Kliping Berita Tanggal 11 April 2015

37
KLIPING MEilIA BAfr IAH }I I}}&q$.$$T}A P{JRBAff ffi$& SABTU, ll APRIL ?91^ Jalan Rusa kJadl Kdluhan PUR e:aLrNGGn - rondisijalan Y*g rusak ruas Jalan Kembangan-Tidu' Kecamatan Bukateja yang men gaki batkan kemacetan c*ui parah. Kendaraan besar dialififan ke jalan kabuPaten iru. karena jalan Provinsi Bo- ion s-Klarnpok diPerbaiki' ' irrnatt<.imam(10/4)seseo: rnsel rans dengan nomor P( oafizesisst 8 berkeluh ke- sah di rubrik KrePiwe Suara M erdeka Suara BanYumas' lsinva "Pak BuPati Purbaling- ea iiangisi warga Kembang- in, CiPawon. Karangcengls' ( B er sambung hlm 22 kol 2 ) ' di Purbalinggaselalu dikeluhkan masyarakat' Korban yang jatuh akibat kondisijalan itupun terhitung tidak sedikit' Perteneahan uur* riu' iu- muel TonTordia Ituisti a TumiP iiqt. o"mudu^al Perum Kati- [idans Rf + RW 7 Desa Kali- Lia*E, Kecamatan Sokaraja' r I lj'r: : Banyrmas teivas setelah men- nJ#ni r...ruraan runggal di iuiun ringtut selatan Grecol- kairn-"h. kare na terperosok lubang. Dua hari lalu' - sebuah truk ter- perosok di lu- bang Pada Bi" Ma'g:u DPu Purbalingga(H82) Sumber: Seksi Prasarana Jatan Bid' l--1 _____-_--/

description

 

Transcript of Kliping Berita Tanggal 11 April 2015

Page 1: Kliping Berita Tanggal 11 April 2015

KLIPING MEilIABAfr IAH }I I}}&q$.$$T}A P{JRBAff ffi$&

SABTU, ll APRIL ?91^

Jalan RusakJadlKdluhan

PURe:aLrNGGn - rondisijalan Y*g rusak ruas Jalan Kembangan-Tidu'

Kecamatan Bukateja yang

men gaki batkan kemacetan

c*ui parah. Kendaraan besar

dialififan ke jalan kabuPaten

iru. karena jalan Provinsi Bo-

ion s-Klarnpok diPerbaiki'' irrnatt<.imam(10/4)seseo:

rnselrans dengan nomor P(

oafizesisst 8 berkeluh ke-

sah di rubrik KrePiwe Suara

M erdeka Suara BanYumas'

lsinva "Pak BuPati Purbaling-

ea iiangisi warga Kembang-

in, CiPawon. Karangcengls'

( B er sambung hlm 22 kol 2 )

' di Purbalinggaselalu dikeluhkan

masyarakat' Korban yang jatuh akibat

kondisijalan itupun terhitung tidak sedikit'

Perteneahan uur* riu' iu-muel TonTordia Ituisti a TumiP

iiqt. o"mudu^al Perum Kati-

[idans Rf + RW 7 Desa Kali-

Lia*E, Kecamatan Sokaraja'

r I lj'r: :

Banyrmas teivas setelah men-

nJ#ni r...ruraan runggal di

iuiun ringtut selatan Grecol-

kairn-"h. kare na terperosok

lubang.Dua hari lalu'

- sebuah truk ter-perosok di lu-

bang Pada

Bi" Ma'g:u DPu Purbalingga(H82)Sumber: Seksi Prasarana Jatan Bid'

l--1

_____-_--/

Page 2: Kliping Berita Tanggal 11 April 2015

Jalan"..

(Sambungan Hm2l)

dalane k:pan bade didandosi . dumptruckot,.er mui{an dijorna mawon, anupripun?'1

"Unruk kecelakaan lalu lintas akibaiIubang di jalan yang lapor ke karni me_mang baru saftrkasus dan korbanmening_gal. Namun kecelakaan kecii_kecil yaigtidak melapor (Unit Kecelakaarl sangaibanyah" kata Kanit Laka Satlantas poliesPurbalingga. Ipru Aan Hcriyawan, Jumar00t4t.

. . Menui'urnyl, iubang-lubang di ruas

jrlarr sa ngat ntembahayakan pe*ngenda_n. Terlebih la.ei biia penerangan mi-nlm. Btasanya yang berada di pinggirankota: atau di jalan kabupaten, antu.t

"u_

Ldngkah-Ian gkah s u d- ah-d-f atutanpihakirya dengan memberi imbauankepada masyarakat, menandai lubang-lubang tersebut serta berkoordinaiidengan Dinas Pekerjaan Umum @pU)Purbalingga.

Kepala Seksi Prasarzma Jalan BidangBina Marga DPU purbalingga, NugrohiPriyo Praromo. mengatakin rntrli p"._baikan jalan rusak pihaknya tetahmelakukan sejak awal tahun melaluipe.meliharaan rutin dengan anggaran Rp2miliartahunini.

Ada dua mekanisme yang dila_kukan. yaitu dengan tim penam6al dariBina Marga untuk kerusakan kecil danoleh pihak keriga dengan cara penun_jukkan langsung untuk kerusakun ,"_dang.

''Unruk kerusakan kecil ada dua timpenambal yang bergerak cepar. Masing_masing terdiri ams lima orang dengan

kelengkapan satu unit vibroroler kectL,sedangkan oleh pihak ketiga menger-jakan jalan dengan kerusakan sedang,"katanya.

Adapun jalan dengan kerusakan tinggidikerjakan menggunakan paket pen-ingkatan dan pemeliharaan yang ditan-gani oleh pihak ketiga dengan sistemlelang.

Tahun ini ada 67 paketjalan dengan 42paket sudah terlelang dan sisanya 25paket masih dalam proses lelang di Unitlrlang Pengadaarl GILP). Atinya sejakakhir Maret lalu dok'umen lelang sudahmasuk ke ULP semua.

"Untuk 42 paket yang sudair ter-lelang. Senin depan akan kami kelu-arkan SPPBJ (Surat PenunjukkanPenyediaan Barang dan Jasa). Baru l-2hari kontrak bisa ditandatangani, se-dangkan penge{aan dilakukan 90 hariuntuk Skala kecil dan 150 hari skala se-

dang,'' jelasnya.Tahun ini ia optim.istis penanganan '

jalan di Purbalingga bisa dikerjakan lebihcepat dibanding tahun lalu.

:

, Pasalnya, perubahan mekanismelelang dimani tidak harus menunggu :

tiga penawar mempercepat prosp.s l

lelang.Selaia itu, u ntok asphaLt mixing pktnt

(AMP.) atau hotmix tidak harus me-nunggu giliran atau antre, sena pihakketiga boleh mengambil dari penyediamana saja selama memiliki.sertifikatlaik dari Kementerian Pekerjaan UmumGU).

Selain peningkatan jalan kabupaten,jalan provinsi yang ditingkatkan yaituJalan Raya Bojong-Klampok. Jalan S

Parman, Jalan Ahmad Yani, Jalan Jen-deral Soedirman. Jalan Raya Purba-lingga-Bobotsari, dan Jalan Raya Bo-botsari-Belik(H82- I 7)

--------...=--'. -.;-

Page 3: Kliping Berita Tanggal 11 April 2015

zt ---

-___-t-_T----

w#Hfi

I N G. lq KA N P E N G E N DARA : S p anduk b) nu t i s kn n p e i n g a r an * r;Y :;; :;;;:,y.e.ript jala,lq"ky1?s trrpylrig di peremparan Gimuih, Jatnn letjen Sudnni( lingkar utaia) Purbaling ga.( t Z t "

nl::t,tJ

*

Page 4: Kliping Berita Tanggal 11 April 2015

KLIPING MEDIAB,tfiI&I{ }II]HA$ $ETDA Pi}RBEII{$fi$.

SUARA MERDEKA

SABTU, 11 APRIL 2015

Sn*arerln o*,na,d**7**PartomoWargaSiwarak

_ DA"f *ANE ake h si ng.bpdo ! ? T-andrUrjyjr

gedang baedalane m'en Penrdangrasa.(H82-17)

Satria PanjiPradanaWargaBumisari

DALAN nggo ngepenakna, udu malahnyusahna. Dalane penak, transportasi lan-

car, wargane bersinar. (H82-1 7x+

SM/Ryan Rachman

JanganSerahkanpadaPihakKetiga

BANYAKNYA lubang di jalan rayayar'1 saat ini masihmenghiasi j alanan Purbalingga sangat memrihatinkan. KgtuaDPRD Purbalingga, Tongat, mengatakan di luarfaktor alam yangmenjadi penyebab, Pemkab seharusnya juga memiliki strategil€pat unruk mengatasi permasalahan itu.

Ia menilai, seharusnya Pemkab tidak menggunakan pihak keti-ga unruk pemeliharaan rurin. Adanya pihak ketiga dalam peker-jaan itu membuat kerusakan jalan tidak bisa segera diselesaikan,karena menunggu lelang.

Seharusnya ireldulbpU lebih mengoptimalkan frrngsi []pfDPU yang ada. sehingga saat ada kerusakan jalan ringan yangmemerlukanpemeliharaanrutinbisalangsung dikerjakan, ., ., i :

"Jalan berlubang jangan dianggap sepele. Sangat memba=hayakan dan mengancam jiwa pengguna jalan. Karena iru harusdisikapi serius oleh pemegang kebijakan. Tahunini kami rnenlintakepada DPU agar pekerjaan iru dilakukan IIPT yang dirniltki,"tegasnya.

-Ia juga merninta agar anggaran pemeliharaan rutin untuk jjan

bisa lebih banyak.Saatini di APBD awal hanyaRp 2 miliar danrencananya akan

ditambah mel al ui APB D Perubahan di tahun yan g sama. Selain iruuntuk tahun selanjutnya harus dipikirkan untuk penrngkatan jalanagar tidakberpotensi rusakkembali dalam waktu yang singkat.

SM/Ryan Rachman

(Bersambung hlm 22 kol2)

Page 5: Kliping Berita Tanggal 11 April 2015
Page 6: Kliping Berita Tanggal 11 April 2015

KTIFIN# iVIEDIAB-{fiffi}{ ilIJB{,E$ $ffTil,E TirffiAlI}{$ff&

$n$Affie ffiffiffimH${ffi

SABTU, ll APRIL 2O15

HPI PurbalinggaPURBALINGGA - Aris Widianto terpitih sebagai

Ketua Dewan Pimpinan Cabang fOpCjHirprninPranuwisata lndonesia (HPl) Purlcalingga periode 2015-2020. Aris yang juga menjabat fasilitator Dea WisataPanusupan ini terpilih pada musyawamh penrbentukandi aula Dinas Kebudayaan Pariwisata Pemuda danOlahraga (Dinbudparpora) Purbalingga, l(amis (9/4).

Ketua terpilih, Aris Widianto, mengungkapkan,setelah terbentuk kepengurusan, pihaknya akansegera menyusun anggaran dasar dan anggaranrumah tangga, progrcm kerja tahunan dan lima tahu-nan, serta konsolidasi organisasi.

" Program peninqkatan sumber daya pramuwisa-ta tentu menjadi bagian terpenting dari pembentukanDPC HPI Purbalingga. Hal ini karena seiring dengantuntutan sertfikasi bagi tenaga pramuwisata dalammenghadapi Masyarakat Ekonomi Asean (MEA).Kami akan terus bekerja sama dengan DPD HPIJateng untuk meningkatkan sumber daya pra-muwisata di Purbalingga, seperti yang kami lakukandengan mengirimkan peserta uhtuk mengikuti pela-tihan pemandu wisata di Solo dan Semarang, bulanlalu," paparAris

Adapun pada pemilihan ketua, Aris menun-dukkan Agus Sudiono, Punroko, Agustin, dan BudiAnggoro. AgusSudiono meskipun kalah, tetap digan-deng dalam kepengurusan dalam posisiwakil ketua.

