Pedoman Profesi Kmb 2015

45
IDENTITAS MAHASISWA NAMA : NIM : NO TELP/ HP : ALAMAT : Panduan Profesi Ners Keperawatan Medikal Bedah PSIKUNEJ 2015 Page 1 FOTO 4 x 6 (Latar Biru)

description

Pedoman Profesi Kmb 2015

Transcript of Pedoman Profesi Kmb 2015

IDENTITAS MAHASISWA

NAMA :

NIM :

NO TELP/ HP :

ALAMAT :

Panduan Profesi Ners Keperawatan Medikal Bedah PSIKUNEJ 2015Page 1

FOTO 4 x 6(Latar Biru)

KATA PENGANTAR

Puji syukur senantiasa kami panjatkan ke hadirat Allah SWT, Tuhan Yang Maha Kuasa yang telah memberikan petunjuk dan hidayah-Nya sehingga buku Panduan Praktik Profesi Ners Keperawatan Medikal Bedah Program Studi Ilmu Keperawatan Universitas Jember ini dapat terselesaikan.

Keperawatan Medikal Bedah adalah bentuk pelayanan profesional yang merupakan bagian integral dari pelayanan keperawatan yang difokuskan pada asuhan keperawatan pada klien orang dewasa yang mengalami gangguan pada sistem tubuhnya dengan atau tanpa pembedahan. Program praktik profesi Ners Keperawatan Medikal Bedah diselenggarakan sebagai media untuk mengaplikasikan keilmuan yang telah didapatkan sebagi bekal untuk menjadi perawat profesional. Praktik profesi Ners Keperawatan Medikal Bedah dilaksanakan setelah mahasiswa menempuh pembelajaran akademik dan memperoleh gelar sarjana keperawatan (S.Kep.).

Buku Panduan Praktik Profesi Ners Keperawatan Medikal Bedah membahas tentang standar kompetensi dan kompetensi standar mahasiswa yang telah disesuaikan dengan kurikulum inti pendidikan Ners pendidikan tinggi Indonesia serta mekanisme pelaksanaan praktik profesi Ners yang diselenggarakan oleh Program Studi Ilmu Keperawatan (PSIK) Universitas Jember. Buku ini juga berisi pedoman pelaksanaan praktik Profesi Ners Keperawatan Medikal Bedah sehingga diharapkan dapat memudahkan mahasiswa dan pembimbing dalam memahami dan melaksanakan praktik profesi Ners keperawatan Medikal Bedah PSIK Universitas Jember. Buku pedoman ini juga telah mengalami perbaikan berdasarkan evaluasi pelaksanaan praktik profesi Ners yang telah berlangsung dan masukan dari para pembimbing.

Kritik dan saran yang membangun senantiasa kami nantikan untuk perbaikan dan kesempurnaan dan buku panduan ini.

Jember, Maret 2015

Penulis

Panduan Profesi Ners Keperawatan Medikal Bedah PSIKUNEJ 2015Page 2

DAFTAR ISI

IDENTITAS MAHASISWA 1PENGANTAR 2DAFTAR ISI 3DAFTAR LAMPIRAN 4LEMBAR PENGESAHAN 5VISI DAN MISI DEPARTEMEN KMB 6

BAB I Identitas Mata Ajar 7A. Pendahuluan 7B. Deskripsi Mata Ajar 7C. Standar Kompetensi 7D. Kompetensi Dasar 7

BAB II Pelaksanaan Praktik Profesi 7A. Tata Tertib 7B. Lahan Praktik dan Alokasi Waktu 8C. Mekanisme Praktik Profesi 9D. Metode Pembelajaran 10E. Pembimbing Praktik 11F. Evaluasi Praktik 11

Daftar Pustaka

LAMPIRAN

Panduan Profesi Ners Keperawatan Medikal Bedah PSIKUNEJ 2015Page 3

DAFTAR LAMPIRAN

Lampiran 1 Format Penilaian Laporan Pendahuluan 12Lampiran 2 Format Penilaian Laporan Kasus 13Lampiran 3 Format Penilaian Ujian 14Lampiran 4 Format Penilaian Seminar Asuhan Keperawatan 15Lampiran 5 Format Evaluasi Penyuluhan Keperawatan 16Lampiran 6 Daftar Hadir Praktik Keperawatan Individu 17Lampiran 7 Daftar Kegiatan Bimbingan 18Lampiran 8 Format Pengkajian 19Lampiran 9 Analisa Data 24Lampiran 10 Catatan Perkembangan 25Lampiran 11 Format resume kasus kelolaan harian 26

Panduan Profesi Ners Keperawatan Medikal Bedah PSIKUNEJ 2015Page 4

Pedoman Pendidikan Ners Keperawatan Klinik (Keperawatan Medikal Bedah)

