Kliping Berita Tanggal 1 April 2015

37
$IIAHA FJIHMMffift{E RABU, 1 APRIL 2015 IPAL Pahrik l|lmlnta I|idata Ulang PURBALINGGA - Bupati Purbalingga Sukento Rido Marhaendrianto, meminta agar Badan Lingkungan Hidup (BLH) mendata kembali secara benar, kondisi semua instalasi pengolahan air limbah (IPAL) pabrik. Hal ini merupakan buntut dari peristiwa kematian ratusan ikan di kolam milik rvarga Kelurahan Karangmanyar, Kecamatan Kalimanah, baru- baru ini. "Saya akan meminta BLH untuk mendata kembali kondisi riil IPAL di seluruh pabrik. Harapannya akan kami jadikan pernbahasan rnendalam untuk mencari solusi terbaik, agar pencemaran tidak terjadi lagi," katanyakemarin. Jika data mengenai kondisi riil seluruh IPAL sudah ada. maka akan dipikirkan langkah pengelolaan limbah yang lebih baik. Misalnya, dilakukan oleh pihak ketiga atau membentuk unit pelaksana teknis t LPT). "Saya belum bisa mengata- kan kondisi alat pen-uolahan lim- bah di pabrik baik. Karena butuh pengecekan komperehensif serta melihat kondisi rii1." imbuhnya. LeLrih lanjut, pabrik yang sudah memiliki IPAL. harus terus diawasi secara periodik. Apalagi jika ada pabrik yang belum memiliki IPAL dan hanya mengandalkan IPAL sederhana. Dipastikan Tercemar Seperti diberitakan sebe- lumnya, ratusan ikan di kolam warga di Kelurahan Karang- manyar Kecamatan Kalimanah mati. Berdasarkar uji laboratori- um oleh BLH. dipastikan air kolam tercemar limbah dari pabrik rambut PT Boyang Industrial. Dalam surat hasil uji labora- torium, Kepala BLH Purbalingga. Ichda Masriyarto. mengatakan untuk sampel yang diambil di saluran air outletltn- bah F"I Boyang Industrial, hasil menunjukkan kadar di atas baku mutu untuk parater BOD, COD, kadmium, Khrom, tembaga, timbal, klorin bebas, dan sulflda. Untuk sampel di saluran air Kelurahan Karangmanyar, parameter uji yang menun- jukkan hasil yang sama di atas baku mutu untuk jenis zatkimia di atas. . Sementara itu, Manager PT Boyang Industrial, Rocky Djunjungan, belum bisa dim- intai komentar terkait pence- maran yang dilakukan oieh perusahaan tersebut. Repofier Stmra Merdeka sudah mencoba menghubungi nomor telepon genggamnya, namun yang bersangkutan tidak menjawab- nya. (H82-63)

description

 

Transcript of Kliping Berita Tanggal 1 April 2015

Page 1: Kliping Berita Tanggal 1 April 2015

$IIAHA FJIHMMffift{E

RABU, 1 APRIL 2015

IPAL Pahrik l|lmlntaI|idata UlangPURBALINGGA - Bupati Purbalingga Sukento

Rido Marhaendrianto, meminta agar Badan

Lingkungan Hidup (BLH) mendata kembali

secara benar, kondisi semua instalasi

pengolahan air limbah (IPAL) pabrik.

Hal ini merupakan buntutdari peristiwa kematian ratusanikan di kolam milik rvargaKelurahan Karangmanyar,Kecamatan Kalimanah, baru-baru ini.

"Saya akan meminta BLHuntuk mendata kembali kondisiriil IPAL di seluruh pabrik.Harapannya akan kami jadikanpernbahasan rnendalam untukmencari solusi terbaik, agarpencemaran tidak terjadi lagi,"katanyakemarin.

Jika data mengenai kondisiriil seluruh IPAL sudah ada.maka akan dipikirkan langkahpengelolaan limbah yang lebihbaik. Misalnya, dilakukan olehpihak ketiga atau membentuk

unit pelaksana teknis t LPT)."Saya belum bisa mengata-

kan kondisi alat pen-uolahan lim-bah di pabrik baik. Karena butuhpengecekan komperehensifserta melihat kondisi rii1."imbuhnya.

LeLrih lanjut, pabrik yangsudah memiliki IPAL. harusterus diawasi secara periodik.Apalagi jika ada pabrik yangbelum memiliki IPAL dan hanyamengandalkan IPAL sederhana.

Dipastikan TercemarSeperti diberitakan sebe-

lumnya, ratusan ikan di kolamwarga di Kelurahan Karang-manyar Kecamatan Kalimanahmati. Berdasarkar uji laboratori-um oleh BLH. dipastikan air

kolam tercemar limbah daripabrik rambut PT BoyangIndustrial.

Dalam surat hasil uji labora-torium, Kepala BLHPurbalingga. Ichda Masriyarto.mengatakan untuk sampel yangdiambil di saluran air outletltn-bah F"I Boyang Industrial, hasilmenunjukkan kadar di atas bakumutu untuk parater BOD, COD,kadmium, Khrom, tembaga,timbal, klorin bebas, dan sulflda.Untuk sampel di saluran airKelurahan Karangmanyar,parameter uji yang menun-jukkan hasil yang sama di atas

baku mutu untuk jenis zatkimiadi atas.. Sementara itu, Manager PTBoyang Industrial, RockyDjunjungan, belum bisa dim-intai komentar terkait pence-maran yang dilakukan oiehperusahaan tersebut. RepofierStmra Merdeka sudah mencobamenghubungi nomor telepongenggamnya, namun yangbersangkutan tidak menjawab-nya. (H82-63)

Page 2: Kliping Berita Tanggal 1 April 2015

n A nttHilflLriJlt{

RABU, 1 APRIL 2015

Pemb angunan Pasar B obots ari

TungguRevisiDED

PURBALINGGAPembangunan lanjutan Pasar

Bobotsmi masih harus menunggu

rev\si Detailed EngineeringDesign (DED). Sehingga Pem-bangunan belum bisa dilakukandalamwaktudekarini.

" Pembangunan Pasar Boborsari akan langsung dilalokan keti-

karevisiDED selesai. Saatini, se-

dang &lam proses oleh rekanan, "kata Kepala DinPerindagkoP'AgusWinamo.

Agus memperkirakan, revisiDED tersebut sudah selesaipertengahan APril. Sehinggaproyek dapat segera diserahkan ke

unit layanan pengadaan (ULP)

untuk dilelang secara elekftonikDa menjelaskan, revisi DED

perlu dilakukan, karena berdasar-

kan evaluasi yang dilakukan oleh

Bappeda Purbalingga, ada Pem-borosan di beberaPa item Peker-jaan pembangunan Pasar.

"sehingga akhimYa disePa-

kati direvisi agar tidak teljadipemborosan dan nilai ProYek .

iidak semahal sebelumnYa." '

imbuhnya.Dia menambatrkan, beberaPa

item pekerjaan ProYek Yangdianggap pemborosan adalahpembangunan atap Pasar Yang

mencapaiRP 17milim"Dana sebesar inr bisa digu-

nakan untuk membangun sebuah

pasar baru. Jadi harus dikurangi

nlAnyu dengan menggunakan

material atap lainnya- yang sesuai

spesifikasi," tambahnYa

BisaMercdamDia mengungkaPkan, sebe-

lum direvisi, PihaknYa memilih

material ataP Pasar Yang bisa

meredam suaradanPanas, sehing-

ga nilainya sangat tinggr.

"Tetapi itu bisa digantidengan material lainnYa, ditam-

bah aluminium foil untuk mena-

han suara. Sehingga, nilainYabisa

lebih rendah, dengan hasii Yang

sama Ada beberaPa item lailmYa

yang harus direvisi." ujamYa- Dia mengatakan, sebelum

direvisi nilai Pengerjaan ProYekpasar ini mencaPai RP 57 miliar'

Tetapi jika sudah direvisi. diharap-

kan nilainYa bisa di bawah itu,

sehingga dana Yang dibutuhkan

lebth rendah dan Pengerjaan bisa

lebih cePat.

Selain revisi DED tersebut,

Agus iuga menunggu DEDpengerjaan ProYek lanjutan

dengan rulai RP 9 miliar' "klangorovek laniutan tahun ini adalah

hp b tniti*" tu*Ya.(F t0-63)

Page 3: Kliping Berita Tanggal 1 April 2015

SUARA MERDEKARABU, 1 APRIL 2015

Warga Bersihkan Coret-CoretBalaiDesa

PADAMARA -WargaDesadan Kecamaan Padamara, Selasa(3 1 /3 ) membersitrkan coret-coretdi tembok balai desa setempat.coret-coret itu sebelumnyadilalekan warga, yang menuntutagar Kades Padamara KarsanParto Suwito, mundur dari jaba-tannya karena diduga melakukantindakasusila

Selain dibersihkan, wargajuga mengecat ulang temboktersebut. Koordinator ForumKomunikasi Penegak AqidahIslam Desa Padamara, SukmadiHidayat, mengatakan pembersi-han tembok itu merupakan inisi-atif warga, setelah inspektoratturun ke Padamara qntuk menye-tidiki dugaan beberapa penyim-pangan yang dilakukan olehpemdes.

"Setelah kasus ini diproses,warga yang mencoret-corer jugaberkewajiban untuk member-sihkan kembali," kata dia kepadaSuaraMerdeka.

Selain itu, sebelumnya Bupati

Sukento Rido Marhaendrianto,juga meminta tembok itu diber-sihkan. Hal itu karena kantorKecamatan Padamara yang ber-sebelahan dengan balai desa iru.akan digunakan untuk acara yangrencananya dihadiri GubernurJawa Tengah Ganjar Pranowodalamwaktudekatini.

Coretan yang sama di pagarmak4m desa, serta spandukbemrliskan tuntutan warga yangterpampang di tepi jalan tidakakan dicopot. Warga masih tetapmenuntut agar Kades Padamaraturun dari jabatannya- Aksi pem-benihan coretan di balai desa itu,dijaga oleh belasan aparat kea-manan baik oleh polisi, TNI,Satpol PP dan pihak kecamatan.MelikukanPengamanan

Kepala Polsek Padamara,Ajun Komisaris Imam Hidayat,mengatakan pihaknya hanyamelakukan pengamanan pember-sihan coretan di tembok balai desayang berisi tuntutan warga."Warga sudah menyadari dan

sepakat membersihkan coretan _

tersebut, karena inspektoratsedang menangani dugaan pe-langgaran di situ." kata dia.

Seperti diberitakan sebelum-nya, ratusan warga Desa Pada-mara mendataagi kantor Keca-matan Padamara, Kamis (.1212)

sorc. Warga juga mencoret-corettembok balai desa. Mereka me-nuntut agar Kades Karsan PartoSuwito rrthndur dari jabatannyakarena diduga melakukan tin-dakan asusila. Kades dipergokioleh warganya sedarg berada dirurnah Mulyati, seorang janda diDesa Karangjambe, KecamaianPadamara. Rabu(lll21.

Selain itu, Inspektorat Pur-balingga juga turun tangan unhrkmenindaklanjuti laporan darimasyarakat terkait dugaan beber-apa pelanggaran yang dilakukanoleh Pemdes Padamara, Rabu(2st3).

Adapun dugaan pelanggaranyang dilaporkan yaitu soal tukarguling tanah desa untuk pemban-

gunan SMA padam ua, pada 2CfJ7yang hingga saat ini tanah.peng_gantinya belum bersertiiika-t.pembangunan ruko di tanahmakam desa'dan pengangkatanperangkatdesa.

