Kliping media tanggal 24 April 2015

41
ffiilIp{I\Xff MEDIA *,Ifi tf,,l{ }{t}[{A$ .$$T}A PIIRBAIJI{$.fr$ JUMAT,24APRIL 2015 Persaingan Kian Ketat PURBALINGGA - Persaingan untuk memperebutkan rekomendasi bakal calon bupati (cabup) Purbalingga, melalui Partai Demokrasi lndonesia Perjuangan (PDIP) semakin ketat. Hal ini teriadi setelah Se- kretaris' Daerah (Sekda) Ba- nyumas, Wahyu Budi Saptono. memutuskan akan ikul maju dalam Pilkada Purbalingga. Ketua DPC PDIP Purba- linlga, Thsdi kemarin mengata- kan telah berkomunikasi deng- an Wahyu dan tengah menYiaP- kan berkas untuk mendaftarkan diri melalui DPPPDIP. "KamL mempersilakan. Bahkan kanni senang, karena bursa bakal calon bupati dari PDIP akan semakin ramai, dengan mendaftarnya Wahyu," ungkapnya. Sebelurnnya sudah ada tujuh bakal cabup yang mendaftar lewat PDIP. Enam di antaranya yang mendaftar lewat DPC PDIP Purbalinggd, adalah Sukento Rido Marhaendrianto t bupati ). Tasdi (Wabup/Ketua DPC PDIP), Imam Subijakto (Sek- da), Ken Ragil Turyono (Ben- ,'ia. 't:' , ll '1.; (:,; .i ,'f.:i dahara DPC PDIP), Muham- mad Ichwan (anggota DPRD Jateng), Kris Hartoyo Yahya (\Makil Ketua DPC PDIP), dan Suparno (Pegawai Kejaksaan Agung). "Saya tidak merasa bahwa Wahyu akan menjadi pesaing. untuk memperoleh rekomen- dasi DPP PDIP. Ini malah menuniukkan bahwa PDIP menjadi primadona dalam PilkaCa Purbalingga," kata dia. Mekanisme Internal Thsdi menambahkan, bakal cabup yang telah mendaftar akan mengikuti mekanisme interrral, di antaranya menjalani uji kelayakan dan kepatutan, serta sekolah partai. Sementara itu hingga berita ini ditulis. Wahyu Budi Sap- tono belum bisa dimintai kete. rangan. Ketika dihubungi, nomor telepon selular milik adik man- tan Bupati Triyono Budi Sasongko iru tidak aktif. Sekretaris DPC PDIP Pur- balingga. Bambang lrawan. mengatakan rekornendasi DPP PDIP masih menunggu berba- gai tahapan. Dalam Kongres PDIP IV di Bali beberapa waktu lalu, Sekjen PDIP Hasto Kristianto, mengatakan agar kader PDIP terbaik bisa diusung dan meme- nangkan Pilkada. (H8 2-63)

description

 

Transcript of Kliping media tanggal 24 April 2015

Page 1: Kliping media tanggal 24 April 2015

ffiilIp{I\Xff MEDIA*,Ifi tf,,l{ }{t}[{A$

.$$T}A PIIRBAIJI{$.fr$

JUMAT,24APRIL 2015

PersainganKian Ketat

PURBALINGGA - Persaingan untuk

memperebutkan rekomendasi bakal calon

bupati (cabup) Purbalingga, melalui Partai

Demokrasi lndonesia Perjuangan (PDIP)

semakin ketat.

Hal ini teriadi setelah Se-

kretaris' Daerah (Sekda) Ba-nyumas, Wahyu Budi Saptono.

memutuskan akan ikul majudalam Pilkada Purbalingga.

Ketua DPC PDIP Purba-linlga, Thsdi kemarin mengata-kan telah berkomunikasi deng-

an Wahyu dan tengah menYiaP-

kan berkas untuk mendaftarkandiri melalui DPPPDIP.

"KamL mempersilakan.Bahkan kanni senang, karenabursa bakal calon bupati dariPDIP akan semakin ramai,dengan mendaftarnya Wahyu,"ungkapnya.

Sebelurnnya sudah ada

tujuh bakal cabup yangmendaftar lewat PDIP.

Enam di antaranya yangmendaftar lewat DPC PDIPPurbalinggd, adalah SukentoRido Marhaendrianto t bupati ).

Tasdi (Wabup/Ketua DPCPDIP), Imam Subijakto (Sek-

da), Ken Ragil Turyono (Ben-

,'ia.'t:' ,ll

'1.;

(:,; .i

,'f.:i

dahara DPC PDIP), Muham-mad Ichwan (anggota DPRDJateng), Kris Hartoyo Yahya(\Makil Ketua DPC PDIP), danSuparno (Pegawai KejaksaanAgung).

"Saya tidak merasa bahwaWahyu akan menjadi pesaing.untuk memperoleh rekomen-dasi DPP PDIP. Ini malahmenuniukkan bahwa PDIPmenjadi primadona dalamPilkaCa Purbalingga," katadia.Mekanisme Internal

Thsdi menambahkan, bakalcabup yang telah mendaftarakan mengikuti mekanismeinterrral, di antaranya menjalaniuji kelayakan dan kepatutan,

serta sekolah partai.Sementara itu hingga berita

ini ditulis. Wahyu Budi Sap-tono belum bisa dimintai kete.rangan.

