Program Kerja Wk. Kurikulum 2012-2013

26
PROGRAM KERJA WAKIL KEPALA SEKOLAH BIDANG KURIKULUM

Transcript of Program Kerja Wk. Kurikulum 2012-2013

Page 1: Program Kerja Wk. Kurikulum 2012-2013

PROGRAM KERJA

WAKIL KEPALA SEKOLAH

BIDANG KURIKULUM

TAHUN PELAJARAN 2012/2013

SMA NEGERI 3 KOTA SOLOK

2012

Page 2: Program Kerja Wk. Kurikulum 2012-2013

KATA PENGANTAR

Puji dan syukur kami panjatkan kehadirat Allah SWT atas limpahan rahmat dan hidayahNya, atas tersusunya program kerja wakil kepala sekolah bidang kurikulum SMAN 3 Kota Solok tahun pelajaran 2012/2013.

Program kerja ini disusun berdasarkan tuntutan dari pelaksanaan kegiatan yang harus dilakukan oleh wakil bidang kurikulum sebagai pedoman dalam penyelenggaraan kegiatan pembelajaran di sekolah.

Program kerja wakil kepala sekolah bidang kurikulum SMAN 3 Kota Solok ini disusun dengan mengacu kepada Undang-Undang dan Peraturan Menteri Pendidikan Nasional terkait.

Berkat dorongan dari berbagai pihak , baik pimpinan sekolah ,guru dan karyawan serta siswa bahkan komite sekolah dan masyarakat pemerhati pendidikan , maka program ini dapat diwujutkan dalam bentuk kegiatan yang dapat dilaksanakan pengelolaanya.

Ucapan terima kasih kami sampaikan kepada semua pihak yang telah banyak membantu mudah-mudahan program kerja ini dapat bermanfaat dan terlaksana dalam menunjang proses belajar mengajar dan peningkatan mutu hasil belajar peserta didik.

Solok, Juli 2012

Diketahui Oleh Wakil Kepala Bidang Kurikulum

Kepala SMAN 3 Kota Solok SMAN 3 Kota Solok

EKO GUNANTO, S.Pd INDRA, S.Pd NIP.19700524 200003 1 002 NIP.19641103 199501 1 001

Page 3: Program Kerja Wk. Kurikulum 2012-2013

DAFTAR ISI

Kata Pengantar …………………………………………………………………………………………………………. i

Daftar isi …………………………………………………………………………………………………………………… ii

PENDAHULUAN…………………………………………………………………………………………………………. 1

DASAR ……………………………………………………………………………………………………………………... 2

TUJUAN PENYUSUNAN PROGRAM ……………………………………………………………………………. 3

PROGRAM KERJA KURIKULUM …………………………………………………………………………………. 4

PENUTUP………………………………………………………………………………………………………………….. 10

LAMPIRAN ……………………………………………………………………………………………………………….. 11

Page 4: Program Kerja Wk. Kurikulum 2012-2013

PROGRAM KERJA WAKIL KEPALA SEKOLAH BIDANG KURIKULUM SMA NEGERI 3 KOTA SOLOK TAHUN PELAJARAN 2012/2013

PENDAHULUAN

Pendidikan merupakan sesuatu yang luhur, karena di dalamnya mengandung misi kebaikan.Pendidikan tersebut bukan hanya sekedar kegiatan yang terbentuk dalam proses kegiatan belajar mengajar, tetapi lebih dari itu adalah suatu proses penyadaran untuk menjadikan manusia sebagai manusia. Dengan kata lain , pendidikan adalah usaha untuk memanusiakan manusia.

Pendidikan merupakan suatu tugas kemanusian, dan suatu kekuatan yang dinamis dalam kehidupan setiap individu. Pendidikan mempengaruhi seluruh aspek kepribadian dan kehidupan individu, meliputi perkembangan fisik, mental/pikiran, watak, emosional, sosial,dan etika peserta didik.

Salah satu masalah yang dihadapi oleh setiap satuan jenjang pendidikan saat ini adalah masih rendahnya mutu pendidikan, terutama yang menyangkut mutu guru dan mutu siswa. Oleh karena itu , berbagai kegiatan untuk mencapai mutu pendidikan itu harus dilaksanakan secara menyeluruh, berbentuk pelatihan-pelatihan bagi guru dan siswa itu sendiri. Pelatihan-pelatihan yang dilakasanakan tersebut bagi guru hendaknya didasarkan pada kompetensi guru secara utuh sesuai dengan tugas dan fungsinya.

