Modul GEH Mahasiswa 2015

42
1 BUKU PANDUAN MAHASISWA BLOK GASTROENTEROLOGI DAN HEPATOLOGI Nama : Kelompok : UNIVERSITAS MUSLIM INDONESIA FAKULTAS KEDOKTERAN MAKASSAR 2015

description

Modul GEH FK UMI

Transcript of Modul GEH Mahasiswa 2015

Page 1: Modul GEH Mahasiswa 2015

  1  

BUKU PANDUAN MAHASISWA

BLOK

GASTROENTEROLOGI DAN HEPATOLOGI

Nama :

Kelompok :

                                                         

UNIVERSITAS  MUSLIM  INDONESIA  FAKULTAS  KEDOKTERAN  

MAKASSAR  2015  

Page 2: Modul GEH Mahasiswa 2015

  2  

   

PENDAHULUAN

Seiring dengan semakin berkembangnya ilmu kedokteran yang harus dikuasai oleh mahasiswa kedokteran, skala prioritas menjadi penting dalam mempelajari ilmu kedokteran. GANGGUAN SISTEM PENCERNAAN DAN HEPATOLOGI merupakan salah satu blok dari kurikulum inti pendidikan kedokteran dengan sistem baru menggunakan problem based learning, dengan berbagai topik dan skenario yang berisi poin penting yang harus dipelajari.

Di dalam modul ini terdapat skenario yang didesain untuk memicu mahasiswa berdiskusi memecahkan masalah yang terkait dengan skenario tersebut. Diskusi akan dipandu oleh seorang Tutor yang akan mengarahkan mahasiswa agar dapat mencapai tujuan dan target pembelajaran yang diharapkan. Tujuan Pembelajaran dan Sasaran Pembelajaran diarahkan kepada aspek-aspek Ilmu Kedokteran Dasar, mekanisme tanda dan gejala, aspek-aspek Ilmu Kedokteran Klinik yang mencakup penetapan diagnosis banding, langkah-langkah penegakan diagnosis, patomekanisme, penatalaksanaan, terapi, edukasi, dan pencegahan masing-masing penyakit yang berhubungan dengan skenario.

Penyusunan blok ini mengacu pada 7 area kompetensi dokter : Komunikasi efektif, Keterampilan Klinis, Landasan Ilmiah Ilmu Kedokteran, Pengelolaan Masalah Kesehatan, Pengelolaan Informasi, Mawas Diri dan Pengembangan Diri, Etika, Moral, Medikolegal dan Profesionalisme serta Keselamatan Pasien.

Bagian atau bidang ilmu yang terintegrasi dalam blok ini adalah : Ilmu bedah, Ilmu penyakit dalam, Ilmu Kesehatan Anak, Radiologi, Patologi klinik, Parasitologi, Mikrobiologi, Patologi anatomi, IKM, Ilmu gizi, Biokimia, Anatomi, Histologi. Ruang lingkup pembelajaran adalah mengkaji secara keseluruhan kelainan sistem pencernaan yang dikelompokkan ke dalam 5 (lima) buah modul yaitu Modul 1 Nyeri ulu hati, Modul 2 Nyeri perut akut, Modul 3 Kulit Kuning, Modul 4 Buang air besar berdarah, dan Modul 5 Susah Buang Air Besar, yang akan digunakan oleh mahasiswa semester III Fakultas Kedokteran Universitas Muslim Indonesia Makassar sebagai bahan pemicu pada kegiatan tutorial.

Harapan kami semoga modul ini benar-benar bermanfaat bagi mahasiswa dan

para tutor dalam pelaksanaan setiap tutorial dan tepat sasaran untuk mencapai kompetensi minimal yang diharapkan. Bahan untuk diskusi bisa diperoleh dari bahan bacaan yang tercantum pada daftar referensi. Kemungkinan seorang ahli dapat memberikan kuliah dalam pertemuan konsultasi antara kelompok mahasiswa atau diskusi dengan ahli yang bisa diatur waktunya dengan dosen yang bersangkutan.

Page 3: Modul GEH Mahasiswa 2015

  3  

Makassar, Februari 2015

1. Setelah membaca dengan teliti skenario di atas mahasiswa harus mendiskusikan kasus tersebut dalam satu kelompok untuk mengidentifikasi masalah yang terdapat dalam skenario ini. Diskusi ini dipimpin oleh seorang ketua dan sekretaris serta diarahkan oleh seorang tutor dari dosen.

