Kuliah 5 Pengembangan Organisasi 2014

5
PROSES DIAGNOSTIK PROSES DIAGNOSTIK Kegiatan PO merupakan kegiatan yang Kegiatan PO merupakan kegiatan yang didasarkan pada data atau informasi. didasarkan pada data atau informasi. Bila seorang konsultan akan melakukan Bila seorang konsultan akan melakukan intervensi tertentu, yang pertama harus intervensi tertentu, yang pertama harus dilakukannya ialah membuat diagnosis dilakukannya ialah membuat diagnosis organisasi, karena melalui diagnosis itu organisasi, karena melalui diagnosis itu diperoleh informasi yang pada gilirannya diperoleh informasi yang pada gilirannya memungkinkan organisasi memberikan reaksi memungkinkan organisasi memberikan reaksi atau respon secara lebih cepat yang dengan atau respon secara lebih cepat yang dengan gaya yang proaktif menjadi tanggap terhadap gaya yang proaktif menjadi tanggap terhadap berbagai kekuatan yang menuntut terjadinya berbagai kekuatan yang menuntut terjadinya perubahan dalam organisasi. perubahan dalam organisasi. Diagnosis organisasi, ditujukan pada Diagnosis organisasi, ditujukan pada terjadinya analisis yang betul-betul mantap terjadinya analisis yang betul-betul mantap tentang berbagai data yang dimiliki tentang berbagai data yang dimiliki termasuk yang menyangkut struktur, termasuk yang menyangkut struktur, administrasi, interaksi, prosedur kerja, administrasi, interaksi, prosedur kerja, keterkaitan dan interdepedensi antara keterkaitan dan interdepedensi antara

description

Mengenai ilmu pengembangan organisasi yang dapat diaplikasikan

Transcript of Kuliah 5 Pengembangan Organisasi 2014

Page 1: Kuliah 5 Pengembangan Organisasi 2014

PROSES DIAGNOSTIKPROSES DIAGNOSTIKKegiatan PO merupakan kegiatan yang didasarkan pada Kegiatan PO merupakan kegiatan yang didasarkan pada data atau informasi. data atau informasi.

Bila seorang konsultan akan melakukan intervensi Bila seorang konsultan akan melakukan intervensi tertentu, yang pertama harus dilakukannya ialah membuat tertentu, yang pertama harus dilakukannya ialah membuat diagnosis organisasi, karena melalui diagnosis itu diagnosis organisasi, karena melalui diagnosis itu diperoleh informasi yang pada gilirannya memungkinkan diperoleh informasi yang pada gilirannya memungkinkan organisasi memberikan reaksi atau respon secara lebih organisasi memberikan reaksi atau respon secara lebih cepat yang dengan gaya yang proaktif menjadi tanggap cepat yang dengan gaya yang proaktif menjadi tanggap terhadap berbagai kekuatan yang menuntut terjadinya terhadap berbagai kekuatan yang menuntut terjadinya perubahan dalam organisasi.perubahan dalam organisasi.

Diagnosis organisasi, ditujukan pada terjadinya analisis Diagnosis organisasi, ditujukan pada terjadinya analisis yang betul-betul mantap tentang berbagai data yang yang betul-betul mantap tentang berbagai data yang dimiliki termasuk yang menyangkut struktur, administrasi, dimiliki termasuk yang menyangkut struktur, administrasi, interaksi, prosedur kerja, keterkaitan dan interdepedensi interaksi, prosedur kerja, keterkaitan dan interdepedensi antara berbagai unsur organisasi klien.antara berbagai unsur organisasi klien.

Page 2: Kuliah 5 Pengembangan Organisasi 2014

PENGERTIAN DIAGNOSISPENGERTIAN DIAGNOSIS

Diagnosis meliputu dua hal, yaitu :Diagnosis meliputu dua hal, yaitu :

1. Suatu diagnosis menganalisis berbagai sub 1. Suatu diagnosis menganalisis berbagai sub elemen yang terdapat dalam organisasi, jenis-elemen yang terdapat dalam organisasi, jenis-jenis produk yang dihasilkan atau dapat pula jenis produk yang dihasilkan atau dapat pula menyoroti hubungan yang terjadi antara menyoroti hubungan yang terjadi antara berbagai “sub system” dalam organisasi yang berbagai “sub system” dalam organisasi yang bersangkutan. Pendekatan lain dapat berupa bersangkutan. Pendekatan lain dapat berupa sorotan terhadap berbagai tingkat yang meliputi sorotan terhadap berbagai tingkat yang meliputi manajemen puncak, manajemen madya dan manajemen puncak, manajemen madya dan manajemen tingkat rendah.manajemen tingkat rendah.