Sebagai suatu lembaga pendidikan, sekolah merupakan tempat berlangsungnya dan berkembangnya pendidikan . Dalam mengembangkan pendidikan tersebut paling tidak setiap guru hendaknya memahami hal-hal sebagai berikut : 1.Sekolah merupakan lembaga pendidikan formal yang mengemban tugas transpormasi ilmu pengetahuan dan teknologi serta seni kepada semua peserta didik. 2. Sekolah merupakan lembaga pendidikan formal yang membantu perkembangan peserta didik atau subyek didik secara optimal untuk menemukan jati dirinya. 3.Sekolah mengemban tugas Negara dalam bidang pendidikan sebagaimana 1

Page 5: Program Kerja Wk. Kurikulum 2012-2013

yang digariskan dalam Garis-Garis Besar Haluan Negara. 4.Sekolah merupakan pusat kebudayaan dan nilai-nilai.

Dalam usaha mengembangkan pendidikan disuatu sekolah , setiap guru ataupun tenaga kependidikan haruslah memperhatikan factor-faktor yang berpengaruh dalam pengembangan pendidikan tersebut. Faktor-faktor pendidikan adalah komponen-komponen yang hadir dan berpengaruh dalam proses pendidikan. Faktor-faktor tersebut antara lain: 1.Dasar Pendidikan 2.Tujuan Pendidikan 3.Peserta Didik 4.Pendidik dan Tenaga Kependidikan 5.Bahan Ajar 6.Metode Pembelajaran 7.Alat pembelajaran 8.Lingkungan pendidikan

DASAR

1.Undang-undang Nomor 20 Tahun 2003 tentang System Pendidikan Nasional Pasal 38 Ayat 2 dan Pasal 51 ayat 1. 2.Peraturan Pemerintah Nomor 19 Tahun 2005 tentang Standar Nasional Pendidikan Pasal 17 ayat 2, dan Pasal 49 Ayat 1. 3.Undang-undang nomor 14 Tahun 2005 tentang guru dan dosen. 4.Kepmendiknas Nomor 22 Tahun 2006 Tentang Standar Isi. 5.Kepmendiknas Nomor 23 Tahun 2006 Tentang Standar Kompetensi Lulusan. 6.Kepmendiknas Nomor 24 Tahun 2006 Tentang Pelaksanaan Kepmendiknas Nomor 22 dan 23. 7.Kepmendiknas Nomor 16 Tahun 2007 Tentang Standar Kualifikasi akademik dan Kompetensi Guru. 8.Kepmendiknas Nomor 19 Tahun 2007 Tentang Standar Pengelolaan Pendidikan.

2

Page 6: Program Kerja Wk. Kurikulum 2012-2013

TUJUAN PENYUSUNAN PROGRAM KERJA

Tujuan penyusunan program kerja ini adalah sebagai pedoman dalam pelaksanaan dan Penyelenggaraan kegiatan pembelajaran di sekolah.

PROGRAM KERJA BIDANG KURIKULUM

Program kerja yang tercakup dalam program kerja bidang kurikulum ini adalah sebagai berikut: 1.Menyusun dan menjabarkan kalender pendidikan. 2.Menyusun pembagian tugas guru dan jadwal pelajaran. 3.Mengatur penyusunan program pengajaran. 4.Mengatur kegiatan kurikuler dan ekstrakurikuler. 5.Mengatur pelaksanaan program penilaian kriteria kenaikan kelas , kriteria kelulusan dan Laporan kemajuan belajar siswa, serta pembagian rapor dan STTB. 6.Mengatur pelaksanaan program perbaikan dan pengayaan. 7.Mengatur pemanfaatan lingkungan sebagai sumber belajar. 8.Mengatur pengembangan MGMP dan Koordinator mata pelajaran. 9.Melakukan supervisi administrasi dan akademik. 10.Melakukan program sukses UN 11.Menyusun Laporan. 1.Menyusun dan menjabarkan kalender pendidikan. Untuk menyusun dan menjabarkan kalender pendidikan, berpedoman kepada kalender yang diedarkan oleh Dinas Pendidikan Kota Solok. Kalender pendidikan disusun sebelum tahun pelajaran dimulai, meliputi: *Kegiatan Proses Belajar Mengajar - Permulaan Tahun Pelajaran. - Waktu Belajar. - Alokasi Waktu. - Jadual Rencana Kegiatan Tahun Pelajaran 2012/2013. *Ujian. *Libur Sekolah.