2. Melakukan aktivitas pembelajaran mandiri diperpustakaan dengan menggunakan buku ajar, majalah, slide, tape, video dan internet untuk mencari informasi berkaitan dengan scenario yang disajikan.

3. Melakukan diskusi kelompok mandiri dengan metode curah pendapat untuk menganalisa dan sintesa informasi baru dalam menyelesaikan masalah pada skenario.

4. Konsultasi dengan nara sumber untuk memperoleh pengertian yang lebih mendalam mengenai masalah dalam scenario (Tanya Pakar)

5. Mengikuti kuliah khusus dalam kelas untuk masalah yang belum jelas dan tidak ditemukan jawabannya (Kuliah Pakar)

Dalam diskusi kelompok dengan menggunakan metode curah pendapat dan diskusi, anda diharapkan memecahkan problem yang terdapat dalam skenario ini, yaitu dengan mengikuti 7 langkah penyelesaian masalah di bawah ini. Berdasarkan skenario diatas, lakukanlah langkah-langkah di bawah ini: 1. Klarifikasi semua istilah yang asing untukmu (bila ada) dan tentukan kata kunci 2. Tentukan masalah (aspek atau konsep) pada skenario di atas yang tidak anda

mengerti. Buat pertanyaan tentang hal tersebut 3. Dengan menggunakan pengetahuan masing-masing, jawablah atau jelaskanlah

masalah tersebut. 4. Cobalah membuat menyusun penjelasan tersebut secara sistematik 5. Tentukan masalah-masalah yang belum terjawab dengan baik dan jadikanlah hal

tersebut sebagai tujuan pembelajaranmu selanjutnya. 6. Untuk menjawab atau memecahkan masalah tersebut, carilah informasi yang

diperlukan sebanyak-banyaknya dari kepustakaan, pakar, dan lain-lain sumber informasi.

7. Diskusikan dan lakukan sintesa dari semua informasi yang anda temukan. Penjelasan :

PROSES  PEMECAHAN  MASALAH  

TUGAS  MAHASISWA  

Page 4: Modul GEH Mahasiswa 2015

  4  

Bila dari hasil evaluasi laporan kelompok ternyata masih ada informasi yang diperlukan untuk sampai pada kesimpulan akhir, maka proses 5 dan 6 bisa diulangi, dan selanjutnya dilakukan lagi langkah 7. Kedua langkah di atas bisa diulang-ulang di luar tutorial, dan setelah informasi dianggap cukup maka pelaporan dilakukan dalam diskusi akhir, yang biasanya dilakukan dalam bentuk diskusi panel dimana semua pakar duduk bersama untuk memberikan penjelasan atas hal-hal yang masih belum jelas.

Sebelum dilakukan pertemuan antara kelompok mahasiswa dan tutor, mahasiswa dibagi menjadi kelompok-kelompok diskusi yang terdiri dari 15-17 orang tiap kelompok. 1. Pertemuan pertama, dalam kelas besar dengan tatap muka satu arah untuk penjelasan

dan tanya jawab. Tujuan : menjelaskan tentang modul dan cara menyelesaikan modul, dan membagi kelompok diskusi. Pada pertemuan pertama buku modul dibagikan.

2. Pertemuan kedua, diskusi tutorial 1 dipimpin oleh mahasiswa yang terpilih menjadi ketua dan penulis kelompok, serta difasilitasi oleh tutor Tujuan : 1) memilih ketua dan sekretaris kelompok; 2) brain-storming untuk proses 1 – 5, 3) pembagian tugas

3. Pertemuan ketiga, diskusi tutorial 2 seperti pada tutorial 1 Tujuan: untuk melaporkan informasi baru yang diperoleh dari pembelajaran mandiri dan melakukan klassifikasi, analisa dan sintese dari semua informasi.

4. Anda belajar mandiri baik secara perorangan maupun berkelompok Tujuan: untuk mencari informasi baru yang diperlukan

5. Diskusi mandiri; dengan proses sama dengan diskusi tutorial. Bila informasi telah cukup, diskusi mandiri digunakan untuk membuat laporan penyajian dan laporan tertulis. Diskusi mandiri bisa dilakukan berulang-ulang diluar jadwal.

