Kliping media tanggal 14 april 2016

39
KLIPINGMEDIA BAOIAil HI]ltAS $X[DA IIfiBAIII{OOA SUARA MERDEKA KAMIS,l4APRIL 2016 Ponj en{arangj arnbu Dfu ffi ap PURBALINGGA - Ba- danjalan tembus yang meng- hubungkan Desa Ponjen, Kecamatan Karanganyar de- ngan Desa-/Kecamatan Ka- rangjambu diharapkan bisa selesai pada 20 17. "Jalan tembus ini terus digarap. Mudah-mudahan pada 2017 badan jalan sudah bisa selesai. Untuk pengas- palan menunggu kondisi jalannya mantap dahulu. Sebab, ini adalah jalan baru,"ujar Kepala Bappeda Setiyadi. Menurut dia, jita dipak- sakan diaspal saat kondisi jalan masih labil dan belum mantap, dikhawatirkan aspal itu bisa longsor terkena aliran air. "Di beberapa titik badan jalan sudah dipadatkan de- ngan batu, sehingga tidak licin saat hujan. Karena jalan ini menembus hutan, perlu ke{a elctrakeras,"trndasnya" Menurut Setiyadi, di be- berapa titik jalan itu masih labil karena ada aliran air sehingga membutuhkan go- rong-gorong atau drainase. "Ada juga beberapa titik yang terlalu te{al, sehingga harus dibuat landai dahulu. Juga di dekat Kamngjambu, ada tebing batu tinggi dan sulit untuk dilebarkan,"ujamya" Dia menyebutkan, jalan tembus Ponjen-Karangjambu itu mempunyai panjang seki- tar 4 kilometer dengan lebar . jalan yang bervariasi 4-8 meter. Memangkas Jarak "Ka{ni sangat berterima kasih kepada TNI yang telah melakukan karya bakti untuk memantapkan jalan. Kalau tidak dibantu TNI, kami tidak tahu kapan jalan itu bisa sele- sai,"ujamya- Karena itu, Pemkab me- nyiapkan anggaran dari APBD Kabupaten untukmen- dukung pendanaan pelak- sanaan karya bakti TNI baik melalui APBD mumi maupun perubahan. Adanya jalan tembus itu akan memangkas jarak yang harus ditempuh masyarakat dari Karangjambu ke Bobot- sari. Selama ini warga Karang- jambu harus ke Karangreja dahulu untuk sampai ke Bobotsari. "Dengan jalan tembus ini, jarak menjadi lebih dekat. Dari Karangjambu langsung ke Ponjen, Bungkanel, belok kanan sudah sampai Bobot- sari, "tutumya. GlG57)

description

Bagian Humas Setda Purbalingga

Transcript of Kliping media tanggal 14 april 2016

Page 1: Kliping media tanggal 14 april 2016

KLIPINGMEDIA

BAOIAil HI]ltAS $X[DA IIfiBAIII{OOA

SUARA MERDEKAKAMIS,l4APRIL 2016

Ponj en{arangj arnbu Dfu ffi apPURBALINGGA - Ba-

danjalan tembus yang meng-hubungkan Desa Ponjen,Kecamatan Karanganyar de-ngan Desa-/Kecamatan Ka-rangjambu diharapkan bisaselesai pada 20 17.

"Jalan tembus ini terusdigarap. Mudah-mudahanpada 2017 badan jalan sudahbisa selesai. Untuk pengas-palan menunggu kondisijalannya mantap dahulu.Sebab, ini adalah jalanbaru,"ujar Kepala BappedaSetiyadi.

Menurut dia, jita dipak-sakan diaspal saat kondisijalan masih labil dan belummantap, dikhawatirkan aspalitu bisa longsor terkena aliranair.

"Di beberapa titik badanjalan sudah dipadatkan de-ngan batu, sehingga tidak licin

saat hujan. Karena jalan inimenembus hutan, perlu ke{aelctrakeras,"trndasnya"

Menurut Setiyadi, di be-berapa titik jalan itu masihlabil karena ada aliran airsehingga membutuhkan go-rong-gorong atau drainase.

"Ada juga beberapa titikyang terlalu te{al, sehinggaharus dibuat landai dahulu.Juga di dekat Kamngjambu,ada tebing batu tinggi dan sulituntuk dilebarkan,"ujamya"

Dia menyebutkan, jalantembus Ponjen-Karangjambuitu mempunyai panjang seki-tar 4 kilometer dengan lebar .jalan yang bervariasi 4-8meter.Memangkas Jarak

"Ka{ni sangat berterimakasih kepada TNI yang telahmelakukan karya bakti untukmemantapkan jalan. Kalau

tidak dibantu TNI, kami tidaktahu kapan jalan itu bisa sele-sai,"ujamya-

Karena itu, Pemkab me-nyiapkan anggaran dariAPBD Kabupaten untukmen-dukung pendanaan pelak-sanaan karya bakti TNI baikmelalui APBD mumi maupunperubahan.

Adanya jalan tembus ituakan memangkas jarak yangharus ditempuh masyarakatdari Karangjambu ke Bobot-sari.

Selama ini warga Karang-jambu harus ke Karangrejadahulu untuk sampai keBobotsari.

"Dengan jalan tembus ini,jarak menjadi lebih dekat.Dari Karangjambu langsungke Ponjen, Bungkanel, belokkanan sudah sampai Bobot-sari, "tutumya. GlG57)

Page 2: Kliping media tanggal 14 april 2016

KLIPINGNMDIA

BAflAl{ IItIlt{A$ $[XDA IIIIBAIIIIffiA

KAMIS; 14APRIL2016

Perpustakaan dan Arsip Daerah (KPAD) Purbalinggo,Selasa ( 13/4). (57)

$,t,tFlMrar

PurbalinggaDapat CFI

PTIRBALINGGA - KanlorPopustakaan dan Arsip Daerah(KPAD) Hnbalingga mendapar-kan bantuan dari Coca ColaFoundatiou Indonesia (CCFI).Bantuan itu terkait dengankomitmen Pemkab Pubalinggadalam mengembangkan perps-takaan baik di kabupatenmaupundesa.

Saat ini Bupati PubalinggaTasdi bersama Kepala KPADSidikPuwantolengah mengiku-ti lokakarya dan penandatan-ganan komitrnen ters€but mela-lui pognm Popu Seru di Bati.PenirykatanAkses lbloologi

Sidik Purwanto menge-mukaka4 program ini bertrjuanuntuk menjadikan perpustakaansebagai pusat pembtelaj aranmasyarakat berbariis teknologiinfomrasi yang berkelarijutan,sehingga masyarakat dapat men-gakses informasi yang diper-lukan unhrk meningkatkan kual-itas hidup untuk mengurangikemiskinan informasi dan

"fbntu dengan mentransfor-masi perpustakaan daerah dandesa menuju ke pusat informasipembelajaran yang menjawabkebunrhari masyamkat melaluipeningkatan akses terhadapteknologi dan layanan yang rele-van," wgkapnya saat dihubungiSuara M edeka, Rabv (13 I 4).

Kepala Seksi PerpustakaanKPAD Pubalingga Mahmudahmenyebutkan, bantuan yangsudah diberikan oleh CCFI benr-pa 40 unit komputer denganpembagian empat unit untukKPAD dan untuk 12 perpus-takaan desa masing-masing tigaunit. Selain ihr, pihaknya jughmenilapatkan bantuan berupapelatihan unuk pustakawan danpengelola perpustakaan diKPAD dan perpustakaan desat€rs€but.

'?rubalingga menjadi ialahsatu daerah dari 98 kabupatenkota di Indonesia yang menda-patkan bantuan tersebut. Ha-rapannya, kualitrs peryustakaan

Page 3: Kliping media tanggal 14 april 2016

KTIPINGMEDIA

BAOIN IIU[{A$ $IMA PU[BAtiltOOA

SUARA MERDEKAKAMIS, 14APRIL2O16

Ribuan PelajarNobarFilmJenderal Sudirman

BOJONGSARI - t€bih dari1.200 siswa darijenjang SD-SMPsederajat di wilayah KecarnatanBojongsari antusias mengikutinonton bareng (nobar) filrn per-juangan Panglima Besar JenderalSoedirman di aula Bumi Per-kemahan @uper) Munjulluhur,Desa Karangbanjar, KecamatanBojongsari, Selasa (13/4).

Kegiatan tenebut digelar olehPos Rayon Militer (Posramil)Bojongsari dan Komamdo DistrikMiliter (Kodim) 0702 purba-lingga dalam rangka menum-buhkembangkan semangat na-sionalisme bagi anak-anak danrcmaja" Acara nonton itu dilaku-kan secam bergantian dan diputarhingga dua kali.

Komandan Posramil Bo-jongsari Pembantu Irtnan SatuSugiyarto berhar4, melalui nobarfilrn Jenderal Soedirrnan tenebut,siswa yang notabene sebagai gen-emsi penerus bangsa d4at mema-hami sejanh dan menumbuhtan

semangat nasionalisme 1,ang saatini sudah mulai lunnr.Menyerap Patriotisme

'Merckajugadapar menyerapjiwa kebesaran Panglima JenderaiSoedirman, seperti jirva patrio-tisme, keberanian dan idealisme.Dalam kondisi sakit. dia retaobeduang demi kemerdekaan.l'ujamya-

lrbih lanjut. nilai-nilai per-juangan pahlawan kelahiran DesaBantarbarang, Kecamatan Rem-bang, Kabupaten Purbalingga itubisa diaplikasikan dalam kehidu-pan sehari-hari para siswa.

Sementara itu, I)imas, siswaSMP, menyaakan antusiasmenonton film tersebui karenabisa belajar sejarah melalui fiLn.'t lobar bagus untrk mempelajaisejamh. Dkemas dengan melihatfilrq lebih menarik Memangbarupertama kali mengikuti nobar ten-tang film perjuangan. TemyataJenderal Soedirman itu keren.',ucapnya" (I{82-57)

Page 4: Kliping media tanggal 14 april 2016

KTIPINGMEDIA

BAOIN IIIIINA$ $IIDA PItIBAiffOOA

SUAEA ilENDEIAKAMIS,14 APRIL 2016

Renovas-i RumahDilakukan Bertahap

PIJIRBALINGGA - Renovasi rumah tidak layak huni (Rn-g diKabupaten Prubalingga dilaksanakan secara bertahap. Uafitu karenakemampuanAPBD terbatas.

'Pelaksanaannya bertahap. Dalam setahun setiap desa hanya adaelam.hinggltujuh runah yang direnovasi. S isanya iafrun aepai fagi.

,

ujar Kepala DPU Kabupaten Sigir Subrob.

. Dia mengemukakan. selama tima tahun, pemkab mampu memper_bpiki- 10.000 rumah ddak layak huni. Setiap tahun pemkaU m#no_vasi 2.000 rumah.

"Anggaran tahun ini melalui ApBD mumi merenovasi 1.700rumah. Karena iru. di perubahan anggaran akan ditambah anggaran_nya lagi unruk merenovasi 300 rumah sehingga jaO 2.000 iinatr.,,papamya.Materi l,ol€I_

Dia menuturkan, unhrk materiat renovasi rumah ihr diupayakandari lokal. Misalnya kayu gelugu, batu, puri, ,"t inggu ;i'r;f"bihmengefisienkan. anggaran. ',Kalau yang produk puU.il1.p.m U.ri,seng. paku bisa beli di toko material. Tapi. diupayakan yang murah.K-amijuga mengharapkan swadaya masyarakat, t -t1""""*g",hrtumya-

Sigitmengungkapkan, FogramrenovasiRTlllini bertujuan untukmengurangi angka kemiskinan di purbatingga. Sebab, mrnah terma-suk salah satu kebutuhan pokok manusia.

