Kliping Berita Tanggal 17 April 2015

41
Radar BanyumaS o Jurnat tegi llAprit 201s Pemba$anPSKS Banlir{el@an KARANGREIA - Program 4) depan, para Rukun Te- Gito menambahkan, di Simpanan Keluarga Sejah- tangga (RT) sudah mulai Desa Serang terdapat 921 tera ( PSKS ) mulai di- kebajiran keluhan dari ma- orang penerima PSKS. Data komplain masyarakat. Apa- syarakat. tersebutsamapersis dengan ratui mulai kebanjiran ke- "sebagian besar menga- data penerima raskrn. Pa- luhan terkait data yang takan bahwa program itu dahal, data raskin Desa merekagunakandalampe- belumtepatsasaran,karena Serang sudah sering di- nyaluran PSKS itu. masih menggunakan data rubah agar tepat sasaran. kepalaDesaSerangSugito lama. Padahal pihak desa Namun, data yang keluar mengatakan, meskipun sudah mencoba merevisi tidakpernah berubah. pembagian PSKS baru akan data dan ternyata tidak ada Lebih lajut, Kades Serang dilaksairakanMinggu (19/ perubahani'katanya. berharapagarpemerintah bisa melakukan validasi data secara periodik. Pasalnya, data penduduk bersifat di- namis tidak statis. "Kalau data yang digunakan tidak tepat seperti ini, peme- rintah desa merasa sangat kerepotan," tambahnya. Hal yang sama juga diakui Kepala Desa Kramat Ke- camatan Karangmoncol, Imam Suwarso. Menurut- nya, pemerintah desa ke- banjiran komplain dari ma- syarakat. Pasalnya, data yang ada dinilai belum tepat sa- Saran. a kehallo Terima Rp 200 Ribu per Bulan r Pem[agian reka tidak terdaftar," ka- tanya. Perlu diketahui, setiap penerima program PSKS itu mendapatkan dana Rp 400 ribu untuk dua bulan. Dana tersebut sangat membantu masyarakat di - tengah naiknya harga- harga kebutuhan pokok saat ini. Karena itu, warga yang semestinya berhak mendapatkan memprotes pemerintah desa akibat tidak terdaltar sebagai penerima. (jok/bdg) Sambungan darihalT "Masyarakat yang me- rasa berhak menerima ba- nyak yang datang ke desa menanyakan kenapa me- =t7-

description

 

Transcript of Kliping Berita Tanggal 17 April 2015

Page 1: Kliping Berita Tanggal 17 April 2015

Radar BanyumaS o Jurnat tegi llAprit 201s

Pemba$anPSKSBanlir{el@an

KARANGREIA - Program 4) depan, para Rukun Te- Gito menambahkan, diSimpanan Keluarga Sejah- tangga (RT) sudah mulai Desa Serang terdapat 921

tera ( PSKS ) mulai di- kebajiran keluhan dari ma- orang penerima PSKS. Datakomplain masyarakat. Apa- syarakat. tersebutsamapersis denganratui mulai kebanjiran ke- "sebagian besar menga- data penerima raskrn. Pa-

luhan terkait data yang takan bahwa program itu dahal, data raskin Desamerekagunakandalampe- belumtepatsasaran,karena Serang sudah sering di-nyaluran PSKS itu. masih menggunakan data rubah agar tepat sasaran.

kepalaDesaSerangSugito lama. Padahal pihak desa Namun, data yang keluarmengatakan, meskipun sudah mencoba merevisi tidakpernah berubah.pembagian PSKS baru akan data dan ternyata tidak ada Lebih lajut, Kades SerangdilaksairakanMinggu (19/ perubahani'katanya. berharapagarpemerintah

bisa melakukan validasi datasecara periodik. Pasalnya,data penduduk bersifat di-namis tidak statis. "Kalaudata yang digunakan tidaktepat seperti ini, peme-rintah desa merasa sangatkerepotan," tambahnya.

Hal yang sama juga diakuiKepala Desa Kramat Ke-camatan Karangmoncol,Imam Suwarso. Menurut-

nya, pemerintah desa ke-banjiran komplain dari ma-syarakat. Pasalnya, data yangada dinilai belum tepat sa-Saran. a kehallo

Terima Rp 200 Ribu per Bulanr Pem[agian reka tidak terdaftar," ka-

tanya.Perlu diketahui, setiap

penerima program PSKSitu mendapatkan dana Rp400 ribu untuk dua bulan.Dana tersebut sangatmembantu masyarakat di -

tengah naiknya harga-harga kebutuhan pokoksaat ini. Karena itu, wargayang semestinya berhakmendapatkan memprotespemerintah desa akibattidak terdaltar sebagaipenerima. (jok/bdg)

Sambungan darihalT

"Masyarakat yang me-rasa berhak menerima ba-nyak yang datang ke desamenanyakan kenapa me-

=t7-

Page 2: Kliping Berita Tanggal 17 April 2015

Diiaga Ketat : PembagianPSKS di Desa Seang

Kecamatan Karangrejadijaga oleh TNI dan Polri.

PURBA1IlIliGA24 t[M

---{,Anda memiliki !nek-unek tentang betuagai haldemi

perbaikan dan kemajuan Purbalingga yang penting tidakmenyinggung sara dan fitnahCalanya ketik PBGr unek-unek

kemudian KIRIM SMS

KE: 081-327'333-778

Kerja Dewan Apa YaDPRo kerjane sih ngapa ya ming kluyuran ngetan ngulon,

mbok mikir wonge dwk, program apa ming copas (copy

paste) tok.NN 081391464031

Negeri yang AnehJadiPraja Pemdes pantasjd abdi negara krn honor dan

tanah bengkoke nanti ketemune di akhiral, yg jd GTT-

PTT layak dpt gelar guru tanpa tanda jasa krn honornya

nanti dapatnya jg kalo murid didiknya sdh jd petinggi

negeri, yg pengangguran dan kerjanya malam malah dpt

dana stimulan PSKS, KlS, KlPBener-2 negriyg aneh.NN 085292917797

BLSM Tak Tepat Sasaranllohon ditinjau ulang untuk pembagian dana BLSM

masyarakatmampu dimanjakan yg tdk mampu tdkdidata

sarah kaprah ok bdnderan k- aaya'.NN 085226612210

Page 3: Kliping Berita Tanggal 17 April 2015

BAOIII{ I{UH,I$.$ETDA P[IRB,{I,II{O{1{

KuniunganWisataPurbalingga Digeniot

Majukan Desa Wisata

PURBALINGGA-Purba-lingga kini bertengger se-

bagai destinasi wisata no-mor dua di Provinsi Jawa

lingga DRs H SukentoRidho MarhaendriantoMM, potensi wisata Yangdigarap secara serius, te-rarah, dan Profesionalakan berdampak Pada Pe-ningkatan p endaPatandaerah. Pariwisata daPatdijadikan prime mover/penggerak berkembang-nya sektor lain Yang daPatmempengaruhi laju Per-tumbuhan ekonomi dae-rah.

" P ariwi sata akan me-numbuhkan perhotelan,rumah makan, dan sektorinfo rmaI, pe rdagangandan industri kerai inan,pefianian dalam arti luas,transportasi dan ang-

daya tatik wisataKOTHEf\AN: Seni kothekan lesung menjadi

di Desa Panusupan Kecamatan Rembang'

kat.

Benahi Infrastruktur

Tengah, setelah Candi Bo-robudur di MageIa ng'Tingkat kunjungan wi-satawan dari tahun Ke

tahun semakin mening-a ke hd 10

Pendukungr Kuniungan

Sambungan dari halT

Hal ini memicu Purba-lingga untuk terus me-ngembangkan destinasiwisatanya.

Berdasarkan data Purba-tingga Dalam Angka (P-DA) dari tahun 2010 sam-pai tahun 2013,tingkatkunjungan wisatawan ra-ta-rata naik sebesar 2,66persen. Pada tahun.2013jumlah pengunjung men-capai 1.404.520 dengan.iumlah tamu menginapsebesat 32.642.Jumlah kunjungan ini

masih didominasi obiek-objek wisata seperti Owa-bolr9, Purbasar,i Pancu-

ran-mas, Taman Reptil,Walik, Goa Lawa dan Bu-per Muniuluhur. Potensikunjungan wisata yangcukup besar ini, meniadipemikiran Pemkab Pur-balingga untuk menggalipotensi wisata lainnyauntuk dikembangkan se-bagai salah satu tuiuanwisata di fawa Tengah.

Salah satu yang akan di-garap serius oleh PemkabPurbalingga adalah pe-ngembangan desa wisata,Pengembangan potensiini akan berpengaruh se-cara signifikan untuk pe-ningkatan perekonomianmasyarakat desa. Denganpotensi keunikan yangdimiliki suatu desa wisata,hal ini akan menjadi dayatarik wisata yang poten-sial.

Page 4: Kliping Berita Tanggal 17 April 2015

kutan,' ujar Sukento padasaat acara Halo Bupati,Senin (13/4) lalu.Untuk mengembangkan

pariwisata, Pemkab Pur-balingfa pada tahun 2015telah menyediakan ang-garan sebesar Rp 305 iutarupiah. Dana tersebut di-gunakan untuk pembi-naan pokdarwis dan desawisata, fasilitasi p agu-yuban wisbangga, apre-siasi dan konvensi pok-darwis pembinaan sertaatraksi seni untuk wisatadan bantuan lesung bagidesa wisata.

Selain dana pengemba-ngan yang berkaitan de-ngan sektor wisata, Pem-kab iuga telah merenca-nakan pembangunan in-frastruktpr sebagai pen-dukung padwisata. Yaknirencana pelebaran jalanPurbalingga - Tobong se-suai hasil DetaiI Engineer-in8 Design (DEE) denganbaddn jalan ? meter mem-butuhkan anggaran se-besar Rp. 36 miliar.

Rencana pelebaran jalanWalik - Karanggambas se-suai hasil DED denganbadan jalan 6 meter mem-butuhkan anggaran se-besar Rp. 2o.miliar. Ren-cana pelebaran jalan Ka-'rangreja - Kutabawa se-bagai pendukung aksesWisata Gua Lawa sedangdiusulkan kepada ProvinsiJateng dengan angga!ansebesar Rp. 8,75 miliar.Dukungan gerakan jalantanpa Iobang yang dica-nangkan Pemprov Jateng,juga meniadi komitmenPemkab Purbalingga ter-hadap sektor pariwisata.

Kepala Dinbudparpora,Subeno mengatakan, un-tuk meningkatkan sektorwisata di Purbalingga da-lam hal ini desa wisata,maka pariwisata harus di-kelola sebagai industri.Harus ada p emasaranyangbaik, masyarakat jugaharus memiliki jiwa wi-rausaha.

"Pengelolaan pembia-yaan yang jelas dan tran-sparan, pemberdayaanpokdarwis serta menyU-sun ulang rencana kerjapemerintah desa agarvisi-misinya selaras dengantuiuan desa wisata," ujar

Sub e no.Berdasarkan data dari

Dinbudparpora terdapat 6desa yang akan dikem-bangkan sebagai desa wi-sata. Yakni Desa Panu-supan Kecamatan Rem-bang, Desa Tanalum Ke-camatan Rembang, DesaLimbasari, Kecamatan Bo-botsari, Desa Serang, Ke-camatan Karangreja, DesaWisata Siwarak, Kecama-tan Karangreia, Desa Ka-rangbaniar, KecaEiatanBoiongsad.