6. Pertemuan keempat, diskusi panel dan tanya pakar Tujuan: untuk melaporkan hasil analisa dan sintese informasi yang ditemukan untuk menyelesaikan masalah pada skenario. Bila ada masalah yang belum jelas atau kesalahan persepsi, bisa diselesaikan oleh para pakar yang hadir pada pertemuan ini. Laporan penyajian dibuat oleh kelompok dalam bentuk sesuai urutan yang tercantum pada buku kerja.

7. Masing-masing mahasiwa kemudian diberi tugas untuk menuliskan laporan tentang salah satu penyakit yang memberikan gambaran seperti pada skenario yang didiskusikan pada kelompoknya. Laporan ditulis dalam bentuk laporan penyajian dan laporan lengkap.

JADWAL  KEGIATAN  

Page 5: Modul GEH Mahasiswa 2015

  5  

8. Pertemuan terakhir, laporan kasus dilakukan dalam kelas besar oleh masing-masing mahasiswa.

Catatan : § Laporan penyajian kelompok dan perorangan masing-masing diserahkan satu rangkap

ke sistem melalui ketua kelompok § Semua laporan akan diperiksa dan dinilai oleh pakarnya masing-masing. § Semua mahasiswa wajib menyalin laporan dari kelompok dan mahasiswa lain untuk

dipakai sebagai salah satu bahan ujian

Page 6: Modul GEH Mahasiswa 2015

  6  

NAMA DOSEN PENGAMPU

No. Nama Dosen Bagian 1. dr. Ibrahim Labeda, SpB., KBD Ilmu Bedah 2. dr. Djuanda M.Noor Anatomi

3. dr. Syamsu Rijal, M.Kes Histologi 4. dr. Sri Wahyu, M.KEs Fisiologi

5. dr. Shulhana Mokhtar, M.Med.Ed Biokimia

6. Prof. dr. Syarifuddin Wahid, Sp. PA, PhD Patologi Anatomi

7. dr. Santriani Hadi Parasitologi

8. dr.Yusriani Mangarengi, M.Kes Mikrobiologi 9. dr. Ibrahim Abd. Samad, Sp. PK Patologi Klinik

10. Dr.dr. Nu’man,Sp.Pd KGEH Interna

11. dr. Indah Lestari, Sp.Pd Interna

12. Dr. Shofiyah Latief,M.Kes, Sp. Rad (Koordinator) Radiologi

13. dr.Wisudawan Farmakologi 14. dr. Setia Budi, Sp. A (K) Ilmu Kesehatan Anak

15. dr. Julius Roma, Sp. A (K) Ilmu Kesehatan Anak

16. dr. A.Mappicanra, Sp. B., KBD Ilmu Bedah

17. dr. Ahmad Wirawan, Sp. B., Sp. BA Imu Bedah

18. Prof. dr. Farid Nur Mantu, Sp. B., Sp. BA Ilmu Bedah 19. Dr. Neysiana, M.GK Ilmu Gizi

20. Dr.dr. A.Multazam M.Kes IKM & IKK

21. dr. Sri Wahyuni Gayatri Basri (Sekretaris) Biokimia                  

Page 7: Modul GEH Mahasiswa 2015

  7  

  Bolduc , GM. Peura, DA. Helicobacter Pylori And Peptic Ulcer Disease in Acute Gastrointestinal Bleeding Diagnosis And Treatment. Humana Press Inc., 2003. Cerulli, MA. Iqbal, S. Upper Gastrointestinal Bleeding, Available at http://emedicine. medscape.com/article/187857-overview. Last accessed August 26 2010 Huether, S.E., McCance, K.L. Understanding Pathophisiology ed. 3. Mosby. 2004. Keshav S. Peptic ulcer and Helicobacter pylori. In The Gastrointestinal System at a Glance. Ed by Keshav S. Blackwell Science Ltd, 2004; pp.72-73. Keshav S. Introduction and overview. In The Gastrointestinal System at a Glance. Ed. by Keshav S. Blackwell Science Ltd, 2004; pp.12-13. Laine, L. Gastrointestinal Bleeding in Harrison’s Principles of Internal Medicine, 15 ed., vol. 1. Mc Graw Hill. 2001. Suerbaum, S., Michetti, P. Helicobacter Pylori Infection. N Engl J Med, Vol. 347, No. 15, 2002. Valle, JD. PepticUlc er Disease and Related Disorders. in Harrison’s Principles of Internal Medicine, 15 ed., vol. 1. Mc Graw Hill. 2001. Barnett JL, Quallich LG. Radiation Proctopathy and Anorectal Diseases. In Acute Gastrointestinal Bleeding Diagnosis and Treatment. Ed. by Kim KE. Humana Press Inc. 2003; pp.175-198 Burakoff R, Hande S. Inflammatory Bowel Disease : Medical considerations. In Current diagnosis & treatment Gastroenterology, Hepatology & Endoscopy. Ed by Greenberger NJ, Blumberg RS, Burakoff R. Lange McGraw-Hill companies. 2009;pp22-33. Costanzo LS. Gastrointestinal Physichology. In Physiology Board review series. 4th edition. Lippincott Williams & Wilkins, 2006; pp 201-227.

