Ku. 2 Peluang Usaha

download Ku. 2 Peluang Usaha

of 23

  • date post

    01-Jan-2016
  • Category

    Documents

  • view

    208
  • download

    0

Embed Size (px)

Transcript of Ku. 2 Peluang Usaha

  • PELUANG USAHA

  • PengertianPeluang UsahaPeluangUsahaKesempatan yang muncul dan menjadi ide atau inspirasi seseorang.Suatu kegiatan yang dilakukan oleh seseorang untuk memperoleh keuntungan.

  • PengertianPeluang UsahaSebuah inspirasi, ide atau kesempatan yang muncul dan dimanfaatkan oleh seorang wirausahawan dalam memulai usahanya.

  • InspirasiFaktor-faktor yang dapat memunculkan inspirasi :Pengetahuan yang dimiliki.Pengalaman dari individu.Pengalaman saat melihat orang lain menyelesaikan masalah.Instuisi yang merupakan pemikiran yang muncul dari individu itu sendiri.

  • InspirasiFaktor-faktor yang dapat memunculkan inspirasi :Masalah yang dihadapi dan belum terpecahkan.Kesulitan yang dihadapi sehari-hari.Kebutuhan yang belum terpenuhi baik untuk diri sendiri maupun untuk orang lain.Pemikiran yang besar untuk menciptakan sesuatu yang baru.

  • TIMBULNYA PELUANG USAHA :

    Nilai suatu barang dapat diciptakan melalui inovasiNilai dapat diciptakan dengan cara mengubah tantangan menjadi PELUANGPeluang dapat diciptakan melalui IDE-IDE kreatif dan inovatifMelalui perubahan cara yg lebih baikDalam bentuk produk dan jasa baruBentuk modifikasi cara melakukan suatu pekerjaan

  • IDENTIFIKASI PELUANG USAHA BARU

    Orientasi Eksternal dan InternalKeingintahuan dan minat pada apa yang terjadi di dunia merangsang orientasi EksternalOrientasi internal merangsang penggunaan sumber daya - sumber daya pribadi untuk mengidentifikasi peluang venture baru.

    Orientasi Eksternal didapat dari :KonsumenPerusahaan yang sudah adaSaluran distribusiPemerintahPenelitian dan Pengembangan

  • Orientasi Internal didapat dari :

    Tiga Tahap penggunaan sumber daya sumber daya internal yaitu :Analisa konsep hingga bisa terdefinisi dengan jelas, termasuk penguraian masalah yang perlu dipecahkanPenggunaan daya ingat untuk menemukan kesamaan dan unsur-unsur yang nampaknya berhubungan dengan konsep dan masalah-masalahnyaRekombinasi unsur-unsur tersebut dengan cara baru dan bermanfaat untuk memecahkan masalah-masalah dan membuat konsep dasar bisa dipraktekkan

  • Proses InovasiWirausahawan melihat adanya kebutuhanMengumpulkan data dan mendefinisikan konsep-konsepMenguraikan masalah-masalahMenggunakan daya ingat untuk mencari kesamaanMenemukan kesamaan dan gagasan yang berhubunganMelihat bagaimana menggabungkan kesamaan dan gagasan yang berhubungan Mencari pemecahan sementaraMeneliti pemecahan dengan hati-hatiBergerak terus jika semuanya baikMencapai keberhasilan

  • Sumber Gagasan Bagi Produk dan Jasa Baru :

    Kebutuhan akan sumber penemuan Hobi atau kesenangan pribadi Mengamati kecenderungan-kecenderungan Mengamati kekurangan-kekurangan produk dan jasa yang ada Mengapa tidak terdapat ? Kegunaan lain dari barang-barang biasa Pemanfaat produk dari perusahaan lain

  • MACAM PELUANG USAHABidang usaha pertanian/agriculturePertambanganPabrikasi/manufactureKonstruksiPerdaganganJasa keuanganJasa peroranganJasa UmumJasa Wisata

  • Sumber Peluang Usaha Peluang atau kesempatan usaha dapat bersumber dari berbagai macam hal antara lain :1. Peluang Dari Diri SendiriAdalah peluang yang paling potensial dan sangat besar rasio kesuksesannya.

  • 1. Peluang Dari Diri Sendiri Contohnya :Hobi :

    Hobi bisa menjadi awal dari kesuksesan seseorang dalam berwirausaha. Contoh : Bill Gates yang hoby mengotak atik komputer, beranggapan bahwa mesin main frame yang diciptakan oleh IBM terlalu besar. Kemudian dia berfikir dan memproleh inspirasi :Banyak orang yang kesulitan untuk menggunakan mesin komputer yang besar.Ketidak sempurnaan sistem operasi yang ada dalam komputer telah menginspirasinya untuk menciptakan DOS (Disk Operating System) yang kemudian berkembang menjadi Windows.

  • 1. Peluang Dari Diri Sendiri Contohnya :Keahlian :

    Keahlian yang dimiliki dapat dijadikan modal untuk mengembangkan usaha yang sesuai dengan bidang keahlian. Contoh : Larry Page dan Sergey Brin pendiri dan pencipta mesin pencari (search engine) Google yang ahli matematika dari Stanford University, menemukan peluang usaha dari masalah dan kesulitan yang mereka hadapi.