"Ada pangan. sandang. dan papan. program renovasi rumah iniynql m9n19ntuh dari sisi papan. Haraparmya- bii a rumah sudah layakhuni- maka bisa meningkatkan kesehaun masyarakaq., kaknya.

Menuru{ Sigit, penerima bantuan program renovasi rumah inisudah drunJau dari berbagai aspek. Selain itu. juga berdasarkanmusyawamh warga.

^ lyn ..iut iri 9r- tiga rumah yang direnovasi. Dan pada akhirApr .nanri.

akan ada dua rumah tagi yang direnovasi. yaitu di DesaPe@an. Kecamatan Karangnoncol,', ungkapnya.

-Pemifik rumah akan mendapat bantuan iari'Diru, Dinas Kesehahn

, Baaas dan donatur. Dana itu diterima melaui rekening tim [iak_sana renovasi di desa. (F10-57)

Page 5: Kliping media tanggal 14 april 2016

PURBALINGGA - Untukmendukung visi misi PemkabPurbalingga guna mewujudkarmasyarakat yang berakhlakmulia, Bupati Tasdi akanmendirikan Purbalin g ga IslamicCenter eIC).

"Dengan dibangunnya fasfi -

tas tersebut, nantinya semuakegiatan keagamaan berskalabesar akan dipusatkan di temPat

tonebut," katanya.Rencananya, di areal tersebut

akan dibangun beberaPa gedung

penunjang kegiaan keagamaan.

Seperti gedung Majelis UlamaIndonesia (MUI), Ikatan Per-

saudaraan Haji Indonesia (IPHI)serta gedung lainnya.

"Selama ini, setiap kegiatan

Purbalingga..

(Sambungan trlm 17)

seringkali tidak mual," ungkapnya- Begitu juga Flal{sarxaan rnan_asik haji tingkar KabupatenPwbalingga masih menggunakanalun-alun atau komplek\ StadionGuntuDadono.

Nantinya, kata Tasdi, semuakegiatan keagamaan, semuaorganisasi kemasyamkatan dalammenjalantan kegiatan akan dis_atukan di tempat telsebut.

"Sedangkan lokasi untukmembangun fasilitas tersebut,kami menyediakan lahan tanahPemkab yang berada di sekitarjalan Soekarno Hatta purba-lingg4"jelasnya-

Dia mengatakan, pmbangun-an pusar kegiatan Islam Frpadu i nrakan dilaksanakan secepatnya.Thhun ini dihanpkan gambamyasudah selesai

"Dengan menempati lahanseluas sepuluh hektare, nantinva

KLIPINGMEDIA

BACIN IIt]l}{A$ SIIDA PIJIBAIT{OOA

SUARA MERDEKAKAMIS,14 APRIL 2016

Purbalingga Dirikan Islamic Centerkeagamaan terpusat di Pusatpemerintahan yaitu PendaPaDipokusumo Purbalingga, se-

.'.i:h Digagas BupatiTasdi di awal pemerintahannya

. ri .! Dilengkapi banyak lasilitas kegiatan umat lslam

-.1i;3 Antara lain gedung MUI dan gedung lPHl

Ada fasilitas manasik haji lengkap

Pendapa, masjid dan aula

Lokasi rencananya di Kalikabong

hhgga kalau ada kegiatan de-ngan pesertanya banyak

(Bersambung hhn 20 kol 1)

1''"..

n i,F

,43*'*:,r*

Tempat parkir luas

para pengantar beserta keluargajamaah calon haji tidak lagidibatasi LuItuk melepas mereka keTinnah Suci," tutumya.

Menurutry4 selain akan diba-ngun tempat-tempat kegiatanpelakasanaan ibadah haii, di tsm-pat tersebutjuga akan dibangunpendapa" masjid sena tempd pen-jemputan aau parkir kendaraanyang luas.

" Ketika keluarga mengantarpam calon haji tidak khawatir ilertmasuk di lokasi. Mereka bisa ikutmasuk ke lokasi. Kalau selama inidi Pendapa Dipokusumo merckahanya menunggu di luar, " katanya.

Bupati juga mengungkapkan,dalam waktu dekar pihaknyabersama instansi terkait akan mmengunjungi Islamic Center diProvinsi Nusa Tenggara Barat

Karena berdasarkan kunjunganyang sudah dilakukan ke Jakartadan Surabaya, hanya NTB yangmempunyai Islamic Center terbaikdi Indonesia.

Kepala Bappeda Seriyadimenorf.LAn 6amh.r .-lar-ll-,-r

engineering design (DED) pICbaru akan dibuat pada ApBDPerubahan 2016, shingga belumdibangun di tahun ini.

"Masa kepemimpinan Bupatiadalah 5 tahun. sehingga dia sudahmempunydi rencana unhrk mewu-judkan cita-citanya itu. MisalnvaIahun pertama membuat apa,ahun ke dua ap4 dan setemsnva-',katanya.

Rencara setiap tahun itu akandidiskusikan Bappeda denganBupati. 'Karena banyak hal-halyarg besar yang ingin hra wuiud-kan demi keselahteruan ,aivu-rakat," tunrmya. Mengenai kelu-tuhan anggaran. Setiyadi jugabelum bisa menyebutkan. Sebabhal itu terkait erat dengan DEDnandnya. Termasuk luas lahanyang dibunrhkan.

"Untuk calon lokasi pICkemungkinan di wilayah Ke-lurahan Kalikabong. Karena disana Pemkab mempunyai tanahyang cukup luas unnrk memban-gun beberapa gedung,', kata-

Page 6: Kliping media tanggal 14 april 2016
Page 7: Kliping media tanggal 14 april 2016

KTIPINGMEDIA

BACIA}{ IIIIlllA$ $MDA ruIBAIil{OOA

$'ARA IIERIIE]OKAMIS,14 APRIL 20.I6

Duku Kalikajar Jadi UnggulanPURBAIXNGGA - prcduk

agrobinisnis buah duku asal DesaKalikajar, Kecamatan Kaligon-dang saat ini sudah menjadi pruduk unggulan dan dijual hinggake Iuar daerah. Dinas perranian

Perkebunan dan Kehutanan(Dintanbunhur) Purbalinggamenyayangkan, nama buah dukuitu kalau dijual di luar daerahsedng diganri.

"Ketika duku Ersebut serinsdijual ke daerah lain. nurnanuldiganti meniadi dukr,r daerah lain.Padahal, diambil dari Kalikajar.,'ungkapnya-

Bertolak dari realitas itu,Dintanbunhut berencana akanlebih gencar rnenyosialisasikanke luar d;ierah, bahwa buah dukutersebut memang betul-betulberasal dari Desa Kalikaiar,Kecamatan Kalieondans.Dengan demikian duku-Kalikai;rakan lebih populer.

Kepala Dintanhubnbut Zae-nalAbidin menyampaikan hal inrdi sela-sela pemantauan panendan pengepakan duku Kalikajaryang hendak dikirimkan ke luardaerah. Dia menekakan, pihak-nya sudah memenuhi sejumlahpersyaralan agar duku Kalikaiarmemiliki hak paten.

Saat ini buah duku Kalikajarmemasuki masa panen. Dengandemikian. stok buah iru melim-pah. Satu hari petani di wilavahKalikaiar dan sekitamva bisamemanen 20 ton.

Buah tersebut sudah dipesanoleh produsen dari luar kota.

Ketika telah dipeti( buah dukdlalu dipak dan dikirim ke luarkota. "Saat ini di purbalinssaharga Rp 15.000 per kitogrii.Jika sudah dikirim ke tuar daerah,bisa naik lagi," httumya-TIgaCidUtama

Bupati Tasdi mensemuka-kan. mendukung langkih unnrkmematenkan duku Kalikajar.Menurufi ry4 tiga ciri utama buahduku daemh tenebut erialah kulittipis, rasa manis, dan blji kecil.

Dia mengharapkan, dinasrerkait bisa meningkatkan pro-duktiviras panen komodirastersebut. Jika hasil panenmelimpah, bntu bisanrcningkatkan tamf hidup petani.

"Yang lebih penting adalahmemintakan hak paten dariKementerian Pertanian bahwaduku Kalikajar aarlah prroduksiasli Kabupaten Purbalingga,,,tegamya. Kepala Desa Kalikaiar.Kecamatan Kaligondang,Ayatno mengungkapkan, saa inidi Desa Kalikajar tedapat 6.m0pohon duku dan yang sudahbe6uah 3.000pohon.

Ayatno mengungkapkan,ahun ini produksi duku Kalikajarmemang menurun karena huiantertalu banyak sehingg, b.rtr;-garuh pada dompolan vansberkurang karena banvat -rt"fNamun. kualitas duier tetap teria-ga. "Kalau t hun kemarin satupohon bisa menghasitkan hinggatiga kuintai. tahun ini hanva ber-kisar satu kuhral lebih-" imhrrh-nya" G10-57)

=j>

Page 8: Kliping media tanggal 14 april 2016

PP

="?

R

€B

L

'ts

OO

Btll*v.B

\

o

\

\E

\!\

s.&

xzF'

ExerI]{;F.r

;:

ra

Page 9: Kliping media tanggal 14 april 2016

KLIPINGMEDIA

BAflN III]IIA$ SXTA IIIIBAIT{OOA

$rAnA tEnDlXAKAMIS,14 APRIL 2016

Bursa Cal,on KetuaGerindra Menghangat

PURBALINGGA - Bursa (Wakil Ketua DPRD Purba- partai, dia merupakan anggotacalon ketuaDPC Partai Gerindra lingga/anggota Fraksi Gerindra fraksi di DPRD dan disebut-Purbalingga mulai menghangat. DPRD Purbalingga), Sugimin sebut sebagai salah satu kaderMeskipun, untuk penentuan @endahara DPC/Ketua Komisi partai yang memiliki prestasiketua nanti mutlak berada di MPRD Pu$alingga), Endra baik.tangan DPP Yulianto(Ketuasafian Relawan "Semua berpeluang menjadi

Dari data yang dihimpun Indonesia Raya/Satria dan ketua, karena itu kewenanganSwra Meruleka, da lima nama Sekretaris Komisi II DPRD dari DPP Nand siapa saja yangyang dikabarkan kuat untuk Purbalingga), serta Wahyono dipilih Dpp, yang tidak terpilihmenduduki posisi kursi nomor (Ketua Fraksi Gerindm DPRD harus bisa legaw4" pintanyasalupartai kepalagarudadi Kota Purbalingga). Ketua Fraksi GerindraPerwira. Wakil Ketua DpRD pur- DpRD purbalingga Wahyono

Mereka adalah Imam balingga Adi Yuwono menge- mengungkapkanl-pemah men-Poe$eto (Ketua DPC Gerindm mukakan, meskipun saat ini dapat panggilan tiga kali dariPurbalingga), Adi Yuwono tidak masuk dalam struktural DppbersamaWahyono danAdi

Yuwono dalam kaitan uji kela- tentu kader rerbaik lang relahyakan calon ketuaDrc. melalui tahap penilaian dL per,Kaderpotensial dmbangan da; DpD dan Dpp

',Kader potensial memang Sementara itu, Ketua DpCdipanggil olehDppbahkan sam_ partai Gerindra Furbalinggapai tigakali. Kami dimintauntuk Imam poerceto dan Sekretadsmembed konsep_konsep dalam DpC Gerindra purbalinggamembeiarkan partai jika diper_ Sugimin hingga berita ini clinrliscaya menjadi ketua DpC,,, belum bisa dimintai keteranganpapamya. terkait buma calon ketua terse_

Ketua sayap organisasi but.Satria purbalingga Endra yuli- Beberapa kali Suartt Mer_anto mengatakan, pemilihan deka menghubungi nomor teie-ketua menjadi hak prerogratif po, g"ngfurnnyu-tupi ridak adaDpp Sosok yang akan dipilih. ia*uUun. LtAZ-3tr '

Page 10: Kliping media tanggal 14 april 2016

A

Imon Poeneta

S[ryByan BachflEn

Endrufuliana

Page 11: Kliping media tanggal 14 april 2016

KTIPINGMEDIA

BAflN Ilt]MAS $I[DA IUIBAIJNOOA

SUARA MERDEKAKAIrfFi, 14 APRIL 2016

Burca Galon SekdaDibuka

PURBALINGGA - Sejumlah nama pejabat

disebut-sebut akan mengisi jabatan

Sekda Purbalingga. Pasalnya, saat ini

jabatan tersebut diisi penjabat sekda yang

diemban oleh Kodadiyanto. Jabatan

tersebut akan selesai pada tahun ini.

