Makalah Supply Maksimal Kel 2 29 Messi 2015

24
BAB 1 PENDAHULUAN 1.1 Latar Belakang Pelayanan kesehatan merupakan instansi yang memiliki peranan penting dalam pelaksanaan kesejahtaraan masyarakat terkait dengan pemeliharaan, perbaikan dan pemulihan kesehatan masyarakat. Sebagai salah satu pelayanan kesehatan, rumah sakit berperan dalam menyediakan barang dan jasa yang berkaitan dengan bidang kesehatan namun berbeda pada tiap rumah sakit sesuai dengan bidangnya. Hal ini menyebabkan supply pada rumah sakit berbeda dengan supply rumah sakit lainnya. Supply didefenisikan sebagai sejumlah barang yang dijual atau ditawarkan pada suatu harga dan waktu tertentu. Supply pada pelayanan kesehatan merupakan suatu fungsi produksi sehingga kondekuensinya dangat dipengaruhi oleh besarnya responden. Resources tersebut meliputi 6M (man, money, material, machine, method, market), 2T (time, technology), dan 1I (information). Fungsi supply 1

description

s

Transcript of Makalah Supply Maksimal Kel 2 29 Messi 2015

BAB 1PENDAHULUAN

1.1 Latar Belakang Pelayanan kesehatan merupakan instansi yang memiliki peranan penting dalam pelaksanaan kesejahtaraan masyarakat terkait dengan pemeliharaan, perbaikan dan pemulihan kesehatan masyarakat. Sebagai salah satu pelayanan kesehatan, rumah sakit berperan dalam menyediakan barang dan jasa yang berkaitan dengan bidang kesehatan namun berbeda pada tiap rumah sakit sesuai dengan bidangnya. Hal ini menyebabkan supply pada rumah sakit berbeda dengan supply rumah sakit lainnya.Supply didefenisikan sebagai sejumlah barang yang dijual atau ditawarkan pada suatu harga dan waktu tertentu. Supply pada pelayanan kesehatan merupakan suatu fungsi produksi sehingga kondekuensinya dangat dipengaruhi oleh besarnya responden. Resources tersebut meliputi 6M (man, money, material, machine, method, market), 2T (time, technology), dan 1I (information). Fungsi supply (produksi) menggambarkan hubungan antara output yang berupa pelayanan kesehatan yang berkualitas dan sumber daya (resources) yang digunakan untuk memproduksinya. Sedangkan factor dominan yang mempengaruhi supply adalah faktor man dan machine.Dalam operasionalnya, rumah sakit sebagai penyedia pelayanan kesehatan harus memperhatikan aspek supply yang ada meliputi kuantitas dan kualitas dari tenaga medis dan fasilitas medis yang ada. Dengan berbagai perhitungan dan pertimbangan supply maksimal yang tepat, maka akan tercipta efisiensi jasa pelayanan yang diberikan kepada pasien secara maksimal.Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Kabupaten Sampang adalah rumah sakit milik Pemerintah Kabupaten Sampang dengan fungsi utamanya adalah melaksanakan segala upaya pelayanan kesehatan secara berdaya guna dan berhasil guna dengan mengutamakan penyembuhan dan pemulihan derajat kesehatan masyarakat Kabupaten Sampang. Sebagai rumah sakit yang memiliki visi terwujudnya rumah sakit yang terbaik dalam memberikan pelayanan kesehatan kepada masyarakat Kabupaten Sampang, maka RSUD Kabupaten Sampang perlu mengidentifikasi fungsi produksi dan prosesnya untuk dapat memberikan pelayanan yang terbaik bagi konsumennya. Fungsi produksi dan proses memiliki keterkaitan dengan kemampuan supply maksimal RSUD Kabupaten Sampang pada rawat inap, rawat jalan dan rawat penunjang. Dengan mengidentifikasi supply maksimal maka rumah sakit dapat mengidentifikasi kualitas pelayanannya sebagai salah satu provider kesehatan masyarakat.