Ketika dihubungi, nomortelepon selular milik adik man-tan Bupati Triyono BudiSasongko iru tidak aktif.

Sekretaris DPC PDIP Pur-balingga. Bambang lrawan.mengatakan rekornendasi DPPPDIP masih menunggu berba-gai tahapan.

Dalam Kongres PDIP IV diBali beberapa waktu lalu,Sekjen PDIP Hasto Kristianto,mengatakan agar kader PDIPterbaik bisa diusung dan meme-nangkan Pilkada. (H8 2-63)

Page 2: Kliping media tanggal 24 April 2015

KffiplN& &{mffir&ff ,t#le,q }{llff A$

'$ETIA piiR*Af t}{fr $ e

JUMAT,24APRIL 2A15:

Akik Melimpah, Kerhj inanBafu Dikernbangkan' MR.EBET'- Demam baru

akikmembuat pe.alin di Purba-lingga seperti cendawan di mu-sim hujan. Penjualan akik punnrelimpah. Dari kondisi itu, war-ga Desa Oqje, Kecamatan Mre-het nrulai rnenganekaragarnkankeraj inan banr dengan harga yangrelarif terjangkau.

h4ereka membuat prasasti,papan nama, dan sejenisnyadengarr-'. media lempengan batu.Inisiatif mi muncul kali pertamaoleh Kades Onje, Budi Tri\Mbowo, ketika melihar ada batu

rdi sungaiyang tidakdiambil olehwarga untuk dijadikan alcik

1'Wargja mencari batu bahanakik di Sungai l{awurg.dengancara dipel'ah menggunakan palu.Jika itu bukan untuk akik akanditinggal. Padahal batu itu sangattajam ilan bisa melukai pencaribaru lafur. Darisitulah batu itu sayaambil dan mehcoba dibuat pro-d uk lain," katany,a kemarin.

Dia kernudian beserta tigapemud4 mulai membuat prasastibertulis kaligrafi dan lukisan, dirumalmya di RI 2 RW 5 GnrnbulBrubahan. Teknisnya batu dibe-iah menjadi lempengan tipis. Iem-pengan itu ntenjadi kanvas luk-Lsan Usai dilukis atau ditulis, tahap

akhir dikilapkan dengan vamishsemprot."Tetapi bentuk batusecam al ami tetap Ai$matrankar"Bcrdayakan Pemuda

Budi memberdayakan pe-muda sekitar, yang memilikikemampuan untuk melukis dan -

npnulis indah. Hal itu sekaligus.unttrk mengurangi penganggumndan mencegah kenakalan rernaja-Saatini produknya baru diperke-nalkan di beberapa instansi.Dalam walcu dekat, produk ituakan diperkenalkan kepada

. masyarakat, di Masjid SayidKuning Onje. Masijid itu meru-pdran salah satu lokasi wisatareligi. Untuk harga kerajinan itu,antara Rp 50- 100 ribu.

Kasi Pembinaan danPengem-banan IINIKM Bidani III!fio,fDinas Perindustrian Perdagangandan Koperasi (Dinperindagkop)Furbalingga, Adi Purwantomengatakan, kreativitas wargaOnje tersebul sangat baik Tidakhanya rnembuat akik, merekamemtiuat diversifikasi produkkeraj inan bertahan batu.

"lni yang seharusnya sepeniitu. Batujugajangan dijuat dalambentu bongkahan atau setengahjadi. Perajin lainjuga harus bisaICIeatif sryerti itu" G18243)

Page 3: Kliping media tanggal 24 April 2015

KtltrIffifr fuIffifrIA

s[$Affie ffiffimmHffiffi

JUMAT, 24 APRIL 2015

Fenambang Pasir dan SoPirTruk

GelarAksisF}r, Menolak PenutupEn -Gdian C

PURBALINGGA - Parapengusaha penambang pasir danpuluhan sopir truk, menggelaraksi di Alun-alun Purbalingga,Kamis (2314). Selama aksiberlangsung, mereka memarkirtruk-truk tersebut mengelilingiAlun-alun.

Mereka menolak penutupangalian C rnenggunakan alatberat, yang dilalarkan oleh DinasEnergi dan Sumber DayaMineral (ESDM) ProvinsiJateng, Satuan Polisi PamongPraja (Satpol PP) ProvinsiJateng, dan Kepolisian Daerah(Polda) Jateng, Selasa (21i4)laIu.

Koordinator penambang pa-sir Paguyuban Serayu Mas,Imam Maliki, mengatakanpemerintah seharusnya bisaberfikir panjang, karena pasir

Uerikarl izin galian C. Sesuai WNomor 23 tahun 2014, wewe-narrg pemberianizin galian Cadapada Pemprov.

"Pemkab hanya mendorongkepada pengusaha. untuk segeramengurus surat izin. Sampaisekarang, belum ada permintaandari Pemprov, terkait masalahrekomendasi Bupati sehinggabelum bisa ditindaklanjuti,"ujamya.