Page 3: Kuliah 5 Pengembangan Organisasi 2014

2. Bidang diagnosis dapat didasarkan atas 2. Bidang diagnosis dapat didasarkan atas berbagai proses yang terjadi dalam organisasi berbagai proses yang terjadi dalam organisasi seperti jaringan komunikasi, pengambilan seperti jaringan komunikasi, pengambilan keputusan oleh kelompok, pemecahan keputusan oleh kelompok, pemecahan masalah, gaya kepemimpinan, pola percaturan masalah, gaya kepemimpinan, pola percaturan kekuasaan dan kewenangan, cara penentuan kekuasaan dan kewenangan, cara penentuan tujuan, proses perencanaan, manajemen konflik tujuan, proses perencanaan, manajemen konflik termasuk penyelesaiannya dan bentuk termasuk penyelesaiannya dan bentuk persaingan yang didorong dlaam rangka persaingan yang didorong dlaam rangka peningkatan produktivitas dan efektivitas kerja.peningkatan produktivitas dan efektivitas kerja.

Masuknya konsultan adalah melakukan upaya Masuknya konsultan adalah melakukan upaya diagnosis yang menemukan hal-hal apa saja diagnosis yang menemukan hal-hal apa saja yang menjadi penyebab berbagai masalah, yang menjadi penyebab berbagai masalah, bukan hanya sekedar mengidentifikasikan bukan hanya sekedar mengidentifikasikan gejala-gejala yang segera terlihat.gejala-gejala yang segera terlihat.

Page 4: Kuliah 5 Pengembangan Organisasi 2014

Konsultan dan kliennya harus sama-sama sepakat bahwa Konsultan dan kliennya harus sama-sama sepakat bahwa ciri-ciri diagnosis yang harus terdapat ialah :ciri-ciri diagnosis yang harus terdapat ialah :1. 1. Kesederhanaan. Kesederhanaan. 2. 2. KejelasanKejelasan3. 3. KeterlibatanKeterlibatan4. 4. Identifikasi faktor-faktor utamaIdentifikasi faktor-faktor utama5. 5. Menyoroti faktor-faktor kritikalMenyoroti faktor-faktor kritikal6. 6. Penumbuhan rasa urgensiPenumbuhan rasa urgensi

Maksud tahap diagnosis adalah untuk merinci secara jelas Maksud tahap diagnosis adalah untuk merinci secara jelas hakikat permasalahan yang dihadapi dan memerlukan hakikat permasalahan yang dihadapi dan memerlukan penyelesaian, mengidentifikasikan faktor-faktor penyelesaian, mengidentifikasikan faktor-faktor penyebabnya dan memberikan dasar untuk memilih penyebabnya dan memberikan dasar untuk memilih strategi perubahan yang diperkirakan akan efektif serta strategi perubahan yang diperkirakan akan efektif serta teknik-teknik mewujudkannya yang dianggap paling tepat.teknik-teknik mewujudkannya yang dianggap paling tepat.

Page 5: Kuliah 5 Pengembangan Organisasi 2014

MODEL-MODEL DIAGNOSTIKMODEL-MODEL DIAGNOSTIKSuatu diagnosis didasarkan pada pemahaman tertentu Suatu diagnosis didasarkan pada pemahaman tertentu tentang cara berfungsinya suatu organisasi.tentang cara berfungsinya suatu organisasi.

Kerangka konseptual yang digunakan oleh para praktisi PO Kerangka konseptual yang digunakan oleh para praktisi PO dikenal dengan istilah model-model diagnostik.dikenal dengan istilah model-model diagnostik.

A. Model AnalitikalA. Model Analitikal (Paul Lawrence dan Jay Lorsch)(Paul Lawrence dan Jay Lorsch)B. Model Kecenderungan Perilaku KelompokB. Model Kecenderungan Perilaku Kelompok (George Homans)(George Homans)C. Model Konsultasi ManajemenC. Model Konsultasi Manajemen (Terry Amstrong dan Walter Wheatley)(Terry Amstrong dan Walter Wheatley)D. Model SosioteknikalD. Model Sosioteknikal (Eric Trist)(Eric Trist)E. Model Analisis Bidang Kekuatan E. Model Analisis Bidang Kekuatan (Kurt Lewin)(Kurt Lewin)