Persentasi Stilistika

download Persentasi Stilistika

of 121

  • date post

    15-Dec-2016
  • Category

    Documents

  • view

    371
  • download

    43

Embed Size (px)

Transcript of Persentasi Stilistika

  • STILISTIKA I

  • STILISTIKA I

    OLEH

    Drs. Rosman. H., M.Hum.

    081363854186

    rosmanpanam@gmail.com

    rosman.panam@yahoo.com

    rosman20@unilak.ac.id.

    Fb: rosman IP group

    Fb: rosman sipayung

  • Defenisi Stilistika

    style berasal dari bahasa Yunani stylos atau stilus dalam bahasa Latin.

    Secara umum makna stilos adalah wujud sesuatu, misalnya bentuk arsitektur yang memiliki ciri sesuai dengan karakteristik ruang dan waktu.

    Sedangkan stilus bermakna alat untuk menulis sesuai dengan cara yang digunakan oleh penulisnya.

  • Istilah style secara leksikal yang berpadanan dengan gayaIstilah stilistika dalam bahasa Inggris stylistics.

    Istilah stilistika atau stylistics terdiri dari dua kata style dan ics.

    Stylist adalah pengarang atau pembicara yang baik gaya bahasanya, perancang atau ahli dalam mode.

    Ics atau ika adalah ilmu, kaji, telaah.

    Stilistika adalah ilmu gaya atau ilmu gaya bahasa.

  • Kridalaksana (1982:159)

    1. Ilmu yang menyelidiki bahasa yang

    dipergunakan dalam karya sastra; ilmu

    interdisipliner linguistik & sastra

    2. Penerapan linguistik pada penelitian gaya

    bahasa

    Slametmuljana (1956:5) Stilistika adalah pengetahuan tentang kata berjiwa

    Kata berjiwa adalah kata yang dipergunakan dalam cipta sastra yang mengandung perasaan pengarangnya

  • KBBI (1988:859)

    Ilmu tentang penggunaan bahasa dan gaya bahasa di dalam karya susastra

    Panuti Sudjiman (1993:13)

    mengatakan bahwa stilistika adalah ilmu yang meneliti penggunaan bahasa dan gaya bahasa di dalam karya sastra.

    Jassin (1978:127) merumuskan bahwa ilmu bahasa yang menyelidiki gaya bahasa disebut stilistika atau ilmu gaya

  • Dalam Kamus Dewan (1996:1305), Dewan Bahasa dan Pustaka, Kuala Lumpur, Stilistik:

    1) Kajian tentang penggunaan gaya bahasa

    secara berkesan dalam penulisan.

    2) Berkaitan dengan stail atau gaya, terutama

    gaya bahasa penulisan.

    Dalam Kamus Istilah Sastra, Zaidan dkk (1994:194) menuliskan stilistika ilmu yang meneliti penggunaan bahasa dan gaya bahasa dalam karya sastra.

  • Dalam The Cambridge Encyclopedia of Language, Crystal (1989:431) berpengertian bahwa stylistics the study of sistematic variation in language use: in style characteristic individual or group. Also Stylolinguistics.Dalam The Linguistics Encyclopedia, Kristen Malmkjaeer (1991:439) menuliskan bahwa stylistics is the studi of style in spoken an writen texts. By style is meant a consistein occurence in the texts of certain items and structural, or typres of items and structures, among those of fered by language whole.

  • Dalam Longman Dictionary of Applied Linguistics, Richard, John and Platt (1985:278) berpengertian bahwa stylistics, in the study of that variation in language style, indich is dependent of situation in aqich the language is used and also on the effect the writes or speaker wishes to createn the reader or hearet. Although sometime include invenfigations of spoken language; of usually refers to the study of invitory language, include literary texs. Stylistics is concerned with the choihes that are available to writes and the reasons why particclas forms and expressions are used rather than other.

  • Dalam A Hand Back of English Language Teaching; Term and Practice, Brian Seaton ( 1982:162) berpengertian bahwa stylistics, the study of literady discourse from the point of view of linguistics.Dalam Perbincangan Gaya Bahasa Sastra, sastrawan negara Keris Mas, Dewan Bahasa dan Pustaka, Kuala Lumpur (1988:8) berpengertian bahwa stilistika tidak lain dari pada kajian stail, yang mengkaji segala kemungkinan gaya kesusastraan untuk menilai dan mendapat kefahaman benar mengenai sebuah teks kesusastraan.

  • Sesion II

    Bidang stilistika/ lingkup stilistika

  • Dalam Kosa Semiotika, Budiman menuliskan:

    bahwa dilihat dari sudut pandangan tertentu, stilistika merupakan subdisiplin linguistik yang mengarah perhatian terhadap teks-teks sastra.

    Stilistik menerapkan metode-metode struktural terhadap teks-teks sastra.

    Di samping itu dilihat dari perspektif lain, stilistik dapat dipahami sebagai suatu disiplin otonom yang mencoba menerapkan secara ekfektif metode-metode baik linguistik maupun ilmu sastra (1999:111).

  • Bagi Leech, stilistik adalah simple defind as the (linguistic) study of style. Wawasan demikian sejalan dengan pernyataan Cummings dan Simmons bahwa studi bahasa dalam teks sastra merupakanbranch of linguistic called stylistic. Dalam konteks yang lebih luas, bahkan Jakobson beranggapan bahwa poetics (puitika) sebagai teori tentang system dan kaidah teks sastra sebagai bagian yang tidak terpisahkan dari Linguistic.