Sebelumnya, ada InstruksiBupal.i Nomor 5401190 tahun2014. terkait pelarangan

' pemakaian ekskavator atau alatberat sejenisnya untuk penam-bangan galian C. Dengan adanyaUU tersebut, secara otomatis

dan batu dibutuhkan untuk pem-bangunan. Apalagi dalam waktiidekat ini, ratusan proyek pem-bangunan di Purbalinggo rleftr-butuhkan material yang sangatbanyak.

"Penutupan membuat parapemangku kepentingan, seperlisopir truk pasir, peke{ a, dan pen-gusaha tambang tidak bisa bek-erja. Para pengusaha jasa kon-shuksi juga akan kesulitan mem-peroleh bahan material,"katanya.

Terkait penutupin galian Coleh provinsi, dia juga memper-tanyakan mengapa penamban-gan di Banyumas dan Banjame-gara masih tetap beroperasi.meskipun mereka juga masihmengurus izin ke provinsi.

"Kami juga sedang mengu-rus izin ke provinsi, tapi kami

instruksi bupatiltu liatal demihukum. Terkait desakan paraperwakilan untuk membukakembali penambangan galian C,

dia menyerahkan ke PemProvJateng.

"sebagimana telah dijelas-kan, inr wewenangProvinsi, Bu-pati jangan dipaksa untukmelanggar aturan," tegasKodayanto.

Kodadiyanto juga mene-gaskan harus ada komitmen daripara penambang, untuk tidakmemuat pasir atau batu melebihikemampuan jalan. Jika jalanKabupaten masuk kelas III,maka muatannya juga harusdisesuaikan. Masalah muncul,

ditutup. Sebaliknya mereka(Banyumas dan Banjamegara-Red) tidak?" katanya.

Oleh karena inr, dia meminfaagar pemerintah kembali mem-buka penambangan galian Cserta mengizinkan menggu-nakan alat berat.

Dalam aksi itu, lebih dari 100aparatgabungan yang terdiri atas

Polri, TM, dan Satpol PP mela-kukan pengamanan. Setelah be-berapa saat berorasi, perwakilanpendemo akhirnya diterirnaAsisten I Sekda, Kodadiyanto;Asisten II, Susilo Utomo, besertapejabat terkait di ruang rapatBupali. Perwakilan pendemo.masing-masing lmam Malikj.lmam, Gunadi, dan IsmailSdListiyono.TidakBerwenang

Dalam dialog tersebut,Kodadiyanto mengatakanPemkab tidak berwenang mem-

karena beuryak tn-k mengangkutmuatan melebihi tonase. Hal itumengakibatkpn jalan Kem-bangan-Karangcengis rusakparah.

Dalam pefiemuan tersebut,para pengusaha penambang jugamenyatakan siap untuk memper-baiki kerusakan ialan. Setelahbermcdiasi. para pendemoakhirnya membubarkan diri.(H82-63)

Page 4: Kliping media tanggal 24 April 2015

--- --..-.--.-..

a--*rr-----:

' SM/RYan Rachman

AKSI DEMONSTRASI : Para pettgwsaha penatnbang pasir dan pultthan sopir

dump t ruck, b e runj uk ra s 0 di Alun- alun P urb aling ga, Komi s ( 2 3 /4 ). ( 6 3 )

Page 5: Kliping media tanggal 24 April 2015

Kt;trgffi# $,$ffiffifiA

B&fi tq}{ llljr{A$ f;$Tfie pilffiAtlffi$fi&

ffiffieffie ffiffiffiffiffiKe

JUMAI 24APR|L2015

PURBALINGGA - Per-masalahan galian C, memangseperti buah simalakama. Disatu sisi, masyarakat membu-tuhkan rnaterial pasir dan batudalamjumlah banyak, Tetapi disisi lain, kerusakan jalan jugaterjadi akibat muatan trukmelebihi tooase.

Ketua Komisi lV DPRDPurbalingga, Sunarko, menga-takan perlu solusi untuk men-gatasi permasalahan tersebut.Dinas Pekerjaan Umum(DPU) Purbalingga, dalam halini Bidang Energi Sumber Da-ya Mineral (ESDM) perlu me-nyurati Dinas Energi dan Sum-ber Daya Mineral (ESDM)Provinsi Jateng untuk membe-rikan dispensasi penambanganselama surat izin belum turun.

Kemudian, kepada parapengusaha tambang. jugaharus memperhatikan tonaseyang harus dipenuhi untukkelasjalan yang ada. sehinggatidak merusak jalan. "Harusada kontribusi dari para pen-

gusaha untuk melakukan per-awatan jalan. Bukan Pemkabsaja yang merawatnya," ujarSunarko.

Sementara itu, Kepala Di-nas Perhubungan Komunikasidan Informasi lDinhubkomin-fo) Purbalingga, Yonathan EkoNugroho, mengatakan pihak-nya bisa membantu dalam pe-ngawasannya. Yakni denganmendatangkan alat timbangportabel dari UPTD Dinhub-kominfo Provinsi.