PSIK Universitas Jember

Kode Dokumen

Revisi 2

Tanggal 1 Maret 2015

Diajukan Oleh PJMK:

Ns. Mulia Hakam, M.Kep., Sp.Kep.MBNIP. 19810319 201404 1 001

Disetujui Oleh Sekretaris I

Ns. Wantiyah, S.Kep., M.Kep.NIP. 19810712 200604 2 001

Diketahui Oleh Ketua Program Pendidikan Profesi Ners PSIK Universitas Jember

Ns. Lantin Sulistyorini, S.Kep., M.Kes.NIP. 19780323 200501 2 002

Panduan Profesi Ners Keperawatan Medikal Bedah PSIKUNEJ 2015Page 5

DEPARTEMEN KEPERAWATAN MEDIKAL BEDAH DAN KRITIS

VISI

Menjadi pusat pendidikan tinggi keperawatan Klinik (Medikal Bedah) yang berbasis pada asuhan keperawatan komunitas dengan menghasilkan lulusan Ners

yang mampu bersaing di tataran global

MISI

1. Mengadakan pengajaran yang bermutu dan berkualitas yang berfokus kepada perawatan pasien dewasa dalam lingkup medikal bedah yang mencakup gangguan berbagai sistem tubuh.

2. Menggagas kegiatan pembelajaran dalam bidang keperawatan medikal bedah yang inovatif baik pada tahap akademik maupun profesi pendidikan ners.

3. Mengkondisikan iklim ilmiah dalam setiap kegiatan-kegiatan bagian keperawatan medikal bedah dengan menggagas penelitian-penelitian serta kegiatan-kegiatan ilmiah dalam lingkup keilmuan keperawatan medikal bedah.

4. Mengembangkan kemampuan tenaga pengajar dalam bidang keilmuan keperawatan medikal bedah dengan memberikan kesempatan untuk mengikuti berbagai pelatihan dan pendidikan guna menambah wawasan dan khasanah keilmuan para tenaga pengajar.

5. Mengembangkan kemitraan dengan pihak terkait dalam upaya peningkatan kemampuan keilmuan dan keterampilan lulusan ners dalam bidang keilmuan medikal bedah.

6. Mengembangkan pendidikan yang bersifat kekhususan atau keahlian dalam bidang keilmuan medikal bedah.

7. Mengembangkan kemitraan dengan institusi dan organisasi terkait, baik dalam lingkup lokal, daerah, nasional ataupun internasional demi terciptanya keprofesionalismean tenaga pengajar bidang ilmu keperawatan medikal bedah. 

Panduan Profesi Ners Keperawatan Medikal Bedah PSIKUNEJ 2015Page 6

A. Identitas Mata Ajar1. Deskripsi Mata Kuliah

Praktik profesi keperawatan medikal bedah merupakan program yang menghantarkan mahasiswa dalam adaptasi profesi untuk dapat menerima pendelegasian kewenangan secara bertahap ketika melakukan asuhan keperawatan professional, memberikan pendidikan kesehatan, menjalankan fungsi advokasi pada klien, membuat keputusan legal dan etik serta menggunakan hasil penelitian terkini yang berkaitan dengan keperawatan pada orang dewasa. Praktik keperawatan medikal bedah mencakup asuhan keperawatan pada klien dewasa yang mengalami masalah pemenuhan kebutuhan dasarnya akibat gangguan salah satu atau beberapa sistem organ.

2. Standar KompetensiMahasiswa akan dapat melakukan asuhan keperawatan peka budaya pada klien dewasa dengan berbagai gangguan sistem tubuh sesuai aspek legal dan etik.

3. Kompetensi Dasar Setelah mengikuti kegiatan pembelajaran ini mahasiswa akan mampu:a. Termotivasi untuk mencapai kompetensi akhir sebagai lulusan Sarjana

Keperawatan Universitas Jemberb. Menginternalisasi nilai-nilai yang mendukung terwujudnya nilai keunggulan

lulusan Sarjana Keperawatan Universitas Jemberc. Melakukan pengkajian keperawatan pada klien dewasa.d. Merumuskan diagnosa keperawatan pada klien dewasa.e. Merencanakan tindakan keperawatan pada klien dewasa.f. Melaksanakan tindakan keperawatan pada klien dewasa.g. Melakukan evaluasi terhadap tindakan keperawatan yang telah dilakukan.h. Mendokumentasikan seluruh proses keperawatan.i. Berkolaborasi dengan tenaga kesehatan lain atau pihak yang berkaitan

B. PELAKSANAAN PRAKTIK PROFESI1. TATA TERTIB

a. Mahasiswa harus mematuhi tata tertib yang berlaku di lahan praktik.b. Mahasiswa harus memakai seragam lengkap, meliputi:

1) Seragam profesi dengan atribut lengkap.2) Sepatu pantofel warna hitam dan kaos kaki putih.

c. Menyerahkan Pas foto berwarna ukuran 3x4 sebanyak 3 lembar (6 bulan terakhir).

d. Mahasiswa wajib mengisi daftar hadir. Kehadiran mahasiswa harus 100%. e. Mahasiswa yang tidak dapat mengikuti praktek karena sakit wajib

menyerahkan surat keterangan sakit dari dokter.f. Mahasiswa yang tidak dapat mengikuti praktek karena sakit atau ijin wajib

mengganti dinas sesuai jumlah hari dinas yang ditinggalkan dengan sepengetahuan pembimbing akademik dan pembimbing klinik.

g. Mahasiswa yang tidak hadir tanpa mengajukan surat ijin maka ia wajib mengganti dinas sebanyak 2 kali dari tiap ketidakhadirannya.

Panduan Profesi Ners Keperawatan Medikal Bedah PSIKUNEJ 2015Page 7

h. Tidak diperkenankan mengganti jadwal dinas dengan cara melanjutkan shift jaga, bukti penggantian jadwal dinas ditandatangani oleh pembimbing klinik dan pembimbing akademik

i. Mahasiswa harus hadir sesuai jam dinas setempat dan mengikuti rotasi dinas di ruangan yang bersangkutan.

j. Bagi mahasiswa yang datang lebih dari 20 menit dan atau pulang sebelum jam dinas berakhir maka ia harus mengganti 1 kali dinas penuh.

2. MEKANISME PRAKTIK PROFES Ia. Skenario Pelaksanaan Kegiatan

1) Mahasiswa wajib mengikuti orientasi ruangan dan mengambil kasus 1 hari sebelum praktek di ruangan tersebut (sesuai kesepakatan dengan pembimbing klinik).

2) Mahasiswa wajib membuat laporan pendahuluan yang akan dibahas pada saat pre-conference.

3) Mahasiswa yang tidak menyelesaikan laporan pendahuluan tidak diperkenankan melaksanakan praktek.

4) Mahasiswa wajib mengikuti pre-conference.5) Mahasiswa wajib mengambil kasus kelolaan sesuai dengan kasus laporan

pendahuluan.6) Jika pada hari ke-1 mahasiswa tidak mendapat kasus sesuai laporan

pendahuluan makatersebut wajib meminta kasus pengganti dari pembimbing klinik.

7) Mahasiswa wajib membuat resume kasus sebanyak 3 kasus/ minggu (format terlampir).

8) Setiap kelompok mahasiswa wajib mengambil kasus kelolaan kelompok (1 kasus/ RS) yang akan dipresentasikan pada akhir waktu praktek di suatu RS.

9) Setiap kelompok wajib melakukan kegiatan penyuluhan (1 kali selama praktik) yang dapat dilaksanakan di Ruangan atau Poli sesuai kesepakatan dengan pembimbing.

10) Mahasiswa wajib mengikuti pre-conference dan post-conference.11) Ujian stase KMB akan dilaksanakan di akhir praktik KMB.12) Mahasiswa boleh mengikuti ujian stase KMB jika memenuhi syarat-syarat

sebagai berikut:a) Presensi kehadiran 100%b) Semua laporan telah dikumpulkan dengan lengkap.

13) Mahasiswa harus memenuhi standar kompetensi yang telah ditetapkan dan meminta bukti tanda tangan pembimbing klinik pada buku kompetensi yang ada.

Praktek keperawatan medikal bedah dilaksanakan di beberapa rumah sakit di beberapa ruang pelayanan medikal bedah yang terdiri dari ruang rawat inap, hemodialisa, kamar operasi, dan poli klinik /rawat jalan, selama 12 minggu. Rumah sakit dan ruangan yang akan digunakan sebagai lahan praktek adalah RSD dr. Subandi Jember.

Panduan Profesi Ners Keperawatan Medikal Bedah PSIKUNEJ 2015Page 8

b. Alur Pelaksanaan Hari/Tanggal

Kegiatan Mahasiswa

Target Pencapaian

Kegiatan Dosen

Dokumen Keterangan

Panduan Profesi Ners Keperawatan Medikal Bedah PSIKUNEJ 2015Page 9

c. Kegiatan individu1) Laporan kasus pendahuluan

Laporan pendahuluan adalah laporan yang dibuat sesuai dengan kasus yang akan diambil pada masing-masing ruangan. Ketentuan :a) Dibuat sebelum praktek klinik, sesuai dengan format yang telah ditentukan

oleh PSIK UNEJ dan dikumpulkan pada saat preconferenceb) Dibuat dengan pendekatan proses keperawatan sebagai acuan praktek

mahasiswa pada klien kelolaanc) Laporan pendahuluan boleh diketik.d) Format laporan pendahuluan:

A. Konsep Teori tentang penyakit (pengertian, patofisiologi, tanda dan gejala, kemungkinan komplikasi yang muncul, pemeriksaan khusus dan penunjang, terapi yang dilakukan)

B. Clinical Pathway C. Asuhan Keperawatan:

1. Pengkajian2. Diagnosa keperawatan 3. Perencanaan keperawatan (tujuan, kriteria hasil, intervensi, rasional)4. Evaluasi5. Discharge Planning

2) Laporan kasus lengkapLaporan kasus lengkap merupakan laporan pendahuluan ditambah dengan hasil asuhan keperawatan pada satu kasus yang dibuat oleh setiap mahasiswa yang telah selesai melaksanakan asuhan keperawatan pada suatu ruangan. Laporan kasus lengkap ini diserahkan pada pembimbing akademik pada saat pergantian ruangan.

3) Laporan harian (individu) : 3 buah kasus / mingguLaporan harian dibuat dalam bentuk resume (sesuai dengan format SOAPIE). Jumlah kasus adalah 3 kasus/minggu.

4) UjianUjian dilaksanakan sesuai dengan jadwal ujian yang telah ditentukan. Ujian terdiri dari laporan asuhan keperawatan, ujian keterampilan klinik dan responsi dengan penguji.

5) Mencapai target kompetensiMasing-masing mahasiswa diwajibkan melaporkan keterampilan klinik yang telah dilaksanakan pada format yang telah ditentukan. Keterampilan klinik yang sudah didapatkan wajib diketahui oleh pembimbing klinik untuk kemudian diserahkan kepada pembimbing akademik pada akhir masa praktek.

Panduan Profesi Ners Keperawatan Medikal Bedah PSIKUNEJ 2015Page 10

d. Kegiatan kelompok Kegiatan kelompok terdiri dari:

1) Penyuluhan kesehatanPenyuluhan kesehatan kelompok terjadwal dilaksanakan 1 (satu) kali selama stase KMB.

2) Seminar Seminar dilaksanakan tiap akhir masa praktek disuatu rumah sakit. Kasus yang dipilih untuk diseminarkan didiskusikan oleh kelompok mahasiswa dan dengan persetujuan pembimbing akademik dan pembimbing klinik

3. Pembimbing Pembimbing praktek profesi keperawatan medikal bedah adalah sebagai berikut:

a. Pembimbing akademik1) Murtaqib, S.Kp., M.Kep.2) Ns. Rondhianto, M.Kep.3) Ns. Wantiyah, M.Kep.4) Ns. Nur Widayati, MN.5) Ns. Siswoyo, M.Kep.6) Ns. Mulia Hakam, M.Kep., Sp.Kep.MB

b.Pembimbing klinik Sesuai dengan pembimbing klinik yang ditunjuk oleh Rumah Sakit

4. Metode Pembelajarana. Diskusi kasus(bimbingan dan konsultasi)b. Mini conference (pre dan post conference)c. Seminar kecil /Presentasijurnald. Tutorial individual yang diberikan perseptore. Bed side teachingf. Laporan kasus dan operan dinas

5. Evaluasi1. Ujian stase dilakukan 1 kali dan dilakukan pada akhir stase2. Penilaian dilakukan terhadap aspek :

a. Laporan pendahuluan b. Pencapaian kompetensi

keterampilanc. Laporan kasus dan resume

asuhan keperawatand. Penilaian ruangane. Presentasi

Presentasi kasus Penyuluhan

f. Ujian akhir stase Kognitif (40 %) Afektif (20 %) Psikomotor (40 %)

(5 %)(20 %)

(15%)

(10%)(10%)

(40%)

Panduan Profesi Ners Keperawatan Medikal Bedah PSIKUNEJ 2015Page 11

3. Penilaian terhadap hal tersebut diatas menggunakan format dari PSIK UNEJ

Metode yang digunakan antara lain: Direct Observasional of Procedure Skill, Case Test (SOCA-Student Oral Case Analysis), Kasus lengkap – Kasus Singkat

Panduan Profesi Ners Keperawatan Medikal Bedah PSIKUNEJ 2015Page 12

Lampiran 1

FORMAT PENILAIAN LAPORAN PENDAHULUAN

Nama Mahasiswa : …………………………………………………NIM : …………………………………………………

Kasus : ……………………………………………………………………………..……………………………......