Sementara itu sekretaris dipegang Purwoko,wakil sekretaris lvan Sanniako, bendahara Agustin,dan wakil bendahara Urip Afit. Kepengurusan jugadilengkapi dengan sejumlah seksi seperti seksihumas yang dipercayakan kepada Parlomo, AlalRizki, dan Rahman.Terobosan Cepat

Sementara'sel<si diklat dipercayakan kepada JokoDui dan Bambang nitanto, set<si t<edra Yossi Puspitasari,Falih Rahman, dan Mardiyanto. Kepengurusan jugamembentuk koordinator lapangan, yaitu Budi Anggoro,Anton Sujarwo, dan Amar Wahyono.

Sekretaris DPD HPI Jateng Antonius BambangSantoso yang hadir mengemukakan, pembentukaiDPC HPI Purbalingga ini berarti merupakan tero-bosan cepat dari para pramuwisata di purbalinggayang didukung penung oleh Dinbudparpora. Bebe-rapa DPC yang sudah terbentuk antara lain DPC HPISemarang, Solo Raya, dan Salatiga.

Dia menyebutkan, semangat para pramuwisatadi Purbalingga juga mendapat dukungan serta fasili-tasi dari Dinbudparpora. Puncaknya, DPC Hpl dapatdibentuk dengan cepat.

Kepala Dinbudparpora Subeno menegaskan,keberadaan pramuwisata sangat perlu untuk mem-bantu mempromosikan pariwisata Purbalingga dimasyarakat luas. Pramuwisata memiliki peran untukmendatangkan wisatawan ke Purbalingga dan men-jual pariwisata Purbalingga dengan baik dan menge-sankan. (K35-57)

Page 7: Kliping Berita Tanggal 11 April 2015

KTIPIN& MEDIAB,qffIAH HUh{A$ $OTTA PI]FSAI,II{ff*$

Radar Barryumas o Sabtu Kliwon 11 April2015

AIat BeratMulai

DikerahkanBersihkan LongsoranPanusup an -Tunj ungmuliREMBANG-Akses jalan

Panusup an -Tunj un gmuliyang sempat terputus akibatlongsor mulai dibersihkanmenggunakan aldt berat.Selain itu jalan tersebutnantinya akan kembali di-bangun untuk menormal-kan kembali akses di duadesa itu.

Kepala Desa PanusupanImam Yulianto mengatakan,setelah berapa minggu tidakbisa dilalui saat ini aksesPanusup an-Tunj ungmulimulai dibuka kembali. JalurPanusup an -Tunjungmuliyang terputus nantinya jugaakan tetap dibangun dilokasi yang sama. "|aluryangputus akan diperbaiki, tidakakan dipindahi' katanya.Lebih lanjut imam me-

ngatakan, saat ini hanya adasatu jalur masuk ke DesaPanusupan yang mudahdilalui. Yakni jalur dari DesaRajawana. Sedangkan jalur

dari Tunjungmuli masihmenunggu longsoran diber-sihkan.

"Jembatan yang baru di-resmikan yang menghu-bungkan Desa Makam de-ngan Tunjungmuli bisa di-lalui, namun belum diaspaljadi masih sulit," tambahnya.

Kepala Pelaksana BadanPenanggulangan BencanaDaerah (BPBD) Purba-Iingga Priyo Satmoko SHMH mengatakan, dari raPatkoordinasi anatara BPBDdan DPU, alat berat sudahditurunkan sejak Selasakemarin. "Koordinasi lang-sung ditanggapi cepat danalat berat langsung diturun-kani'paparnya.Alat berat tersebut nan-

tinya akan digunakan hing-ga jalur Panusupan-Tun-jungmuli bisa dilalui ken-daraan. Sehingga, alat beratmasih akan beker;'a sampaiselesai. (iok/bdS)

=*,

Page 8: Kliping Berita Tanggal 11 April 2015

-

g,.i)=ftr

cF(g

o

(go-

sa0

o

EoEtD(!

l!oo.,}-9

Gl!

=G

fi,

EI(u

EoE(E

15(E

,tr6

!(,g

sG.Fo

=EoE

EaD5'3

(,aD

G

=vYzJ-,

Il

il

Z'/^\---1==\

Page 9: Kliping Berita Tanggal 11 April 2015

KIIPgN& MEilIAfiAfftqH I{IJ}dA$ $ETDA Pl]RBAIIHffffA

Radar Banyumas o sabtu Ktiwon rr nprDors

KorbanDBI) TenrrbusB0Orang

Renggut disebabkan oleh nyamukAedes aegypti ini merengutnyawa Balita berusia Iimatahun, Florentina Indah S,

warga RT 3/RW I[ KelurahanPurbalingga Wetan, Kecama-tan Purbalingg4 Senin (6/4)lalu

Kepala Bidang Pengenda-lian Penyakit dan Penyeha-tan Lingkungan Dinas Ke-

sehatan Kabupaten lOff;Purbalingga Semedi me-ngatakan, dengan tambahansatu korban meninggal du-nia tersebut, tahun ini, su-dah dua orang meninggaldunia akibat DBD. "Se-dangkan, untuk total wargayang terserang DBD, mulaiJanuari lalu hingga hari ini(kemarin, red), sudah B0 or-

Nyawa DuaBalitaPURBALINGGA'Demam

Berdarah Dengue (DBD)kembali merenggut korbanjiwa di Kabupaten Purbaling-ga. Terbaru, penyakit yang

ang;" katanya ditemui diruang kerjanya, kemarin(ro/4).Dia menambahkan, de-

ngan adanya penambahanjumlah korban jiwa terse-but, maka total warga yangmeninggal dunia akibatDBD tahun ini sudah me-nyamai jumlah tahun lalu."Tahun lalu (2014, red),

r"lu-, satu tahln ada duawarga yang meninggal du-nia akibat DBD. Mudah-mudahan jumlah wargayang meninggal tidak ber-tambah lagii' lanjutnya.

Bertambahnya jumlah kor-,ban meninggal dunia akibatDBD tersebut, sangat disa-yangkan olehnya.

r ke hal. 10

FoGGI N G : Petugas DKK Purbalin gga metaxut#'i:1[,ru-;:Kelurahan Pubalingga Wetan, kemarin. q_lL_>-

-___._/.-

Page 10: Kliping Berita Tanggal 11 April 2015

Pekan Depan Kembali Difoggingr l(ol[an Semedi j uga mengungkap-

kan, fogging ini dilakukanuntuk membasmi nyamukdewasa. Fogging tkdak bisamembunuh jentik dan telurnyamuk. "Kalau telur danjentik nyamuk dibasmi de-ngan gerakan PSN," je-lasnya.

Semedi mengatakan, fog-ging tidak boleh dilakukansecara rutin. Sebab hal itudikhawatirkan bisa mem-buat nyamuk menjadi kebal."Kalau dosis ditingkatkanakan bisa berdampak nega-tif kepada kesehatan manu-sia. Karena itu fogging tidakboleh dilakukan sembara-ngan," ujarnya didampingiKasi Pengendalian PenyakitEdiyono.

IvJenurut Semedi, gerakanPSN jauh lebih efektif untukmembasmi nyamuk daripa.da fogging. Cukup meluang-kanwaku l jam untukme-lakukan PSN dalam seming-

gu di lingkungan rumahmasing-masing.

"Tak hanya di dalam ru-mah tetapi juga di luar ru-mah, seperti halaman de-pan, halamanbelakang, dankebun. Tempat-tempat inijustru sering luput dari pe-ngamatan. Lebih bagus lagibila PSN ini dikoordiniroleh RTi'katanya.

Semedi mengingatkan, cua-ca lang elatrim di Purbalinggamembuat perkembangbiakannyamuk jadi cepat. Pagi sam-pai siang panas, siang sampaisore hujan. Karena itu wargadiimbau untuktetap waspadaDBD.

Sebelum ditemukan kor-ban meninggal dunia diKelurahan Purbalingga We -

tan, DKK Purbalingga jugamenemukan korban me-ninggal dunia akibat DBDdi Desa Bobotsari, Kecama-tan Bobotsari pada awaltahun lalu. (tya/bdg)

Sambungan dari halaman 7

Sebab, sejaktahun lalu DKKPurbalingga sudah melun-curkan program satu jamPSN (pemberantasan sarangnyamuk).

1'Ternyata program ini,masih belum dilaksanakansecara serius oleh warga.Meski, kami tak pernah ber-henti mensosialisasikan halini kepada masyarakat. Se-hingga, jumlah penderitadan korban meninggal duniatetap terjadii' imbuhnya.

DKK Purbalingga menu-rutnya, juga sudah melaku-kan fogging di lokasi wargayang meninggal dunia, Ju-mat (10/4) pagi. "sepekanke depan, juga akan kembalidilakukan fogging di lokasiyang sama. Ini dilakukanuntuk memberantas nya-muk clewasai' ujarnya.

Page 11: Kliping Berita Tanggal 11 April 2015

KLIPINffi KIMilIABAfr I,q}{ }I1J${A$.$$T}& PliMffi Iff ff ff &

Radar BanyumaS o sabtu Kliwon 11 April 2015

Ialan Iensual Diwacanakan IadiIalan Kabupaten

Permudah Dibarter dengan Ialan Soekarno-HattaPemeliharaan

rlalan " RencananYa Penga[tianstatus itu akan kita mintakansubsitusi dengan ruas ialanmulai dari Kelurahan Ke-

dungmenjangan hingga Pe-rem"oatan terminal Purba-lingia. ArtinYa jalan iru me-

niJdi trat P-emProv dalamoLneelolaannYaj' jelasnYa''Iairerinci, ruas jalan dariKedungmeniangan - Termi-

nal Puibalingga ini dinilaimemenuhi starat meniadiialan Provinsi. PasalnYalalan Grsebut iuga masihmenvambung laian Provinsivaitu Boiong - Banjarnegaraierta Teiminat Purbalingga

-Banvumas."Dua ialan Yang akan di-

barter memiliki nilai Yangsama. Meski dilihat daripaniang jalan memang be-

iu. u"*t"t ialan IenderalSoedirman hanYa 5 kilome-ter, sedangkan Kedungmen-iansan - Terminal B kilome-i"t,"N.*ut jalan IenderalSoedirman lebih lebar' Jadiiika dibandingkan, jalaniersebut memiliki nilai Yangsamai'rincinYa.

PihaknYa oPtimis wacana

itu akan ierealisasi' PasalnYa

tahun 2015 ini adalah siklus

tahunan PemProv Iatenguntuk menguPdate daftarialan. Sehingga akan lebihmudah membicarakannya'(amr/bdg)

PURBA.LINGGA- JajaranDinas Pekerjaan Umum (D-PU) Purbalingga sedang ber-koordinasi dengan pemprovIateng untuk mengusulkanIalan Jenderal SoedirmanPurbalingga rnenjadi jalanmilik kabupaten. Meski ma-sih sebatas wacana/ pemkahserius menyikapi wacana ini;

Selama ini, jalan tersebutmasih berstatus jalan milikProvinsi. Perawatan maupunperbaikan menjadi tanggungjarvab pemerintah provinsi.Kasi Prabarana |alan DpUPurbalingga, Nugroho STmengatakan, dengan pe-ngelolaan di Kabupatery j alanutama di Kota Purbalingga itudiharapkan bisa mendapat-kan perawatan prima, tanpaterkendala prosedur Lrirokrisiyangpanjang.