"Jalan itu (Kembangan-(arangcengis-Red) hancur,karena tonase dumptruck y utgngangkut pasir melebihi kapa-sitas." ujar Yonathan.

LIntuk itu. melalui pagu-yuban bisa disosialisasikan,supaya pemeliharaan jalan bi sa

terjaga, sehingga setiap tahuntidak perlu diperbaiki. Se-hingga dananya tidak hanyauntuk memperbaiki jalan sajanamun bisa digunakan untukpembangunan yang lainnya:(H82-63)

Page 6: Kliping media tanggal 24 April 2015

KI,IffiI.{G }*{EfiTAi,r'li }IIJ$IA$ $ETDA PIIRBAIIHff GA

SUARA MERDEKA

JUMAT, 24APRIL 2015

Kwntor Fos S alurkon PSI(SRp48 Milinr

muclah daiam pengambi lannya-Jumlah dana yang disalurkan

bulan ini, juga lebih banyak dari-pada sebelumnya. Sebelumnyasetiap RTS menerima Rp400.000, tetapi April ini Rp600.000.

Sementara saat memantaupenyaluran PSKS di Bukateja,Bupati Sukento Rido Marhaen-drianto memuji kiprah jajaranKantor Pos.

"Saya berterima kasih kepadaKantor Pos, yang mendekatkanpenyaluran kepada rumah tanggasasaran. Sehingga penyaluranlebih tertib dan lancar," ungkapBupati.BantuanPemerintah

Camat Bukateja Imam Su-djono meryelaskan PSKS diba-gikan kepada 6.324 RTS, denganjunrlah dana Rp 3.194.400.000.Penyaluran dilakukan di enam

PURBALINGGA - KantorPos menyalurkan d;ma ProgramSimpanan Keluarga Sejahtera(PSKS) Rp 48.226.200.000.Penyaluran dilakukan sejak 15-25April.

Kepala Kantor Pos NonoTriyono, menjelaskan jumlahpenerima PSKS bulan ini samadengan jumlah penerima PSKS,pada akhir tahun lalu, yakni80.317 rumah tangga sasaran(Rrs).

"Jika aktrir tahun lalu jadwalpenyaluran diatur oleh KantorPos Purbaiingga maka sekarangdiserahkan ke masing-masingkantor pos kecamatan,'' katanya-

Thhun ini, pihaknya mende-katkan penyaluran PSKS kemasyamkat. Kantor Pos memba-gi dana tersebu! dengan membu-ka loket di setiap desa. Dengandemikian, masyarakat lebih

lokasi, yaitu Balai Desa Bukateja,Balai Desa Kutawis. Karang-gedang, Cipawon, Kembangan,danBajong.

Kepala DinsosnakertranNgudiarto, menuturkan PSKSadalah program pemberianbantu-an dana simpzuran dari pemerin-tah, dal;rn rangka menrbangunkeluarga produktif untuk meber-dayakan dan melindrngi masya-rakatmiskin.

Simpanan Kel uarga Sej ah-tera, diberikan kepada keluargapgmegang kartu keluarga sejah-tera (KKS) yang merupakanpengganti kartu perlindungansosial(KPS).

Menurut Ngudiarto, RTSyang belurn membufirhkan dzuasimpanan itu, dapat mengzunbildana tersebut seperlunya dansisanya tetap tersimpan dan dapatdiambil sewaktu-waktu. (F1 0-63 )

TERIMA DANA : Warga Bwkateja menerima danaP S KS y an g di s e rahkan p et u g a s Kant o r P o s di b alai de s a.16J )

SM/Arief Noeqroho

Page 7: Kliping media tanggal 24 April 2015

HI,IPSNG MEilIAfr },fr t{H I{[I},{A$ $$T}A PIJRBAIJI{$ftA

sffieme ffiffiffimffiffi&

JUMAT,24 APRIL 2015

SM/Arief Noegroho

LOI{BA b{ENIANYI : Seorang guru tcmpil dalamIontba meny a lry,i tLrn g gal, untuk meme riahkan H arclilonsdi uwla Dincrs Pendidikan, Kamis (23/4 )" (63 )

g{}0 Peserta Ikuti LombalV$enyanyr Hardiknas

PURBALINGGA - Seba-nyalr 1 (X) pese.rta, mengikuti lom-ha menyanyi tunggal dalam nre-mer"iahkan llarcliknas. Lombaciigelar dr aula Dinas Pendidikan,Kanis(2314).

"Peserta ini ter,liri atas 52putii dan 48 putrir Merekaadalahpenditlik, tenaga kependidikan,serta ytegawd dari'fK, SD, SMP.hingga SMA arau SMK," kataKr:tna Umunr Panitia, JiahIlalirpi.

Jiah rnenruji paurnpilen parapeserta. "L)i luar dugaan, pe-nampilan dan suara rnerekabagus. Juaranya nanti akan tampilsaat puncak acara peringatanIIardiknas." katanya.