S_ebelumnya, terkait dugaanasusila- yang ditudutrkan tepaaanya, Kades Karsan berpegangpada surat pemyutum yung d;n fioleh Mulyati. p.r.rpr- y*grumahnya didataneai olehKarsan. Dalam ru.rlit, dir._butkan, bahwa keduanya tidak

melakukan tindakan asusila.Kedatangan Karsan' untukmelgambil kekurangan uangmukamotor.

Sementara itu, KordinatorForum Komunikasi penegakAqidah Islam Desa padamara,Sukmadi Hidayat mengatakan,apa yang dikatakan oleh Karsantidak benm. Sebab pihaknyajugam€minta keterangan padaMulyati dan menyatakan, yangbenangkutan ndak pemah mem_buat surat pemyauan. (11g2-6jS

'tt. it.-=>'._

Page 4: Kliping Berita Tanggal 1 April 2015
Page 5: Kliping Berita Tanggal 1 April 2015

fiAf;iAH }{IJh{A$'$BT}*

ffiffieffie ffiffiffifilHK&

RABU, 1 APRIL 2015

Dukun Pengganda UangDitangkap

PURBALINGGA - SatuanFleserse dan Kriminal (Satres-krim) Polres Purbalingga, me-nangkap Ahmad Soleh aliasAminudin (36), yang disebut-sebut memiliki kemampuanmenggandakan uang bersamaperantaranya, Sri Arrjarwati (54),Selasa (31/3) dini hari.

Aminudin warga Bukateja,ditangkap di Jalan Raya Soka-raja, Kecamatan Sokaraja,Banyumas dan Sri ditangkap dirumahnya di Bukateja.

Wakil Kepala Polres Purba-lingga Komisaris Hendri Yulian-to, dalam pers rilisnya, mengata-kan penangkapan keduanyaberawal dari laporan korban,Abir (550 warga Kampung

"Cilalay, Desa Cijagang, Keca-

matan Cikalong Kulon, Kabu-paten Cianjur ke polisi. Sebe-lumnya, Senin (30/3), korbandatang ke rumah Sri untuk

meminta bantuan menyele-saikan utang piutang.. Korban kemudian dike-nalkan keArninudin, yang diper-caya mampu membantu meng-gandakan uang.

"Korban dimintai Rp 21 jutasebagai syarat membeli uborampe untuk ritual memintauang gaib kepada Ratu PantaiSelatan. Katanya uang itu bisaberlipat ganda menjadi Flp 2,5miliar. Korban baru menyer-ahkan Rp 11 juta. Karena mera-sa ada yang janggal, korbankemudian melapor ke kami,"terangnya.Menyelidiki

Dari laporan tersebut, polisikemudian menyelidiki danmenangkap Aminudin di ruasJalan Raya Sokaraja, KecamtanSokaraja, Banyumas. Setelahdiinterograsi, pelaku mengata-kan bahwa Sri ikut berperan

dalam aksi penipuan penggan-daan uang tersebut. Polisikemudian menangkap Sri dirumahnya.

"Dari tangan tersangka,kami menyita barang bukti sisauang pemberian korban Rp 550ribu," katanya didampingiKepala Satreskrim Ajun Komisa-ris Djunaidi dan Kepala Subag.Humas Ajun Komisaris Sitowati.

Kedua tersangka saat iniditahan di Mapolres Purbalinggauntuk proses pengembangankasus tersebut. Keduanya dijer-at dengan Pasal 378 KUHP sub-sider Pasal 372 KUHP tentangpenipuan dan penggelapan.Adapun ancaman hukumanpenjara maksimal 6 tahun.

"Lebih lanjut, kami memintakepada masyarakat untuk was-pada dan tidak mudah percayadengan modus penggandaanuang," tegasnya. (H82-63)

SM/Ryan Rachman

JUMPA PERS : Wakil Kepala Polres PurbalinggaKomisari Hendri Yulianto menggelar jumpa pers rnenge-nai penangkapan dukun pengganda uang di halamanMapolres Purbalingga, Selasa (31/3). (63)

Page 6: Kliping Berita Tanggal 1 April 2015

Ifi,trmffiffi M&BIA

suAffie rffirffifififfiKe

RABU,1 APRIL 2015

.Yff*

PANTAaAN ADIWIYATA : Tim pemantau Sekolah Adiwiyata KabupatenPurbalingga, tnentLtntau kesiapan di SMP 3 Purbalingga, Senin ( 301 3 ). (63 )

Adiwiyata, Sekolah Siap Dinilai ProvinsiPURBALINGGA - Ham-

pir semua sekolah di Purbalingayang diusulkan untuk ikutSekolah Adiwiyata, siap dinilaitim dari Pemerintah ProvinsiJawaTengah.

"Mereka bersemangat unhrkmenjadi sekolah adirviyata.Hanya beberapa sekolah yangmemang masih perlu dibenahi.Itu pun tidak berat, " kata anggota

tim pemantau Adiwiyata Kabu-paten Purbalingga, Karwan,Senin (30/3).

Kemarin, trm kabupaten me-

mantau 12 sekolah di Purba-linga, yang terbagi menjadi dua

tim. Tim pertama beranggotakan

M Widyastuti dari BLH Purba-'lingga, Rudiyanto (Dindik Pur-balingga), dan Teguh Purwanto(Komunitas Hijau). Mereka

mengunjungi SMP 1 Purba-lingga, SMK I Purbalingga, SD2 Puibalingga Lor, SD 1 Kem-baran Kulon, SMK 2 Purba-lingga dan SMP 2 Bobotsan.

MelihatKesiapanAdapun tim dua, terdiri atas

Karwan (BI H Purbalingga),F auzan Anwar (Kemenag Pur-balingga), Suyadi (BLH Purba-

lingga), dan Ryan Rachman(wartawan). Mereka memantau

kesiapan di SMP 3 Purbalingga.

SD 1 Purbalingga Lor, SD 1

Purbalingga Wetan, SMA 2Purbalingga, MAN Purbalinggadan SMA 1 Kejobong.

"Pemantauan dilakukanuntuk melihat kesiapan sekolah.

Rencananya. masing-masingsekolah akan dinilar oleh timprovinsi pada pertengahan,{pril

ini."imbuhKaman.Sekolah Adiwiyata, mem-

pakan program kerja sama antara

Kementerian Lingkungan Hidupdengan Kementerian Pendidik-an yang mendorong terciptanyapengetahuan dan kesadaranwarga sekolah sebagai upayapelestarian lingkungzrn hidup.

Kepala BLH PurhalrnggaIchda Masrianto mengatakantujuan yang diharapkan dari ke-giatan program adiwiyata selain

sekolah peduli berbudaya ling-kungan dan juga untuk men$rhantarkan generasi muda supaya

lebih peduli serta berbudaya.dengan lingkungan.

Thhun lalu, SMP 3 Bukatejameraih penghargaan sekolahadiwiyata tingkat nasional.(H82-63)

Page 7: Kliping Berita Tanggal 1 April 2015

7

KLIHffiG MBMI&

SUANA MEBITEI(A

RABU, 1 APRIL 2015

Kemasan Promosi WisataDituntut Menarik

PTIRBALINGGA - Strategipengemasan promosi dan pema-saran wisala suanr daerah harusmampu menarik wisatawan.Penggunaan bahasa yang lugasdan tidak bertele-tele dan sesuai

dengan fakta dinilai dapat me-yakinkan pengunjung sehinggamerasa betah.

Demikian ungkap Wakil Ke-tua Forum Komunikasi DesaWisata lFKDeswita) Provinsi Ja-

teng Aris Widianto saat memberimateri "Strategi Promosi dan Pe-

masaran Wisata' pada pelatihanpeningkatan sumber daya manu-sia (SDi\uI) pelaku wisata di aulaDrnas Kebudayaan Pariwisata Pe-

muda dan Olahraga @inbudpar-pom) Purbalinggq Senin (30/3).

Menurut dia. peran promosidan pemasaran wisata sangat be-sar pengaruhnya untuk menarikkunjungan wisatawan. Pelakuwisata j u ga harus berpenarnpilanmenarik dan supel agar calonkonsumen menjadi yakin dantertarik Lrnuk datang ke destinasiwisata yang ditawarkan.

"Boleh saj a strategi pemasar-an wisatamencontoh seperti stra-tegi pemasaran produk. Selainmenggunakan media internet,petugas yang diterjunkan untukpromosi juga seharusnya mena-rik. bisa seperti sales promotiongirls (SPG) yang berpakaian me-narik," ujar Ans di hadapan pe-giat desa wisata, pengelola pok-darwis, petugas objek wisata,

dan anggota Paguyuban WisataPurbalingga ffi sbangga).

Menurut dia, strategi tersebutdapat menjadi jurus jitu di tengahpersaingan antardestinasi wisatadan perkembangan media pro=

mosi wisata yang semakin pesat:

Seorang pelaku wisata juga se-

harusnya jeli memanfaatkan pe-luang promosi wisata.BerpikirKreatif

Sementara itu, Kepala Bi-dang Pariwisata DinbudparporaPurbalingga Prayitro menggam-barkan kalimat promosi sebaiknya dapat memengaruhi pikiran.Tirjuan agar wisatawan tergugah

-untuk bersimpati dan mengeta-hui lebih jauh lentang inlormasiwisata yang disampaikan.

"Pemilihan kata dan kalimatyang tepat ini perlu dicontoh olehpelaku wisata dalam membuatleaflet atarpmtflet destinasi wi-sata," kata dia.

Menurut dia. pelaku wisataharus mampu mengoreksi diri,yakin, memegang teguh karakterpositif, bekerja keras, bekerja de-ngan prioritas. Serta, memilikikomitmen untuk berubah, terbu-ka, mengambil tanggung jawab,danberpikirkreatif.

Dia juga mencontohkan haltersebut dalam cuplikan videounluk memotivasi peserta pela-tihan. Menurutnya, ada substmsiyang bisa dipetik oleh pelaku de-

sa wisata untuk mempromosikandesanya. (K35-57)

Page 8: Kliping Berita Tanggal 1 April 2015

I{LIPING MEDIAB-{$I,{fi I{Uffi{$.$ffiDA P{JNBAIIflO$A

SUARA MERDEKA

RABU, 1 APRIL 2015

12 Set<otih-Ruti Lomba Sekolah AdiwiYataPURBALINGGA - Seba-nyak 72 sekolah di Kabu-paten Purbalingga akanmenjadi peserta LombaSekolah Adiwiyata tingkatProvinsi Jateng. Ke-12 ma-sing-masing SMP 1 pur-balingga, SMK 1 purba-

lingga, SD 2 PurbalinggaLor, SD 1 Kembaran Ku-1on, SMK 2 Purbalinggadan SMP 2 Bobotsari. Se-Iain itu juga SMP 3 pur-balingga, SD 1 Purbaling-ga Lor, SD 1 PurbalinggaWetan, SMA 2 Purbaiing-ga, MAN Purbalingga dan

SMA l Kejobong.Hampir semua sekolah

di Purbalinga yarrg di-usulkan untuk ikut Seko-lah Adiwiyata siap dinilaioleh tim penilai dari pro-vinsi Jateng. Kesiapan itudapat dilihat secara fisik '

maupun administrasi."Mereka bersemangat

untuk menjadi sekolahadiwiyata. Hanya bebe-rapa sekoiah yang me-mang masih perlu dibe-nahi. Itu pun tidak berat,,,kata anggota tim pe-mantau Adiwiyata Kabu-

paten Purbalinggawan, Selasa (31/3).

barah Kulon, SMK Zpur-balingga dan SMp 2 Bo-botsari.