1.2 Tujuan1. Mengidentifikasi supply maksimal rawat jalan pada poli syaraf RSUD Kabupaten Sampang.2. Mengidentifikasi supply maksimal rawat inap pada paviliun RSUD Kabupaten Sampang.3. Mengidentifikasi supply maksimal penunjang medis untuk USG (Ultrasonografi) bagian radiologi RSUD Kabupaten Sampang.

1.3 Manfaat1. Mahasiswa dapat mempelajari dan menghitung supply maksimal rawat jalan, rawat inap, dan penunjang rumah sakit pada RSUD Kabupaten Sampang.2. Memberikan kontribusi kepada pihak rumah sakit dalam memberikan masukan berkaitan dengan supply maksimal rawat jalan, rawat inap, dan penunjang pada RSUD Kabupaten Sampang.

BAB 2TINJAUAN PUSTAKA

2.1 Pengertian Supply Pelayanan KesehatanPenawaran didefinisikan sebagai seberapa banyak suatu barang atau jasa ditawarkan pada harga yang telah ditetapkan (Whelan dan Msefer, 1996). Sedangkan menurut Gilarso (2007) penawaran merupakan jumlah dari suatu barang tertentu yang mau dijual pada berbagai kemungkinan harga, selama jangka waktu tertentu, dimana faktor-faktor yang mempengaruhi seperti biaya produksi, harga barang subtitusi dan lainnya tidak berubah (ceteris paribus).Penawaran (supply) untuk pelayanan kesehatan adalah penyediaan pelayanan kesehatan yang ditawarkan kepada perorangan oleh tenaga pelayanan kesehatan (seperti dokter, perawat, teknisi, dan para asistennya) dan fasilitas (seperti puskesmas, rumah sakit, klinik rawat jalan, laboratorium klinis, dan lainnya) pada periode tertentu. Fungsi supply (produksi) menggambarkan hubungan antara output yang berupa pelayanan kesehatan yang berkualitas dan sumber daya (resources) yang digunakan untuk memproduksinya.

2.2 Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Supply Pelayanan KesehatanSupply pelayanan kesehatan merupakan derivate (turunan) dari supply pada umumnya. Dengan demikian supply pelayanan kesehatan juga merupakan fungsi produksi dimana yang mempengaruhi supply adalah faktor internal organisasi. Fungsi produksi menjelaskan hubungan antara hasil atau output dari pelayanan yang diberikan dengan input atau sumber daya yang dimiliki. Dalam ilmu ekonomi, faktor yang mempengaruhi fungsi produksi adalah sumber daya yang digunakan saat memproduksi barang dan jasa.Fungsi produksi dalam supply pelayanan kesehatan dapat dirumuskan sebagai berikut:Qsmc = f (resources {6M, 2T, 1I} | Px, Py,...)

Keterangan:Qsmc= Supply pelayanan kesehatanResources= Sumber daya yang dimilikiPx= Harga barang itu sendiriPy= Harga barang lainFaktor produksi yang mempengaruhi supply dalam pelayanan kesehatan adalah sebagai berikut :a. ManMan diartikan sebagai sumber daya manusia. Contoh sumber daya manusia dalam pelayanan kesehatan adalah dokter, dokter spesialis, bidan, perawat, farmasis/apoteker, S.KM, tenaga administrasi, ahli gizi. Man dalam bidang kesehatan membawa peran yang sangat penting, karena semua faktor- faktor yang mempengaruhi supply di bidang pelayanan kesehatan dikelola dan disediakan oleh faktor man. Faktor man juga akan menentukan kualitas pelayanan kesehatan.

