Rks Pergunas 2014-2015

download Rks Pergunas 2014-2015

of 27

Transcript of Rks Pergunas 2014-2015

BAB IPENDAHULUAN

A. LATAR BELAKANG

Sekolah sebagai lembaga pendidikan yang berfungsi mencerdaskan peserta didik wajib dikelola dengan sebaik-baiknya agar potensi sumber daya manusia dapat digali dan dimanfaatkan secara efektif untuk mencapai tujuan sekolah yang telah ditetapkan. Pengelolaan tersebut bersifat menyeluruh dan terpadu agar efektivitas sumber daya manusia dapat diaplikasikan dalam kegiatan pengelolaan sekolah dengan mengacu pada prinsip-prinsip manajemen modern. Ketertinggalan yang selama ini menjadi bagian dari pengelolaan sekolah harus diinovasi dengan kemajuan baik dalam bidang akademik maupun non akademik dan administrasi persekolahan.

Salah satu upaya mencapai hal tersebut adalah menyusun suatu program atau rencana pengembangan sekolah yang baik dan bermutu, yang tertuang dalam Rencana Kerja Sekolah (RKS). RKS yang berlaku setahun terus diubah setiap pergantian tahun pelajaran, hal ini sejalan dengan tuntutan masyarakat dan kemajuan ilmu pengetahuan dan teknologi. RKS merupakan suatu pedoman, petunjuk arah, dan penggerak yang menentukan semua aktivitas yang ada di sekolah. Bermutu atau tidaknya suatu kegiatan sekolah sangat tergantung pada Rencana Kerja yang dibuat. Apabila Rencana Kerjanya baik maka kegiatan-kegiatan sekolahnya pun akan baik, dan begitu pula sebaliknya apabila Rencana Kerjanya tidak bermutu maka sudah barang tentu kegiatan-kegiatan sekolahnya tidak akan bermutu pula. RKS ini sangat berkaitan dengan ketercapaian tujuan pendidikan. Semua kegiatan yang dilakukan di sekolah adalah merupakan realisasi dari RKS yang telah disusun, semua itu harus bermuara pada satu titik yakni tercapainya tujuan sekolah dan tujuan pendidikan sebagaimana yang diharapkan.Berkaitan dengan uraian di atas maka Rencana Kerja SMA Gita Kirtti 2 Tahun Pelajaran 2014/2015 ini disusun, dengan harapan arah pengembangan sekolah setahun ke depan lebih terarah dan terencana sehingga dapat mencapai tujuan yang diharapkan.B. DASAR PEMIKIRAN

Dasar pemikiran dalam penyusunan Rencana Kerja Sekolah (RKS) SMA Gita Kirtti 2 Tahun Pelajaran 2014/2015 adalah :

1) Undang-undang Pendidikan Nasional beserta peraturan pelaksanaannya Nomor 20 Tahun 2003.

2) Peraturan Pemerintah Republik Indonesia Nomor 19 Tahun 2005 tentang Standar Nasional Pendidikan.

3) Peraturan Menteri Pendidikan Nasional Nomor 22 Tahun 2006 tentang Standar Isi untuk Satuan Pendidikan Dasar dan Menengah.

4) Peraturan Menteri Pendidikan Nasional Nomor 23 Tahun 2006 tentang Standar Kompetensi Lulusan untuk Satuan Pendidikan Dasar dan Menengah.5) Peraturan Menteri Pendidikan Nasional Nomor 24 Tahun 2006 tentang Pelaksanaan Permendiknas Nomor 22 Tahun 2006 dan Nomor 23 Tahun 2006.

6) Peraturan Menteri Pendidikan Nasional Nomor 16 Tahun 2007 tentang Standar Kualifikasi Akademik dan Kompetensi Guru.7) Peraturan Menteri Pendidikan Nasional Nomor 19 Tahun 2007 tentang Standar Pengelolaan Pendidikan.

8) Peraturan Menteri Pendidikan Nasional Nomor 20 Tahun 2007 tentang Standar Penilaian Pendidikan.

9) Peraturan Menteri Pendidikan Nasional Nomor 24 Tahun 2007 tentang Standar Sarana dan Prasarana Pendidikan.

10) Peraturan Menteri Pendidikan Nasional Nomor 41 Tahun 2007 tentang Standar Proses untuk Satuan Pendidikan Dasar dan Menengah.11) Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Nomor 54 Tahun 2013 tentang Standar Kompetensi Lulusan.12) Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Nomor 64 Tahun 2013 tentang Standar Isi.13) Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Nomor 65 Tahun 2013 tentang Standar Proses.14) Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Nomor 66 Tahun 2013 tentang Standar Penilaian.15) Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Nomor 69 Tahun 2013 tentang Kerangka Dasar dan Struktur Kurikulum Sekolah Dasar dan Menengah.16) Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Nomor 81a Tahun 2013 tentang implementasi kurikulum.C. TUJUAN RENCANA KERJA SEKOLAHRencana Kerja Sekolah disusun dengan tujuan :

1) Petunjuk dan pedoman dalam setiap kegiatan sekolah selama satu tahun.2) Bahan evaluasi.

