Bahasa Indonesia -...

download Bahasa Indonesia - yrama-widya.co.idyrama-widya.co.id/file-ssj-sd/pembahasan-ssj-usbn-sd-2019.pdf ·

of 118

  • date post

    03-Mar-2019
  • Category

    Documents

  • view

    597
  • download

    1

Embed Size (px)

Transcript of Bahasa Indonesia -...

1Pembahasan SSJ USBN SD/MI 2019

Bahasa Indonesia

2 Pembahasan SSJ USBN SD/MI 2019

A Level Pengetahuan dan Pemahaman1. Makna kata dapat dicermati berdasarkan arti

kamus atau berdasarkan penggunaannya dalamkalimat. Begitu pula dengan makna istilah. Maknaistilah dapat pula dilihat dari kamus istilah yangberkaitan. Berdasarkan kamus, istilah pedestrianbermakna pejalan kaki. Dengan demikian, istilahpedestrian tersebut, baik berdasarkan kamusmaupun berdasarkan penggunaannya dalamkalimat adalah pejalan kaki.

Jawaban: A 2. Sinonim adalah persamaan makna kata.

Beberapa kata yang berbeda dapat memilikimakna yang sama. Misalnya, kata kecil dapatbersinonim dengan mungil. Dalam kalimat padasoal, kata yang ditanyakan sinonimnya adalahkata menengok. Untuk mengetahui kata yangbersinonim dengan kata menengok, kita dapatmengganti penggunaan kata tersebut dengankata yang tidak mengubah makna kalimat. Katamenengok dapat digantikan dengan kata melihatkarena tidak mengubah makna kalimat tersebut.Dengan demikian, sinonim kata menengok adalahmelihat.

Jawaban: A3. Sebuah paragraf biasanya mengandung informasi

tersurat. Informasi tersurat biasanya dinyatakansecara tertulis dan langsung melalui kalimat-kalimatnya. Pada paragraf tersebut, informasiyang terdapat dalam paragraf tersebut adalah PTKAI memesan kereta api berfasilitas tempat tidurke PT INKA. Informasi tersebut tertulis secaralangsung pada kalimat pertama dalam paragraftersebut.

Jawaban: A 4. Paragraf yang disajikan membicarakan laut yang

merupakan sumber kehidupan yang penting.Di dalam laut, terutama laut Indonesia, terdapatberagam makhluk hidup (ikan, kerang, rumputlaut) dan sumber mineral (besi, perak, emas,minyak bumi) yang dapat dimanfaatkan untukhidup manusia. Dengan demikian, pertanyaanyang sesuai dengan hal tersebut adalah apa sajasumber daya alam yang ada di laut Indonesia?

Jawaban: A

Materi Pokok 1: Membaca Nonsastra

5. Kalimat utama adalah kalimat yang menjadi pokokatau inti gagasan suatu paragraf. Kalimat utamabiasanya terdapat di awal atau akhir paragraf.Berdasarkan susunan kalimat yang tersaji dalamsoal, kalimat yang menjadi gagasan paragraftersebut adalah kalimat nomor (1).

Jawaban: A6. Sebuah paragraf harus dibangun oleh kalimat

utama dan kalimat penjelas. Kalimat penjelasmerupakan kalimat rincian penjelasan yangmendukung topik dalam kalimat utama. Jikakalimat penjelasnya tidak sama atau tidak sesuaidengan topik kalimat utama, kalimat tersebutdinyatakan tidak padu. Misalnya, topik kalimatdalam paragraf yang disajikan dalam soal adalahberagam kegiatan ekstrakurikuler di sebuahsekolah. Seluruh kalimat penjelasnya (kalimat2, 3, 5, dan 6) mendukung topik tersebut, yaknikegiatan ekstrakurikuler di bidang olahraga(kalimat 2), kegiatan ekstrakurikuler di bidangmusik (kalimat 3), kegiatan ekstrakurikuler dibidang seni bela diri (kalimat 5), dan beberapakegiatan ekstrakurikuler lainnya (kalimat 6).Akan tetapi, kalimat 4 membicarakan anggotaklub ekstrakurikuler sangat menyukai mi ayamdi sebuah kantin. Kalimat tersebut tentunyatidak padu dengan kalimat utamanya. Dengandemikian, kalimat yang tidak padu dalam paragraftersebut adalah kalimat ke-4.

