PERSENTASI EVOLUSI

download PERSENTASI EVOLUSI

of 28

  • date post

    12-Dec-2015
  • Category

    Documents

  • view

    221
  • download

    5

Embed Size (px)

description

Evolusi pra Darwin (terdapat 10 tokoh evolusi)

Transcript of PERSENTASI EVOLUSI

GAGASAN ATAU HIPOTESIS AWAL EVOLUSI PRA DARWIN

GAGASAN ATAU HIPOTESIS AWAL EVOLUSI PRA DARWIN Oleh :

Dea Putri Andeska (1317021017)Ellia Suryani (1317021022)Eva Octarianita (1317021024)Ezzanda Vozza Diah Pitaloka (1317021025)

Evolusi dapat diartikan sebagai suatu perubahan (pertumbuhan, perkembangan) secara berangsur-angsur atau perlahan-lahan (sedikit demi sedikit). Dengan kata lain berevolusi berarti berubah secara berangsur-angsur dari satu bentuk ke bentuk yang lain. Evolusi adalah cabang ilmu biologi yang mempelajari tentang perubahan struktur gen dalam jangka waktu yang lama. Evolusi secara harfiah dapat dikatakan sebagai suatu proses spesiasi (pembentukan spesies). Sebelum tercetusnya teori Darwin, telah banyak beberapa ilmuwan yang mengemukakan teori mengenai evolusi. Masa sebelum tercetusnya teori Darwin dikenal dengan masa pra-Darwin. Beberapa ilmuwan seperti Aristoteles, Anaximander, Count de Buffon dan Jean Baptise de Lamarck adalah pencetus gagasan awal teori evolusi pra-Darwin. Untuk lebih memahami mengenai teori evolusi pra Darwin maka disusunlah makalah ini.

Tujuan dari makalah ini adalah untuk mengetahui nama tokoh, masa hidup, negeri asal, isi gagasan atau hipotesis dan hal-hal yang mendasari gagasan atau pemikiran ilmuwan masa pra Darwin.

TEORI-TEORI PRA DARWIN1. Teori Evolusi Plato (427-347 SM)Nama tokoh : PlatoMasa hidup : 347-427 SMNegeri asal : AthenaGagasan : Evolusi akan mengubah dunia yang organismenya sudah ideal dan teradaptasi sempurna dengan lingkungannya.Hal-hal yang mendasari gagasan : Plato Percaya pada dua dunia, yaitu dunia yang ideal dan abadi, serta dunia maya (khayal) yang tidak sempurna. Kedua dunia tersebut dapat dipahami dengan menggunakan alat indera manusia. Plato Membayangkan pencipta yang menciptakan dunia dari kehancuran kemudian menciptakan para dewa yang akan membuat manusia berjenis kelamin laki-laki, Perempuan dan hewan muncul dari hasil reinkarnasi jiwa laki-laki, makin cacat jiwa tersebut, makin rendah reinkarnasinya.

2. Teori Evolusi Aristoteles (384-322 SM)Nama tokoh : Aristoteles

Masa hidup : Merupakan murid Plato yang menyusun seluruh organisme ke dalam suatu skala alami. Aristoteles adalah seorang pengamat alam yang teliti dan melihat banyak bukti mengenaidesain dan tujuan. Beliau hidup pada tahun 384-322 SM

Negeri asal : Yunani

Gagasan : Evolusi yang terjadi berdasarkan metafisika alam, maksudnya metafisika alam dapat mengubah organisme dan habitatnya dari bentuk sederhana ke bentuk yang lebih kompleks.

Hal-hal yang mendasari gagasan : Organisme yang ada dianggap tidak sempurna tetapi bergerak kearah keadaan yang lebih baik. Hal ini kadang-kadang diartikan sebagai pemikiran evolusi, tetapi Aristoteles sangat samar-samar mengenai sifat gerakan tersebut. Mungkin gerakan itu merupakan pendekatan yang makin cocok dengan idealis penciptaan tiap spesies tertentu, yang pasti Aristoteles tidak merinci suatu pemikiran mengenai transmutasi spesies.

