POLA BELAJAR SISWA MANDIRI Ekonomi -...

download POLA BELAJAR SISWA MANDIRI Ekonomi - yrama-widya.co.idyrama-widya.co.id/.../2018/08/Pembahasa-Super-Coach-Ekonomi-X.pdf1.

of 38

  • date post

    18-Mar-2019
  • Category

    Documents

  • view

    226
  • download

    0

Embed Size (px)

Transcript of POLA BELAJAR SISWA MANDIRI Ekonomi -...

1

EKO

NO

MI S

MA/

MA

XUNTUK SMA/MA KELAS XEkonomi

Pembahasan dan Kunci Jawaban

SUPER COACHPOLA BELAJAR SISWA MANDIRI

2

SUPE

R CO

ACH

1. Ekonomi berasal dari kata oikos yang berarti aturan dan nomos yang berarti rumah tangga. Rumah tangga di sini tidak hanya berarti keluarga saja, namun dalam ruang lingkup yang lebih luas.

Jawaban: D

2. Sumber energi alternatif seperti biodiesel dari tanaman jarak digunakan untuk mengganti bahan bakar minyak jenis solar yang semakin lama semakin sedikit jumlahnya. Hal ini dikarenakan kebutuhan masyarakat akan BBM jenis solar yang tidak terbatas jumlahnya.

Jawaban: C

3. Mahalnya daging sapi diakibatkan karena persediaan daging sapi lokal tidak mampu memenuhi kebutuhan masyarakat. Pemecahan masalah yang paling cepat adalah mengimpor daging sapi dari luar negeri. Namun hal ini tidak boleh dilakukan secara terus-menerus karena akan mengurangi devisa negara. Pemecahan masalah yang paling tepat adalah dengan memberikan subsidi maupun bantuan modal kepada peternak sapi agar mampu mengembangbiakkan sapi-sapi mereka, sehingga mampu mencukupi kebutuhan dalam negeri sendiri.

Jawaban: E

4. Masalah ekonomi yang sedang dihadapi oleh negara kita antara lain sebagai berikut.

1) Tingginya jumlah pengangguran.

2) Kemiskinan

3) Tingginya biaya produksi

4) Naiknya harga barang

5) Kebijakan pemerintah yang kurang tepat

6) Kelangkaan bahan pokok

Jawaban: C

5. Kebutuhan yang harus dipenuhi terlebih dahulu adalah kebutuhan yang paling mendesak. Kebutuhan yang paling mendesak adalah kebutuhan primer, seperti makanan, minuman, dan pakaian

Jawaban: C

6. Kebutuhan manusia berdasarkan waktunya terdiri atas dua, yaitu kebutuhan sekarang dan kebutuhan yang akan datang. Kebutuhan sekarang adalah kebutuhan yang harus dipenuhi saat ini juga, seperti obat di saat sakit. Sementara kebutuhan yang akan datang adalah kebutuhan yang pemenuhannya dapat ditunda pada waktu yang akan datang. Contohnya menabung.

Jawaban: B

7. Kebutuhan sekarang adalah kebutuhan yang harus dipenuhi pada saat itu juga.

Jawaban: C

8. Kebutuhan berdasarkan intensitas atau kepentingannya terdiri atas tiga jenis, yaitu primer, sekunder, dan tersier. Kebutuhan primer adalah kebutuhan yang harus dipenuhi. Kebutuhan sekunder adalah kebutuhan yang dipenuhi setelah kebutuhan primer terpenuhi. Kebutuhan tersier adalah kebutuhan akan barang mewah atau kebutuhan yang dipenuhi setelah kebutuhan primer dan sekunder terpenuhi.

Berdasarkan jenis-jenis kebutuhan di atas, dapat disimpulkan bahwa urutan yang benar menurut intensitasnya adalah minum (4), pakaian (1), tempat tinggal (2), pendidikan (3), dan sepeda (5).

Jawaban: D

9. Barang illith adalah barang yang tersedia di alam dalam jumlah yang berlebihan. Contohnya air saat banjir dan pasir di gurun.