………………………………………………………………………………………………………………………

No. Aspek yang dinilai Nilai Maksimal Nilai 1. Aspek Teoritis Kasus

a. Ketepatan pengertian kasus yang diambilb. Kemampuan pembuatan patobiologi atau

perjalanan penyakit dan secara skematikc. Ketepatan penatalaksanaan dan

komplikasi

40

2. Aspek Teoritis Keperawatana. Ketepatan dalam penentuan diagnosa

keperawatanb. Kemampuan pemuatan tujuan dan

kriteria hasilc. Ketepatan dalam rencana tindakand. Kemampuan merasionalkan rencana

tindakan

40

3. Penggunaan Referensia. Ketepatan referensi yang digunakanb. Tahun referensi yang di gunakanc. Kemampuan merangkum referensi

20

Total 100

Panduan Profesi Ners Keperawatan Medikal Bedah PSIKUNEJ 2015Page 13

.…………………………………, 2015Pembimbing,

____________________________NIP.

Lampiran 2

FORMAT PENILAIAN LAPORAN KASUS

Nama Mahasiswa : …………………………………………………NIM : …………………………………………………

Kasus : ………………………………………………………………………………..……………………………......

No. Aspek yang dinilai Nilai Maksimal Nilai 1. Aspek Pengkajian

a. Kelengkapan data (S + O + P)b. Kemampuan validasi datac. Ketepatan mengorganisasi dan analisa

data

20

2. Aspek Diagnosa Keperawatana. Ketepatan membuat diagnosa

keperawatanb. Kemampuan prioritas diagnosa

keperawatan

20

3. Aspek Perencanaan a. Ketepatan membuat tujuan dan kriteriab. Ketepatan merencanakan tindakanc. Kemampuan merasionalkan tindakan

20

4. Aspek Implementasia. Kemampuan melaksanakan tindakan

keperawatanb. Ketepatan tindakan dan tanggung

jawab

25

5. Aspek Evaluasia. Kesesuaian dengan tujuanb. Kelengkapan data hasil evaluasi

15

Total 100

Panduan Profesi Ners Keperawatan Medikal Bedah PSIKUNEJ 2015Page 14

.…………………..………………..,2015Pembimbing,

____________________________NIP.

Lampiran 3

FORMAT PENILAIAN UJIAN

Nama Peserta didik : …………………………………………………NIM : …………………………………………………

Kasus : ………………………………………………………………………………..……………………………......

………………………………………………………………………………………………………………………

No Aspek yang dinilai Nilai maksimal Nilai

1. Kognitifa. Kemampuan menganalisa kasusb. Kemampuan melakukan pengkajianc. Ketepatan perumusan diagnosad. Kemampuan membuat perencanaan

tindakane. Ketepatan mengidentifikasi tindakan

keperawatan f. Ketepatan melakukan evaluasi

40

2. Afektifb. Kemampuan melakukan kerjasama dengan

klien c. Kemampuan dan sikap dalam bekerjasama

dengan teman sejawatd. Kemampuan dan sikap dalam melakukan

kolaborasi dengan profesi lain terkait

20

3. Psikomotor a. Kemampuan melakukan tindakan

keperawatanb. Ketepatan pelaksanaan SOP tindakan

40

TOTAL 100

Panduan Profesi Ners Keperawatan Medikal Bedah PSIKUNEJ 2015Page 15

.…………………..………………..,2015Penguji,

____________________________NIP.

Lampiran 4

FORMAT PENILAIAN SEMINAR ASUHAN KEPERAWATAN

Nama Mahasiswa : …………………………………………………NIM : …………………………………………………

Kasus : ………………………………………………………………………………………………………………………

No.

Aspek yang dinilai Nilai Maks. Nilai

1. Penyajian a. Sesuai waktub. Kemampuan mengemukakan intisari masalahc. Kelancaran dan kejelasan dalam penyampaiand. Penampilan yang diuji

20

2. Isi Tulisana. Pengkajian

Data lengkap, relevan dan akurat Klasifikasi dan validasi data Pengorganisasian dan analisa data

10

b. Diagnosa Keperawatan Ketepatan P-E-S Priritas masalah

10

c. Perencanaan Kesesuaian Tujuan (SMART) Kesesuaian Intervensi

10

d. Implementasi Ketepatan narasi tindakan Kesesuaian waktu Accountable

10

e. Evaluasi Menilai efektifitas tindakan dan akurasi Perkembangan klien (SOAP)

10

3. Tanya Jawaba. Ketepatan menjawabb. Kemampuan mengemukakan argumentasic. Sikap Mahasiswa selama Tanya jawab

30

Total 100

Lampiran 5

Panduan Profesi Ners Keperawatan Medikal Bedah PSIKUNEJ 2015Page 16

.…………………..………………..,2015Pembimbing,

___________________________NIP.

FORMAT EVALUASI PENYULUHAN KEPERAWATAN

Nama Mahasiswa : …………………………………………………NIM : …………………………………………………

No Aspek yang diteliti Nilai Maksimal

Nilai

1 Penyajiana. Sesuai waktu yang di alokasikan b. Menggunakan bahasa yang bisa di mengertic. Kelancaran dan kejelasan penyajiand. Penampilan penyaji dalam penyuluhan

