Permasalahan Ketenagakerjaan

download Permasalahan Ketenagakerjaan

If you can't read please download the document

  • date post

    11-Jan-2017
  • Category

    Law

  • view

    348
  • download

    0

Embed Size (px)

Transcript of Permasalahan Ketenagakerjaan

PERMASALAHAN KETENAGAKERJAAN DI INDONESIA

PERMASALAHAN KETENAGAKERJAAN DI INDONESIAAnin Nur Aftina241.15.05667Entrepreneur ClassGBS Hybrid Harapan Indah2015

A.N.A

Latar Belakang :Perekonomian Indonesia sejak krisis ekonomi pada pertengahan 1997 membuat kondisi ketenagakerjaan Indonesia ikut memburuk. Sejak saat itu, pertumbuhan ekonomi Indonesia juga tidak pernah mencapai 7-8 persen.

Identifikasi Masalah : Apa yang menjadi masalah pengangguran di indonesia? Penyebab Timbulnya Pengangguran di Indonesia Upaya meningkatkan kualitas angkatan kerja?

A.N.A

Hipotesesis :Jika pertumbuhan ekonomi di Indonesia stabil maka jumlah pengangguran di Indonesia akan berkurang.

A.N.A

Landasan Teori : Peraturan Menteri Tenaga Kerja No. 05/Men/1989 Tangga 29 Mei 1989 Tentang Upah Minimum. Peraturan Pemerintah No. 25 Tahun 2000 Tentang Kewenangan Pemerintah dan Kewenangan Propinsi Sebagai Daerah Otonomi, mengubah pemberlakuan Upah Minimum Regional (UMR) menjadi Upah minimum Propinsi (UMP) atau Upah minimum Kabupaten/Kota (UMK).

A.N.A

Sumber Penelitian :

http://www.andisite.com, 2014http://www.datastatistik-indonesia.com, 2014http://www.dephan.go.id,2014http://www.google.co.id,2014http://id.wikipedia.co.id,2014http://www.instruments.worldpress.com,2014http://www.suarapembaruan.com,2014http://www.tempointeraktif.com, 2014

A.N.A

Penyebab Timbulnya Pengangguran di Indonesia Pengangguran terjadi disebabkan antara lain, yaitu karena jumlah lapangan kerja yang tersedia lebih kecil dari jumlah pencari kerja.

A.N.A

PemerintahUpaya pemerintah untuk meningkatkan mutu tenaga kerja antara lain dengan mendirikan berbagai pusat latihan kerja.

Upaya Peningkatan Kualitas Angkatan Kerja :

Pihak Swasta (Perusahaan)Bekerja sama dengan sekolah atau kampus adalah menyediakan kesempatan bagi para siswa dan mahasiswa untuk kerja praktik atau magang di perusahaan yang bersangkutan.

A.N.A

Kesimpulan :Kondisi pengangguran di Indonesia saat ini sangat memprihatinkan. Penyebab pengangguran di Indonesia ialah terdapat pada masalah sumber daya manusia itu sendiri dan tentunya keterbatasan lapangan pekerjaan. Indonesia menempati urutan ke 133 dalam hal tingkat pengangguran di dunia.

Saran :Untuk mengatasi masalah pengangguran ini pemerintah telah membuat suatu program untuk menampung para pengangguran. Selain mengharapkan bantuan dari pemerintah sebaiknya kita secara pribadi juga harus berusaha memperbaiki kualitas sumber daya kita agar tidak menjadi seorang pengangguran dan menjadi beban pemerintah.

A.N.A

A.N.A