Selain itu juga ada rin-tisan desa wiasta yaituDesa Sidare.ia KecamatanKaligondang, Desa Ke-dungbenda KecamatanKemangkon, Desa WisataPurbayasa Kecamatan Pa-damara, Desa wisata Pe-kiringan Kecamatan Ka-rangmoncol, dan DesaKarangcegak KecamatanKutasari.

Subeno mengatakan, un-tuk mendukung potensidesa wisata maka diper-lukan campur tangan se-mua pihak, yakni peme-rintah masyarakat dandunia usaha, PemedntahmendoroIlg lewat regulasi,promosi dan infrastruktur.Masyarakat mendukungpenerapan aksi sapta pe-sona sadar wisata, se-hingga Purbalingga yangditargetkan sebagai kotawisata dan budaya akanterus dikenal dalam kan-cah regional; nasional,bahkan internasional.

"Masyarakat harus sadarwisata, suasana harus di-bikin aman, nyaman, wi-satawan harus di bikinbetah. ]angan ada gontok-gontokan karena rebutanhome stay," uiar Subeno

Dunia usaha seperti per-hotelan dan rumah ma-kan/restauran, diharap-kan ikut berperan mem-promosikannya. Caranyadengan mengijinkan pe-masangan poster/leafl etdesawisata di tempatyangmudah dilangkau pengun-jung hotel/rumah makan.

" Kalau ini sudah ber-gerak, maka apa-apa yangdijual oleh masyarakatakan laku, otomatis pe-rekonomian masyarakatmeningkat," pungkas Su-beno (bdg/adv)

Page 5: Kliping Berita Tanggal 17 April 2015

Radar Banyumas I Jumat Legi 17 Aptil2015

IUNBIUI{GGA TI(SPRIS

Butuh Kaiian Tiga BulanPURBALINGGA - Terbitnya Peraturan Meftteri Per-

dagangan (Permendag) nomor 06/M-DAG IPER/ I /20\5langsung disikapi Satuan Polisi Pamong Praja dan SKPDterkait tainnya, IGmis (16/4). Mereka men8kaii dan diberiwaktu kurang lebih tiga bulan oleh bupati untuk me-nindatrdaniuti pemturan itu.

"Kami sudah rapat kemadn termasuk dengan KPMPIAsistenSekdate*aitadanFperatumnitu Irimembutuhkankajianmeryeluruh agarlangkah tindaklanjut sesuai amanatpermendag itu bisa dilaksanakan dengan optimall jelas IGsiDal Ops Sat Pol PP Pubalingga, Teguh Sungkono.

Teguh menggambarkan, Purbalingga memiliki Pedalangmengatur mim.man bemlkohol itu. Kemungkinan dariperdi itu akan diturunkan menjadi peraturan bupati.ilhalo:ya juga sudah berkoordinasi dengan Bagian HukrmSetda dar kepol.isian.

"Tentunla tidak asal sudah ada Permedag langsung mainsweeping. Namun hams ada regulasi lain agar lebih telodsdisesuaikan dengan kondisi daeralr" Tapi yang jelas kamisiap menegald(an atumn itui' tegasnla.

Seperti dikaahui, Permendag itu berisi tentang Pengen-dalian dan Pengawasan terhadap Pengadaan, Peredaran,dan Penjualan Minuman Beraikohol. Dalam peraturan inidiatur bahv/a mulai 16 April, minimarket dan pengecer diseturuh lndonesia dilarang meniual minuman beralkoholdi bawah 5 percen. Termasuk di dalamnla ienis bir.

Ia juga mengatakan, Dinperindagkop iuga baru sebatasmerilurati SKPD terkait melalui bupad yang memberikanarahan agar segera ditindaklanjuti. Ke depan, saat regulasidi kabupaten iudah ada, maka akan segera dilakukantangkah- langkah.

"Prinsipnya saat ini kami masih sebatas rapat danmengatur mekanisme penanganannla di lapangan. KamiSat Pol PP bersama jaiaEn terkait yang nantinya akanmenjadi pelalcananya," ungkaprya. (amr/bdg)

Page 6: Kliping Berita Tanggal 17 April 2015

Radar Banyumqs. Jumat Legi 17 April 2015

Sibuk Rencarlakan

PemhangunanDesa

MENJELANG turun-nya dana desa, beraPadesa mulai menyiaPkanrencana pembagunandesa.

Hal tersebut dilakukanagar d ana yang turunbisa terserap secaramak-simal guna membangundesa. a kehal l0

Prioritaskan lalan Desar situfi ekonnomi masyarakat. Se-

hingga, usaha maqrarakat be-lum maksimal dalam mening-katkan kesejahteraan mereka.

Pemedntah Desa Tuiulg.muli mengaku sudah mem-persiapkan pembanngunanprioritas yang akan didanaidengan baltuan dala desatersebut. "Jalan merupakansarana yang vital bagi ma-syarakat, pencegahan bankplecig dan saranaumum akandiutamakari'katanya.

Selain ihf pendidikan ma-syarakat terkait pengawasandan swadayajuga sudah baikSehingga, nantinya maqrara-kat akar dilibatkan dalam pe-ngawasan pembangunan didesa-

Koordinasi dengal lembaga-lembaga desa juga akanmen-iadi prioritas. "Keberhasilanmembagun desa merupakaakeberhasilan semua elemendesa;' tarnbahnya. (ok/bdg)

Sambungan darihalT

Hal ini juga dilakukan olehPemedntah Desa Tunjung-muli Kecamatan karangrnon-col" Joko Pranoto.

Kepala Desa TunjungmuliJoko Pranoto mehgatakan,luasnya wilayah Desa Tun-jungmuli menjadi kendalabagi pembangunan ifras-trukur desa. Namun denganadanya bantuan dana desayang cukup, pembangunaniliastrukur bisa dipercepat.Sehingga akan mempermu-dah akses maslzrakat.

"Luas Tunnjungmuli 900Hekar dan memiliki angkakeluarga miskin yang tinggifalad 1600 KKlebihi' katanya.

Selain itq banyaloya inftas-aukur lnng rusak di wilayahDesa Tuniurugmuli iuga se-ring mengganggu aktivitas

Page 7: Kliping Berita Tanggal 17 April 2015

BAOIAI{ IIUHA$.8ITDI Pi]RBAIItrOfiA

Radaf Banyumas . Jumat Legi 1z Aptt 2o1s

PURBIlIIIGGIII6PRTS KPU Mulai Susun DP4Calon Independen Butuh r Galon

PURBALINGGA - Berapa jumlah pasti dukungan --warga, untuk calon indepeden dalam Pemilihan Kepala "Karena sesuai den ganDaelah (Pilkada) Purbalingga 2015, baru bisa ks1m1r., draft PKPU (Pe-diketahui had ini (\7la). Sebab, Kementrian Dalam 1s1g12p liemisi PemilihanNegeri (Kemendagri) RI baru akan menyerahkan data Umum, red) pencalonan,kependudukan terbaru, yangakan menjadi data agregat untuk kabuparen/kota de.kependudukan (DAK), hari ini. nsar i,mlah penduduk le-Anggota Komisi p.9.-!43i Umum.(KPU) P11* Ui'r, a"ri zoo ,fou jiwa hing-

balingga Divisi Mutarlih, SDM dan RumahTangga.Eko sa I iuta iiwa. harus di-Setiawan ST mengatakan, dad DAK tersebut nantinya iukui1g piline'sedikit Z,Sakan diketahui berapa j_umlah p1:l_,-1,91119-1I.1i f"ir". ;,ilniurip""a"aurs,Kabupaten Purbalingga. "Nantinya jumlah Lersebut, ililJ;. -'-

'akan menjadi dasar penghitungan

llT-"}Y"r.".1.); tJtliui.,l,,"r,auputtu, autukungan warga, untuk calon independen; katanya ^-.',;^:'"""-"--Jii"frri ai -""ng L"riu"v", t"*u'ii ii-oz+1. ' 9iI.9.':^t"l:ntukan be-

Dia menamb;hkair, dat:l DAK tersebut akan di- rapa

']urruan.our<ungan

un-

."r"frf."" "f"i, Kemendagri kepada Ketua KPU RI. !k calgn independen, KPU

selaniurnva data tersebu-r diteruskan kepada KPU Purbalingga rencananya

kabuparen/kota yattg akan menggelar Pilkada serentak akan menyrrsun DaftarPen-

rah,li ini, termaiuk-Kabuparen Purbalingga. "5g1stah duduk Potensjal Pemilihitu, kami resmi mengumumkan jumlah dukungan Pemilihan (DP4) untukuntuk calon independen," tambahnya. pilkada Desember men-

Meski belum mengetahui DAK dad Kemedagri, KPU datang. "DP4 ini, akanPurbalingga mengaku sudah memiliki gqmbaran menjadi dasar untuk me-berapa jumlah dukungan calon independen, untuk ngnluksn jumtah DaftarPilkada Purbalingga, tahun ini. Dia menjelaskan, data Pemilih Sementara (DPS)yang digunakan untuk peuentuan ,O1 66alah data Pilkada Purbalingga," im-semester 1l tahun 2014. B erdasarkan data di DinasKependudukan, dan Catatan Sipil (Dindukcapil)Kabupaten Purbalingga, untuk semester II iumlahpenduduka mencapai 927.978 jiwa. Sehingga, calonindependen harus menyerahkan dukungan 69.598

buhnya.Dia mengungkapka& DP4

nantinya akan disusun ber-dasarkan data kependu-dukan terbaru di Dinduk-capil Purbalingga, uhtuktriwulan kedua tahun ini."DP4 disusun dengan me-ngambil data kependudukanusia penduduk yang me-miliki hak pilih dalam Pil-kada Desember mendatang.Yakni sudah 17 tahun atausudah menikahi ujamya.

Setetah menjadi DPS, datatersebut selanl'utnya akanterus dikoreksi hingga jelangpemungutan suara"Pilkada,untuk dltetapkan meniadiDaftar Pemilih Tetap (DPT)Pilkada Purbalingga. "Iadiberapa jumlah pemilih yangpasti untuk Pilkada Pur-balingga, baru bisa dike-tahui setelah DPT dite-tapkan. ltu iuga masih di-tambah daftar pemilih su-sulan," tandasnya. (tyalbag)

Dukungan 69.598 Warga Sambungan darihalT

dukungan. a ke hd 10

Page 8: Kliping Berita Tanggal 17 April 2015

KLIPING MEDIABAff IAII fi I]UI$.$ETD,{ PIJRBATINOfi i

Radar Banyumos o Jumat Legi 17 Aprit 2015

Baru 43 PersenKegiatnn TerlelangPURBALINGGA - Hingga

April inl kegiatan/proyekyangsudah masukke Unit I-apnan' Pengadaan (ULP) I(abupatenPurbalingga mencapai I0lkegiatan. Namun, baru 44kegiatan atau sekitar43 pe6enkegiatanyang sudah tedelan&

Kepala ULP I(abupaten Pur-balingga Yani Sutdsno UNSSos menambahlan, hinggasaat ini jurnlah kegiatan yangsudah ada pemenang lelang-

nya dan dalam masa sanggahada 21 keSiatan. "Iika dalammasa sangSJah tidak ada ma-salah. Maka, kegiatan akandiserahlan ke SI(PD untukselanjumya dilakukan penan-datanganan konft akkegiatad'lanjutnl,a.

Dari seiulDlah kegiatanyangmasuk ke ULB sebanyak 36kegiatan masih dalam prosesverifikasi dokumen. "Setelahverifi kasi dokumen selesai.

Kegiatan atan langsung kamiuploadta LPSE Qelangpenga-daan secara elektronik, red),untuk masuk proses lelang'kuturryu.

