Manado Post Rabu 03 April 2013

download Manado Post Rabu 03 April 2013

of 43

  • date post

    28-Mar-2016
  • Category

    Documents

  • view

    221
  • download

    8

Embed Size (px)

description

BPK Temukan Dugaan Korupsi 9,7 Triliun

Transcript of Manado Post Rabu 03 April 2013

  • KUNJUNGAN Komisi V DPR RI ke Sulut berarti penting bagi Sulut. Komisi yang membawahkan kementerian/lemba-ga yang terkait erat dengan infrastruktur: PU, Perhubungan, Perumahan Rakyat, dan Daerah Tertinggal, itu sangat dinanti datang ke Sulut mengingat Sulut sedang gencar membangun infrastruktur untuk menjadi gerbang ke Asia Pasifik.

    Beberapa megaproyek yang dibiayai APBN mengucur deras ke Sulut. Tahun ini saja hanya untuk ke-PU-an mencapai nilai tertinggi dalam sejarah, Rp2 triliun. Belum lagi Perhubungan untuk mem-bangun sejumlah pelabuhan dan bandara yang lebih dari Rp500 miliar.

    Cukup besar dana yang digelontorkan pusat ke daerah. Tercatat tahun ini Rp16 triliun. Tapi, dengan dana yang jumbo ini, terkesan Sulut bergantung pada pusat. Sebab, PAD yang dihasilkan seluruh daerah tidak sampai Rp1 triliun dan uang pajak yang disetor ke negara hanya Rp2 triliun.

    Ironisnya, ketergantungan itu kurang diimbangi dengan dukungan pada per-mintaan pusat. Padahal permintaan (pu-sat) itu untuk melayani keinginan daerah. Misalnya menyediakan dana sharing atau lahan buat proyek yang diminta itu. Hanya sebagian saja pemerintah daerah, eksekutif apalagi legislatif, yang punya

    political will dan sadar bahwa daer-ahnya sangat bergantung ke pusat.

    Pemerintah daerah, yang meru-pakan kolaborasi eksekutif dan legislatif (pemegang hak budg-eting), harusnya sadar sesadar-sadarnya bahwa yang mereka kelola itu adalah uang rakyat,

    bukan milik pribadi atau golongan saja. Yang terjadi selama ini, mereka

    terasa berat mengalokasikan dana dari uang rakyat untuk kepentingan rakyat.

    Padahal, hanya menyediakan dana yang hanya beberapa persen dari APBD, dana APBN berlipat-lipat akan mengucur untuk membangun infrastruktur di daerah. De-ngan sendirinya APBD lebih ringan untuk membiayai urusan lain.(***)

    Editor: Stenly KowaasPeliput: JPNN

    JAKARTA- Status pengelolaan Blok Mahakam kembali mencuat. Demi kepen-

    tingan nasional, la-dang gas terbesar di Indonesia yang berada di Kaliman-tan Timur itu harus dikelola oleh PT Pertamina (Persero).

    PT Pertamina memperkirakan la-ba yang diperoleh dari pengambilali-han Blok Mahakam bisa meningkat drastis. Keuntung-an yang didapat mencapai Rp 171

    triliun pada tahun 2018 mendatang.Menteri Badan Usaha dan Milik Negara

    (BUMN) Dahlan Iskan mengatakan jika pengelolaan Blok Mahakam benar-benar diberikan maka bisa menjadi jalan pintas

    NOMOR: 7992 R A B U , 0 3 A P R I L 2 0 1 3 RP.4.000,-

    ARTIS

    Baca 2014.....Hal 11

    Baca Bersaing.....Hal 11

    MANTAN pasangan suami istri, Tom Cruise dan Katie Holmes dikabarkan terli-bat pertengkaran hebat. Keduanya baru saja bertengkar karena masalah anak semata wayang mereka, Suri Cruise.

    Menurut sebuah laporan baru, Tom dan Katie kembali terlibat persete-ruan. Katie marah besar karena mantan suaminya itu, berbuat sesuka hati-nya saat ingin bertemu Suri. Katie emosi, lantaran Tom tak p e r -nah menghar- g a i kegiatan rutini-tas Suri.

    Marahan Hebat

    Editor: Idham MalewaPeliput: Sahril Kadir

    SETELAH sukses menggelar seminar meli-batkan tokoh dan jemaat GMIM serta Keuskupan Manado, Bank Indone-sia bersama Manado Post menggagas seminar pem-berdayaan ekonomi umat Muslim di Kantor BI Sulut Selasa (2/4).

    Acara yang didukung

    Majelis Ulama Indonesia (MUI) dan Pemprov Su-lut disambut antusias 100 pimpinan Badan Tamirul Masjid Manado, puluhan pimpinan ormas Islam dan paguyuban di Sulut.