Jawaban: B

10. Teh dan gula memiliki hubungan saling melengkapi atau komplementer.

Jawaban: A

11. Semakin banyaknya jumlah penduduk menyebabkan kebutuhan semakin meningkat. Hal ini tidak disertai dengan semakin bertambahnya sumber daya yang ada sehingga menyebabkan terjadinya kelangkaan.

Jawaban: B

K O G N I T I FB A B 1

PEMBAHASANUJI KOMPETENSI MANDIRI

A. Pilihan Ganda

3

EKO

NO

MI S

MA/

MA

X

12. Biaya peluang adalah biaya yang dikorbankan untuk memilih suatu pilihan. Dalam kasus ini, Rico memilih mengorbankan pekerjaannya sebagai staf quality control dengan gaji Rp8.500.000,00 per bulan. Maka, besarnya biaya peluang yang dikorbankan Rico adalah sebesar Rp8.500.000,00.

Jawaban: A

13. Daftar skala prioritas adalah daftar yang berisi kebutuhan-kebutuhan apa saja yang harus dipenuhi. Kebutuhan-kebutuhan tersebut diurutkan mulai dari mendesak hingga yang tidak mendesak sama sekali. Kebutuhan-kebutuhan di atas dapat dibuat daftar skala prioritas dengan urutan sebagai berikut.

1) Biaya pendidikan

2) Televisi

3) Lemari es

4) Rekreasi

5) Sepeda motor sport

Jadi, dapat disimpulkan bahwa kebutuhan yang akan dipenuhi terlebih dahulu adalah biaya pendidikan.

Jawaban: C

14. Motif untuk memenuhi kebutuhan adalah dorongan dari dalam diri untuk melakukan tindakan ekonomi supaya dapat memenuhi kebutuhan hidupnya sendiri maupun keluarganya.

Jawaban: A

15. Orang yang bertindak sesuai dengan prinsip ekonomi akan bersikap hemat, memikirkan sebab akibat dari tindakan yang dilakukan, serta berusaha memanfaatkan sumber daya yang ada dengan seefektif mungkin. Tindakan di atas yang tidak sesuai dengan prinsip ekonomi adalah Ibu Rika yang membeli tas dengan merek terkenal supaya mendapatkan pujian dari teman-temannya.

Jawaban: D

16. Ekonomi mikro adalah ekonomi yang membahas bagian terkecil dari seluruh kegiatan ekonomi, seperti perusahaan dan pasar. Bahan analisis dari ekonomi mikro adalah sebagai berikut.

1) Interaksi antara penjual dan pembeli di pasar barang dan jasa.

2) Tingkah laku pembeli dan penjual.

3) Interaksi dalam pasar faktor produksi

Jawaban: E

17. Berdasarkan analisisnya ilmu ekonomi dibagi menjadi tiga, yaitu ekonomi deksriptif, teori ekonomi, dan ekonomi terapan. Ekonomi deskriptif adalah analisis ekonomi yang menggambarkan keadaan yang sebenarnya. Teori ekonomi adalah analisis ekonomi yang berusaha menjelaskan, mencari pengertian-pengertian, hubungan sebab akibat, serta cara kerja sistem perekonomian. Ekonomi terapan adalah analisis ekonomi yang menelaah kebijakan-kebijakan yang harus dilaksanakan untuk mengatasi masalah-masalah perekonomian yang ada.

Jawaban: B

18. Berdasarkan ruang lingkupnya, ilmu ekonomi terdiri atas dua, yaitu ekonomi makro dan ekonomi mikro. Ekonomi mikro adalah ilmu ekonomi yang membahas bagian terkecil dari suatu perekonomian, seperti interaksi antara penjual dan pembeli. Ekonomi makro adalah ilmu ekonomi yang membahas perekonomian secara keseluruhan, seperti pertumbuhan ekonomi dan perdagangan internasional. Jawaban pada nomor 17 di atas adalah b, karena pernyataan-pernyataan di bawahnya adalah bahan analisis ekonomi makro.

