Manual Book Rkakl

download Manual Book Rkakl

of 76

  • date post

    07-Jul-2015
  • Category

    Documents

  • view

    1.038
  • download

    7

Embed Size (px)

Transcript of Manual Book Rkakl

BAB I PENDAHULUAN I.A. LATAR BELAKANG Sejak disusunnya Rencana Kerja dan Anggaran Kementerian Negara/Lembaga (RKAKL) tahun 2005 sesuai amanat Undang-Undang Nomor 17 tahun 2003 tentang Keuangan Negara, penyempurnaan sistem penganggaran terus dilakukan. Penyempurnaan ini tetap berlandaskan pada konsep penganggaran terpadu, penganggaran berbasis kinerja dan kerangka penganggaran jangka menengah. Penyempurnaan aplikasi RKAKL ini dilakukan mengacu pada perubahan kebijakan dan perubahan teknis aplikasi. Diharapkan dengan perubahan ini informasi yang melekat pada RKAKL lebih mempunyai bobot dan dari sisi teknis aplikasi memudahkan para operator dalam menuangkan data-data RKAKL ke dalam aplikasi.

I.B. MATERI PERUBAHAN Secara umum, aplikasi RKAKL 2011 versi 7.0 ini hampir mengganti main set kita tentang RKAKL. Beberapa hal perubahan pokok antara lain : Program melekat pada satu unit eselon I, kegiatan dilaksanakan oleh unit eselon II, masingmasing kegiatan mempunyai output, setiap output dicapai melalui beberapa tahapan yang disebut komponen, setiap komponen terdiri dari beberapa akun yang di dalamnya terdapat beberapa detil.

I.C. PETUNJUK UMUM Spesifikasi Hardware dan Software Spesifikasi minimum perangkat keras (hardware) untuk menjalankan Aplikasi RKAKL 2011 : 1. Prosesor Intel Pentium II, AMD, VIA atau yang bersesuaian; 1

2. Memori RAM 512 MB; 3. Ruang kosong Harddisk 150 MB; 4. Display monitor mendukung 1024 x 768 pixles; 5. CD drive atau DVD drive jika intalasi akan dilakukan melalui CD ROM; 6. Printer deskjet, inkjet, laserjet, atau yang bersesuaian. Spesifikasi minimum perangkat lunak (software) untuk menjalankan Aplikasi RKAKL 2011 : 1. Sistem Operasi Microsoft Windows 98, 2000, ME, XP, Vista atau Windows7.

2. Driver Printer.

Instalasi Aplikasi File installer aplikasi RKAKL 2011 terdiri dari : 1. install_rkakl_apl.exe : Installer aplikasi RKAKL 2011 2. install_rkakl_db.exe : Installer database RKAKL 2011 3. Runtime_rkakl.exe : Installer runtime RKAKL 2011 Proses instalasi : Masukkan CD kedalam CD atau DVD drive jika melakukan instalasi melalui CD ROM. Atau pilih folder tempat file installer aplikasi RKAKL 2011 berada jika melakukan instalasi dari file hasil download atau copy installer aplikasi. Lakukan double click install_rkakl_apl.exe untuk melakukan instalasi aplikasi :

2

Pilih tombol Lanjut, maka kita diberi pilihan tempat instalasi aplikasi.

Default aplikasi akan ditempatkan di C:\RKAKL11 . Apabila kita akan menempatkan di tempat lain, maka kita bisa merubah dengan menekan tombol Browse, tempatkan pada direktori yang diinginkan.

3

Harus diingat jika kita menempatkan instalasi aplikasi di lain direktori maka kita juga harus menempatkan instalasi database di tempat yang sama dengan aplikasi. Jika sudah selesai tekan tombol Lanjut sampai proses Selesai. Untuk proses instalasi database, sama seperti proses instalasi aplikasi. Lakukan double click install_rkakl_db.exe untuk melakukan instalasi database :

Pilih tombol Lanjut, maka kita diberi pilihan tempat instalasi database.