Sedangkan tim duaterdiri atas Karwan (BLHPurbalingga), Fauzan An-war (Kemenag purba-Iingga). Suyadi iALH pur_balingga) dan Ryan Rach-man (wartawan). Merekamemantau kesiapan diSMP 3 Purbalingga, SD 1

Purbalingga Lor, SD 1

Purbalingga Wetan, SMA2 Purbalingga, MANPurbalingga dan SMA 1Kejobong. ffi ST-jie

Kar-

Tim pemantau fabu_paten telah melakukan pe_mantauan di 12 sekolahyang tersebar di purba_linga yang terbagi menjadidua tim. Tim pertama be_ranggotakan M Widyas_trrti dari BLH Purbalingga,Rudiyanto (Dindik F;r-balingga) dan Teguh pur-wanto (Komunitas Hiiau).

Ygl*fr_ nrengunjungiSMP 1 Purbalingga, SMk.l Purbalingga, SD 2 pur-balingga Lor, SD I Kem-

Page 9: Kliping Berita Tanggal 1 April 2015

BAfr iAH I{I}MA$.$ETilA PIIRBAIIH$$$

$IIARA IfiERIIEIM

RABU, l APRIL 2015

silouln Tinssi Teknolosi Telematika {:Tl^T:llTPurwokerto akan menggelar seminar nasional denoan tema

Poweing Future Microp,-t"'o', Jumat pekan mendating (10i4)'

Pendaftaran ditat<uXan metatuion/rne atau datang langsung ke kam-

frt X rtll.i.t-l nprit' Kegiatan menurut rencana a]tqlTgry

Hlji,i.;'r.i" Liiir:[ oirr"tir] ii itectric pow er t nstitute cat Pot state

lJ niv ersi$ IJSA, Taufl k.(fz- 1 7)

Pelatihan Pemadaman Kebakaran

FAKUI-TAS Kedofteran Unsoed menggelarPelatihan

P.il;;;; tieoat<arin-oi xam pu s P919m qal J alan Gum bres

iffi;; M.tsi Purwokerto' n"oi ini(1/4) pukul08'30' Pelatihan

o:iir.rti'r so oi"ng yang terairi atas tenaga pendidik' tenaga kepen-

didikan, satpam, pen;aga, iopir, i"n'gu ltbeoihan' dan masyarakat

sekitar kamPus.(tu-17)

Persiapkan'.' 9util'"nrru, dia, di Ka.bu-

) Paten BanYumas belum(Sambunganhlm2l qaatnyauntukdibertrkutan

mengoperasikan kom- URI siitem ComputerBlled

pr!;; ;lfi-,b;k;l pen- rest' Lebihbaiktetap dise-

Vffi euPati Purbalingga"bahwa

sttu"'i tt"ptlt'san Remelntaf ha191

minyaktanah Rp 2'500/liter' kenapa

;ffi; di .pf ?.%1'""{JU:[H 1?

Kecamatarisoolrit"t' Mohon Penielasan'p85840472225)

Page 10: Kliping Berita Tanggal 1 April 2015

KLIPIN$ I\480ffi

Tadar

Babu Fliruon

Ba ngumar

.l Apr i' I zotq

Bupati: IPAL PabrikBelum MemadaiBLH Diminta Mendatai(ondisiRiilIPAIPURBAL,INGGA . Per-

soalan dugaan pencema-ran limbah PT Boyang In-dustrial Purba.lingga mem-buat Bupati PurbalinggaDrs Sukento Rido Mar-haendrianto MM angkatbicara. Bupati belum be-rani mengatakan jika In-stalasi Pengolah Air Lim-bah (fPAL) pabrik rambutberstatus baik dan me-

? CAHYO'RADARMASTINJAU IPAL: Kepala BLH saat meninjau lpAL perusahaanrambut, beberapa waktu lalu.madai. I kehalS

l-r__----"

Page 11: Kliping Berita Tanggal 1 April 2015

r Bu[ati: diketahui kondisi sebe-narnya IPAL itu, makaakan dipikirkan langkahmengelola IpAL itu. Mi-salnya oleh pihak ketigamaupun jika memung-kinkan berbentuk unitpelaksana teknis.

"Kalau baiknya mungkindikelola pihak ketiga. Kitaakan segera lakuka,n lang-kah- langkah menyikapipersoalan pencemaranyang juga menjadi pem-bahasan secara umum ditingkat internasional," te-gasnya.

Data yang dihimpun Ra-darmas dari DpRD pur-6alingga, sesuai hasil pe-mantauan kunjungan ker-ja, terdapat pabrik rambutyang memiliki percon-tohan IPAL yaitu pT In-dokores Sahabat purba-lingga. Sementara pT Bo-yang juga sudah memiliki,namun pengoperasiannyadilakukan secara manual.Diberita,kan sebelum-

nya, ratusan ikan di kolam '

warga di Kelurahan Ka-rangmanyar KecamatanKaiimanah mati. Dugaanawal, hal itu terjadi karenaadanya pencemaran. Iim-bah, karena aliran airyangmasuk ke koiam berasaldari sumber di sungai de-kat sejumlah pabrik diPurbalingga. (amr/bdg)

Sambungan dari hal 7

"Iika ada yang rnemilikiIPAL mendekati standar,hal itu tetap harus terusdiawasi secara periodik.Apalagi jika ada pabrikyang belum memiliki IpALmaupun hanya mengan-dalkan IPAL sederhana.Saya belum bisa menga-takan kondisi alat pengo-lahan Iimbah di pabrikPurbalingga baik ataustandar, Karena butuh pe-ngecekan komp erehensifserta melihat kondisi riil,,,paparnya, kemarin (30i 3).

Sukento merasa prihatindengan dua kali kejadiandugaan pencemaran lim-bah yang menonjol ter-masuk di kolam ikan wi-layah Karangrnanyar, be-lum lama ini. Karenanya,segera harus dilakukanlangkah- langkah nyaramelalui instansi terkait.

"Saya akan perintahkanBadan Lingkungan Hidup(BLH) unruk mendarikembali dengan benar se-mua kondisi IPAL di pa-brik. Harapannya aliankita jadikan pembahasanmendalam untuk mencaris olusi terb aik," tam -bahnya.

Ke depan saat sudah bisa

Page 12: Kliping Berita Tanggal 1 April 2015

Bi1 ff IA}{ Ii[}b{A$ $ETDA Pi]RBAi;i$fi $A

ffiarrynnras . nauu xtiwonTApiir zors

PU R B[I.I 1I G GA TI(SPR ES

Potisi Masih Tunggu HasilTim Ahli Semarang

PURBALINGGA - Pengungkapan kasus ambruknyaTK Padamara ternyata tak kunjung menunjukkanperkembangan yang signifikan. Pasalnya, po-lisimasih harui menunggu hasil tirn ahli sipil dariSemarang,

Kapolres Purbalingga AKBP Anom Setyadji SIKmeiilui Kasat Reskrim AKP Djunedi SH mengatakan,terkait kasus ambruknya TK Padamara, polisi masihmenunggu kajian dari tim ahti sipil Semarang. "Minggudepan fiia haiapkan sudah bisa turun dari Semarang,"kaianya pada wartawan Selasa (31/3)'

Ketika- disingggung terkait hasil penyelidikanterhadap mantin fepala Dindik Purbalingga Ishak,Djunedi menjelaskan, hal tersebut masih dalam proses

penyelidikanlebih lanjut oleh polisi' Sehingga, hal itu^beium

bisa diumumkan ke masyarakat. ' r ke hal I

Hitung I(erugian I\e garar P0lisi kumen meliputi proposal,

petunjuk lelang, LPI pe-dan hal / mbangunan serta serti.Sambungan

Djunedi menjelaskan,setelah hasil kajian ahiisipil turun. Nantinya, po-lisi akan melakukan peng-hitungan apakah ada ke-rugian negara dalam kasusambruknya TK Padamaraatau tidak. 'Ada kesalahanbestek dari bangunan TKPadamara atau tidak, itumasih menunggu hasilkajian tim ahli sipil," je-lasnya.

Seperti diberitakan se-belumnya, penyidik polresPurbalingg;l juga telahmemanggil 15 orang un-tuk dimintai keterangan.Masing- masing dari pa-nitia perribangunan, Din-dik Purbalingga termasukpihak sekolah.Mereka dimintai kete-

rangan soal proses pem-bangunan TK tersebut.Selain itu, polisi juga telahrnenyita tujuh bendel do-

fikat lisensi konstruksibaja ringan.Anggaran yang diguna-

kan dalam pembangunanTK Pembina Padamara Rp580 juta dan dikerjakansecara swakelola denganSPMK tertanggal 27 Ok-tober 2011, serta waktupelaksanaan muiai 2B No-vember 2011 hingga 2BFebruari 2012.Atap gedung TK Negeri

Pembina Padamara diDesa Padamara RT I RW IKecamatan Padamara am-buk tanpa sebab, 19 Fe-bruari lalu. Atap ambruksaat jam istirahat sekirapukul 09.30. Akibat ke-jadian tersebut, tiga ruangkelas, yakni kelas A2, Bldan B2 serta satu unitgudang rusak parah. Em-pat ruangan yang ambruksemuanya merupakankonstruksi baja ringan.(iok/bds)

Page 13: Kliping Berita Tanggal 1 April 2015

ruIPXNGIKIEDIA

Radar Banyumas o Rabu Ktiwon 1 Aprit 20'15

SllRllTl

I

I

Isi Waktu Luang denganBisnis Fashion

Naluri bisnis ternyatatetap mengalir di dalamdiri Lindah Setyana. Mes-ki dirinya sudah menjadipegawai di Dinas Peker-jaan Umum (DPU) Ka-bupaten Purbalingga, la-jang cantik kelahiran 20September 1992 ini, me-nekuni usaha fashion disela-sela kesibukannya diDpu. r ke hat 8

Manfaatkan Media Sosialr lsi wafttu 3).

Wanita berjilbab ini me-ngaku memiliki impianmempunyai toko fahsionsendiri atau pun butik,atas namanya. 1'Saat inimasih jualan di rurriah,mengandal.kan pemasarandari mulut ke mulut danmedia sosial," lanjutnya.Dia mengaku menjual

baju wanita be:rbagai ma-cam jenis, unfuk segalaumur, mulai dari dewasahingga anak-anak. "Mulaidari baju gamis ibu-ibuhingga longdress," lan-jutnya. (tyalbdg)

Sambungan dari hal 7

Linda, panggilan anakbungsu dari tiga bersau-dara ini, mengaku tertarikmenekuni usaha fashionkarena dirinya ingin me-ngisi waktu luangyang adadi sela-sela kesibukan ker-janya, yakni sepulang kerjadan hari libur.

"Juga untuk melatih ma-najemen usaha," kata a-iumni SMAN 1 Kutasariangkatan 2010 ini, kepadaRadarmas, kemarin (3I/

Page 14: Kliping Berita Tanggal 1 April 2015

KHpgNS klgDxAfi ,t 8lA}{ I{[I}{A$ $nTlA PIJRBAI;I$ffiA

Radar BanyumaS r Rabu Kriwon i opr, iors

DinasSiaPidanal(anPerusahaamBandelPURBALINGGA - Dinas

Sosial Tenaga Kerja danTransmigrasi (Dinsosna-kertrans) Purbalingga mulaimenunjukkan taringnya.Dinas siap membuat berkasacara pemeriksaan (BAP)terhadap delapan perusa-haan yang membandel ka-rena belum menerapkariUpah Minimum Kabupaten(UMK) terhadap karyawan-nya.

membandel."Saat ini kita sudah mem-

berikan surat pertama pe-nugasan pemeriksaan se-kaligus peringatan kepada B

perusahaan itu. SebelumnyaApindo Purbalingga jugasudah membina perusa-lq4Ln4akal!tu," tegas Kepala

Dinsosnakertrans Purba-lingga, Ngudiarto SH, Selasa(3 1/3).