Srlain lor rll-ra nrerrymy i rung-gal, pihatrrnya juga menggelarlonrba ce.r'da.s cennat, lornba pen-gircrparr pcmhui<aan LITJD I QJ5,

d":u lomba Selroliih R.arurhAnak"l-rpacala peringafan Hardik-

nas, ciiaditkur di aJun-alun 2 Mei.Adap,,rn senalx poco*pcro mas-

sal danjalan sehat, diadakan 9Mei. Peserta direncanakan 7.500orang." jelasnya-

BeriNfotivasiJizrh menambahkan, lomba

Sekolah Ralnah Analc bertujuanunfuk memotivasi dan mernfasil-itasi sekolah-sekolah tlari jcnjangTKhingga SMAatau SMK, agarmewujudkan sekolah ramahanali. "Selain itu juga mendu-kung program penrerintah dalamrangka mewuj udkan KabupatenLayakAnak,"tutumya-

Menurut Jiah, peringatanHardiknas rni menjadi momen-tum penting bagi siswa danpelaku pcnclidilcLn. Potensi pen-didik dan tenaga kependidikanperlu terus dikembangkan.

"Tema kegiatan adalahme.lalui Hardiknas kita perkuatpelaku dan ekosistem pendidikanyang berkiu'akter menuju gen-crasi ernas." kata Jiah yangjugaSekrctaris Dinas Pendidikanitu.(FI0-6.-?)

Wffiffi:ffi

Page 8: Kliping media tanggal 24 April 2015

Hrrpffi{ffi e$ffinl&

Radar Barryumas o Jumat pon 24Aprit 2015

Dindik Bakal Taati Anjuran LKPPLelang SarprasDAK 2013-20L5

PURBALINGGA - DanaAlokasi Khusus (DAK) Pen-didikan tahun 2013- 201Sbelum juga terlelang hingga

tahun ini. Namun men-dasari rekomendasi dariLembaga Kebijakan Penga-daan Barang/Iasa Peme-rintah (LI(PP) yang baruturun beberapa waktu lalu,Dinas Pendidikan Kabu-paten Purbalingga akan

menaatinya dengan segera. bertindak cepat.

Kepala Dindik Purbaling-ga, Tri Gunawan S men-jelaskan, pihaknya sejakawal juga tidakada masalahdan tetap sesuai aturanpusat. I kehall0

Rekrutmen GTT/PTTDiperketat

'ff /i'tf oleh kepala sekoiah atau komite sekolah harus

iketahui Dinas Pendidikan Kabupaten dan BKD.

Hal itu dikatakan Kepala'Badan Perencanaan Pem-

angunan Daerah (Bippeda) Purbalingga, Setiytdi,ohia.a wakh r lahr rrsai rakorKabuoatentalakAnak(Kt"{)bebe-rapa waknr lalu usai rakor Kabupaten tayakAnak (I(-{)

di Griha Adiguna Komplek Pendapa Dipokusumo'Harapannya lika diseleksi ketat, maka kualitas dankompetensinya lebih sesuai standar. a ke hal 10

Siap Tarnb ah Kes ej ahteraan

r RGlfiUtmCnSambungan dari hal 7

Meski begitu, ia menga-takan bukan berarti Pe-rekrutan GTT dan PTTtanpa seleksi ketat itu me-miliki kualitas yang di ba-wah standar. Ia menilai,seleksi itu dilaksanakanuntuk lebih mengetahuikompetensi dan Perun-tukannya.

Perekrutan yang lebih ke-tat bagi GTT/PTT juga bu-kan berarti ada seieksi khu-

Butuh Koordinasir [indilr

Sambungan dari hal 7

Namun karena sudah se-

perti sekarang kondisinYa,maka Dindik akan segeramembuat nota dinas danberkordinasi dengan KePala

Bagian Pembangunan, Asis-ten Sekda dan PimPinanYaitubupati.

"Saya akan berPegang Padarekomendasi LKPP Yang me-nyarankan agar ULP tetapsegera memfasilitasi lelang itu.

Namun agar semuanYa klir,maka sebelum diusdkan lelang

kembali, maka ada koordinasiyang lebih mendalami' te-gasnya, Kamis (2314).

Seperti diketahui, LKPPmenyatakan jika ULP di dae-

rah hanya sebagai Penye-

Ienggara dan tidak bisa me-Iakukan intervensi denganmemberikan syarat tertentuatau tambahan sYarat. Dindikseharusnya sejak awal sudahbisa mengusulkan untuk di-IelangtanPa foto.

Komisi III DPRD Purba-lingga juga memberikan ma-sukan kepada pemkab terkaitpersoalan itu. "Kamimeminta Dindik segera me-ngajukan kembali usulan le-

lang DAK sarPras antara Iainperalatan laboratorium, alatperaga matematika, olahragadan lainnya. SaYa menilai takdilelangnya DAK selama 3tahun, jelas merugikanmasyarakat Pendidikanterutama sekolah dan siswal'

kata Ketua Komisi III DPRDPurbalingga, Ahmad SYabani.

(amr/bdg)

sus dari pemkab melaluidinas maupun BKD. Dalamhal ini, seleksi itu diha-rapkan bisa diketahui olehdua instansi itu.