3

Page 7: Program Kerja Wk. Kurikulum 2012-2013

2.Menyusun pembagian tugas guru dan jadual pelajaran. * Jadual pelajaran adalah daftar tatap muka guru setiap mata pelajaran dimulai hari Senin sampai hari Sabtu. Jadual pelajaran disusun 2 kali dalam 1 tahun pelajaran, yaitu semester ganjil dan genap. *Pembagian Tugas Guru adalah menyusun beban kerja guru, terdiri dari jam tatap muka dan Tugas tambahan. Tugas tambahan dapat berupa:

- Kepala sekolah, wakil kepala sekolah, Pembina osis, wali kelas, kepala pustaka, kepalaLabor, atau pengelola suatu kegiatan.

- Pembina/pembimbing kegiatan Pengembangan Diri, Ekstra Kurikuler, Keagamaan, danKegiatan Praktikum.

3.Mengatur penyusunan program pengajaran. Penyusunan Program pengajaran dilaksanakan sebelum tahun pelajaran baru, yaitu pada waktu libur akhir tahunan tahun pelajaran 2011/2012. Penysunan program pengajaran ini dilaksanakan melalui kegiatan lokakarya. Mengatur penyusunan program pengajaran ini meliputi: *Perhitungan minggu efektif *Penyusunan program tahunan dan semester. *Analisis SKL,dan SI ( standar kompetensi dan kompetensi dasar ). *Pengembangan silabus dan system penilaian. *Penentuan KKM. *Pengembangan RPP. *Pengaturan program perbaikan dan pengayaan. Dalam pelaksanaan pembelajaran, selalu dituntut agar aktivitas siswa dipertinggi. Dewasa ini pola pengajaran meliputi pengajaran mandiri ( individual instruction ), pengajaran langsung ( direct instruction ), dan pengajaran berorientasi kelompok ( group oriented instruction ). Pengajaran mandiri menekankan pada berkembangnya kemampuan belajar mandiri. Asumsinya karena masing-masing siswa memiliki keragaman kemampuan, lingkungan , tempo perkembangan dan lainya. Dalam pengajaran mandiri, diupayakan agar guru mampu menerapkan pengajaran dengan menggunakan modul atau lembar kerja siswa ( LKS ). 4

Page 8: Program Kerja Wk. Kurikulum 2012-2013

Pengajaran langsung bertujuan untuk melakukan kegiatan akademik dengan bahan ajar yang ekstensif. Hal ini bertujuan untuk menjangkau isi pengajaran yang sesuai dengan yang telah ditetapkan dalam silabus dan rencana persiapan pengajaran. Metoda atau teknik yang digunakan diantaranya: observasi, eksperimen, discovery, inquairi, cerama, simulasi serta penugasan-penugasan lainya.Pola pengajaran dengan orientasi kelompok ( group oriented instruction ) menekankan pada perkembangan kemampuan untuk membuat social problem solving/pemecahan masalah secara bersama-sama yang dilakukan oleh guru dan siswa. Metoda dan teknik yang digunakan adalah diskusi kelompok kecil, kerja kelompok, dan pemecahan masalah.Ketiga model teknik mengajar ini selanjutnya dikembangkan oleh guru dalam melaksanakan Kegiatan Musyawarah Guru Mata Pelajaran ( MGMP ). Dalam kegiatan MGMP, guru diharapkan dapat meramu kegiatan belajar mengajar yang efektif dan efisien dengan karakteristik sebagaiBerikut:a.Guru mampu menciptakan suasana yang membuat semua siswa aktif berinteraksi dengan lingkungan dan kondisi belajar yang disediakan guru.b.Guru mampu meningkatkan inisiatif siswa dalam belajar dan belajar dengan pengalaman sendiri.c.Guru mampu menerapkan strategi dan media yang tepat.d.Guru mampu menciptakan suasana komunikasi banyak arah, yaitu komunikasi antara siswa dengan siswa dan antara siswa dengan guru.e.Guru mampu membuat materi pembelajaran dan system penyampaian yang selalu berkembang.

4.Mengatur kegiatan kurikuler dan ekstrakurikuler.Kegiatan kurikuler dan ekstrakurikuler terjadual melalui daftar pelajaran dan jadual kegiatanmasing-masing cabang kegiatan ekstra kurikuler. Kegiatan-kegiatan ekstrakurikuler antara lain:-Olimpiade scaien.-Kepramukaan.-Olah raga prestasi.-Kesenian.

