Laporan Progress

Click here to load reader

  • date post

    11-Jan-2016
  • Category

    Documents

  • view

    204
  • download

    38

Embed Size (px)

description

report

Transcript of Laporan Progress

A.RUANG LINGKUPKegiatan pendampingan Program SANIMAS IDB Tahun Anggaran 2015 ini, kami Tenaga Fasilitator Lingkungan (TFL) dibagi menjadi beberapa Tim berdasarkan lokasi dampingan. Adapun lokasi dampingan Tim 1 dan Tim 5 mencakup wilayah, yaitu :Kelurahan Ulujami, Jakarta Selatan

Kelurahan Tomang, Jakarta Barat

B.RENCANA KERJASesuai dengan kontrak pendampingan Program SANIMAS IDB Tahun Anggaran 2015, saya selaku Tenaga Fasilitator (TFL) Teknik menyusun rencana kegiatan pendampingan sebagai acuan pelaksanaan, antara lain :Tabel 1.1. Jadwal Pelaksanaan Kegiatan PendampinganNOTAHAPAN KEGIATANAPRILMEIJUNIJULIAGUSTUSSEPTEMBEROKTOBERNOVEMBERDESEMBERIIIIIIIVIIIIIIIVIIIIIIIVIIIIIIIVIIIIIIIVIIIIIIIVIIIIIIIVIIIIIIIVIIIIIIIVAPendampingan Tingkat Kelurahan1Pemicuhan 2Sosialisasi3Rembug Kelurahan 1 dan Pembentukan Pokjasan Kelurahan4Rembug warga Khusus Perempuan 15Pemetaan Daerah Rawan Sanitasi6Penyusunan CSIAP7Verifikasi CSIAP8Rembug Kelurahan 2BPendampingan Tingkat RW/RT1Rembug RT/RW2Pemetaan Sanitasi Tingkat RT/RW (RPA)3Rembug RT/RW 2 & Pembentukan KSM4Rembug warga Khusus Perempuan 25Proses Penyusunan RKM6Pengajuan Usulan dan Verifikasi RKM ke DPIU7Pengajuan Sampling Draf RKM Ke PPIU8Finalisasi dan Legalitas Dokumen RKMCPendampingan Tingkat KSM1Penandatanganan Kontrak (SP3) BLM TA 20152Pelaksanaan Pembangunan Konstruksi IPAL Komunal3Serah Terima dari Satker ke KSM4Pendampingan Operasional kepada Penerima Manfaat5Serah Terima Selesai Pekerjaan dari Konsultan kepada Pemberi PekerjaanKeterangan :Sebelum Penandatanganan Kontrak PekerjaanKegiatan Pendampingan Program SANIMAS IDB Tahun Anggaran 2015Libur Hari Raya Idhul Fitri

C.RINGKASAN KEGIATANC.1Koordinasi dengan TIM TFL Se-JabodetabekDi Kantor Satuan Kerja Pengembangan Penyehatan Lingkungan Permukiman Strategis kami melakukan Rapat Koordinasi dengan TIM TFL Se-Jabodetabek pada tanggal 22 April 2015. Adapun koordinasi tersebut membahas hal-hal antara lain :Penempatan lokasi TFL (Tenaga Fasilitator Lingkungan) Teknis, Manajemen dan Pemberdayaan pada lokasi yang telah di tetapkan oleh SATKER Pengembangan Penyehatan Lingkungan Permukiman Strategis.Memaparkan secara terperinci mengenai pendampingan yang dilakukan TFL (Tenaga Fasilitator Lingkungan) dalam Program SANIMAS IDB (Sanitasi Berbasis Masyarakat oleh Islamic Development Bank) melalui SATKER Pengembangan Penyehatan Lingkungan Permukiman Strategis tersebut.Menerangkan mengenai langkah-langkah awal yang perlu dilakukan TFL (Tenaga Fasilitator Lingkungan) dilapangan untuk dapat melakukan pendampingan baik Teknis maupun Pemberdayaan secara umum.Brainstorming mengenai kendala-kendala yang mungkin dihadapi oleh TFL (Tenaga Fasilitator Lingkungan) Pemberdayaan maupun Teknis yang akan ditemukan dilapangan.Sekaligus Tanda Tangan kontrak Kerja dari TFL (Tenaga Fasilitator Lingkungan) SANIMAS IDB Tahun Anggaran 2015.