"Saat ini GTT/PTT yangsudah mengabdi sekianIama tentunya memiiikikebutuhan hidup. Sehinggamereka menuntut menda-patkan honor yang lebihlayak. Dalam hal ini, Pem-kab masih harus memPer-hitungkan dengan cermatalokasi yang digunakan un-tuk menangani mereka,"paparnya. (amr/bdg)

Page 9: Kliping media tanggal 24 April 2015

KLIPING KIffiDT&

$tqH ilIjhf;E$ '$ET}A

PIIRBATI$*$&

E"d* BanyffmaS o Jumat pon Z4Aprit2015

Pemkab Prioritasker:-Raperda Toko Modem:PURBALINGGA _ Men_

jelang berakhirnya masajabata.nnya sebagai BupatiPurbalingga, Drs H SukentoRido Marhaendrianto MMmengaku masih banyak per_aturan d-aerah (perdl), yangbelum dibahas-oieh b'pnnPurbalingga. perda tersebut,merupakan perda yang dia_

jukan oleh Pemerintali Jia-bupaterr (Pernkab) ft ,, ha-llngga utrtuk dibah;rs ri,rrrditetapkan tahun ini.

Bupati Purbaiirrggr Urs l{Sukento Rido Mir haeir_drianto MM, merasff, irn-.timis seluruh perda rersehrrrbisa dibahas dan ciitelankarrtahun ini. H ke/rai i.?

Ingin Segera Disahkanr Pcmfia[ pikirannya, sehingga dua

raperda tersebut, bisa di_sahkan dalam waktu dekat ini.Du raperda tersebu! menu_rutnya sudah diajukan kepadaDPRD purbalingga, untukdibahas.

Sepbri diketahui, selama initoko modem selalu menjadimasaiah di Kabupaten pur-balingga, sebab belum adaaturan resmi yang menga_tumya. Sehingg4 banyaktokomodem yang tumUuir di fa_bupaten Purbalingga, mneskihanya mengantongi ijin ope_rasional toko kelontone.

Sedangkan ple-, selaira inijuga kerap menjadi masalah.Sebab, selama ini beium adaPerda yang mengatur khususPiC,. Aturan yang ada selamaini harya terbatas SK Bupati,yang mengatur zonanisasiPKL. Penertiban pKL selama'ini, lebih menggunakan perdaKsS. (f?/bdg)

Sambungan dari hal 7

. Seb5lum masa jabarannyaberakhir, bupari -"ngukuakan memprioritaskan duaperda urtuk bisa ditetapkan.Raperda itu adalah Ranca_ngan Perda (Raperda) tokomodem dan Raperda peda_gang Kaki Lima (ptC-).

Sa1 a berharap dua Raperdalerscbut bisa diretapkan se_bagai Perda sebelum masajabatan saya berakh ir;,' j elasnyaditem ui beberapa wakru lalu.

Dia menjelas(an, kedua per_da tersebut merupakan perdayang sangat penting untuk di_sahl<an. Sebab, selama ini tokomodem dan pl(Lmasih belumada aturannya. ',Iadi harus se_cepatnya disahkan, karenasangat pentingl, tegasnva.

Dia berharap, OpnO pur_balingga bisa sejalan dengan

Page 10: Kliping media tanggal 24 April 2015

KLIPING MEDI&ffAfrt{fi I{U},{A$ $ETDA PUIIBATII{ff$&

Radar BarrSlumas . Jumat pon 24 April2OlS

Tunggu Perubahan Trpe TerminalLanjutan Pembangunan

Terminal Bobotsari

PURBALINGGA - prosespembangunan fisik Termi-nal Bobotsari, belum bisadilakukan dalam waktu de-

kat ini. Sebab, pembangu-nan baru bisa dilakukan jika "Kementrian Perhubungan(kemenhub) relah menan-datangani surat perubahantipe Terminal Bobotsari daritipe B menjadi tipe A.Hal itu diungkapkan oleh

Kepala Dinas perhubu-ngan, Komunikasi dan In-formatika (Dinhubkomin-fo) Kabupaten PurbalinggaDrs Yonathan Eko Nugo-roho kepada Radarmas di-temui di Operation RoomGraha Adiguna, kemarin(23/4). . kehatlo

Aiukan Dana Rp a0 Miliarr Tunggu kirimkan. Proposal tersebut,

nantinya akan disinkronkandengan proposal yang di-kidmkan oleh bupati kepadaPresideni imbuhnya.

Terkait apakah proposaltersebut akan dikabulkan atautidak, Yonathan mengakuoptimis bakal dikabulkan.I(arena sebelumnla sudah adakesepakatan lisan antara Pre-siden Joko Widodo denganBupati Purbalingga Drs HSukento Rido Marhaendrian-to MM, terkait dana tersebutsaat bertemu di Banjamegarabeberapawakulalu.Yonathan menambahkan,

sembari menunggu cairnyadana dari Kemenhub,pihatoeya juga sudah mengi-rimkan proposal kepada Gu-bernur Jawa Tengah GanjarPranowo. "Tahun ini, kamimendapa&an kucuran danaRp 1,5 miliar dari (Pemerin.,"tambahnya. (tya/bdg)

Sambungan dari hal 7

"Surat perubahan tipe Ter-minal Bobotsari dari tipe B

menjadi tipe A sudah kami ki-rim ke Kemenhub. Sebelumdibangun, tip e lerminal harusdiubah terlebih dahului' je-lasqra.'Yonathan optimis dalam

waku dekat ini, perubahanstatus Terminal Bobotsari daritipe B menjadi tipe A sudahditandatangani oleh Kemen-hub. "Kami masih menunggusu-rattersebut, sebelum mem-bangun Terninal Bobotsaril'lanjutnya.