REFERENSI  :  

Page 8: Modul GEH Mahasiswa 2015

  8  

Gibril F, Jensen RT. Secretory Diarrhea. In Advanced Therapy in Gastroenterology and Liver Disease. 5th Edition. Ed by Bayless TM, Diehl AM. BC Decker Inc. 2005; pp.425-429 Humphries.RL. Gastrointestinal Emergencies. In Current diagnosis & treatment Emergency Medicine. 6th edition. Ed by Stone CK, Humphries RL. Lange McGraw-Hill companies, 2008 Jacoby RF. Obscure Causes of Acute Lower Gastrointestinal Bleeding. In Acute Gastrointestinal Bleeding Diagnosis and Treatment. Ed. by Kim KE. Humana Press Inc. 2003; pp.199-218 Keshav S. Integrated function. In The Gastrointestinal System at a Glance. Ed by Keshav S. Blackwell Science Ltd, 2004;pp.40-57. Keshav S. Structure and function : Jejunum and ileum, Caecum and appendix, Colon, Rectum and anus. In The Gastrointestinal System at a Glance. Ed by Keshav S. Blackwell Science Ltd, 2004; pp.40-57. Lee LS, Saltzman JR. Acute Lower GI Bleeding. In Current diagnosis & treatment Gastroenterology, Hepatology & Endoscopy. Ed by Greenberger NJ, Blumberg RS, Burakoff R. Lange McGraw-Hill companies, 2009,pp343-351. Mazzucchelli L, Maurer C. Colon Anatomy. In Encyclopedia of Gastroenterology. Ed. By Johnson LR. Elsevier USA. 2004; pp.408-412 Micames CG, Byrne MF, Baillie J. Lower Gastrointestinal Bleeding. In Advanced Therapy in Gastroenterology and Liver Disease. 5th Edition. Ed by Bayless TM, Diehl AM. BC Decker Inc. 2005; pp.584-589 Merel N, Kane S. Infectious and Inflammatory Causes of Acute Gastrointestinal Bleeding. In Acute Gastrointestinal Bleeding Diagnosis and Treatment. Ed. by Kim KE. Humana Press Inc. 2003; pp.151-162 Sable AI, Barkin JS. Obscure Gastrointestinal Bleedings. In Advanced Therapy in Gastroenterology and Liver Disease. 5th Edition. Ed by Bayless TM, Diehl AM. BC Decker Inc. 2005; pp.357-363