"Saya contohkaq ketika adakerusakan di Jalan Jensud ini,kami (pemkab purbalingga,red) tidak bisa rrr elaJorkan apa-

Sambungan dari halaman 7

apa. , ke hal. 10

Bahkan menambal jugatidak berhak. Kami hanYa

memb eritahu Pemerintahorovinsi agar kerusakani" g"tu ditangani," tuturnya,Iumat (10/4)

Pihaknva berharaP, ke

depan dengan Pengelolaanmeniadi jalan kabuPaten'kerusakan bisa langsungditangani cePat. Ia juga me-nutur-kan, Ialan Jensud ada-

lah cerminan wajah kotaPurbalingga'

Dikhawatirkan, iika keru-sakan tidak dibenahi de-nean cepat maka bisa me-

rrisak wajah kota Purba-'Iinesa. Konsekuensi Yangdidi"pal Pemkab bisa dinilaiburuk oleh masYarakat, Pa-dahal kewenangan jalantersebut adalah PemProvIateng.

Ia juga menielaskan, waca-

na itu tidak semata- matameminta Pengalihan status'

Namun sudah diPerhitung-kan matang termasuk ang-garan.tYa. Saat ini masihiahap Pembicaraan diting-t ^t

S'XbO. Usai didaPatkananalisa Yang mendalam'maka akan segera membuatsaiian ke BuPati dan arahanuntuk ke PemProv )ateng'

<7_=

Page 12: Kliping Berita Tanggal 11 April 2015

-

:GrED

EL

o-(E

o

IE'a

=tE

=-@

E

.:o

oo-

6

IE

oo

E

ft,

GE

oo

at,

ELo

o-:tgIE-)

FoY

-,

=

Page 13: Kliping Berita Tanggal 11 April 2015

KLIPING MEDIABAfr IjlH }{ {JHA$-$$TDA P{IMffiIfffifi E

Radar Banytrmas o Sabtu Ktiwon 11 April 2015

Intip Panorama purbalingga dari

PerbataSan Pemalang

AZAN subuh terdengardari delapan penjuru mataangin. Delapan pemudaterlihat keluar dari tendakemahnya di Bukit Njelir.Mereka segera mengambilair wudlu. Setelah selesai me-nunaikan Salat Subuh, merekalangsung menggelar tikar Canmenunggu matahari terbit diufukTimur. I ke hal. 10

- hanYa bisaSunrise atau matahari terbit bilsanV-1'

dinikmatio'p"^i'i''i"'puncatt'gunung'Namun'," #;;,'a i I rilnr,.T: "rnxm,ilffi:

#khawatir dan pergt Jaln .Yl'::-" ^^l-' "n^,"."k

Kecamatan[l;lfr,.plgiioie"x[,]"Jll;P.X'i,:iX1'.?[*"tidengan

karangreja' pesona >urrrrov v'"- - mudah'

PUTUT JOKO UTOMO'Purbalingga

Page 14: Kliping Berita Tanggal 11 April 2015

<A

Disiapkan Pemandu IftususrhtiR kao dari bukit Njelir, aktivitas

Gunung Slamet juga bisaterlihat jelas. Bukit Nielirterletak di Desa Siwarakyangberbatasan langsung dengan'KabupatenPemalang.

"Bisa melihat Purbalinggadan Pemalang di Pagi hari.Dua daerah bisa kita lihat se-kali pandang," tambahnya.

Akses menuju Bukit Njelircukup mudah karena satujalur dengan Goa Lawa.Pengunjung juga telahdisiapkan pemandu khusus.agar tidak salah jalur saatmenuju puncak Njelir.

'1Kita juga siapkan pe-mandu bagi warga ydngingin menikmali sunrise diBukit Njeliri' katanya.Partomo menceritakan,

banyak manfaat yang baikuntuk tubuh ketika me-nikmati matahari pagi. Me-nurut beberapa sumber ,menikmati sunrise akanmembantu meningkatkanhormon. Karena saat itukondisi tubuh masih fresh,

bukan hanya karena udaramurni yang dihirrrp. Kandu-ngan vitamin D dalam sinarmatahari pdgi juga bagusuntuk me-recovery tulang.

Selain baik untuk tubuh,efek sinar matahari pagi(sunrise) dikatakan bafuuntuk men-stabilkan kon-disi kejiwaan, terutama bagimereka yang rentan ter-hadap depresi ataupun stres.Sinar matahari dapat me-lepaskan endorphin dalamtubuh, yakni sebuah zatdalam tubuh manusia yangberfungsi sebagai antideplresi alami, dan dapat keluardi saat-saat tertentu saattubuh sedang mengalamilekanan ataupun stres.

Kepala Desa Siwarak Su-ratman S Ag mengatakan,pengembangan wisata sun-rise memang mulai dikem-bangkan di Desa giwarak.Selain, Goa Lawa, kebonnanas, arena trek bukitNjelir menjadi target selan-iutnya. (*/nag;

Sambungan dari halaman 7

"Semoga bisa terlihat, al-hamdulilah cuacanya ce-rahi' tutur Ketua PokdarwisLawa Mandiri, Partomo.

Setelah menunggu 30 me-nit, sinar matahari mulai na-mak sedikit demi sedikit.Terlihat senyum puas di wa-jah para pemuda yang sudahlama meunggu momen itu.Ternyata keinginan merekabisa terpenuhi. Sunrise me-rekah dengan indahnya.

Sambil menikmati Kopi,Partomo menceritakan, ba-gi sebagian orang, me-nunggu matahari terbit me-rupakan kenikmatan tersen-diri ketika kita bisa melihatproses terbitnya matahari.'Apalagi di wilayah perbu-kitan seperti ini, udaranyasegari' ceritanya.

Keindahan Bukit Njelir ter-bilang tidak kalah denganPuncak Gunung Slamet. Bah-

Page 15: Kliping Berita Tanggal 11 April 2015

ffiiP,ING MMSrABAOI,U{ HtlH,}$ $ETDA PIJRBAIIHOffA

Radar Ban5rumas o Sabtu Ktiwon 11 April 2015

KONSULTASI:Calon konsumen

Cluster GadingPermai sedangberkonsultasidengan Divisi

Marketing dikantor pemasaranGading Permai, Jl

Mt Haryono,Karangsentul,Purbalingga. :

Clustu Gading Permai, furi &Hadir di Bojanegaradan Mewek

PURBALINGGA-MasyarakatPurbalingga dan sekitamya kinimakin leluasa dalam memilihhunian yang nyaman danbergengsi. Gading permai yangberlokasi di Desa Bojanegara

Kecamatan Padamara dan Ke-lurahan Mewek KecamatanKalimanah menawarkan ber-bagai keunggulan hunian seka-Iigus kesempatan untuk berin-vestasi bagiAnda.

Cluster Gading Permai @Bo-janegara, hadir di lokasi yangstrategis (Il Raya Padamara-

Purbalingga, Ds BojanegaraKecamatan Padamara, Purba-lingga). Akses menuju ke pusatKota Purbalingga, rumah sakit,Alun-alun Purbalingga, pusatpertokoan, sekolah,Pasar Sega-mas, Terminal Kota Purtalinggadan lainnya hanya berjaraksekitar 5 menit. r ke hat. 10

Page 16: Kliping Berita Tanggal 11 April 2015

---..,^-.---.-.-.-.--tr-.---

Cocok untuk Hunian dan Usahar GlustGl

Sambungan dari halaman 7

Akses ke pusat kota Pur-wokerto juga mudah (sekitar20 menit), karena hunian iniberada di jalur alternatifPurbalingga-Purwokerto ;

Nyaman dan asri juga me-njadi keunggulan dari Chrs-ter Gading Permai @ Boja-negara. Cluster ini berdiridi lingkungan yang cukupmendukung bagi sebuahhunian karena berbatasandengan lokasi perumahanyang sudah berdiri sebe-lumnya. Dibangun dengankonsep cluster dengan satupintu masuk diharapkandapat meningkatkan kea-manan bagi para peng-huninya.

"Dengan berbagai keung-gulan itu, Gading Permai @Bojanegara sangat pantas

dimiliki untuk hunian ke-luarga maupun untuk inves-tasi i' tutu Developer GadingPermai, Eko Teguh Santosa.

Cluster Gading Permai @Bojanegara ini dibangundengan desain minimalis,ber-type 46184.Selain de-sain yang modern dan ber-kelas, kualitas bangd,nanjuga tidak diragukan lagi.

Gading Permai@Mewek,juga hadir di lokasi strategisyakni di ]l Raya Soekarno-Hatta, Kelurahan MewekKecamatan Kalimanah. Ja-lurini merupakan jaluryangcukup berkembang karenamerupakan jalur antar kotaantar provinsi. Lokasi inimenyediakan akses yangsangat mudah menuju pu-sat kota, pusat pemerin-tahan, pertokoan, pasartradisional dan fasilitas um-um lainnya cukup mudah.

Selain cocok untuk hunian

dan investasi, Cluster Ga-ding Perrnai@Mewek jugapas untuk tempat usaha/bisnis. Pasalnya, pihak de-veloper juga menyediakansejumlah ruko di cluster ini.

Gading Permai@Mew€khadir dengan desain mini-rnalis dengan tiga pilihantype yakni type 55/95, type48/84 d,an type 90/112.Hunian ini menawarkankenyamanan bagi para kon-sumen karena hadir dengankonsep cluster dengan onegate system. Fasilitas chil-dren plauground, joSgingtra.ck dan sarana ibadahjuga tersedia untuk me-nambah kenyamanan. "Ba-gi konsumen yang inginsegera memiliki hunian asri,nyaman dan bergengsi,segera hubungi kantor pe-masaran kami dill Raya MTHaryono 17 Karangsen-tul, Purbalingga. (*/bdg)

Page 17: Kliping Berita Tanggal 11 April 2015

KTIPINC MESTABAfrIA$ I{{}HA$ $ET}& PtJRBAIiff$$A

Radar Banyumas o sabtu Kliwon 11 Aprpil20lS

Tambahan HonofGTT/PTT Belum ldealPURBALINGGA- Renca-

na pemerintah kabupatenmenambah honor bulananpara gum tidaktetap (GTT)dan pegawai tidak tetap(PTT') sekolah dikritisi olehPGRI Kabupaten Purba-. lingga. Meskipun telah me-mberikan perhatian lebihkepada tenaga pendidi; be-saran tambahan honor ter-sebut diakui belum ideal.

Ketua PGRI Kabppaten Pur-balingga, Sarjono MPd me-ngatakan, peran GTTdi seko-lah sangat mernbantu kegia-tan belajar mengajar hinggakini. Karena harus diakui,Purbalingga masih kekura-ngan guru hingga mencapai1.000lebih.Iika tak ada GTT,maka bisa dipastikan sekolahakan keteteran, terutama ditingkat sekolah dasar.

"Saat ini, jika honor diam-bilkan dar! dana BOS, maka

akan semakin membebanisekolah. Karena alokasi ho-nor wiyata bhakti dari BOSyang tadinya 20 persenturun menjadi 15 persenljelasnya, Iumat (10/4).Di sisi lain jika semua

' anggaran untuk honoi paraGTT itu dikrebankan kepadaAPBD,tentn akan mernakanangka yang sangat tinggi.Untuk mencapai ideal hing-ga setaraUMK, maka mem-butuhkan waktu yang lama.

"Realisasi tambahan danaitu harapannya bisa me-macu kembali semangatpara GTT untuk terus me-ngabdikan diri di duniapendidikani' tam bahnya.

Kabid Dikdas Dindik Pur-balingga ini menggambar-kan, kekurangan guru di atas1.000 orang saat ini, sulitdip'enuhi dalam waktu de-kat. I ke hal. 10

Penuhi Kekurangan Guru

rlam[anan malmemacukinerja gurq tidaktetap ittr, pendidikan tdak alentertinggaf' urgkapnya.