Delapan perusahaan yangdidominasi sektor rambutitu bisa terancam pidanakarena hingga tahun 2015ini belum menerapkan U-MK sebesar Rp 1.101.600.Prosentase jumlah pekerjayang belum menikmati UMKdi delapan perusahaan itubervariasi.

Meski demikian, sebenar-nya dalam perhitungantake home pay sebenarnyasudah mencapai UMK. Ha-nya saja, dari sisi kom-ponen penyusun upah itutidak tepat, misalnya lebihbanyak prosentase di luarupahtetap. r kehatS

Perusahaan Terancam Sanksir Dinas

Sambungan ciari hal 7

Ngudiarto juga menilai,biasanya saat diberikansurat peringatan pertarna,manajemen perusahaanakan segera membenahiagar di bulan berikutnlatidak tcrkena surat peri-ngatan kedua. Namun jikasampai peringatan ketigabelum juga menerapkanUMR, nraka Dinas segeramemhelkasnya.

"Iarak antara surat hiasa-

nya kami pantau dua ming-gu. Samun pengalaman se-lama ini, banyak yang lang-sung rnembenahi dan me-nunail<an UMI( kepada pe-kerjanya," tambahnya.

I(etua Serikat Pekerja Se-luruh indonesia (SPSI)Purb;rlingga, Supono Adi\\rarsito menjelaskan, jikatidak menerapkan UMKbisa kena tindak pidanakejahatan dan dapat di-proses sesuai UU Nomor 13Tahun 2003 tentang Ke-tenagakeijaan pasal 185,"ujarnya.

Para pemilik perusahaanitu bisa kena sanksi hu-kuman minimal I hingga 4bulan penjara. Atau dendamaksimal Rp 100 juta hing-ga Rp 600 juta. Tentunyasaat seinua prosedur sepertipenangguhan, dan peman-tauan serta bukti yang adamemenuhi.

Seperti diketahui, dari 60perusahaan yang disurveiFebruari lalu dengan 39.615karyawan, rnasih ada 7.915atau 19 persen karyawanyang belum menikmati U-MK. (amr/

Page 15: Kliping Berita Tanggal 1 April 2015

ITLIPING fuIEDXA

ii,tfrIlll{ tr{tJHA$ $$T}fi PI]RBAII$$$ERadar Barryrumas o RABU KLTWON r apnUZOrs

Hentil(an

TUnggUInSfUlSiDPP kami lanjutkan proses penjaringan. lnisudah saya komunikasikan dengan partai

PURBALINGGA - DPC Partai Gerindra yang sudah berkoalisi dengan kami (PIGKabupaten Purbalingga memutuskan dan Partai Hanura)," ujar Ketua DPCunruk menghentikan sementara tahapan Partai Gerindra Purbalingga Imam Poer-penjaringanbakal calonbupati (bacabup) seto kepadaRadarmas, ditemuidi sela-seladan bakal calon wakil bupati (bacawabup) pertemuan pengusaha kontmksi dengandi intemal partainya. Sebab, hingga saat bupati,beberapawaknrlalu.ini, ternyata belum ada instrul<si langsung Dia menjelaskan, pertemuan dengandari DPP Partai Gerindra terkait pen- DPP partai Gerindra tersebut, nantinyajaringanbacabupdanbawacawub,unttk akandijelaskanbagaimanamekanismePemiLihan Kepala Daerah (Pilkada). penjaringan bacabup dan bacawabup

"Kami masih menunggu pertemuan di, internal partai. Termasuk arahdengan DPP (partai Gerindra) terlebih . koalisi, dalam Pilkada. "Rencananyadahulu. Setelah ada instruksi jelas, baru pertemuan akan digelar April men-

datang," katanya.Terkait nasib koalisi bersama clengan

PKB dan Partai Hanura, Imam gptimisDPP partai Gerindra akan meresttti halitu. Sebab, menurutnya koalisi terst:but,merupakan koalisi terbaik yang bisa di-laklikan Partai Gerindra untuk nte-menangkan Pilkada Purbalingga 2015.

Selain menunggu instruksi dari DPP,penghentian sementara penjaringan Ba-cabup dan bacawabup, karena pen-daftaran bakal calon oleh Komisi Pe-milihanUmum (I{PU) Purbalingga, masihjauh. "Saat itu, kami langsung men-deklarasikan koalisi, karena tahapan

Pilkada hampir dimulai. Akan tetapi,setelah ada revisi temyata tahapan mun-dur. Sehingga, kami perlu mematangkanIagi mekanisme penjaringan, bersamadengan mitra koalisi," imbuhnya.

Seperti diberitakan sebeiumnya, tigaparpoilangtergabung dalam Koalisi unn:kPerubahan (fubah), masing-masingPartai Gerindra, PI(B dan Partai Hanura,mulai melakukan penjaringan Bacabupdan Bacawabup. Penjaringan dibukamulai awai Februari lalu.

Sudah ada B nama yang mengambiiformulir pendaftaran. Masing-masing e-nam nama untuk BacabuP dan 2 nama

untuk BacawabuP. Enam nama Yangmengambil formulir bupati, masing-masingadalah Imam Poerseto (Ketug nlCPartai-Gerindra), Adi Yuwono SH (Wakil

Ketua DPRD Purbalingga), Slamet Wa-hidin (Ketua DPC PIG), Harlanto (Ketua

Partai Hanura), Sugeng SH MH (WakilKetua DPC PKB) dan SuParno SH

M.Hum (biroi<ra$. Sedangkan dua namayang mengambil formulir Bacawabupmasing-masing Wahyono (anggota DP-

RD) dan Sugimin (anggota DPRD).Pembukaan pendaftaran dilakukan.ma-sing-masing di DPC Partai Gerindra danDPC PKB. (tyalbdg)

Page 16: Kliping Berita Tanggal 1 April 2015

KLIPTN& &lgffiDIA

NAff I,LU I{[J${A$ $ET},{ PURB}J;IHff$A

Radar Banyumas o Rabu Kliwon 1April2015

PURB[tI1{OG[24 !&M

Anda mem jliki unek-unek tentang berbagai hal demiperbaikan dan kemajuan purbatinggiyang r,l;ting tjJat

menyinggung sara dan fitnah.Caranya ketik pBG: unek-unek

kemudian KIRIM SMS

KE: 081-3ZT-3J3-T7B

Terus Berjuang Buruh purbatinggaNggo mantan buruh pT yuro, nyong satut Oirigetnjenengan wis pada wani ngadu, yen*ra firyr-[r'i",bisa-bisa PT liya tiru{iru pTYoro. ierru U"rjiing,

";,nyerah !

NN 0896781s2491

r Hingga

Hingga April, I rylangParkir Belum Ielas

PURBALINGGA Lelangpengelolaan parkir di tepijalan umum oleh DinasPerhubungJan I(omunikasidan Informatika (Dinhub-kominfo) hingga awal Aprilini masih belum jelas. Bu-pati Drs Sukento Rido Mar-hahendrianto MM, meng-aku belurn menerima in-formasi kembali dari Din-hubkominfo soal persiapanIelang itu. Namun demi-kian, bupati tetap meng-inginkan target retribusiparkir itu bisa mencapai Rp2 miliar:

"Saya belum terima sajian

atau persiap an lelan g itu claridinas. Belum ada koordinasikembali. Padahal, pema-sukan dari penclapatan sek-tor parkir tepi jalan urnumjika bisa terpenuhi, mampumendukung berbagai ke-giatan," jelasnya, kemarinkepada Radarmas.

Sukento menggambar-kan, minimal lelang parkiritu dilakukan dengan qo-del spot atau titik- titiktertentu yang dinilai palingpotensial pendapatannya.Tahun ini setidaknya tetape.cla lelang dan bisa dikelolapihakketiga. t kehatB

kemungkinan akan di-pikirkan adanya UPTDperparkiran seperti ma''sukan dari DPRD," ujar-nya.

Pengelolaan oileh pihakketiga juga tidak akan me-nghilangkan pekerjaanpara petugas Parkir. Ka-rena, pihak ketiga hanYamenangani majamemen-nya saja. Namun, untukpekerja di lapangan tetaPdilaksanakan petugas Par-kir.

Sementara itu, Pada Se-

nin (30/3) kemarin, Din-hubkominfo Purbalinggamelakukan pembinaan ke-pada seratus petugas Parkir.Mereka dibina untuk Pen-cerahan terkait pelaYananbagi para pengguna jasaparkir. Kepala Dinhubko-minfo Purbalingga Yona-than Eko Nugroho menga-takan, kegiatan pembinaankepada petugas parkir me-rupakan kegiatan rutinyang dilakukan dinasnYa.(amr/bdg)

Berdayakan Petugas Parkir

Sambungan dari hal 7

"Saya contohkan, kan-tong parkir di sepanjangJalan Jenderal Sudirman.Silakan dipertimbangkandan dilelang. Kemudiantidak menutup kemung-kinan lahan parkir tePijalan umum lainnya diwilayah perkotaan," tam -bahnya.

Ia meminta Kepala Din-hubkominfo tetap me-miliki komitmen dalamsoal perparkiran. PasalnYahal ini menyangkut soalPAD. Iika ke depan secarakeseluruhan pengelolaantidak bisa dilelang, makaakan dicoba lelang sesuaititik- titik tertentu."Tahapannya, dicoba

kembali melelang seluruh-nya, kemudian jika tidakberhasil, maka dilelang se-

cara spot per spot. |ikamasih benar- benar tidakada yang menawar, maka

Page 17: Kliping Berita Tanggal 1 April 2015

KLIPING MffiDIAA,tff i.{I{ Itl}ffi$.$ffi}A PtIRB&ff ffi$$E

Radar Banyumas o RABU KLrwoN 1 AeRIL 2015

Msmbandel, Dua Lapak PI(L

Dibonglcar Paksa

PURBALINGCA - p"-*-rintah Kabuparen (Penrl<ab)Purbalingga akhirnya bar-tindak tegas terhadap pe-dagang kaki lima (PKT.) yangmembandel dengan memba-ngun lapak semi permanen diatas trotoar jalan. Kemarin(31/3), Satuan Polisi PamongPraja (Satpol PP) membong-kar paksa dua lapak PKL diJalan S Parman atau tepatnyadi depan Kantor PDAM pur-balingga.

Kasi Pembinaan, Keten-

tranratr dan l(etertiban Sat-poi PP Kabupaten Purba-lingga Sutrisno mengata-kan, dua lapakPKL (ersebutakhirnya dibongkar paksakarena sepanjang Ialan S

parman merupakan zonabebas PKL, Selain itu, sebe-lum melakukan pembong-karan, Satpol PP sudahbeberapa kali melakukanpembinaan, tetapi PK{ tetapmembandel.

Sutristro berharap dengantiadakan regas tersebut, PKL

tidak seenaknya sendiri men-dirikan bangr.rnan di zona ter-larang bagi PKL, atau-punmembangun lapak semi per-manen di atas trotoali "Raziaseperti ini akan terus kamilakrkani'katanya.

Dia menambahkan, selainzona bebas PKL, sepanjangIalan S Parman juga me-rupakan zona bebas reklame

{an pengemis gelandangandan orang telantar (PGOT)."Sepanjang jalan tersebutharus steril dari tiga hal ter-

sebuti' imbuhnya.Tak hanya merarzia PKL di

JalanS Parman, SatpolPP jugamenggelar razia PKL di be-berapa tempat. Razia dimulaidi Ialan AW Sumarmo ke-mudian menuju Jalan Ke:ndralSudirman Timur, Jalan li Pa-mran, Jalan Letkol Isdirrtan,Ialan (omisaris NotO Su-marsono dan sepanjanG jalautAhmad Yani.