Jawaban: C

B Level Aplikasi1. Ide pokok suatu paragraf terdapat pada kalimat

utama setiap paragrafnya. Namun, pada beberapajenis paragraf seperti narasi dan deskripsi, idepokok bisa saja tersebar di seluruh kalimat dalamparagraf tersebut. Jika dicermati, masing-masingkalimat tersebut menceritakan pengalaman ber-libur ke Parangtritis secara kronologis. Berdasarkankalimat-kalimat tersebut, dapat disimpulkan bahwaide pokok paragraf tersebut adalah liburan keParangtritis.

Jawaban: A2. Teks di atas menceritakan pengalaman berlibur

ke Parangtritis. Pengalaman berlibur tersebutdiceritakan secara kronologis mulai dari

Pembahasan Latihan Soal

3Pembahasan SSJ USBN SD/MI 2019

persiapan, kegiatan di perjalanan, dan keceriaan di Parangtritis. Pemaparan cerita yang dilakukan secara kronologis merupakan salah satu cirri teks narasi. Dengan demikian, paragraf tersebut termasuk ke dalam jenis teks narasi.

Jawaban: B3. Simpulan merupakan pendapat terakhir berdasar-

kan pada uraian sebelumnya. Untuk mencarisimpulan sebuah wacana, kita harus mencermatihal-hal pokok dalam paragraf tersebut.a. sakit tenggorokan dapat sembuh sendirib. perasan jeruk lemon dan madu dapat

meringankan sakit tenggorokanDengan demikian, simpulan yang tepat untuk paragraf tersebut adalah sakit pada tenggorokan dapat dikurangi dengan minum air perasan jeruk lemon dan madu.

Jawaban: D4. Topik adalah pokok atau gagasan utama yang

dibicarakan. Dalam wawancara tersebut, hal yangdibicarakan adalah panen padi. Pada wawancaratersebut, awalnya ditanyakan hasil panen padi.Kemudian, cara meningkatkan panen padi.Berikutnya adalah waktu panen padi. Semua haltersebut berkaitan dengan informasi panen padi.

Jawaban: B5. Makna tersirat merupakan makna yang ter-

sembunyi. Untuk mengetahui makna tersirat, kitaharus memahami isi teks secara keseluruhan.Setelah itu, kita bisa menangkap pokok-pokokyang dimaksudkan dalam keseluruhan teks ter-sebut. Perhatikan kalimat kedua paragraf tersebut.Pasaran buah jeruk nipis telah menembusperdagangan antarnegara, termasuk jeruk nipistanpa biji.Kalimat tersebut memiliki makna bahwa pasaranbuah jeruk nipis tidak hanya di perdagangandalam negeri, tetapi sudah merambah hinggaperdagangan luar negeri.

Jawaban: C6. Iklan adalah suatu bentuk penawaran barang

atau jasa kepada konsumen. Kalimat iklanbiasanya singkat, padat, dan memengaruhikonsumen untuk menggunakan barang atau jasayang ditawarkannya. Perhatikan kalimat pertama

iklan tersebut (belajar lebih atraktif sangat menyenangkan). Kalimat tersebut bermakna bahwa belajar atraktif dapat dilakukan melalui VCD pembelajaran.

Jawaban: C

C Level Penalaran1. Peristiwa-peristiwa suatu cerita biasanya memiliki

hubungan sebab-akibat. Dengan mencermatisetiap persitiwa dalam teks, kita dapat mem-prediksi kejadian berikutnya yang mungkinterjadi. Peristiwa dalam teks tersebut adalahekstrakurikuler tarian tradisional bertujuan untukmelestarikan tarian tradisional tersebut. Hal yangmungkin terjadi jika para siswa tidak tertarikmengikuti ekstrakurikuler tersebut adalah taritradisional akan punah.