40

2 Isi Penyuluhana. Kesesuaian TIK dengan TIUb. Kesesuaian materi dengan TIKc. Kesesuaian kegiatan penyuluhand. Kesesuaian media/alat dan sumbere. Kesesuaian alat evaluasi

30

3 Tanya Jawaba. Ketepatan menjawabb. Kemampuan mengemukakan argumentc. Sikap penyuluh menanggapi pertanyaan

30

Total 100

Score Akhir : (Penyaji + Isi + Tanya Jawab) = …………………………

Lampiran 6

Panduan Profesi Ners Keperawatan Medikal Bedah PSIKUNEJ 2015Page 17

…………………………………., 2015Pembimbing,

______________________________NIP.

DAFTAR HADIR PRAKTEK KEPERAWATAN INDIVIDU

Nama Mahasiswa : …………………………………………………NIM : …………………………………………………

NoTanggal Jam

DatangParaf Mhs

Jam Pulang

Paraf MhsParaf

Pembimbing1234567

Lampiran 7

Panduan Profesi Ners Keperawatan Medikal Bedah PSIKUNEJ 2015Page 18

Jember, 2015Kepala Ruang/CI,

.................................................................NIP.....................................................

DAFTAR KEGIATAN BIMBINGAN

Tanggal Kegiatan Bimbingan RuanganPembimbing

Klinik(TTD)

Pembimbing Akademik

(TTD)

Lampiran 8

Panduan Profesi Ners Keperawatan Medikal Bedah PSIKUNEJ 2015Page 19

Jember, 2015Koordinator Mata Ajar,

Ns. Mulia Hakam, M.Kep.,Sp.Kep.MBNIP. 19810319 2014041 001

PROGRAM STUDI ILMU KEPERAWATAN UNIVERSITAS JEMBERFORMAT PENGKAJIAN KEPERAWATAN MEDIKAL BEDAH

Nama Mahasiswa :NIM :Tempat Pengkajian :Tanggal :

I. Identitas KlienNama : No. RM :Umur : Pekerjaan :Jenis Kelamin : Status Perkawinan :Agama : Tanggal MRS :Pendidikan : Tanggal

Pengkajian:

Alamat : Sumber Informasi :

II. Riwayat Kesehatan1. Diagnosa Medik:

………………………………………………………………………….................................………………..

2. Keluhan Utama:……………..………………………………………………………………………….………....……………………….…………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………

3. Riwayat penyakit sekarang: ……………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………...................................................................................................................………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………................

4. Riwayat kesehatan terdahulu:a. Penyakit yang pernah dialami:………………………………………………………………………….................................………………..……………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………….................................………………..

Panduan Profesi Ners Keperawatan Medikal Bedah PSIKUNEJ 2015Page 20

b. Alergi (obat, makanan, plester, dll):………………………………………………………………………….................................………………..……………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………….................................………………..c.Imunisasi:………………………………………………………………………….................................………………..……………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………

d.Kebiasaan/pola hidup/life style:………………………………………………………………………….................................………………..…………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………….................................………………..…………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………….................................………………..

e. Obat-obat yang digunakan:………………………………………………………………………….................................………………..…………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………….................................………………..………………………………………………………………………….................................………………..………………………………………………………………………….................................………………..

5. Riwayat penyakit keluarga:………………………………………………………………………….................................………………..………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………….................................………………..

Genogram:

Panduan Profesi Ners Keperawatan Medikal Bedah PSIKUNEJ 2015Page 21

III. Pengkajian Keperawatan1. Persepsi kesehatan & pemeliharaan kesehatan

……………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………Interpretasi : …………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………….…………………………………………………………………………

2. Pola nutrisi/ metabolik (ABCD)- Antropometeri

………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………Interpretasi : ………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………

- Biomedical sign : ………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………Interpretasi : ………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………

- Clinical Sign : ………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………Interpretasi : ………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………

- Diet Pattern (intake makanan dan cairan):………………………………………………………………………………………………………

Panduan Profesi Ners Keperawatan Medikal Bedah PSIKUNEJ 2015Page 22

………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………Interpretasi : ………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………

3. Pola eliminasi: BAK

- Frekuensi :…………………………………………………………………………….. - Jumlah :……………………………………………………………………………..- Warna : ……………………………………………………………………………..- Bau : ……………………………………………………………………………..- Karakter : ……………………………………………………………………………..- BJ :…………………………………………………………………………….. - Alat Bantu : ……………………………………………………………………………..- Kemandirian : mandiri/dibantu- Lain : ……………………………………………………………………………..