3) Meningkatkan efektivitas dan efisiensi serta memanfaatkan seluruh potensi yang tersedia semaksimal mungkin.4) Tolak ukur keberhasilan dan ketidakberhasilan dalam mengelola sekolah selama tahun.5) Pedoman dalam meningkatkan mutu akademik, non akademik, administrasi sekolah dan pengambilan kebijakan.6) Bahan untuk mengajukan usulan pendanaan dan pengembangan sekolah.D. SASARAN RENCANA KERJA SEKOLAHSasaran Rencana Kerja Sekolah pada Tahun 2014/2015 secara khusus adalah upaya :

1. Peningkatan Sumber Daya Manusia 2. Peningkatan sarana dan prasarana sesuai dengan kemampuan yang dimiliki oleh sekolah. Sasaran Rencana Kerja secara umum adalah makin kondusifnya sekolah sebagai Pusat Kegiatan Belajar Mengajar menuju sekolah yang berkualitas. BAB IIVISI. MISI DAN TUJUAN SMA GITA KIRTTI 2A. VISITerwujudnya warga sekolah yang cerdas, terampil, berakhlak mulia serta berwawasan IPTEK dan IMTAQ.

B. MISI1. Meningkatkan disiplin yang tinggi.

2. Meningkatkan profesionalisme kerja.

3. Meningkatkan prestasi akademis dan non akademis.

4. Meningkatkan kegiatan keagamaan.

5. Meningkatkan jumlah siswa yang diterima PTN/PTS favorit serta mampu mengisi / menciptakan lapangan kerja.

6. Meningkatkan kebersamaan dan kepedulian terhadap sekolah.

7. TUJUAN1. Melaksanakan pembinaan ketakwaan terhadap Tuhan Yang Maha Esa.2. Melaksanaan kegiatan pembelajaran yang efektif.3. Mengembangkan kompetensi peserta didik dalam bidang iptek.4. Menghasilkan lulusan yang mampu berkompetisi secara nasional. 5. Memberikan pembinaan kepada peserta didik untuk melanjutkan pendidikan ke jenjang yang lebih tinggiBAB III KONDISI SEKOLAHA. KONDISI OBJEKTIF SEKOLAH

SMA Pergunas 1 terus menerus mengadakan pengembangan, baik dari segi fisik maupun non fisik. Dalam segi fisik misalnya, Yayasan Pergunas sedang mengupayakan agar gedung SMA Gita Kirtti 2 menjadi tempat belajar yang nyaman dan memenuhi standar minimal sarana dan prasarana yang telah ditetapkan oleh pemerintah. Dalam segi non fisik, salah satu yang dilakukan adalah peningkatan Sumber Daya Manusia, misalnya dengan meningkatkan kompetensi pendidik dan tenaga kependidikan agar dapat melaksanakan tugas pokok dan fungsinya secara maksimal. Peran serta masyarakat dalam memajukan sekolah juga sangat penting. Masyarakat sebagai stockholder telah banyak memberikan sumbangan baik secara material maupun non material, yaitu berupa kritik dan saran yang membangun bagi kemajuan SMA Gita Kirtti 2. Hal ini merupakan ukuran objektif di mana sekolah telah menjadi bagian yang urgen bagi masyarakat sekitarnya. Kondisi-kondisi tersebut merupakan modal utama dalam mengembangkan sekolah menjadi lembaga pendidikan yang bermutu dan sejajar dengan sekolah-sekolah lain. Tentu saja di balik keunggulan tersebut masih terdapat beberapa kelemahan, diantaranya adalah keterbasaan finansial, karena untuk mengembangkan SMA Gita Kirtti 2 yang saaat ini masih dalam tahap merintis sebuah sekolah yang berkualitas, diperlukan dana yang tidak sedikit. B. PROFIL SEKOLAH SMA Gita Kirtti 2 terletak di Jl. Sunter Jaya IV/2, Kelurahan Sunter Jaya, Kemayoran Jakarta Pusat, yang secara geografis terletak di Kelurahan Sunter Jaya, Kecamatan Kemayoran Jakarta Pusat, mudah dijangkau dari segala arah dengan berbagai alat transportasi. C. ANALISA KONDISI INTERNALHasil analisa kondisi internal di SMA Gita Kirtti 2 adalah sebagai berikut :NOPOTENSI/

KOMPONENKEKUATANKELEMAHANKESIAPAN

1Standar IsiDokumen kurikulum tersedia lengkap, yaitu :1. Kurikulum SMA Gita Kirtti 2(Dokumen 1).2. Dokumen SK, KD, Silabus, dan RPP Kelas XII.RPP untuk Kelas X dan XI (dokumen 2) yang menggunakan Kurikulum 2013 belum lengkap untuk semua mata pelajaran dan jenjang kelas.Secara bertahap melengkapi dokumen 2, yaitu RPP Kelas XI dan XII.

