peluang usaha

download peluang usaha

of 35

  • date post

    03-Jan-2016
  • Category

    Documents

  • view

    272
  • download

    0

Embed Size (px)

Transcript of peluang usaha

peluang usaha

Written by Dody Tabrani

Usaha Jasa Pengetikan

Peluang usaha jasa pengetikanSaat ini banyak kalangan yang mempunyai komputer dan laptop sendiri, yang tidak mempunyai komputer dan laptop sendiripun bisa dengan mudah menyewa di warnet dan rental komputer. Walau begitu masih banyak orang yang banyak datang ke tempat usaha jasa pengetikan untuk membantu tugas mereka, kesibukan dan rasa malas biasanya menjadi alasan utama bagi para pemilik komputer atau laptop menyerahkan tugas mengetik kepadausaha jasa pengetikan.

Ada dua jenis pengguna usaha jasa pengetikan ini, yaitu orang terdidik yang memiliki ataupun tidak komputer sendiri yang seharusnya bisa mengerjakan tugasnya sendiri dengan orang biasa yang kurang terdidik yang bahkan memegang komputerpun tidak pernah. Orang terdidik biasanya terdiri dari kalangan pelajar, mahasiswa, akademisi maupun pegawai yang karena alasan sibuk, banyaknya yang mesti dikerjakan, capai atau malas mendelegasikan tugas mengetik mereka kepadausaha jasa pengetikan.

Jenis pengguna lain daripeluang usaha jasa pengetikanini adalah orang biasa yang kurang atau memang tidak mengerti pengetikan, biasanya pelanggan jenis ini banyak di temui bila kita membuka usaha jasa pengetikan di pedesaan. Karena ketidak mengertian mereka terkadang banyak di temui permintaan dari pelanggan jenis ini yang 'Tidak wajar', contohnya meminta mengetikan rekening tabungan untuk syarat pinjaman, mengganti atau merubah akta kelahiran, SKCK, ijazah, dll yang notabene sudah mendekati pemalsuan. Sebaiknya hindari permintaan permintaan seperti ini guna mencegah hal yang tidak di inginkan di kemudian hari.Persiapan memulai usaha jasa pengetikanMencari tempat usahaSebagaimana kebanyakan dalam memulaipeluang usaha, kita harus mencari tempat usaha yang cocok dan memiki prospek yang bagus untuk usaha jasa pengetikan kita. Tempat usaha yang cocok adalah sekitar kampus, sekolah dan perkantoran. Walau begitu bagi anda yang tinggal di pedesaan pun masih bisa membuka usaha jasa pengetikan ini, usahakan tempat usaha yang mudah di akses atau di pinggiran jalan ramai. Kios seukuran 2 x 2 meter persegi sudah cukup untuk memulai usaha ini.

Peralatan usaha jasa pengetikanPeralatan yang harus kita miliki adalah komputer, printer, beberapa jenis kertas, scanner, meja komputer dan kursinya yang nyaman arena kita akan duduk lama, alat tulis, buku catatan transaksi dan lainnya. Komputer yang di pakai tidak perlu yang memiliki spesipikasi khusus, cukup komputer pentium II/III dengan harga di bawah 3 jutaan. Bila kita membeli bekas komputer pentium III sekitar Rp 1,5 juta, untuk printer dapat memilih tipe inkjet yang harganya sudah ada yang dibawah Rp 0,5 juta.PeralatanHarga (Rp)

Dua set komputer3.000.000 - 6.000.000

Satu set printer500.000 - 1.000.000

Scanner500.000 - 1.000.000

Meja komputer dan Kursi300.000 - 400.000

Total perlengkapan4.610.000 - 9.050.000

Persiapan kemampuan mengetikUntuk medukung usaha jasa pengetikan kita, maka kemampuan mengetik yang kita miliki dan karyawan kita mestilah baik. Ini akan berpengaruh terhadap hasil kerja kita dan kepuasan pelanggan, bila pelanggan puas dengan hasil kerja kita maka mereka akan terus datang kembali begitu juga sebaliknya. Kita mesti pahami betul apa yang pelanggan kita inginkan, ini sangat penting guna memberikan kepuasan kepada pelanggan kita. Konfirmasi detail order yang diterima sebelum memulai mengerjakan pesanan, ini untuk mencegah terjadinya kesalahpahaman yang membuat pelanggan kecewa.