Keterangan yang berhasil kertans), Inam Wahludi (Ke-

dihimpun menyebutkan, sejum- pala Bapermasdes) dan Subeno

Iahnamaberpeluangmengisi (KepalaDinbudparpora).ja6atan tersebut. Di antaranya "Pengisian jabatan sekda

adalah Kodadiyanto, Wahyu merupakan wewenang bupati.

Kontardi (Penjabat Kepala Narnun terkait dengan pengisian

Badan Kepegawaian Daerah), memang harus lerkonsultasiNgudiarto (Kepala Dinsosna- dengan Gubernur,"ujar Ketua

jabatan Sekda haruslah tlgureyang bisa menjembatani antara

ekekutif dan legislative."Saya ini adalah Politikus,

maka saya menginginkan sekda

yang bilokat tulen," katanya.

Tasdi menekarllian, tantall-

gan yang diemban oleh Sckda

sangat berat.Terutama untuk membawa

agar PNS bisa benar-benar mErt-

jadi aparatur Yang melrriiikikineria baik.

Mengenai sejumlah ramayang disebut-sebut. Trsdimengaukan semua Yang sudan

memenuhi persYaratan bcrhak

diusulkan. ".Kita lihai sajananti,"imbuhnYa. (H82-57)

DPRDTongat.Mengenai figur yang cocok

menduduki jabatan tersebut,Tongat menekankan, yang ter-penting figur itu bisa menjalinkomunihasi yang baik denganjajaran PNS dan juga denganpihak luar. Ketika disiaggungnama-nama yang muncul, diaenggan memberi jawaban siaPa

yang berpeluang besar. " KitaIhat saja nanti, " ujamya diplo-matis.

Terpisah, Bupati itasdimengatakan, dia memang akan

melakukan pengisian jabatansekda Mengenai wakh.rny4 diamemprediksi pengisian akandilaksanakan pada Agustus

mendatang.Sebelum melakukan Perom-

bakan dan Pergeseran Susunan

OrganisasiTata Keia ( SOTK ldilingkungan Pemkab' dia akan

mengisi jabatan sekda terlebih

dahulu."Karena Sekda meruPakan

pejabat tedinggi di lingkungan

PNS. Sebelum iaiaran di bawah-

nya diisi, pos sekda diisi te ebih

dahulu,"ungkaPnYa.Lelang Terbuka

Ketika disinggung figuryang dianggaP cocok, Tasdi

secara diPlomatis mengatakan'

akan melakukan lelang secara

terbuka. Dia juga sePendaPat

bahwa pejabat Yang menduduki

Page 12: Kliping media tanggal 14 april 2016

KTIPINGIIMDIAMfiIAl'[ III]MA$ $IM PUIBAIil{OOA

Kamis Wage, 14 Aprit 2016

doka Purbalingga jrgamampu membawa pulangenam perak dan enam pe-runggu.

Medali emas diraih ArlodMadelis. Dimas Bagus Wira-wan dan Dara Galih Rivanti

seno, Pratarna Naga R;t;,Erfi Bachtial S, Sandy [ndraKapotha dan Puji Risly Andini.

Pada kejuaraan itu, pelatihjudo Purbalingga, Lettu ImamTabiyin SH, menerjunkan 20atlet. Dengan jumlih medaliyang didapat, dia sudah me-rasa cukup puas. Pasalnyalawan dari daerah lain banyikyang lebih tangguh.

Semeritara jtu Ketua Peng-kab Persatuan ludo Seluruh ln-donesia (PISD KabupatenPurbalingga, Iptu Susiiol me-ngatakan, dia merasa banggadengan prestasi yang diraihpara pejudonya, meskipun se-benarnva masih bisa lebih.li-optimdikan lagi.

Ada pun tiga atlet peraihemas itu, akarl maju pada ting-kat yang lebih tinggi lagi, yaitudi Keiurnas Kartika Cup 2016,pada Mei mendatang, di Ban-dung. Jabar. "Kefiganya haruslebih gia t berlatih. Targetnya,semoga bjsa meraih medali danmengharumkan nama Prrrba-lingga di kancah Nasional,',Susilo, Rabu (13l4). *i

ST-Am

Medali perak diborong ErrolFernando M, Raydi MaulanaAsmoro, Aditya Arif Prayoga,M Rifky Okta dan Rofi Fau-zan Hidayat. Sedangkan me-da.li perunggu diraih RizkyEfran Maulana, Reican Ari-

Pejudo PurbalinggaRebul Tiga Emas

PURBALINGGA- Atlet judoPurbalingga, mampu merebuttiga medali emas, dalam Ke-jurda Jirdo Piala Gubernur, diGOR Soesilo Soedarman,Gombong, Kebumen, akhirpekan lalu. Selain itu, para ju-

Page 13: Kliping media tanggal 14 april 2016

:-.9 0 FS*!Rrr"s s'c t:

= s (

E* io ! S qBi i'S s S+ 6!r< e ! i ! ii!=

h ^= E.= _E : s,;a i: *-i d 3'i-EE5=EsE i:,) 5 i :.i ^= n.P

.$

ac

a

Page 14: Kliping media tanggal 14 april 2016

KLIPINGMEDIA

MGIN IIIIII{A$ $[IDA PMBIIl{IifiA\ffalVasan i x".irw"s",'l4APrit2o15

Tasdi Wacanakan

6 Hari Keriobagi PNS

PURBALINGGA-Bupati Purbal-ingga H Tasdi SH MM mewa-canakan akan mengembalikanjam kerja Pegawai Negeri Sipil(PNS) dari lima hari kerja menjadienam hari kerja. Hal tersebut di-karenakan dia melihat disiplindan kinerja PNS di lingkunganPemkab Purbalingga masih ren-dah.

"Saya sudah berkeliling danmelakukan Inspeksi Mendadak(Sidak) di 22 instansi. Ternyatasaat apel pagi mayoritas pegawaibelum berangkat kerja. Ini mem-prihatinkan," ungkapnya, Rabu(73 / 4\.

Menurutnya, dengan kehadi-ran yang tidak sesuai jam kerjamenunjukkan bahwa pelayanankepada masyarakai tidak bisa di-laksanakan secara optimal, Saatini jam kerja pegawai di lingkun-gan Pemkab Purbalinggi adalahpukul 07.00 hingga pukul 16.00WIB. "Dari hasil saya Sidak temy-ata kehadiran PNS yang sesuaijam kerja hanya berada di kisaran50 Va s aia," \al:.i:otny a.

Jila memang dengan lima harikerja kehadiran dan Linerja P\Stidal bisa tepal. waktu, dia beren-cana akan mengembalikan jamkerja menjadi enam hari. Selama inidengar lima hdri kerja, peSawai dilirgkungan Pemkab l.ibur di hariSabiu dar Minggu. "Jika enam harikerja" jadwal kerja mulai Seninhirgga Sabtu,r' uiamya

Terakhir saat dia melakukansidak apel pagi di kantor Keca-matan Kota, Selasa (12,14) hanyalima pegawai yang hadir sesuaijam keria dan mengikuti apelpagi. Sebelumnya kondisi serupaterjadi di Dinas Perhubungan Ko-munikasi dan In formasi (Din-hubkominfo), saal apel pagihanya segelintir PNS yang me-ngikutinya.

Tasdi menambahl<an pelaya-nan kepada masyarakat akan ber-jalan dengan baik apabila aparatyang memberikan pelayananmemiliki disiplin yang tinggi.Terma'uk d isiplin dalam meme-nuhi kewajiban apel pagi.

Tasdi menegaskan, apel pagi

,(- lr

Page 15: Kliping media tanggal 14 april 2016

bukan hanya iebat ewajibanyang harus dipenuhi. .Namunmenjadi tanda kesiapan apdatd4lam memberikan pelayanan(epada masyarakat

Dalam kesempatan itu, Tasdiiuga mengaku aka4 meninjauulang rekrutmen PNS di Pemkab

Purbalingga, jika nantinya-mora-torium PNS dicabung peme ntahpusat. Jika kondisi PNS yang ada'masih belum baik, dia tidak akanmengajukan tambahan PNS baru.Menurutnya, lebih baik jumlahPNS yang ada sedikit, tapi kiner-janya maksimal. & SI-ad

memimpin apel pagi di Kecafiatafl Kota. Hanya sebagian kcil pegawai yanghadir sesuai iom kerja. a Fotu :Joko SaflIoso-ad

Page 16: Kliping media tanggal 14 april 2016

KTIPINGMEDIABAflAN HI]MA$ SIDA PIIRBAINOGA

TPA Sampah di Banjaran KumuhPURBALINGGA -?emKab Pur]balingga tahun ini terancam takmeraih penghargaan Adipura. -

Pasalnya kondisi Tempat Pem-buangan Akhir (TPA) sampahyang berada di Desa Banjaran Ke-camatan Bojongsari belumdibenahi dan terkesan kurluh,

"Keberadaan TPA juga men-jadi ganjalan dalam upaya meraihAdipura tahun lalu. Tahun initernyata kondisinya masihsama," kata Sekretaris BadanLingkungan Hidup (BLH) Pur-balingga, Garbo Eko Handoyo,Rabu (13l4).

Dijelaskan, penilaian Adipuratahap pertama (P1) telah berlang-sung pada 24 Maret lalu. Ia men-gungkapkan hasil penilaian yangia terima menunjukan kondisiTPA sanpah menjadi salah satupenyebab Purbalingga tidaklayak ntendapatkan Adipura.

"Tim penilai Adipura dari pe-merintah Pusat tahun ini lebih{okus pada bagaimana pengelo-laan sampahnya dalam satu kota.Sementara kondisi TPA masihsama dengan tahun lalu, nyaris

fYq[l'aqq! 1 Kamiswase' 14APrit 2016

penuh dan menumpuk. Sepan-jang masih sama, kita tentu akankesulitan mendapatkan Adipu-ra," terangnya.

X Fokus.Dia menjelaskan tidak terke-

lolanya TPA dengan baik, karena

Pemkab tengah fokus rencanapembangunin TPA baru di laintempat. Hal ini sangat memu-ngkinkan kondisi TPA ter-abaikan. Bahkan hinggawaktunya P1 yang dilakukan se-cara diam-diam oleh tim penilai,masih belum juga dibenahi.

KUMUH : Pemulung mencari sisa sisa sampah rlang bisa diuanfaatkan diTeflpat Pembuangan Akhir (TPA) sampah di Desa Banjaran Kecamatan Bojongsari, Purbalingga. Keberadaan TPA yan! kumulh membuat peluangmelaih Adipura teraflcam, & Foto :Ioko Santoso-ad

"Standar penilaian TPA se'makin ke sini semakinmeningkat. Paling bagus seharus-nya TPA jenis Sanitary Landlill,kemudian Controled Land fitl danyang paling buruk atau tiilakIayak adalah OPen DamPing.Saat ini TPA Baniaran termasukControled LandFill, hanYa saia

belum lengLa p, seharusnva adapengolahan meniadi gasmethan," ungkapnya.

