidak pernah

skor 4 skor 3 skor 2 skor 11 Kerjasama

2 Mengkomunikasikan pendapat

3 Toleransi

4 Keaktifan

Pedoman penskoran : Skor yang diperoleh----------------------------- X 100 = ---------Skor maksimal

2. Pengetahuan a. Teknik Penilaian : b. Bentuk Instrumen : c. Instrumen :

1. HafalkanBacaan teks Asmaul Khusna (Al- Kariim, Al -Mu’min, Al- Wakiil, Al- Matiin, Al Jaami’ dan Al ‘Adl, dan Al -Akhir).

2. Salinlah Bacaan teks Asmaul Khusna (Al- Kariim, Al -Mu’min, Al- Wakiil, Al- Matiin, Al Jaami’ dan Al ‘Adl, dan Al -Akhir).

Pedoman penskoran : 1 soal mendapat skor ....Setiap no. (1 dan 2) di jawab benar sempurna di beri skor 25Setiap no. (1 dan 2) di jawab benar tidak sempurna di beri skor 20Setiap no. (1 dan 2) di jawab mendekati benar di beri skor 15Setiap no. (1 dan 2) di jawab salah di beri skor 5Setiap no. (1 dan 2) tidak di jawab di beri skor 0Skor makimal 4x25 = 100

3. Keterampilan a. Teknik Penilaian : b. Bentuk Instrumen : c. Instrumen :

Aspek yang dinilai

Indikator kemampuan Nilai Paraf Guru

Membaca Kejelasan dalam ucapan

Menulis Menulis dengan baik dan benar

Menghafal Kelancaran dalam hafalan

Batang, November 2013

Mengetahui, Guru Mata PelajaranKepala Sekolah PAI dan Budi Pekerti,

Drs. HERRY SOEMIARTO AM ALIYYAH,S.Pd.INIP. 19551215 197903 1 011 NIP.