Kemampuan apa saja yang mesti disiapkan oleh kita1. Kemampuan mengetik cepat dan benar.2. Berpromosi dengan baik untuk meraup konsumen.3. Kemampuan mengalokasikan dana dengan baik sebab ada saat dana diperlukan untuk perawatan atau penggantian komponen atau software komputer, membeli kertas atau tinta dan membayar gaji karyawan.4. Catat semua transaksi baik transaksi order/pendapatan maupun transaksi pembelian/pengeluaran.

Tetapkan harga yang bersaingTetapkan harga jual yang bersaing namun masih menguntungkan, tentukan berdasarkan kerapatan spasi dan jenis dokumen yang diketik. Bila memiliki permintaan jenis huruf (apalagi jenis huruf yang kecil) bisa di negosiasikan harganya. Contohnya sebagai berikutJenis Jasa Harga (Rp/Lembar)

Pengetikan Spasi 22.000

Pengetikan Spasi 1,53.000

Pengetikan Spasi 14.000

Pengetikan Dokumen tabel4.000

Print B/W500

Print warna sedikit2.000

Print full warna3.000

Scan2.000

Promosi dan pemasaranFaktor utama dalam berpromosi adalah mengenalkan keberadaan usaha jasa pengetikan kita, untuk itu usahakan terlihat dari jalan raya. Buatlah banner atau spanduk yang mencirikan usaha kita, kita juga bisa menyebarkan brosur kepada para calon pelanggan seperti di sekitar kampus, sekolahan dan perkantoran maupun instansi pemerintahan. Buat juga diskon seperti bila mengetik dengan jumlah tertentu akan dapat potongan harga 10% dari total transaksi dll.

Hambatan usaha jasa pengetikan1. Hambatan pada usaha jasa pengetikan biasanya berasal dari kita sendiri, diantaranya2. Lalai atau lambat dalam menyelesaikan suatu pesanan hingga pelanggan tidak mau memakai jasa kita kembali.3. Terlalu banyak kesalahan ketik yang kita lakukan.4. Ceroboh atau lupa dalam menyimpan file hingga saat file tersebut dicari file tersebut hilang atau entah berada di mana.5. Tidak bisa mengatur keuangan hingga saat ada yang mesti diganti atau dibeli tidak cukup uang, usahakan memisahkan keuangan pribadi dengan keuangan usahaAnalisa usahaModal AwalPerlengkapan kita ambil yang terbesarRp 9.050.000

Promosi (Spaduk,Brosur)Rp 200.000

Total Modal AwalRp 9.250.000

Perlengkapan mengalami penyusutan selama 4 tahun dan mempunyai nilai residu sebesar Rp 1.000 dengan memakai metode penyusutan garis lurus. Biaya penyusutan per tahun = (Rp 9.050.000 - Rp 1.000) / 4 = Rp 2.262.250 per tahun atau lama dengan Rp 188.520/bulan.

Biaya operasional bulananBiaya operasional bulananRpRp

Sewa tempat500.000

Buku catatan transaksi20.000

Kertas HVS,A4,Kuarto dll250.000

Alat tulis20.000

Perlengkapan lain20.000

Listrik + Telepon300.000

Penyusutan peralatan188.520

Gaji karyawan1.000.000

Total Biaya operasional bulanan2.298.520

Pendapatan

1000 lembar X Rp 3.0003.000.000

Jasa lain ( print, scan, dll )1.000.000

Total pendapatan bulanan4.000.000

Keuntungan/laba bersih1.701.480

Balik Modal / BEPModal awal / laba = Rp 9.250.000/Rp 1.701.480 = 5,4 Bulan

Peluang usaha jasa pengetikanini masih sangat menjanjikan bagi para calonUKMterutama di daerah yang memiliki banyak mahasiswa dan pelajar. Saat ini banyak yang berpikir dari pada mengetik sendiri di rental komputer/warnet lebih baik menyewausaha jasa pengetikankarena di nilai lebih cepat dan harganya juga tidak terlalu jauh berbeda terutama jika kemampuan mengetiknya masih lambat. Ayo manfaatkanpeluang usaha jasa pengetikanini.