5

Page 9: Program Kerja Wk. Kurikulum 2012-2013

5.Mengatur pelaksanaan program penilaian kriteria kenaikan kelas , kriteria ke- lulusan dan laporan kemajuan belajar siswa, serta pembagian rapor dan STTB.

Penilaian merupakan suatu kegiatan memperoleh/ mengumpulkan, menganalisisDan menapsirkan data berdasarkan proses dan hasil belajar siswa.Sistematis penilaian yang dilaksanakan selama proses belajar mengajar adalahSystem penilaian berkesinambungan.

Legalitas Penilaian *UU RI No. 20 Tahun 2003, BAB XVI Pasal 57, 58, dan 59. *PP RI No. 19 Tahun 2005, Tentang Standar Nasional Pendidikan, Pasal 64 ayat 1; penilaian hasil belajar oleh pendidik sebagaimana dimak- Sud dalam pasal 63 ayat 1 butir a dilakukan secara berkesinambungan Untuk memantau proses, kemajuan, dan perbaikan hasil dalam bentuk Ulangan harian, ulangan tengah semester, ulangan akhir semester, dan Ulangan kenaikan kelas.

Tujuan *Untuk mengetahui kemajuan belajar siswa. *Untuk mengetahui tingkat efisiensi metoda mengajar.

Fungsi *Membimbing pertumbuhan/perkembangan siswa. *Mengetahui kelemahan dan kekuatan siswa. *Menentukan bidang perbaikkan.

Penilaian berdasarkan KTSP *Proses dan hasil belajar sama pentingnya. *Mengacu kepada Penilaian Acuan Kriteria ( PAK ) *Membutuhkan Remedi dan Pengayaan. *Aspek penilaian Kognitif,afektif dan psikomotor. *Berkesinambungan *Melalui berbagai cara. *Berbasis Kompetensi. *Jenis penilaian *Tertulis 6

Page 10: Program Kerja Wk. Kurikulum 2012-2013

*Perbuatan *Penugasan *Produk *PortofolioJenis tagihan *Ulagan harian *Kuis *Ujian lisan *Tugas *PR ataupun catatan *Ujian praktek Pelaksanaan evaluasi hasil belajar *Ulangan Harian ( UH ) Pelaksanaan UH sepenuhnya dilaksanakan oleh guru mata pelajaran. Ulangan harian diikuti dengan pelaksanaan program remedial dan Pengayaan. *Ujian Tengah Semester ( UTS ). UTS dilakukan dengan ujian bersama. *Ujian Akhir Semester.Bentuk-bentuk nilai hasil belajar *Nilai Harian ( NH ) NH terdiri dari : UH, tugas, PR, Kuis dengan persentase ; UH 40 %, Tugas 30 %, PR 20 % dan kuis 10 %. *Nilai UTS *Nilai ujian akhir semester.

Bentuk-bentuk laporan hasil belajar *Laporan hasil belajar tengah semester = 4 x rata-rata NH +1 nilai UTS : 5. *Laporan hasil belajar akhir semester = 8 x rata-rata NH pada semester yang Bersangkutan + 1 x nilai UTS + 1 x nilai ujian semester : 10. *STTB/Ijjazah dan SKHUN. 6.Mengatur pelaksanaan program perbaikan dan pengayaan. Program perbaikan dilaksanakan : *Setelah UH dan Hasil analisisnya. 7

Page 11: Program Kerja Wk. Kurikulum 2012-2013

*Setelah Laporan hasil belajar tengah semester *Setelah Laporan hasil belajar akhir semester

7.Supervisi administrasi dan akademik. *Tujuan Supervisi adalah untuk membantu memperbaiki dan meningkatkan pengelolaan sekolah sehingga tercapai kondisi kegiatan pembelajaran yang sebaik-baiknya . *Aspek supervise terdiri dari: -Aspek administrasi yang meliputi perangkat pembelajaran. -Aspek proses yang meliputi pelaksanaan Proses pembelajaran di dalam kelas. 8.Melakukan program sukses UN Program Sukses Ujian Nasional tahun pelajaran 2012/2013. A.Latarbelakang diadakan program sukses Ujian Nasional