Yani mengkJaim, dengansudah masulqlya 101 kegiatanke ULP Kabupaten Purba-lingga hingga pertengahanApdl ini, pelcepatan kegiatan

lang diinginlan oleh BupatiPurbalingga Drs H sukentoRido Marhaendrianto MM,

sudah tercapai. "BiasanYa,pertengahan April sePerti ini,dokumen kegiatan baru ma-suk ke ULP. Ini sudali sangatbagusi'ularrya.

Menurutnya, dari 44 ke-giatan yang berhasil dilelangitru, Pemkab menghematanggaran lebih dad RP 9,383miliar.

Sebeturnnya, Bupati kembalimenegaskankeinginanYa agarpelaksanaan proyek Pem-

bangunan tahun an8garah2015 ini dapat dilaksanakantanpa adanF puftrs konuakdan gagal lelang termasuktanpa adanya denda sePertiharapan para rekanan.

"Saya berharap tidak adadusta diantara kita. Mudah-mudahan 94 program, 1.587

kegiatan bisa dilaksanakandengan baik" ujar Bupati saatbertemu para rekanan dankorsultan, (tya/bdg)

Page 9: Kliping Berita Tanggal 17 April 2015

KLIPING MEDLIBAfr I{I{ I{U}ilA$ $ETDA PI]RBAIINO0A

Radar Banyumas ' Jumat Lesi 17 Aprit 2o15

Aolya Uiis Pramodita, Pederita Lupus darl L'esa tlauan

Jari Diamputasi, Tak Bisa Tebus 0bat Khusus

Melihat anaknyatumbuh sehat adalah

lmpian setiaP orang tua.Namu[ hal itu tak

teriadi pada PasanganFaiar Hidayat dan RidaKiralawari, warga RT 3/

RW II, Desa RabakKecamatan Kallmanah.Anak Eulungnya Aolya

Uils Pramodita, di-didgnosa dokter ter-

serang penyakit lupus,dua tahun silam.

TAK LAGI SEKOLAH: Aolyaterserang PenYakit lupus

kedua orang tuanya. BetaPatidak,Aotya naik kelas de-ngan nilai yang membang-

Kurang dari sepekan dudukdi bangku kelas \rI di sebuahsekolah dasar negeri di de-sanya, Aolya justru harusmengalami kenyataan pa-hit. Sakitpanas yang dideritaolehnya di. awal masuk kekelas VI, iustru menjadiakhir dari seluruh mim.pinya untuk melaniutkansekolahnya ke jenjang yanglebih tinggi.

Ayah Aolya, Faiar Hidayatmenjelaskan, saatitu anak-nya telserang panas yangtak kuniung sembuh. Me-ngetahui ada yang tidakberes dari anakperempuankesayangannya, dia ke-mudian membawa anak-nya ke RSUD dr GoetengTaroenadibrata Purba -lingga. I ke hat lo

kini tak lagi sekolah akibat

gakan. Namun hal itu rer-nyata tak bisa dinikmatiIama.

ADITYA WISNUWARDANA, Purbalingga

DUA tahun silam, momenkenaikan kelas dari kelas Vke kelas M seharusnYa men-iadi momen Yang mem-'bahagiakan bagi AolYa dan

Page 10: Kliping Berita Tanggal 17 April 2015

Butuh Obat di Luar BPISr lari

Sambungan darihalT

Namun, hanya beberapahari Aolya dirawat di rumahsakit milik Pemerintah Ka-bupaten (Pemkab) Purba-lingga tersebut. Sebab, ru-mah sakit tersebut takmampu mendiagnosa pe-nyakit yang diidap Aolya.

Setelah itu, Aollu dirujukke RSUD dr Margono Soe-karjo Purwokerto. "Di ru-mah sakit ini, dokter iugamengaku tidak sanggup.Kemudian anaksaya diruiukke RSUP Dr Sardiito Iog-jakarta. Di rumah sakit ini,baru diketahui ternyataanak saya menderita lirpus,"ungkapnya.

Bagai terserang petir disiang bolong, Fajar dan is-trinya hanya bisa pasrahmengetahui anak perem-puan kesayangannya di-vonis menderita lupus, pe-nyakit yang masih cukuplangka ditemukan .di Indo-nesia. "Penyakit lupusyangdiderita Aolya menyerangdarah. Sehingga, HB da-rahnya terus merosot .iikasedang kumat. Sehingg4 diaharus rutin mendapatkantranfusi darah di RSUPSardjito;' jelasnya.

Bahkan dia mengungkap-kan, akibat penyakit yangdideritanya, Aolya haruskehilangan beberapa ruasiafinya, akibat diamputasi,karena mengalami pem-bekuan darah. "Jika tidakdiamputasi, akan berpe-ngaruh terhadap kesela-matannya;' katanya.Dia mengaku sedih me-

lihat kondisi anaknya ter-sebut, apalagi pekerjaannyaselalu berhubungan dengananak kecil. "Jika sedangbekerja, saya se ng melihatanak seusianya yang sedanggiat-giatnya sekolah, Na-mun, hal itu takterjadi padaanak saya, dia harus putussekolah karena penyakitnya.Sebab, dia tak boleh ber-

akivitas seperti anak padaumumnya, karena kondisitubuhnya yang mudahdrop;' tambahnya.

Sadar penyakit yang di-derita Aolya adalah penyakitlangka yargpengobatannyamembutuhkan dana besa!dia mengaku syok. "Sayahanya bekerja sebagai sat-pam di SD Negeri Purba-lingga Lor 1. Dengan gaiiyang saya miliki, dan kondisiistri yang hanla ibu rurnahtangga, saya jelas kesulitanuntuk membiayai pengo-batan anak saya," katanya.

Di awal pengobatan diamengalcu sempat kesulitarykarena Karn: jamkesda langdimililqya temyata tak bisadipakai di RSUP Dr Sardiito."Kemudian saya disarankanmengurus BPJS Kesehatan.Namun, ternyata BPJS Ke-sehatan yang saya miliki,tidak mengkover semua je-nis obat yang harus dikon-srirnsi anak saya," akunya.

Hingga saat ini, dia me-ngaku masih belum bisamembeli obat lupus yangharus dikonsumsi anaknya,yang mencapai Rp 90 iuta."Darimana saya menda-patkan uang sebanyak itu.Untuk membiayai kehidu-pan sehari-hari saya iugamasih dibantu oleh mertua,"uiar pda yang saat ini masihtinggal bersama mertuanyadi Desa Rabak.

Dia berharap ada donaturyang mau ikut membantubiaya pengobatan Aolya."Dulu saya sempat men-dapatkan bantuau dari IbuBupati (Ema Sukento, red).Namun, saya masih mem-butuhkan biaya yang ba-nyalq terutama untukmem-beli obat yang harganyamencapai puluhan juta. Saatini, saya tengah melengkapiberkas permohonan ban-tuankepada PakBupati (DrsH Sukento Rido Marhaen-drianto MM, red), agar bisadibantu. Mudah-mudahanbisa dibantu," bebemya. (*/bde)

Page 11: Kliping Berita Tanggal 17 April 2015

KLIPING MEDIABAOIII{ I{UHA$ $ETDA P{IRBAII$O(}fi

Radar Banyumas . Jumat Legi 17 Aprit2ols

Tugutancrp BOBOTSARI - Benda ca-gar budaya berupa tugulancip di kanan dan kiri ruasjalan Bobotsari- Karangreja,tahun ini bakal terkena im-bas pelebaran jalan. Pe-Iebaran itu untuk menun-jang kelancaran arus la-lulintas yang semakin padatsetiap tahur.

Kepala DinhubkominfoPurbalingga, Yonathan EkoNugoho menielaskan, pi-haknya sudah berkoordi-nasi dengan pemerintahkecamatan Bobotsad agarberembug menyikapi pe-lebamn jalan itu. Terutamakesepakatan menyiasasi tu-gu y'ang nantinya akan ber-

unJang- undang. lika se-perti sekarang tidak di-geseI, kondisi ialan setelahdilebarkan akan tetap ter-Iihat menyempit di duatugu itu.

"Tapi saya optimis Peme-dntah desa Bobotsad koo-pemtif dan bisa mene makondisi ini. a ke hal lo

BobotsariBakal

Digeser

geser,"Saya sudah berbicara de-

ngan Camat Bobotsad dankabamya sudah diraPatkanNamun hasilnya seperti aPakami belum ketahui," ka-tanya, kemarin.

Yonathan mengakui jikatugu itu merupakan bendacagar yang juga dilindungi

I(erahkan AIat BeratI Tugu surat tembusan dari Peme'

rintah Desa Bobotsari ke-pada bupati yang ditan-datangi desa dan BPD se-tempat. PrinsiPnya tidakmerubah benruk bangunandan hanyz digeser. Jangansampai merubah bentukapalagi sampai membanguntugu duplikat.

"Masyar.ikat Bobotsari ti-dal< keberalan dan siaP me-nyambut pelebaran jalan itu.(edua tugu itu juga sudahdipersilakan unruk digeser.Tidak ada masalah dan dii-zinkan," katanya singkat.(amr/bds)

Sambungan dari hal 7

Kemungkinan jalan terbaikhanya digeser," katanya.

Bahkan Yonathan sudahmemiliki gambaran ,ikadigeser harus menggunakanalat berat Crane dengantonase yang sesuai. Tujuan-nya agartidak merusak fisiktugu itu. Ailanya alat berat

. itu juga lebih memudahkanpekerja dilapangan.

Camat Bobotsari, Fatur-rohman menjelaskan, Pi-haknya sudah menerima

Page 12: Kliping Berita Tanggal 17 April 2015

/L>

6'

v,l

o-ooEgl

'ao.

i

E

t.,

::

ooc)q

J

E)

Fiiltlqu.l(,

Page 13: Kliping Berita Tanggal 17 April 2015

B,q$I{I{ I{UUA$ $OT}A PIIRBAI,IffO{}A

f,ladar Banwmas . .tumat res i 1z Apit 2o1s

Penambalanlalanfak-ntborongkanPURBALINGGA - Pe.

nambalan jalan berlubangdalam pemeliharaan rutinpada tahun depan tidaklagidiborongkan ke pihak ke-tiga. Mulai tahun depan,empat Unit Pelaksana Tek-nis (UPT) Dinas PekeraanUmum (DPU) yang ter-dapat di wilayah Purba-lingga, Bukateja, Bobotsad

dan Rembangakan difung-sikafl untuk menanganiperbaikan kerusa\an jalanyang sifatnya tidak terlaluberat.Kepala Seksi Prasarana

]alan Bidang Bina MargaDPU Purbalingga, NugrohoPriyo Pratomo mengatakan,masing-masing UPT akandiberi peralatan senditi

untuk menangani lubang dijalan itu. Adapun pera-latannya yaitu stamper, jackhammer, vibroroller dandua unit mobil bak terbukauntuk membawa alat danaspal.

"Kami sedang merenca-nakan pengadaan alat ter:sebut untukbisa masukAPB-D Perubahart. a kehd 10

r PGnam[ala[ da untuk menangani perma-salalan ialan berlubang. pi-halrIya juga sedang menyiap-kan pembelian aspal I0Odrirm dan pengadaan duaunit mobil pengangkut aspai.

"Anggaran pemeliharaanrutin juga akan diusulkanditambah dalam APBD pe-rubahan rahun ini. Sekaransbaru Rp 2 miliar untuk pelmeliharaan dan besaran diperubahan belum kami Iihatkomposisinya," rinci bupati.