Page 9: Modul GEH Mahasiswa 2015

  9  

Trier JS. Acute Diarrhea Disorders. In Current diagnosis & treatment Gastroenterology, Hepatology & Endoscopy. Ed by Greenberger NJ, Blumberg RS, Burakoff R. Lange McGraw-Hill companies, 2009,pp45-63. Worrell RT, Cuppoletti J, Matthews JB. Colonic Absorption and Secretion. In Encyclopedia of Gastroenterology. Ed. By Johnson LR. Elsevier USA. 2004; pp.413-433 Yantiss RK, Odze RD. Colonic Ulcers. In Encyclopedia of Gastroenterology. Ed. By Johnson LR. Elsevier USA. 2004; pp.437-448 Berk, P.D., Wolkoff, A.W. Bilirubin Metabolism and the Hyperbilirubinemias in Harrison’s Principles of Internal Medicine, 15 ed., vol. 2. Mc Graw Hill. 2001. Bowen, R. The Liver. Available at http://www.vivo.colostate.edu. Last accessed October 1 2008 Dienstag, J.L., Isselbacher, K.J. Acute Viral Hepatits in Harrison’s Principles of Internal Medicine, 15 ed., vol. 1. Mc Graw Hill. 2001 Ghany M., Hoofnagle, J.H. Approach to the Patients with Liver Disease in Harrison’s Principles of Internal Medicine, 15 ed., vol. 2. Mc Graw Hill. 2001 Huether, S.E., McCance, K.L. Understanding Pathophisiology ed. 3. Mosby. 2004. Keshav S. Structure and Function: Liver, Biliary System, and Hepatic Portal System. In The Gastrointestinal System at a Glance. Ed by Keshav S. Blackwell Science Ltd, 2004; pp.26-31. Keshav S. Hepatitis and Acute Liver Disease. In The Gastrointestinal System at a Glance. Ed by Keshav S. Blackwell Science Ltd, 2004; pp.92-93. Keshav S. Cirrhosis and Chronic Liver Disease. In The Gastrointestinal System at a Glance. Ed by Keshav S. Blackwell Science Ltd, 2004; pp.94-95. Pratt, D.S., Kaplan, M.M. Jaundice in Harrison’s Principles of Internal Medicine, 15 ed., vol. 1. Mc Graw Hill. 2001 Pratt, D.S., Kaplan, M.M. Evaluation of Liver Function in Harrison’s Principles of Internal Medicine, 15 ed., vol. 2. Mc Graw Hill. 2001

Page 10: Modul GEH Mahasiswa 2015

  10  

Salen G., Batta A.K. Bile Formation in Encyclopedia of Gastroenterology, ed. By Johnson L.R. Elsevier. 2004; pp. 192-199 Wang, W.W., Zucker, S.D. Bilirubin and Jaundice in Encyclopedia of Gastroenterology, ed. By Johnson L.R. Elsevier. 2004; pp. 219-221                                                                              

Page 11: Modul GEH Mahasiswa 2015

  11  

MODUL 1 NYERI PERUT AKUT

SKENARIO

1. Wanita umur 18 tahun datang ke dokter dengan keluhan nyeri perut hebat yang

timbul mendadak yang disertai perut agak membesar dan muntah-muntah. Sakit

perut dirasakan bertambah saat batuk. Beberapa hari sebelumnya penderita

demam disertai mules dan buang air besar yang agak encer. Penderita adalah

mahasiswi yang kost disekitar perguruan tinggi dikota Makassar dan sudah

meminum obat maag karena keluhan nyeri ulu hati yang dirasakan.

2. Wanita berusia 17 tahun, datang ke Puskesmas dengan keluhan utama nyeri pada

bagian uluhati yang dialami sejak 3 hari sebelumnya, disertai dengan rasa mual

dan muntah, terutama setelah makan atau minum. Pada anamnesis, diketahui

bahwa ia secara rutin mengkonsumsi obat anti nyeri untuk meredakan sakit perut

akibat haid.

ENGLISH

1. 18 years old women came to the doctor with complaints of sudden abdominal pain accompanied by abdominal distention and vomiting. Abdominal pain is felt increasing when coughing. A few days earlier she sufferers fever accompanied by stomach ache and defecation which is somewhat diluted. She is a collage students who lives near her campus at Makassar and already drinking cure ulcer due to complaints of heartburn she felt.

2. 17-year-old female came to Clinic with complaints of pain in the main section of the gastric experienced since 3 days earlier, accompanied by nausea and vomiting, especially after eating or drinking. In anamnesis, aware that She regularly taking medication to relieve pain anti colic due to menstruation.

Page 12: Modul GEH Mahasiswa 2015

  12  

LEMBAR  KERJA  

   

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

1. KLARIFIKASI  KATA  SULIT          

2.    TENTUKAN  KATA  KUNCI    

Page 13: Modul GEH Mahasiswa 2015

  13  

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

3. TENTUKAN  PROBLEM  KUNCI    DENGAN  MEMBUAT    PERTANYAAN-­‐PERTANYAAN    PENTING  

   

Page 14: Modul GEH Mahasiswa 2015

  14  

                                                                                           

     4.  JAWABAN  PERTANYAAN    

Page 15: Modul GEH Mahasiswa 2015

  15  

                                                                                         

5.  TUJUAN  PEMBELAJARAN  SELANJUTNYA        

 6.    INFORMASI  BARU    

Page 16: Modul GEH Mahasiswa 2015

  16  

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

6.    INFORMASI  BARU          

Page 17: Modul GEH Mahasiswa 2015

  17  

 7.    KLASIFIKASI  INFORMASI    

Page 18: Modul GEH Mahasiswa 2015

  18  

   