Soal sampah, taL lranya [lAyang menjadi PR agar bisa kem-bali meraih Ad ipura, melaitrlankeberadaan TemPat Pengel o-laan Sampah TerPadu (TPST).Garbo mengungkaPkan, hinggakini wilayah perkotaan Purbal-ingga belum memiliki TPST.HJI ini lug, menjadi titiL lemahnilai Adipura untuk Purbal-ingga.

"Seharusnva minimal dalamrvilayah perlotaan ada TPS1 danmampu mengolah.amPah 2 lon--' kavi TP(T ini hprorrna rrnhrk

Page 17: Kliping media tanggal 14 april 2016

KLIPINGMEDIA

BAflAil HI]MAS $[X!A PI]IBAIil{OOA

KAMIS, 14 APRIL 2016

Kerusakan JalanSemakin Parah

I Ruas Panican-Lin$gamasPURBALINGGA- Kerusakan

ruas jalan Panican-Linggamas di KecamatanKemangkon, kian parah,

Ruas jalan yang menjadi jaluralternatif dari Banyumas

ke Banjarnegara ini,banyak terdapat lubang-

lubang dan genangan yangmembahayakan pengguna

jalan.

B[ffi*,**'nnld;'Desa Senon, hingga ke Desa Kedungbenda.Lubang jalan terlihat di hampir seluruhbagian jalan. Pengendara, terutama mobilharus berjalan pelan, karena tidak mungkinmenghindari lubang yang tersebar di hampirseluruh bagian jalan.

Bahkan, ada jembatan gorong-gorong

.jalan yang ambles, menjadi dua bagian,

sehingga kendaraan harus ekstra hati-hatijika melewati jalan teEebut.

[4enurut beberapa warga yang ditemuiHarmas di sepanjang jalan tersebut,kerusakan semakin parah, karena ruasjalan tersebut kerap dilewati truk galian Cdari arah Bukateja ke wilayah KabupatenBanyumas.

"Setiap hari ratusan truk galian C selalumelewatijalan ini, dengan muatan penuh.Sehingga, kerusakan jalan semakin parah,,,ujar Santo, salah satu warga yang ditemuidi wilayah Desa Kedungbenda.

Awasi TrukDla berharap, pemkab secepatnya

mengatasi permasalahan yang tedadi."Selain itu, saya juga meminta kepadapihak terkait untuk mengah,asi truk galian Cyang lewat jalan ini, agar ruas jalan ini tidakrusak terus dan anggaran pemerintah untukperbaikan jalan tidak sia-sia," imbuh Deni,warga lainnya.

Sebelumnya, pemkab memastikan akanmemperbaiki ruas jalan tersebut, tahun ini,Kepala Bidang Bina l4arga Dinas pekerjaan

Umum (DPU) Cahyo Rudianto menjelaskan,progmm kegiatan pelebaran dan overtay di

IIARIANBANTYUMAS

-ahg

.._

$_\,/

Page 18: Kliping media tanggal 14 april 2016

HARMASiCANOA KURN]AWAN

SEJUMLAH lubang di jalan Desa Senon, salah satu titik ruas jalan panican_Linggamas.

tahun 2016 ini, telah dianggarkan dari Dana proses pelelangan tengah masuk pada tahapAlokasi Khusus (DAK) sebesar Rp 8,276 miliar evalua$ penaiarun, ."riluuri aokrr"n, aununtuk jalan sepanjang 8,65 kilometer itu, pembuktian tuatifit<isi. trgos{ot

Page 19: Kliping media tanggal 14 april 2016

KLIPNGMEDIABAG]N IIUI}{AS $ITDA PIIRBAII}{OOA

I \PktLt0tb

Sidik Purwanto mengatakan, program inibertujuan untLk nenjadikan perpustakaan sebagaipusat pembelajaran masyarakar berbasis teknologiinformasi (TI) yang berkelanjutan, sehinggamasyarakat oapat mengakses informasi yangdiperl{.rxan untuk meni,'tgkatkar kualitas hidup untuknergdrangi kemiskinan informasi dan men;ngkatkalpendidikan, kesehatan, dan pengembangan ekonomimasyara(ar di Indonesia.

"Tentunya dengan mentransfoffnasi perpustakaandaerah dan desa menuju 0usat;lformasi pemoelajaGnyang menjawab kebutuhan masyackat melalui

. peningkaran a(ses terraoap teknologi dan layananyang reievan," katanya saat dihubungi, Rabu (13/4).

"Purbalingga menjadi salah satu daerah dari 98kabupaten kota di Indonesia yang mendapatkanbantuan tersebut. Harapannya, kualitasperpustakaan di Purbalingga, baik p€rpusda maupunperpusdes semakin lebih baik,', kata Kepala SeksiPerpustakaan KPAD f4ahmudah. (pt46)

HARIANB

KAlIIS,

Wer"lga

HARI'CS'PRAYiTtIO

SEORANG pengunjung tengah memitih buku diruang perpustakaan Kantor perpustakaan danArsip Daerah (KPAD), kemarin.

KPAD Dapat BantuanKomputer CCFIPURBALINGGA- Kantor pe.pustakaan dan ArsjpDaerah (KPAD) mendapatkan bantuan dari Coca-ColaFou''rdarion Indonesra (CCFI).

Bantuan berupa 40 unit komputer, denganpembag;an empar unit untuk KpAD dan masing-masing tiga unit untuk 12 perpustakaan desa.Selain itu, KPAD juga mendapatkan bantuanberupa pelatihan untuk pustakawan dan pengetoiaperpustakaan di KPAD dan 12 perpustakaan desa.

Bantuan terseDut terkait komitmen pemkab datammengembangkan perpustakaan, baik di kabupatenmaupun desa. Saat ini BLpatr Tasdi bersama KepalaKPAD Sidik Purwanto tengah mengikuti lokakaryadan penandatanganan komitmen rersebut melatuipro9ram PerpuSeru di Bali.

Page 20: Kliping media tanggal 14 april 2016

TIPNGMEDIABAGIN IIUI{AS $I[DA PIIXBAIT.IOOA

Linl,a Nama Bersaing Pimpin GerindraPURBALINGGA- Bursa calon ketuaDPC Partai Gerindra Purbalinggamulai menghangat, lvleskipun untukpenentuan ketua nantinya mutlakberada di tangan DPP.

Dari data yang dihimpun, adalima nama yang dikabarkan kuatuntuk menduduki posisi kursi nomorsatu partai kepala garuda di KotaPerwira, l.lasing-masing ImamPoerseto (Ketua DPC GerindraPurbalingga), Adi Yuwono (Wakil KetuaDPRD Purbalingga/anggota FraksiGerindra DPRD Purbalingga), Sugimin(Bendahara DPC/Ketua Komisi IV DPRDPurbalingga), Endra Yulianto (ketuasayap organisasi Satuan RelawanIndonesia Raya (Satria)/SekretarisKomisi II DPRD Purbalingga), dan

Wahyono (Ketua Fraksi Gerindra DPRDPurbalingga).

Wakil Ketua DPRD Adi Yuwono,meskipun saat ini tidak masukdalam struktural partai, namun diamerupakan anggota fraksi di DPRD

dan disebut-sebut sebagai salah satukader partai yang memillki prestasi

cukup baik,"5emua berpeluang menjadi ketua,

karena itu kewenangan dari DPP. Nantisiapa saja yang dipilih DPP, yang tjdakterpilih harus bisa legawa," katanya,

Ketua Fraksi Gerindra DPRD

Wahyono mengaku, bersama AdiYuwono pernah dipanggil tiga kali olehDPP dalam kaitan uji kelayakan calonketua DPC. "Kader potensial memangdipanggil oleh DPP, bahkan sampai tiga

kaii. Kami diminta untuk memberikankonsep-konsep dalam membesarkanpartai bila dipercaya menjadi ketuaDPC," katanya.

Ketua sayap orqanisasi SatriaPurbalingga Endra Yuliantomengatakan, pemilihan ketua menjadihak prerogratif DPP Sosok yang akandipilih, tentunya kader terbaik yangtelah melalui tahap penilaian danpertimbangan oleh DPD dan DPP,

Sementara Ketua DPC PartaiGerindra Imam Poerseto danSekretaris DPC GerindrA Sugimin,hingga berita ini ditulis belum bisadimintai keterangan terkait bursacalon ketua tersebut. Beberapa kalidihubungi noriror ponselnya, tapi tidakada jawaban. (pt-06)

KA}TIS. 14 APRII ]OI6

Film

Page 21: Kliping media tanggal 14 april 2016

KTIPINGI!ffiDiABAOIN IIIIiIA$ $I[DA ruIBAIT{OOA

HARIAN BANYI.IMAS

--h.t/-g-*--

KANfls. 14 APRTL 2016

Lagi, TPA'Jegal' untuk Kembali Raih AdipuraPURBALI GGA- Pemkabtahun ini pesimistis meraihpenghargaan Adipura,Pasalnya, kondisi TempatPembuangan Akhir (TPA)yang menjadi"kambinghitam" atau penjegalperolehan Adipura tahunlalu, hingga kini belum adapembenahan.

Sekretaris BadanLingkungan Hidup (BLH)Garbo Eko Handoyomengatakan, penilaianAdipura tahap pertama(P1) telah berlangsungpada 24 l4aret lalu. Diamengungkapkan, hasilpenilaian yang ia terimamenunjukkan kondisiTPA yang berada di DesaBanjaran, KecamatanBojongsari itu menjadi salahsatu penyebab Purbalinggatidak layak mendapatkanAdipura.

"Tim penilai Adipura daripemerintah pusat tahun inilebih fokus pada bagaimanapengelolaan sampahnyadalam satu kota. Sementarakondisi TPA masih samadengan tahun lalu, nyarispenuh dan menumpuk.Sepanjang masih sama,kami tentu akan kesulitanmendapatkan Adipura," kataGarbo kepada Harras, Rabu

(t3t4).Dia menjeldskan, tidak

terkelolanya TPA denganbaik, karena pemkabtengah fokus rencanapembangunan TPA baru dilain tempat. Hal ini sangatmemungkinkan kondisi TPAterabaikan. Bahkan hinggawaktunya P1 yang dllakukansecara diam-diam oleh timpenilai, masih beluh jugadibenahi.

"Standar penilaian TPAsemakin ke sini semakinmeningkat. Paling bagusseharusnya TPA jenissanitary laadfill, kemudian .

controled landfill, dan yangpaling buruk atau tidaklayak adalah open damping.Saat iniTPA Banjarantermasuk controled I a n dfi I l,hanya saja belum lengkap,seharusnya ada pdngolahanmenjadi gas methan,"ungkapnya.

Tak lililiki TPSTSoal sampah, tak

hanya TPA yang menjadiPR agar bisa kembalimeraih Adipura, melainkankeberadaan TempatPengelolaan SampahTerpadu (TPST). Garbomengungkapkan, hinggakini wilayah perkotaan

TPA Banjaran menjadi kambing hitam temahnya nitaiuntuk meraih Adipura

Purbalingga belum memilikiTPST. Hal inijuga menjadititik lemah nilai Adipurauntuk Purbalingga.

"Seharusnya minimaldalam wilayah perkotaanada TPST dan mampumengolah sampah 2 ton perhari. TPST ini berguna untukpengolahan awal sebelumakhjrnya dibuang ke TPA,"katanya,

Namun demikian,selain soal sampah, nilaielemen yang lain sudahcukup bagus. Mulai darikeberadaan sekolahadiwiyata, kebersihan,tempat sampah terpilah,

penghijauan, perumahan,pasar, kantor SKPD sudahcukup baik.