BAB - Frekuensi :…………………………………………………………………………….. - Jumlah :……………………………………………………………………………..- Konsistensi : ……………………………………………………………………………..- Warna : ……………………………………………………………………………..- Bau : ……………………………………………………………………………..- Karakter : ……………………………………………………………………………..- BJ :…………………………………………………………………………….. - Alat Bantu : ……………………………………………………………………………..- Kemandirian : mandiri/dibantu - Lain : ……………………………………………………………………………..

Interpretasi : Balance cairan: …………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………

4. Pola aktivitas & latihan…………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………

c.1. Aktivitas harian (Activity Daily Living)Kemampuan perawatan diri 0 1 2 3 4Makan / minum

Panduan Profesi Ners Keperawatan Medikal Bedah PSIKUNEJ 2015Page 23

Toileting Berpakaian Mobilitas di tempat tidurBerpindah Ambulasi / ROM

Ket: 0: tergantung total, 1: dibantu petugas dan alat, 2: dibantu petugas, 3: dibantu alat, 4: mandiriStatus Oksigenasi : ……………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………Fungsi kardiovaskuler : ……………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………Terapi oksigen : ……………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………Interpretasi : …………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………….…………………………………………………………………………

5. Pola tidur & istirahatDurasi : ……………………………………………………………………………………………………Gangguan tidur : ……………………………………………………………………………………….Keadaan bangun tidur : ………………………………………………………………..……………Lain-lain : …………………………………………………………………………………………………Interpretasi : …………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………….…………………………………………………………………………

6. Pola kognitif & perceptualFungsi Kognitif dan Memori : ……………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………Fungsi dan keadaan indera : ……………………………………………………………………………………………………………………………………………………….....................................................................................................................................................................Interpretasi : …………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………….…………………………………………………………………………

7. Pola persepsi diriGambaran diri : ……………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………Identitas diri : ……………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………

Panduan Profesi Ners Keperawatan Medikal Bedah PSIKUNEJ 2015Page 24

Harga diri : ……………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………Ideal Diri : ……………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………Peran Diri : ……………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………Interpretasi : …………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………….…………………………………………………………………………

8. Pola seksualitas & reproduksiPola seksualitas ………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………Fungsi reproduksi …………………………………….................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................Interpretasi : …………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………….…………………………………………………………………………

9. Pola peran & hubungan……………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………….................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................Interpretasi : …………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………….…………………………………………………………………………

10. Pola manajemen koping-stress……………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………Interpretasi : …………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………….…………………………………………………………………………

11. System nilai & keyakinan……………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………

Panduan Profesi Ners Keperawatan Medikal Bedah PSIKUNEJ 2015Page 25

……………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………Interpretasi : …………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………….……………………………………………………………………………………………………………………

IV. Pemeriksaan FisikKeadaan umum:……………………………………………………………..……………………………..........................................……………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………Tanda vital:

- Tekanan Darah : mm/Hg- Nadi : X/mnt- RR : X/mnt- Suhu : C

Interpretasi : …………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………….…………………………………………………………………………

Pengkajian Fisik (Inspeksi, Palpasi, Perkusi, Auskultasi) 1. Kepala

…………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………

2. Mata …………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………

3. Telinga.…………………………………………………………………………………….........................................………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………

4. Hidung………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………

Panduan Profesi Ners Keperawatan Medikal Bedah PSIKUNEJ 2015Page 26

…………………………………………………………………………………………………………………………………………………

5. Mulut………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………

6. Leher………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………

7. Dada.………………………………………………………………………………………...….…………………………………………………………………………………………...…………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………

8. Abdomen……………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………

9. Urogenital………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………

10. Ekstremitas……………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………

11. Kulit dan kuku……………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………

12. Keadaan lokal………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………

V. Terapi (jenis terapi, dosis, rute, indikasi, KI, implikasi keperawatan)

Panduan Profesi Ners Keperawatan Medikal Bedah PSIKUNEJ 2015Page 27

.........................................................................................................................................................................

.........................................................................................................................................................................

.........................................................................................................................................................................

.........................................................................................................................................................................

.........................................................................................................................................................................

.........................................................................................................................................................................

.........................................................................................................................................................................

.........................................................................................................................................................................

.........................................................................................................................................................................

.........................................................................................................................................................................

.........................................................................................................................................................................