Padakesempatanlain, bu-pati iuga sempat menjlai jikakualitas pekerjaan penam-balan jalan berlubang ku-rang bagus. Selain cepatrusak, iuga memerlukanperbaikan di manajemenpela-ksananya. Namun brr-pati juga tal menjamin j&atidak diborongkan pihakketiga hasilnya bagus. Se-lama manajemen pelaksa-nanya bisa lebih baik, makaakan tercapai kualitas baik.(amr/bdg)

Sambungan dari hal 7

Kalau disetuiui dan tahundepan alat teisebirt sudahada, permasalahan jalanberlubdng akan segera dia-tasi secepatnya," ujarnya.

Pihaknya iuga akan mem-buka layanan SMS Centreterkait kerusakan jalan. Ma-syarakat dapat mengadumelalui SMS atau mungkinaduan di media massa. Se-hingga UPT akan langsungbergerak menangani jalankerusakarr tersebur-

"lika ada kerusakan jalandi wilayah Bobotsari, mal<airu iadi tan&gung jawab UpTDPU Bobotsari untuk segeramenanganinya. Kami akanmemastikan pating lariraseminggu sudah dirambal,"tambahnya.

Bupati Sukento fudo Mar-haendrianto akan mengop-timalkan empat UPT fang a-

Page 14: Kliping Berita Tanggal 17 April 2015

?-adar (!6r9urrrra cd"*'* t7 April 2olu

o E ri o..Re*-=!E-BEs:

SEEEtB;3;EEE€.8=EE335eE

Page 15: Kliping Berita Tanggal 17 April 2015

KLIPING MEDIABAOIII{ I{UMA$ $ETDA PURBAIII{ONA

SUARA MERDEKA

JUMAT,17 APRIL 2015

Kerajinan Batok KelaPa

Tembus SingapuraJIKA melihat batok (tempurung) kela-

pa teronggok di sudut pasar, sebagianoranq berpikir itu hanyalah sampah.Sebagian lagi berpikir, limbah itu bisadimanfaatkan untuk membuat arang.

Tetapi bagi Pu.ii Antoyo, warga BT0Z1o Desa Toyareka, Kecamatan Ke-

mangkon, Purbalingga, limbah tersebutbisa menjadi sumber penghasilan yang

menguntungkan. Berkat sentuhan tan-gan kreati{nya, tempurung kelapaitu dio-hh menjadi benda seni bernilai tinggi.Batok kelapa itu, diabuat mangkukyangartistik.

Tak nyana, kerajinannya itu diminatipasar luar negeri. Alhamdulillah, mang-kuk dari batok ini diekspor ke Singa-pura," kata pria berusia 32 tahun itu.

Puji tidak mengirim produk itu lang-sung ke Singapura, melainkan melaluipihak ketiga di Semarang. Dia mengir-

im mangkuk yang masih setengahiadi. " Finishing dilakukan di Sema-iang. Sebetulnya kami di sini juga bisamelakukan flnishlng karena mudah.Mangkuk yang disukai Pembeli, ada-lah yang bagian luarnYa masih adaalur serabut kelapanya. Jadi tidak ha-lus," katanya.Sudah Halus

Fada April ini, Puji mendapat order35.OOO mangkuk ke Singapura. Seba-gian mangkuk itu sudah dia kirim keSemarang untuk fln bh,ing.

Untuk menyelesaikan Pesanan itu,

Puii dibantu 14 orang. Selain mangkukyairg bagian luarnya masih kasar, dia

iuga membuat mangkuk Yang bagianluarnya sudah halus.

"Untuk mangkukyang bagian luarnyahalus dan rala, sudah dipesan olehpasar lokal. Sayajuga membuat bebera-pa jenis kerajinan lain berbahan bakubatok," uiamya.

Produk tersebut antara lain, celen-gan, asbak, cangkir, gelas, piring, lamputempel, lampu gantung, tempat lilin,siwur. dan sendok. Awal bulan, depandia harus memenuhi order 5.000 slwurdan 2.000 centong nasi padang.

"Pekerjaan kami tidak bisa cepat,karena terkendala alat. Peralatan pro-duksi kami masih sederhana, kamibuat dari bekas mesin pompa air yangdimodilikasi," katanya.

Puji berharap Pemkab bisa memban-tu kesulitan tersebut. Sebab produkyang dia bawa, secara tidak langsungmembawa nama Kabupaten Purba-lingga.(63)

Page 16: Kliping Berita Tanggal 17 April 2015
Page 17: Kliping Berita Tanggal 17 April 2015

BAff I,UI III]$,{$ $ETDA PURBAI,Ifl CI(}fr

SUARA MEBOEKA

JUMAL ITAPH|L 2015

Se lepaqPabri k lli usu I kan

Diawasi PusatPURBALINGGA - Delapan pabrik di Purbatinss, 1ffiilff,ffi*,#*1^, *-tahun ini diusulkan Badan Lingkungan Hidup iita tiaa-t. nJgara tujuan

(BLH) purbalingga untuk dipantau dan diawasi ;fffi,:-* menorak produk

terkait penanganan lingkungan hidup oleh

Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan.

Alasannya, perusahaan ini dinilai sudah besar

dengan nilai ekspor yang tinggi dibandingperusahaan lain.

Kepala BLH PurbalinggaIchda Masrianto kemarin men,gungkapkan, pada tahun laluada enam perusahaan yangsudah mengiKuti ProgramPeringkat Kine{a PerusahaanTingkat Nasional (Propemas).Tahun ini perusahaan itu tetapharus mengikuti program itudan ada penambahan duaperusahaan lagi.

"Yaitu pabrik wig PT Bo-yang lndusnial di Jalan AhmadYani, Kelurahan Kandanggam-pang, Kecamatan Purbalinggadan pabrik kayu CV Purbayasadi Desa Purbayasa, Kecamatan

Padamara," ujarnya kepadaSuard. Merdekn.

Adapun hal yang dipantaudan diawasi, yaitu izin lingkun-gan, pengendalian pencemaranair, pengendalian pencemaranudara dan pengolaan limbahbahan berbahaya serta beracun(PLB3).Sangat Penting

Proper sendiri sangat pent-ing untuk memantau tingkatkemmahan lingkungan perusa-haan itu.

Tellebih lagi perusahaanyang hasilnya sudah dieksporke luar negeri. Produk tersebut

Untuk dua perusahaantercebut, lanjutnya, juga diusul-kan untuk diawasi oleh BLHProvhsi Jawa Tengah. Hal itusebagai antisipasi bila usulanke pusat tidak mendapat perse-tujuan Kementerian Lingkung-an Hidup.

Adapun untuk perusahaanyang diusulkan ke Provinsi adatujuh unit.

"Dari usulan itu, palingProvinsi hanya akan menyetu-jui dua atau tiga perusahaan. S-ebab, jumlah target operasipengawasan dan penataan Pe-jabat Pengawas LingkunganHidup Daerah @PLHD) Jatengsebagai gambaran ada 60pabrik," papamya.

Dengan demikian, tujuhperusahaan yang diusulkan keProvinsi tersebut juga sudahmenjadi target pengawasan danpenataan PPLHD KabupatenPurbalingga bersama 13 peru-sahaan lain. (H82-57)

Page 18: Kliping Berita Tanggal 17 April 2015

a'

Page 19: Kliping Berita Tanggal 17 April 2015

KLIPING MilDXABAOI,{II I{U$I$.$ETDA PURBAIJ$OfiI

SMNAMERDEIOJUMAT, 17APRIL2015

Operasi Gabungan Sasar WargadanAnggotaTNI Polri

KALIMANAH - Operasilalu lintas gabungan digelar,Kamis (16/4), di Pos I-alu LintasJompo, Kecamatan Kalimanah.Operasi ini menyasar para pen-gendara yang melintas hendakmasuk atau keluar KabupatenRnb€lingga di perbatasan Purt a-lingga-Banttmas.

Kepala Satlantas Polres Pur-balingga Ajun Komisaris Sudar-sono mengemukakan, operasisidang di tempat ini dalarn rangka

Operasi Simpatik untr-rk mence-gah pelanggaran lalu lintas baikdari masyarakat umum maupunanggotaTNI dan Pohi.

Adapun yarg terlibat dalamoPrasi ini n.l,lah Sadantas danProvos Polres Purbalingg4 DinasPerhubungan Komunikasi danInformatita (Dinhubkominfo),Provos Kodim 0702 Pubalingg4Provos Batzrlyon 4O6 Chandra-krauma Provos TM AU knudWirasaba, Kejaksaan Negeri

(Kejari), dan Pengadilan Negeri("NI) Pubafingga

"Operasi ini merupakanupaya penegakan hukum gunamenertibkanpelanggarlalu lintas.Opeiasi peneniban yang dibaren-gi dengaa sidang di tempat ituunflrk membuat para penggunajalan, terutanxa pengendara motordan mobil, mematuhi anrran lalulintas," katanya-Pelanggar

Para pelanggar lalu lintas

yang te{aring dalam operasi iniaddah mereka yang tidak mern-bawa surat-surat kelengkapankendaraan, seperti SIM danSTNK serta pengendara yangtidak memakai helm pelindungkepalA ataupun yang melanggarperaturan lalu lintas lain.. Kepala Dinhubkominfo Pur-balingga Yonathan Eko Nugohomengemukakan, operasi gabun-gan itu menyasar ke pam penggu-na angkutan umum untukmence-

Ai'lDApunyo keluhon, Ikilik olqu soron seputqrpeloyonon publik di KotoPurwokerto don sekitonryo?

gah pelanggaran.

Sebut saja kelaikan jalankendaraan dan kelengkapansepertikir.

"Kami akan gencar. Ini demikeselamatan bersama," tandas-1I)€-

Dari hasil operasi sidang ditempat, Sadantas Polres Purba-lingga memberikan surat buktipelanggaran (tilang) kepada 25pengendara yang rnelanggar atu-ran lalu lintas. (H82-57)

Kirim peson Ando dengon bohoso sontun, fidok memffhoh, don dopotdipertonggungiowobkon. Ketik krry (sposi) peson Ando. Kirim [e@5AnI6(x)5(x)

Page 20: Kliping Berita Tanggal 17 April 2015

BAOIiI{IIU $$IDA

.lTuAilzAPril 2015

,HiryeE IKoNE

Perkenalkan Desa WisataBEHAWAL dari kegemarannya jalan-jalan dan mendaki gu-

nung, Partomo (36) kini memiliki segudang kesibukan untuk mem-perkenalkan Desa Siwarak, Kecamatan Karangreja dan desawis+ta lainnya diPurbalingga, ke dunia luar.

Berbagai cara ditempuh, lermasuk melalui pertemuan-perte-muan, web6ite, dan jeiaring sosial.

sangat pantas un-dikunjungi, anlara lain

Lawa.

potensiyang belum

, misalnya Bukitr. Ketika berada di

pendaki bisapemandang-

rena itulah, diawaKu itu menjadi

Kelompokr Wsata (PokdaFLawa Mandiri, De-Siwarak mulai

po-

tensi-potensi di de-salya itu.

(Bersanbwtghlm29 kol3)

Pefkenalkan...(Sambuigan hlm 21)

Dia mulai memperkenalkan melalui jejar-

ino sosial dan membuat laman desa wisata

Siwarak, Dia juga ikut pelatihan pokdarwis

vano diadakan oleh Pemkab.' ietapi usahanya itu bukan berarti tanpa

kendala, karena kelompok tersebut jarang

berkeoiatan. Tetapi dukungan dari Dinas

Kebud,-avaan Pariwisata Pemuda Olahraga(Dinbudparpora) membuat dia tak patah

arang dengan sedikit anggota

Seni KenthonganDengan kemampuannya sebagai seni-

man kenthongan (lhek-thek) Laras Golaga,

dia bersama-sama kawan sesama seniman

menghibur pengunjung Goa Lawa Dengan

cara'itu, pengunlung tidak hanya menikmati

pemandangan, tetapi juga kesenian daerah'

Setiap Minggu, dia iuga mendakj perbuki-

tan di desa itu demi mendapatkan gambar-

oambarbaous untukdipasang di website dan

i"i"ring "o.iut.