Xdanya sekitar 12 banksampah, pengolah sampahdi Pasar Segamas dan SIYKN3 Purbalingga juga sudahcukup baik, bisa mengolahsampah menjadi pupuk cairdan gas methan," katanya,

Dia menuturkan,berdasarkan informasiyang diterimanya, prosespenilaian Adipura tahunini hanya satu kali, atautidak ada P2. Tahapselanjutnya adalah verifi kasidari tim penilai pada Meimendatang. (mgoso6)

Page 22: Kliping media tanggal 14 april 2016

KTIPINGIUEDIA

BAflAl{ IIUI{AX $[IDA PIJRBAIII{OOA

KAiAIS WAGE,14 APRIL 2016

Penerima Bantuan PKH

Berkurang 54 KSM

r 15 April CairPURBAIJNGGA- Bantuan Progmm Keluarga Hampan(PKH) dari Kementerian Sosial (Kemensos) bakal segera

dicairkan mulai 15 hingga 20 April mendatang. Jumlah.penerima PKH di Purbalingga pada pencairan tahap I di

2016 ini berkurang dibanding akhir 2015 lalu.

Kepala Seksi Resistensi Sosial Dinas Sosial,Tenaga Kerja dan Transmigrasi (Dinsosnakertrans)Rini Widayati menjelaskan, setelah diverifikasi olehpendamping PKH, pencaircn kali ini.hanya tercatat23.618 Keluarga Sangat Miskin (KSlvl) yang bakalmeherima. Padahal tahun lalu tercatat ada 23.672KSM penerima.

'ladi penerima berkurang sebanyak 54 KSM. Initerjadi karena ada yang pindah alamat ke kota lain,selain itu juga sudah tidak memenuhi syarat lagisebagai penerima PKH, misalnya dulu KS!1 punya

anak yang masih SlvlA dan kini sudah Iulus. Itusudah tidak lagi mendapatkan," kata Rini kepadaHarnas, Rabu (13/4).

Pencainn tahap I ini, secaa nominaljuga cukupbanyak, yakni Rp 19,242 miliar Sebab, selain KSM akan

menerima bantuan pokok PKH, juga akan menerimabantuan tetap sebanyak Rp 500.000. "Namun demikian,bantuan tetap teBebut tidak lagi diberikan pada

pencaimn tahap berikutnya, karena sepenuhnya sudah

dicahkan di tahap awal ini," katanya.Darisegi nominal, bantuan yang akan diterima

per-KSM tahun inisama dengan tahun lalu. Kecuali

untuk ibu hamil atau ibu yang memiliki anak balita,tahun iniakan mendapatkan Rp 1.200.000 per KSM

atau naik sebanyak Rp 200.000 dlbanding tahun lalu,

Sesuai AturanSementac untuk penerima PKH lainnya juga

sesuai denqan aturan, yaitu yang memunyai anak

usia SD m;ndapatkan Rp 450 ribu, SlvlP Rp 750

ribu. SMA dan sederajat mendapat Rp 1 juta'

Besaran tersebut bisa saja berkuranq jika KSM tidak

mematuhi komitmen yang ditentukan "Misalnya

tinakat kehadiran siswa kumng dar. 85 persen, maka

nil;i bantuan tersebut akan dikumngi. Demikian

iuoa untuk ibu hamil yang tidak rutin memeriksakan

Lu-ndrnqunnyu ke puskesmas juga akan dikurangi,"

uiamval Bantuan PKH ini, kata Rini, cukup berbeda

duri ptoqru, Kartu Indonesia Sehat (KIS) atau Kartu

Indonesi-a Pintar (KlP) Dia menjelaskan, bantuan PKH

ini bisa dimanfaatkan untuk menunjang kebutuhan

kesehatan ibu, anak, serta penunjang sarana agar

teratur datang ke sekolah.

"Misalnva KIP itu untuk membeli perlengkapan

sekolah, sedangkan bantuan PKH ini bisa untuk

membiayai transpor ke sekolah atau les' Demikian

iuoa untuk hal kesehatan, KIS untuk pengganti

teroUat, pXtt bisa digunakan untuk biaya berangkat

berobat," jelasnya, (mqos-06)

Page 23: Kliping media tanggal 14 april 2016

KTIPINGNMDIA

BAOIN IIIiI}{AS $[IDA IIJIBAIT{OGA

SATELITPOSTKAITAIS WAGE,r4 APRTL 2016

Bisa Raih Adipurar TPA Baniaran Buruk

Pemkab Pesimistis

el Harus diakui, kami gagal dapat :"1i1#rT"#li'nifi!"?niipui" r.utena TPA-tidak sesuai i.:T""Lil::tii1ff";:l

standar penilaian';l Hidup dan BLH Provinsi

Garbo Eko l^yifltfl1"' penir''ian

SekretarisBLHPurbatinssa'#l;i[TfifffJfillX*lPURBALINrcA, SAIEL[[- Dia mensaku tak bermal- sePerti Sekolah Adiwivata'

Po6T-Ta-hun lahr, KabuPaten sud -"^ltilL-lnit' k"^ \:l*:ili" pasar dan lain-

Purbalingga gagal meraih ffn aan;iran fetipidaripe- nya' iuga dinilai melebihi

Piala AdiDura. Tahun i- t"- ngu;;t;u,,, 'r''"tii'p",.'ul,,'

pLin. mlnimal"' kata wi-

rasalan tlisebut kemungki- faktdnvi demikran' >tstem uvdslur''

iui akun kembati terulanS p*l'i"i"rr-eJif "" rttri i^i 'Pengolahan sampah di-

Pasahya, remPat Pembua- ";;;;;.1"1;ry vak- 1\Tlr:-sedarg mendapat

;;;;ki't, 1ri'e1 nu.'p,- : :*:";l'trlSH:,T; lil:ii1r:",1i5:?:g:ifia?":1Tiili{ili;!qr.#+T'iixY;;;L;ft ;;#;:n,inm"lurul.daPat rul€r rrlrur< .,ardrrr rd- "'iauuunnnru, sistim yang ngolaha. sampah terpaduhaP Peruraran , i?;1;:.jJr* Jlpiru": tirs1 rtutu peikotuu''vu,.g

"Harus diakui, kami gagal suoi

daDat Adipura kalena TPA ri^g; "ti' ;'"t'h mendaPat mini:nal menampr'mg 2 ton

;::i';;5;J;ip*ir"i -rliu.,."i'"'kutu''vu sampahperhari

H:i;:il ioiur niri."r"- p"'ir"i'" Adipira 2010' "Purbalingga belum punva

bihi anska minimal, yakni r"t" WfJyi"t*il Kasubbid TPST Selama ini kami hanya

lebih dari 75. Tapi suut '"'ifi- r'""itekii* f'p*l'"t Tek- mendorong keberadaah 12

kasi TPA langsung unlrort norffiillit'-i'"t Hia'p ai ban(sampah vang ada urtuk

meniadi 71," kata Gurto uto, glliPlitlfi"gfi'' "'d'h ai- penanganan sampa]r di wila-

s"k.Ltu.i, Bud- Lirgt *gun tuL'unl'ku; 'Eliutt

z+ uu'"t yah perkotaan"' uiamya (de-

Hidup (BLH) Purbalingga r"'"' i"i""-*i i'atl aaa hyairengki@yahoo'co'id)

*.,

Page 24: Kliping media tanggal 14 april 2016

+o,

=qE16

c')c

E

oE

o.E6E

p

E

cl)

oE

oAIc

E!,9E

'e@s;FE(nf,

bB5d

o)9=aiq-o

(!-i

kdq€EO-

Page 25: Kliping media tanggal 14 april 2016

KTIPINGMEDIA

BAflA}{ IIIIII{A$ $ITDA PIIIBAIII{CilA

SATELITP€}STKAI|Ils WAGE

2016

Pengelolaan Sampah

Masih ]adi MasalahB.ERDASARKAN_data_yang sihar dan fertamanan Dinas trul< sampah.dihimpun SateltPosf, dalam Pekeraan Umum @pU) pur- Menuriut pumawan, TpAsehari warga _Prlrbalintga balintga mengakui, setiap Banjaran yang menjadi mua-menghasilkan lebih dari 160 hari r;ta-rata ad=a l3Tpetugai ra puluhin toir sampah war-meter kubik sampah. Bebera- yang bertugas mengangiut ga-purbalingga itu, hanyaPa waKtu latu, I'urnawan sampah rumah tangga dan layak digunakan sampai tigaSetiadi, Kepala Bidang Keber- seje,nimy6 6engan tZ"imada tail:n kJd"pur1

Rencala I'emerintah Kabu- kebiradaan TpA di lolasi itupaten Purbalingga memin- akan berdampak negatif pa-dahkan TPA Banjaran ke ka- da sekolah yang adidi Desawasan Dukuh Mayan& Desa Sidareja,,, ujar Kepala DinasSidareia Purbalingga, masih Pekerjaan Umum @pU) pur-membutuhkan kajian. balingga, Sigit Subroto.

"Masih ada kekhawatiran persoalan sampah dan TpAu

diakuin/a menjadi peke4aar .ungutrya, dan Desa Tangki-bersama pemerintah dan war- san, Kecamatan Mrebet. Teta-ga Purbalingga. Selain Dusun pi, banyak pertimbangan lainMlayang yang beradd di wila- yang secara penilaian kelaya-yah Kecamatan Kaligondang, kan, kedua desa tersebut ma-ada altematif lokasi lain, yalcri sih kurang layak dibandingDesa Kaliori, Kecamatan Ka- Dukuh Mlayang. (enl<)

14 APRIL

PURBALINGGA" SATEUTPOST-Komitrnen Pemerintah KabuoatenPurbalingga dalam upaya peiing-katan mrnat baca melalui peneern_bangan perpustakaan rriend"aoatapresiasi Coca Cola Foundation'Lr-donesia (CCFI). FIal itu diwuiudkandalam bmtuI pemberian bintuanurhtk mendukung upaya tersebut.

Kepala Perp us tilaan dan ArsiDDaerah Purb-alingga, Sidik pui-wanto mentatakan, saat ini diabersama Bupati Tasdi sedansbersama-sama mengikuti IokX

dart pengembalgan ekonomi ma-syarakat di Indonesia'

Kepala Seki Perpustalaan Kp-AD Purbalingga, Mahmudal me-ngatakan, bantuan vans sudahdiberikan oleh CCFI bitup"a 40 unitkomputer dengan pembigian em-pat unit untuI KPAD dan 12 Der_pustakaan desa masing-masini ti-ga unit. Selain itu, KPAD iusa r;.r,-dapatkan bantuan berio"a nela-tjhan r.rnhrl pustakawan'dair oe-ngelola perpJstakaan di KpAD <iarrperpustakaan desa tersebut. (enk)

CCFI Bantu Perpusdakarya dan penandatanganan ko-mitmen tersebut melalul ptosramPerpuSeru di BaIi.

Program tersebut bertuiuanuntuk menjadikan perpustakaansebagai pusat pembelaiaran ma_syaralat berba;is teknoioei infor-masi (TI) yans berkel#iutanSehingga,' ma"syarakat haoatmengakses inlorrirasi vane di;er-lukan untuk meningk;tka; kdaii-tas hidup untuk mengurangi ke-mlsKran intotmasi dan menins_katkan pendidikan, kesehatat,

Page 26: Kliping media tanggal 14 april 2016

KLIPINGMEDIA

BAGIN IItIIilAS $[IDA PllRBAtll{0fiA

SatnlItPelst:KAiNIS WAGE,14 APRIL 2016

Lima Nama Berebut KetuaDPC Gerindra

liM.KANDIDAT Ketua DPC Partai Gerindra Purbalingga. (dari kiri ke kanan, sesuai abiad) AdiYuwono, EndraYulianto,

lmam Poerseto, Sugimin, Wahyono.

