Proposal Pele Pas an 20132014

7
BAB I PENDAHULUAN I.1. Latar Belakang Dengan berakhirnya proses belajar mengajar peserta didik tingkat akhir SMP, SMA dan SMK Wijaya Kusuma Tahun Pelajaran 2013/2014 di lingkungan Yayasan Wijaya Kusuma Mandiri, dipandang perlu adanya kegiatan pelepasan peserta didik tingkat akhir SMP, SMA, SMK Wijaya Kusuma dari lembaga pendidikan kepada orang tua peserta didik. Kegiatan penglepaan peserta didik merupakan kegiatan yang rutin dilaksanakan setiap akhir tahun pelajaran sebagai wujud pertanggung-jawaban lembaga kepada orang tua/wali peserta didik. Kegiatan penyelenggaraan pelepasan dilaksanakan berpedoman pada Program Kerja Kepala Sekolah. I.2. Tujuan Penyelenggaraan Pelepasan. Pelepasan peserta didik tingkat akhir di lingkngan Yayasan Wijaya Kusuma Mandiri, penyusunan proposal dan program kerja bertujuan : 1. Melaksanakan rasa kebersamaan dan kekeluargaan antara peserta didik dengan peserta didik, guru dengan peserta didik, guru dengan orang tua/wali peserta didik. 2. Sebagai wujud pertanggung-jawaban lembaga kepada orang tua yang telah menunaikan tugasnya. 3. Sebagai arah atau pedoman penyelenggaraan kegiatan. I.3. Dasar Kegiatan. 1. Program kerja Yayasan Wijaya Kusuma Mandiri. 2. Program kerja Lembaga SMP, SMA dan SMK Wijaya Kusuma. 3. Musyawarah Pengurus Yayasan, Kepala Sekolah, Wali Kelas, Dewan Guru, dan Karyawan 3

description

wisuda

Transcript of Proposal Pele Pas an 20132014

BABI

BAB I

PENDAHULUAN

I.1. Latar Belakang

Dengan berakhirnya proses belajar mengajar peserta didik tingkat akhir SMP, SMA dan SMK Wijaya Kusuma Tahun Pelajaran 2013/2014 di lingkungan Yayasan Wijaya Kusuma Mandiri, dipandang perlu adanya kegiatan pelepasan peserta didik tingkat akhir SMP, SMA, SMK Wijaya Kusuma dari lembaga pendidikan kepada orang tua peserta didik.

Kegiatan penglepaan peserta didik merupakan kegiatan yang rutin dilaksanakan setiap akhir tahun pelajaran sebagai wujud pertanggung-jawaban lembaga kepada orang tua/wali peserta didik. Kegiatan penyelenggaraan pelepasan dilaksanakan berpedoman pada Program Kerja Kepala Sekolah.

I.2. Tujuan Penyelenggaraan Pelepasan.

Pelepasan peserta didik tingkat akhir di lingkngan Yayasan Wijaya Kusuma Mandiri, penyusunan proposal dan program kerja bertujuan :

1. Melaksanakan rasa kebersamaan dan kekeluargaan antara peserta didik dengan peserta didik, guru dengan peserta didik, guru dengan orang tua/wali peserta didik.2. Sebagai wujud pertanggung-jawaban lembaga kepada orang tua yang telah menunaikan tugasnya.3. Sebagai arah atau pedoman penyelenggaraan kegiatan.

I.3. Dasar Kegiatan.

1. Program kerja Yayasan Wijaya Kusuma Mandiri.2. Program kerja Lembaga SMP, SMA dan SMK Wijaya Kusuma.3. Musyawarah Pengurus Yayasan, Kepala Sekolah, Wali Kelas, Dewan Guru, dan Karyawan4. Musyawarah antara Guru dengan Peserta Didik.14. Harapan Akhir.

1. Peserta didik yang telah dinyatakan alumni dapat memberikan kontribusi yang positif dalam meningkatkan silaturahmi.2. Peserta didik dapat terus mengenang begitu bermaknanya menjalani pendidikan di lingkungan Yayasan Wijaya Kusuma Mandiri.1.5. Tema Kegiatan.

Semangat menuntut ilmu dan kerja keras demi masa depan yang cerah BAB II

URAIAN KEGIATANA. Rapat Pembentukan Panitia.