Dia menambahkan, pihak-nya sudah mengajukan pro-posal bantuan dana kepadaKemenhub sebanyak Rp 40miliar, untuk menyelesaikanpembangunan Terminal Bo-botsari. "Proposal sudah kami

Page 11: Kliping media tanggal 24 April 2015

Ktlpiffiffi L{h}mXA

TeranDUlztrt Pertan

Kapolres TunggElnstruksi PolriPURBALINGGA-Konflik

PSSI dengan Menpora hing-ga berujung pada pembe-kuan PSSI akhirnya berim-bas ke Divisi Utama (DU).Pasalnya, pihak kepolisiantak akan memberikan izinkeramaian sesuai denganketerangan dari Mabes Polriyang menyatakan belummengeluarkan izin untukpenyelenggaraan Divisi U-tama.

Kapolres Purbalingga AK-BP Anom Setyadji menga-takan, pihaknya akan mengi-kuti instruksi dari MabesPolri. Sehingga, jika adainstruksi dari Mabes Polribahwa pertandingan LigaIndonesia tidak diberikanizin, maka Polres Purba-lingga tak akan mengeluar-kan izin pertandingan ke-pada Persibangga Purba-lingga untuk menggelar per-tandingan di Stadion Goe-ntoer Darjono Purbalingga.

"Kami ikut petunjuk Ma-besi' tegasnya kepada Radar-mas dihubungi via BBM,kemarin (2314) sore.

Saat ini, Polres Purbalinggabelum menerima permo-honan izin dari pihak ma-napun terkait penyelengga-raan pertandingan DivisiUtama di Purbalingga. Se-hingga, pihaknya belum bisamembuat keputusan Iebihianiut. Sementara itu, me-nanggapi kasus kisruh PSSIdan Menpora, Kapolres Ba-n1'umas AKBP Murbani BudiPitono juga masih menung-gu keputusan resmi dariKapolri. Izin PertandinganDivisi Utama Terancam TakTurun "Soal itu, kami jugamasih menunggu surat res-mi dari Kapolri. Toh

pertandingan yang ada diBa-nyumas ini juga masihlaga persahabatan bukanresrni. Lagipula di Banyrmassendiri pertandingan masihbersifat lokali' kata Kapolressaat dihubungi Radarmas,kemarin.

Namun menurutnya, iikanantinya surat pelaranganpertandingan dari Kapolriturun, pihaknya juga takdapat berbuat apapun.

"Ya kalau surat pelaranganitu turun, kami juga tak dapatberbuat apa apa jika memanghal tersebut perintah lang-sung dari Kapolrii' pung-kasnya. Seperti diberitakan,Karopenmas Brigjen MabesPolri, Agus Rianto, menya-takan surat dari Menporayang memberitahukan ten-tang sanksi untuk PSSI sudahditerima. Sampai saat ini,pihaknya belum menge-luarkan izin pertandingan.Beberapa waktu lalu, me-mang polisi tetap menia-lankan kewajibannya untukmengamankan pertandi-ngan Persebaya dan AremaCronus meski tak mem-berikan izin secara admin-istratif.

"Kala itu PSSI belum dibe-kukan. Hanya dua klub yangtidak diberikan rekomen-dasi. Sekarang PSSI dibe-kukan. Kami lihat nantikebijakan atau keputusan(Mabes Polri) seperti apa.Mudah-mudahan secepat-nya sudah ada langkah se-Ianiutnya," ielasnya.Pihaknya, akan terus ber-

komunikasi dengan Kemen-pora. Sebelumnya MenporaImam Nahrawi mengirim-kan surat ke Mabes agartidak memberikan izinkeramaian ke kegiatan PSSIuntuk liga Indonesia, terma-suk kompetisi Divisi Utama.(tya/aIt/ttg)

Page 12: Kliping media tanggal 24 April 2015

KIIPIffiG I\{ffiffiIAIf ifin f, I I?"I/1ri f;' ll fi-l ii !, i.l1 rjl.l: r

Radar Banyumas o Jumat Pon 24Aprir 2015

PURBAIII{EGA EKSPRES

Ciptakan Sekolah BebasSampah dan Asap -

PURBALINGGA - Ratusan siswa SDIT Alam HarapanUmmat (Harum) Purbalingga ramai-ramai melakukankerja bakti di lingkungan sekolah dan lingkungansekitar sekolah. HaI ini dilaksanakan dalam rangkamemperingati Hari Bumi, 22 April kemarin. Tak hanyamembersihkan sampah, sekolahini juga berupaya agarbebas dari asap kendaraan bermotor. I ke hal 10

I STI M EWA

ANGKUT SAMPAH: Siswa SDIT hargm dengan semangatmengangkut sampah yang ada di lingkungan sekolah.