Dalam razia tersebut, Sat-pol PP juga meminta kepadaPKL untuk tidak berdagang

di atas trotoar selama Aprilini. Sebab, bulan ini akandilakukan peniiaian tahapkedua (P2) Adipura. Be-berapa PKI diberikan te-guran lisan, untuk mem-batasi jam berdagang me-reka dan langsung mem-bongkar lapa( ketika selesaiberdagang. Khusus di zonalarangan PKL, Satpol PPmeminta kepada PKL untukpindah,lokasi berdagang,agar tidak ditertibkan de-ngan pakba, (tya/Uag)

ll-.--.-.-

------

Page 18: Kliping Berita Tanggal 1 April 2015

EE E g,B ;r EEE4 5g*-E flt;

HrE;se€}

Page 19: Kliping Berita Tanggal 1 April 2015

PURBALINGGA - Ber-akhir sudah PetualanganAhmad Soleh (36) wargaRT 02l08 Desa I(emba-ngan, Kecamatan Bukatejadan Sri Anjarwati (54 ) war-gaRT 02107 Desa Kedung-fati, Bukateja. Mereka di-ciduk polisi Selasa (31/3)pukui 01.00 WIB dini hari

pung Cilalay, Desa Cijagangkecamatan Cikalong I(ulon,Kabupaten Cianjur. Diamengatakan, awalnYa iadatang ke rumah Sri An-jarwati di Bukate.ia. Ia datanguntuk minta bantuan untukmenyelesaikan hutang Piu-tang.

"Di kampung saYa kena

KLIP{NS MENIAIT fr IAH I{U$fuX$ $ETN$ Pt}RBAtI$fi$E

-Bqdar BErlvr.mas . Rrb, Kti*.

Ngalcu Bisa GandakanUang,

Dulun Soleh Dibelukkarena diduga melakukanpenipuan. KeduanYa me-ngaku dapat menggancia-kan uang dari RP 2l Jutamenjadi RP 2,5 Miliar de-ngan cara mengambil uangghoib kepacla Ratu PantaiSeiatan.Korban peniPuan Abir

(55) warga RT 02103 Kam-

tipu saat jualan gabah 16

T'on. Sekarang saya masihberhutangi' ceritanya.

Permasalahan hutang saatjualan gahah tersebut mem-buat ia datang ke Purba-lingga untuk mencari solusi.Kebetuian dari cerita te-mannya, Sri Anjarwati me-ngaku sudah berhasil me-

'ngambil uang ghaib denganperantara orang Yang iakenal.

Setelah bertemu denganSri Anjarwati, korban di-kenalkan kePada AhmadSoleh alias Aminudin. "Me-nur{rt Sri, ia menggandakanuang lewat Soleh, jadi saYa

percayasaja. I kehalS

IutaLaiitian tl*S l(orban RP ffr llgalu

Sambungan dari hal 7

Saya juga ingin masalahutang piutang saya cepatselesaii' imbuhnya.

Abir menceritakan, setelahberkenalan dengan Soleh,mereka bercerita tentalrgsyarat pengamhilan uangghaib" Solch meminta uangsebesar Rp 21 juta kepa-cianya. Namun, saat itu iahanya bisa rnernberikanuang Rp 1l Iuta.

"Soleh menjanjikan dariuarrg Rp 21 Juta alcan digu-nakan untuk membeli alatritual. Dari Rp 2l juta Solehjanji uang akan menjadi Rp2,5 Miliar," ceritanya

"

Namun untung tak bisadiraih saat sedang menung-gu Soleh untuk ritual danpelunasan uang senilai Rpt0 juta. Ia diberitahu polisibahwa Solch sudah ciiialrarrkarena tindaka;r penipuanyang dilakukannya.

"Saya tahu dari polisi kalau

saya lertipu," katanya.Wakapoires purbalingga

Kompol Hendri yuliantoSII( MH men;'elaskan ke-pada wartawan, penang-kapan kedua pelaku berawaldari laporan masyarakatterkair rirrdak pidina pe-nipuan. Dari laporan ter_sebut, polisi langsung ber-gerak guna melakukan pe_nyidikan.

Setelah alat bukti ada ke-

mudian Polisi mellcari 1er-

sanska Ahmad Soleh di,,rrrt"ohnvo. N antun, Pelakusedang iidak berada di ru-

mah. --"I(emudian

Polisimencoba rnengumPulkaninforrnasi terkait kebera-daan Pelakui' ielasnYa'

Selasa (31/3) Polisi mem-oer,rlch inlormasi bahwapelaku scdang berada diialarr Sokaraia lengah, Ke-

camatan Sokaraja, BanYu-

mas. Dari informasi ter-sebut, Polisi langsu ng turunt"r,no,i darr mclakukan Pe-n^r-r"nl.r r rr', t crhad aP Soleh'

seielail ditangkaP dan di-

mintai keterangan, Soiehmengaku ia tidak sendiridalam menjalankan aksinYa.

Ia mengaku dalam mela-kukan PeniPuan Penggan-

Page 20: Kliping Berita Tanggal 1 April 2015

I

Page 21: Kliping Berita Tanggal 1 April 2015

=

g

= iIG

(,j

do,o,

=fi,L

o-oC.'L

E(E

Eo

.j<

(!E

so,9

E(lIL(g

.o(n

Iooft,E

':(I,

(v

{E

5)

o

G

.s(,o.

(0(lo)

E

Ls0)o.(!

oE:fYUImo

Page 22: Kliping Berita Tanggal 1 April 2015

KLIPING MEDIA ,

BAfi IAI{ IIIJffiA$$ETDA PIIRBAI,ffiffi

Page 23: Kliping Berita Tanggal 1 April 2015

KLIPING MEDIAfiAlil,qH I{IJHA$.$$TDA

ffiBanyg.grRH

nsurr Kasus Pencemaran Limbah pabrik Rambut palsu

PURBALINGGA.Kasus pencemaran

kolam ikan yangdiduga kuat berasaldari limbah industripabrik rambut palsu

PT Boyang lndustrial(Bl) dinyatakan tak

terbukti unsur pidana.Hal itu berdasarkan

kajian dari PolresPurbalingga'melalui .

Tim lnafis.APOLRES PurbalinggaAKBP Anom Setyadjimelalui KasatReskrim AKP Djunedi

mengatakan, kasus tersebutcukup diselesaikan dengancara mediasi antara pihak pT

BI dengan warga KelurahanKarangmanyal KecamatanKalimanah yang merasadirugikan akibat kematian ikandi kolarn mereka.

"Nantinya hanya akandilakukan mediasi di BLH. Kamidari kepolisan juga diundang.Sebelumnya, kami rpencermatisaja apakah itu kesalahan

teknis atau bagaimana, kalauada pelimpahan ke kami ya kitatangani, Unsur pidananya tidakada. Sebab, jika dilihat dari suratpengaduan mereka hanya mintaganti rugi kompensasi," kataDjunaedi, Selasa (31/3),

Dia menjelaskan, dalamsurat aduan tersebut, waigahanya meminta kompensasisebesar Rp 3.373.000, Dengandemikian, dia menyimpulkanbahwa dampak pehcemaranini dinilai tidak terlalu bpsar.Pihaknya mencermati,pencemaran dari limbah inididuga karena ada kerusakanpada instalasi pengolahair limbah (IPAL). Namunpihaknya belum mengecekkebenarannya. Sebelumnya dariTim Inafis hanya melakukan '

uji laboratorium atas air yangtercemar Iimbah.

Sepefti yang diberitakansebelumnnya, Kepala BLH IchdaMasrianto melalui surat nomor660 / 153 mengatakan, pihaknyatelah melakukan peninjauanIokasi dan pengambilan sampelair yang diduga tercemar,

Terbukti air tersebut telahtercemar dari limbah industri pT

BI. Air yang keluar dari outieflimbah PT BI maupun air sungaiyang tercemar menunjukkan

kadar di atas baku mutu untukparameter BOD, COD, kadmium,chrom, tembaga, timbal, klorinbebas dan sulfida.

"setelah kami kaji bersamatim dari BLH, PPLHD, danstaf terkait ke PT BI, kamimenyimpulkan pencemaranterjadi karena kerusakan IpAL,sedangkan petugas yang biasamenangani sedang sakit. Halitu yang menyebabkan [imbahmeluap dan mengalir ke saluranair tanpa proses pengolahan,"katanya.

Proses PerbaikanDia menambahkan, IPAL

PT BI saat ini tengah dalamproses perbaikan, karenakondisi terakhir IPAL tersebutmemiliki kapasitas pengolahanyang terbatas, sehinggarawan meluap, Dalam waktudekat, Ichda menjelaskan, pT

BI berkomitmen melakukanpengontrolan dan perbaikanseda menambah kapasitas IpAL.

"Terkait upaya penyelesaiankasus. lingkungan, kami BLHsiap memediasi kedua belahpihak, yaitu warga yang diwakilioleh Tri Daya Kartika denganmenejemen PT BI terkait upayapenggantian atas kerugianwarga t" pungkasnya. (mg05-06)

Page 24: Kliping Berita Tanggal 1 April 2015

KLIHNG II/IESX&X,q ff I/tH II[I${A$'$ETDA P{]NBffiI}{ft$&

BaRabu, 1 Aprit 2015

nyunnffi

' mendatangi kantor KecamatanPadamara, Kamis (1212) sore,Warga juga mencorat-coret tembokbalai desa. Mereka menuntut agarKades Karsan Parto Suwito mundurdari jabatannya karena didugamelakukan tindakan asusila. Kadesdipergoki oleh warganya sedangberada di rumah Mulyati, seorangjanda di Desa Karangjambe,Kecamatan Padamara, Rabu(1U2).

Dugaan PelanggaranSelain itu, Inspektorat

Purbalingga juga turun tanganuntuk menindaklanjuti laporandari masyarakat terkait dugaanbeberapa pelanggaran yangdilakukan oleh Pemdes Padamara,Rabu (2513), Adapun dugaanpelanggaran yang dilaporkan

' yaitu soal tukar guling tanahdesa untuk pembangunan SMAPadamara pada2007 yang hinggasaat ini tanah penggantinyabelum bersertifi kat, pembangunanruko di tanah makam desa danpengangkatan perangkat desa.

Sebelumnya, terkait dugaanasusila yang dituduhkankepadanya, Kades Karsanberpegang pada suratpernyataan yang ditulis olehMulyati, perempuan yangrumahnya didatangai olehKarsan. Dalam surat itudisebutkan bahwa keduanyatidak melakukap tindakanasusila. Kedatangan Karsanuntuk mengambil kekuranganuang muka motor.

Sementara itu, KordinatorForum Komunikasi PenegakAqidah Islam Desa PadamaraSukmadi Hidayat mengatakan,apa yang dikatakan oleh Karsantidak benar. Sebab pi6aknyajuga meminta keterangan padaMulyati dan menyatakan, yangbersangkutan tidak pernahmembuat surat pernyataan,

(SMNetwork/h82-06)

Warga Bersihkan Corat-Coret Balai Desar Buntut Aksi Tuntutan terhadhp Kades Asusila

WARGA membersihkan corat-coret di tembok Balai DesaPadamara. Kecamatan Padamara, Seiasa (3 j/3). Corat-coret ituberisi tuntutan agar Kades Padamara mundur ddri jabatannya,karena diduga melakukan tindak asusila

PADAMARA- Warga DesalKecamatan Padamara, Selasa(3U3) melakukan pembersihancorat-coret di tembok balaidesa setempat. Corat-coret itusebelumnya dilakukan wargamenuntut agar Kades PadamaraKarsan Parto Suwito mundurdari jabatannya, karena didugamelakukan tindak asusila.Selain dibersihkan, warga jugamengecat ulang tembok tersebut.Koordinator Forum KomunikasiPenegak Aqidah Islam DesaPadamara Sukmadi Hidayatmengatakan, pembersihantembok itu karena inisiatif wargasetelah inspektorat turun kePadamara untuk menyelidikidugaan beberapa penyimpanganyang dilakukan oleh pemdes.