Seperti diketahui, besaranhonor untuk GTT-PTT diPurbalingga belum bisa me-ndekati Upah Minimum Ka-bupaten ([IMK) karena per-soalan anggaran yang minim.Para guru GTT-PTI tersebutmeminta bupati untuk me-nambah kesejahteraan me-reka. (amr/bdg)

Sambungan dari halaman 7

fika dipenuhi secara ber-tahap melalui rekrutmen C-PNS umum, minimal setiaptahun seharusnya pemerintahmerelqut 100 orang.

"Waktu yang dibutuhkanuntukpemenuhan kekuranganguru sangat panjang. Namunkami yakin dengan upaya opti-

Page 18: Kliping Berita Tanggal 11 April 2015

KTIPING MEDXA\ t iulillrilUiillt

Radar Banlrumas- o Sabtu Kliwon 11 April 2015

KembaliTekuni BisnisTAK terpilih kembali menjadi

anggota DPRD Purbalingga.Ternyata tak membuat Adi'Adiball" Supriyanto berhentiberkarya. Politisi dari partaiGolkarini memilih kembali me-nekuni profesinya sebelummenjadi anggota DpRD, yaknimenjalankan bisnis di bidangproperti. r ke hal. 10

rfiemlali anggota DPRD. DiantaranYa,dia semakin dekat dengan ke-

Iuarganya. "selainitu, saYa ja-

di bisa kosentrasi mengasuhcucu saya. Makin banYakwaktuuntkmelihat cuculaki-laki sala tumbuh besar/' im-buhnya.

Selain itu, dia juga mengaku

bisa ikut meramaikan demam

batu akik di KabuPaten Pur-

balingga. Di tengah-tengahkie sibukannya-menj alankan

CV dan PT-nYa, Adiball me-ngaku kerap berburubatu akikDia mengaku, ikut hobbYmengoleksi batu akik, ter-utama dari Sungai Klawing.(tva/Uag)

Sambungan dari halaman 7

"Lima bulan sebelum saYa

menyelesaikan masa j abatan

saya menjadi anggota DPRD,

saya kembali mengaktifkanCV dan PT saYa. Ternyata,keputusan saYa tepat, karena

saya tak lagi terPilih menj adi

anggta DPRD. sehingga,saya bisa tetap berkaryai ' ujarmantan pernain sePakbolaini, ditemui Radarmas, ke-

marin (10/4).Adiball mengaku, banYak

hikmah yang didaPattYa se-

telah taklagi menlabat sebagai

Page 19: Kliping Berita Tanggal 11 April 2015

KLIHI$& MEDIAHI}M{$'$$TDA PIIR$AIII{O$A

Radar BanyumaS o Sabtu Kliwon 11 Aprit 2015

_- PURBIIII{GGA EKSPRES

-Warga Dua l)esa HarapkanPerbaikan Ialan

KARANGMOCOL-Warga Desa Kramat dan DesaTunjungmuii Kecamatan Karangmoncol mengharapkanperbaikan jalan peghubung di dua desa itu agar segeradiperbaiki. Selama ini, mobilitas warga dua desa tidakterganggu akibat rusaknya jalan itu.

Warga Tunjungmuli Subhan (+Z) mengatakan, jalanTunjugmuli-Dusun Kali Singa, Desa Kramat mem-butuhkan pengaspalan kembali. Selama ini jalantersebut rusak dan banyak genangan air. "Saat inijalan ini jarang dilalui kendaraan karena rusak,"katanya.Warga memilih memutar bila hendak ke Desa

Kramat. Meskipun lebih jauh namun warga-me-nganggap ialan melalui jalan utama lebih nyaman dan

Kondisi rusaknya jalan tersebut sudah sering dike-luhkan oleh masyarakat. Tidak jarangwarga menimbunl'-rbang dengan material tanah atau batu agar jalan bisatetap dilalui. Namun, usaha warga tidak bisa bertahanlama, karena jalan mudah.kembali rusak.

"Sudah ditimbun dengan tanah. Tapi jika hujan,timbunan kembali terbawa air," ceritanya.

Kepala Desa Tunjunngmuli foko Pranoto mengatakan,keluhan kerusakan jalan sudah sering disampaikanrvarga. Perbaikan juga sudah diusulkan melalui intansiterkait agar segera diperbaiki.

Ivlasyarakat berharap perbaikan jalan Tujungmuli keDusun Kali Singa Desa Kramat bisa segera diperbaikisehirrgga bisa memperlancar akses mobilitasi masyarakatkedua desa.(jokibdg)

Anda memiliki unek-unek tentang ber-bagai hal demi perbaikan dan kemajuanPurbalingga yang penting tidak menying-gung sara dan fitnah.Caranya ketik PBG: unek-unek

kemudian KIRIM SMS

KE: 081 -327-333-778

Tertibkan Tarif ParkirKEPADA Yth instansi yang menangani parkir. Kamiselaku warga ingin mengerti berapa tarif parkirkendaraan roda dua di sepanjang jalan di depan toko.Petugas parkir kok nariknya berbeda-beda. Danberapakah tarif parkir roda dua di alun-alun. Alangkahbaiknya seandainya petugas parkir memberikansesobek kertas sebagai tanda bukti parkir yang adatulisan atau stempel. Tolong ditertibkan. Terimakasih.

NN 081S19881959

Pelanggan PLN PrabayarTetap Membayar?KEPADA Yth Direktur PLN dan jajarannya: Mohonkebijakan dan pengertiannya, kenapa pelanggan listrikprabayar dikenakan tagihan. Sedangkan pelanggansudah membayar dan meteran sudah dipasang.Setahu pelanggan, kalau pulsa habis, listrik mati.Sedangkan putsa masih kenapa diblokir dan tidak dapatCiisi" Kata petugas PLN, pelanggan punya tunggakansaat pembayaran BP pasang baru. Kalau ada kenaikanBP kenapa tidak dari pertama bayar BP. Jangan bi.kinpusinbg dan bingung pelanggan. Bayar lagi..bayarlagi"

NN 08s647653667

Page 20: Kliping Berita Tanggal 11 April 2015

KTIPING MEDIABAffiA}{ I{[}HA$ $E'IDA PUHEAII}{fffiA

Radar Barrytrmas o sabtu Kliwon 11 April 2015

Nasdem dan PPP BelumTentukan Arah Koalisi

pUnrertuGGA- Sejumlah partai pJtitit(Parpol) di Purbalingga sudah bergabung dalamkoalisi untuk menghadapi Pilkada bupati De-sembermendatang. Namun, duaparpolyang jugamemiliki wakil di DPRD yaitu Nasdem dan PPP,

belum menentukan sikap hingga kini untukberkoalisi ke kubu koalisi yang sudah ada.

Ketua DPD Partai Nasdem Purbalingga, NurTjahjati mengatakan, komunikasi dengan DPWNasdem |awa Tengah telah dilakukan. NamunDPW belum memberikan instruksi apa pun untukmenyikapi arah partai menghadapi pelaksanaanPilkada di Purbalingga.

"kami helum menerima instruksi DPP terkaitPilkada Bupati. Jadi unrutkmelangkah lebih lanjutbelum kita lakukani' jelasnya, kemarin (9/4).

Ia mengakui, sebenarqya arah condong ke kubumana sudah cukup jelai. Namun karena secararesmi belum ada arahan, maka pq.rtai belum beranimemutuskan untukberkoalisi denlan partai manapun. "Semua DPD Nasdem di Indon\sia, tidakhanya di Purbalingga, masih menunggu instryksipusat," tambahnya. I ke hal. 10

*IllasilGm kemarin yang mendaftar ituatas nama pribadi Nurul,bukan atas nama partai. Soalkoalisi, kita masih tungguinstruksi dari pusat," ka-tanya, |umat (10/4).

Sedangkan saat Pilpreslalu, PPP tergabung dalamKoalisi Merah Putih (KMP)bersama Partai Golkar, Par-tai Gerakan Indonesia Raya(Gerindra), Partai ArnanatNasional (PAN), partai Ke-adilan Sejahtera (pKS),Partai Demokrat dan PartaiBulan Bintang (PBB).Pantauan Radarmas, da-

.lam perkembangannya ko-alisi itu pecah. PDIP secaramandiri membuka penjari-ngan bakal cabup-cawabup.Sedangkan Partai Gerindra,PKB dan Partai Hanuramembentuk Koalisi UntukPerubahan (Kubah). Koalisiberikutnya dari Partai Gol-kar, PKS, PAN, Partai Demo-krat dan PBB dengan namaKoalisi Bersatu. (amr/bdg)

Sambungan dari halaman 7

Seperti diketahui, dalamPilpres lalu, Partai Nasdem,merupakan salah satu ang-gota Koalisi Indonesia Hebat(KIH) yang bergabung ber-sama Partai Demokrasi In-donesia Perjuangan (PDIp),Partai Kebangkitan Bangsa(PKB), Partai Hari NuraniRakyat (Hanura) dan PartaiKeadilan Persatuan Indone-sia (PKPI).

Sementara itu Ketua DPDPPP Purbalingga, NuruiHidayah S mengatakan, pi-haknya juga masih menung-gu instruksi dari Dpp peri-hal arah partai dalam Pilka-da Purbalingga mendatang.Nurul sendiri sudah men-daftarkan diri sebagai bakalcalon wakil bupati Purba-Iingga melar.ri PDIP bebe-rapawakulalu.

"Saya tegaskan kembali,

Page 21: Kliping Berita Tanggal 11 April 2015

Penda-ftaran DlPre diksi Mundur

rlailuralSambungan dari halaman 7

Sidik mengaku masih belum

memiliki ke-i elasan terkaitsyarat pencalonan bacabuP

dan bacawabuP, terutamaterkait Pengunduran- dirisebagai Pegiwai negeri siPil(PNS). Sebab, dirinYa meru-

oakan PNS aktif di Peme--riniah

raUuPaten (Pemkab)

Purbalingga.'Apakah Perlu SK Pengun-

durin diri sebagai PNS, atau

hanva sebatas surat Pernya-taan mengundurkan dirisebagai PNS. Sebab, ProsesmendaPatkan SK Pengun-duran diri menurut undang-undangASN membutuhkanwaktu Yang lama, hinggaenam bulan. TentunYa tntmenggangu, kami Yang ma-

sih beistatus PNS aktit Yangutun mait dalam Filkada,,'

ielasnva di Ruang Komi-'sioner KPU Purbalingga'

KilIHI{G E{EMMBAfr tq}{ HilHA$'$$T}A T[}BBAI,I}{$-$A

Radar BanyUmaS o Senin Panrng i3 nprl 2015

- PURBIlI lIG GA EKSPR ES-

Iadwal Tak Jelas, BakalCalon Gencar KonsultasiPURBALII{GGA - Masih belum jelasnya Pera-

turan Komisi Pemilihan Umum (KPU) tentangPemilihan Kepala Daerah (Pilkada) ser"entak

2015, membuat KPU Kabupaten Purbalinggamakin sibuk. Sejumlah bakal calon bupati(bacabup) dan bakal calon wakil bupati (baca-

wabup), terus datang untuk berkonsultasi terkaitpencalonan.

