Pedoman Penerimaan Mhs Pindahan 2015

3
P E D O M A N Nomor : 010/A.42/Rektorat/Itenas/I/2015 tentang Penerimaan Mahasiswa Pindahan Tahun Akademik 2015/2016 Yang dimaksud dengan mahasiswa pindahan adalah : mereka yang pernah terdaftar sebagai mahasiswa, tetapi sekarang tidak lagi berstatus sebagai mahasiswa di perguruan tinggi, dalam dan luar negeri. SYARAT PENERIMAAN 1. Program studi yang akan dimasuki di Itenas sama dengan program studi di perguruan tinggi semula. Bagi mereka yang akan pindah ke program studi yang tidak sama dengan program studi di perguruan tinggi semula, harus mengikuti Ujian Saringan Masuk (USM). 2. Status akreditasi program studi di perguruan tinggi semula, lebih tinggi atau sama dengan status akreditasi program studi yang akan dimasuki di Itenas. 3. Lulus wawancara dengan Ketua Program Studi di Itenas. 4. Lulus Ujian Saringan Masuk bagi calon mahasiswa pindahan dengan total sks mata kuliah yang dapat diekivalensi kurang dari 36 sks. 5. Tidak buta warna total maupun partial, bagi yang pindah ke program studi Teknik Kimia, Teknik Lingkungan, Desain Interior, Desain Produk, atau Desain Komunikasi Visual. PROSEDUR PENERIMAAN 1. Calon mahasiswa ke Sekretariat Penerimaan Mahasiswa Baru. 2. Calon mahasiswa mendapat Formulir Isian dan Surat Pengantar untuk menemui Ketua Program Studi. 3. Calon mahasiswa menemui Ketua Program Studi untuk ekivalensi, dengan membawa persyaratan-persyaratan yang dibutuhkan : a. Formulir Isian yang sudah diisi lengkap, 1 rangkap asli b. Transkrip/Daftar nilai dari perguruan tinggi semula, 2 rangkap, 1 asli dan 1 fotocopy. c. Surat Keterangan Pindah dari Kopertis, 1 rangkap asli. d. Silabus mata kuliah dari perguruan tinggi asal, 1 rangkap fotocopy Portfolio, 1 rangkap asli, khusus bagi mereka yang akan pindah ke Program Studi Desain Interior, Desain Produk, atau Desain Komunikasi Visual. e. Surat Keputusan / Sertifikat dari Badan Akreditasi Nasional Perguruan Tinggi (BAN-PT) perguruan tinggi asal, 1 rangkap fotocopy. f. Surat Keterangan tidak buta warna total maupun partial dari dokter (6 bulan terakhir), 1 rangkap fotocopy, asli diperlihatkan (untuk yang akan pindah ke program studi Teknik Kimia, Teknik Lingkungan, Desain Interior, Desain Produk, dan Desain Komunikasi Visual) Kelengkapan persyaratan seperti pada butir 3.a. sampai dengan 3.f. merupakan salah satu kriteria diterima atau tidaknya calon mahasiswa pindahan. 4. Calon mahasiswa menyetujui hasil ekivalensi dengan menandatangani formulir hasil ekivalensi bersama Ketua Program Studi, selanjutnya melakukan pendaftaran dengan cara online (mulai dari pemesanan voucher, pembelian formulir sampai dengan cetak kartu ujian) 5. Ketua Program Studi mengirimkan hasil ekivalensi beserta semua berkas persyaratan yang dibawa calon mahasiswa ke Sekretariat Penerimaan Mahasiswa Baru.

Transcript of Pedoman Penerimaan Mhs Pindahan 2015

Page 1: Pedoman Penerimaan Mhs Pindahan 2015

P E D O M A N

Nomor : 010/A.42/Rektorat/Itenas/I/2015

tentang

Penerimaan Mahasiswa Pindahan Tahun Akademik 2015/2016

Yang dimaksud dengan mahasiswa pindahan adalah : mereka yang pernah terdaftar sebagai mahasiswa, tetapi sekarang tidak lagi berstatus sebagai mahasiswa di perguruan tinggi, dalam dan luar negeri.

