PENGGUNAAN SPSS

download PENGGUNAAN SPSS

of 21

  • date post

    18-Dec-2015
  • Category

    Documents

  • view

    224
  • download

    4

Embed Size (px)

description

sss

Transcript of PENGGUNAAN SPSS

PENGGUNAAN SPSS:

SPSS

SPSS SPSS (Statistical Package for the Social Science) pada awalnya merupakan program komputer statistik untuk ilmu-ilmu sosial- dibuat pertama kali oleh tiga mahasiswa Stanford University yaitu Norman H. Nie; C Hadlai Hull dan Dale H Bent pada tahun 1968- yang dijalankan dengan komputer mainframe. Pada tahun 1984 versi PC SPSS muncul dengan nama SPSS/PC+ dan pada tahun 1992 mengeluarkan SPSS versi Windows. Seiring dengan perkembangan pelayanan jenis user untuk proses produksi, riset ilmu sains dan lainnya- SPSS telah berkembang tidak hanya Statistical Package for the Social Science tetapi telah menjadi Statistical Product and Service Solution.SPSS versi 12 (2004) untuk statistik berisi :

Descriptive Statistics: Crosstabulations, Frequencies, Descriptives, Explore, Descriptive Ration statistics Bivariate Statistics: Means, t-test, ANOVA, Correlation - bivariate, partial, dan distance- non-parametric test Prediction for numerical outcomes: linear regression Prediction for indentifying group: factor analysis, two-step cluster analysis; K-mean cluster analysis, hierarchical cluster analysis, discriminatSemua proses perhitungan denga menggunakan SPSS mengikuti alur ditunjukkan Bagan 1. Data yang akan digunakan untuk perhitungan dimasukkan (inputing) melalui menu DATA EDITOR yang secara otomotis muncul di layar monitor sesaat program SPSS dijalankan. Setelah data dimasukkan, proses pengolahan data juga melalui DATA EDITOR dan hasilnya ditampilkan dalam layar VIEWER. Hasil perhitungan tersebut dapat berupa teks, tabel maupun grafik.

Bagan 1. Proses Perhitungan SPSS1. MEMPERSIAPKAN DATA

Statistik merupakan ilmu yang berkaitan dengan kegiatan pengoleksian, pengorganisasian, presentasi, analisis, dan interpretasi data numerik (kuantitatif) untuk membantu pembuatan keputusan lebih efektif (Douglas 2005). Pada hakekatnya, statistik dibagi menjadi dua yaitu: statistik deskriptif dan statistik inferensi. Statistik deskriptif adalah statistik yang berkiatan dengan metode mengorganisasikan, perangkuman dan presentasi data ke dalam suatu bentuk yang informatif. Sedangkan inferensi terkait dengan kegitan pembuatan keputusan, estimasi, prediksi atau generalisasi tentang populasi berdasarkan perhitungan sampel. Data harus dipersiapkan terlebih dahulu mengenai format, jenis dan aturan-aturan tertentu. Variabel adalah sesuatu yang nilainya dapat bervariasi. Variabel dibedakan menjadi dua yaitu variabel kuantitatif dan variabel kualitatif. Contoh variabel kuantitatif adalah suku bunga, pendapatan, penjualan dan lain-lain. Contoh variabel kualitatif adalah agama, warna kulit, asal kelahiran. Kadang-kadang kita sering bisa mengkuantifikasikan variabel kualitatif. Statistik terkait dengan variabel kuantitatif. Variabel kuantitatif dibagi menjadi dua macam yaitu diskrit (menunjuk angka tertentu) dan kontinyu (menunjuk rentang yang jumlah angkanya tak terhingga). Terdapat 4 tingkatan data, yaitu:

Nominal: data diklasifikasikan ke dalam kategori dan tidak dapat disusu dalam urutan tertentu. Sebagai contoh: varibel jenis kelamin: pria=1; wanita=2. Pemberian nilai tersebut terserah individu.

Ordinal: data disusun ke dalam urutan tetapi perbedaan nilai data tidak dapat ditentukan atau tidak memiliki arti. Contoh pembuatan ranking untuk minuman soft drink yang disukai.

Interval: data disusun dalam interval tertentu dan tidak terdapat nilai nol

Rasio

Bagan 2. Macam DataBeberapa hal yang perlu diperhatikan ketika kita akan memasukan data (inputing):

- Struktur Data: - baris/case

- kolom/heading/variabel: numeric, comma, dot, scientific, notation, date, dollar, custom currency, string

- Format data: - fixed (tertentu)

- freefield (bebas)

- Missing Value = data yang hilang atau tidak lengkap

2. MEMULAI SPSS

Untuk memulai program SPSS: icon SPSS

Bagan 3. Memulai SPSS

Buka Windows

1. Klik grup icon SPSS

2. Klik SPSSmuncul logo SPSS, kemudian hilang dan muncul: Output Windows dan SPSS Editor yang siap dioperasikan. Istilah: Penunjuk Sel, Nomor Case, Edit Line, Heading Kolom, Sel.

SPSS menyediakan beberapa Windows:

- Data Editor. Window ini terbuka secara otomatis ketika program SPSS dijalankan dan berfungsi untuk input data ke SPSS.