Jawaban: B

19. Nilai intrinsik dan nominalnya sama. Hal ini untuk mencegah ketidakstabilan nilai uang.

Jawaban: A

20. Nilai-nilai yang terdapat pada sistem ekonomi syariah antara lain:

1) perekonomian masyarakat luas,

2) keadilan dan persaudaraan yang menyeluruh,

3) keadilan sosial,

4) keadilan ekonomi,

5) keadilan distribusi pendapatan, serta

6) kebebasan individu dalam konteks kesejahteraan sosial.

Jawaban: A

4

SUPE

R CO

ACH

B. Esai

1. Cara untuk mengatasi kelangkaan sumber daya alam adalah dengan memanfaatkannya secara selektif dengan mempertimbangkan kelestariannya agar generasi penerus kita dapat menikmatinya.

2. Kebutuhan berdasarkan intensitasnya adalah sebagai berikut.

a. Kebutuhan primer; contohnya sandang, pangan, dan papan.

b. Kebutuhan sekunder; contohnya televisi, lemari es, dan sepeda motor.

c. Kebutuhan tersier; contohnya mobil, perhiasan emas, dan rumah mewah.

3. Perbedaan ekonomi mikro dan makro

Dilihat dari Ekonomi Mikro Ekonomi Makro

Harga Harga ialah nilai dari suatu komoditas (barang tertentu saja).

Harga adalah nilai dari komoditas secara agregat (keseluruhan).

Unit analisis Pembahasan tentang kegiatan ekonomi secara individual. Contohnya permintaan dan dan penawaran, perilaku konsumen, perilaku produsen, pasar, penerimaan, biaya dan laba atau rugi perusahaan.

Pembahasan tentang kegiatan ekonomi secara keseluruhan. Contohnya pendapatan nasional, pertumbuhan ekonomi, inflasi, pengangguran, investasi dan kebijakan ekonomi.

Tujuan analisis

Lebih memfokuskan pada analisis tentang cara mengalokasikan sumber daya agar dapat dicapai kombinasi yang tepat.

Lebih memfokuskan pada analisis tentang pengaruh kegiatan ekonomi terhadap perekonomian secara keseluruhan.

4. Motif intrinsik adalah motif yang berasal dari dalam diri seseorang itu sendiri. Contohnya, Tika membantu korban tanah longsor karena timbul simpati di dalam hatinya.

5. Alasan riba dilarang dalam ekonomi syariah adalah sebagai berikut.

a. Riba menyebabkan hilangnya keseimbangan dalam tata kehidupan sosial ekonomi.

b. Riba memeras pihak yang lemah.

c. Riba menyebabkan peralihan fungsi uang dari alat tukar menjadi alat yang bisa menimbulkan keuntungan.

5

EKO

NO

MI S

MA/

MA

X

K O G N I T I FB A B 2

PEMBAHASANUJI KOMPETENSI MANDIRI

A. Pilihan Ganda

1. Pak Abdul adalah pengusaha roti yang ingin meningkatkan keuntungan usahanya. Masalah ekonomi yang dihadapi oleh Pak Abdul adalah bagaimana cara memproduksi roti secara lebih efisien sehingga biaya produksi dapat ditekan dan keuntungan yang didapatkan lebih banyak.

Jawaban: B

2. Masalah yang dihadapi oleh CV Melisa adalah untuk siapa barang tersebut diproduksi, mengingat barang yang dihasilkan adalah barang dengan mutu yang bagus dan dibuat secara handmade, tidak mengandalkan peralatan teknologi modern sehingga lebih teliti dan rapi dalam pembuatannya.

Jawaban: C

3. Masalah yang dihadapi oleh Pak Kadir adalah bagaimana cara memproduksi kaos secara cepat dan dalam jumlah yang banyak supaya dapat memenuhi pesanan yang telah diterimanya.

Jawaban: A

4. Masalah pokok ekonomi modern adalah sebagai berikut.

a. Barang apa yang akan diproduksi?b. Bagaimana