 

 

 

 

 

 

   

 

 

 

 

 

 8.    HASIL  ANALISA  &  SINTESIS  SEMUA  INFORMASI      

 

Page 19: Modul GEH Mahasiswa 2015

  19  

MODUL 2 KULIT KUNING

SKENARIO

1. Pasien wanita 20 tahun datang ke dokter dengan keluhan mata dan kulit berwarna kekuningan-kuningan. Pasien mengalami demam beberapa hari sebelumnya disertai rasa mual dan nyeri pada perut kanan atas. Penderita sekitar seminggu yang lalu baru pulang dari KKN terpadu di Kab. Mamuju, sebuah daerah endemis malaria. Di tempat KKN, pasien sempat mengalami diare berlendir. Ketika ditanyakan riwayat imunisasinya, pasien tidak pasti imunisasi apa saja yang pernah diterimanya.

2. Seorang ibu berumur 35 tahun datang ke Rumah Sakit membawa bayi perempuannya

yang baru berumur 3 hari dengan keluhan kulit bayi berwarna kuning. Perubahan ini mulai ibu perhatikan sejak 2 hari yang lalu saat memandikan bayinya. Bayi dilahirkan cukup bulan melalui persalinan normal yang dibantu oleh Bidan Puskesmas. Selama menjalani kehamilan, ibu tidak memiliki keluhan kesehatan yang berarti.

ENGLISH

1. Women's 20 years comes to a doctor with complaints of eye and Skin yellowish-

colored brass. Patients experience fever a few days earlier accompanied the nausea and pain in the right upper abdomen. Sufferers about a week ago just got home from Collage integrated in Kab. Mamuju, an area endemic for malaria. In Mamuju, the patient had undergone a slimy diarrhea. When asked imunisasinya history, patients are not sure any immunization ever received.

3. a 35-year-old mother came to the hospital carrying a baby girl who was only 3 days

with complains of baby's skin is yellow. This change began noticed since 3 days ago when bathing the baby. The baby was born matur through vaginal birth assisted by a midwife clinic. During her pregnancy, the mother has no health complains.

Page 20: Modul GEH Mahasiswa 2015

  20  

LEMBAR  KERJA  

   

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

2. KLARIFIKASI  KATA  SULIT          

2.    TENTUKAN  KATA  KUNCI    

Page 21: Modul GEH Mahasiswa 2015

  21  

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

4. TENTUKAN  PROBLEM  KUNCI    DENGAN  MEMBUAT    PERTANYAAN-­‐PERTANYAAN    PENTING  

   

Page 22: Modul GEH Mahasiswa 2015

  22  

 

                                                                                       

     4.  JAWABAN  PERTANYAAN    

Page 23: Modul GEH Mahasiswa 2015

  23  

                                                                                           

5.  TUJUAN  PEMBELAJARAN  SELANJUTNYA        

 6.    INFORMASI  BARU    

Page 24: Modul GEH Mahasiswa 2015

  24  

   

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

6.    INFORMASI  BARU          

Page 25: Modul GEH Mahasiswa 2015

  25  

 7.    KLASIFIKASI  INFORMASI    

Page 26: Modul GEH Mahasiswa 2015

  26  

   

 

 

 

 

 

 

   

 

 

 

 

 

 8.    HASIL  ANALISA  &  SINTESIS  SEMUA  INFORMASI      

 

Page 27: Modul GEH Mahasiswa 2015

  27  

MODUL 3 BUANG AIR BESAR BERDARAH

SKENARIO

1. Seorang laki-laki umur 55 tahun, MRS dengan keluhan berak darah. Pasien juga

mengeluhkan nyeri ulu hati. Riwayat menggunakan obat-obat rematik untuk nyeri

pada lutut selama 6 bulan terakhir. Riwayat menderita DM dan pengobatan tidak

teratur.

2. Seorang wanita berusia 45 tahun datang ke Puskemas dengan keluhan utama

berak encer yang disertai darah dan lendir. Keluhan ini dirasakan sejak beberapa

bulan yang lalu. Wanita ini juga mengeluh sakit perut yang sifatnya hilang timbul

dan penurunan berat badan kurang lebih 5 kg dalam satu bulan terakhir. Ia

berusaha mengobati penyakitnya dengan meminum obat anti diare namun tidak

memberikan hasil. Pemeriksaan fisis menunjukkan adanya anemia dan nyeri perut

khususnya pada regio bawah abdomen.