Kemarin (lol4), KPU Kabupaten Purbalinggakedatangan bacabup yang mendaftar- melaluiPDIP Sidik Purwanto' Ditemani salah satu

rekannya, pria yang menjabat sebagai f-ql"Kantor l"tprttukuun dan Arsip Daerah (KPAD)

Purbalinggi ini, menanyakan syarat pencalonan'

Sidik ditemui oleh Anggota KPU DMsi Kampanye,

Hukum, Pengawasan dan Pencalonan Sukhedi

SAg, serta anggota KPU Divisi Sosialisasi,Hu-bungan darr P artisip asi Masyarakat, Pendi-

dikan Pemilih Mey Nurlela SSos. r ke hal. 10

sidikMeniawab Pertanyaan,"t."U",, Sui<tredi menielas--

i;, ;;i.;" untuk mendar-

i".f"" aiti sebagai bacabuP

.1"" il"""*"uuP' sesuai de-

trt.*m'J,ff,fril*arrut P"t.tYutaan Pengun-

aurar-, ain dan surat Pemya-taan dari PimPinan tertinggibahwa PNS tersebut sedangmengajukan Pengundurandiri sebagai PNS.

"sedangkan SK Pengun-duran otrf baru qlbuluftiarr,saat pendaftaran sebagaicalon bupati dan cawabuP/ungkapnya.T6rkiit internal Penerbi-

tan dua surat tersebut, KPU

Purbalingga mengaku tidakmau ikul campur. Sebab,KPU Purbalingga hanYaberpegangan dengan PKPU,

sebagai induk Peraturanpencalonan, bukan Peratu-ian diluar aturan tersebut'

Dalam pertemuan terse-but, juga terungkap saat initengah dikaji adanya pe-ngunduran jadwal pendaf-taran bacabup dan.bacawa-bup, dua hingga tiga haridari jadwal semula. "Iikamerujuk draft PKPU, pen-daftaran dimulai 22 Iulime4datang. Namun, adainformasi dari pusat, akandiundur dua atau tiga hari.Akan tetapi, ini masih be-lum menjadi keputusan, jadikami masih berpengangandengan draft PKPU, yaknipendaftaran dimulai 22 Ju-Ii," jelas Mey Nurlela. (tya)

Page 22: Kliping Berita Tanggal 11 April 2015

KLIPING lvlEilt&ftAfrtu{ }II,Ih{A$ $ETDA PtIfiBAII$fi$A

ffiBanyHm#_Sabtu, 11 APril 2015

DBD tGmbaliRenggut l(orban

JiwaPU RBALIN GGA- PenyatritDemam Berdarah'Deingue (DBD)kembali merenggut *orban jiwa.Tercatat, selama 2015 penyakityang disebarkan nyamuk aedesaegypti ini sudah menyebabkan2 penderita meninggal. Terakhiradalah Florentina lndah (5),warga Purbalingga Wetan. '

meninggal karena terjangkitpenyakit tersebut, Senin (6/4).

ABID Pengendalian Penyakit dan :

Penyehatan Lingkungan pada DinkesSemedi mengatakan, untuk mencegahberkembangnya penyakit tersebut, Dinkes

melakukan fogging atau pengasapan, Jumat (10/4)pagi, Setain di lingkungan rumah, fogging jugadilakukan di lingkungan sekolab korban.

"Fogging ini dilakukan untuk membasminyamuk dewasa. Fogging tidak bisa membunuhjentik dan telur nyamuk. Kalau telur dan jentiknyamuk dibasmi dengan gerakan pemberantasansarang nyamuk (PSN)," jelasnya, kemarin.

Semedi menambahkan, fogging hanya dilakukan1 kali dengan,rentang waktu 1 minggu.,,lGlena itufogging di Purbalingga Wetan akan dilakukan kembali

' pekan depan" "Dengan rentang 1 minggu ini,maka nyamuk yang minggu lalu masih jadi jentik,sekarang sudah jadi nyamuk dew_asa. Nyamuk inikembali kita basmi dengan fotgging," jelasnya.

Semedi mengatakan, fogging tidak boleh dilakukansecara rutin, Sebab hal itu dikhawatirkan bisamembuat nyamuk malah kebal. Akibatnya, kalau mau

PETUGAS Dinas Kesehatan melakukan fogging

fogging lagi, dosis obatnya harus ditingkatkan."Kalau dosis ditlngkatkan akqn bisa berdampak

negatif kepada kesehatan manusia. Karena itufogging tldak boleh dilakukan sembarangan," ujarnyadidampingi Kasi Pengendqlian Penyakit Ediyono.

Lebih EfekifMenurut Semedi, gerakan PSN jauh lebih efektif

untuk membasmi nyamuk daripada fogging. Cukupmeluangkan waktu 1 jam untuk melakukan PSN

dalam seminggu di lingkungan rumah masing-masing.

"Tak hanya di dalam rumah, tapi juga di luarrumah, seperti halaman depan, hqlaman belqkq;rg,dan kebun. Tempat-tempat ini justru sering lu!ut'dari pengamatan. Lebih bagus lagi bila PSN inidikoordinir oleh RT," kata.nya.

Semedi mengingatkan, cuaca yang ekstrim diPurbilingga membuat perkembangbiakan nyamukjadi cepat. Pagi sampai siang panas, siang sampaisore hujan. Karena itu warga diimbau untuk tetapwaspada DBD. lSllNet$,orUf.t 0/mg05-06)

'te

Page 23: Kliping Berita Tanggal 11 April 2015

KLIHI{G MEDIAIAH }{IJ${A$ $TTDA PURBAI;iHfi $A

Sabtu, 71 Aprit 2075 ,/

Dibahas Ulang, MoU Pengembanganl-anudWrasaba

ntflIi;'i;

PURBALINGGA- Draf memorandum of understanding(MoU) atau nota kesepahaman pengembangan Lapangan

Udara (Lanud) Wirasaba menjadi bandara komersialakan dibahas ulang, Tiga institusi, masing-masingKementerian Perhubungan (Kemenhub), TNI AU, dan

Pemprov Jateng akan duduk bersama untuk segera

merealisaikannya."Pekan depan draf MoU alan disusun dan dibahas

ulang, Setelah siap tinggal ditandatangani," kata

Komandan Lapangan Udara (Danlanud) Wirasaba Letkol

Pnb Andreas A Dhewo kepada wartawan, usai upacaraperingatan HUT Ke-69 TNI AU di Alun-alun Purbalingga,

Kamis (9/4).Diungkapkan, jika draf MoU sudah siap dan

ditandatangani, maka proses untuk merealisasikanLanud Wirasaba menjadi bandara komersial akansemakin mulus. Ketika ditanyakan mengenai penyebab

terkatung-katungnya penyusunan dan penandatangananMoU, dia mengatakan hanya karena masalah teknis saja."Semua sudah satu pemahaman. Baik Kemenhub, TNI

AU, dan Pemprov Jateng, Nantinya penyusunan ijraf MoU

akan dilakukan di Mabes TNI AU," ungkapnya.Lanud Wirasaba berada di Desa Wirasaba,

Kecamatan Bukateja. Mengenai dana pengembangan

dianggarkan melalui anggaran pemprov dan pemkab

yang memberikan dukungan, maslng-masing Pemkab

Purbalingga, Banyumas, Banjarnegara, Kebumen, dan

Wonosbbo. Pihaknya mewakili jajajaran TNI AU bersikap

welcome saja. "Kalau memang pemanfaatannya bisa

memberikan dampak positif bagi masyarakat banyak,

kami memberikan dukungan penuh," tandasnya.Sebelumnya, Bupati Sukento Rido Marhaendrianto

mengeluhkan tertundanya pembahasan MoU '

pengembangan Lanud Wirasaba. Menurutnya, hal itudisebabkan belum adanya titik temu antara Kemenhub

dengan TNI AU tentang rencana komersialisasi lanud

milik TNI AU tersebut."seharusnya pekan lalu ditandatangani nota

kesepahaman antara Kemenhub dengan TNI AU selakupemilik bandara tersebut. Namun karena belum ada

ksamaan pandangan, maka proses tersebut belum

dilaksanakan," terangnya.

2017 Rampung'Sukento menyampaikan, pihaknya bersama

sejumlah kepala daerah di wilayah sekitar, di

antaranya Banjarnegara, Banyumas, Wonosobo,

Oan fenumeruiap ,.tat rt an Leiji-s'ama Glampelaksanaan pembangunan bandara tersebut.Targetnya pada 2QL7 peinbangunan bisa selesai danBandara Wirasaba bisa dijadikan bandara komersial,"Namun pembangunan baru bisa dilaksanakan jikaKemenhub dan TNI AU sudah sama sama sepakat,"lanjutnya.

Terkait batalnya penaitdatanganan notakesepahaman, Sukento mengatakan, akan berkoordinasilagi dengan pemprov dan kepala daerah yang

mendukung pembangunan Bandara Wirasaba. Pihaknyaoptimistis akan ada solusi untuk mengatasi masalah itu,

Diperkirakan, dibutuhkan dana sekitarRp 100 miliar untuk membangun danmemfungsikan Bandara Wirasaba di Desa Wirasaba,Kecamatan Bukateja menjadi bandara komersial. Dana,tersebut, menurutnya, digunakan untuk pembenahan

dan pembangunan infrastuktur agar bandara milik TNIAU itu layak jadi bandara umum.

Pemkab berencana, 2017 Bandara Wirasaba siapberoperasi untuk penerbangan komersial. Bandara iniakan memunyai panjang landasan 1.500 meteq dannantinya akan bisa didarati oleh pesawat dengankapasitas 50 orang penumpang. (pho6)

Page 24: Kliping Berita Tanggal 11 April 2015

KLIPING MEDIAB,{fr IAH I{{}HA$"$BI}f; PIJRBAIIHff $fl

Banylmm"Sabtu, 11 A\ril 2015

Hasil Pembangunan SarprasPNPM Perdesaan DiresmikanPURBALINGGA- Hasil pembangunan yang dibiayaiProgram Nasional Pemberdayaan MasyarakatMandiri Perdesaan (PNPM MPd) Tahun Anggaran(TA) 2014 diresmikan oleh Bupati Sukento RidoMarhaendrianto, baru-baru ini. Peresmian dipusatkandi Desa Panusupan, Kecamatan Rembang.

"Tahun anggaran 2014 merupakan tahun terakhirPNPM MPd. Dengan demikian, maka mulai tahunanggaran 2015, bantuan langsung masyarakat (BLM)

melalui kegiatan PNPM MPd tidak ada lagi," kataSukento Rido Marhaendrianto.

Meski PNPM telah berakhir, sambung bupati,pemerintah akan mengalihkan dana BLM tersebutmelalui kegiatan dana desa. Sedangkan danadesa, pada dasarnya pelaksanaan kegiatan samadengan pelaksanaan model PNPM MPd. "Modelpelaksanaannya tetap melalui musyawarahwarga masyarakat, untuk menyusun rencana,melaksanakan kegiatan, sefta pengawasankegiatan. Hal tersebut tetap dilakukan oleh

masyarakat," kata Sukento.Untuk itu, tambah bupati, agar semangat

membangun sefta peran aktif masyarakat dalampembangunan pada pelaksanaan PNPM MPd tetapdipertahankan. lSelain pera n aktif masyarakatdalam PNPM MPd untuk dipertahankan, jugaperlu ditingkatkan, guna membangun desa

menuju masyarakat sejahtera. Oleh Karena itu,saya menyambut baik kegiatan peresmian pada

hari ini. Karena hal ini menunjukkan kepada kitasemua bahwa masyarakat ternyata mampu dalammelaksanakan pembangunan di desanya," tuturnya.