Hasil Ujian Nasional merupakan salah satu kriteria yang menentukan untuk kelulusan Peserta Didik dari satuan pendidikan.Dalam arti kata jika siswa tidak lulus ujian Nasional bearti siswa gagal lulus dari satuan pendidikian Keberhasilan siswa dalam Ujian Nasonal tidak terlepas dari usaha sekolah untuk mempersiapkan siswa dan berbagai hal yang diperlukan untuk menjamin bagaimana Ujian Nasional sukses baik dari segi pelaksanaan maupun dari segi hasil. Berdasarkan hal diatas maka sekolah perlu melakukan berbagai kegiatan untuk mensukseskan Ujian Nasional tersebut. Kegiatan-kegiatan yang dilakukan itu kita kemas dalam “Program Sukses Ujian Nasional”. B. Tujuan Tujuan dilaksanakan program sukses Ujian Nasional adalah: 1.Supaya Ujian Nasional terlaksana dengan baik dan lancar. 2.Supaya peserta didik berhasil lulus Ujian Nasional minimal 95%. C. Sasaran Sasaran utama dalam program sukses Ujian Nasional tahun 2012/2013 adalah peserta Didik kelas XII tahun pelajaran 2012/2013 yang terdiri dari 313 orang, dengan perincian 173 orang jurusan IPA dan 140 orang jurusan IPS. 8

Page 12: Program Kerja Wk. Kurikulum 2012-2013

D. Kegiatan

No Kegiatan Waktu Pelaksanaan

Penanggung jawab

1. Perencanaan/Penyusunan Program

Agustus 2012 Kepala sekolahWaka kurikulum

2. Pendataan dan verifikasi peserta September s/d desem-ber 2012

Ka.TUDedi Maizon. S.E

3. Pembentukan Panitia Belajar Tambahan

Agustus 2012 Kepala Sekolah danUnsur Pimpinan

4. Sosialisasi ke orang tua siswa tentangkriteria kelulusan dari Satuan Pendidikan dan pelaksanaan belajar tambahan.

September 2012Komite sekolahUnsur PimpinanPanitia Belajar Tambahan

5. Pelaksanaan belajar tambahan.Dilaksa- nakan sore jam 14.30 s//d 17.30 WIB

Oktober 2012 s/d Maret 2013

Panitia Belajar Tambahan

6. Pelaksanaan TO Ujian Nasional denganLembaga Bimbingan Belajar

1. Desember 20122. Februari 2012

Waka KurikulumPanitia Belajar Tambahan

7. Memberikan Indikator Soal ujian Nasional setiap mata pelajaran yang diujian Nasionalkan kepada guru yang melaksanakan belajar tambahan

Desember 2012 Waka Kurikulum

8. Mengirim dan memvasilitasi guru-guru kelas XII yang mata pelajaranya di ujian Nasionalkan untuk mengikuti bedah SKL Ujian Nasional

Desember 2012 Kepala SekolahWaka Kurikulum

9. Muhasabah bagi peserta Ujian

Nasional untuk menghadapi ujian Nasional

Awal April 2012 Unsur PimpinanWalas kelas XII

9

Page 13: Program Kerja Wk. Kurikulum 2012-2013

PENUTUP

Sebagai upaya peningkatan mutu pendidikan seperti yang diamanatkan oleh Undang-undang No.23 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional, Wakil Kepala Sekolah Bidang Kurikulum SMA Negeri 3 Kota Solok senantiasa berupaya dalam rangka peningkatan kualitas dan pelayanan pendidikan .Upaya yang dilakukan adalah dengan menyusun program kerja tahunan.

Program kerja ini diharapkan bisa menyamakan presepsi,pemikiran,upaya,langkah-langkah dan koordinasi antara semua pihak untuk menjamin keterlaksanaan program kerja ini, khususnya menjamin mutu pendidikan pada SMA negeri 3 Kota Solok secara efektif, efisien dan inovatif. Semua pihak sudah selayaknya memberikan kontribusi yang bearti bagi pencapaian mutu pendidikan di SMA Negeri 3 Kota Solok.

Akhirnya semoga semua upaya yang direncanakan dapat berjalan dengan lancar dan mencapai tujuan.