Adapun dokumentasi kegiatan koordinasi tersebut adalah sebagai berikut :

Gambar C. 1. Koordinasi TFL SANIMAS IDB TA. 2015 Se-JabodetabekSumber : Dokumentasi Penulis, 2015

C.2Survey Calon Lokasi 1Melakukan tinjauan lokasi bersama TFL TIM 1 dan TIM 5 pada Jumat, 24 April 2015 bertemu dengan pihak Kelurahan Tomang yang terdata dalam Program SANIMAS Tahun 2014 lalu sebagai lokasi usulan rawan sanitasi diwilayah kumuh dan padat penduduk berdasarkan data BPLHD Provinsi DKI JAKARTA, kemudian kami melakukan survey titik lokasi yang akan dibangun IPAL (Instalasi Pengeolahan Air Limbah) Komunal yang berasal dari kamar mandi di rumah-rumah penduduk sekitar melalui sistem distribusi perpipaan. Adapun dokumentasi kegiatan survey lapangan tersebut adalah sebagai berikut :

Gambar C. 2. Survey Titik Lokasi Kelurahan TomangSumber : Dokumentasi Penulis, 2015C.3Survey Calon Lokasi 2Melakukan tinjauan lokasi bersama TFL TIM 1 dan TIM 5 pada Rabu, 29 April 2015 bertemu dengan pihak Kelurahan Ulujami yang terdata dalam Program SANIMAS Tahun 2014 lalu sebagai lokasi usulan rawan sanitasi diwilayah kumuh dan padat penduduk berdasarkan data BPLHD Provinsi DKI JAKARTA, kemudian kami melakukan survey titik lokasi yang akan dibangun IPAL (Instalasi Pengeolahan Air Limbah) Komunal yang berasal dari kamar mandi di rumah-rumah penduduk sekitar melalui sistem distribusi perpipaan. Adapun dokumentasi kegiatan survey lapangan tersebut adalah sebagai berikut :

Gambar C. 3. Survey Titik Lokasi Kelurahan UlujamiSumber : Dokumentasi Penulis, 2015

C.4Pengumpulan DataTFL TIM 1 dan TIM 5 pada Kamis, 30 April 2015 s/d Rabu, 06 April melakukan pengumpulan data dalam melengkapi dokumen C-siap sebagai syarat menikuti Program SANIMAS IDB Tahun Anggaran 2015 berdasarkan arahan dari Satker Pengembangan Penyehatan Lingkungan Permukiman Strategis. Adapun kelengkapan data lapangan yang kami dapatkan tersebut adalah sebagai berikut :

Gambar C. 4. Data Lapangan Kelurahan UlujamiSumber : Dokumentasi Penulis, 2015C.5Menyusun Rencana Kerja TIMMelakukan koordinasi dengan Tim 1 dan Tim 5 mengenai penyusunan dokumen C-Siap untuk lokasi Kelurahan Tomang dan Kelurahan Ulujami dibasecamp biasa kami berkumpul pada Jumat, 08 Mei 2015 sekaligus persiapan sosialisasi awal di Kelurahan Tomang pada Kamis, 14 Mei 2015 mendatang. Adapun dokumentasi kegiatan Penyusunan Rencana Kerja Tim tersebut adalah sebagai berikut :

Gambar C. 5. Penyusunan Rencana Kerja TIM dan Persiapan SosialisasiSumber : Dokumentasi Penulis, 2015

C.6Bersama LKM Kelurahan TomangTim 1 dan Tim 5 berkoordinasi dengan LKM Kelurahan Tomang terkait data yang belum lengkap dalam dokumen C-Siap pada Selasa, 12 Mei 2015. Oleh sebab itu kami bertemu Bapak Budi selaku perwakilan LKM dari RW 14. Adapun dokumentasi kegiatan Koordinasi dengan LKM RW 14 tersebut adalah sebagai berikut :

Gambar C. 6. Rapat dengan LKM Kelurahan Tomang dan Pengumpulan DataSumber : Dokumentasi Penulis, 2015