b. MoneyMoney dapat diartikan sebagai modal yang dibutuhkan untuk melakukan produksi. Modal dalam pelayanan kesehatan adalah biaya operasional di rumah sakit, biaya investasi, dan biaya lain yang mendukung proses produksi.c. MaterialMaterial dapat diartikan sebagai bahan yang digunakan untuk proses produksi. Dalam pelayanan kesehatan, yang dimaksud dengan material berhubungan dengan logistik pelayanan kesehatan, misalnya obat-obatan, suntik, bahan makanan.d. MethodMethod diartikan sebagai prosedur kerja. Prosedur kerja dalam pelayanan kesehatan adalah berupa SOP (Standard Operating Procedure) rumah sakit, Standar Pelayanan Minimal (SPM), prosedur tindakan medis.e. MachineMachine diartikan sebagai mesin untuk produksi. Mesin produksi dalam pelayanan kesehatan adalah segala peralatan medis yang menunjang pengoperasian pemberian layanan kesehatan. Diantaranya yaitu, peralatan laboratorium, peralatan pemeriksaan kesehatan, tempat tidur opname, peralatan operasi, alat bedah.f. MarketWilayah bertemunya produsen dan konsumen disebut sebagai market. Dalam hal pelayanan kesehatan, market dapat berupa wilayah kerja pelayanan kesehatan, segmentasi pasar, masyarakat sasaran yang dibidik berdasarkan proses STP (segmenting, targeting, dan positioning).g. TechnologyDalam pelayanan kesehatan, kecanggihan dan kemutakhiran teknologi yang digunakan diantaranya finger print, peralatan operasi laser, dan lain-lain.h. TimeMerupakan waktu yang digunakan untuk pemberian layanan kesehatan atau unit pelayanan pada rumah sakit dan tempat pelayanan kesehatan lainnya.i. InformationInformasi untuk menunjang pemberian layanan kesehatan, seperti menggunakan media internet, leaflet, spanduk, brosur, dan lain-lain.Tidak semua faktor produksi memiliki peran dominan dalam memberikan pelayanan yang berkualitas pada pasien. Dari 6M, 2T, dan 1I, hanya dua faktor yaitu Man dan Machine saja yang punya pengaruh dominan. Rumus fungsi faktor produksi yang mempengaruhi Supply dalam pelayanan kesehatan adalah sebagai berikut:Qsmc = f (Man, Machine | 4M, 2T, 1I, Px, Py, C,T, C, P, .)

Pelayanan kesehatan merupakan bisnis jasa, jadi man yang memberi pelayanan (man sebagai pemberi jasa). Man pada pelayanan kesehatan memiliki kompetensi secara khusus. Kompetensi ini meliputi keterampilan, kemampuan yang disertai kewenangan yang dilindungi undang-undang. Machine dalam pelayanan kesehatan dapat berupa fasilitas ataupun sarana khusus untuk pelaksanaan pemeriksaan oleh tenaga kesehatan, seperti dental chair, X-ray, tempat tidur rumah sakit, dan lain-lain.Dalam mencapai efisiensi dari supply dalam pelayanan kesehatan, kombinasi input yang tepat sangat diperlukan. Contohnya pada pelayanan keperawatan, satu orang perawat yang telah terlisensi atau tersertifikasi tidak dapat menggantikan satu orang perawat yang terdaftar. Perawat yang terdaftar mungkin memiliki keahlian yang lebih sebagai hasil dari pelatihan tambahan mereka. Oleh karena itu, perawat yang telah terlisiensi mungkin dapat menggantikan sebagian pekerjaan dari perawat yang terdaftar, namun tidak bisa semuanya. Kombinasi antara berbagai jenis tenaga kesehatan sangat penting untuk ditentukan dengan tepat oleh para pengambil keputusan, karena dapat meminimalkan biaya penyediaan keperawatan.Meskipun faktor dominan yang mempengaruhi supply pelayanan kesehatan adalah man dan machine, faktor yang termasuk dalam 6M, 2T, 1I dan faktor lainnya tetap tidak boleh dihilangkan. Bila salah satu faktor produksi tidak ada, maka output juga akan menjadi produk atau pelayanan kesehatan yang tidak maksimal.

BAB 3METODE SURVEI

3.1 Tempat SurveiSurvei supply maksimum dilaksanakan di Rumah Sakit Kabupaten Sampang dengan rincian:a. Supply maksimum rawat jalan bagian poli syaraf RSUD Kabupeten Sampang.b. Supply maksimum rawat inap kelas paviliun RSUD Kabupaten Sampang.c. Supply maksimum USG bagian radiologi RSUD Kabupaten Sampang.

3.2 Sumber DataData yang digunakan adalah data primer yang diperoleh dari wawancara dengan salah satu petugas dari setiap unit dan data sekunder mengenai jumlah material dan kunjungan pasien selama satu tahun.