  • 1. Peluang Dari Diri Sendiri Contohnya :Pengetahuan & Latar Belakang Pendidikan

    Pengetahuan dan latar belakang pendidikan merupakan salah satu hal yang paling potensial untuk menemukan peluang emas karena sudah mengetahui, mempelajari dan memahami bidang yang ditekuni. Contoh : Seorang lulusan AKZI yang terus mendalami bidang gizi, akhirnya memahami bahwa usaha itu bersumber dari banyaknya keluhan dan kesulitan masyarakat dalam menyelenggarakan makanan yang sehat sesuai dengan kondisi kesehatannya.

  • Sumber Peluang Usaha 2.Peluang Dari LingkunganBanyak peluang dan inspirasi yang timbul dari linkungan antara lain lingkungan rumah, tetangga, teman sekolah, teman main atau sahabat dan saat berkunjung ketempat lain. Contoh : Bob Sadino mendapat inspirasi dan ide usahanya dari lingkungan tempat tinggalnya dan dari hal-hal yang setiap hari dia lakukan hingga menjadi sebuah peluang usaha. Diawali dari tetangganya, yang memiliki 50 ekor ayam hingga menghasilkan telur untuk ditawarkan pada kaum ekspatriat di daerah Kemang. Lingkungan ekspatriat ternyata sangat peduli dengan faktor higienis, kebersihan dan bebas dari pestisida. Inilah yang menginspirasi Bob Sadino untuk mengembangkan kebun sayur-sayuran organik dengan cara hidroponik (Ambadar, et.al : 2003).

  • Sumber Peluang Usaha 3.Peluang dari Perubahan yang TerjadiPeluang terbesar yang sering menjadi sebuah bisnis adalah peluang yang berasal dari perubahan di lingkungan antara lain :

    a.Perubahan Global (seperti perubahan kurs mata uang Rupiah terhadap mata uang Dollar).b.Perubahan Lingkungan (seperti terjadi pembangunan perumahan baru di sekitar kompleks tempat tinggal.c.Perubahan Peraturan Pemerintah.d.Perubahan Musim.e.Perubahan Gaya Hidup.f.Perubahan tingkat kebutuhan tentang kesehatan dan pola makan masuarakat pada umumnya.g.Perubahan teknologi informasi dan komunikasi.h.Perubahan jumlah laju pertumbuhan kendaraan.i.Perubahan tingkat tekanan pekerjaan yang semakin tinggi (berat) sehingga kebutuhan akan hiburan semakin tinggi.

  • Sumber Peluang Usaha 4.Peluang Dari KonsumenSuara konsumen sangat diperlukan untuk menciptakan gagasan baru dalam rangka memperbaiki kualitas produk dan menciptakan peluang bagi yang akan mendirikan usaha. Suara-suara konsumen yang dapat menciptakan peluang baru antara lain :

    a.Keluhan-keluhan konsumen.b.Saran-saran konsumen.c.Permintaan khusus konsumen dan calon konsumen.d.Angan-angan yang diimpikan konsumen tentang produk atau jasa tertentu.e.Harapan dari konsumen terhadap produk atau jasa.

  • Sumber Peluang Usaha 5.Peluang dari Informasi yang DiperolehInformasi yang diperoleh dapat menjadi sebuah peluang jika mampu menghubungkan antara pengalaman dan pengetahuan yang dimiliki untuk diwujudkan atau dilakukan. Peluang yang dapat muncul dari informasi yang diperoleh antara lain :

    a.Informasi tentang produk baru yang sedang tren dan mengetahui cara membelinya.

    b.Informasi tentang kebutuhan produk yang harganya lebih mahal di tempat lain untuk produk yang sama. Ini juga sebuah peluang karena adanya selisih harga.

    c.Informasi tentang kebutuhan produk tertentu dan mengetahui cara memperolehnya.

  • KARAKTERISTIK Peluang UsahaCiri-ciri peluang usaha yang baik adalah :Peluang yang orisinil atau tidak meniru.Peluang yang dapat bersaing dipasar hingga dimasa yang akan datang.Sesuai dengan keinginan agar peluang bisa bertahan lama.Kelayakan usaha telah teruji dari hasil riset dalam pasar.Bersifat ide yang kreatif dan inovatif bukan tiruan ide dari orang lain.Ada keyakinan bisa mewujudkan dan sukses untuk menjalankan.Ada rasa senang menjalankan usaha tersebut.

  • Peluncuran usaha baru

    Yang harus dilakukan oleh wirausahawan adalah : *Mempertahankan sikap obyektivitas dan selalu *mencari gagasan bagi produk atau jasa *Dekat dengan segmen pasar yang ingin dimasuki *Memahami persyaratan teknis dari produk/proses *Menelusuri secara mendetail kebutuhan finansial bagi pengembangan dan produksi *Mengetahui kendala hukum yang diterapkan pada produk atau jasa *Menjamin bahwa produk atau jasa menawarkan keuntungan tertentu yang membedakannya dari pesaing *Melindungi gagasan kreatif melalui hak paten, hak cipta, merek dagang dan merek jasa

  • Kegagalan Didalam Memilih Peluang Bisnis Baru

    Kurangnya obyektivitasKurangnya kedekatan dengan pasarPemahaman kebutuhan teknis yang tidak memadaiDiabaikannya kebutuhan finansialKurangnya diferensiasi produkPemahaman terhadap masalah-masalah hukum yang tidak memadai

  • TERIMA KASIH