3. Teori Evolusi Anaximander (500 SM)Nama tokoh : Anaximander

Masa hidup: Beliau mengajarkan teori desedensi akan tetapi teori ini sama sekali tidak mempunyai pengaruh apa-apa terhadap alam pemikiran para sarjana di zaman itu dan di zaman berikutnya. Baru setelah teori-teori evolusi ini berkembang dengan pesat, maka dalam tulisan-tulisan sarjana itu dapat menemukan kembali petunjuk-petunjuk tentang adanya pendapat-pendapat semacam itu. Anaximander hidup pada tahun 500 SM

Negeri asal :Yunani

Gagasan :Manusia berasal dari makhluk akuatik mirip ikan (dan mengalami proses evolusi).

Hal-hal yang mendasari gagasan : Adanya ajaran penurunan (ajaran desedensi) dan beliau dipandang sebagai pelopor ajaran desedensi ini. Anaximander mengajarkan bahwa kosmos mungkin berasal dari kekacauan (chaos), kehidupan muncul dari zat mati, dan makhluk tingkat tinggi muncul dari makhluk tingkat rendah.

4. Teori Evolusi Empedoclas (495-435 SM)Nama tokoh : Empedoclas

Masa hidup : 495-435 SM

Negeri asal : Yunani

Gagasan: Kehidupan berasal dari lumpur hitam yang mendapat sinar dari matahari dan berubah menjadi makhluk hidup. Evolusi terjadi dengan dimulainya makhluk hidup yang sederhana kemudian berkembang menjadi sempurna dan akhirnya menjadi beraneka ragam seperti sekarang ini.

5. Teori Evolusi Erasmus Darwin (1731-1802).Nama tokoh : Erasmus DarwinMasa hidup : Semasa hidupnya beliau menyusun buku yg berjudul Zoonamia yg menentang teori pada evolusi dari Lamarck.Negeri asal : InggrisGagasan : Evolusi terjadi karena bagian fungsional terhadap stimulasi adalah diwariskan.

6. Teori evolusi Sir Charles Lyell (1797-1875)

Nama tokoh : Sir Charles Lyell

Masa hidup : Lyell adalah seorang ilmuwan yang berasal dari Skotlandia dengan bukunya yang terkenal berjudul Principles of Geology yang terbit pada tahun 1830 Lyell adalah salah satu ilmuan yang mampu membalikan gagasan tradisional tentang umur dan asal-usul bumi. Hidup pada tahun 1797-1875 M.

Negeri asal : Skotlandia

Gagasan : Permukaan bumi terbentuk melalui proses bertahap dalam jangka waktu yang lama. Lyell mengemukakan bahwa gunung dan lembah dan ciri-ciri fisik permukaan bumi tidak diciptakan seperti bentuknya sekarang atau tidak dibentuk oleh bencana yang berturut-berturut, tetapi terbentuk oleh berlanjutnya proses vulkanis, pergolakan, erosi, glasiasi dan sebagainya dalam jangka waktu yang sangat lama dan masih berlangsung sampai sekarang

Hal-hal yang mendasari gagasan :

Adanya teori Uniformitarianisme, yaitu konsep yang diasumsikan bahwa hukum alam yang sama dan proses yang beroperasi di alam sekarang, selalu dioperasikan di alam semesta di masa lalu. Hal ini sering diringkas sebagai "saat ini adalah kunci ke masa lalu," karena meyakini bahwa segala sesuatu terus terjadi karena terbentuknya dunia pada awalnya. 7. Teori evolusi Count de Buffon (1707-1788)Nama tokoh : Count de BuffonMasa hidup : George Louis Leclerc atau Comte de Buffon atau Count of Buffon adalah seorang dokter, ahli zoologi, ahli matematika dan ahli sains dari Prancis. Ia berpendapat bahwa makhluk hidup berubah sepanjang waktu dan ia memperkirakan bahwa bumi berusia lebih dari 6.000 tahun. Semua pendapatnya tersebut ia sembunyikan dalam bukunya yang berjudulNatural Historysebanyak 44 volume, tujuannya untuk mengurangi kritik masyarakat yang menyebar luas. Buffon telah menerbitkan 36 quarto Histoire Naturelle (semacam ensiklopedia). Beliau hidup pada tahun 1707-1788 M.

