Presentasi Negosiasi

download Presentasi Negosiasi

If you can't read please download the document

  • date post

    10-Dec-2014
  • Category

    Education

  • view

    1.686
  • download

    12

Embed Size (px)

description

Presentasi tentang Teks Negosiasi yang ditujukan untuk memenuhi tugas tentang bab Teks Negosiasi. Terima kasih kepada beberapa sumber di internet dan buku paket, serta Bu Siti Zulaeha yang mengajari saya. -Rania H.-

Transcript of Presentasi Negosiasi

  • 1. Teks Negosiasi Rania Hendradwiputri X IPA 2
  • 2. Tentang Negosiasi Negosiasi adalah bentuk interaksi sosial yang berfungsi untuk mencapai kesepakatandi antara pihak-pihak yang mempunyai kepentinganyang berbeda. Tujuannegosiasi adalah untuk mengurangi perbedaanposisi setiap pihak. Proses negosiasi ada dua pihak yang terlibat, yaitu pihak pertama disebut negosiator atau pamrakarsa negosiasi, dan pihak kedua disebut adversary atau lawandalamnegosiasi.
  • 3. Struktur Negosiasi Orientasi adalah pengenalan awal atau perbincangan awal antara pembeli dan penjual. Permintaan adalah saat dimana pembeli menanyakan atau mencari barang yang sedang ingin ia beli. Pemenuhan adalah saat dimana penjual menawarkan barang dagangannya kepada pembeli. Penawaran adalah klimaks dari teks negosiasi karena terjadi tawar menawar antara penjual dan pembeli. Persetujuan adalah saat dimana pembeli setuju dengan harga yang sudah ia tawar dengan penjual.
  • 4. Struktur Negosiasi Pembelian adalah saat pembeli memberikan uangnya kepada penjual. Penutup adalah kebalikan dari orientasi, penutup mengakhiri sebuah teks dialog negosiasi. Biasanya berupa perpisahan antara penjual dan pembeli atau pembeli yang meninggalkan lapak penjual. Struktur negosiasi secara garis besar hanyalah Pembuka (Orientasi)^Isi^Penutup, dimana Permintaan^Pemenuhan^Penawaran^Persetujuan^Pembelian adalah bagian dari isi negosiasi.
  • 5. Ciri Kebahasaan Menggunakan bahasa persuasif, adalah bahasa yang bersifat untuk membujuk. Menggunakan bahasa yang santun. Adanya pasangan tuturan seperti : a) Mengucapkan salam membalas salam. b) Bertanya menjawab/tidak menjawab. c) Meminta tolong menerima/menolak permintaan. d) Meminta menerima/menolak permintaan. e) Menawarkan menerima/menolak tawaran. f) Mengusulkan menerima/menolak usulan. Dalam Teks Negosiasi
  • 6. Serangkaian Tindakan Mengajak untuk membuat kesepakatan. Memberikan alasan mengapa harus ada kesepakatan. Membandingkan beberapa pilihan. Memperjelas dan menguji pandangan yang dikemukakan. Mengevaluasi kekuatan dan komitmen bersama. Menetapkan dan menegaskan kembali tujuan negosiasi. Agar Negosiasi Berjalan Lancar
  • 7. Cara-Cara Santun Menyesuaikan pembicaraan ke arah tujuan praktis. Mengakomodasi butir-butir perbedaan dari kedua belah pihak. Mengajukan pandangan baru dan mengabaikan pandangan yang sudah ada tanpa memalukan kedua belah pihak. Mengalokasikan tugas dan tanggung jawab masing-masing. Memprioitaskan dan mengelompokkan saran atau pendapat dari kedua belah pihak. Dalam Berkomunikasi Ketika Melakukan Negosiasi
  • 8. Teknik-Teknik Dalam Negosiasi Teknik mengulur waktu (push-push-pull), teknik ini sangat penting dipergunakan oleh para pemula, dimana negosiator memperhatikan adversary (mengulur) dan kemudian diarahkan perhatiannya agar memihak kepada negosiator. Kunci keberhasilan cara ini adalah pengetahuan akan sasaran yang akan dicapai dan aspek mana yang akan dilepaskan. Teknik mengalah untuk menang (lose-win), dalam teknik ini negosiator mengorbankan butir-butir masalah yang lemah dan mempertahankan yang kuat. Teknik membagi perbedaan (split the difference), teknik penyelesaian negosiasi dengan membagi hasil perbedaan antara negosiator dengan advesary. Teknik saling mendukung (piggiback). Istilah ini artinya menyelesaikan satu butir masalah negosiasi untuk memenangkan butir-butir masalah berikutnya.