PI.JRBALINGGA" SATELE.POST-Sejumlah nama mulaibermunculan jelang PenetaPanketua DPC Pa*ai GerindraPurbalingga. Suasara di kubupartai inipun mulai menghangat,meskipun kewenangan danpenetapan ketua nantinyamutlak berada di tangan DPP

Lima nama yang di8adangakan memimpin Patai Gedndradi Purbalingga ini adalah ImamPoerseto (Ketua DPC GedndraPurbalingga), Adi Yuwono(Anggota Fraksi Gerindra DPRDPurbalingga), Sugimin (KetuaKomisi IV DPRD Purbalingga),Endra Yulianto (Ketua sayaporganisasi Satuan RelawanIndonesia Raya), dan Wahyono(Ketua Fraksi Gerindra DPRDPurbalingga).

Anggota Fraksi Gerindra yangjuga Wakil Ketua DPRD Purba-Iingga Adi Yuwono menjadikandidat karena dirinya dinilaimemiliki prestasi yang cu.kupba&. Meski begitu, dia mengakumenyerahkan semua keputusanpada DPP

"Semua punya peluang yangsama, karena ini kewenanganDPP Siapapun yang dipilih DPPadalah yang terbail, sehinggakandidat lain harus legowq"kata Adi Yuwono.

Ketua Fraksi Geridra DPRDPubalingga Wahyono mengakupemah dipanggil figa kali olehDPP, namun dia juga mengakui

ketua DPC."Kader potensial memang

dipanggil oleh DPP bahkansampai tiga kali. Kami dimintauntuk memberikan konsep-konsep dalam membesarkanpartai bila dipercaya menjadiketua DPC," katanya.

Ketua Sayap Organisasi SatriaPubalingga Endra Yuliantomengatakan, pemilihan ketuamenjadi hak prerogratif DPPSosok yang akan dipilih tentunyakader terbait yang telah melaluitahap penilaian dan pertimba-ngan oleh DPD dart DPP

Sementara itu, dua kandidatlain yakni Ketua DPC Partai

iika Adi Yuwono yang merupa- Gerindra Purbalhgga Imamkan rekan kerjanya di DPRD iuga Poerseto darr Sekretaris DPCpernah dipanggil oleh DPP Gerindra Purbalingga Sugiminiatam kitan uli telayakan calon belum dapai di(onfirmasi. (oel)

Page 27: Kliping media tanggal 14 april 2016

KLIPINGMEDIA

BAflAl{ IIU[{A$ $ITDA PIIIBAIil{OOA

SATELITPOSTKAIIAIS WAGE,14 APRIL 2016

Besok, Bantuan PKHDibagikan

t? Jumlahnya sama dengan tahun lalu,kecuali untuk ibu hamilatau ibu yangmemiliki anak balita, tahun ini akan

mendapatkan Rp 1 ,2 juta per KSM, tahunlalu hanya Rp 1 juta Per KSM.tt

RiniWidayatiKepala Seksi Resistensi Sosial Dinsosnakertrans

Purbalingga

PI,JRBALINGGA, SATEIXI"OST.Dinas Sosial Tenaga Kerja danTransmigrasi (Dinsosnakertrans)Purbalingga akan mulai mencair-kan bantuan Program KeluargaHaraan (PKH) dari KementerianSosial (Kemensos RI). Kepala SeksiResistensi Sosial Dinsosnal<ertransPurbalingga, Rini Widayati me-ngatakan, ada 23.618 KeluargaSangat Miskin (KSM) yang bakalmenerima bantuan.

"Pembagian bantuan mulai Ka-mis sampai Rabu (1 5-20 / 4) ," kataRini, Rabu (1314). Penerima tahunLalu tercatat sebanyak 23.67 2 KSM.

Setrain menerima bantuar pokok

PKH para penerima juga akanmenerima bantuan tetap sebanyakRp 500.000. Secara norninal, totalada Rp 19,2A miliar yang akandisalwkan.

"Jumlahnya sama dengan ta-hun lalu, kecuali untuk ibu hamilatau ibu yang memiliki anakbalita, tahun ini akan menda-patkan Rp 1,2 juta per KSM, tahunlalu hanya Rp f. iuta per KSM,"katanya.

Sementara untuk penerimaPKH lainnya, sesuai aturan, yaituyang mempunyai anak usia seko-lah dasar (SD) mendapatkan Rp450 ribu, SMP Rp 750 nbu, SMA

dan sederajat mendapat Rp 1juta.Ia mengatakan besaran tersebutbisa saja berkurang jika KSM tidakmematuhi komitmen yang diten-tukan.

"Kalau nanti dari evaluasi mi-salnya tingkat kehadiran siswa(anak penerima PKH, red) kurangdari 85 persen, maka nilai bantuantersebut akan dikurangi. Demiki-an juga untuk ibu hamil yang tidakrutin memeriksakan kandungan-nya ke puskesmas juga akan diku-rangi," kata Rini.

Bantuan PKH berbeda denganprogram Kartu Indonesia Sehat(KIS) atau Kartu Iidonesia Pintar(KIP). Bantuan PKH bisa diman-faatkan untuk memrnjang kebutu-han kesehatan ibu, anak, danpenuniang sarana aBar teraturdatang ke sekolah.

"Kalau KIP bisa digunakanuntuk membeli perlengkapansekolah saja, sedangkan bantuanPKH ini bisa untuk membiayaitransport berangkat sekolah ataules. Demikian juga untuk halkesehatan, KIS untuk penggantiberobat namun PKH ini bisa digu-nakan untuk biaya berangkatberobat," katanya. (enk)

Page 28: Kliping media tanggal 14 april 2016

KLIPINGMEDIA

BAffN IIIIIAS $[tDA ruRBAtil{OOA

Radar Banyumas . Kamis Wage 14 April 2016

PialaAdipuraKembaliTerancam

WWTPABelumDibenahi

PURBALINGGA - Kabupaten Purbalingga, teran-cam tak mendapatkar peng-hargaan Adipura lagi tahunini. Sebab, kondisi TemparPembuangan Akhir (TpA)Sampah dl Desa Banjaran,kecamatan Bojongsa , be-lum dibenahi. Pada tahunlalu, Purbalingga gagal me-raih Adipura, dikarenakankondisi TPA yang belummemberikan poin maksi-mal. Hal itu diungkapkanoleh Seketaris Badan Ling-kungan Hidup (BLH) pur-balingga, Garbo Eko Han-doyo kepada wartawan, te-madn (13/4).

Dia menjelaskaq penilaianAdipua tahap pertama (pt)telah trerlangsung pada 24Maret lalu. Dia mengung-

' kapkan,. hasit penilaian yargia te ma menunjukan kon-disi TPA menjadi salai sahlpenyebab Purbalingga tidak

"Tim penilaiAdipura tahun ini,lebih fokus pada

bagaimanapengelolaan

sampahnya dalamsatu daerah,',

Garbo Eko HandoyoSekretaris BLH Purbalingga

layak mendapatkan Adipwa."Tim penilai Adipura tahun

ini, lebih fokus pada bagaimana pengelolaan sampainya dalarn satu daerah. Semen-tara kondisi 'I'PA masih samadengan tahun lalu, nyarispenuh dan menumput, Se-panjang masih sama, kitatentu akan kesulitan men-dapatkan Adipural' j elasq,?.

' b- ke hal a

Page 29: Kliping media tanggal 14 april 2016

Fokus Persiapan untuk TPA Baru

r PialaSambungan dari hal 5

Apalagi, saat ini, disinYalirpengelolaan sampah di TPAsemakin tidak maksimal,karena Pemkab tengah fo-kus rencana pembangunanTPA baru dilaintempat. Halini sangat memungkinkankondisi TPA terab aikan.Bahkan hingga waktunYaP1 yang dilakukan secaradiam-diam oleh tim penilai,masih belum juga dibenahi.

"Standar penilaian TPAsemakin kesini semakinmeningkat. Paling bagusseharusnya TPA jenis Sani-tary Landfitl, kemudianControled Landfi 11 dan yangpaling bu ruk atau tidak layakadalah Open Damping. Saat

ini TPA Banjaran termasukControled Landfill, hanYasaja belum lengkap, seha-rusnya ada pengolahan

meniadi gas methan," ung-kapnya.

Soal sampah, tak hanYaTPA yang menjadi PR agarbisa kembali meraih Adi-pura, melainlan keberadaanTempat Pengelolaan Sam-pah Terpadu (TPST). Garbomengungkapkan, hinggakini wilayah perkotaan Pur-batingga belum memilikiTPST. Hal ini juga menjadititik lemah nilai AdiPurauntuk Purbalingga.

"seharusnya minimal da-tam wilayah perkotaan adaTPST dan mampu mengo-lah sampah 2 ton per had.TPST ini berguna untukpengolahan awal sebelumakhimya dibuang ke TPAi'katanya.

Namun, selain soal samP-ah, nilai elemen yang lainsudah cukup bagus. Mulaidari keberadaan sekolahAdiwiyata, kebersihan, tem-pat sampah terpilah, PenS-hijauan, perumahan, Pasar,

kantor SKPD sudah cukuPbaik. 'Adanya sekitar I2bank sampah, pengolahsampah di Pasar Segamasdan SMKN 3 Purbalinggajuga sudah cukup baik bisamengolah sampah menjadipupukcair dan gas methan,"katanya.

Dia menuturkan, berda-sarkan informasi yang dite-rimanya proses penilaianAdipura tahun ini hanyasatu kali. atau tidak ada P2.

Tahap selanjutnya adalahverifikasi dari tim Penilaipada bulan Mei mendatanS.

Seperti yang diketahui,Kabupaten PurbalingSa se-mpat mendapatkan Pen-ghargaan Adipura 6 kaliberturut-turut mulai tahun2009 hingga 2014. Tahun20I5 Purbalingga gagal me-ndapatkan Adipura karenastandar penilaian (Passinggrade) yang lebihtinggi dangagal untuk bisa menge-jarnya. {tya)

SukaAtraksiMenarik SuporterATRAKSI supo(er di pinggir

Iapangan, ternyata menarikperhatian Kepala Bagian TataPemerintahan (Kabag TapemJSetda Purbalingga Imam Hadi.Hal itu diungkapkan olehnl akepada Radarmas disela-selapertandingaa sepak bola Tuma-men Piala Bupati Purbalingga2016, baru,baru ini. E' kehelB

lingga.Dia mengaloi, selama ini

tidak terlalu aktif mengikutiperkembangan sepakbolanasional. Namun, dia me-ngaku mendukung sepe-nuhnya kiprah PersibanggaPurbalingga, untukmeniadi

g Kipiah Persibangga

I SUlm dingan sepak bola itu sen-Sambungan dari hal5 diri," jelasnya di Stadion

Goentoer Darjono Purba-Menurutnya, atraksi me-

narik supofter dan hal ko-reografi dan juga nyanyiandalam mendukung tim pu-jaannya sangat menarik."lni yang menambah me-narik pertandingan sepakbola. Dan saya sangat suka

Page 30: Kliping media tanggal 14 april 2016

KLIPINGMEDIA

BAffN IIUI'{A,I ffiDA flllBAili00ARadar BanyUmas . Kamis Wase 14 Aprit 2016

dan awak angkutanhukum.

Pengusaha dan AwakAngkutan Diminta Taat Aturan

PURBALINGGA - PaIapengusaha dan awak ang-kutan umum di KabupatenPurbalingga, diminta me-naati regulasi jasa layananangkutan umum. Yakni,Undang-undang Nomor 22tahun 2009 dan penja-barannya di Peraturan Pe-medntah Nomor 74.tahun20t4.