Negeri asal : Prancis

Gagasan :Hewan-hewan bersifat plastis. Variasi-variasi kecil yang dihasilkan lingkungan akan berakumulasi membentuk perbedaan-perbedaan yang lebih besar. Setiap hewan pada jalur tipe-tipe hewan berubah dari moyangnya, menjadi lebih sederhana (Variasi-variasi yang terjadi karena pengaruh alam sekitar diwariskan sehingga terjadi penimbunan variasi).8. Teori evolusi Jean Baptise de Lamarck (1744 1829)Nama tokoh : Jean Baptise de Lamarck

Masa hidup : Nama lengkap Lammarck adalah Jean Baptist Pierre Antoine De Monet, Chavalier De Lammarck. Sewaktu masih muda ia belajar untuk menjadi pendeta, kemudian ia menjadi tentara sampai ia dalam pertempuran mendapat pujian karena keberaniannya. Ia meninggalkan angkatan perang, untuk belajar ilmu ketabiban di Paris, akan tetapi kemudian ia malah lebih tertarik akan ilmu tumbuh-tumbuhan.Negeri asal :Prancis

Gagasan : Lingkungan mempunyai pengaruh pada ciri-ciri dan sifat-sifat yang diwariskan melalui proses adaptasi lingkungan. Ciri dan sifat yang terbentuk akan diwariskan kepada keturunannya. Organ yang sering digunakan akan berkembang dan tumbuh membesar, sedangkan organ yang tidak digunakan akan mengalami pemendekan atau penyusutan, bahkan akan menghilang. Contoh yang dapat digunakan oleh Lamarck adalah jerapah

Hal-hal yang mendasari gagasan :

Lamarck mengamati jerapah dan ular. Ular adalah binatang yang mempunyai kebiasaan untuk merangkak/merayap dengan cepat masuk ke dalam tanah, kalau mereka mau bersembunyi. Kaki-kaki yang panjang malah merugikan untuk merangkak dan bersembunyi di dalam tanah dan keberadaan kaki tersebut justru merintangi gerakan. Jadi kebiasaan bergerak dari binatang itu menyebabkan lenyapnya kaki-kaki pada tubuhnya sendiri.Pada awalnya seluruh jerapah berleher pendek, sementara daun-daunan makanannya di pohon harus dijangkau karena letaknya yang tinggi. Karena sering menjangkau daun, leher jerapah semakin panjang sehingga jerapah generasi berikutnya semakin tinggi.Penyesuaian dan pewarisan hasil adaptasi ini berlanjut sehingga jerapah masa kini berleher panjang.

9. Teori evolusi Alfred Russel Wallace (1823-1913 M) Nama tokoh : Alfred Russel Wallace

Masa hidup : Lahir 08 Januari 1823 meninggal 07 November 1913 pada umur 90 tahun) dikenal sebagai seorang naturalis, penjelajah, pengembara, ahli antropologi dan ahli biologi dari Britania Raya. Ia terkenal sebagai orang yang mengusulkan sebuah teori tentang seleksi alam, dimana kemudian hari malah membuat Charles Darwin lebih terkenal dari dia dengan teorinya sendiri. Ia banyak melakukan penelitian lapangan, dimana untuk pertama kalinya dilakukan di sungai Amazon di tahun 1846 saat ia masih berusia 23 tahun dan kemudian di Kepulauan Nusantara. Negeri asal : Inggris

Gagasan : Evolusi terjadi karena adanya seleksi alam. Seleksi alam yang dimaksud dalam teori evolusi adalah teori bahwa makhluk hidup yang tidak mampu beradaptasi dengan lingkungannya lama kelamaan akan punah sehingga yang tertinggal hanyalah mereka yang mampu beradaptasi dengan lingkungannya. Dan sesama makhluk hidup akan saling bersaing untuk mempertahankan hidupnya (Wallace pencetus teori seleksi alam).

Hal