Seti+ istirahatdan mendapat

islimewa berupa Gu-

SirRyan Fachman

moment yang mengesankan saat facklng,juga selalu saya unggah ke jejaing sosial danwebsite. Sebagai promosi juga." kata priayang akrab disapa Kang Tompel ini.

Hasilnya mulai terlihat. Masyarakat di seki-tar Purbaungga mulai sering menguniungiDesa Siwarak. Selain ke Goa Lawa, merekajuga menyempatkan mengunjungi Bukjt Njelir

untuk menikmati suasana seperti dalam lotodijejarir€ sosialdan website itu.

"Malam Minggu lalu, kawan-kawan pramu-

ka dari SMK I Purbalingga berkemah di sini.

Malam Minggu nanli, recananya kawan-kawan dari Radio Ardi Lawet juga akan kesini," katanya.

Kesibukannya memperkenalkan pariwisa-

ta Purbalingga semakin bertambah, setelah

dia ikut beberapa organisasi. Di KarangTaruna Kabupaten Purbalingga, dia dipercaya menjadi Ketua Bidang LingkunganHidup dan Kepariwisataan. Di PaguyubanPariwisata Purbalingga (Wisbangga) diamenjadi sekretaris. Dan di Froum DesaWisata Jawa Tengah duduk di Pokja Promosi.(Ryan Rachman-e\3)

Page 21: Kliping Berita Tanggal 17 April 2015

BAOIAI{ IIIIUA$TI,IDA Pi]NBAtIilOfiA

SUARA MERDEKA

JUMT: 17APR|L2o15

Lubang di JalanAkanDiatasiEmpatUPT

PLTRBALINGGA - Mulaitahun depan, empat Unit Pelak-

sanaTelmis ( lPf) Dinas Peker-jaan Umum (DPI, di wilayahPurbalingga, Bukateja, Bobot-sari, dan Rembang akan menan-gani perbaikan kerusakan jalanyang tidak terlalu berat.

Kepala Seksi PrasaranaJalan Bidang Bina Marga DPUPurbalingga Nugroho PriYoPratomo belum lama ini menge-

mukakan, tiap UPT akan men-dapat peralatan sendid guna me-mngafli lubang dijalan ihr. Ada-pun peralatannya, yait) statnperjack hammer, vibroroller, dattdua unit mobil bak terbukaunuk membawa alat dan aspal.

"Saat ini kami sedargg me-rencanakan pengadaan alat ituuntuk APBD Perubahan. Kalaudisetujui dan tahun depan alattersebut sudah ad4 permasala-

han jalan berlubang akan bisasegera diatasi secepatny4" ujar-nya.

Selain itu, pihaknya jugaakan membuka layanan SMScenrre terkait kerusakan jalan.Masyarakat dapat mengadumelalui SMS atau mungkinaduan di media massa..Dengan

begitu, LIPT akan langsung ber-

gerak menangani kerusakanjalan tenebut.

"Misalnya warga Bobbtsarimengirim SMS ada jalan rusahnah itu tanggung jawab UPTBobotsari untuk segera menan-ganinya. Kami akan memas-tikan paling lama seminggusudah ditambal," tandasnya.Optimalkan UPT

Sebelumny4 Bupati Suken-

to Rido Marhaendrianto mene-

kankan, akan mengoptimalkankeempat [.IPT itu untuk mena-ngani permasalahan jalan berlu-bang. Pihaknyajuga akan mem-beli 100 drum aspal dan Pen-gadaar dua mobil pengangkutaspal.

"Arrggaran pemeliharaanrutinjuga akan diusulkan ditam-bah dalam perubahan (APBDPerubahan) nanti. Sekarangbaru Rp 2 miliar untuk pemeli-haraar\" ucapnya

Ketua DPRD PurbalinggaTongat juga menegaskan, jikapenanganan jalan berlubangdalam pemeliharaan rutin tidakhanya diserahkan pihak ketiga"

Sebab, harus mentrnggu lelangselesai. Pemkab seharusnyamengoptismalkan U[rf DPU.(rr82-57)

<

Page 22: Kliping Berita Tanggal 17 April 2015

E:4

&>,E=

+

:"e

=

a

*s

!!-a

'.1E'\(3

.:

-s

v

^a.as

i

\

|.:!r!v-<:<-abli€;t!t\{il:\t=+s

4i

Page 23: Kliping Berita Tanggal 17 April 2015

BAOIII{ IIUHA$ $E'IDA PI]RBAI,II{0fiA

SUARA MERDEKAJUMAL ITAPR|L 2015

PURBALINGGA'Parasiswa kelas )oI SMA,/SMIVMAyang baru saja menYelesaikanIIN tahun ini, tidak terlalukhawatA jika nilainya kurangmemuaskan. Sebabl menurutSeketaris Dinas Pendidikan Jiah

Palupi Twrantarti, mulai tahunini ',ilai

UN bukan syarat kelulu-san siswa. TetaPi, siswa tetaP

wajib mengikuti UN miniinalsatukali.

'FungsiUNtidaklagimenja-di syarat kelulusan siswa. KinifungsiUN adalahmurksnrdilan-jut ke jenjang yang lebih tinggi.MsalnyadariSMPkeSMA, alau

SMA ke perBmran tingg," tan-

damya"Nilai UN menjadi bahan

pemetaan mutu pendidikpn disatu daemh dan belperan dalampenetapan kebijakan Pemberianbantuan. Yang menentukan kelu-

iusan siswa adatah uiian sekolah.

Pengumuman 18MeiPeserta didik dinyatakatr

1ulus dari satuan pendidikan sete-

lah menyelesaikan selunih Pro'grampembelajama memPeroleh

nilai sikalperilak:uminimaibaik"Dan tulus qjian sekolah.

Kelulusan peserta didik dad satr-

an pendidikan formal diten kan

oleh salran pendidikan berdmar-

kan mpal dewan gufli," lanjutnYa-

Kelutusan peserta didik dite-

t@kan setelah salrfl Pendidikanmenedrna hasil l-IN Peserta didikbersangkutan. "Pengumumankelulusan diperkiml(an Pada 18

Meii'uiamya.Peserta didik dinYatakan

lulus ujian sekolah apabila peser-

ta didik teiah memenuhi kiiedakelulusan yang ditetapkan oleh

satuan pendidikan berdasarkanperolehan nilai sekolah.(F1G57)

KIRIM IJK: Petugas Dhus Pendidikan memasukkan

lizmbar jawab lampiter (LIK) UI'{ ke &tlammobil unruk

dibawa l<e Semarang. (57)

Page 24: Kliping Berita Tanggal 17 April 2015

JUMAT,17APRIL2O15

P e nerimaan Ang g otn P olri GratisPU.RBALINGGA - Kepo-

lisian Republik Indonesia (Polri)kembali membuka penerimaanpersonel dari taruna AkademiKepolisi (A[pol), brigadlr, dantantama pada 8-25 Aptil.

"Penerimaan anggota Polritidak dipungut biaya sepeser punalias gratis," tegas Kepala Bagian

Sumber Daya Manusia (Sumda)

Polres Purbalingga KomisarisMugima4 Kamis (104).

Dapunmenegaskan, masya-rakat juga dapat mengabarkan kePolda ataupun institrsikepolisiansetempat apabila mendapati ok-numyang mengutip biaya

Penerimaan personel dida'sarkan pada Surat Telegam Ka-polri Nomor 5T/769 -771112015

bertanggal 8 Aprii 2015 tentangwami.fi g otder FEDe'IlIJ.aan tbx]u-

na, brigddir, dan tamtama Pohi' tahun anggaran 2015 serta Surat

Telegram Kapolri Nomor STI-772-773 lfJrlt"ng ?I]ahif pelak-sanaanpenerimaan tarunaAlgol,brigadir, dan tamtama tahunanggamn 20i5 secam terpadu.

Terima 15350 PersonelPenerimaau dilakukan se-

rentak di seluruh indonesia. Padatahun ini, Polri bakal menerimai5.350 pe$onel tambahan. Danuntuk calon anggota Polri diPurtalingg4 pendaftaran dilalcr-kan di PoJres Purbalingga.

Jumlah tersebut terdti atas

300 tamnaAlgol, 50 sumber sar-jana 15.000 tamtana, serta2.250

khusus anggota Brimob. Sisanya

untuk bintara atau bdgadir baiklaki-laki mauptm wanita. Untukyang wanita 2.100 orang, sisanya

brigadir pna"Pelakanaan seleki tahun ini

pun bakal sedikit berbeda daritahun-tahun sebelumnya. Mulaitahun ini- seleksi akan dilak-sanakan secara terpadu. Seleksi,tes, penerimaan waktunya akan

bersamaan, sedangkan penda-faran melalui onlrne. Untuk ved-fikasi data aftninistrasi dilahkartdiPolres Putalingga.

Masyarakat yang tertarikuntuk menjadi anggota Polridapat mengakses situs resmihtp : //wvw. pe ne rimaanp olri. So.id. (1182-57)

VENFIKASI DATA : Seorang pendafiar rnemveifikasidata untuk nxenjadi calon anSSota Polri di PolresPurbaling ga, kemnin. (57)

Page 25: Kliping Berita Tanggal 17 April 2015

ffiPanvH{I!ffiKanker Serviks,

Pembunuh Nomor Satu PeremPuanr DinkeiGelar PemEriksaan Pap SmearPURBALINGGA- Kabar baikbagi para ibu yang inginmelakukan deteksi dini danpencegahan terhadaP kankerleher rahim (kanker serviks).sebab, mulai selasa (27/4\, Pataibu peserta Badan Penyelenggara

Jaminan Sosial (BPJS) daPatperiksa dengan matode InspeksiVisual Asam (lVA) atau PaP

Smear secara gratis.

"Hari Kartini besok,Selasa,21 April, kamimenyelenggarakanpancanangan GerakanPencegahan dan Deteksi Dini

Kanker Leher Rahim pada

Perempuan Indonesia, Pusatnyadi Puskesmas Bobotsari,"jelas Kepala Seksi laminahPelayanan (esehatan (lPK)pada Dinas Keseatan dr WiwinDyah Priwanti di kantornya,Kamis (16/4).

tJntuk seremonial di

Puskesmas Bobotsari, memang

hanya dibatasi 85 pasien.

Namun, bagi para ibu Yangtertarik untuk memeriksakandiri, dipersilakan di puskesmas-puskesmas terdekat atau dokterkeluarga, sesual pilihan Padalayanan BPIS.