Hal itu, diungkapkan olehBupati Purbalingga H TasdiSH MM saat bertemu pengusaha dan supir angkutandi Pendapa Dipokusumo,baru-baru ini.

Dia menjelaskan, pengu-saha dan awak angkutanumum harus paham ddnmentaati bahwa pemerin-tah telah mengamanatkanagar setiap penyelenggarajasa layanan angkutan u-mum harus berbadan hrr-kum.

> ke hal S

BADAN Hl.J KU M: Pengusahakota diminta memiliki badan

SambLrngan dari hal 5

"Saya meminta Dinhub_kominfo (Dinas perhu,bungan, Komunikasi danInformatikan, red) untukm ens osialisa sikan secaramatang aturan_aturan ter-sebut," katanya.

Selain itu, Tasdi juga me_mrnta para awal argkutanumum harus meningkatkanpelayanannya meniadi le,bih baik lagi. Agar masva_rakat lebih tertarik uniukmenggunakan jasa angku_tan umum. "selain beri.badah mencari nalkah un-tuk keluarga, iuga menjagaagar masyarakat tidak kapok

Harus Tingkatkan pelayanan

r Pcngusafia menggunakan angkutan u-mum, sehingga meniadiberkah, rejeki berrambah.',jelasnya.

Tasdi iuga meminta du_kunganagarpara awakang_kutan umum ikut serta bei_kontribusi dalam ranskapembangunan purbalingia.r erutama m eningkatkanpelayanan jaSa transportasidan angkutan umum.

"Saya harap para penqu_saha betul-betul mam-oumelaksanakan aturan. Sertaterus berkomunikasi, ber_sinergi dengan pemerintahmencari solusi menins_ka&anpelayanan agar lebtrmalu dan mengikuri per.kembangan iaman,, lani-urnya. (tyalbdg)

Page 31: Kliping media tanggal 14 april 2016

KTIPINGMEDIA

BAffN HI[{A$ SmA ruRBAII{t]0A

Radar BanyUmaS a Kamis wage 14 Aprit 2016

Lima Nama Bersaing I(etatRamaikan BursaCalon KetuaGerindra

PURBAIINGGA- Lima na-ma dikabarkan bakal bersaingketat meramaikan bursa kan

,lahora OPC / Ketua KomisiI\r DPRD Purbalingga), En-

dra Yulianto (Ketua saYaP

orsauisasi Satuan RelawanIn"d onesia RaYa (satria) /Sekretaris Komisi II DPRDPurbalingga) dan WahYono(Ketua Fraksi Gerindra DP-

Eaut r.trinPC Partai Ge-rindra Purbalingga. Merekaadalah Imam Poersetd (KetuaDPC Gerindra Purbalingga),Adi Yuwono (wakil KetuaDPRD Purbalingga / AnggotaFraksi Gerindra DPRD Pur-balingga), Sugimin (Ben-

RD Purbalingga). Namun,tak seperti Parpol lainnYa, diPartai Gerindra, mekanismeDenenluan ketua menjadiLewenangan muttak di tanganDPP tanpa melalui musya-

' warah daerah dan sejenisnYadi tingkat bawah. f keha,8

r lima ]lamaSambungan dari hal 5

Saat dikonfirmasi, WakilKetua DPRD PurbalinggaAdi Yuwono yang disebut-sebut meniadi kandidat me-ngatakan, dirinya memangsaat ini tidat masuk dalamstruktural partai. Namundirinya merupakan anggotafraksi di DPRD dan sebagaikader partai yang dinilaimemiliki kualifikasi kan-didat.

"Saya dan rekan Iainnya dipartai memiliki peluangyang sama. Tinggal ba-gaimana DPP menilai danmerekomendasikan siapasaja yang bisa menjadi ke-tua. Hingga akhimya terbitkeputusan dan mengerucutke satu orang. Tidak adaistilah kudeta, namun se-mua yan8 mengatur me-kanisme DPP," ungkapnya,

Ketua DPC Ditentukan DPPRabu (13/a).Wakil Ketua DPRD Pur-

balingga menegaskan, sia-papun kedepan ketuanya,maka yang lain dimintalegowo. Karena ini sudahmeniadi keputusan pusat.Bahkan dari kelima kan-didat ini iuga ada yang per-nah dipanggil DPD maupunIJPP Partal'Gerindra.Kandidat lainnya yang

iuga Ketua Fraksi GerindraDPRD Purbalingga, Wah-yono mengaku pernah di-panggil tiga kali oleh DPPbersama Adi Yuwono. Selainkepentingan partai, jugaterkait uji kelayakan calonketua DPC. Lebihlan utiugaada fit and proper test danlainnya.

Saat dipanggil, dia dimintamengungkapkan konsep-konsep saat menjadi ketuaDPC terkait eksistensi dansoliditas partai dalam pe-menangan pemilu dan lain-

nya. Dengankatalain upayamembesarkan Partai Ge-rindra harus jelas dan pe-nilaian langsung dari DPP

Sementaraitu, BendaharaDPC Partai Gerindra, Su-gimin menyatakan siap me-mimpin Gerindra Purba-lingga ,ika memenuhi ku-alifikasi oleh DPP. Ketuasayap organisasi Satda Pur-balingga Endra Yuliantomengatakan, pemilihan ke-tua men.iadi hak prerogratifDPP. Sosok yang akan di-pilih, tentunya kader terbaikyang telah melalui tahappenilaian dan pertimba-ngan atau seleksi ketat olehDPD dan DPP.

Hingga berita ini ditulissemalam, I(etua DPC PartaiGerindra Purbalingga ImamPoerseto belum bisa dikon-firmasi. lmam.iuga menjadikandidat yang digadang-Baadang masuk bursa ketuaDPC tahun ini.(amr)

Page 32: Kliping media tanggal 14 april 2016

Direlokasi Bersamaanr illei

KTIPINGIIMDIAIIflAN IIIIII{A$,UDI PI]RBAIilOOI

Radar Banyrmas . KAMTswAGE 14ApRtL2016

Beiharap Tak Ada Gagal Lelang

botsari mengatakan siSambungan darihal 5 mendukung penuh kebi

jakan bupati segera

Mei, Pedagang

PURBALINGGA ReIokasi ratusan pedagang pa-sar Bobotsari semakin te-rang. Diperkirakan, mulaiMei medatang peminda-han pedagang bakal dila-kukan bersamaan, Baikpedagang yanag saat inimenempati shelter di JalanKolonel Sugiri maupunpedagang yang masih be-rada di dalam pasar, Lokasipemindahan tidak adaperubahan, yaitu di lan-dasan terminal bus Bo-botsari sisi barar.

ndapa Kecamatan 6o6o1- Pihaknya menilai, peda-sari baru, baru ini men-gang pasar Bobotsari siap)alakan, dinas mqnys-mendukung revitalisasipakati pemindahsn i; lanjutan pasar kebanggaanlakukanbersamaan. Sebe-mereka segera rampung.lumnya muncul 11,ss6p2Karena sangat mendukungjikapemindahandilakukankegiatan para pedagangbertahap, namun ak}tirnvadan meminta pelaksanalercapai mufakar relokisibisa merampungkan secebersamaan. patnya.

"Perwakilan pedagang di "Saat ini bola sudah di-dalam pasar meminla pin-tan8an pemerintah. Ha-dah bareng dan akhirnvarapan kami dan para pe-disepakati pemerintai.dagang serta pemerintah,Kondisi saatini sudah kon-tidak ada gagal lelang dandusif dan tinggal menung- putus kontrak. Karena akangu kesiapan di lahan calon sangat merugikan semua,"relokasi," kata Daryoto,tambahnya.Rabu (13/,1). p, 1(e646 Camat Bobotsari, M Fatu-

rrohman mengungkapkan,terkait teknis relokasi danpembangunan lanjutanmenjadi urusan stakehold-er terkait. Pemerintah ke-camatan hanya mengawalkebiiakan bupati dan me-mberikan pemahaman ke-pada masyarakat soal ke-lanjutan pembangunanpasarbobotsari agar segeraselesai tahun ini.Djaka Susilo, warga Bo-

lanrutan pasar Bobotsari.Ini kepentingan bersamadan jangan sampai adakendala yang menyebab-kan tersendat atau gagal-

Iokasi pedagang ke landasan terminal bus Bobotsari sisi Barat. Semuadagang akandi sana dan harapanntidak ada kendala sejalan umum bisalancar.

"Kami dan warga Bobotsari Iainnya siap mkelancaran

Kepala Desa Bobotsari,Daryoto mengatakan, hasilpertemuan terakhfu di pe-

nya pembangunan pasarBobotsari tahun ini,' katawiraswasta ini.

Seperti diketahui, relo-kasi bertuiuan memperIancar kelanjutan pem-bangunan pasaryang sudahtiga tahunkuniung selesai.telah mengalokasikandari APBD 2016- Ditam-bah kucuran danapusat dan provinsi.anggaran untuk memba-ngun pasaritu Rp 37(amr/bdg)

Page 33: Kliping media tanggal 14 april 2016

KTIPINGIIMDIABAOIAI,I IIUI}{A$ SIXDA PI]RBAIil{IilA

Radar Banyumas o KAMts wAGE 14 ApRtL 2016

PersibanggaBakal

HadirkanKembali

PersibPURBALINcGA persibangga

Purbalingga dalarnuaktu dekaGibakal kembali berternu derrsanPelsib Bandung dalam laga ;ersahabatan. Bupati purbalinega H'Iasdi SH MM, yang yuga ietuaUmum Pengcab pSSI pulbalinggadaD l(omisaris pT lersibanggaSpoltaurl sudah mtnrurjul pen-jabat sekrerarjs Daerah lsckda )Purbalingga I(ndad iranto. Unrrrkmenjadi ketua panitia pertan

5"tf ru i"tff :Xy j Lasa Pers i ba hssa s

""t o"l1'#lfiTXlli

dingar ini.Kodadiyanto dituniuk oleh

Tasdi, untuk mengiradlrkanPe6ib bersama dengan Lepala Dinas Kebrrdavaan, pariwisata, Pcrnuda dan Oitrh

raga ( Dinbudparpora) Ka_bu paten PurbalingJaa Subeno.Pria rang clisebut terakhir ini,terbuktj sudai sukses meng_gelar Piala Bupati purba_lingga 2016. $F' ke har S

I PersilaflggaSarnbungan darihal 5

Tasdi mengungkapkan,dengan kehadiran persib kePurbalingga, diharapkanmampu mengangkat pres_tasi sepakbola purbalingga."Sepakbola purbaJinggaharus tetap bergeliat, meskisepakbola nasional sedanqtidak menentu," imbuhnval

Sementara itu, ditemu ibaru-baru ini, Kodadivanromengaku akan mengadakan

Butuh Biaya Besar

rapat terlebih dahulu, de_ngan beberapa pihak terkait."Nanti akan kami bahasterlebih dahulu,', katanva.

Su beno sendiri meneakusiap bekerjasama, deieanKodadiyanto untuk me"nshadirkan persib. Mesk],untuk menghadirkan persibtidak mudah, karena mem_butuhkan biaya yang besar.Sebab, Persib mematokmatch fee ( uang randing,redJ yang cukup besar. (tva/bdg)

Page 34: Kliping media tanggal 14 april 2016

KTIPINGMEDIA

BAOIAI{ tII]ll{A$ $I[DA PIIIBAiNOOA

Radar Banyumas o KAMIS wAGE't4 ApRtL 2016

Ialan Panican-LinggamasSemakin Rusak

Dipicu Truk PengangkutGalian C

PURBALINGGA - Luas ialan Panican-tinggamas di Kecamatan Kemangkon,kondisinya kian memprihatinkan. Ruas.jalan yang menjadi ialur alternatif dari

ngendara terutama mobil, harus berjalanpelan, laretra tidal mungkin menS-hindari lubang yang membentang diseluruh bagian ja la n.Bahkail, ada jembatan goronS-gorong

jalan yang ambles, di dua bagian. Sehinggakendaraan harus berhati-hati jika rnele-wati jalan tersebut. t!' . kerarS

Banynmas ke Banjainegara ini, banyakmengalami kerusakan.