SYARAT PENERIMAAN

1. Program studi yang akan dimasuki di Itenas sama dengan program studi di perguruan tinggi semula.

Bagi mereka yang akan pindah ke program studi yang tidak sama dengan program studi di perguruan tinggi semula, harus mengikuti Ujian Saringan Masuk (USM).

2. Status akreditasi program studi di perguruan tinggi semula, lebih tinggi atau sama dengan status akreditasi program studi yang akan dimasuki di Itenas.

3. Lulus wawancara dengan Ketua Program Studi di Itenas. 4. Lulus Ujian Saringan Masuk bagi calon mahasiswa pindahan dengan total sks mata kuliah yang

dapat diekivalensi kurang dari 36 sks. 5. Tidak buta warna total maupun partial, bagi yang pindah ke program studi Teknik Kimia, Teknik

Lingkungan, Desain Interior, Desain Produk, atau Desain Komunikasi Visual.

PROSEDUR PENERIMAAN

1. Calon mahasiswa ke Sekretariat Penerimaan Mahasiswa Baru. 2. Calon mahasiswa mendapat Formulir Isian dan Surat Pengantar untuk menemui Ketua

Program Studi. 3. Calon mahasiswa menemui Ketua Program Studi untuk ekivalensi, dengan membawa

persyaratan-persyaratan yang dibutuhkan :

a. Formulir Isian yang sudah diisi lengkap, 1 rangkap asli b. Transkrip/Daftar nilai dari perguruan tinggi semula, 2 rangkap, 1 asli dan 1 fotocopy. c. Surat Keterangan Pindah dari Kopertis, 1 rangkap asli.

d. Silabus mata kuliah dari perguruan tinggi asal, 1 rangkap fotocopy Portfolio, 1 rangkap asli, khusus bagi mereka yang akan pindah ke Program Studi Desain

Interior, Desain Produk, atau Desain Komunikasi Visual. e. Surat Keputusan / Sertifikat dari Badan Akreditasi Nasional Perguruan Tinggi (BAN-PT)

perguruan tinggi asal, 1 rangkap fotocopy. f. Surat Keterangan tidak buta warna total maupun partial dari dokter (6 bulan terakhir),

1 rangkap fotocopy, asli diperlihatkan (untuk yang akan pindah ke program studi Teknik Kimia, Teknik Lingkungan, Desain Interior, Desain Produk, dan Desain Komunikasi Visual)

Kelengkapan persyaratan seperti pada butir 3.a. sampai dengan 3.f. merupakan salah satu kriteria diterima atau tidaknya calon mahasiswa pindahan.

4. Calon mahasiswa menyetujui hasil ekivalensi dengan menandatangani formulir hasil ekivalensi bersama Ketua Program Studi, selanjutnya melakukan pendaftaran dengan cara online (mulai dari pemesanan voucher, pembelian formulir sampai dengan cetak kartu ujian)

5. Ketua Program Studi mengirimkan hasil ekivalensi beserta semua berkas persyaratan yang dibawa calon mahasiswa ke Sekretariat Penerimaan Mahasiswa Baru.

Page 2: Pedoman Penerimaan Mhs Pindahan 2015

– 2 –

PEDOMAN EKIVALENSI

Ketua Program Studi melakukan ekivalensi untuk calon mahasiswa, dengan pedoman sebagai berikut : a. Tidak semua mata kuliah yang lulus di perguruan tinggi asal dapat di ekivalensi. Mata kuliah

yang dapat di ekivalensi hanya mata kuliah yang relevan dengan kurikulum di program studi yang akan di masuki di Itenas.

b. Tugas Akhir/Skripsi dan Seminar tidak dapat di ekivalensi, harus dilaksanakan sepenuhnya di Itenas.