  • Bagi jakobson Poetics deals with problem of verbal structure, just as he analysis of painting is concered with pictorial structure since linguistics is the global science of verbal structur, poetics may be regarded as an integral of linguistic (Amminuddin :1995 :21).Chvatik mengemukakan Stilistika sebagai kajian yang menyikapi bahasa dalam teks sastra sebagai kode estetik dengan kajian stilistik yang menyikapi bahasa dalam teks sastra sebagaimana bahasa menjadi objek kajian linguistik (Aminuddin :1995 :22).

  • Sedangkan menurut Rene Wellek dan Austin Warren, Stilistika perhatian utamanya adalah kontras system bahasa pada zamannya (Wellek dan Warren : 1990 : 221).Dalam Stylistics, Harmondworth Penguin Book Tunner (1977:7) merumuskan bahwa stilistika adalah bagian dari linguistik yang memusatkan perhatiannya pada variasi penggunaan bahasa terutama bahasa dalam kesusastraan.

  • Stilistika

    Apakah hanya studi tentang

    gaya bahasa dalam kesusastraan?

  • Stilistika bukan studi tentang gaya bahasa dalam kesusastraan saja, tetapi studi gaya dalam bahasa pada umumnya

    GW. Turner (1977:7-8)

    Stilistika adalah bagian linguistik yang memusatkan diri pada variasi dalam penggunaan bahasa

    Stilistika berarti studi gaya, yang menyarankan bentuk suatu ilmu pengetahuan atau paling sedikit berupa studi yang metodis

  • Kesimpulan pengertian stilistika

    Ilmu tentang gaya (bahasa)

  • Tugas Stilistika

    Slametmuljana

    Membeberkan kesan pemakaian susun kata dalam kalimat kepada pembacanya. Penempatan kata dalam kalimat menyebabkan gaya kalimat, disamping ketepatan pemilihan kata, memegang peranan penting dalam ciptaan sastra

  • Sebutan untuk ahli

    Ahli stilistika disebut Stylician (b.Inggris)

    ahli yang melakukan studi metodis atas prinsip-prinsip gaya bahasa

    Stylist merupakan ahli pembuat gaya bahasa

  • III Penemu/ Ahli Stilistika

  • Penemu Stilistika

    Penemu stilistika adalah Charles Bally; seorang linguis Perancis.

    Bally, memasukkan stilistika pada studi bahasa yang dipergunakan dalam bahasa kehidupan sehari-hari yang untuk memenuhi tujuan hidup sendiri

    Bally, Stilistika adalah studi efek-efek ekspresif dan mekanisme dalam semua bahasa la langue de tout le monde (bahasa semua manusia/ seluruh dunia).

  • Bally memahami stilistika sebagai studi sumber-sumber ekspresif bahasa yang dibicarakan dan mengeluarkan dari dalamnya studi bahasa sastra yang diorganisasikan untuk tujuan estetikPengikut Bally berpendapat lain, menolak Bally

    Marcel Cressot, Morouzeau, Devoto

    Marcel Cressot(1947) (Le Style at Ses Technique) kesusastraan adalah bidang stilistika yang utama (par excellence) karena dalam kesusastraan pilihan itu lebih manasuka (arbitrer) dan lebih sadar

  • Cressot tidak sangat jauh memasuki daerah orang (ahli) sastra (kesusastraan).

    Ia menganalisis sarana-sarana sastra, tetapi tidak berusaha membuat analisis suatu karya sastra.

    Penelitian Cressot dan kawan-kawan lebih bersifat linguistik daripada kesusastraan.

    Ia berpendapat bahwa studi sastra dapat belajar dari stilistika linguistik yang akurat, suatu aparatus deskriptif dengan beberapa pretensi untuk penyempurnaan.

  • Pendapat Cressot di atas bermakna bahwa studi stilistika diarahkan pada studi linguistik, terutama oleh para linguis.Turner berpendapat bahwa stilistika merupakan bagian lingustik

    Pendapat yang berbeda

    Kendati kesusastraan (ilmu sastra) dapat memanfaatkan hasil studi linguistik dalam penelitian sastra, tetapi kesusastraan berbeda dari linguistik sebab:

    Objek studi linguistik adalah bahasa

    Objek studi kesusastraan adalah karya sastra yang mempunyai konvensi sendiri.

  • Ada usaha studi stilistika yang berkencendrungan pada ilmu sastra, dan penelitian stilistika yang dipusatkan pada karya sastra sebagai sumber gaya dan penggunaan bahasa yang kompleks dan juga fungsi estetiknya dominan, seperti:

    Graham Hough bukunya Style and stylistics ditulis berdasarkan titik pandang kesusastraan meskipun studi gaya bahasa itu tumbuh dari linguistik.

    Umar Yunus dalam buku Stilistika:satu pengantar, ia memusatkan penelitian gaya bahasa pada karya sastra

  • Umar Yunus berpendapat bahwa hakikat stilistika itu pemakaian atau penggunaan bahasa dalam karya sastra, tetapi kesadaran tentangnya muncul dalam linguistik.

    Yunus berpendapat stilistika dipahami sebagai ilmu gabung, yaitu linguistik dan ilmu sastra

    Yunus menghendaki stilistika menjadi ilmu yang berdiri sendiri, bukan linguistik maupun sastra. Dengan demikian ilmu (stilistika) dapat mengembangkan dirinya sendiri.

  • IV

  • Pengertian Gaya Bahasa

    Slametmuljana, gaya bahasa adalah susunan perkataan yang terjadi karena perasaan-perasaan dalam hati pengarang yang dengan sengaja atau tidak, menimbulkan suatu perasaan yang tertentu dalam