VI. Pemeriksaan Penunjang & Laboratorium (bisa dikembangkan)No Jenis

pemeriksaanNilai normal

(rujukan)Hasil

(hari/tanggal)nilai Satuan

……………,…...........................20...Pengambil Data,

(__________________________) NIM

Panduan Profesi Ners Keperawatan Medikal Bedah PSIKUNEJ 2015Page 28

Lampiran 9ANALISA DATA

NO DATA PENUNJANG ETIOLOGI MASALAH

Panduan Profesi Ners Keperawatan Medikal Bedah PSIKUNEJ 2015Page 29

Lampiran 10

DIAGNOSA KEPERAWATAN

Daftar Diagnosa Keperawatan (sesuai prioritas):No Diagnosa Tanggal

perumusan Tanggal pencapaian

Keterangan

Panduan Profesi Ners Keperawatan Medikal Bedah PSIKUNEJ 2015Page 30

Lampiran 11

PERENCANAAN KEPERAWATANNO DIAGNOSA TUJUAN DAN

KRITERIA HASILINTERVENSI RASIONAL

Panduan Profesi Ners Keperawatan Medikal Bedah PSIKUNEJ 2015Page 31

LAMPIRAN 12

CATATAN PERKEMBANGANDIAGNOSA:

WAKTU IMPLEMENTASI PARAF EVALUASIJAM:

Panduan Profesi Ners Keperawatan Medikal Bedah PSIKUNEJ 2015Page 32

Lampiran 13

PROGRAM STUDI ILMU KEPERAWATAN UNIVERSITAS JEMBERFORMAT RESUME KEPERAWATAN MEDIKAL BEDAH

Nama Mahasiswa : Tanggal Resume :NIM : Ruangan :

FORMAT RESUME KASUS KELOLAAN HARIAN

IDENTITAS PASIENNama :Umur :Jenis Kelamin :Agama :Pendidikan :Pekerjaan :Alamat :No. RM :Ruangan :Diagnosa Medis :

S (Subjektif):……………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………....O (Objektif):………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………A (Analisa/Diagnosa Keperawatan yang ditegakkan berdasarkan DS dan DO):………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………

Panduan Profesi Ners Keperawatan Medikal Bedah PSIKUNEJ 2015Page 33

P (Perencanaan):………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………

I (Implementasi)PRE OPERATIF/HEMODIALISA………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………

INTRA OPERATIF/HEMODIALISA………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………POST OPERATIF/HEMODIALISA………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………

EvaluasiS………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………..

O…………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………A……………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………

P……………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………

Panduan Profesi Ners Keperawatan Medikal Bedah PSIKUNEJ 2015Page 34

PROGRAM STUDI ILMU KEPERAWATAN UNIVERSITAS JEMBERFORMAT RESUME KEPERAWATAN MEDIKAL BEDAH

Nama Mahasiswa : Tanggal Resume :NIM : Ruangan :

FORMAT RESUME KASUS KELOLAAN HARIAN

IDENTITAS PASIENNama :Umur :Jenis Kelamin :Agama :Pendidikan :Pekerjaan :Alamat :No. RM :Ruangan :Diagnosa Medis :

S (Subjektif):……………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………....O (Objektif):………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………A (Analisa/Diagnosa Keperawatan yang ditegakkan berdasarkan DS dan DO):………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………

P (Perencanaan):………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………

Panduan Profesi Ners Keperawatan Medikal Bedah PSIKUNEJ 2015Page 35

………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………

I (Implementasi)PRE OPERATIF/HEMODIALISA………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………

INTRA OPERATIF/HEMODIALISA………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………POST OPERATIF/HEMODIALISA………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………

EvaluasiS………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………..

O…………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………A……………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………

P……………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………

Panduan Profesi Ners Keperawatan Medikal Bedah PSIKUNEJ 2015Page 36

DAFTAR PUSTAKA

1. Black, J.M., Matassarin E. (1997), Medical Surgical Nursing, Clinical Management for Continuity of Care, J.B Lippincott Co.

2. Colmer, M.R., (1995), Morony’s Surgery for Nurses, 16th ed., Livingstone

3. Donna, D., et al., (1991), Medical Surgical Nursing : A Nursing Process Approach, Mosby Co.

4. Barbara C. Long and Wilma J.Phips, (1996), Essentials of Medical Surgical Nursing.

5. Margare E. Amstrong, Handbook of Clinical Nursing.

6. Hoole, J.A. Pickard, C.G et al. (1995), Patient Care Guidancefor Nurse Practioners , 4th ed., Philadelphia, J.B.Lippincot Co

7. Luckman and Sorensen (1990), Medical Surgical Nursing, Philadelphia, W.B Saunders Co.

8. Smeltzer, S.C. (2002). Brunner & suddarth’s texsbook of medical-surgical nursing. 8th edition, Philadelphia, Lippincott Publishers.

Panduan Profesi Ners Keperawatan Medikal Bedah PSIKUNEJ 2015Page 37