"Sementara dari 22puskesmas, baru 17 Puskesmasyang siap, baik alat maupunSDl4. Kelima puskesmasyang belum siap, antara lainPuskesmas Pengadegan,

Karangjambu, SeraYu

Laranqan, Padamafa, dan

lvlrebet," ujarnya.14enurut Wiwin, sebenarnya

BPiS telah iama menqgratiskanpemeriksaan IVA mauPun PaP

Smear Hanya saja, masyarakatsecara umum memang

belum memahami pentingnya

"lika ada ibu yang terdeteksimemiliki sel-sel abnormal, akan

kami rujuk untuk melakukanpemeriksaan lebih lanjut.Karena sel-sel abnormal tidakselalu mengarah pada kankei"jelasnya,

Baik IVA maupun Pap

Smear, masing-masing memilikikelebihan dan kekurangansendiri; IVA relatif cepat untukmemperoleh hasilnya, dibandingPap Smear. Namun, akurasipemeriksaan Pap Smear lebih

Gratispemeriksaan ini atau bahkantidak paham bahaya kankerserviks. "Kanker serviks masih

menjadi pembunuh nomor satupa ra perempuan, Pendataan

terus kami lakukan, Banyak

kasus kanker serviks tidaktertolong, karena beqitu terasa

ada yang tidak beres dalamtubuh, ternyata sudah stadiumlanjut," paparnya.

Deteksi DiniWiwin menambahkan, IVA

dan Pap Smear ini berfungsiuntuk mendeteksi kanker servikssedini mungkin, bahkan sebelum

ada keluhan apapun dari ibu

Begitu ada sel yang abnormalakan langsung terdeteksi dengan

IVA maupun Pap Smear, Dengan

begitu, penyakit ibu daPat

segera tertanqani, jiwa ibu PUn

akan lebih cepat tertolong.

balk dan mampu mendeteksikelainan sel atau penyakitlainnya selain kanker serviks,

Jika terbukti terserang kankerstadium awal, maka pasien akanmengiku|.] cry othera py, y angberfungsi untuk membekukansel-sel abnormal kanker. "Kamitengah mengusulkan pengadaan

alal cryotherapy. Dengan begitu,pasien yang terdeketsi dini,dapat seqera ditindaklanjutitanpa harus dirujuk ke luarkabupaten," ungkapnya. ht{6)

Page 26: Kliping Berita Tanggal 17 April 2015

BAff IilI{ I{I}HA$.$EIDA PURBAIII{O{IA

ffi,,B,,"nyu.m,m

IIARIIAS/SMNETW0RKnYA]I McllMAN

OPERASI lalu iintas gabungan melakukan sidano ditemoatkepada pelanggar tatu lintas, Kamis (16/4) di po;Latu LihtasJompo. Kecamatan Kalimanah

KALIMANAH- Operasi lalu mencegah pelanggamn lalulintas gabungan digelar di pos lintas, baik oleh niasyarakatLalu Lintas Jompo, (eeamatan umum maupun oleh anggota TNIKalimanah, Kamis (16/4). dan polri,Operasi membidik para Adapun yan terlibatpengendara yang melintas dalam operasi ini, yaituhendak masuk atau keluar Saflantas dan provost polresdiperbatasanPurbalingga- purbalingga,DinasperhubunganBanyumas. Komunikasi dan Informatika

Kepala Satlantas Polres (Dinhubkominfo), provost KodimPurbalingga Ajun Komisaris 0702 purbalingg;, provostSudarsoflo mengatakan, opi_,rasi Batalyon 406 Chandrakusuma,sidang di tempat ini dalam provost TNI AtJ Lanud Wirasaba,rangka operasi Stmpatik untuk serta Kejaksaan Negeri (Kejari)

dan Pengadilan Negeri (pN)Purbalingga

"Operasi ini merupakanuppya penegakan hukum gunamenertibkan pelanggar laluIintas. Operasi penertiban yangdibarengi dengan sidang ditempat itu untuk membuat parapengguna jalan, khususnyapengendara motor dan mobilmematuhi atumn lalu lintas,,,katanya.

Para pelanggar lalu lintasyang terjaring dalam operasiini adalah mereka yangtidak membawa surat-suratkelengkapan kendaraan sepertiSIM dan STNK/ serta pengendarayang tidak memakai helmpelindung kepala, maupun yangmelanggar peraturan lalu lintaslain.

Kepala DinhubkominfoYonathan Eko Nugrohomengatakan, operasi gabunganini membidik para penggunaangkutan umum untukmencegah pelanggaran, Sebutsaja kelaikan jalan kendaraan ,

dan kelengkapan seperti KIR."Kami akan gencar. Ini demikeselamatan bersama," kata nya,

Darl hasll opetasi sidangdi tempat, Satlantas PolresPurbalingga mentlang 25pengendara yang melanggar lalulintas. (pr-06)

Page 27: Kliping Berita Tanggal 17 April 2015

BAffIAI{ lIt]HA$ $[TDA PUNBAUfiONf,

,ffi Fsnyl',l,,,,,,,,,,,,,,,r,{lJa.s

POIP Segera Rekrut360 Kader dari Pelaiar

PuRBALINGGA- Dewan Perwakilan Cabang (oPC) P;ftaiDemokrasi Indonesia lerjuangan (PDIP) dalam waktudekat akan memperluas kaderisasi di,lingkup Kabupaten

Purbalingga: Sasaran yang akan diambil adalah kalanganpelajar SLTA yang sudah mulai mendapatkan pemahamanpolitik.

Wakil Ketua Bidang Kaderisasi DPC PDIP Tongat

menjelaskan, setiap kecamatan atau ranting setidaknyamerekrut sebanyak 20 orang. "Sehingga dalam satu

kabupaten ada 18 kecamatan atau PAC, sehingga iargetnya

total sejumlah 360. Sasaran kami adalah pemuda yang masih

berusia kisaran 17 sampai 20 tahun," katanya.Dia menambahkan, nantinya mereka akan melalui

pendidikan di Bumi Perkemahan Munjuluhur Bojongsari.llateri yang didapatkan di antaranya adalah penguatan

ideologi Pancasila, memperkenalkan pemahaman apa itupartai, dan kegunaan partisipasi dalam paftai politik.

"Nantinya akan kami datangkan trainer da-| PDIP, mereka

akan dididik dan menginap. l,4ereka perlu diberi pendidikanpolitik, sebab generasi saat ini umumnya masih apatisterhadap politik," ungkapnya.

Dia menginfrormasikan jajaran kepengurusan PDIP di

Purbalingga saat ini memiliki kurang lebih 8,000 anggota'Pihaknya berharap dengan terus melakukan kaderisasi, masapolitik partai dengan maia terbesar di Purbalingga ini semakinbanyak.

Namun demikian, dia menqakui, elektabilitas PDIP daripemilu ke pemilu saat ini mulai turun. Terbukti dengan jumlah

kursi DPRD Purballngga turun dari 13 kursi meniadi 11 kursipada Plleg 2014 lalu,

FavoritSementara Ketua DPC PDIP Tasdi mengungkapkan, pada

pilkada kali ini, PDIP masih menjadi favorit masyarakatMayoritas calon bupati pada Pllkada 2015 ini menginginkanberada di bawah usungan partai banteng moncong putih ini.

Dari hasil penjaringan yang dilakukan oleh DPC PDIP

beberapa waktu lalu, terdapat sejumlah nama kader intetnalyang mendaftarkan diri sebagaibakal calon bupati (bacabup).

Mereka adalah Tasdi (Wabup/Ketua DPC PDIP), lvluhammad

Ichwan (anggota DPRD Jateng), Ken RagilTuratno (Bendahara

DPC PDIP), dan Kris Hartoyo (fungsionaris DPC PDIP).

"Tidak ada saling jegal menjegal. Semua tentu memilikipeluang sama, Tergantung rekomendasi dari DPP. Semakin

banyak calon yang ingin diusung oleh PDIP, itu menandakanPDIP adalah partai yang cantik," ujar Tasdi. (ms05-06)

Page 28: Kliping Berita Tanggal 17 April 2015

KLIPING MEDIABAff II$ ilI]}{A$ $E,IDA PijRBAi,IilC{lf,

,ffiBanyUmas

ba

FURBALINGGA: Kepolisian Republik Indonesia.(Pold)

kembali membuka penerimaan personel dari taiuna AkademiKepolisi (Akpol), brigadir dan tamtama, terhitung mulaiI hingga 25 April nanti. "Penerimaan anggota Polri tidakdip!ngut biaya sepeser pun aiias gratis," tegas Kepala Bagian

Sumber Daya lvanusia (Surnda) Polres Purbaiinqga KomisarisrYugiman, Kam:s (16/4),

Dia pun menegaskan, masyarakat juga.dapat

menqabarkan ke Palda maupun institusi k6polisian sete$patjika mendapati oknum yang memungut biaya.

Penerimaan personel didasaikan pada keluarnya SuratTe egram (apolri Namori 51/7 69-771/ /2015 tertanggal8 April 2015 ientang Waming Otder Penerimaan Taruna,

Brigadir dan Tamtama Polri Tahun Anggaran 2015 serta Surar

Teregram (apolri larnnya bernomor ST/772-773 tenlangArahan Pelaksanaan Penerimaan Taruna Akpol, Brigadir dan

Tamtama TahuI} Anqqaran 2015 Secara Terpadu.Pener maan dilal.u<d.l Selentak oi seluruh Indonesla.

Pada tahun ini, Polri bakal menerima 15.350 personel

tambahan, Dan untuk calon anggota Polri yang berada diPurbalingga, pendaftaran dilakukan di Polres Purba.ingga.

lumlah tersebut terdiri atas 300 orang taruna Akpol, 50

oralg sarjana, 15.000 untuk tamtama, serta 2,250 khususBrimob, semeiltaE sisanya untuk bintara atau brigadii baiklaki-laki maupun wanita. Untuk yang tanita 2.100, sisanya

brigadir pria.

Pelaksanaan seleksi tahun ini pun bakal sedikit berbeda

daritahun-tahun sebelumnya. 14ulai tahun ini, seleksi akan

dilaksanakan Secara terpadu, Seleksi, tes, penerimaan

waktunya akan bersamaan, sedangkan pendafaran melaluio,riire. Llntuk verifikas; data admrnisrras; dilakukal or Polres

Purbalingga,Bagi masyarakat yang tertarik untuk menjadi anggota

Polri dapat mengakses sitrs rcsmi di http://www.penerimaan. polri.go.id. Seldnjutnya, untuk persyarztannya,para calon peserta dapat mengikuti,petunjuk yang telahtertera pada laman website tersebu[. (pt-06)

Page 29: Kliping Berita Tanggal 17 April 2015

sffiBanyurnastufiat, 17 APril 2075

Banyak Llbang,anKecelakaRawan

JALAN berlubang antaE Owabong-Pasar Beji yang rusak, dipasangi batang pohon singkong dan

ban bekas oleh warga sebagai penanda.

KUTASARI- Jalur wisata antaraOwabong di Desa Bojongsari

menuju Sanggaluri Park di DesaKutasari, Kecamatan Kutasarimengalami rusak. Kerusakan

berupa jalan berlubang terlihatbanyak di jalur Owabong-Pasar

Beji. Banyak lubang Yangmenganga lebar dan dalam Yang

mengganggu Pemakai jalan.

I UBANGlubang itu lebih banyak yang

I letaknva di tenqah jalan. lika hujan, lubang-

I tuoano itu tidaliteriihat karena penuh

henga-n ai. "xumi berharap jalan yang rusak

ini disegem diperbaiki. Paling tidak ditambal dulu.

Sehingga tidak sampai ada korban,'kata Nur, warga

yang setiap hari melintasijalan tersebutBahkan di salah satu titik, warga memasang

batang pohon sihgkong dan ban bekas di sebuah

lubang. Dari lubanq itu kelihatan sungai kecil yang

mengalir di bawahnya.