"setelah kasus ini sedangproses untuk ditangani,warga yang mencorat-coretjuga berkewajiban untukmembersihkan kembali," katanya.

Alasan lain, adanyapermintaan dari Bupati SukentoRido Marhaendrianto untukdibersihkan. Informasinya kantorKecamatan Padamara yang

bersebelahan dengan balai desaakan digunakan untuk acarayang rencananya didatangiGubernur Ganjar Pranowo dalamwaktu dekat ini. Meskipundemikian, coretan yang samadi pagar makam desa sertaspanduk bertuliskan tuntutanwarga yang terpampang di tepijalan tidak akan dicopot. Walau,begitu, warga tetap menuntutagar Kades Padamara turun darijabatannya. Aksi pembersihancoretan di balai desa itu dijagaoleh belasan aparat keamananbaik oleh polisi, TNI, Satpol pp,

dan pihak kecamatan.Kepala Polsek Padamara

Ajun Komisaris Imam Hidayatmengatakan, pihaknya hanyamelakukan pengamanan terkaitpembersihan coretan di tembokbalai desa yang berisi tuntutanwarga. "lnformasinya wargasudah menyadari dan sepakatmembersihkan coretan tersebutkarena inspektorat sedangmenangani dugaan pelanggarandi situ," katanya.

Sepedi diberitakan sebelumnya,ratusan warga Desa Padamara

Page 25: Kliping Berita Tanggal 1 April 2015

il.l I,,iI{ }{lJh{,t$.$flTDfi PIJRBAI,II{ff*E

ffiffiBanyEJryl&sRabu, 7 April 2015

WerIaffiffi#ffiW%#ffiffiffi#H+ i#ftr,

" ffi Wffi %ffiffiffiffi E*'r*i#ii

Felatlh,Hn Femastrnn dan TE[,l [nline

Bl(fi,FF, $usiaIisasi

PURBALxI{GG'-\- Sebanyak 18 omng perwa'kilan kecamatan

se-Purbalingga mengikuti pelatihan pemasaran usaha

kecit dan Tempat Belajar Masyarakat (TBM) secara online,

Pelatihan digelal oleh Ruang Belajar Masyarakat (RBM)

Program Na:sional Pemberdayaarr Masyarakat (PNPM) Mandiri

Perdesaan (Mpd) di Owabon,g Cottage, Senin'selasa (30'3U3),

Ketua Fanitia Kegiatan Rukmawan Suci Laswono

mengatakan, pascapelatihan diharapkan peserta ma mpu

menghasilkan blog atau situs peniualan bagi produk usaha

kecit binaan RBM dan PI{PM MPd. Peserta juga diharapkan

mampu rnefllbuat ilog atau situs interaktif untuk melakukan

konsultasi teknik gambar desain, rgncana anggaran biaya

(MB) kegiatan fisik bangunan bagi kaderteknik binaan Rsili

dan PNPM MPd.*PNPM MPd memang sudah berakhir, namun hasil-

hasil kegiatan dan keterampilan masyarakat perlu terus

dikernbangkan. Malyarakat diharapka n bisa memanfaatkan

fasilitas layanan bebas bayar yang ada di dunia maya

untuk kegiatan produktif dan memberikan.edukasi kepada

rrasyarakat, Kernudian juga marnpu rtembuat media

pemasaran prod,uk usaha kecil binaan PNPM MPd kepada

itasyarakat metalui dunia maya, serta menciptakanpeluang bisnis sendiri darl,kegiatan promosi di internet dan

memanfaatkan internet se,bagai media promosi usahanya

secara maksirnal," kata Rukmawan di sela-sela kegiatanpelatihan, Selasa (31/3). (pt-oe)

Fsndataan kpendudukanFURBALII{GGA- Sejak d icanangkan 2014 latu, prog ram

Pendataan Keluarga (PK) 2015 mulai disosialisasikan BadanKeluarga Berencana dan Pemberdayaan Perempuan (BKBPP).

Persiapan awal, yakni melakukan kegiatan pelatihan orientasipendataan kependudukan, baik tingkat kabupaten rnaupun

kecamatan dan:dese. PK 2015 dimbksudkan agar BKBPP

merriliki data' kependudukan yang valid.Kepala Bidang Kesejahteraan Keluarga BKBPP Teguh

Indriyono mengatakan, keglatan pendataa,n di lapanganakan dilakukan 1'31 Mei 2015. "Ka:mi berharap pendataan

kependudukan ini mendapat dukungan penuh darimasyarakat, Bagi warga masyarakat untuk dapat menerimapara kader yang akan mendata, selanjutnya warga dimintauntuk memberikan data yang valid sesuai dengan hasilpendataaft,n katanya, Setasa (3U3).

Dijelaskan, sebagai langkah awal, pihaknya telahmelakuka n kegiata n pel ati hanlorientasj kepada ti mpendataan di tingkat ka,bupaten, pada 24 lvlaret lalu, yang

dikuti oleh 36 peserta terdiri dari para kepala UPT dan para

penyuluh KB, Sedangkan pelatihan/orientasi kepada timpendataan di tingkat kecamatan dan desa, rencananya

dilaksanakan pada 6-24 April mendatang.Sehenlara dad data yang ada di BKBPP, saat ini

timkaderdilapanganditingkatRTberjumlah5.060orang. Kader nantinya akan mendata 282.476 KK yang

tersebar di wilayah Kabupaten Purbalingga. Sedangkan timakan mendata warga mulai dari data demografi, data KB,

data kesejahteraan keluarga, dan data anggota keluarga,lengkap dengan nama dan alamatnya. 1pt-oo;

Page 26: Kliping Berita Tanggal 1 April 2015

ffiBanyHTFrSi

D e s a \)7 is-ata ftarus Lay ak] "rlPURBATINGGA- Agar diminati wisatawan, sebuah

desa wisata harus layak jual. Di desa harus memiliki

keunikan lokal yang tidak dimiliki wilayah lain' Selain

itu, juga perlu ditunjang kemampuan pengelola yang

profesional. "Profesional di sini berarti pengelolanya

memiliki pengetahuan yang mumpuni, skt// dan'

attitudeyang baik," kata Kepala Dinas Kebudayaan

Pariwisata Pemuda dan Olah Raga (Dinbudparpora)

Subeno saat memberikal pembekalan pada kegiatan

peningkatan SDM pelaku wisata, di aula kantor

setempat, Selasa (3 1/3).

Dikatakan Subeno, pengelola desa wisata harus

memiliki pengetahuan dan pengalaman yang

mumpuni tentang desa wisata yang dijualnya'

Kemampuan pengetahuan pengelola dapat terus

ditingkatkan melalui pembelajaran dari membaca

buku, melakukan kunjungan studi banding,

sehingga bertambah pengalaman, mencari

referensi di internet, dan menambah pengetahuan

dari orang lain. "Pengelola jangan merasa pintar,

padahal pengetahuan yang dimilikinya belum

seberapa. Lebih baik rendah hati," kata Subeno'

Selain memiliki pengetahuan yang mumpuni,

pelaku wisata juga dituntut memiliki skill yang'baik.

Dalam suaiu organisasi, termasuk di sebuah

desa wisata, pasti ada yang berpikir tidak baik,

ada yang berpikir instan, ada yang merasa cuek,

ada yang 5uka menganggu, dan ada juga yang

semangat luar biasa. "Dengan kemampuan skil/

yang baik, maka pengelola desa wisata bisa

mengelola konflik di dalam organisasi, sehingga

bisa satu target yang diharapkan," tegasnya'

Tak Sekadar UangTak hanya itu, pengelola desa wisata juga

harus memiliki attitude yang baik pula' Pengelola

harus memiliki sikap, watak yang baik, ukurannya

tidak sekadar uang' Pengelola juga harus bersikap

extrov e rt, mem i I i ki keterbukaa n terhada p sesa ma

pengelola. Jangan bersikap introvert yang justru

cenderung akan merusak organisasi' "Di sini.-^.

dibutuhkan kemampuan emotional quotlenf (EQ)

dan spiritual quotient (SQ)," kata Subeno'

Ditambahkan, pengelola desa wisata harus

paham dan selalu menerapkan Sapta Pesona

Wisata. Wisatawan yang datang pasti akan

menikmati kesenangan, jangan sampai wisatawan

dibuat kecewa. "Jangan sampai, wisatawan

. dikenakan biaya yang tidak wajar dan disuguhi

tempat yang kumuh. Tapi jika mengamalkan.

Sapta eesona Wisata, pasti wisatawan akan dibuat

nyaman," ujarnYa.' Dalam pelatihan peningkatan SDM tersebut

juga diisi materi tentang kepemimpinan dalam

organlsasi dan permainan garne untuk menjalip

kekompakan di antara peserta. (pt-06)

Page 27: Kliping Berita Tanggal 1 April 2015

ffiBanyumasSa{e Pisang Madu Penaruban

Rambah Luar JawaPURBALINGGA - DCSA

Penaruban, Kecamatan

Kaligondang, Purbalingga

belakangan dikenal sebagai

sentra sale pisang ternama,Bukan sembarang sale Pisangyang diproduksi di desa ini.

Namun sale Pisang madu,yang rasanya kenyal dan manis

seperti dibalut rasa madu dan

nonkolesterol.Adalah Usaha Peningkatan

Penda patan Keluarga Sejahtera(UPPKS) KelomPok Assri, Yangdimotori oleh Arbaningrum Iken

Windasari (45). "Kami merintisusaha sale pisang madu sejak 10

Juli 2010, dan belakangan terusberkembang pesat," ujar Iken,

demikian panggilan akrab ketua

UPPKS Assri Desa Penaruban ini

kepada Harmas, Selasa (31/3).Sale pisang madu Produksi

Iken bersama ibu-ibu warga

Desa Penaruban, bukan hanYa

disukai warga Purbalingga

dan sekitarnya, sePerti dari

Purwoker-io, Banjarnegara dan

Cilacap, maupun warga di Pulau

jawa, seperti Jawa -Barat dan

Jakarta, Namun juga disukai

hingga ke lUar jawa, seperti

Kalimantan dan Pulau Bali.

Hal ini diakui Iken, adanYa

pelanggan tetaP di Kalimantan

maupun Pulau bali Yang sering

memesan sale Pisang madu dari

Penaruban.Saat ini, sale Pisang madu

yang diproduksi UPPKS Assri ada

dua kemasan. Yakni kemasan

500 gram seharga RP 15 ribu,

dan kemasan 250 gram seharga

Rp 7,500.Menurut Iken, untuk

menghasilkan sale Pisang madu

yanibaik, dipilih bahan baku

berkualitas, yakni Pisang raja

bandung pilihan dan Pisang raja

siam pilihan, yang dldatangkan

dari para petani di Desa

Kaligondang dan sekitarnYa.

Selain kedua jenis Pisangtersebut, sale yang dihasilkankurang baik, Dalam hal ini, Iken

bersama ekan-rekannYa rata-

rata per bulan blsa memProduksi

satu kuintal lebih,"Sebenarnya, kami mamPu

memproduksi lebih dari

satu kuintal. Namun karena

kendala bahan baku, jadi rata-

rata dalam satu bulan sekitarbaru satu kuintal," ujarnYa.

Dijelaskan Iken, Prosesmembuat sale Pisang madu

yang dilakukannYa masihsederhana. Pisang Yang telah

masak dikuPas, kemudiandijemur dari Pagi samPai

siang, sembari dibolak balik

agar kering merata. Pada sore

harinya harus diasaP denganbahan bakar merang, Esok

harinya elijemur kembali,

proses jemur juga memakanwaktu hingga 5 hari, sehinggaakan keluar madu dengansendiri nya.

