PERSENTASI AGAM@

download PERSENTASI AGAM@

of 18

  • date post

    30-Jun-2015
  • Category

    Documents

  • view

    293
  • download

    1

Embed Size (px)

Transcript of PERSENTASI AGAM@

MAKANAN DAN MINUMAN TERMASUK ASINama Koni

kelompok 6 sobah janah

laxmita rima aryanti

Lutfiana Merlina

Miftahul Mila

sari

MAKANAN DAN MINUMAN1. Makanan dan minuman yang halal Halal artinya boleh, jadi makanan yang halal ialah makanan yang dibolehkan untuk dimakan menurut ketentuan syara Islam.

Berdasarkan firman Allah dan hadits Nabi SAW, jenis-jenis makanan halal yaitu :y Semua makanan yang baik, tidak kotor dan tidak

menjijikan. y Semua makanan yang tidak diharamkan oleh Allah dan Rasul-Nya. y semua makanan yang tidak memberi mudharat, tidak membahayakan kesehatan jasmani dan tidak merusak akal, moral, dan aqidah. y Binatang yang hidup di dalam air, baik air laut maupun air tawar.

Mi 4 giy

y g y it :j p

l lp

s r y

p t i

gi

j

i

y y y

is ir t c ir y g ti y gi i si , i y ri s gi j s i, l, p qi . jiw , Air t c ir y g ti w l p s l y p r s p rti r y g r j ic . Air t c ir it r p jis t s ci y g jis. t r Air t c ir y g s ci it i p t g c r -c r y g l l y g ti rt t g g j r g Isl .

S

2. Makanan dan minuman yang haram y Haram artinya dilarang. Jadi makanan yang haram adalah makanan yang dilarang oleh syara islam untuk dimakan. Setiap makanan yang dilarang pasti ada bahayanya dan meninggalkan yang dilarang pasti ada faidahnya dan mendapat pahala.

Yang Diharamkan Berdasarkan dalil Al Quran:y y y y y y y

Makanan Milik orang lain. Dan janganlah kamu memakan makanan diantara kamu sekalian dengan bathil ( AL BAQARAH 188) Bangkai, yaitu bangkai hewan yang mati sendiri, bisa karena tercekik, dipukul, terjatuh, tertanduk, dan juga sisa binatang buas. Darah yang dikucurkan Daging babi. Sesuatu yang disembelih karena selain Allah Binatang yang disembelih karena berhala Khamr, yaitu sesuatu yang memabukan

Yang diHaramkan Berdasarkan Hadist :y y y y

Setiap yang bertaring Himar setiap yang memiliki cakar (cengkeraman) Binatang yang makan kotoran.

y

Etika sebelum makan: makanan

dan minumannya halal,bersih dari kotoran-kotoran haram,dan subhad. ia meniatkan makanan dan minumannya untuk menguatkan ibadahnya kepada tuhan YME agar diberi pahala. ia mencuci tangannya sebelum makan jika keduanya kotor atau tidak dapat memastikan kebersihan keduanya

Etika ketika sedang makan :y y y

y

memulai makan dengan membaca doa mengakhiri makan dengan membaca doa ia makan dengan tiga jari tangan kanan,mengecilkan suapan,mengunyah makanan dengan baik,makan dari makanan yang dekat denganya (pinggir) dan tidak makan dari tengah piring mengunyah makanan dengan baik menjilat piring makananya sebelum mengelapnya dengan kain atau mencucinya dengan air.

Etika setelah makan :y

y y

y

ia berhenti makan sebelum kenyang,agar ia tidak jatuh dalam kebinasaan dan kegemukan yang menghilangkan kecerdasannya. ia menjilat tanganya,kemudian mengelapnya atau mencucinya namun mencucinya lebih baik ia mengambil makanan yang jatuh ketika ia makan,karena ada anjuran terhadap hal tersebut dan karena itu adalah syukur atas nikmat. membersihkan sisa-sisa makanan di giginya dan mengkumuruntuk membersihkan mulutnya.

