Ppt Bioper kebiasaan makan dan cara makan by nurudin fpik unpad 2010

download Ppt Bioper kebiasaan makan dan cara makan by nurudin fpik unpad 2010

of 15

Transcript of Ppt Bioper kebiasaan makan dan cara makan by nurudin fpik unpad 2010

Kebiasaan Makan Dan Cara Makan

Kelompok 6Fadly Pratama Avianto Nugroho Agistiansyah.a.g Ricky Fajriana Nurudin

230110100064 230110100103 230110100125 230110100134 230110100141Kelas B

Definisikebiasaan makanan ( food habits ) adalah jenis, kuantitas dan kualitas makanan yang dimakan oleh ikan. kebiasaan cara makan ( Feeding habits ) adalah segala sesuatu yang berhubungan dengan waktu, tempat dan bagaimana cara ikan memperoleh makanannya.

Kebiasaan makanan / Food Habits

kebiasaan makanan ( food habits ) adalah jenis, kuantitas dan kualitas makanan yang dimakan oleh ikan.

Larva ikan memakan plankton setelah besar akan merubah ukuran dan kualitasnya dan ketika sudah dewasa akan mengikuti pola makan induknya.

Dalam Pengelompokkan Ikan Berdasarkan Makanannyapemakan plankton pemakan tanaman pemakan dasar pemakan detritus ikan buas dan ikan pemakan campuran Dll

Berdasarkan Jumlah Variasi Dari Macam-Macam Makanan Yaitu :stenophagic

euryphagic

monophagic

Ikan

berdasarkan jumlah variasi dari macam-macam makananeuryphagic yaitu ikan pemakan bermacammacam makanan. Stenophagic ialah ikan pemakan makanan yang macamnya sedikit atau sempit. monophagic ialah ikan yang makanannya teridir dari satu makanan saja .

Kebiasaan Cara Makankebiasaan cara makan adalah segala sesuatu yang berhubungan dengan waktu, tempat dan bagaimana cara ikan memperoleh makanannya. Kebanyakan cara ikan mencari makanan dengan menggunakan mata. Pembauan dan persentuhan

Kebiasaan Cara MakanIkan yang menggunakan mata dalam mencari makanan akan mengukur apakah makanan itu cocok atau tidak untuk ukuran mulutnya. Tetapi ikan yang menggunakan pembauan dan persentuhan tidak melakukan pengukuran, melainkan kalau makanan sudah masuk mulut akan diterima atau ditolak. Contoh pada ikan pemakan dasar dalam perairan yang kekurangan cahaya atau dalam perairan keruh.

Berdasarkan habitat ikan memiliki mulut yang berbedaLetak mulut ikan ada yang inferior (di bawah kepala) seperti pada golongan Elasmobranchia, Acipencer, Polyodon dan lain-lain. Mulut yang letaknya terminal (di ujung kepala) terdapat pada kebanyakan ikan. Mulut ikan yang letaknya superior (di bagian atas) terdapat seperti pada ikan Hyporhamphus. Selain letaknya, mulut ikan bervariasi baik dalam bentuk, besar dan perlengkapan lainnya seperti gigi, alat peraba dan lain-lain.

Berdasarkan makanannya ikan dapat di golongkan menjadi 3 Spesialisasi Kebiasaan Makanan

Carnivor Herbivor Omnivor

Ikan

Tipe Alat Pencernaan makanan ikan tipe alat pencernaan Ikan herbivor pemakan ganggang dan tanaman lunak.

Tipe alat pencernaan ikan omnivor yang didominasi tanaman dalam dietnya tipe alat pencernaan ikan. tipe alat pencernaan ikan Ikan Omnivor dengan tendensi memakan invertebrata berukuran besar. tipe alat pencernaan ikan ikan yang sangat karnivor hanya memakan crustacea besar, insecta besar dan ikan.

Ikan Herbivora

Ikan herbivore tidak mempunyai gigi dan mempunyai tapis insang yang lembut dapat menyaring phytoplankton dari air. Ikan ini tidak mempunyai lambung yang benar yaitu bagian usus yang mempunyai jaringan otot kuat, mengekresikan asam, mudah mengembang, terdapat di bagian muka alat pencernaan makanannya). Ususnya panjang berliku-liku, dindingnya tipis.

Ikan Carnivora dan Omnivora

Carnivore mempunyai gigi untuk menyergap, menahan dan merobek mangsa dan jari-jari tapis ingsangnya menyesuaikan untuk penahan, memegang, memarut dan mengilas mangsa. Punya lambung benar, dan usus pendek, tebal dan elastis. Ikan omnivore mempunyai system pencernaan antara bentuk herbivore dan karnivor

TERIMAKASIH