Proses selanjutnya dioven selama 10 menit, halini dilakukan agar.bahan salepisang dapat lebih higienis.Setelah itu ditiriskan biarkering dan selanjutnya proses

pengemasan. "Pembuatan salepisang madu juga memilikikendala. Selain kendala bahanbaku, juga cuaca hujan sehinggatidak dapat menjemur pisang,

serta masalah permodalan,"ujarnya,

Saat ini, diakui Iken,produksi sale pisang madu dari

UPPKS Assri Desa Penaruban,

sudah berulangkali mengikutipameran yang difasilitasi oleh

Badan Keluarga Berencana

dan Pemberdayaan PeremPuan

(BKBPP) Kabupaten Purbalingga'Hal ini dilakukan untukmeningkatkan pemasaran,

sehingga bisa meningkatkanpula kesejahteraan anggotaUPPKS ASST|.

Dihubungi terPisah, KePala

Bidang Keluarga SejahteraBKBPP Purbalingga Teguh

Indriyono menuturkan, PihaknYaterus mendorong kegiatanUPPKS di Purbalingga, termasukUPPKS Assri Desa Penaruban

dengan produksi andalannYa

sale pisang madu, (pt-03)

Page 28: Kliping Berita Tanggal 1 April 2015

HLIPING I\f,EDT&B,tMI,{tr I{[]MA$ $ETD$ PtJRBA[Ir{ff$*

ffiBaRabu, 7 Aprit 2O1S

Dukun Pengganda UangDiciduk

PURBALINGGA- SatuanReserse dan Kriminal(Satreskrim) Polres

Purbalingga menangkapAhmad Soleh alias Aminudin(36) yang disebut-sebutmemiliki kemampuanmenggandakan uanE

bersama perantaranya,Sri Anjarwati (54), Selasa(31/3) dini hari.

Aminudin, wargaBukateja ditangkap di lalanRaya Sokaraja, KecamatanSokaraja, Banyumas dan Sriditangkap di rumahnya di

Bukateja.Wakil Kepala Polres

Purbalingga KomisariHendri Yulianto dalampers rilisnya mengatakan,penangkapan keduanyaberawal dari laporan korban,Abir (55), warga Kampung

Cilalay, Desa Cijagang,Kecamatan Cikalong Kulon,Kabupaten Cianjur ke polisi.

Seb'Elumnya, Senin (30/3),korban datang ke rumahSri untuk meminta bantuanmenyelesaikan utangpiutang. Korban kemudiandikenalkan ke Aminudin yang

dipercaya mampu membantumenggandakan uang.

"Korban dimintai Rp 21juta sebagai syarat membeliuba rampe untuk ritualmeminta uang gaib kepadaRatu Pantai Selatan. Katanya

uang itu bisa berlipat ganda

menjadi Rp 2,5 miliar.Korban baru menyerahkanRp 11 juta. Karena merasa

ada yang janggal, korbankemudian melapor ke kami,"terangnya.

Dari laporan tersebut,polisi kemudian melakukanpenyelidikan dan melakukanpenangkapan terhadapAminudin di ruas lalanRaya Sokaraja, KecamtanSokaraja, Banyumas.Setelah diinterograsi,pelaku mengatakan jika Sri

ikut berperan dalam aksipenipuan penggandaanuang tersebut, Polisikemudian menangkap Sri di

rumahnya."Dari tangan tersangka,

kami menyita barangbukti sisa uang pemberian

korban Rp 550 ribu,"katanya didampingi Kepala

Satreskrim Ajun KomisarisDjunaidi dan Kepala SubagHumas Ajun KomisarisSitowati.

Kedua tersangka saatini ditahan di MapolresPurbalingga untuk prosespengembangan kasustersebut. Keduanya dijeratdengan Pasal 378 KUHP

subsider Pasal 372 KUHP

tentang Penipuan danPenggelapan, Adapunancaman hukumannya,penjara maksimal 6 tahun,"Lebih lanjut, kami memintakepada masyarakat untukwaspada dan tidak mudahpercaya dengan moduspenggandaan uang,"tegasnya. (sMNetwork/h82/mg05/pt-06)

WAKIL Kepala Polres Purbalingga Komisari HendriYulianto menggelar pers rilis penangkapan dukunpengganda uang di halaman Mapolres Purbalingga,Selasa (31/3).

Page 29: Kliping Berita Tanggal 1 April 2015

KTIHISG Egm&ffiN 1 fi I,l!'}{ }{iJh{A$$$T},{ PIJRBtr,IHE$&

SatslttFcPsrRABU I(IIWON ,I APRIL 20I5

Polisi@kap

Pengganda tlangffi ffi*m-Mmffffiffi ffi$mrc ArekHffi ffimffiffi

#mm& Mgffi Kmrm Kfrdwffi

PURBALINGGA, SATELITPOST-Keoolisian Resor Purbalingga me-

nangkap dua orang PeniPu berkedoka.*i'n benssanda uang, Selasa (31/

Jl. f"airu p"eiipu, Ahmad Soleh (36)'

adalah warga Desa Kembangan'Kecamatan Sukateja dan Sri Aniar-

Polisi TangkaPDukun Pengganda

pelaku yakni dengan memin-ia korban menYerahkan se-

iumlah uang dengan iming-iming akan ?igandakan ber-[oat]tipat. AbIr (55), korbanolnip,lan ini diminta me-irvet6rkan RP 21 juta sebagaibiaya ritual mengambil uang

penangkapan pada Selasa(31/32t. Soleh ditangkap diSokara ja Tengah, KecamatanSokaraia, Bahyumas. "Darihasil keterangan Soleh, Sriternyata terlibat dengan aksioeniouan ini. Sri kemudianitituhgtup di rumahnya,"kata Hendri.

Dari tangan para tersang-ka, polisi menyita barangbuktl berupa uang tunai se-

wati (54), warga Desa Kedungjati'wati (54), warga ueKecamatan Bukateja.

Waka pol res Pu rbalin gga, Komisa-; Hendri Yulianto SIK MH, menga-r15rls nerrulr I ulr4rrlu uu\ r'

takan, modus Yang digunakan Para

r Bersambung ke hal 1 1

saib dari Nvi Roro Kidul." N.-trn Abir baru bisa me-nvediakan uang sebesar RP I1

iJta. Sisanya akan dibavarkankemudian. "Tersangka kemu-dian menianiikanakan uangakan berlipat ganda menjadiRp 2,5 miliar," kata dia.'Polres Purbalingga Yang

telah mengendus Praktekoeniouan 6erkedok dukunfe,',gganda uang melakukan

besar Rp 550 ribu. MenurutSri, aksi ini merupakan YangDertama dilakukan. Namun'polisi tidak begitu saja Per-caya. Melihat rapinya aksiyang dilakukan, PenYidikmen?uga aksi tiPu-tiPu inidilakukan oleh orangYangberpengalaman. Kedua ter'sangti diierat pasal 378KUIIP Subs pasal372 KUHP'([email protected])

Page 30: Kliping Berita Tanggal 1 April 2015

$.{TIPING MEDIABAfr Iffi }{IJM$.$$TDA P[IRBALI$$$J{

S*rmlrrF{tsrRABU KLIWON, I APRIL 2OI5

t? Prinsipnya kami menolak gugatan pihakpenggugat, dan memohon agaimiyelis hakim

membatalkan gugatan ini. ??

Kajari pu rbat i n#f BL}IrtI ksa pensacaraNegara

PURBALINGGA" SATELM-POST-Gugatan yang dila-vangkan Karaoke Bintangrnelalui penasihat hukunrnyaditolak'pada sidarrg pem-t'rnraarr jan,aban di Penga-dilan Negeri Pu rbalingga,Setasa (3113]. Dalam siclingini, Kantor Penanaman Moldal dan Perizinan Terpadu(KPlvlPT) dan Sahcol PP pur-balingga selaku tergugat Idan II melalui jaksa penga-cara negara juga mengajukaneksepsi sebagai respon atasBugatan 1,ang d ilavarrg,kan.

Pent;ia (an didas.iri argu.rn"en hatrrva KIrl\.{PT'dan Sat-poi IiI) selarra ini teiah ber-pij;rk pada aturan vanq bcr-Iaku

.Mereka nrcnilai Ka-

r,roke Bi ntang beroper.asitanpa dilr-rrgkapi izin' gang-guan (HO). Izin yang d-i-berikan hanya untuk iusatkebugaran din toko paiaian.

"Prinsipnya kami menolakgugatan pihak penggugat,dan mcmohon agar maleJis1.".\l I *"qf a ta lk-a n sugatanrni," kata Martini SH l(ajariPurbalingga selaku jEksaPengacariNegara.

,.Sementara eksepsi vangdiajukan, -vakni peiihai berYkas.gugatan yang tidak me_narlk pemerintah RepublikIndonesia c.q pemei.intah

Prov insi Ja wa .teng_ah sebaga i

penanggung iawab atas [e_rugian dari tindakan me_Janggar hukum 1.ang dila_kukan hawahan. Karena itu,bcrkas gugatan dinilaj tidaklengkap dan disebut cacatformil. "Kami juga memohonagar eksepsi kami diterima,,,uiar dia.

Sebelumnya, sidans me_diasi telah digelar. Nj'mun,

u.paya mediasi tidak mengha_sjlkan solusi. Masing-malingpihak berpegrng pida p"n_dapat sendiri sehingga me_orast menemui jalan huntu.Sidang berlanjut pacla ja_waba.n atas. gugatan peng_gugat. Berikutnva, siaan*ga kan mengagendakan responatas.jan abin dan eksepsipihak tergugat. (afgangd@_yanoo.com)

Page 31: Kliping Berita Tanggal 1 April 2015

KTIPIFIG MENIA$fi fr IJIfi I{U${A$.$ETT$ PURBAIIfi&$E

SATELIIPcistRABU KIIWON,I APRIL 20I5

ffip 4 M tsuat Bangun WC SantriPURBALINGGA, SATELITPOST-Bupati Purbalingga memirtta agarsantri putri yang ada cii berbagaipondok pesantren (ponpes). diPurbalingga dibangunkan kamarmandi/WC tersendiri. Itu untukrnern.beri rasa aman bagi santripi.iki rii i';amar kecil tersebut.

"I;e,:,t ii..i k;rrrr.rr mandi antara:r;ntli pcnpes ;LlLltra cian putrilrr"t:liadi safu, sehingga dikha-v,,;tilk;r.n akan tr:rjarii ha1 yangti.dak rliinginkan," ujar BupatiFurbalingga Sukento Rido Mar-haendrianto, saat menyampaikan

sambutan pada acara Istigosahdihadapan Alim Ulama se Ka-buphten Purbalingga, PejabatFKPD Purbaiingga, para camat se-Purbalingga serta umat Islam diPendapa Dipokusumo, jumat ma-lam (26/3).

Saat ini, lanjut Sukento, proposalanggaran untuk membangun ka-mar mandi bagi santri putri popessudah diusulkan oleh pemerintahkabupaten (Pemkab). Setelah di-hitung-hitung, anggaran untukmembuat kamar mandi putri di 54ponpes yang ada diseluruh Pur-

balingga mencapai Rp 4 miliar.Kepala Bagian Kesejahteraar-r

(Kabag Kesra) Setda PurbalinggaMuhammad Nurhadi mengatakal,dari data yang ada di bagian Kesra,jumlah ponpes di Purbalingga saatini sebanyak 64 buah.