C.7Sosialisasi Awal di Kelurahan TomangTim 1 dan Tim 5 melakukan sosialisasi awal secara resmi mengenai Program SANIMAS IDB (Sanitasi Berbasis Masyarakat oleh Islamic Development Bank) di Kelurahan Tomang dengan narasumber adalah Senior TFL (Tenaga Fasilitator Lingkungan) yaitu Bapak Martinus. Sosialisasi yang dilakukan terkait pembuka pandangan awal mengenai program SANIMAS IDB tersebut kepada masyarakat calon pengguna IPAL Komunal di Kelurahan Tomang, Jakarta Barat. Sosialisasi tersebut diselenggarakan di Kantor RW 14 Kelurahan Tomang yang dihadiri oleh peserta Ibu-Ibu maupun Bapak-Bapak. Peserta diperbolehkan untuk berdiskusi masalah sanitasi dirumah yang selama ini memang tidak dilakukan pengolahan terlebih dahulu dari air bekas cuci maupun air kotor (dari kamar mandi) dan langsung disalurkan melalui perpipaan ke Kali/Sungai. Akibatnya semakin menurunnya kualitas air Kali/Sungai disekitar tempat tinggal penduduk dan mengeluarkan bau busuk yang menyengat dari Badan Air Penerima (Kali/Sungai) tersebut. Sehingga kedepannya melalui program ini, diharapkan kualitas Kali/Sungai dapat terhindar dari pencemaran lingkungan akibat buruknya sanitasi.Melalui Program SANIMAS IDB Tahun Anggaran 2015 Kelurahan Tomang sendiri akan mendapatkan dana bantuan di dua titik lokasi, yaitu terletak di RT.06/RW.14 dan RT.09/RW.14. Adapun dokumentasi kegiatan sosialisasi awal yang diselenggarakan di Kantor RW 14 Kelurahan Tomang, Kecamatan Grogol Petamburan, Jakarta Barat tersebut sebagai berikut :

Gambar C. 7. Sosialisasi Awal Program SANIMAS IDB TA. 2015 di Kantor RW.14 Kelurahan Tomang Kepada Masyarakat Calon Penerima ManfaatSumber : Dokumentasi Penulis, 2015

C.8Pertemuan Dengan Lurah UlujamiTim 1 dan Tim 5 bertemu dengar Lurah Ulujami pada Selasa, 19 Mei 2015 dalam rangka pengenalan maksud dan tujuan dari Program SANIMAS IDB Tahun Anggaran 2015 yang akan dilaksanakan di kelurahan Ulujami tersebut. Ibu Lurah pun menanggapi baik mengenai program tersebut. Adapun dokumentasi pertemuan dengan Lurah Ulujami di Kantor Kelurahan Ulujami tersebut adalah sebagai berikut :

Gambar C. 8. Pertemuan Dengan Lurah UlujamiSumber : Dokumentasi Penulis, 2015

C.9Pembuatan Laporan Kegiatan TFLDi Kantor Satuan Kerja Pengembangan Penyehatan Lingkungan Permukiman Strategis kami melakukan Rapat Koordinasi dengan TIM TFL Se-Jabodetabek pada tanggal 20 Mei 2015 sekaligus TFL menyusun laporan bulanan yang berisi tentang : Kegiatan selama sebulan di lapangan dan didalam laporan bulanan harus tercantum foto-foto kegiatan sebagai bukti kegiatan yang telah dilakukan oleh TFL serta berkas-berkas yang ada sebagai lampiran. Pelaporan mengenai kendala-kendala yang terjadi dilapangan selama proses pendampingan yang dipaparkan dalam lampiran Laporan Bulanan TFL ini.Adapun dokumentasi pertemuan dengan Lurah Ulujami di Kantor Kelurahan Ulujami tersebut adalah sebagai berikut :

Gambar C. 9. Rapat Koordinasi Laporan Progres TFL Se-JabotabekSumber : Dokumentasi Penulis, 2015D.RENCANA KEGIATAN BULAN SELANJUTNYADalam pelaksanaan pendampingan ini kita perlu menyusun rencana kerja yang perlu dipersiapkan dalam target pencapaian kegiatan dilapangan agar berjalan sesuai waktu yang telah ditentukan. Adapun rencana kegiatan bulan selanjutnya adalah sebagai berikut :Melakukan Sosialisasi lanjutan mengenai Pembentukan Pokja (Kelompok Kerja) Sanitasi dan KSM (Kelompok Swadaya Masyarakat) Kelurahan Ulujami maupun Kelurahan Tomang.Menyelesaikan dokumen C-Siap untuk Kelurahan Ulujami maupun Kelurahan Tomang.Melakukan viseabelity study mengenai titik lokasi IPAL (Instalasi Pengolahan Air Limbah) Komunal di Kelurahan Ulujami maupun Kelurahan Tomang.Penyusunan dokumen RKM (Rencana Kerja Masyarakat) yang akan menjadi Acuan Pelaksanaan Pekerjaan Konstruksi di Lapangan yang meliputi kedua lokasi, yaitu Kelurahan Ulujami maupun Kelurahan Tomang.

ContentsA.RUANG LINGKUP1B.RENCANA KERJA1C.RINGKASAN KEGIATAN4C.1Koordinasi dengan TIM TFL Se-Jabodetabek4C.2Survey Calon Lokasi 15C.3Survey Calon Lokasi 26C.4Pengumpulan Data6C.5Menyusun Rencana Kerja TIM8C.6Bersama LKM