BAB 4HASIL DAN PEMBAHASAN

Dalam bidang kesehatan, cara menghitung supply maksimal dapat diterapkan dalam 3 jenis pelayanan, antara lain rawat inap, rawat jalan dan penunjang medis.4.1 Supply Maksimal di Rawat Jalan Poli Syaraf RSUD SampangPoli syaraf adalah salah satu Poli Rawat Jalan di RSUD Sampang. Pelayanan Poli Syaraf buka setiap hari Senin sampai hari Sabtu pada pukul 10.00 hingga pukul 13.00 WIB.a. Identifikasi sumber dayaSumber daya yang paling dibutuhkan dalam pelayanan Poli Syaraf RSUD Sampang adalah:Man : 1 dokter spesialis syaraf, 1 perawatMaterial: Obat, sprei, dan lainnyaMachine : Tensimeter, stetoskop, photo viewer, 1 bedMarket : Seluruh masyarakat di wilayah RSUD SampangTime : 3 jam per hari selama 24 hari kerja dalam 1 bulanSumber daya paling dominan pada Poli Syaraf adalah jumlah dokter spesialis yang memberi pelayanan serta ruang poli. Sedangkan sumber daya lain diasumsikan telah tersedia.

b. Identifikasi waktu yang tersedia dalam 1 periode (bulan) 3 jam x 24 hari x 60 menit = 4.320 menitc. Identifikasi waktu dalam satu kali pelayananRata-rata pelayanan membutuhkan waktu 15 menit.d. Menghitung supply maksimalsupply maksimal = = = 288 pasien Jadi jumlah pasien rawat jalan yang dapat dirawat maksimal di Poli Syaraf RSUD Sampang adalah 288 pasien per bulan.

e. Pelayanan aktual di Poli Syaraf RSUD SampangRata-rata jumlah pasien per hari : 5 orangPelayanan per bulan = 5 pasien x 24 hari = 120 pasien

Dari hasil survey dan perhitungan data supply maksimal diketahui bahwa supply maksimal pelayanan dalam satu bulan adalah sejumlah 288 kali pelayanan. Sedangkan pelayanan yang diberikan pada poli syaraf aktualnya adalah 120 kali pelayanan.Dari data diatas dapat disimpulkan bahwa penawaran pelayanan yang ada belum mencapai supply. Pelayanan yang telah dilakukan hanya sebesar 41,67% dari supply maksimal. Maka untuk lebih efisiensi sistem pelayanan dapat dirubah dalam segi waktu baik lama waktu pelayanan atau pilihan lain adalah mengurangi hari kerja. Selain itu poli syaraf bukan salah satu pelayanan yang krusial atau membutuhkan penanganan cepat dan darurat. Sehingga tidak terlalu menimbulkan masalah besar jika hari pelayanan dikurangi.

4.2 Supply Maksimal Rawat Inap (Paviliun)Survey supply maksimal rawat inap dilakukan pada paviliun RSUD Sampang. Perhitungan supply maksimal pada rawat inap adalah sebagai berikut:a. Identifikasi sumber dayaSumber daya yang dibutuhkan dalam pelayanan antara lain :Man : 9 dokter spesialis dan 17 perawat Machine : 18 tempat tidurMarket : Seluruh masyarakat di wilayah RSUD SampangTime : 24 jam per hari selama 30 hari kerja dalam 1 bulanb. Identifikasi sumber daya yang paling dominan dalam jumlah tempat tidur di paviliunc. Identifikasi waktu yang tersedia dalam 1 tahun: 24 jamd. Identifikasi waktu dalam satu kali pelayananRata-rata pelayanan menggunakan data ALOS, yaitu sebesar 3 harie. Menghitung supply maksimal menurut jumlah hari rawatsupply maksimal = jumlah hari yang tersedia x jumlah tempat tidur= 365 x 18= 6.570 pasienJadi jumlah maksimal hari rawat yang dapat dihasilkan oleh 18 tempat tidur, dengan asumsi setiap hari tempat tidur tersebut tidak pernah kosong adalah 6.570 hari per tahun.f. Menghitung supply maksimal menurut pasien yang dirawatsupply maksimal = = = 2.190 pasien Jadi jumlah maksimal pasien yang dapat dirawat dengan adanya 18 tempat tidur dan rata-rata lama perawatan 3 hari adalah 2.190 pasien per tahun.