4

Default database akan ditempatkan di C:\RKAKL11 . Apabila kita akan menempatkan di tempat lain, maka kita bisa merubah dengan menekan tombol Browse, tempatkan pada direktori yang diinginkan. Harus diingat jika kita menempatkan instalasi aplikasi di lain direktori maka kita juga harus menempatkan instalasi database di tempat yang sama dengan aplikasi. Jika sudah selesai tekan tombol Lanjut sampai proses Selesai. Untuk Instalasi Runtime_rkakl.exe tidak diperlukan jika komputer pernah diinstal aplikasi RKAKL sebelumnya. Tapi jika memang masih kesulitan, instal juga Runtime_rkakl.exe dan arahkan ke direktori tempat aplikasi diinstal.

5

Memulai Aplikasi

Hasil instalasi aplikasi RKAKL secara default membentuk direktori RKAKL11. Hasil dari instalasi Aplikasi RKAKL 2011 akan membentuk shortcut aplikasi pada Start menu, desktop, dan group program aplikasi RKAKL 2011. Untuk menjalankan aplikasi kita bisa dengan cara double click icon aplikasi RKAKL 2011 pada desktop atau click pada taskbar Start All Program Aplikasi RKAKL 2011 Aplikasi RKAKL 2011 atau dari explorer.

Setelah kita pilih menu Aplikasi RKAKL 2011 maka akan muncul menu utama dari Aplikasi RKAKL 2011.

6

Dalam menjalankan aplikasi RKAKL ada dua user yang dapat dipakai dan duaduanya mempunyai fungsi yang berbeda. User UNIT : User unit, dipakai untuk user yang levelnya pada unit eselon I masing-masing kementerian/lembaga. Penggunaan user ini untuk pengisian narasi sasaran, narasi program dan narasi kegiatan yang nantinya dipakai oleh semua satker yang ada di bawahnya. Untuk user unit tampilannya seperti gambar di bawah. Sub menu RKA-KL terdiri dari Rencana Kerja, Narasi Sasaran, Narasi Program, Narasi Kegiatan, Cetak Form 1, Cetak Form 2, Cetak Form 3, RKA Satker dan Kerangka Acuan Kerja. Cek juga user ID di pojok kiri bawah. Cek direktori yang dipakai, tanggal aplikasi yang digunakan. Jika tanggal aplikasi sudah ketinggalan coba cek di web apakah ada tanggal aplikasi yang lebih baru. 7

Rencana kerja

8

Dalam rencana kerja kita harus memilih Kementerian. Dalam kementerian itu terkandung Visi, Misi, Sasaran. Sedangkan di level Unit Eselon I terdiri dari Misi Unit Eselon I, Program dan Indikaror Kinerja Utama (IKU). Kemudian di level Kegiatan terdiri dari Kegiatan, Output dan Indikator Kinerja Kegiatan (IKK).

Narasi Sasaran Strategis

Form ini untuk mengisi strategi pencapaian sasaran strategis masing-masing kementerian. Tahun Anggaran Kementerian Sasaran Strategis : isikan tahun anggaran. Klik pada tombol di ujung tahun anggaran. Pilih tahun anggaran yang dikehendaki. : isikan kode kementerian. Klik tombol titik tiga di ujung kementerian. Kemudian pilih kode kementerian. : isikan sasaran strategis yang hendak dicapai. Klik tombol titik tiga di ujung Sasaran Strategis. Kemudian pilih kode Sasaran Strategis. Strategi Pencapaian Sasaran Strategis : isikan uraian dari strategi pencapaian sasaran strategis yang sudah dirumuskan kementerian/lembaga. Setelah selesai tekan tombol SIMPAN.

9

Jika kita akan menghapus data, isikan semua isian. Kemudian jika ditemukan datanya tekan tombol HAPUS. Jika sudah selesai tekan tombol KELUAR.