Kepala Badan Pemberdayaan Masyarakat Desa

(Bapermasdes) R Imam Wahyudi mengatakan,pelaksanaan PNPM MPd fA2Ol4 di KabupatenPurbalingga mendapatkan tiga paket kegiatan,yaitu PNPM MPd regular, PNPM MPd Integrasi SPP-

SPPN, dan PNPM MPd Pola Khusus MasterplanPerluasan dan Pengurangan Kemiskinan Indonesia(MP3 KI). 1pt-os;

:I#E iC, .:: :#,4h:., :

#ffiffiffiffiffi

$ ffiil.i,ilufi#' $Htlfi HtasKARANGREJA- Dalam rangka Operasi Slmpatik, Satuan

Lalu Lintas (Satlantas) Polres Purbalingga menggelar

,Safari.Jum,Keafi afli.n,,Xeselaraatan,.:Ketertibh,n;,danKelancaran Lalu Lintas (Kamseltibcarlantas) di Masjid

Almuttaqin Desa Tlahab Lor, Kecamatan Karangreja,:umat (io/4).

Kegiatan diikuti 200 jamaah dan 25 anggotaPolri dari Satlantas Polres Purbalingga dan Polsek

Karangreja, Petugas selaku khotib, Brigadir Teguh

Riyanto. Sebelum khotbah, dilaksanakan penyuluhan

oleh Kepala Unit Pendidikan dan Rekayasa (Dikyasa)

Inspektur Satu Mahudi. Selain itu, polisi juga

memberikan traffic cone untuk diletakkan di jalan

depan masjid. 1sl,tu"r*ort lnaz+o;

Page 25: Kliping Berita Tanggal 11 April 2015

$(fu[g'$i'{ffi idfffiX}[-q

HA#L{}{ }tff}{ii$ $FlTi}$ plJH$AIIffi#ffi$,

ffiBanlrg{Iln5Sabtu, 11 April 2O75

P_LH Belum Terima pengSPPL Karaoke purplePURBATINGGA- Untukpengajuan izin karaokedan kafe, investor harusmengantongi Surat pernyataanPengelolaan Lingkungan (SppL)yang dikeluarkan oleh BadanLingkungan Hidup (BLH). Namunhingga Jr.rmat (1014), pihakpenanam modal Karaoke danKafe Purple belum mengajukanpermohonan SppL tersebut.

"Hingga kemarin BLH belummemprosesnya. Sebab pihakinvestor (Karaoke dan KafePurple -red) belum mengajukanSPPL tersebut," kata Kepala BLHIchda Masriyanto.

Menurutnya, SppL menjadisyarat untuk mengajukan berkasizin yang lainnya. Hal itu sesuaidengan UU No 32 tahun 2009tentang pedoman pengelolaanlingkungan hidup yangmenyebutkan seluruh perizinanharus melampirkan SppL.

"Pengusaha tersebutharus sanggup mengelolalingkungan dengan beberapasyarat yang tertera di

aJuan

formulii BLH menyetujui danmenandata n ga ninya,,, kata nya.

Seperti diberitakan kemarin,Badan PermusyawaratanDesa (BPD) dan pemerintahDesa Gemuruh, KecamatanPadamara menyoalkan keluarnyarekomendasi permohonan izinberoperasinya Karaoke dan KafePurple yang berlokasi di Jl LetjenSudani RT URW 7 Dusun IIIdesa setempat oleh plt KadesGemUruh Samsir.

Mereka menuding,penandatanganan rekomendasitersebut tidak berkoordinasiterlebih dulu dengan BpD,Pemdqs, dan warga. padahal

dalam surat penugasan daricamat, Plt Kades dalammenjalankan tugas pokok danfungsinya berkewajlban melaporpelaksanaan tugasnya kepadaketua BPD,

Tak Habis PikirKetua BPD Desa Gemuruh

Sutrisno Suda['o mengaku tidikhabis piki4 turunnya rekomendasi

tersebut tanpa sepengetahuandari BPD dan desa. Bahkansampai saat ini desa juga belummenerima permohonan izin daripengusaha itu, baik kepada BpDmaupun kades yang lama.

Camat Padamara pandi

berdalih, penandatangananrekomendasi tersebut sudahsesuai dengan proseduryang berlaku dan bila tidakditandatangani dianggapmenghambat investasi. Adapunizin diperbolehkannya beroperasidiserahkan oleh KantorPenanaman Modal dan perizinanTerpadu (KPMpT) yang memilikiwewenang.

Kepala KpMpT Mukodammengatakan, masih banyakpertimbangan untukmengeluarkan izin beroperasinyaKaraoke dan Kafe purple diDesa Gemuruh, KecamatanPadamara itu. Salah satunyaadalah keabsahan tanda tanganrekomendasi permohonanizin dari Plt Kades Gemuruh.(SMNetworUhS2-06)

Page 26: Kliping Berita Tanggal 11 April 2015

KI,IPING TrTEDIA

BAfr I$$ }II}HA$.$$T}A PURBAII$ff$I

SarmlITF'ffis"a=SABTU KIIWON,1I APRIL 20I5

Me@gal

?t Cara yang paling efektif danmurah untuk memberantas DB

berupa PSN.gq

SEMEDI SKM MKesKabid P2PL Dinkes Purbatingga

BalitaIGnaDem

m *encarkffiil ffiffiffiPURBALINGGA, SATELIT-POST-Demam berdarah (DB)kembali memakan korbanjiwa. Dari bulan Januari 2015sampai hari ini, tercatat adasejumiah 82 kasus dengandua orang meninggal dufua.Xgrpq" DB yang meninggaladalah warga Bobotsari pa-dabulan |anuari. Sedangkankasrrs terbarg pasien DB yangmeninggal, bemama Floren-tina Indah S (5). warga RT 3RW 6 Kelurahan Purbalingga

W"tul ,Ia meninggal pidaSenin lalu (6/4).

Kepala Bidang Pengenda-lian Penyakit dan PenyEhatanLingkungan lfZnL) OinasKesehatan Kabupaten Pur-balingga Semedi SKM MKesmengatakan, penyebaran DBtalun ini lebih cepat daritahur 2014. Jika pada tahunlalu selama satu tahun terjadi372 kasus dengan korbanmeninggal dua orang, namunpada tahun 2015 ini-dua kor-ban jiwa hanya dalam kurunwaktu tiga bulan.

Menurutnya, kondisi cuaca

yang kadang panas kadanghujan menjadikan perkem--bangbiakan nyamuk pem-bawa virus DB ini sulit di-kontrol. Oleh karena itu, carapaling efektif dan aman de-ngan melakukan gerakanPemberantasan Sarang Nya-muk (PSN).

"Solusinya menggalakkangerakan PSN secara rutin.Murah dan mudah," katanya"

.Semedi mengatakan, -fog-ing yang kerap diharapkanmasyarakat sebenarnya takefektif memberantas nya-muk. Sebab, hanya nyamukdewasa yang mati. Seliin itu,untuk pelaksanaan foggingharus melalui standar ope-rasional prosedur (SOP) se-

suai peraturan Menteri Ke-sehatan.

"Cara yang, paling efektifdan murah untuk membe-rantas DB berupa PSN," ujar-nya.

Dinas Kesehatan kemudianmencanangkan Gerakan 1

]am PSN. Sosialisasi dila-kukan di desa-desa, padajumat (10/4) sosialisasi Ge-rakan l jam PSN dilakukan diDesa Prigi Kecamatan Pa-damara-

-

Dari data di Dinas Kese-hatan Purbalingga, kasus DByang menonjol ada di Ke-camatan Bukateja, Purba-lingga, Kalimanah dan Rem-bang. Di Bukateja bulan Ja-nuari terdapat lima kasus,Februari 11 kasus dan Maretenam kasus. Kecamatan Pur-baiingga ]anuari 16 kasus,Pebruari sembilan dan Maret28 kasus. Kecamatan Ka-limanah |anuari lima kasus,Pebruari 12 kasus dan Maretdua kasus. Sementhra di Ke-camatan Rembang Januarienam kasus, Februari enamkasus dan Maret sembilankasus. ([email protected])

Page 27: Kliping Berita Tanggal 11 April 2015

KTIPING MEDIA[ \fiIJl]{ I{UMA$ $ETDA PURBAIII{GfiA

SatrlttFq::)suSABTU KLIWON,

I I APRIL 2CI5

{p{eg LIJIiFerm&*a:*r Sffs{:w{,

I Bersambung ke hal 1 1

r Dari halaman 1

Pecat PembocorSoal UN

kah soal akan mulai diambilSabtu hari ini dari Kudus.Soal akan didistribusikanhari Minggu. "Sesuai prose-dur, pengambilan naskahakan dikawal petugas dariPolres Purbalingga. Di sinikami juga sudah siapkanruangan PenylmPan yangsteril," kata dia.

la meminta baik siswaataupun sekolah tak perlukhawatir menghadapi UN.Ada beberapa perubahanpada UN tahun ini, antaralain tidak menjadi satu-satu-nya syarat kelulusan dan bisadiulang. "UN digunakan se-bagai alai evaluasi hasil bela-jar peserta didik," kata dia.

Selain itu. di Purbalinggajuga ada enam sekolah yangmenjadi pilot project UNberbasis komputer. Enamsekolah ini telah menggelar(simulasi sebanyak empatkali. Sejumlah persiapan un-tuk mengantisipasi listrik pa-dam dan gangguan jaringand isiapkan. "Ka m i sudah ber-komunikasi dengan PLNagar tidak melakukan pema-daman selama UN. Kami ju-ga meminta sekolah menye-diakan genset," ujarnya.

Sementara itu, tersangkakasus narkoba yang ditang-kap Kepolisan Resor Cilacappada Senin (2313) lalu satu di

antaranya masih duduk dibangku kelas tiga SMK diGandrungmangu. SUL (1 8)menginginkan agar bisa me-ngikuti ujian nasional yangdilaksanakan mulai Seninsampai Kamis (13-16/4) lusa.

"Kepala Subbagian Hubu-ngan Masyarakat Polres Cila-cap Ajun Komisaris Polisi RBintoro Wasono mengatakan,SUL kepada penyidik, me-nyampaikan keinginannyamengikuti UN. Karena ting-gal selangkah lagi bisa lulusSMK.

"Katanya ingin lulus seko-lah, dia meminta untuk me-ngikuti UN," kata Bintoro ke-marln.

Akan tetapi, keinginan dariSUL tersebut belum ada ke-jelasan disetujui atau tidak.Karena bel um ada penjelasandari Dinas PendidikanPemu-da dan Olahraga KabupatenCilacao.

"Kaiau dari kami, mendu-kung keinginan tersangka,tapi semua itu harus dikoor-dinasikan dengan pihak ter-kait, Disdikpora," katanya.

Kepala Dinas Pendidikan,Pemuda dan Olalrraga Kabu-paten Cilacap Warsono, me-ngatakan siswa tidak bisamengikuti ujian nasional yak-ni mereka yang dikeluarkandari sekolah. Berdasarkaninformasi dari sekolahnya,yang bersangkutan sudahdikeluarkan dari sekolah.

"Kalau sudah dikeluarkan,

berarti dia sudah tidak ma-suk dalarn daftar siswa seko-lah itu. jadi kalau mau ikutujian nasional dia harus me-lalui lalur non formal," kata-nya.

Pihaknva akan memasti-kan bahwa anak tersebut su-dah dikeluarkan atau belum.Jika belum, makabisa mengi-kuti ujian nasional di dalampenjara. Selain yang dikeluar-kan dari sekolahnya, Warso-no mengatakan ada satu sis-u,i SMK yang juga tidak akanmengikuti UN dikarenakanhamil dan melahirkan.

"Adasatu siswi SMK yangtidak ikut UN, dia hamil.Sudah jelas dalam ketentuan,bawa siswi yang hamil ataumelahirkan tidak boleh me-ngikuti UN," katanya.

Sebelumnya jajar an Satnar-koba Polres Cilacap berhasilmenangkap empat pelaku pe-redaran ganja di wi-layah Ban-tarsari. Dua tersangka ditang-kap di depan wamet di DesaSitin ggil Kecamatan bantarsaridan dua lainnya di rumahmereka masing-masing.