ASI ( Air Susu Ibu )Air Susu Ibu (ASI) adalah suatu emulsi lemak dalam larutan protein, laktosa dan garam-garam anorganik yang di sekresi oleh kelenjar mamae ibu, yang berguna sebagai makanan bagi bayinya. y Sedangkan ASI Ekslusif adalah perilaku dimana hanya memberikan Air Susu Ibu (ASI) saja kepada bayi sampai umur 6 bulan tanpa makanan dan ataupun minuman lain kecuali sirup obat. y ASI dalam jumlah cukup merupakan makanan terbaik pada bayi dan dapat memenuhi kebutuhan gizi bayi selama 6 bulan pertama. ASI merupakan makanan alamiah yang pertama dan utama bagi bayi sehingga dapat mencapai tumbuh kembang yang optimal.y

KOMPOSISI ASIy y

y y

ASI lebih banyak mengandung unsur-unsur antara lain : zat putih telur,lemak,karbohidrat,vitamin , mineral, factor pertumbuhan, enzim , hormone, zat kekebalan dan sel darah putih. semua zat ini terdapat secara professional dan seimbang satu dengan yang lainnya . cairan hidup yang mempunyai keseimbangan biokimia yang sangat tepat ini bagi suatu simfomi nutrisi bagi pertumbuhan bayi sehingga tidak mungkin ditiru oleh buatan manusia.

FISIOLOGI LAKTASy

Laktasi adalah keseluruhan proses menyusui mulai dari ASI diproduksi sampai proses bayi mengisap dan menelan ASI. ASI adalah bahan makanan alamiah bagi bayi yang lahir dengan cukup umur.

TA AP MENYUSUI BAYIy

B yi

r s l l p rp s ti is s .p i y ri g, ti t rl l i gi t p t rl l p s s rt ig gs c r y l s t g , i i t y t l c r y t p r s t . I s t r s l y t i. Bil i t l p t i gg l p t ti r y , l i i t ri i rsi y g c pr

y

.

TEKNIK MENYUSUI NORMAL Bibir bayi bisa menangkap putting dengan betul

pada lekukan diantara areola dan putting Lubang hidungnya cukup jauh dari payudara hingga pernapasannya bebas. Sandaran tempat meletakkan tangan dan sebuah bangku kecil untuk mengistirahatkan kakinya serta mengangkat lututnya pada sisinya sebelah mana ia akan menyusukan.

PENGELUARAN ASI SECARA MANUALy seluruh buah dada dipijet diantara dua telapak tangan y buah dada ditopang dengan tangan .

Mengenal asi ekslusify Bayi hanya diberi asi saja , tanpa bahan cairan seperti

formula , jeruk, madu, air teh,air putih, dan tanpa tambahan makanan padat seperti pisang,papaya,bubur,susu,biscuit,bubur nasi dan tim y Pemberian asi secara ekslusif ini di anjurkan untuk jangka waktu 6 bulan. Setelah 6 bulan ,ia harus mulai di perkenalkan dengan makanan padat . y Asi dapat diberikan sampai bayi berusia 2 tahun atau bahkan lebih dari 2 tahun. y Para ahli menemukan manfaatasi akan sangat meningkat bila bayi hanya di beri ASI selama 6 bulan pertmana kehidupanya .

Waktu yang tepat untuk pemberian ASI : Bayi sebelum usia 4 bulan diberikan ASI sesering mungkin termasuk malam hari Waktu yang diberikan untuk menyusui rata-rata 10-15 menit hingga payudara terasa kosongatau bayi sudah kenyang Untuk bayi yang telah mendapat makanan tambahan . pemberian ASI lebih didahulukan . waktu antara pemberian ASI dan makanan tambahan 2-3 jam.

TERIMA KASIH