Narasi Program

Form ini untuk mengisi strategi pencapaian outcome perprogram masing-masing unit organisasi. Di form ini juga tempat untuk mengisikan penjelasan atas perubahan target pendapatan. Tahun Anggaran Kementerian Unit Organisasi Program : isikan tahun anggaran. Klik pada tombol di ujung tahun anggaran. Pilih tahun anggaran yang dikehendaki. : isikan kode kementerian. Klik tombol titik tiga di ujung kementerian. Kemudian pilih kode kementerian. : isikan kode organisasi. Klik tombol titik tiga di ujung unit organisasi. Kemudian pilih kode unit organisasi. : isikan kode program. Klik tombol titik tiga di ujung program. Kemudian pilih kode program. Strategi Pencapaian Outcome : isikan sasaran strategi yang dipakai untuk mencapai outcome yang sudah ditetapkan. 10

Penjelasan Perubahan Target Pendapatan : isikan penjelasan dari perubahan target pendapatan jika terdapat perubahan target pendapatan yang sudah ditentukan kementerian/lembaga. Setelah selesai tekan tombol SIMPAN. Jika kita akan menghapus data, isikan semua isian. Kemudian jika ditemukan datanya tekan tombol HAPUS. Jika sudah selesai tekan tombol KELUAR.

Narasi Kegiatan

Form ini untuk mengisi operasionalisasi kegiatan. Uraikan bagaimana kegiatan tersebut dilaksanakan di lapangan. Di form ini juga tempat untuk mengisikan penjelasan atas perubahan target pendapatan. Tahun Anggaran Kementerian Unit Organisasi : isikan tahun anggaran. Klik pada tombol di ujung tahun anggaran. Pilih tahun anggaran yang dikehendaki. : isikan kode kementerian. Klik tombol titik tiga di ujung kementerian. Kemudian pilih kode kementerian. : isikan kode organisasi. Klik tombol titik tiga di ujung unit organisasi. Kemudian pilih kode unit organisasi. 11

Program Kegiatan

: isikan kode program. Klik tombol titik tiga di ujung program. Kemudian pilih kode program. : isikan kode kegiatan. Klik tombol titik tiga di ujung kegiatan. Kemudian pilih kode kegiatan.

Operasionalisasi Kegiatan : isikan uraian bagaimana kegiatan tersebut akan dilaksanakan. Penjelasan Perubahan Target Pendapatan : isikan penjelasan dari perubahan target pendapatan jika terdapat perubahan target pendapatan yang sudah ditentukan kementerian/lembaga. Setelah selesai tekan tombol SIMPAN. Jika kita akan menghapus data, isikan semua isian. Kemudian jika ditemukan datanya tekan tombol HAPUS. Jika sudah selesai tekan tombol KELUAR.

Cetak Form 1

Form

1

adalah

formulir

rencana

pencapaian

sasaran

strategis

pada

kementerian/lembaga. Tahun Anggaran Kementerian : isikan tahun anggaran : isikan kode kementerian. Klik tombol titik tiga di ujung kementerian. Kemudian pilih kode kementerian. 12

Kota/Tanggal Penandatangan

: isikan nama kota dan tanggal penadatangan. : klik tombol titik tiga. Kemudian pilih petugas penandatangan.

Jika isian sudah lengkap, klik tombol TAYANG untuk menayangkan di layar. Jika kita akan mencetak di printer, klik tombol CETAK. Jika kita telah selesai dengan menu ini, klik tombol KELUAR. Cetak form 2

Form 2 adalah formulir rencana pencapaian hasil/outcome yang akan dicapai per program. Tahun Anggaran Kementerian Unit Program Kota/Tanggal Penandatangan : isikan tahun anggaran : isikan kode kementerian. Klik tombol titik tiga di ujung kementerian. Kemudian pilih kode kementerian. : isikan kode unit. Klik tombol titik tiga di ujung unit organisasi. Kemudian pilih kode unit organisasi. : isikan kode program. Klik tombol titik tiga di ujung program. Kemudian pilih kode progra