Keempat tersangka yangditangkap yakni, SUL aliasGundul (18) yang berstatusmasihpelajar kelas tiga salahsatu SMK di Gandrungma-ngu, Budi Prayogo (17), lr-ham (22) dan lqbal Vaowzi(19). Keempatnya merupakanwarga Dusun Medeng DesaBulaksari Kecamatan Bantar-sari. (gan, ale)

ffi lersangka Pengedar Narkoba lngin lkut Ul{

# Satu Siswa Tak Bisa lkut UN karena Hamil

PURBALINGGA, SATELIT-POST-Pegawa i Yang terbuktimemboc6rkan- naskah soalUiian Nasional (UN) bisadihukum pidana dan diPecatsebagai Pegawai Negeri SiPil(PNS). Naskah soal UN me-rupakan dokumen negaravahq bersifat rahasia. Semen-iara.-itu, pelajar Yang terlibatperedaran narkoba di Cila-

cao. insin ikut UN.k"ou"l, Dinas Pendidikan

Purbalingga, Tri Gunawan,Tumat (1-074) mengatakan,dinas iauh-iauh hari telahmenekankan korisekuensitersebut kePada kePala seko-lah dan ialarannYa, iika nekatmembocorkan doal. Ta tidakakan memberi toleransi kePa-da pegawai atau Pejabat Yang

berbuat curang. "Bisa diPecatdar PNS, atau diPidanakan,karena membocorkan soalUN sama saja dengan mem-bocorkan dokumen negar a,t'uiar dia.'UN akan dimulai Seninhingga Rabu (13- l5l4) untukieniang SMA dan SMK. Nas-

Page 28: Kliping Berita Tanggal 11 April 2015

KLIPING MEDIAB,{frI,{$ I{I]HA$ $ET}A PI]MAIII{$OA

SarBlIrPr-:lsrSABTU KLIWON,

il APRTL 2015

Burmil Pengonsumsi l{arkobaBisa Lahirkan Anak Cacat

re Smw&mffifrsmsB ffiMruM d$ ffimmm ffie€emrumn

IITEBALINGGA, SATELIT- dus II Desa/Kecamatan Bo_POST-Sebanyak 30 ibu hamil iongsari.

,,sasarannya sama,

danorangtuamemadati Aula ibu hamil dan orang tua.Balai Desa Patemon, Keca- Karena informasi ini pEntingmatan Bojongsari, ]umat (10/ bagi ibu hamil,,, kafa'dia.4) pukul 09.00 WIB. Mereka I6u hamil berpotensi me_duduk berjejer menyimak lahirkan bayi catat jika me_pembicara di hadapan me- ngonsumsi harkoba] Karenareka. itu, pada kesempatan irii,_ Di depan berdiri pria ber- BNN'menginformasikanber-kacamata, Kusnowo Bsc, Ke- bagai ieniinarkoba dan efek_pala,Seksi Pencegahan Badan nyZbigikesehatan tubuh danNarkotika Nasional Kabu- iahin. -paten (BNNK) Purbalingga.,,Bisajarinyataksempurna,Pagi itu, Kusnowo meny-ala ataubagianirUunyanftain,;warga Patemon, khususnya ujarnyalibu,hamil dan orang.tua.-

- _'serirentaraitu,KepalaBNN"Kami mensosialisasikan purbalingga, RXgi Eai San_pola,hidup sehat_menghin- tosa lvlsY"mengatakan, so_

dari bahaya narkoba 9! li"g- sialisasi merup"akan upayakungan masyatakat," kaia preventif terh'adap p"hy'r_dia. iahgunaan narlobi. trrt"i.,-

Sosialisasi ini dilakuka" .;#;";;;.;;;;;-r;;k;;secara betgiliran di berbagi semakin'meresahkan karenap"r]l_y*, 'r.vilayah Purbalinf- bisa masuk ke pelosok. Upa-g_a. Wilayah utara diwakili yapemberantaian tidakakanKecamatan Bojongsari. Selain seli:sai tanpa diimbangi de_Patemon, sebelumnya BNN nganpencegahan.juga berbagi informasi te-n- ",,Karena

Ytu, masyarakattang bahaya narkoba di Ka- perlu membentengi iliri de_

ngan pemahaman yang baiktentang bahaya narkoba. Ka-mi BNN Purbalingga akanterus berupaya, namun tanpa

peran serta masyarakat, upa_ya kami tentu akan sulitmencapai tujuan" kata dia.(gan)

Page 29: Kliping Berita Tanggal 11 April 2015

SarmITS,#_srSABTU KIIWON,I I APRIL 2015

Page 30: Kliping Berita Tanggal 11 April 2015

KLIPING h{EDIA

SareLlrF#srSABTU K[IWON,

I I APRTL 2015

Koleksi Museum Usman]anatin Perlu Ditambah

PENGUNJUNG mencermati isi koleksi MuseumPurbalingga.

PURBALINGGA, SATELITPOST-KoleksiMuseum Usman Janatin di Dukuh.Tawang-sari, Desa ]atisaba, Kecamatan Purbalingga,masih perlu pembenahan. Koleksi yang adajuga perlu ditambah agar lebih lengkap.

"Agar lebih menarik, koleksinya perluditambah, dan untuk meramaikan pengun-jung perlu promosi yang gencar," kata KetuaDewan Pimpinan Cabang (DPC) HimpunanPramuwisata Indonesia (HPI) Purbalingga,Aris Widianto, disela-sela melihat museurntersebut, ]umat (10/4).

Menurut Aris, lokasi museum memangkurang strategis karena berada di gangmasuk. ]ika museum berada di tepi jalan,meski jalan desa sekalipun, pengunjung akandibuat nyaman.

"Pengunjung memang harus masuk sekitar50 meter ke sebuah gang, dan sayangnyatidak ada papan arah penunjuk karena beradadi pemukiman penduduk," kata Aris.

Aris menyarankan, Pemkab perlu men-dorong terus keberadaan Museum.Usman]anatin agarlebih menarik. Koleksinya masihbelum lengkap. "Usman ]anatin adalah tokohmarinir TNI Angkatan Laut (dulu KKO), tapidi dalam museum tersebut identitas TNIAngkatan Udara malah lebih terlihat. M*g-kin karena gedung museum tersebut di-dukung oleh TNI AU Lanud Wirasaba,"uJamya.

Salah seorang pengunjung, Purwokomengungkapkan, agar lebih menarik, mu-seum tersebut dilengkapi dengan koleksi.jangan terkesan seperti gedung penyim-panan identitas TNI AL seperti tanda pang-

Usman Janatin di Desa Jatisaba, Kecamatan

kat, peralatan perlengkapan personel'INI ALdan foto-foto

"Perlu ada foto-foto yang dipampangbesarsaat Usman ]anatin menjadi pasukan danmenyerang Singapura ketika itu. |ika me-mungkinkan, juga perlu ada ruangan khususuntuk menonton film," kata Purwoko.

"Museum ini dapat dikembangkan sebagaiwisata pendidikan. Di dalamnya terdapatfakta sejarah perjuangan peninggalan Usmanjanatin yang harus diketahui oleh generasimuda Purbal ingga," katanya.

Secara terpisah, Kepala Seksi Sejarah Mu-seum dan Kepurbakalaan pada BidangKebudayaan Dinas Kebudayaan PariwisataPemuda dan Olahraga (Dinbudparpora)Purbalingga, Rien Anggraeni mengatakan,pihaknya tengah mengupayakan bantuanfasilitasi Museum Usman Janatin kepadapemerintah Provinsi Jawa Tengah. Me-nurutnya, Bappeda provinsi telah ber-komitmen pada tahun anggaran 2016 akanmelengkapi fasilitas buku-buku sejarah darrlainnya.

"Nanti kami juga akan membuat suratkepada sekolah agar dapat memanfaatkanmuseum Usman Janatin sebagai lokasi wisatapendidikan yang harus dikunjungi parasiswa," jelasnya.

Saat ini, di dalam museum itu baru di-pajang foto dan berbagai peninggalan UsmanJanatin termasuk berbagai penghargaan,surat-surat, baju-baju seragam dan radio tran-sistor miliknya. Selain itu juga terdapatberbagai atribut kepangkatan TNI danbuku-buku ientang TNL'(./fi#o)

Page 31: Kliping Berita Tanggal 11 April 2015

ffitriN* hllffitliBAfrHi{l{fl{li$ $BTD{

1

sabtu 1y:: " lrrit 2015

I

tlBt} Kembati Mffi&ffiffifuffifu

Dua Warga Meffi$r*ffiffiffi&PuRBALINcGA-Rasus demam

berdarah dengue (DBD) kembali

meneghantui warga di kabuPaten

Purbalingga. Dari bulan januari 2015

sampai hari ini, tercatat ada sejumlah 82

kasus dengan dua orang meninggal dunia'

Korban DB Yang me-ninggal merupakan wargaBobotsari meninggal Padabulan Januari.

Sedangkan kasus me-ninggahya pasien DB Yangterbaru, bernama Floren-tina Indah (5), beralamat diRT 3 RW 6 Kelurahan Pur-batingga Wetan. Meninggalpada hari Senin lalu,6 APril2075.

Kepala Bidang Pengen-dalian Penyakit dan PenYe-

hatan Lingkungan (P2PL)

meniadikan Perkembang-biakan nyamuk Pembawavirus DB ini sulit dikontrol.Oleh karena itu, cara Palingefektif dan aman denganmelakukan gerakan Pem-berantasan Sarang NYamuk(PSN)," ungkaPnYa.

Diielaskan Semedi, un-ruk pelaksanaan foggingharus tnelalui standar oPe-

rasional prosedur (SOP) se-

suai peraturan Menteri Ke-sehatan, dan cara Yang Pa-ling efektif dan mttrah un-hrk memberantas DB be-rupa PSN.

*1 FoggingFogging hanYa mamPu

membunuh nYamuk dewa-sa. Oleh karena itu, DinasKesehatan mencanangkanGerakan satu iam PSN. So-

sialisasi dilakukan di desa-

Dinas Kesehatan KabuPa-ten Purbalingga Semedi,SKM MKes mengakui, Pe-nyebaran DB tahun ini le-bih cepat dari tahun 2014.

Jika pa'da tahun lalu selamasatu tahun teriadi 372 kasusdertgan korban meninggaldua orang, namun dalamtahun 2015 ini dalam kurunwaktu tigabulan sudah ada

dua orang yang meninggaldunia.

"Kondisi cuaca Yang ka-dang panas kadang hulan

desa, darr hari ini Jumat 10

Aoril sosialisasi Gerakan,rL ;o* PSN dilakukan didesa'Prigi Kecamatan Pa-

damara.Dari data di Dinas Ke-

sehatan I'urbalingga, kasusDB yang nrenonjol ada dikecjmatan Bukateia, Pur-bilingg, Kaiimanah danRem6ang. Di Bukateja bu-lan Januari terdaPat limakasus, Pebruari 11 kasusdan Maret enam kasus. Ke-camatan Purbalingga Ja-nuari 16 kasus, Peltuari 9dan Maret 28 kasus. Ke-

camaian Kalimanah Janrrarilima kasus, Pebruari 12 danMaret dua kasus, Semen-tara di Kecamatan Rem-bang Januari enam kasus,Pebi-r-rari enam kasus, danMaret 9 kasus. :l.t'r

ST-Ti

PiIRBAtil{ffi&

Iqrawr&s&x?