eluang usaha jasa pengetikan masih memiliki prospek peluang bisnis yang bagus. Mungkin saat ini sudah banyak orang yang memilikikomputertaulaptop, namun kebanyakan mereka tidak punya cukup waktu untuk mengerjakan tugasnya.Hampir setiap hari banyak orang yang membutuhkan pengetikan dokumen. Usaha pengetikan modalnya sangat terjangkau sebab tidak memerlukan banyak perlengkapan.Perlengkapan yang harus dipersiapkan dalam usaha jasa pengetikan adalah :1. Satu set komputer2. Satu set printer3. Plang nama / neon box4. Buku catatan transaksi5. Kertas HVSCara memulaiPertama yang harus dikerjakan dalam usaha jasa pengetikan ini adalah promosi. Cara promosi bisa dengan menyebarkan brosur, menempelkan poster promosi di tempat-tempat umum, membagikan kartu nama, pamflet, memasang neon box di depan lokasi usaha dan sebagainya.Poin-poin penting yang harus diperhatikan dalam usaha jasa pengetikan :Kepuasan PelangganSetiap usaha jasa harus mengutamakan kepuasan pelanggan, begitu juga denganpeluang usaha jasa pengetikanini. Jik pelanggan merasa puas dengan hasil kerja kita, maka tentu akan membawa dampak postitif bagi perkembangan usaha jasa pengetikan yang sedang dikembangkan.Pahami yang menjadi kehendak pelangan.Kita harus faham apa yang di kehendaki oleh pelanggan, ini sangatlah penting untuk memberikan kepusan pada pelanggan. Apa yang sebenarnya di kehendaki oleh pelanggan ? Maka kita harus bisa memahaminya dengan betul.Konfirmasikan detil order yang diterimaUntuk mengurangi resiko kesalahpahaman, sebelum memulai mengerjakan order ketikan. Usahakan penyelesaian order tepat waktu sesuai dengan kesepakatan. Bila kebanjiran order, kurangi resiko dengan menolak order melebihi kemampuan beban kerja; atau bila memungkinkan, cari SDM instan baru (kerabat, sanak family, teman, dsb) untuk membantu menyelesaikan order yang berlimpah.Buatlah kebijakan penetapan harga yang kompetitifDengan menetapkan harga yang kompetitif maka di harapkan dapat bersaing dengan pelaku usaha lain dengan jenis serupa. Misal untuk saat sekarang, biaya jasa pengetikan dokumen standar (kertas ukuran A4, margin 4-4-3-3 cm, ukuran huruf 12 point, spasi 1.5) = Rp 3000 /lembar halaman jadi, dokumen tabel = Rp 4000 /lembar halaman jadi, dsb.Kombinasikan dengan usaha lainMisalnya, fotocopy, photo digital, jual alat-alat tulis dan sebagainya agar penghasilan yang di harapkan tidak hanya dari satu macam saja. Misalnya hari ini pngetikan sepi, namun foto copy yang ramai atau sebaliknya.Nah bagaimana, anda berminat untuk mencobanya ?Anda tinggal di daerah kampus yang banyak dihuni oleh pelajar atau mahasiswa? Tidak ada salahnya mencoba peluang usaha satu ini. Peluang usaha ini sesuai untuk lingkungan di mana para penghuninya ialah mahasiswa yang belum banyak memiliki komputer sendiri untuk mengerjakan tugas mereka. Peralatan yang harus tersedia ialah komputer, mesin c