ENGLISH

1. A man aged 55 years, came to the emergency unit with blood diarrhea

complaints. Patients also complain of heartburn. A history of using medications

for arthritic pain in the knee during the last 6 months. A history of suffering from

the DM and irregular treatment.

2. a 45 year old woman came to the doctor with diarrhea accompanied blood and mucus. This complaint is felt since a few months ago. This woman also complained of abdominal pain and the weight loss occurred approximately 5 kg in the last month. He tried to treat her illness by drinking anti diarrhea but gives no results. Physical examination showed the presence of anemia and abdominal pain, especially at the lower abdomen regio.

         

Page 28: Modul GEH Mahasiswa 2015

  28  

LEMBAR  KERJA  

   

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

3. KLARIFIKASI  KATA  SULIT          

2.    TENTUKAN  KATA  KUNCI    

Page 29: Modul GEH Mahasiswa 2015

  29  

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

5. TENTUKAN  PROBLEM  KUNCI    DENGAN  MEMBUAT    PERTANYAAN-­‐PERTANYAAN    PENTING  

   

Page 30: Modul GEH Mahasiswa 2015

  30  

                                                                                           

     4.  JAWABAN  PERTANYAAN    

Page 31: Modul GEH Mahasiswa 2015

  31  

                                                                                         

5.  TUJUAN  PEMBELAJARAN  SELANJUTNYA        

 6.    INFORMASI  BARU    

Page 32: Modul GEH Mahasiswa 2015

  32  

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

6.    INFORMASI  BARU          

Page 33: Modul GEH Mahasiswa 2015

  33  

 7.    KLASIFIKASI  INFORMASI    

Page 34: Modul GEH Mahasiswa 2015

  34  

   

 

 

 

 

 

 

   

 

 

 

 

 

 8.    HASIL  ANALISA  &  SINTESIS  SEMUA  INFORMASI      

 

Page 35: Modul GEH Mahasiswa 2015

  35  

MODUL 4 SUSAH BUANG AIR BESAR

SKENARIO

Seorang anak laki-laki 6 tahun, diantar orang tuanya ke Puskesmas dengan keluhan utama sudah 4 hari tidak buang air besar dan muntah beberapa kali. Beberapa hari terakhir anak tersebut selalu merasa mual, tidak ada nafsu makan, dan demam yang terutama dirasakan pada malam hari. Seminggu sebelumnya anak tersebut pernah BAB dan terdapat cacing pada kotorannya. Anak tersebut kurus, terlihat lemas dan agak pucat.  

     

ENGLISH

A boy of 6 years, delivered his parents to Clinics with primary complaints already 4 days does not defecating and vomiting several times. The last few days the children always feel nausea, no appetite, and fever which is primarily felt at night. A week before the child defecations and there were worms in litter. The skinny kid, looks limp and little pale.  

                               

Page 36: Modul GEH Mahasiswa 2015

  36  

 LEMBAR  KERJA  

   

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

4. KLARIFIKASI  KATA  SULIT          

2.    TENTUKAN  KATA  KUNCI    

Page 37: Modul GEH Mahasiswa 2015

  37  

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

6. TENTUKAN  PROBLEM  KUNCI    DENGAN  MEMBUAT    PERTANYAAN-­‐PERTANYAAN    PENTING  

   

Page 38: Modul GEH Mahasiswa 2015

  38  

                                                                                           

     4.  JAWABAN  PERTANYAAN    

Page 39: Modul GEH Mahasiswa 2015

  39  

                                                                                           

5.  TUJUAN  PEMBELAJARAN  SELANJUTNYA        

 6.    INFORMASI  BARU    

Page 40: Modul GEH Mahasiswa 2015

  40  

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

6.    INFORMASI  BARU          

Page 41: Modul GEH Mahasiswa 2015

  41  

 7.    KLASIFIKASI  INFORMASI    

Page 42: Modul GEH Mahasiswa 2015

  42  

   

 

 

 

 

 

 

   

 

 

 

 

 

 

 8.    HASIL  ANALISA  &  SINTESIS  SEMUA  INFORMASI