2Pendidik

1. 90% guru berkualifikasi S-1 dan sebagian melanjutkan S-2.2. 70% guru telah tersertifikasi1. Beberapa guru mengampu mata pelajaran tidak sesuai dengan latar belakang pendidikannya.

2. Masih ada guru yang secara teknis kurang mampu menerapkan TIK dalam proses pembelajaran.Peningkatan kemampuan guru untuk mengembangkan proses pembelajaran yang menerapkan TIK

3Tenaga KependidikanPendidikan minimal SMK1. Sebagian Tata Usaha merangkap guru maple.2. Tupoksi belum dilaksanakan secara maksimalMengefektifkan tenaga TU yang ada

4Peserta Didik

1. Kemampuan akademik rendah

2. Motivasi belajar rendah

3. Karakter lemah ditandai dengan :

kurang percaya diri; semangat berdaya saing kurang; dan orientasi masa depan siswa belum terarah4. Mayoritas peserta didik berasal dari keluarga kurang mampu. Sekolah berupaya membekali & mengembang- kan potensi peserta didik melalui :

1. proses pembelajaran yg kondusif terhadap karakter building peserta didik.

2. mengoptimalkanprogram pembinaan karakter peserta didik dalam kegiatan pengembangan diri

4Orang tua/wali peserta didikOrang tua/wali peserta didik sepenuhnya mendukung program-program sekolah1. secara ekonomi kurang mampu2. kurang perhatian terhadap pendidikan anaknya1. Mengupayakan beasiswa

2. Mengadakan pendekatan secara personal kepada orng tua/wali

5Sarana Prasarana

1. Gedung milik sendiri2. Sekolah terletak di lokasi yang strategis3. Tersedianya ruang-ruang penunjang kegiatan belajar-mengajar (Laboratorium IPA, Ruang Laboratorium Komputer, Ruang perpustakaan, Tempat ibadah/Musholla)

1. Sekolah terletak satu komplek dengan keluarga yayasan, sehingga mengganggu kenyamanan belajar2. Laboratorium IPA belum terpisah (Fisika, Kimia, Biologi)3. Beberapa ruang penunjang ukurannya tidak sesuai dengan standar sarpras.4. Sarana di beberapa ruang penunjang kurang memadai.1. Mengadakan pendekatan dengan pihak yayasan agar aktifitas keluarga tidak mengganggu proses KBM2. Mengoptimalkan ruang-ruang dan perlengkapan yang ada

3. Mengusahakan pengadaan laboratorium IPS, karena program yang ada si sekolah adalah IPS

4Pembiayaan

Sekolah diberikan hak penuh oleh yayasan untuk mengelola pembiayaan sekolahSekolah mengalami kesulitan dalam membiayai pengembagan sekolah, karena hanya mengandalkan sumber pembiayaan dari :1. SPP peserta didik

2. Bantuan pemerintah (BOS, BOP, BSM)Perlu mencari sumber-sumber dana yang lain, misalnya dari :1. BAZIS

2. Program CSR instansti pemerintah/ swasta

5Komite SekolahAda kepedulian komite sekolah terhadap peningkatan mutu pendidikan Komite sekolah belum mengetahui sepenuhnya tentang peran dan fungsi komite sekolah dalam mendukung program-program sekolahMengadakan Raker dan membangun komunikasi antara pihak yayasan, sekolah, dan komite sekolah.