Beldasarkan pantauan Radarmas di Ia-pangan, kemarin (13/4), kerusakan jalanterjadi mulai perbatasan Desa Bakulandan Desa Senon, hingga ke Desa Ke-dungbenda. Lubang jalan nampak hampirdi seluruh bagian jalan. Sehingga, pe-

imbuh Deni, warga lainnya.Sebelumnya, Pemkab Pur-

balingga memastikan akanmemperbaiki ruas jalan ter-sebut, tahun ini. Di dalamAPBD Purbatingga 2016,sudah dialokasikan dana Rp8,276 miliar. Saat ini, paketkegiatan perbaikan ruasjalan tersebut sudah dile-Iangkan dan masuk tahapanevaluasi penawaran, eva-Iuasi dokumen kualifikasidan pembuktian Kualifi kasi.

Sebelumnya, Kepala Bi-dang Bina Marga DinasPekerjaan Umum (DPU)Purbalingga, Cahyo Ru-dianto menjelaskan, pro-gram kegiatan pelebarandan overlay di tahun 2016ini, telah dianggarkan dariDana Alokasi Ktrusus (DAK)sebesar Rp 8,276 miliaruntuk jalan sepanjang 8,65kilometer. Pelelangan ke-giatan ditargetkan bisa dil-alekan awal Maret dan pe-laksanaan bisa dilakukanpertengahan Maret, saat inimasih dalam pelyusuuanperencanaan teknis. (tya/bde)

r lalan

Dilewati Ratusan Truk per Hari

Sambungan dari hal5

Menurut beberapa wargayang ditemui Radarmas disepaniang jalan tersebut,kerusakan jalan semakinparah, karena ruas jalantersebut kerap dilewati trulgalian C, dad arah Bulatejake wilayah Kabupaten Ba-n).umas.

"Setiap hari ratusan trukgalian C selalu melewatiialan ini, dengan muatanyang penuh. Sehingga, ker-usakan jalan semakin pa-rah," uiar Santo, salah satuwarga yang ditemui di wi-Iayah Desa Kedungbenda.

Dia berharap, PemerintahKabupaten (Pemkab) Pur-balingga, secepatnya me-ngatasi permasalahan yangteriadi. "Selain itu, sayarugameminta kepada pihak ter-kait untuk mengawasi trukgalian Cyanglewat ialan ini.Agar ruas ialan ini, tidakrusak terus dan anggaranpemerintah untuk perbai-kan Ialan tidak dia-sia,"

\a

Page 35: Kliping media tanggal 14 april 2016

+

ID

-El

'=

EEa!

'=

o.

E

.s..

v

t

Page 36: Kliping media tanggal 14 april 2016

KTIPINGMEDIA

BAflN lllilil$ $[IDA PIIIBAINOOA

RadarBan5rumas.

Bikin Lantai Baru,Curi 6O Dus Keramik

PURBALINGGA-Satu dari dalam persidangan di pN putut (50), dan Slamet (56),Pufi)alingga Rabu (1414). semuanya warga panican,

Iaksa penuntut umum (Ip- Kemangkon.U) M Nurachman Adiku- Maietis hakim yang me-suma SH, kemarin meng- nyidangkan ketiga terdakwa,hadirlan riga orang saksi. diketuai Bagus TrenggonoSaksi korban Titus Usawan, SH, anggota natna Oima-saksi Yayas dan Muslimin. yanti Wisudha SH, danDiteruskan pemeriksaan Indah pokta SH, didam_terdakwa !hu1i4" (32), pingi panitera pengganti

(PP) Adhi Suseno SH. diri. Khajirin mengajakAtas pertanyaanketua ma- terdakwa Putut, Slamet dan

ielis hakim Bagus TrenS- Khadiman. Untuk aksinyagono, terdakwa Khajirin itu Khal'irin membed upahmengakui, dialah yang me- Putut dan Icradiman (DPo)mpunyai ide mencuri ke masing-masing Rp 200 ri-ramik, di gudang material bu, sedang terdakara Slametmilik Titus Usawan. Kemu- Rp 300 dbu.dian rencana itu dibicar- "Kemarik yang diambilakan di rumahnya dengan darigudangmate aldiDesaterdakwa Putut, Slamet dan Tidu, Bukateja, untuk di-Khadiman, yang berhasil pasang di rumah sendiri.kabur Rumah baru dan baru di-

Diakui Khaiirin rnencuri lantai pelester," kata ter-keramik sampai 60 dus itu, dakwa Khajirin berterus-untukdipakaiterdakwasen- teranS. (nis/bdg)'

Kamis Wage 14 April 20'16

tiga terdakwa pencuri 60 duskeramik dan sebuah torenair, Khaiirin (sz), wargaDesa Panican, Kemangkon,mengaku berniat mencuri60 dus keramik untuk di-pasang di rumah barunyayang belum dikeramik. Pe-ngakuan itu disampaikan

Page 37: Kliping media tanggal 14 april 2016

E

o-

!

E4

ie

E

=

5E

Yz

zFtul4E,

oIIJo

Page 38: Kliping media tanggal 14 april 2016

KTIPINGMEDIABAfiIA}{ III]IilAS $MDA IIJIBAIil{OOA

Radar Banyumas . Kamis wase 14 April 2016

_ UI{TAS

54 KSM DicoretProgram Bantuan pKH

, PURIJALI\GGA- Sejurnlah 54 pellerrma banruanrrLrHri I Ketuargd Harapan fpKH) dari Kemenrerian

-\r)\lit{ rNerlo||\o\ Rll tahun 2016 ini dicoret dari

9:l1i ll, l"::1,",1,r: koluarga sang31 mi\r.in (KSMJ iruorrrlti \rlrlnh tiJ.1( layaL rne,nrrima banluan karenaplllual, rurnillr tirrlgal, sudah naik ringlat lesejah_tcraallnya datr lainrl\,a.

, l(a.i \\i\ter).r sr,,iil, Uinas Sos;al Tenaga Keria danIr.rr \n riHra sj {L)insosrrakertrarrst priU"lirggl, fi_i\'\'i d ayati nr crr jel askan, setetah diverifik"aii oieh

l:,il1llile pKrr, pencairan kati tni tranya tercatai1,-9I1 K"i:uig? sansat Miskin (KSA4);i;;;;;imcrrerinra. pada hal tah un lalu telt arataa" z:.0', ifSUpenerima.

,-"lierrr-4n31r1x. gqptuan ini segera dicairkan mulai l5

ll:Hli rc a.pril meldarang. penyebab U".t rrungnyulunrtah p(. erima bartruan l..arena rirlaL memeiuhisyarat lagi sebagai penerima pI(H. Misatnya auiu fiU]llTi]l! ll.l. l":s marih sMA dan kini sudah luru.,r r r \lroJn r 'rlal\ lagi mer rdaoatkan han ruan,,, papar Rini,Rabu (1.r, I ).

Pencairan tahap I memiliki besaran lumayan tinggi,yai(U Rp 19,2 l2 nriliar. pa\alnya. selain iSM aiinl]l:]:,,",. barrruan pu[ut pKH, iuga atan menerima

,11,1'::lrl,l :1., s,,hanrak Rp suo.000. ,.BanruaD )ansuruer-tra11 d] peDCailan rahaD n

a i n., i t n,, pi*u I'p, : ; ; " ;J;,, i

" f, ,Yr' ;"Jl iT,X r::

t l,"* ]oann).r.(amr)

Di lndrarnayL ada parL19 n-angga karend mangg"I9lrTry, sudah terde'lat. grmana kataLl orl ,lPr]ingSa

juga d,br^ ,r oatu16 drrr, b ar d.rr,,rKaIkaJar tebth terkenal

NN 08574732332s

Setuju 6 HariKeriaKAfvll sangat setujU renca;a bpk bpti purbajingga aknL:i:;]nO

*. 6 n. r.j. biar ada prr,banan lrs prbajjngga.

NN 087837116353

Pos Polisi KaranqkaburI^O|PNG e?t.or poru.pu,J. kdrang kabLr. rawan sekatiN".":ji":1,:,: t9 d,iasa petusas d;n keporr*ian . a ja;:;r,::"*]:"'"t "'r'nssu lebih basLs ada pos ooris, pak

Duku

NN 0856432720st

Page 39: Kliping media tanggal 14 april 2016

KTIPINGMEDIA

BAOIN IIIIIIAI $IMA flflBAtII'[OGA

Rador Bmgutn?s o ramis wage 1a npril 2016

[aperdaTokoModernTakMa$k PtolqdaPURBALTNGcA- Ve.,ki s udah

dibahas sejak 2013 lalu, namunRaperda tentang penataan danPembinaan pasar Tradisional, pu-sat Perbelaniaan dan Toko Moderntak kunjung selesai meniadi perda.Bahkan tahun ini raperda iru ridakmasuk dalam program legislasidaerah [prolegda) DpRD p,,._balingga.

"Tahun lalu jadi luncuran, raDirahun ini tjdak masuk prolegd'a,karena ridak memungkjnJ<an untuldibahas," turur Ketua Badan Le_gisJasi (BalegJ DpRD purbalingsa,Suharto.

. Politikus partai Amanat Nasionai(PAN) ini menambahkan, alasanjadi payr:ng hukum perlindu nga nrernadap para pedagang kecil,,,urarnya.Menurutnya, DPRD siaD me_

nyeiesaikan raperda tersebur. Me_mang, di arvalprolegda ini raperdatentang toko moderen iru belummasuk, namun itu bisa diusulkandalam prolegda perubahan nanti

"Nanti m asih ada pembahasantentang RPJMD dan program-pro_gram prioritas bupati yans bejumdirapatkan dengan DPRO. tiunekinraperda roko moderen itu 6isamasuJ< Jagi," imbuhnva.Seperti diketahui; Iebih dari 3

tahun rancangan peraruran daerah(Raperda) tentang penataan dan

belum masuk prolegdi rahun jniolan taranya eksekutif belum siapdari segi kajian alademik terhadapraperda terseb u t. Menurutnya,raperda tersebut seharusnva bisasecepat nya diundangkan meniadiperda bila pihak ekselutil segeramembenkan hasil Lajian aladem ikitu. Sebab perda tersebur nanrinvaakan digunakan un ruk mengatu,KeDeradaan toko mode ren yangpertum buha nnya cepar.

"Toko moderen lidal hanva Alfa_man dan lndomarer safa.'Banvaltoko-roko yang rara letak dan tarakelolanya persis sama dengan rokomoderen tapi izinnya roko kelon_rong. Perda iru nantnya iuga men .

Pembinaan pasar Tra dision al--p u _sat Perbelaniaan dan Toko Modemmandek di pembahasan DpRI)Purbalingga. lmbasnya, toko moderen dengan izin roko keiontoncsema kin menjamu" ponu,uunuiougaan penyalahgunaan perizinanmasrh mengambang,

Hal itu diakui Kepala Kanror pe_nanaman Modal dan perizinan

::?a9u (KpMpT) purbatingga,rvruKooam. Saat ini pihaknva sudahtegas menolak pengajuan izin daritoko moderen sepeni Indomart danA ilamart, Namun ternyata adapengusaha membangra dun _"r_ornkan toko moderendenqan namatoko sendiri. (amr/bdg)