Jawaban: A2. Sebuah teks bisa saja memiliki persamaan

dalam menyajikan gagasan melalui sebuah topik.Perhatikan topik yang dibicarakan dalam keduateks berikut.Teks 1: pertunjukan komedi kera, yang merupakankesenian tradisional, dapat menghibur penonton.Teks 2: pertunjukan wayang, yang merupakankesenian tradisional, dapat menghibur penonton.Dengan demikian, persamaan kedua teks tersebutadalah pertunjukan kesenian tradisional dapatmenghibur.

Jawaban: A3. Perhatikan penjelasan ilustrasi berikut.

a. Andi mengamati pertumbuhan kecambahyang ditanamnya.

b. Pada hari ke-1, tinggi kecambah mulai tampak0,9 cm; hari ke-2 bertambah menjadi 2,4 cm.Pada hari ke-3, kecambah bertambah tinggimenjadi 4,7 cm. Hari ke-4 kecambah tumbuhmencapai 6,9 cm. Hari ke-5 kecambahtumbuh 13,4 cm dan hari ke-6 kecambahmencapai ketinggian 16,8 cm. Terakhir, dihari ke-7, kecambah mencapai 20 cm.

Berdasarkan ilustrasi tersebut, data yang tepat untuk mengisi abjad A, B, dan C adalah A (2,3 cm), B(13,4 cm), dan C (3,4 cm).

Jawaban: A

Materi Pokok 2: Membaca Sastra

A Level Pengetahuan dan Pemahaman1. Pantun adalah puisi yang terdiri atas empat baris

dan memiliki sampiran dan isi. Pesan dalampantun dapat diketahui dengan melihat larik ke-3

dan ke-4. Dengan mencermati larik ke-3 dan ke-4 pada pantun tersebut, isi pantun tersebut adalah belajar mengaji setiap saat agar pandai ilmu agama.

Jawaban: D

4 Pembahasan SSJ USBN SD/MI 2019

2. Dalam sebuah cerita, pasti di dalamnya terdapattokoh. Salah satunya adalah tokoh utama.Tokoh utama adalah tokoh yang paling banyakdiceritakan dan banyak hadir dalam setiapkejadian. Berdasarkan cerita tersebut, tokoh yangpaling banyak diceritakan adalah Kak Dina.

Jawaban: B3. Kiasan merupakan makna kata atau kelompok

kata yang bukan makna sebenarnya. Dalamsebuah syair, sebuah kata sering kali bermaknakias. Dalam syair tersebut terdapat kata elok.Berdasarkan penggunaan kata elok dalam syairtersebut, kata elok dapat dimaknai dengantampan.

Jawaban: D

B Level Aplikasi1. Sebuah puisi ditulis untuk menyampaikan pesan

kepada pembacanya. Pesan atau makna tersebutbisa terlihat dari larik demi lariknya. Pada larikke-1 sampai ke-3, penyair berjanji akan memilikisemangat juang untuk membangun negeri.Kemudian, di larik ke-4 sampai ke-6 berisikanajakan penyair yang menginginkan generasi mudauntuk memiliki semangat juang, seperti pahlawansaat membangun negeri. Dengan demikian, isipuisi tersebut adalah keinginan penyair yangterlihat pada larik ke-4 sampai ke-6 dan janjipenyair yang terlihat pada larik ke-1 sampai ke-3.

Jawaban: A 2. Amanat merupakan pesan atau makna yang ingin

disampaikan oleh pengarang kepada pembaca.Kutipan dongeng pada soal menceritakan TimunMas yang dikejar oleh Buta Ijo yang hendakmemakannya. Sebelumnya, Timun Mas mendapatbungkusan yang berisi terasi, biji mentimun, jarum,dan garam. Benda-benda tersebut digunakan

Timun Mas untuk membinasakan Buta Ijo. Buta Ijo pun tenggelam saat Timun Mas melempar garam yang berubah menjadi lautan. Dengan demikian, amanat yang dapat diambil dari dongeng tersebut adalah orang jahat pasti binasa.

Jawaban: B

C Level Penalaran1. Peristiwa-peristiwa suatu cerita biasanya memiliki

hubungan sebab-akibat. Dengan mencermatisetiap persitiwa dalam teks, kita dapat mem-prediksi kejadian berikutnya yang mungkin terjadi.Peristiwa dalam pa