D. DATA KEADAAN GURU, KARYAWAN DAN SISWA SMA GITA KIRTTI 2DATA GURU

NOJENISJENIS KELAMINPANGKAT/GOLMASA KERJA

LPJMLGOL.IIIGOL.IV 5 TH5 20 TH 20 THJML

1PNS---------

2Guru Tetap5813---11213

3Guru Bantu-22---2-2

4Guru Honor-22--2--2

Jumlah 51217--213217

DATA PEGAWAI

NOJENISJENIS KELAMINPANGKAT/GOLMASA KERJA

LPJMLGOL.IIIGOL.IV 5 TH5 20 TH 20 THJML

1Pegawai Tetap112---112

2Pegawai Kontrak---------

3Pegawai Honor2-2---2-2

Jumlah314--314

DATA SISWA

NOKELASJUMLAH SISWAKELOMPOK USIAPENGHASILAN ORANG TUA/WALI

14-16 TH17 TH500.000500.000-1 JUTA1 S.D. 3 JUTA3 JUTA

1X32158524

2XI IPS238108-3

3XII IPS2199747

JUMLAH372720614

NOKELASJUMLAH ROMBELJUMLAH SISWASTATUS PEKERJAAN ORANG TUA/WALIJUMLAH

LPJMLPNSTNI/POLSWASTAWIRASWASTAPENSIUNANLAIN-LAIN

1X1321-107-623

2XI IPS123--98-421

3XII IPS121--710-1027

JUMLAH31-2625-2071

E. GURU DAN KEBUTUHAN MENURUT MATA PELAJARAN

NOMATA PELAJARANYANG ADA*KEBKURLEBKETERANGAN

GTGTT

1Pendidikan Agama Islam1-1---

2Pendidikan Agama Kristen-11---

3Pend. Kewarganegaraan1-1---

4Bahasa Indonesia1-1---

5Bahasa Inggris1-1---

6Matematika2-2---

7Fisika ------

8Kimia 1-1---

9Biologi ------

10Sejarah 1 -1---

11Geografi -11---

12Ekonomi 1-1---

13Sosiologi 1-1---

14Penjasorkes1-1---

15Pendidikan Seni Budaya1-1

16TIK1-1---

17Bahasa Arab1-1---

18Muatan Lokal1-1---

19Bimbingan Konseling1--1--

Jumlah114141--

KETERANGAN

*GT = Guru Tetap

GTT = Guru Tidak Tetap Keb = kebutuhan Kur = kurang

Leb = lebih

F. PERSONIL PENDIDIK DAN TENAGA KEPENDIDIKAN NONAMAJABATANKETERANGAN

1Edi Djuhaedi BAKepala Sekolah-

2Sutji Hartati S. Pd Wakasek Bid. Kurikulum-

Guru MP Matematika Kls XI IPS, XII IPS

3Chadis Susanto BAGuru MP :

1. Penjasorkes

2. P. Seni BudayaKls X, XI IPS, XII IPS

Kls X, XI IPS, XII IPS

4Sri Mulyaningsih, S.PdGuru MP PKNKls. X, XI IPS, XII IPS

5Sunarti, S. PdGuru MP SejarahKls. X, XI IPS, XII IPS

Guru MP SosiologiKls. X, XI IPS

6Suryanti, S. PdGuru MP Bahasa InggrisKls. XI IPS, XII IPS

7Sumiaty, S.pdGuru MP KimiaKls. X IPS, XI IPS

8Susilowati, S. KomGuru MP :

1. TIK

2. MULOKKls. XII IPS

3. PrakaryaKls. X, XI IPS

9Nurhidayati, S. PdGuru MP Bahasa IndonesiaKls. X, XI IPS, XII IPS

10Akni Widorini, S. PdGuru MP GeografiKls. XII IPS

11Septi Bintarti, SEGuru MP :

1. Ekonomi Kls X, XI IPS, XII IPS

2. SosiologiKls. XII IPS

3. Geografi Kls. X, XI IPS

12Supardi, S.PdIGuru MP Bahasa InggrisKls. X

13Arifin, S.PdIGuru MP Pend. Agama IslamKls. X, XI IPS, XII IPS

Guru MP Bahasa ArabKls. XII IPS

14Ardiansyah, S. SiGuru MP MatematikaKls. X

STAF TATA USAHA

1Sarim, S.PdKepala TU

2SugianiBendahara

3SutrisnoPegawai

OPERATOR KOMPUTERTeguh Riyanto, S. Pd.

KORDINATOR LABORATORIUM

1Lab. IPADra. Marie Kindangen

2Lab. KomputerLulu Zikrullah, S.Pd.

PETUGAS PERPUSTAKAANMakrup E.