' "Lubang inijuga perlu mendapat prioritasperbaikan. Karena kalau dibiarkan jalan bisa

ambles. Sebab jalan ini sering dilalui buspariwisata yang berukuran besar," tutur Dwi, warga

lain.Bupati sukento Rido Marhaendrianto fneminta

maaf atas ketidaknyamanan warga terkait denganjalan rusak. Di masa kepemimpinannya jalan

sepanjang 75 km yang rusak belum diperbaiki.

"Saya meminta maaf atas ketidaknyamanan warga

karena masih adanya jalan berlubang. Di masa

kepemimpinan saya ialan yang belum diperbdiki

sebanyak 75 kilometer," ujarnya.Dia menjelaskan, kerusakan jalan tersebut

sebagian terdiri atas ialan berlubang. Namun,

terkait hal itu, bupati mengaku sudah

menqinstruksikan kepada jajaran terkait untuk

segera membenahi kerusakan jalan tersebut.Bupati inenambahkan, saat ini beberapa

ruas jalan yang rusak sudah mulai diperbaiki.

Di antaranya ruas jalan Boiong-Bukateja, ialanlinqkar utara-selatan, (sMNetworkffl0.06)

Page 30: Kliping Berita Tanggal 17 April 2015
Page 31: Kliping Berita Tanggal 17 April 2015

KLIPING MEDIABAfr IAI{ }II]I{,{$$ETDA PUNBilI}{O(}A

SATELITPSSTturnnr lrGt,r 7 APRTL 201 5

Thlcut tYjru,ngsep

di Buyrmanr Polisi Pasang 100 $enthir

PI,JRBAI,JNGGA, SAIELM-POSI-Sebanvak 80 dari 120lebih lampu'penerang jalanumum di ialur Bayeman, De-sa Tlahab Lor, KecamatanKarangreja padam. Padahal,ialur tersebut tersolons ra-wan kecelakaan farer,i b"-nyak tikungan taiam dankondisi ialaa yang irerturr,mPan ang.

Kondisi ini semakin rawansetelah jalur Ciregol di Bu-miayu Brebes terputus. Se-bagian arus kendaraan dia-lihkan melalui wilavah Pur-ba-tingga. Satu di ariara jaluralternatif dari Pantura kejalur tengah dan selatan ada-lah jalui Pemalane-Purba-lingga via Karangreiia.

Mengantisjpasi -kejidian ke.

celakaan pada maiam hari,Polres Purbalingga mendesakPernkab If-uhlinga nrerggantilampu penerang lalan yanqmati. Untuk sementara, Folrd

99lda 100 tampu senthir yang kamipasang. lni untuk mengantisipasi

minimnya penerangan jalan. SqAKP SUDARSONO

. Kasatlantas Polres Purbalingga

Illbalingga monasang lampuminvak atau s€nthn di-kin dankanin tikungan yang dinilairawan keoelakaan.

"Ada 100 lamDu senthiryang kami pasanf. Ini untu-kmengantisipasi minimnyapenerangan ialan," kata IG-satlantas Pohes Purbalingga,AKP Sudarsono-

Ia mengatalan, sejak Ming-gu (1214), empat kecelakaanterjadi di jalur ini. Kecelakaanmenimpa kendaraan besarseperti bus dan truk, Tidakada korban iiwa Dada emDatkecelakaan iiri. l,tireka hariya

mengalami luka ringan. ',Ke-mungkinan karena lalannyacukup terial dan bdnvak h-krmgarl, iadi rem aus sampaidi Bayeman, akhimya npng-sep," katanya.

Polres membul<a pos pen-jagaan khusus di Biveriran.Selain itu, jalur yang irenjadirute pengalhan.arus ken-daraan juga dijaga lebih ba-nyak petugas. "Sesuai ins-truJ<si Kapolres, 60 personeldikerahkan, untuk iilur dariBayeman, Iompo, sampaiBuliateia," ujar dia. ([email protected])

Page 32: Kliping Berita Tanggal 17 April 2015

KLIPING MEDI,&BAfr I,{l{ IIUilA$'$ETD,{ PI]RBAIII{0fi fr

SATELITPOSTJUItiAT LEGI,r7 APRjL 20r5

ANGGOTA polisidari Polres Purbalingga mem€riksa mobilyang melintas di depan Pos Sallantas Jompo, Purbalingga pada

Op6rasi Simpatik Candi2015, Kamis (16/4).

SATELIIPOSTAUDAL AFGAI.II

25 Pengendara DitilangPURBALINGGA, SATELITPOST.Sebanyak 25 pengendara terjaringOperasi Simpatik gabungan di PosLrlu Lintas Jompo, Kecamatan Kali-manah, Kamis 116/4). Operasi inidituiut<an kepada para Pengendarayang masul atau keluar KabuPatenPurbalingga di perbatasan Purba-Iinssa-Ba$,.umas.

lZEoala Satlantas Polres Purba-tinggi, (AIc) sudarsono mengatakan,opeiasi sidang di tempat ini masiidilam rangkalan Operasi Simpatikuntuk mencegah pelanggaran lal ulintas bail< oleh masyarakat umummaupLrn oleh anggota TNI dan Po1ri."Dalam oDerasi Simpatik, kamikedepanka'n s"nytlm, salam dansapa," kata dia.

bperasi gabungan ini dilakukanlintis instansi meliputi Satlartas danPiovost ?olres Purbalingga, Dinas

Perhubungan Komunikasi dan In-formatika (Dinhubkominfo), ProvostKodim 0702 Purbalingga, ProvostBatalvon 406 Chandrakusuma, Pro-vost ?M AU Lanud Wirasaba sertaKelaksaan Negeri (Kejari), dan Pe-ngadilan Negeri (PN) PutualinSSa

"Operasi ini meru Pakan uPayaoenpsakkan hukum menertibkanbetan"ggar lalu lintas. OPerasi Pe-nertibaa yang dibarengi dengan si-dani di t'emp1t ini diharapkar bisameribuat para pengguna jalan, khu-susnva oeneendara motor dan mobil,meniatuhi"aturan lalu lintas danmenciptakan kamseltibcarlantas,"katanYa,

Par'a pelanggar lalu lintas YangterjarinA dalam operasi ini adalahmereka yang tidak membawa surat-surat kelenglapal kendaraan sepertiSIM dar STNK. Ada iuga Pengendara

yang tidal< memalai helm pelindungkepala serta pelanSEaran Peraturanlalu lifltas lairmya.

Menurut polisi, operasi ini jugasebasai upava mendeteksi dini aksipemEegatanl S.i"mtah mobit pribadiian trik oun dieeledah. "Terlebihsekarang irus d;i Jakarta dan Ci-rebon dillih-kan melalui P urba-tinggasetelah jalur Ciregol lumPuh," ka-tanva.

Kepala Dinlubkom jnfo Purba-lingga, Yonathan Eko Nugroho me-ngata kan, operasr gablrntan lru me-nyasar ke para Pengguna angkutanuhum. Sejumlah angkutan umurn,termasul< bus pariwisatd diperiksa.Pemeriksaan melputi ketaikan jalankendaraan dan. kelengkapan sepertiKIR."Ini demi keselamatan bersama,penurnpang dan pengguna ialan lain,"katanya. (gan)

Page 33: Kliping Berita Tanggal 17 April 2015

AKBP EDY SANTOSA ItiSI

BA$I,{I{ III]HI$ '$[TDA

PI]RBAIIfl O{}i

SATELITPOSTJUf,IAT [EGI,

t/ APRTL 2015

SDll2 Grccolkalangan pelajar. Ini hams dihmtikan. Satudrrantaranya melalui pemahaman polatudup.sehat me-nghindari balaya ;arkoba,,,kata Kepata BNNK purbainggi, AKBP fjySartosa MSi.

_ Ia -mengatakan, jika peredaran narkoba

taK dltangkal sejak dini, gmerasi mudarnoonesta brsa rusak oieh narkoba.Menurutnya, satu di etntara cara memutusmata rartai peredaran narkoba adalahSelgan menanamkar kesadaran tentangbahaya _narkoba. Misalnya merusak sarifotak, setungga kemampuan berpikimvamertulun, "Oleh karmi itu, karni muliioan para murid SD,', uiar Edv-

, ,Kasie Penc^eg3r\an dan peniberdayuanMasyar-alat BNNK purbalingga, KuswonoDDC >fl_ mmretaskan, varian narkoba kinisantat beratam. Misabya ada narkobayarlg dikemas dalam beituk permen,Menurutnya, ini mengindikaslkan anak-anak ,uta meniadi target peredarannarkoba. "Kalau dikonsurnsi, efeknya arakaL<an mengantuk dan tida.k konsend.asi,,,kata dia. Gan)

Page 34: Kliping Berita Tanggal 17 April 2015

KLIPING MEDtrABAOIIII IIUHA$

'SEIDA PURBAII$O

SATELITPOST

JUIi'IAI LEGI,17 APRIL 2015

PURBAIJNCGA,SAIELITPOST-KepoIisianRepublik Indonesia (folri)kembali membukapendaftaran calon tarunaAkademi Kepolisi (Alpol),brigadtu, dan tamtama.Pmdaf taran yang dimulaitanggal 8 hingga 25 Aprilnanti gratis tanpa dipungutbiaya.

"Penerimaan arggotaPolri tidak dipungut biayasepeser pun. Iaporkankalau ada oknum yangmemurgut biaya," kataKepala Bagian Sumber DayaManusia (Sumda) PolresPurbalingga, KomisarisMugiman, Kamis (1614).

Penerimaan didasarkanpada surat telegram KapoL:ir.omol: ST /769-n1/ /2015tertangtal8Ap 12015teI.tang wafiing orderpenerimaan Taruna,Brigadir dar Tamtama Polritahun 2015 serta surattelegram Kapolri bemomorS-l /772-773 lentant Ata}:Laxt

Pelaksanaan PenerimaanTarur.u Akpol, Brigadir, danTamtama taiun 2015 secaraterpadu.

tt Penerimaan anggota Polritidak dipungut biaya sepeser

pun. Laporkan kalau ada oknumyang memungut biaya.tt

KOMISARIS MUGIMANKepala Bagian Sumber Daya Manusia

(Sumda) Polres Purbalingga

Ia mengatakan, tahun sebelumnya. Mulaipembukaan pendaftaran tahun ini, seleksi akandilakukan serentak di dilaksanakan secaraseluruh Indonesia. Pada terpadu. Seleksi, tes,tahun ini, Polri akan penerimaan waktunya akanmeiekrut 15.350 personel dilakukan secaratambahan."Untukcalon bersamaan."Pendaftarananggota Pold yang berada dilakukan melalui onlrre,di Purbalingga, Unhlk verifiLasi datapendaftaran bisa adrafnistrasi dilakukan didilakukan di Polres Polres Purbalingga,"Purbalingga," kata dia. katanya.

Dari iurnlah ini, 300 di Masyarakat yangantaranya untut kuota beminat mendaftar menjaditanina Akpol, 50 orang anggota Polri bisasumber sarjana, 15.000 mentakses situs resmiurltut Tamtama dan Blrttua http:,/,/www.pene-atau Brigadir. rimaan.polri.go.id. Serro:a

Ia menjelaskan, persyaratan pendaltaranpelaksanaah seleksl tahun bisa disimak pada lamanini berbeda dengan tahun- website tersebut. (gan)

Page 35: Kliping Berita Tanggal 17 April 2015

Purbalingga DinitaiPelaksana UN Ber:integritas

PURBALINGGA - KabupatenPurbalingga menjadj salah satukabupaten/kota yang memilikiintegritas tinggi dalam pelak-sanaan ujian nasional (UN) se-lama lima tahun terakhir. Se-perti diumumkan MentedPendidikan dan Kebudayaan(Mendikbud) Anies Baswedandi Jakarta, hasil kajian yangdilakukan menetapkan 5,daerah yang memiliki inte-gritas LrN diatas 90. Data itudiambil dari pelaksanaan UN 'seiak 2010-2014.