  • 9. Fungsi Negosiasi Untuk mendapatkan atau menciptakan jalinan kerja sama antar badan usaha atau institusi atau pun perorangan untuk melakukan suatu kegiatan atau usaha bersama atas dasar saling pengertian. Dengan terjalinnya kerjasama antar kedua belah pihak inilah maka tercipta sebuah transaksi bisnis yang saling terkait, sehingga membuat hidup perekonomian. Dengan kata lain, bahwa suatu proses negosiasi bisnis merupakan bagian dari suatu proses interaksi guna menghidupkan perekonomian dalam skala yang lebih luas. Dalam sebuah perusahaan, sebuah proses negosiasi akan memberikan manfaat untuk menjalin hubungan bisnis yang lebih luas dan juga untuk mengembangkan pasar, yang diharapkan memberikan peningkatan penjualan. Proses negosiasi bisnis juga akan menghasilkan harga yang lebih baik dan efisien, yang memberikan keuntungan yang lebih besar. Dalam jangka panjang hal ini akan memberikan kemajuan dari sebuah perusahaan.
  • 10. Jenis-Jenis Negosiasi Berorientasi pada bargaining yakni sebuah bentuk negosiasi yang menggunakan pendekatan yang digunakan oleh para komunikator yang kompetitif. Orientasi kalah-menang, yang dalam prosesnya, pihak-pihak yang bernegosiasi mengabaikan kemungkinan menjadi pemenang sehingga dalam pendekatan ini pihak-pihak yang bernegosiasi menjadi pecundang. Bentuk kompromi, yakni pengambilan satu pilihan yang didasari oleh pertimbangan daripada berada dalam posisi kalah-menang atau mengandung risiki kalah-kalah maka jalan tengah dipilih sehingga dilakukan kompromi. Berorientasi menang-menang atau pendekatan kolaboratif yang asumsinya adalah pemecahan dapat dicapaidan memuaskan kebutuhan semua pihak yang terlibat didalamnya yang kuncinya terletak bagaimana menemukan solusi menang-menang yang membuat masing-masing pihak tidak merasa dirugikan.
  • 11. Hal-Hal yangPerluDiperhatikan Persiapan, meliputi pengetahuan kita terhadap persoalan atau hal yang akan dinegosiasikan. Intinya jangan sampai negosiator tidak menguasai apa yang akan dia negosiasikan dengan klien. Ketahui tipe target. Negosiator harus mengetahui siapa lawan bicaranya. Mengetahui dalam hal ini meliputi darimana asal dia bekerja, posisinya apa, tipe orangnya seperti apa, dan lain sebagainya. Banyaklah mendengar. Berbicara seringkali lebih mudah daripada mendengarkan. Akan tetapi hanya dengan mendengarlah kita akan menjadi tahu lebih banyak terkait target atau klien kita.
  • 12. Hal-Hal yangPerluDiperhatikan Diskusi. Negosiasi adalah proses berdiskusi. Dalam melakukan negosiasi jangan berperan layaknya SPG yang mengharuskan produknya dibeli. Berlakulah seperti dalam diskusi, tidak memaksakan kehendak. Berusaha memahami target atau klien dan memberinya waktu untuk berpikir. Win-Win Solution. Pada intinya, carilah solusi yang sama-sama menguntungkan kedua belah pihak agar target atau klien tidak kapok bekerja sama dengan kita. Istirahat. Apabila negosiasi tidak kunjung menemukan titik persetujuan, maka istirahat merupakan pilihan yang tepat. Istirahat ini berfungsi untuk memberi waktu bagi diri negosiator mengevaluasi kinerjanya sendiri serta memberi waktu untuk target atau klien berpikir tentang penawaran kita.
  • 13. Hal-Hal yangPerluDiperhatikan Pisahkan pokok masalah yang dinegosiasikan dengan lawan.. Jangan sampai masalah pribadi menghambat proses negosiasi yang sedang berjalan. Selalu mengacu pada tujuan utama negosiasi. Apa hasil akhir yangkita inginkan dalam negosiasi ini? Bukan masalah menang atau kalah, apalagi sampai menjatuhkan lawaTetap berkepala dingin dan jangan pernah terpancing dengan emosi atau ego mau menang sendiri.n. Selesaikan proses negosiasidengan cepat dan tidakbertele-tele. Hindari faktor-faktor yang bisa melelahkan lawan seperti proses negosiasi yang terlalu lama, tempat negosiasi yang tidak kondusif, dll. Karena faktor-faktor tersebut cenderung membuat lawan jadi emosional dan berbalik menekan kita.
  • 14. Hal-Hal yangPerluDiperhatikan Riset, riset dan riset. Hal terpenting dalam negosiasi sering berkaitan dengan etika dan budaya. Negosiator ulung selalu melakukan riset untuk mengetahui karakter lawannya.
  • 15. Terima kasih Semoga Bermanfaat untuk Kita Semua