    Bagi para pimpinan masjid dan ormas Islam, diskusi bertema Kerjasama Penyaluran Kredit Melalui Institusi Keagamaan sejak

    MANADO Kunjung-an Komisi V DPR RI ke Sulut, Selasa (2/4) kema-rin menjadi ajang curhat Pemprov Sulut. Guber-nur Dr SH Sarundajang yang menerima rombongan

    2014, Tender Tol Manado-Bitung

    Editor: Bahtin Razak Peliput: Lucky Mamahit

    Katie Holmes

    Dahlan Iskan

    Editor: Tommy Waworundeng

    JAKARTA- Kasus bocornya Surat Perintah Penyidikan (Sprindik) Anas Urbaningrum, diduga kuat bagian dari rekayasa yang diciptakan untuk meng-Antasarikan Abraham Samad, Ketua KPK RI. Sebelumnya, mantan Ketua KPK Antasari Azhar dikriminalisasi dan membuatnya lengser.

    Karena itu diingatkan, jangan sampai kasus bocor-nya sprindik ini dimanfaat-kan koruptor untuk memecah belah KPK, kata Aboe Bakar Al Habsyi, anggota Komisi III (bidang hukum) DPR R terkait pengumuman hasil penyelidikan Komite Etik KPK dalam kasus bocornya sprindik Anas Urbaningrum, minggu ini.

    Aboe juga mengingatkan supaya kasus sprindik jangan didramatisir apalagi dipolitisasi. Sangat berlebihan jika kasus bocornya Sprindik di KPK, ujung-ujungnya hanya untuk mendongkel posisi Abraham Samad ketua KPK, katanya.

    Perlu diingat, lanjut Aboe, sebelumnya per-nah juga dibentuk Komite Etik di KPK pada kasus Bibit dan Chandra yang berakhir tanpa sanksi, meskipun Komite Etik membenarkan adanya pertemuan antara Nazar dan Chandra sebanyak empat kali, dan sekali pertemuan antara Nazar dengan Haryono dan Bambang. Saya juga mendengar BAP KPK yang bocor ke publik, ka-tanya. Terakhir BAP Bambang Soesatyo anggota komisi III beberapa waktu yang lalu.

    Aboe menegaskan, pembo-coran BAP lebih berat dari persoalan sprindik ini,

    Dari Seminar BI Sulut, Manado Post dan MUI

    Tokoh Agama dan Ormas Bisa Jaminan Kredit

    LEBIH FAMILIAR: dari kiri: Willem Lengkey (Bank Sulut), Rully Kusuma (BSM), Idham Malewa (moderator), Giat Waluyo (Bank Muamalat) dan Amos Kenda (Kadistakot Manado) saat tampil di seminar di Kantor BI Sulut, Selasa (2/4).

    Bangun Infrastruktur

    Tugas Bersama

    Abraham di Ujung Tanduk

    BPK Temukan Dugaan Korupsi 9,7 Triliun

    Pembocor Sprindik Diumumkan Pekan Ini

    Editor: Budi Siswanto

    MANADO-Setelah mela-lui tahapan tes tertulis dan kesehatan, akhirnya lima anggota tim seleksi (Timsel) calon anggota KPU Sulut 2013-2018 menetapkan 20 besar calon anggota KPU Sulut yang lolos ke tahap

    Baca Marahan.....

    Hal 11

    Bersaing ke Sepuluh Besar

    Timsel KPU Umumkan 20 Nama

    INILAH 20 NAMASemuel A M Mingkid

    Melinda TungkaMona Saroinsong

    Vivi GeorgeHendra T MakalalagZulkifli GolonggomMax A Tangkudung

    Raymond PaslaKaryanto MarthamJoyce WorotitjanSukriadi DarmaArdiles Mewoh

    Richard TahulendingFachruddin Noh

    Akhlis AerAudi Pondaag

    Yessy MomonganLivie Allow

    Tommy B MonaluIdam Malewa

    Blok Mahakam Harus Dikelola Pertamina

    komisi infrastruktur ini di Aula Huyula Kantor Gu-bernur, mengungkapkan tentang beberapa proyek in-frastruktur yang mendesak.

    Salah satunya pemba-ngunan jalan Tol Manado-Bitung. Menurut Gubernur,

    Baca Abraham.....Hal 11

    Baca Blok.....Hal 11

    Baca Tokoh.....Hal 11

    JAKARTA- Pengelolaan keuangan oleh penyeleng-gara negara masih saja di-warnai penyimpangan. Ini terlihat dari laporan Badan Pemeriksa Keuangan (BPK) RI yang menemukan indikasi 12.947 kasus penyimpangan

    keuangan negara hingga Rp9,72 triliun.

    Ketua BPK-RI Hadi Poer-

    113 Kasus Dilaporkan ke KPK

    Editor: Stenly KowaasPeliput: JPNN

    Baca BPK.....Hal 11

  • 01 ETALASE02 ekonomi dam bisnis03 ekonomi dam bisnis04-pembacamenulis05 KOMBIS06-teropong07- politikapublika08 ADV09-hukum10 Mahkota11 SAMBUNGAN12- Inter13-kapol14-sambungan kapol15 Bitung16 Talaud17-sangihe19- Sitaro20 minahasa raya21- Tomohon22-mitra23 kotamobagu24 BOLMUT25-bolmong26 Iklan27-Minut28 Minsel29 SPORT30- All Sport31 PHOTOGRAPHY32-Healty33 tourism34-inspirasi35-forheroKK36 ikln elektro 03 April 13 Rev37 Griya38 otomotif 03 April 13 Rev39 Jitu40- Gadget41-storia42 Show43 my campus44 xpresi