4.3 Supply Maksimal Rawat Penunjang USG (Ultrasonografi)Survey supply maksimal pada instalasi penunjang dilakukan di unit radiologi khusunya pada pemeriksaan USG di RSUD Sampang. Pelayanan radiologi buka setiap hari Senin hingga Jumat pukul 09.00 sampai 13.00. a. Identifikasi sumber dayaMan: 1 orang dokter radiologi Machine : 1 unit mesin USGMarket : seluruh masyarakat di wilayah RSUD SampangTime : 4 jam per hari selama 20 hari kerja dalam 1 bulanb. Identifikasi sumber daya yang dominanSumber daya yang paling dominan dalam pemberian pelayanan untuk pasien adalah 1 unit USG dan dokter radiologi yang tersedia. Sedangkan sumber daya lain diasumsikan sudah tersedia. USG merupakan alat utama dalam pelayanan USG. Sedangkan dokter radiologi juga memiliki peran dominan sebagai tenaga ahli yang bertugas untuk mengoperasikan alat.c. Identifikasi waktu yang tersedia dalam 1 periode (bulan)Jam buka poli perhari adalah 4 jam x 20 hari kerja. Sehingga jam kerja dalam 1bulan adalah 80 jam.d. Identifikasi waktu untuk 1 kali pelayanan1 kali pelayanan membutuhkan waktu 15 menite. Menghitung supply maksimalSupply maksimal= = = 320 pasien per bulanJadi, jumlah maksimal pasien yang dapat diperiksa oleh pelayanan USG adalah 320 pasien per bulan.f. Pelayanan aktual di pelayanan USG RSUD SampangRata-rata jumlah pasien per hari = 8 orangPelayanan per bulan= 8 pasien x 20 hari = 160 pasien

Dari hasil survey dan perhitungan data supply maksimal diketahui bahwa supply maksimal pelayanan dalam satu bulan yang dapat ditawarkan adalah sejumlah 320 kali pelayanan terhadap pasien di USG. Sedangkan pelayanan yang diberikan pada pelayanan USG yang sebenarnya adalah 160 pelayanan.Dari data diatas dapat disimpulkan bahwa penawaran pelayanan yang ada belum mencapai supply. Pelayanan yang telah dilakukan hanya sebesar 50% dari supply maksimal. Maka untuk meningkatkan efisiensi sistem pelayanan strategi yang dapat dilakukan adalah dengan meningkatkan pemasaran internal. Poli rawat jalan yang memberikan rujukan untuk USG kepada pasien sebaiknya mengarahkan pasien untuk USG di unit radiologi rumah sakit.

BAB 5KESIMPULAN

5.1 KesimpulanPerhitungan supply maksimal di RSUD Kabupaten Sampang adalah sebagai berikut:1. Jumlah maksimal pasien rawat jalan poli syaraf RSUD Kabupaten Sampang adalah 288 pasien per bulan dengan waktu pelayanan 15 menit / pelayanan dan waktu yang tersedia 3 jam per hari.2. Jumlah maksimal pasien yang dapat dirawat inap kelas paviliun dengan adanya 18 tempat tidur dan rata-rata lama perawatan 3 hari adalah 2.190 pasien per tahun.3. Jumlah maksimal pasien yang dapat diperiksa oleh pelayanan USG adalah 320 pasien per bulan dengan lama pelayanan 15 menit / pelayanan dan waktu yang tersedia 4 jam/hari dalam 20 hari kerja.

5.2 SaranDalam perhitungan supply maksimal digunakan satu sumber daya yang paling dominan sebagai parameter perhitungan. Sumber daya yang lain dianggap terpenuhi. Maka sumber daya yang bukan dominan juga harus dipenuhi agar dapat memaksimalkan supply. Jika sumber daya yang tidak dominan tidak dipenuhi maka dapat menghambat dan menurunkan kualitas pelayanan.

DAFTAR PUSTAKA

Gilarso, 2007. Pengantar Ilmu Ekonomi Mikro. Yogyakarta: Kanisius13