Persentasi II

download Persentasi II

of 15

  • date post

    18-Jul-2015
  • Category

    Documents

  • view

    151
  • download

    0

Embed Size (px)

Transcript of Persentasi II

PERAWATAN STEERING CLUTCH PADA BULLDOZER TIPE D6G DI PT. TRAKINDO UTAMA PEKANBARUNama : Endro Alfredi Pramito Nim : 0807021070 Program Studi D3 Teknik Mesin Fakultas Teknik Universitas Riau 2010

LATAR BELAKANGPelajaran ini mencakup steering clutch. Steering clutch digunakan oleh pipelayers dan track-type tractors yang tidak di lengkapi oleh differential steering. Pelajaran ini juga menjelaskan komponenkomponen dan cara kerja dari steering clutch.

TUJUANMemahami prinsip kerja steering clutch pada dozer. Mengetahui Komponen komponen steering clutch pada dozer. Memahami cara pembongkaran dan perakitan steering clutch pada dozer. Mengetahui permasalahan yang dapat terjadi pada steering clutch.

MANFAATMahasiswa mendapatkan pengalaman bekerja didunia industri. Mendapatkan pengetahuan tentang alat berat. Mampu mengaplikasikan pengetahuan dan keterampilan yang dimiliki secara langsung dalam berbagai kegiatan diperusahaan. Mendapatkan wawasan tentang kondisi diperusahaan untuk bekal dimasa yang akan datang.

BATASAN MASALAH

Penulis hanya menentukan batasan masalah mengenai pembongkaran dan perakitan serta perawatan pada steering clutch.

BULLDOZER

STEERING CLUTCH

MASALAH PADA STEERING CLUTCH

Mesin tidak dapat membelok dalam satu arahMesin tidak dapat membelok dalam segala arah Mesin bergerak kesegala arah ketika steering clutch engaged

Steering lambat

PERAWATAN PADA STEERING CLUTCH

Preventive maintenance Preventive maintenance pada steering clutch yaitu perawatan penggantian oli. Oli yang digunakan untuk pelumasan steering clutch yaitu oli dengan kekentalan SAE 30. Perawatan ini bertujuan untuk membersihkan komponen komponen steering clutch dari bram bram akibat gesekan. Breakdown maintenance breakdown maintenance yang sering dilakukan pada steering clutch yaitu penggantian steel disc dan disc assemblies.

STEERING CLUTCH DISASSEMBLIES

STEERING CLUTCH ASSEMBLE

KESIMPULAN

Semua part pada saat perakitan dan pembongkaran steering clutch dijaga kebersihannya agar tidak terkena kontaminasi seperti debu dan lainnya, karena kontaminasi dapat mempersingkat umur part. Steering clutch sangat berfungsi pada sistem steering dan brake pada dozer, maka dari itu perlu perhatian khusus pada pemeliharaan steering clutch. Pemasangan steering clutch harus sesuai dengan SOP yang telah ditentukan, jika tidak maka steering clutch kemungkinan cepat rusak.

SARAN

Pada saat pembongkaran dan perakitan steering clutch dilakukan dengan hati-hati, karena lentingan spring dapat menyebabkan cidera. Pada saat penggantian part sedapat mungkin bersamaan dengan penggantian oli, untuk meminimalkan pengeluaran. Pada saat pergantian suku cadang gunakanlah suku cadang yang sesuai dengan spesifikasi, agar mendapatkan hasil yang lebih baik dan tahan lama.