c. Mata kuliah yang masih harus ditempuh ditentukan oleh Ketua Program Studi. d. Jika jumlah sks hasil ekivalensi kurang dari 36 sks, maka calon mahasiswa pindahan harus

mengikuti Ujian Saringan Masuk (USM). Baru dapat mendaftarkan diri jika dinyatakan lulus USM.

e. Jika jumlah sks hasil ekivalensi minimal 36 sks, maka calon mahasiswa pindahan harus melakukan pendaftaran online dan mengembalikan seluruh berkas pendaftaran kepada Bagian Pendaftaran Calon Mahasiswa Pindahan.

f. Setelah menandatangani formulir hasil ekivalensi, tidak ada ekivalensi nilai susulan.

PERWALIAN AKADEMIK

Mahasiswa pindahan harus melakukan perwalian akademik sebelum perkuliahan dimulai untuk menentukan mata kuliah yang akan diambil di semester pertama. Perwalian akademik pertama dilakukan kepada Ketua Program Studi, sedangkan semester selanjutnya ditentukan oleh jurusannya masing-masing.

BIAYA

Biaya pendaftaran dan pendidikan sebagai mahasiswa baru jalur pindahan sama dengan biaya pendaftaran dan pendidikan jalur reguler.

WAKTU PENDAFTARAN

Penerimaan mahasiswa pindahan dilakukan sebelum tahun ajaran dimulai, bersamaan dengan penerimaan mahasiswa baru jalur reguler.

Bandung, 16 Januari 2015

Wakil Rektor Bidang Akademik & Kemahasiswaan

Dr. techn. Aswandy, Ir., M.T.

Tembusan :

1. Yth. Wakil Rektor Bidang Keuangan & Umum 2. Yth. Para Dekan 3. Yth. Para Ketua Jurusan 4. Yth. Para Ketua Program Studi

Page 3: Pedoman Penerimaan Mhs Pindahan 2015

FORMULIR ISIAN

Bagi Calon Mahasiswa Pindahan

Data Pribadi

N a m a : ……………………..……………..…………..……….….…………………

Tempat dan tanggal lahir : …………………..…………..………….………..………….………………

Alamat rumah : …………………………..……...…………………..…………….…………

…………………………..……...……………………..………….…………

Kode Pos : …....…… Telepon : ……………….……………………

Perguruan Tinggi Semula

Nama Perguruan Tinggi : ………………………....….…………..…………….…………………..….

Fakultas : …………………..………..……..………….…………………………...…

Program Studi : …………………..………………..………….…………………………...…

NIM : …………………..………..……..………….…………………………...….

Peringkat Akreditasi : …………………………..…….........………………………………………

Akan melanjutkan ke Itenas

Program Studi : …………………………..……...……………………………………………

NIM : ……………………..……………..…………(diisi oleh petugas pendaftaran)

Persyaratan yang harus dilampirkan

No. Persyaratan Beri Tanda

1. Formulir Isian, 1 rangkap asli

2. Transkrip / Daftar Nilai, 2 rangkap, 1 asli dan 1 fotocopy

3. Surat Keterangan Pindah dari Kopertis, 1 rangkap asli

4. Silabus mata kuliah, 1 rangkap fotocopy Khusus untuk Desain Interior, Desain Produk, Desain Komunikasi Visual, harus menyerahkan pula 1 rangkap portfolio asli

5. Keputusan / Sertifikat BAN-PT, 1 rangkap fotocopy

6. Surat Keterangan tidak buta warna total maupun partial dari dokter (6 bulan terakhir), 1 rangkap fotokopi, asli diperlihatkan (untuk jurusan Teknik Kimia, Teknik Lingkungan, Desain Interior, Desain Produk, dan Desain Komunikasi Visual)

Rekomendasi Ketua Program Studi *)

Diterima / Tidak Diterima Bandung .……...……………………………

Ketua Program Studi,

.……...………………………..………………

*) lampirkan hasil ekivalensi nilai yang telah ditandatangani Ka. Prodi dan Calon Mahasiswa