Solok, Juli 2012 Waka Kurikulum

I N D R A NIP.19641103 199501 1 001

Page 14: Program Kerja Wk. Kurikulum 2012-2013

Lampiran

1. Jadwal Kegiatan Tahun Pelajaran 2012 /2013

No Jenis Kegiatan Jadwal Pelaksanaan Keterangan

1 Hari pertama sekolah ta -hun pelajaran 2012/2013

9 Juli 2012

2 Masa Orientasi Peserta didik Kelas X

9 - 12 juli 2012

3 Rapat Gabungan (Wakil Kepsek, Majelis Guru, TU, Wali Kelas, Pembina OSIS dan Pramuka, dsb.)

Setiap tanggal 1 awal bulan

1 x 1 bulan

4 Libur Awal Ramadhan 1433 H

18 – 21 Juli 2012

5 Kegiatan bulan Ramadhan 1433 H

23 Juli – 14 Agustus 2012

Pesantren Ramadhan

6 Libur Idul Fitri 1433 H 15 – 25 Agustus 2012

7 Peringatan Kemerdekaan RI

17 Agustus 2012 Upacara

8 Hari pertama sekolah setelah lebaran 1433 H

27 Agustus

9 Belajar tambahan dan remedial siswa kelas X, XI dan XII

Mulai tanggal 17 September 2012

Di luar jam intra

10 Ujian tengah semester I 15 –23 Oktober 2012

11 Rapat Pleno Komite ( November 2012

Page 15: Program Kerja Wk. Kurikulum 2012-2013

orang tua peserta didik Baru )

12 Ujian Pra UN /US 26 November – 1 Desember 2012

Prediksi

13 Ujian Semester I 14 – 22 Desember 2012

14 Kegiatan Class Meeting SMT I

24- 28 Dedember 2012

15 Penyerahan LHB Siswa 29 Desember 2012

16 Libur Semester I 31 Desember 2012 – 5 Januari 2013

17 Hari pertama semester 2 7 Januari 2013

18 Remedial Dimulai 16 Januari 2013 Di luar jam intra

19 Ujian tengah Semester II 8 – 16 Maret 2013

20 Ujian Sekolah ( US ) 18 – 23 Maret 2013 Prediksi

21 Ujian Nasional ( UN ) 15 – 18 April 2013 Prediksi

22 Lokakarya untuk persiapan Kurikulum & perangkat pembelajaran TP 2013/2014

17 – 19 Mei 2013

23 Rapat kelulusan Mei 2013

24 Ujian Semester II 7 – 15 Juni 2013

25 Kegiatan Class Meeting SMT II

17 – 20 Juni 2013

26 Penerimaan Siswa Baru 17 Juni – 6 Juli 2013 Prediksi

Page 16: Program Kerja Wk. Kurikulum 2012-2013

( PSB )

27 Rapat Kenaikan Kelas 20 Juni 2013

28 Penyerahan LBH 22 Juni 2013

29 Libur Semester II 24 Juni – 6 Juli 2013

A. Ujian

No Kegiatan Jadwal Pelaksanaan Keterangan

1 Ujian tengah semester I 15 –23 Oktober 2012

2 Ujian Semester I 14 – 22 Desember 2012

3 Ujian Pra UN /US 26 November – 1 Desember 2012

Prediksi

4 Ujian tengah Semester II 8 – 16 Maret 2013

5 Ujian Sekolah ( US ) 18 – 23 Maret 2013 Prediksi

6 Ujian Nasional ( UN ) 15 – 18 April 2013 Prediksi

7 Ujian Semester II 7 – 15 Juni 2013

B. Libur Sekolah

Hari libur sekolah pada tahun pelajaran 2012 /2013 adalah hari yang

Page 17: Program Kerja Wk. Kurikulum 2012-2013

ditetapkan oleh sekolah, pemerintah pusat, provinsi, dan kabupaten/kota

untuk tidak diadakan proses pembelajaran di sekolah. Penentuan hari libur

memperhatikan ketentuan berikut ini :

● Keputusan Menteri Pendidikan Nasional, dan atau Menteri Agama dalam

hal yang terkait dengan hari raya keagamaan.

● Peraturan Pemerintah Pusat/Provinsi/Kabupaten/Kota dalam hal

penentuan hari libur umum/nasional atau penetapan hari serentak

untuk setiap jenjang dan jenis pendidikan

Sekolah mengambil kebijakan hari libur sebagai berikut ini.

Hari Libur Jadwal Libur

♦ Libur Awal Ramadhan 1433 H 18 – 21 Juli 2012

♦ Libur Idul Fitri 1433 H 15 – 25 Agustus 2012

♦ Libur Semester 1 31 Desember 2012 – 5 Januari 2013

♦ Libur Semester 2 24 Juni – 6 Juli 2013