"Alhamdu-lillah Purbalingga

Jumat Legi, 17 Aprit 2015 wawasalt

masuk dalam 52 kabupatendengan UN juiur. Wilayah eksKaresidenan Banr,.umis selu-ruhnya jujur, termasuk Ban.t-u-mas, Cilacap dan Banjarne-gara," lujar Sekretaris DinasPendidikan KabuoaLen Purba-Iingga Jiah Palupi Twilantarridi ruang kerjanya, Kamis(16 / 4).

Dengan adanya pengumu-man tersebut, laniut Jiah, men-jadi lebih membanggakan ka-rena dalam beberapa tahun te-rakhir prosentase kelulusan diPurbalingga tergolong tinggi,

bahkan mencapai 100 perser."Sebetulnya, tiap tahurl saat

dilakukan evaluasi UN diLPMP (Lembaga PeniaminanMutu Pendidikan-red), serin gdisinggung hal tersebut namuntidak menvebutkan kabuoa-ten/kotanyi," jelasnya.

Tanpa KecuranganSaat ditanya bagaimana de-

ngan kondisi pelaksanaar.r UNtahun ajaran ini, Jiah menyebuttidak ada laporan kendala dankecurangan yang dilakukanbaik oleh panitia maupun sis-

wa. "Tidak ada (kecuranean_red). Semua tertib dal lanc"ar.,,tambahnva.

Dikatakan Jiah, tahun r.niPurbalingga kembali menar_getkan hasil kelulusan untukSN.L{/SMK/MA 100 persenTahun lalu. tingkat keiulusanSMK dan MA irasins-masins100 persen. Sedanekin unf,,ISMA bervariasi. StriA proeramstudi IPA tOO persen, SM,{ IpShanya 99,86 persen. ,,Tahunlaiu untuk SMA IpS 2 siswatidak lulus." jeJasnya.

Seperti dilansir Kemendik,

bud, ada 52 daerah kabuoa-fen /kota dengan pelaksanja,,UN berintegriias tirggi. Jakartadan Jogjakarta meniadi daerahdengan integritas paling ihggiKarena seluruh wilavahnva ni_lai integritasnya diafis 90.

Adapun kab/kota vane be_rintegritas di atas 9d ad"alahKabupaten Lingga, Kota Ja_karta Barat, lakpus, Iaksel.Jaktim, Iakut, Kab pinsar,-daran, Kabupaten Sukab"umidan Kota Bogor. Ada oulaKota Cimahi. Kabupaten 'Ban-

Jarnegara/ Banyumas, Blora,

Cilacap, Karanganyar, Kebu-men, Klaten din kabupatenMagelang.

Selain itu ada KabupatenSemar.rng, Purbaliuqga, ' pur-worejo, llembang, Srikohario.Tcmanggung, W6nogirl, Wo-nosobo, Kota. Magehns danKota Salatiga.

Kota Su1arta, Bantul. Gli-nung Kidul, Kulon progo, Sle-man, YoAyakarta, KavongUtara dan I(ab Mahatam UIIjuga masuk dalam kriteria itu.

ST-jie

Page 36: Kliping Berita Tanggal 17 April 2015

BACII{il IIUMA$ $E,TDA PIJIBAIII{OIIA

Jumat Lesi, 17 Aprit 2015 I \f it1l?SnIl

Purbatingga Fokus KembangkanDesa Wisata

balingga Dalam Angka (PDA)dari tahun 2010 sampai tahun2013 kalau dirata-rata tiap ta-l.runnya terjadi kenaikan se-besar 2,66 persen.

"Pada tahun 2013 junlah pe-rlgunjung mencapai 1.404.520dengan jumlah tamu menginap

Sl PokmdarwisUlrtuk mengembangkan pa-

riwisatd, Pemkab Purbalinggapada tahun 2015 telah menye-diakan anggaran sebesar Rp305 juta. Dana tersebut digu-nakan untuk pembinaan pok-darwis (kelompok sadar wi-sata) dan desa wisata, fasilitasipaguyuban wisbangga, apre-siasi dan konvensi pokdarwispembinaan serta atraksi seni

sebesar 32.642. Jumlah kun-jungan ini masih didominasiobjek-objek wisata sepertiOwabong, Pancuranmas, Ta-man Reptil, Walik, Goa Lawadan Bupei Munjuluhr-rr," kataBupati Sukento Ilido Mar-haendfianLo, dalam Dialog Ra-dio Halo Bupati, belum lamaini.

Pote.nsi kunjungar rvisatayang cukup besarr ini, nenjadiper:.rikiran Pemkab Purba-lingga untuk menggali po-tensi wisata lainnya untukdikembangkan sebagai salahsatu tujuan wisata di JawaTengah.

Salah satu yang akan diga-rap serius oleh Pemkab Pur-balingga adalah per.rgemba-ngan desa wisata. Pengemba-ngan potensi ini akan berpe-ngaruh secara signifikan untukpeningkatan perekonomianmasyarakat desa. Dengan po-tensi keunikan yang dimilikisuafu desa wisata akan menjadidaya tarik wisata yang poten-sia1.

PURBALINGGA- KabupatenPrubalingga saat ini menjadidestinasj (tujuan) wisata nomordua di Jateng, setelah CandiBorobudur di Magelang. Ting-kat kunjungan wisatawan daritahun ke tahun semakin me-ningkat. Berdasarkan data Pur-

*. -' d# {{* ",r* ;e ' r !

r^ & ne

*#MEMBATIK : Scomnguotita rli Dcsn Limbqsori, Kecnnnlqn Boltotsnri,Ptu'balitrgga sctlatrg tnembatik. Deso itti Llikenbtngktn notinLli d*n itisatnkarena ktraj nr batiknya yatry ldlts. i4 Foto : loko Saftoso-Tj

Menurutnya, potensi wisatayang digarap secara serius,terbrah, dan profesional akanberdampak pada peningkatanpendapatan daerah. Pariwisatadapat dijadikan prime mover/penggerak berkembangnyasekfor lain yang d.rpat mern-pengaruhi laju pertumbuhanekonomi daerah.

"Pariwisata akan menum,buhkan perhotelan, rumah ma-kan, dan sektor informal. oer-dagatgan dan industri k'era-jinary pertanian dalam arti luas,transportasi dan angkutan,"uJarnya.

Page 37: Kliping Berita Tanggal 17 April 2015

a -',

Page 38: Kliping Berita Tanggal 17 April 2015

Isdiman, Jalan Jend A Yani,Jalan MaYiend Sungkono danseputar Alun-alun Purbaling-ga," kata KePala SatPoI PP Su-

ioto. Kamis (16,/4)

SebeiumnYa, dalam rakorErpose Pemitrtauan Jeiang P2

Adipura di OPeration Room ,

Grala Adiguna, juga disePa-kati beberaPa titik Yarg men-kati beberaPa tlttk Yarg men-iadi titik lemah P2 AdiPura,'akan digenjot agar bisa ber-kontribu;i dalam P2 AdiPura.

Di antaranYa adalah masihbanvaknva ditemukan PKLyang me'nggelar dagangan diatas hoioar, sePeda motor Yangdiparkir di aiis trotoar, Peda-g#g yung menggelar daga-ngan hingga ke atas troloar,

<>

Page 39: Kliping Berita Tanggal 17 April 2015

----'=->

Page 40: Kliping Berita Tanggal 17 April 2015

..KEDAULATAN RAI(YAT':

JUMAT LEGI, lTAPRIL 2015( 27 JUMADILAKIR 19'18 )

Purbalingga Pelalsana UN Terjujur NasionalPURBALINGGA (IG,) - Purbalingga men-

jadi salah satu Kabupaten&ota yang memilikiintegritas tinggi dalam pelaksanaan UjianNasional (UN) selama lima tahrm terakhir.

Seperti diumurnkan Menteri Pendidikan danKebudayaan (Mendikbud) Anies Baswedan iliJakarta, hasil kqjiaa yang dilakukan menetap.kan 52 daerah yarrg memiliki integritas UN iliatae 90. Data itu diambil dari pelalsanaan UNsejak 2010-2014. Pengumumaa oleh Mendik-bud itu semakin membanggakaa karena dalambeberapa tahun terakhir prosentase kelulusandi Purbalingga tergolong tinggi, balrkan menca-pai 100 persen.

'Alhamdulillah Purbalinqga masuk dalam 52Kabupaten dengan llNjujur. Wilayah eks Kare-eidenaa Baa)rumas selurulnya jujur, termasukBanyrmas, Cilacap dan Banjaraegara," tuturSekretaris Dinas Pendidika:r Kabupatin Pur-balingga, Jiah Palupi Tlvihartarti di luarg ker-jaaya, Kamis (1d4).

Jiah Palupi meuambahhan, saat dilakukanevaluasi UN ili Lembaga Penjaminan MutuPendidikan (LPMP). hal itu sering disinggurg.Hanya saja tidak disebutkan Kabupaten /kotayang berintegritas itu.

Mengenai pelaksanaan UN tahun ajaran ini,Jiah menegaskan tidak ada laporan kendaladan kecurangan yang dilakukan baik oleh pani-tia maupua siswa. 'Tidak ada kecurangan, Se-mua tertib darl la:ocar," tambalnya.

Kemendikbud mengumumkan 52 Kabupa-tenlkota ilengan pelaksanaau IIN berintegritastinggi. Jakarta darr Yogakarta menjadi daerahilengan integritas paling thggi karena selwu}lwilayahaya niiai integritasnya diatas 90.

Kabupaten/kota yang berintegritas di atas 90antara lain Kota Jakarta, Kabupaten Banjar-negara, Barr;.umas, B1ora, Cilacap, Karang-anyar, Kebumen, Klaten dan Magelang, Pur-balingga, Purworejo, Rembang Semarang, Tb-manggrmg, Wonosobo dan Salatiga. (Rus)d

Page 41: Kliping Berita Tanggal 17 April 2015

KLIPING MEDIABAOIII{ }IUHA$'8ETDI PUNBAU}{O{IA

JUMAT LEGI, ITAPRIL 2015

(27 JUMADTUKIR {948)

PURBALINGGA GTR) -Operasi lalntintas (Lalirl) ga-

brmgan Satlantas Polres ilanDinas Perhuburgan Ko-munikasi dan Infonmatika(Dinhubkominfo) Purbalinggadi?os Laiulintas Desa Jpmpo,Kamis (16/4) menjaring pu-luhaa pengguaa kendaraanbermotor. Umunnya pengen-dala yang terjaring karenatak membawa surat ke-lengkapan kendaraan sepertiSIM/Sf,NK serta pengendarayang tak memakai helrnmaupun yang melanggar per-aturan lalu lintas lain Bagipelanggar langsung dike-nakau sidang di iempat.

Kepala Satlantas PolresPurbalingga diun KomisarisSudarsono menyatakaa, ope-

rasi sidaag di tpmpat id ter-masul rangkaian OPerasiSimpatik untuk mencegahpelanggaran lalu lintas baikmasyarakal umum maupuaoleh anggota TT{I dan Polri.Operasi ini menrpakan upayapenegakan hukum guna me-neftibkar pelanggar 1a1u li]r-tas. Operasi penertiban yangdibareugi dengan sidang fitempat itu untul< membuatpara peirgg.rna jalaa, khusus-nya pengendara motor danmobil, mematuhi aturan lalulintas. (Rus).e