WALI KELAS

1Sumiaty, S. PdKls. X-

2Arifin, S. PdIKls. XI IPS-

3Sutji Hartati, S. PdKls. XII IPS-

GURU PIKET

1Sri Mulyaningsih, S. PdSenin-

2Sutji Hartati, S. PdSelasa-

3Rabu-

4Chadis Susanto, BAKamis-

5Arifin, S. PdIJumat-

6Septi Bintarti, SESabtu-

PEMBINA OSIS

1Pembina Osis Prajok, S.Pd.-

2Pembina MadingSri Mulyaningsih, S. PdI-

3Pembina RohisIlham, S.HIIslam

4Pembina RokrisPrajoko, S.PdKristen

5Pembina Bulu TangkisChadis Susanto BA-

7Pembina PramukaDrs. Adi Purwianto-

G. TIM PENGEMBANG KURIKULUM

NOTIM PENGEMBANG KURIKULUMNAMAKETERANGAN

1Penanggung JawabEdi Djuhaedi BAKasek

2Ketua Sutji Hartati S. PdWakasek Bid. Kurikulum

3Sekretaris Sunarti, S. PdGuru

3Bid. Pengembangan SilabusArifin, S.PdIGuru

4Bid. Pengembangan ITSusilawati, S.KomGuru

5Bid. Pemberdayaan MGMP-LabSumiaty, S.PdGuru

6Bid. HumasChadis Susanto, BAWakasek Bid. Kesiswaan

H. KEADAAN DAN PEMBAGIAN TUGAS KARYAWANNONama KaryawanTugasStatusKebutuhanKekurangan

TTT

1Sarim, S.Pd.Ka. TU1-

2SugianiKepegawaian-11-

Kesiswaan-11

Surat-menyurat

3Teguh Riyanto, S.PdOperator-11-

Penerima Uang Komite

4Maruf Effendhy, S.Pd.Perpustakaan-11-

5SutrisnoPerlengkapan-11-

Kebersihan

I. PEMBAGIAN TUGAS DAN BEBAN MENGAJAR GURUNONAMABIDANG STUDIMENGAJAR KELASJML JAM

1Ilham , S. HIPendidikan AgamaX, XI, XII9

Bahasa ArabXII2

2Sri Mulyaningsih, S.PdPend. KewarganegaraanX, XI, XII6

3Nurhidayati Bahasa IndonesiaX, XI, XII12

4Suryanti, S. PdBahasa InggrisXI, XII9

5Supardi S. PdIBahasa InggrisX5

6Sutji Hartati, S.PdMatematikaXI, XII8

7Sunarti, S. PdSejarah X, XI, XII12

sosiologiX, XI7

8Septi Bintarti, SEEkonomi

Sosiologi

Geografi X, XI, XIIXIIX, XI1147

9Akni WidoriniGeografi XII4

11Sumiaty, S. PdKimia X, XI6

12Chadis Susanto BAPend. Seni BudayaX, XI, XII6

Pend. Jasmani, Olahraga dan KesehatanX, XI, XII8

13Susilawati, S.KomTIK

MULOK

Prakarya XIIXIIX, XI22

4

14Ardiansyah, S. SiMatematika X4

BAB IVRENCANA KERJA SEKOLAHProgram Kerja SMA Gita Kirtti 2 disusun dengan mempertimbangkan kondisi sekolah dan hasil analisisa SWOT (kekuatan, kelemahan, peluang dan ancaman) agar sasaran dan program pengembangan sekolah dalam satu tahun ke depan lebih realistis dan konsisten dengan prinsip-prinsip pengelolaan pendidikan yang efektif, efisian, akuntabel, dan demokratis. Dalam bab ini dikemukakan hasil pengembangan program sekolah, yang mencakup telaah mengenai: A. Sasaran RKS;

B. Jadwal Rencana Kegiatan.A. Sasaran RKS Sasaran digunakan sebagai panduan dalam menyusun program dan kegiatan yang akan dilakukan dalam waktu 1 (satu) tahun. Dalam menetapkan sasaran, sekolah telah melakukan analisis kesiapan sekolah untuk mencapai sasaran tersebut. Berdasarkan hasil analisis tersebut, maka ditetapkan sasaran pengembangan program sebagai berikut :

a) Pengembangan dan penyempurnaan kurikulumb) Peningkatan Sumber Daya Manusiac) Pemeliharaan dan Pengembangan Sarana dan Prasaranad) Pengelolaan dan Pembinaan Kesiswaan

e) Pembinaan kemitraan dengan orang tua siswa dan masyarakatf) Pelaksanaan dan pengembangan Program 7 (tujuh) Kg) Pengembangan Organisasi dan Manajemen.h) Pengelolaan KeuanganSetelah menetapkan sasaran, sekolah menetapkan program-program yang perlu dikembangkan. Program merupakan pernyataan yang berisi kesimpulan dari satu atau beberapa alternatif pemecahan tantangan utama yang memiliki karakteristik yang saling mendukung, saling tergantung, dan saling berkaitan untuk mencapai suatu tujuan yang sama.Untuk mengetahui keberhasilan apakah program / sasaran yang ditetapkan berhasil atau tidak, maka dirumuskan beberapa indikator keberhasilan. Indikator keberhasilan yang dirumuskan, berkaitan dengan proses dan/atau hasil akhir. Setelah indikator keberhasilan ditetapkan, langkah berikutnya adalah merumuskan kegiatan-kegiatan yang perlu dilakukan di sekolah. Kegiatan pada dasarnya merupakan tindakan-tindakan yang akan dilakukan di dalam program untuk memecahkan tantangan yang dihadapi sekolah.

a. Penyusunan dan Penyempurnaan Kurikulum

1. Dokumen Kurikulum

1.1. Penyusunan dan penyempurnaan Kurikulum SMA Gita Kirtti 21.2. Pendokumentasian Standar Isi (KI dan KD) Kurikulum 2013 untuk semua Mata Pelajaran1.3. Pengadaan dokumen referensi yang berkaitan dengan kurikulum 2013 (panduan, regulasi-regulasi)2. Perangkat Pembelajaran