Membersihkan data editor: klik File, New, Data

Membuka File (ekstensi .sav): klik File, Open, Data

- Viewer. Window ini merupakan media tampilan proses yang dilakukan SPSS. Dapat disimpan melalui perintah Save SPSS Output (ekstensi .lst). Untuk membuka file output: klik File, Open, SPSS output

-Syntax Editor. untuk menuliskan susunan perintah/program--teks editor

Dapat disimpan lewat perintah Save SPSS Syntax pada menu file. Untuk membuka file syntax (ekstensi .sps): klik File, Open, Syntax

-Script Editor: digunakan untuk melakukan berbagai pengerjaan SPSS secara otomatis, seperti membuka dan menutup file, mengekspor grafik menyesuaikan bentuk output.

Bagan 5. Window SPSS

3. MENANGANI FILE DATA

Buka SPSS: clik icon SPSS, maka akan ditampilkan di monitor sebagai berikut:

Bagan 6. Data Editor

masukkan data pada kolom pertama. Untuk memberikan nama Nilai tekan Variable View yang ada di kiri bawah kemudian ketikkan nilai pada Name. Variable View ini digunakan untuk mengedit semua yang berkaitan dengan variabel. Kemudian masukkan data berikut ini:

NamaSexProgramStatMKPKManajWesel

susi WanitaMSi658080250

susan WanitaMEP709898450

memed laki-lakiMSi9089100150

bambang laki-lakiMEP658740200

duri WanitaMM7878103340

nurul WanitaMSi987897500

ali laki-lakiMEP767689400

nika WanitaMSi909790230

gogon laki-lakiMM879170590

bolot laki-lakiMM6998120430

handi WanitaMSi787549120

unik WanitaMEP987859210

kali laki-lakiMSi6765200340

budi laki-lakiMEP897684560

santoso laki-lakiMM976056430

bukoli WanitaMEP6769179700

boy laki-lakiMM807878230

sici WanitaMSi8987180450

kutut laki-lakiMM656859650

kile WanitaMSi679868230

Dapat memberikan nama variabel dan format (type, label, missing value dan format kolom). Type untuk menentukan type variabel, jumlah angka dibelakang koma, lebar variabel. Labels untuk menentukan label variabel dan harga dari label tersebut. Missing Value untuk mementukan harga-harga dari suatu variabel yang akan dideklarasikan sebagai missing value. Format Kolom untuk menentukan jenis perataannya.

Bagan 7. Jenis Data

KETRAMPILAN DASAR:

FILE

- Membuka file yang sudah ada: File/Open- Menyimpan data: File/Save; File/Save As- Mencetak data: File/Print

- Keluar dari SPSS: File/Exit

DATA

- Menghapus data:

- Mencopy data

- Menyisipkan data

- Mengurutkan data

- Seleksi kasus

- Menyimpan File Data:

>klik File, Save Data

>Beri Nama: pada kotak dialog Newdata:Save Data As ......sav

>Enter

-Menyunting Data:

Menghapus isi sel: >Klik sel, tekan Delete

Menghapus isi sel satu kolom (Variable): >Klik heading kolom , tekan Delete

Menghapus satu baris(case): >Klik baris, tekan Delete-Mengkopi Data

Mengkopi isi sel:>pilih sel, Ctrl-C, arahkan sel, Ctrl-V

Mengkopi satu kolom:>pilih Heading kolom, Ctrl-C, arahkan heading, Ctrl-V

Mengkopi baris (case):>pilih case,Ctrl-C, arahkan baris, Ctrl-V

- Menyisipkan Data:

Menyisipkan kolom:>pilih kolom yang akan disisipi, klik Data, Insert Variable

Menyisipkan baris:> pilih baris yang akan disisipi, klik Data, Insert Case

-Tranpose Data: yaitu merubah baris menjadi kolom dan kolom menjadi baris. Maka menghasilkan data baru:

>buka file

>klik Data, Transpose >pindahkan satu atau beberapa variabel >Enter

-Pengurutan

>Data, Sort Cases >pindahkan variabel ke kotak, pilih ascending atau descending

- Agregate: untuk mengkombinasikan grup-grup dari case-case ke dalam case-case summari tunggal

- Split File: untuk memecah split file data ke dalam subgrup-subgrup sehingga nantinya dalam analisis maupun dalam pembuatan chart didasarkan pada tiap-tiap subgrup tersebut (analisis terpisah)

- Seleksi Case: untuk memilih, menentukan case yang akan diikutsertakan dalam analisis selanjutnya

- Pembobotan: untuk memberikan pembobotan yang berbeda pada case-case tertentu.

4. TRANSFORMASI DATA- Transformasi data

- hitung (compute)

- runtun waktu- COMPUTE - untuk melakukan perhitungan terhadap value yang sudah ada. Kita dapat membuat variabel baru berdasarkan atas variabel yang sudah ada.

- COUNT - untuk menghitung jumlah cacah value dari seluruh variabel yang didaftar yang memenuhi syarat value yang telah didefinisikan, pada tiap-tiap case.

- RECODE dan AUTOMATIC RECODE untuk memodifikasi atau mengganti value-value dari variabel-variabelyang didaftar menjadi value-value dengan harga baru.

- RANK CASES - untuk menyusun ranking, score normal, score rangking yang sejenis untuk semua case dari variabel numerik yang didaftar

- CREATE TIMES SERIES - untuk membuat varibel time series.

- REPLACE MISSING VALUE - untuk menghasilkan variabel baru berdasarkan variabel asal yang mengandung missing value, dimana value valid dari variabel asal akan dicopykan ke variabel baru, sedangkan value yang berharga missing diganti dengan harga rata-rata dari value valid atau diganti dengan salah satu dari beberapa fungsi time series