Page 32: Kliping Berita Tanggal 11 April 2015
Page 33: Kliping Berita Tanggal 11 April 2015

KTXPINS MEDMfi Afr llt]$ I{{JHA$ $$T}A PURBATII{fi$$

Sabtu Ktiwon, 11 Aprit2015 \/lr:Irr\ft[SAn

ja$m Lir:g$<uffiffffin Kms'mekm ffiurp[m ffi$p*rs**[$qmmPIJRBALINGGA- Badan pcrmusvarva- men-anyakan kepacla l,rt K.rdcs sarnsirratan Desa (BpD) dan pemerintah'nesa perinat,ie.s.b;;.."D;; (Samsir_red) me-Gemuruh Kecamatan puarrr-ru.u-*"1 ngaku *".ur-riuiu'rgo1-rir-ry, dan atas pe_nyoatkan keluarnva ,uromu,-,au.i irl,., ;iil;h;;;,,"f;;j'ft11", epD, sutrisno.lingkungan (HOi kuruot" au^ tuiu _ Seyenq.ara i*,-pf, f"aes Gemuruh,Purple yang berrokasi di !. retpniu- samsir, tia"r. rr"il"aia memberikan kete_dani RT 1 RW 7 Dusun JIl-desa setem_ r

pa t Mereka *""" Ji"s, p :tT g 1 ;G; +LT t:!i#l,ff :1li i,# ,[xi:i:ffinan rekomendasi tersebut tidak berk?- dasi terscbut irarr,, ,"rrri dengan prose_;:*H:,r:"j,**^0"," a""su"-Bp;, d,. y;; b";;il ?;i;" tidak ditanda_

- F". *

" r""' i"i,f,i"."r ke nka BpD d a n #ml iji,'hy"t,:l 1:,.? :?iXr,, #perangkat desa mendaprtkan undangan E"i, ;;ril;;;;;;.,. ,

sidang izin operasional karaoku oj"n ,,Untuk. izirr Iingkungan atau HO, ha_Kantor Penanaman Modar au"t'"ririn-ur-, nyu membutuhku-n tui,o, tangan dariTerpadu (KPMpr) purbaringga t;G iu.g, yang berada di depan, belakans,digelar Rabu (8/4). - depan clan samping. Sudah ada tandaKepala BpD Desa Gemuruh sutrisno f,rgu.rrryu. warga -r"kitu. juga din,aiSudario Karnis (9/4) mengatakan, arasan ,,-,uxuri*, .arryr"ir.rike itu, hanya sajadari KPMPT' mereka *ir. *""Jrpri- ha.r, udu syaratnya yaitu izin Amdar.kan rekomendasi dari prt rrJ"t c"ill- iiurru ,Ju ;r;s;;:;i nrenorak, sava ti-ruh Samsir. pihak .le"a, BpD, tokoh ;;k;d: i#l.i,fil,f ,

lgngrrus Hpt purbatinggaDibentukPURBALINGGA_ pem.andu wisata (pramuwisata) di KabupatenPu rba lin gga mem ben ruk u+;;;# B'J;r" pimpinan C, brnn(Ot'Cl Himpunan pramuwisatX lnaon"rir' tffpl). pembentukail"#'6rgi'H"iii}'ilHiorehoinasi;;;;,"p,.r*r,,i,pl.i,a,

- _ 2nc 1r 1i Hil:Elirk%11 #f;j'lr,*;,,, ; ;;,.parpora dalam mengembangtr. p#*irri, ai purbalingga danseka I i gu s m en in ekaTk, ".

r."?j" r[#' #irl',u *ur,,, kata KepataDinas Kebudaya"an Pu.iwisuil"F;r;;":rn otahraga (bin_o"1l? 11o

p purba lingga stru"no,l,r*lihi t +1.

*","# ?;;iE?? pa ran tersebu t, Aiis wiii, n to, terpitih menjadi

il,:,,*'f ili*l##i,f :;e#Fl%'-T1ff ,li:'"1,,',Ifr rg?ii1,""-i;:ilf g,?kTf l,l?:H"Iff #Tr:Xl,f AA,:Xpeningkatan SDM oramuw_isata t*rlr"f, "menjadi bagian ter_p en ti n g d ari d i ben t Jr"y, iri i,,lr;:i,#;r:" i"rangnya. ffi s r_ {_

Page 34: Kliping Berita Tanggal 11 April 2015

KTIPING MEDIAi,I$lffi }{UHA$ $ffi}A Pi]RBAtINOfilt

"KEDAUI.ATAN RAKYAT''

SABTU KLIWON, 11 APRIL 2015

( 21 JUMADILAKIR 1948 )

PENGHARGAAN TIPE C

Lanud Wirasaba TerbaikPIIBBALINGGA(KR) - Bertepatan dengan perayaan IfLJII

ke-69 Tentara Nasional IndonesiaAngkatan Udara (TNIAU),Pangkalan Udara (Lanud) Wirasaba memperoleh penghargaansebagai Lanud Tipe C terbaik. Penghargaan diterima langsungoleh Danlanud Wirasaba Letkol Pnb Andreas A Dhewo di Jakarta,Karnis (9/4) mdam.

"Ini surprise buat kami karena baru tadi pagr kami mendapatkabar sebagai Lanud terbaik dibawah jajaran Koopsau (Komando

OperasiAlJ) I Halim Perdana Kusuma," ujar DanlanudAndreasDhewo usai Upacara HUT ke-69 TNI AU di Alun-alunhrbalingga, IGmis (9/4).

Kendati hanya di level kabupaten (Tipe C-red), menurutDhewo, penghargaan tersebut sangat membanggakan jajaranLanud Wirasaba. Penghargaan diperoleh atas kerja keras selu-ruhjajarannya. Selain kinerja satuan, penghargaan diraih kare-na selama ini Lanud Wirasaba menjalin hubungan yang baik de-

ngan masyarakat dengan banyalnya kegiatan yang berdampakpositifbagi masyarakat. "Alhamdulillah anggota saya selama duatahun ini (2012-2073) mendapatkan sertifikat bebas narkoba.Tahun ini belum kita cek. Semua anggota negatif," ujarnya.

Upacara HUT ke-69 TNI AU, dihadiri Bupati PurbalinggaSukento Rido Marhaendrianto, Komandal Pangkalan TentaraNasional Indonesia Angkatan Laut (Danlanal Cilacap) KolonelLaut (P) Hari Mulyadi SE MM, perwakilan Danrem 0714il'ijayaKusuma, FKPD kabupaten Purbalingga, Banyumas danBanjamegara.

Upacara juga dimerialkan dengan atraksi te{rm payung oleh8 penedun TNI Angkatan Udara. Selain demo udara terjunpayung, juga dimeriahkan fly poss pesawat Federasi AerosportIndonesia (FASI), trike, aeromodcling. Peserta upacara danmasyarakat juga disuguhi simulasi peinbebasan sandera olehteroris yang dilakukan oleh pasukan TNI AU Lanud WirasabadanPolri. (Rus)-k

Page 35: Kliping Berita Tanggal 11 April 2015

r

Page 36: Kliping Berita Tanggal 11 April 2015

KIIP{NG MEDIAB,{OI,{$ I{LI,UA$ $ETD$ PIJRBAIII{$$A

e&"#&.&#s&EB i 12 Aprit 2015

Kmflmk ffi$ Mussffiffiry? ffimffiftffiffi Jmffiffitrgffiffi$ejsuxflkmm ffi$trffirefuretumtu

PURBALINGCA - Koleksimuseum Usman janatin diDukuh Tawangsari, Desa Jatis-aba, Kecamatan Purbalingga,masih perlu pembenahan,Koleksi yang ada juga perlu di-tambah agar lebih lengkap."Agar lebih menarik,koleksinya perlu ditambah,dan untuk meramaikan pen-gunjung perlu promosi yanggencar," kata Ketua DewanPimpinan Cabang (DPC) Him-punan Pramuwisata Indonesia(HPI) Purbalingga; Aris Wid-ianto, Sabtu O1, / 4).

Menurut Aris, lokasi mu-seum memang kurang strate-gis karena berada di gangmasuk. ]ika museum berada ditepi jalan, meski jalan desasekalipun, pengunjung akandibuat nyaman. "Pengunjungmemang.harus masuk sekitar50 meter ke sebuah gang, dansayangnya tidak ada papanarah penunjuk karena beradadi pemukiman penduduk,"kata Aris.

Aris menyarankan, Pemkabperlu mendorong terus keber-adaan museum Usman janatinagar lebih menarik. Koleksinyamasih beium lengkap. "Usmanjanatin adalah pahlawan na-sional dari TNI Angkatan Laut

(dulu KKO), tapi di dalam mu-seum tersebut identitas TNIAngkatan Udara malah Iebihterlihat. Mungkin karenagedung museum tersebutdidukung oleh TNI AU LhnudWirasaba," ujarnya.

Salah seorang pengunjung,Purwoko mengungkapkan,agar lebil-r menarik, museumtersebut dilengkapi dengankoleksi. Jangan terkesanseperti gedung penyimpa nanidentitas ThlI AL seperti tandapangkat, peralatan perlengka-pan personil TNi AL dan foto-foto. "Perlu ada foto-foto yangdipampang besar saat Usman]anatin menjadi pasukan danmenyerang Singapura ketikaitu. jika memungkinkan, jugaperlu ada ruangan khususuntuk menonton film," kataPurwoko.

"Museum ini dapat dikem-bangkan sebagai wisata pen-didikan. Dimana didalamnya[erdapat fakta sejarah perjuan-gan peninggalan Usman |a-natin yang harus diketahuioleh generasi muda Purbal-ingga," katanya.

iiir Lengkapi FasilitasSecara terpisah, Kepala

Seksi Sejarah Museum dan

Kepurbakalaan pada BidangKebudayaan Dinas Kebu-dayaan Parilvisata Pemudadan Olah Raga (Dinbudpar-pora) Purbalingga, RienAnggraeni nrengaiakan, pi-haknya tengah mengupa-yakan bantuan fasilitasimuseum Usman ]anatinkepada pemerintah ProvinsiJawa Tengah. Menurutnya,Bappeda provinsi telahberkomitmen pada tahunanggaran 2016 akan me-lengkapi fasilitas buku-bukusejarah dan lainnya.

"Nanti kami jrgu akanmembuat surat kepada seko-lah agar dapat memanfaatkanmuseum Usman ]anatin seba-gai lokasi wisata pendidikanyang harus dikunjungi parasiswa," jelasnya.

Saat ini, didalam museumitu baru dipajang foto danberbagai peninggalan UsmanJanatin termasuk berbagaipenghargaan, surat-surat,baju-baiu seragam dan radiotransistor miliknya. Selain itujuga terdapat berbagai atributkepangkatan TNI dan buku-buku tentarrg TNI.

Usman janatin bin H MochAli, lahir 1943 di DukuhTawangsari, Desa Jatisaba,

t-l

----=

Page 37: Kliping Berita Tanggal 11 April 2015

-

ll

MELIHAT KOLEKSI MUSEIIM : Pengunjung melihat koleksi di Museum Usman lanatin di Dukuh

Tawangsari, Desa latisaba, Purbalingga. Xoteisi museum pahlawan nnsional tersebut diusulkan ditambah.

litt Fofo Joko Santoso-ad

Kecamatan/Kabupaten Pur-balingga pada 18 Maret. Anakkesepuluh dari 11 bersaudarapasangan H Moch AIi Hasandan Rukiyah itu bergabungdengan Angkatan Laut Re-publik Indonesia (ALRI-kini

TNI AL) setelah melalui pen-didikan militer yang digelarKorps Komando OperasiAngkatan Laut di Malangpada 7962.

Usai menjalani pendidikanmiliter, Usman lalu ditugaskan

kesatuannya melakukanpenyusupan Singapura dalammengemban tugas Dwikora'Saat itu, pemerintah PresidenRI Soekarno tengah rnelancar-kan perang dengan Malaysia.tiiE ST-ad

d:..- I*