2.1. Menyusun Program Tahunan, Program Semester dan Rincian Alokasi Waktu berdasarkan Kalender Pendidikan

2.2. Menyusun analisis Kompetensi Inti (KI) dan Kompetensi Dasar (KD)

2.3. Menyusun dan menyempurnakan Silabus dan RPP semua mata pelajaran

3. Perangkat Penilaian

3.1. Menetapkan KKM setiap mata pelajaran

3.2. Menyusun sebaran dan kisi-kisi soal menjelang Ulangan Semester Ganjil dan Genap serta Ujian Sekolah

3.3. Menyusun soal Ulangan Harian, Ulangan Tengah Semester (UTS), Ulangan Semester Gajil dan Semester Genap serta Ujian Sekolah (US)

3.4. Menyusun analisis hasil ulangan/ujian.3.5. Menyusun Program Remedial

3.6. Menyusun Program pengayaan

4. Pelaksanaan Kegiatan belajar (KBM)

4.1. Melaksanakan pembelajaran sesuai dengan Kurikulum SMP Pergunas

4.2. Melaksanakan pembelajaran yang memungkinkan siswa memperoleh pengalaman belajar melalui program pembiasaan untuk mencari informasi/pengetahuan lebih lanjut dari berbagai sumber belajar.4.3. Mengadakan tambahan jam belajar atau Pendalaman Materi (PM), khususnya bagi siswa Kelas IX

4.4. Melaksanakan Program Pengayaaan5. Evaluasi

5.1. Menyusun Pedoman penilaian

5.2. Melaksanakan Ulangan Harian minimal 2x per semester

5.3. Mengadakan Ulangan Tengah Semester Ganjil 2x dalam satu tahun

5.4. Melaksanakan Ulangan Semester Ganjil

5.5. Melaksanakan Ulangan Akhir Semester (UAS)/Ulangan Kenaikan Kelas

5.6. Melaksanakan Program Remedial

5.7. Menyusun Kriteria Kelulusan

5.8. Melaksanakan Ujian Praktik

5.9. Melaksanakan Ujian Sekolah

5.10. Melaksanakan Ujian Nasional

6. Pelaporan Hasil Ulangan dan Ujian

6.1. Guru melaporkan hasil ulangan dan hasil ujian kepada Wali Kelas

6.2. Wali Kelas melaporkan hasil penilaian afektif kepada Guru Bimbingan Konseling

6.3. Sekolah menyampaikan Laporan hasil Belajar (LHB) Siswa kepada orang ta/wali minimal 2x per semester

b. Program peningkatan Sumber Daya Manusia

1. Pembinaan dan Peningkatan Prestasi

1.1. Terhadap Guru Tetap dan Tidak Tetap Rapat Permulaan Tahun Ajaran Baru

Pembagian tugas mengajar dan tugas-tugas tambahan

Mengirimkan guru untuk mengikuti MGMP, baik tingkat Kota Administrasi Jakarta Pusat atau Provinsi

Mengadakan supervisi kelas

Mengadakan Rapat Evaluasi sebagai tindak lanjut supervisi

Mengadakan pembinaan terhadap guru dalam menyusun Perangkat Pembelajaran dan Perangkat Penilaian

Mengadakan pelatihan komputer bagi guru1.2. Terhadap Tenaga Kependidikan Memberikan tugas dan pengarahan

Mengadakan supervisi secara berkala

Memberikan pembinaan secara rutina) Pemeliharaan dan Pengembangan Sarana dan Prasarana

1. Renovasi

1.1. Bangunan Sekolah

1.2. Ruang Kelas

1.3. Ruang Perpustakaan

1.4. Musholla

1.5. Ruang Laboratorium Komputer

1.6. Pagar sekolah

1.7. Taman sekolah

2. Penambahan

2.1. Buku perpustakaan

Buku-buku referensi bagi guru dan siswa

Buku soal-soal latihan ulangan dan ujian

Buku-buku Panduan Pengembangan Kurikulum

Buku-buku fiksi yang berkualitas

Dll

2.2. Lapangan basket/volley

Dicat /dibuat batas/garis yang signifikan.2.3. Alat-alat dan bahan Laboratorium IPA

2.4. Meja/kursi belajarsesuai kebutuhan3. Pemeliharaan/Perawatan/Perbaikan1.1. Alat Laboratorium IPA

mikroskop

anatomi

cermin

cairan/bahan kimia

1.2. Alat-alat dan perlengkapan kantor

Komputer

Kipas angin

Ampliflayer

TV

Radio Tape

1.3. Ruang kelas

Meja/kursi belajar

1.4. Gedung Sekolah

Pengecatan Ruang Kelas

Pergantian Resplang gedungc. Pengelolaan dan Pembinaan Siswa1. Penerimaan Siswa Baru (PSB)