1. Rapat Koordinasi

a. Menyusun Kepanitiaan Kegiatan

Pembentukan panitia dilakukan melalui rapat antara pengurus yayasan, kepala sekolah, dewan guru dan karyawan SMP, SMA, SMK Wijaya Kusuma. Susunan Panitia disesuaikan pada kebutuhan (terlampir pada lampiran 1).b. Jenis Kegiatan

Kegiatan ini adalah Pelepasan Peserta Didik SMP, SMA, dan SMK Wijaya Kusuma dari masing-masing tingkat satuan pendidikan kepada orang tua peserta didik sebagai bentuk tanggung jawab selama menimba ilmu di Yayasan Wijaya Kusuma Mandiri, setelah menempuh Ujian Nasional.

c. Menentukan Waktu PelaksanaanPenyelenggaraan Pelepasan Peserta Didik tingkat SMP, SMA, dan SMK Wijaya Kusuma Tahun Pelajaran 2013 2014 berdasarkan musyawarah akan dilaksanakan pada :

Hari

: SabtuTanggal

: 14 Juni 2014Pukul

: 07.30 WIB s/d 13.00 WIB

d. Menentukan Tempat

Tempat merupakan prasarana yang sangat menunjang dalam kegiatan. Pelaksanaan bertempat di gedung Pandan sari Taman Rekreasi Wiladatika Cibubur, Jakarta Timur.

e. Menentukan Anggaran Biaya

Anggaran biaya kegiatan Pelepasan Peserta Didik SMP, SMA, dan SMK Wijaya Kusuma Tahun Pelajaran 2013 2014 disepakati sesuai dengan kebutuhan dan terlampir pada lampiran 2.f. Membuat Surat Edaran dan Undangan

Untuk menginformasikan kegiatan Pelepasan kepada pihak-pihak terkait, maka diperlukan surat edaran dan undangan sesuai dengan kesepakatan dan terlampir pada lampiran 3.

g. Menentukan Acara Kegiatan

Susunan acara kegiatan Pelepasan Peserta Didik Tahun Pelajaran 2013 2014 disusun sesuai kesepakatan dan kebutuhan serta terlampir pada lampiran 4.

2. Penyediaan Sarana

a. Akomodasi

Dekorasi gedung

Denah tempat duduk

Spanduk selamat datang dan spanduk tema kegiatan

Meja penerima tamu

Meja tamu undangan

Dokumentasi berupa foto dan video

Perlengkapan musik dan hiburan

b. Penentuan Jumlah Peserta

Peserta dalam penyelenggaraan Pelepasan Peserta Didik, terdiri dari:

Peserta Didik Kelas IX SMP

: 75 Orang Peserta Didik Kelas XII SMA

: 75 Orang Peserta Didik XII SMK

: 110 Orang Orang Tua SMP, SMA dan SMK: 35 Orang Undangan KASI

: 1 Orang Undangan Kepala Sekolah

: 3 Orang Undangan Komite Sekolah

: 3 Orang Undangan Guru dan Karyawan: 100 Orang OSIS Sekolah terdekat

: 10 Orang Undangan Pengawas

: 3 Orang Pengisi Acara

: 95 Orang +Jumlah

: 500 Orang

BAB IIIPELAKSANAAN KEGIATANA. Pelaksanaan

Seluruh panitia sudah berada di tempat penyelenggaraan kegiatan, yaitu di Gedung Pandan Sari Taman Rekreasi Wiladatika Cibubur pada pukul 07.00 WIB1. Seksi Perlengkapan

Sie perlengkapan mengadakan pemeriksaan ulang, baik menyangkut penataan ruang, peralatan yang akan digunakan maupun kondisi kesiapan lainnya.2. Seksi Penerima TamuSie penerima tamu mempersiapkan daftar hadir, berada di depan pintu masuk Gedung dan menempati meja penerima tamu yang telah disediakan.3. Seksi Pembawa Acara

Sie pembawa acara mempersiapkan diri memimpin acara. Rangkaian Acara Kegiatan yang akan berlangsung terlampir.4. Seksi KeamananMemberikan petunjuk kepada peserta dan tamu undangan untuk menuju tempat berdasarkan arah yang telah ditentukan panitia dan menjaga ketertiban serta keamanan acara.5. Seksi KonsumsiMembagikan konsumsi kepada peserta dan tamu undangan.

6. Seksi DokumentasiMembuat dokumen dan mengabadikan moment sesuai peta dokumentasi yang telah disepakati dalam penyusunannya.

BAB IV

PENUTUPA. Kesimpulan

Untuk mendapatkan hasil kerja yang baik harus diselenggarakan dengan adanya kerjasama antar seluruh komponen yang mendukung kegiatan baik secara efektif maupun efisien.

Kegiatan mi dapat terselenggara dengan baik sesuai target yang diharapkan baik secara kuantitas maupun kualitas.

B. Lampiran - lampirana. Susunan Panitia.b. Tugas Panitiac. Anggaran Biaya.d. Rencana Kegiatan.e. Susunan Acara

f. Usulan Undangan.g. Desain Undangan.h. Denah Tempat Duduk.

Jakarta, Mei 2014PANITIA PELAKSANA

Ketua

Sekretaris

Sugeng Sulistiyono, S. Sos.I

Natim, S. IP1

43