"Dari jurnlah tersebut, jumlahsantri laki-iaki sebanyak 3.468 or-ang dan santri perempuan 3.606orang. Sehingga jumlah keselu-ruhan santri ponpes yang ada diPurbalingga 7.084 orang denganjumiah pengasul-i atau tstaz 321or ang,," ujarnya. (gus)

BUPATI Purbalingga Sukento Rido Marhaendrianto saat menyampaikan sambutan di hadapan alim ulama

se-Kabupaten Purbalingga, pejabat FKPD Purbalingga, para camat se-Purbalingga serta umat lslam di

Pendapa Dipokusumo dalam acara lstigosah, Jumat malam (26/3).

Page 32: Kliping Berita Tanggal 1 April 2015

Kffipfrt$ffi &#ffiffi&fr ii fi tLt{ }{LI&{A$'$$T}A PURBAII$$$$

SarnlrrPCsrRABU KLIWON,

I APRIL 2OI5

Pekan Depan Hasil Kajian DiterimaTURBALIhIGGA,, SATELITPOST-Hasil kajian tim ahli dari PoliteknikSemarang akan diserahterimakanpekan depan. I{asil kajiarr akan me-nunjukan penyebab ambruknya TKPadamara Februari 2013 silam, se-kaligus ada tidaknya kerugian ne-gara.

Hal ini disampaikan KasatreskrimPolres Purbalingga, AKP Djunaidi SH.Ia mengatakan, kasus ini setahap demisetahap mulai menemui titik terang."Sebelumnya kan belum jelas, se-karang sudah mulai jeias. Kita akantuntaskan kasus ini," kata dia.

Selain fokus pada penyelidikan ba-ngunan TK, Penvidik Tindak Pidana

Korupsi (Tipikor) Satreskrim PolresPurbalingga juga meminta kcte-rangan mantan Kepala Dinas Pen-didikan (Dindik) Purbalingga, Ishak,

Ia meminta keterangan seputarproses pembangunan TK kepadaIskak yang saat itu masih menjahatsebagai Kepaia Bidang PendidikanAnak Usia Dini dan PendidikanNonformal (PAUD dan PNF) DindikPurbalingga. "Kita akan selidikipihak-pihak yang terkait, semuanya,"katanya.

Ishak saat ini masih dalam ku-rungan LP Kedungpane Semarangkarena terbukti terlibat kasus korupsiDana Alokasi Khusus (DAK) Pen-

diclikan talrun 2012. Dia divonisPengadilan Tindak Pidana KorupsiSemarang, l\abu (26/?). Ia dipenjaradua tahun sepulu.h'bulan atau 34bulan.

Seperti diberitakan, gedung TKNegeri Pembina, Kecamatan Pada-mara, Purbalingga Ambruk, Rabu(19 /2) pagi tahun 2013 tanpa sebab.Gedung itu dibangun awal Desember2011 dan pertama digunakan Juli2012. Gedung seluas 757,02 meterpersegi dibangun di atas tanah kasDesa Padamara. Pembangunan meng-gunakan kontruksi baja ringan de-ngan anggaran Rp 580juta dariAPBNdan.Rp 58 juta dari APBD. (gan)

, DOKUI\4ENTASI

BANGUNAN TK Padamara yang ambruk Februari 2014 lalu hingga kini masih terbengkalai,beberapa waktu lalu. Renovasi masih harus menunggu proses hukum tuntas.

Page 33: Kliping Berita Tanggal 1 April 2015

KtIffiI$G I\/IENIAfi AO I1]I }{ I,IHA$,$$TDA PUR$AtItrfi &*

SarmlITF,#'F,"rRABU KIIWON,I APRIL 20I5

Sudah JatuhTertimpa Tang ga

ABIR tak berdaya menghadapi be_ban berat usai tertipu. Sebanyak l1ton padi miliknya melavang dibu*ukabur tengkulak. pikiiannlya kalutentah. bagaimrnu meng"mbalikanKeruglan 1n1.

,^ D, tpr, yang. sama,,angin sejuk

berembus. la dikenalkan seorang

karn'an kepa.da 'orang pinter, yangmampu melipatgandJkan uane berlpuluh kal i I ipat- A ka I sehatnya"yanglurulr oleh kekalutar tak mampu laslmenimbang dua tiga kali. adir beitemu Sri Aniarwati iebelum akhirnya

I Bersambung ke hal 1 1

.3

,4,",

DUA orang tersanska dukun pengganda uans yang berhasit.,#jill'i#f;fii]polisi dari Polres purbalingga, Selasa (Sf l3)l' "

r Darih;ta;;1

Sudah JatuhTertimpa T""96,

dikenalkan kepada Ahmad5oleh, sang dukun sakti yangkonon m,ampu ."nfnirrnijuang-gaib hingga ffihla"rupiah.

Bakperibahasa stertimpa tangga, Abir

saia masuk ke mulut harimausetelah keluar dari mulutbuaya. Abir tak ragu me_menulrj permintaan s i? ukun."Saya diminta menyerahkanRp 21 juta untuk ritual me_

lgrTbil uang gaib, katanyabisa jadi Rp 2-,5miliar,,,ka'tapria asal Desa Cilagang, Ke_camatan Cikalong Kulo-n, Ka_bupaten Cianiur,lawa Barat.

Namun, di awal Abir hanyamarnpu memenuhi Rp 11 juta.

Jtu pr'* dari hasil berhuiangke seorang teman. Sisa keku-rangan Rp 10 juta diminta di-penuhi setelah beberapa harike depan. "Tetapi pis lagilunggu rituainya, ada poliiidatang. Dari situ saya barutahu kalau saya ditipu," katadia dengan w-ajah lunglai.

Ia tak bisa berbuat banyakselainberharap kepada pihakkepotrstan agar uang Rp L1juta hasiJ pinjaman liembali.Ia mengaku kapok dan akanJebih waspada terhadap ber-bagai iming-iming menda-patkan uang secara instan."Sekaralg saya hanya berha-rap keadilan,-" ular firia 55 ta-hun ini. (gan)

Page 34: Kliping Berita Tanggal 1 April 2015

iI

z

4o.z

,{5otU

EaoE)<6(6DC(g_o

=.9.c0)E(s

s)

0)af

c)U'0)

iof(6

o_(g(6co!.(sic.0(d

a(g

jCd

f(d

=(U(!0)

0)_o;_o(Ua(6

=C(oJtan(d

c(u

oC6o_oNN6ao(UoF

=@UIo.

zo

=..J._\., O-c\..J

Ere-

Fa{:i

FJrdFa

7-

Page 35: Kliping Berita Tanggal 1 April 2015

B,{ fr I,{N I{tJH,,t$.$ffi DA PtJRBAIjIffi$.ff E

SarnlITPi::)sTRABU KLIWON,

I APRIL 20I5

Hi:r,1i=?ir,'::. irr.,:irlr,i!.::rr=,i=lli.i,:=:l-r::=ii:r r:::r.+

*nrer*uscoj iooittt*iG"* pu.t., dlu"*t,i. Itu pun tidak berat," uiar

H r;{l**"*ilrul:*qi1 *Trffi H''t* o*,, u,'ta u kabup aten:n er a ku kan#"h til;;;irri}t."ir"Ylu*" ru,g'5 Tim pemantau kabupaten melakukan

i r r i,ii". i [" i' S; k; t rh Aiiw i ya ta. "lni pemut ia,.rar", dala m.d uq tim' Tirn pe.rt3a1

;#;,ifi i.;;^';i;",r; *^"{" ,"t"ii l"q"ge:lt*Ly.t1lg.1'1Yti dari BLH

Kementerian p*gL, ng#fi t,ff;-d;il; Fii.rUulin g gr, Ru d.i y an to ( Di ndi k Pur-

k;;;;i;;t;[l[r,aifiitun yang men- r*rngga)"ian-Teguh Purwanto ([gTy;;;;;;';;;;i;ily; F;;;Ah;!" d;" nitasil"iiau;' MereT<a mensuniungi sM-P 1

[;;J;?"; ;i'rgu t"t,iun ";;L;s. ;p;F Purbaliirgga' SMK-1 P-u tua-lingga' -SD 2

;1,.x3#,:il;bffiFt"}5$H;,*, ;, Eilil*,$.'f, ffi -'Jo iIiffiBl'fi :#i,':tl:

lffi rs;s*t*iB,^,;'sn*xtp;;"",itH[x1'xAlpp9;:.ffi'ff Kir"

-srvrnl r"j"tsB;&"",rju, anggotu"fim lqloc nurbaliiigg{' Sul'adi (BLH Pur-

Demantau Adiwivata frUrpit""" p"i baling"ga) dan RyIi Rachman(warqy,Tlbutlogeu,Karwan,Senin(30/3). Mereka memantau keslaPan ol DNrr r"-1"i"""?,;iltr, nl*piirJi,,i,ri'r"t oton al Purbalingga. SD 1 I'urbaliiigga Loi Sn t

rritril"gt vi"g:aiilt"1il "-"i"t ikut furbalin[[a wetan' SMA2 Purbalingga'

s"t"r"r' fai#iy""tu ,raJ-iiup ai"iqi".t*, MAN P#Ealin88a d1i :Y1^1-1"1*,:?9;tim Denilai. Kesiapan itu clapat dilihat "Rencananya_, masmg-maslng seK0lalr

se.;ffi;ii;r#;ird-;ir#ri.,,u*1,u akan dinitai orerr tim. provinsi pada perte-

i;i;;;;d,' alil*'vag'ina;;'g jih . rigihi'april rni'"'ujir Karvqan (gus)

Page 36: Kliping Berita Tanggal 1 April 2015

KLItrTffiG EfEBIAfi AOI,{I{ I{I}M*$ $[TDA PIJRBAIIIqffiA

Antisipasi Proyelt. Gaga [,SKPD DiuttimatumPURBALINGGA- Bupati Purbalingga Sukento Rido Marhaen-drianto memberikan ultimatum kepida Satuan Kerja perangkatDaerah (SKPD), terkait pelaksanaan proyek pembangunun ilrlkdi tahun 2015. Bupati menegaskan keingihanya aga. p"elaksanaanproyek pembangunan tahun anggaran20ts inl dapai dilaksana-kan tanpa ad-anya putus kontrak dan gagal lelang termasuk tanpaldanya denda seperti harapan para rekinan. ,,Mudah-mudahin94 program,1.587 kegiatan bisa dilaksanakan dengan baik,, ,.g-kapnya, Selasa (31 /3).. .

U"tq\ llmpercepat pelaksanaan kegiatan, kepada seluruhjajaran SKPD diminta agar segera menyeiahkan do^kumen lelangke ULP secepatnya. Dia meminta akhii Maret ini, seluruh dokulmen lelang-sudah masuk ULP dan masuk proses lelang di LPSE.

|3tjtu, terkait dengan percepatan pengerjaan paket leTang, agartidak terjadi gagal lelang dan putui t<ontrit.- Agar tidak terjadi kekeliruan terkait banyaknya aturan yangbaru, Bupati juga mengajak para rekanan din SKpD ru*u-rur.rXmempelajari aturan tersebut. $ehingga tidak salah tafsir dan adapersamaan persepsi.

Asisten Ekbang dan Kesra, Susilo Utomo menuturkan, hingqaMaret ini sudahada 75 dokumen pengadaan barang/jasa yXf;gsudah rnasuk ULP. Rinciannya,DprJ 6i kegiatan, DiilUuapirpolra 2 paket pekerjaan, RSUD 2paket, Dinhubkominfo dan SMKNegeri 3.masing-masing 1 pak^et pekeriaan. "penandatanganankontrak g]perkirakan dilaksanakan pada April mendatangT, im-buhnya.,*{ ST-'!-

Page 37: Kliping Berita Tanggal 1 April 2015