1.1. Membentuk Panitia PSB

1.2. Melaksanakan Masa Orientasi Siswa (MOS) bagi siswa baru

2. Administrasi Kesiswaaan2.1. Administrasi Sekolah

Mengisi Buku Induk

Mengisi Buku Klapper Mengisi buku mutasi siswa Memindahkan nilai setiap semester dari Legger2.2. Administrasi Wali Kelas

Menyusun legger setiap UTS dan UAS Menyerahkan Jurnal Kelas dan Buku Absensi Siswa kepada staf kurikulum setiap akhir tahun pelajaran

2.3. Administrasi Kelas

Menyusun Daftar Piket

Membuat Struktur Organisasi Kelas

Membuat denah tempat duduk

Mengisi Daftar Hadir siswa setiap hari

Mengisi Jurnal Kelas setiap hari

3. Pengembangan Keorganisasian Siswa

3.1. Pemilihan, pembentukan, dan pelantikan Pengurus OSIS

3.2. Menyusun Program OSIS

3.3. Menyelenggarakan LDKS

4. Pengembangan Kegiatan Ekstra Kurikuler (Ekskul)

4.1. Menyusun Program Ekskul

4.2. Melaksanakan Ekskul sesuai Program

5. Pembinaan Rohani

5.1. Perayaan hari hari besar Islam

5.2. Mengadakan Pesantren Kilat

5.3. Mengadakan Istighatsah dan doa bersama menjelang Ujian Nasional

5.4. Melaksanakan Ekskul ROHIS dan ROKRIS6. Pengembangan wawasan, pengetahuan dan keterampilan siswa

6.1. Mengadakan Karya Wisata (Wisata Education) ke beberapa museum

6.2. Menyusun laporan Karya Wisata

6.3. Mengadakan pelatihan membuat Bioporid. Pembinaan kemitraan dengan orang tua siswa dan masyarakat

1. Membentuk Pengurus Komite Sekolah

2. Menyusun Program Komite Sekolah bersama pengurus komite3. Rapat dengan Komite Sekolah dan Orang Tua/Wali siswa dalam rangka sosialisasi Program-Program Sekolah

4. Mengadakan Bakti Sosial (Baksos) di lingkungan sekolah

5. Bekerja sama dengan yayasan atau LSM dalam rangka pemberian beasiswa untuk menekan angka putus sekolah.

e. Pelaksanaan dan pengembangan Program 7 (tujuh) K

1. Keamanan

1.1. Pembinaan keamanan (bekerja sama dengan petugas keamanan di lingkungan sekolah, misalnya Polisi Kelurahan)

1.2. Razia Kelas 2. Kebersihan

2.1. Membuat Jadwal Piket Kelas2.2. Membudayakan Sabtu bersih2.3. Mengoptimalkan tugas pelaksana kebersihan (Pramubakti)2.4. Mengadakan lomba kebersihan

3. Ketertiban

3.1. Menyusun tata tertib bagi siswa, guru dan warga sekolah

3.2. Menyusun pedoman pemberian penghargaan dan sanksi bagi warga sekolah

3.3. Meningkatkan pengawasan dan pemeriksaan terhadap pelaksanaan tugas guru dan karyawan

4. Keindahan

4.1. Mengecat kembali bagian gedung yang kotor dan usang

4.2. Siswa bertanggung jawab untuk mengatur kelas masing-masing, sehingga tidak hanya bersih tapi juga indah

4.3. Membuat hijau lingkungan sekitar sekolah5. Kerindangan

5.1. Merawat tanaman dan tumbuhan yang sudah ada di lingkungan sekolah

5.2. Menambah tanaman baru di lahan yang masih kosong6. Kekeluargaan

6.1. Membentuk koperasi simpan pinjam, atas dasar saling tolong menolong

6.2. Mengadakan acara silaturahmi/Halal Bi Halal dengan seluruh warga sekolah dalam rangka Idul Fitri

6.3. Mengunjungi warga sekolah atau angtgotanya keluarganya yang sakit6.4. Membina hubungan baik dengan warga di sekitar lingkungan sekolah

7. Kesehatan

7.1. Melaksanakan Ekskul UKS

7.2. Berkerja sama dengan Puskesmas Kelurahan/Kecamatan untuk mengadakan penyuluhan kesehatan, menjelaskan tentang bahaya rokok dan Narkoba

f. Pengembangan Organisasai dan Manajemen1. Menyusun aturan-aturan dan tata tertib

2. Menyusun RKS dan RKAS Tahun 2014/20153. Menyusun Struktur Organisasi Sekolah

4. Menyusun pembagian tugas guru dan karyawan

5. Menyusun uraian tugas setiap pelaksana kegiatan6. Merapikan dokumen-dokumen administrasi guru, karyawan, siswa, daftar inventarisasi, cacatan dan laporan keuangan

7. Mengumpulkan dan mempelajari tugas-tugas guru, seperti hasil penyusunan perangkat pembelajaran dan penilaian, anbsensi dan daftar nilai siswa, laporan hasil remedial dan pengayaan, dan lain-lain

8. Mengadakan rapat evaluasi bulanan, semester dan tahunang. Pengelolaan Keuangan

1. Menerima dan mendayagunakan sumbangan dari orang tua sesuai dengan program, ketentuan dan kesepakatan2. Mengadakan musyawarah dengan Pengurus Komite Sekolah dan orang tua siswa dalam upaya menghimpun dana dan partisipasi aktif dari orang tua demi lancarnya program-program sekolah

3. Menerima dan membagikan honor kepada guru dan karyawan setiap awal bulan

4. Mencatat setiap penerimaan dan pengeluaran dan menyusun laporan secara periodikB. JADWAL PROGRAM KEGIATANPROGRAM KEGIATAN

SMA GITA KIRTTI 2TAHUN PELAJARAN 2014/ 2015NOBULANTANGGALKEGIATANKETERANGAN

SEMESTER 1

1.Juni 201426Rapat Pembentukan Panitia PPDBGuru, Karyawan

2.Juli 20145 6

9 10

11

11 13

14

18 25

26Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB)

Fungsionalisasi Ruangan

Hari pertama sekolah semester 1 /Awal Tahun Pelajaran 2011 2012

Masa Orientasi Siswa (MOS)

Rapat Pembagian Tugas

Penyusunan RKS dan RKASFinal Penyusunan data kelas VIIPanitia PPDB

Karyawan Kelas VII, VIIII, IXKelas VII

Kasek, Guru, Karyawan

KasekTata Usaha

3Agustus

20147

18 23

17

1 3

18 19

18 20

27 28

22 29

31

Penyerahan dan penandatanganan RPP

KBM dengan jadwal khusus

Upacara Bendera Hut RI ke 66

Libur Awal Puasa

Penyusunan Daftar 8355

Pesantren Kilat

Pengisian Kuesioner

Libur khusus Idul Fitri 1432 H

Mutasi SiswaGuru, Kasek

Guru, Karyawan, Siswa

Semua guru dan siswa

Semua guru dan siswa

Tata Uaha

Para Siswa dan Pembina

Tata usaha

Sekolah

Tata usaha, Kasek

4September20143 18

26 30

Supervisi Kelas

KBM sesuai jadwal Kasek, Guru Senior

Sekolah

5Oktober

20141 14

10 15

18 23

21KBM sesuai jadwal

Ulangan Tengah Smt.Gasal

Analisa hasil Ulangan Tengah Smt.Gasal dan RemedialPembagian Raport UTS GasalKelas VII, VIIII, IXKelas VII, VIIII, IXGuru dan SiswaWali Kelas, Kasek, Orang Tua Siswa

6Nopember

20141 18

22 27

22 27KBM sesuai jadwal

Supervisi Kelas

Penyusunan Naskah Soal Ulangan Smt GasalSekolah

Kls, Guru SeniorGuru

7Desember

20141 4

12 17

19 21

22

24

26 31Penggandaan Soal Ulangan Smt Gasal

Ulangan Umum Smt.Gasal

Remedial

Rapat Evaluasi KBM Semester Gasal

Pembagian Rapor Smt.Gasal

Libur Semester GasalPanitia

Kelas VII, VIIII, IXKelas VII, VIIII, IXKelas VII, VIIII, IXWali Kelas, ,Kasek, Orang Tua

Sekolah

SEMESTER 2

8Januari

20151

2 7

9

3 29

23 30

Tahun Baru 2012

Libur Semester Gasal

Hari Pertama Sekolah Semester.Genap

Pendalaman Materi UN

Try Out 1Sekolah

Kelas VII, VIIII, IXKls. IXKls. IX

9

Februari

20156 8

9 26

27 29Try Out 2

Pendalaman Materi UN

Try Out 3Kls. IXKls. IXKls. IX

10Maret

20159 25

1 8

12 17

19 21

24

26 31Pendalaman Materi

Ujian Praktik

Ulangan Tengah Smt.Genap

Remedial

Pembagian Raport UTS

Ujian SekolahKls. IXKls. IXKelas VII, VIIII, IXKelas VII, VIIII, IXWali Kelas, Orang tua siswa

Kls. IX

11April

20151 10

16 19Penyusunan Kisi-kisi dan Soal Ujian Sekolah

Perkiraan UNGuru Mata PelajaranKelas XII

12Mei

201526Perpisahan Kls. IX

13Juni

20151 6

7 11

11 18

20 - 25

30

Penyusunan soal Semester Genap

Penggandaan Soal

Ulangan Umum Semester Genap

Remedial

Pembagian Rapor Semester GenapGuru

Panitia

Kelas VII, VIIIIKelas VII, VIIIIGuru, Kasek, Wali Kelas

RKS SMAGita Kirtti 2 Tahun 2014/2015

9