Putar Film Pencemaranr Gi[talran Harum, Cukup Riyanto SPd.

Sebelum melaksanakanbersih lingkungan, parasiswa juga diajak menontontayangan film siaga bencanadan dampak pencemaranudara,plastik dan lainnYa.

"Siswa beramai-ramai me-mungut sampah anorganikdi lingkungan sekolah dansekitar sekolah. Semua ken-daraan bermotor baik milikorangtua, guru, mauPun ta-mu juga dilarang dihiduPkansaat memasuki halaman se-

kolah sehingga sekolah ter-bebas dari asap kendaraan/'tambahnya. (bdg/oPl)

Sambungan dari hal 7

"Ini dilakukan untuk me-nanamkan kesadaran bagisiswa agar senantiasa men-cintai bumi dan melesta-rikan lingkungan. Kami jugaberpesan kepada para siswaagar senantiasa menjagakebersihan lingkungan inisetiap hari di rumah mau-pun di sekolah, bukan ha-nya pada Hari Bumi sa-jairtutur Ketua Panitia Peri-ngatan Hari Bumi, Rohmandidampingi Kepala SDIT

Page 13: Kliping media tanggal 24 April 2015

T{I,IPJNG MEilIA' ."

', ll i{}Jh{A$'$E:TD.{ plIRBAHi{ff#&

Radar Banyumas o Jumat Pon 24 April 20'15

PolisiPastilcanAGma

KesalfranKonsfftrlcsflKasus AmbruknYa

TKPembinaPadamara

PURBALINGGA-PCNg-unskapan kasus ambruknYarK"Puiumuta Pada Febua

ioial"r" nremasuki babak

t uiu. Setetah rneiakukanp"ngambitan hasil uji la-l,oru"torium dari tim ahli di

Semarang, Polisi mengin-dikasikan adanYa keruglan

rs"nutu dari kasus tersebut'

Pnli'ti *.tnr.tikan, ada kesa-

CEK TKP: Polisi mengecekambruk

lahan konstruksi ban'grr nau

dari awal Pembatrgln :' r''-fiuru, Reskrim P4irp5 l-1tr-

fr"fi"eS" AKP Diurietir SII" iii"tfiii"gi i(ait Ilt'i'rr triril'

;;;;; K;'rPsi (f iirik.r)iuii"ttti* Pol'us F rrrha-

UrSg", lnsPektur Dur 1 lY'r

de-Nergo mengalai'1q' ct-

U.turniYu 1i16 2llli )"nrt

t,t"[.i ielah inenganrtrii.""i"tl marerial 1'ang <li'

guaaf."t untuk rrremit:lieun IK pembiirr l;tl;' '

*"u.u' 6 fte h"rf f o

ataP TK

=JZ

Page 14: Kliping media tanggal 24 April 2015

Balol Tetapkan Tersanghar Polisi

Sambungan dari hal 7

Selain itu, tim ahli jugasudah melakukan uji la-boratorium terhadap mate-rial bahan bangunan TKPadamara.Djunedi menambahkan,

Senin lalu Tim Serse sudahberangkat ke Semarang gu-na mengambil hasil ujilaboratorium yang di la-kukan tim ahli Sipil Se-marang. Dari hasil uji la-boratorium, diketahui adakesalahan pada sistem kon-struksinya.

"Sistemnya konstruksinyayang salah. Dari awal sudahsalah. Walau dilakukan se-cara swakelola, pembangu-nan dilakukan oleh orangyang tidak profesional. Di-temukan adanya indikasikerugian negara. Beberapamaterial juga ada yang tidaksesuai spek meskipun SNIi'jelasnya pada Wartawan.

Hasil dari tim ahli nan-tinya akan dilihat lebihianjut dan digabungkandengan alat bukti yang ada.Setelah itu, polisi mening-katkan status kasus TK pa-damara dari penyelidikanmenjadi penyidikan.

"Kasus ambruknnya TKPadamara menunjukkanhasil yanng baik. Dalamwaktu dekat ini polisi segerameningkatakan status men-jadi penyidikan," tambah-nya.

/\*-u=*

Lebih lanjut Djunedi men-ceritakan, walau harus antreuntuk mendapatkan hasildari saksi ahli selama berapabulan, hasil dari tim ahlimemberikan titik terangterkait kasus ambruknya TKPadamara.

Saat ditanya--siapa .yangakan menjadi tersangka,Djunaidi tidak bersediamenyeLrutkan nama orangtersebut. "Tunggu saja nanti,kami akan gelar kasus inidan meningkatkan statusjadi penyidikan secara res-mi. Kapolres nanti yangakan memaparkannyai' ka-tanya.

Seperti diberitakan se-belumnya, gedung TK Ne-geri Pembina, KecamatanPadamara, PurbalinggaAmbru( Rabu, 19 Februari2014 tanpa'sebab. Gedungitu dibangun awal Desem-ber 2011 dan pertama di-gunakan luli 2012. Gedungseluas 757,02 m persegidibangun di atas tanah kasDesa Padamara. Adapunpembangunan mengguna-kan kontruksi baja ringandengan anggaran Rp EBOjuta dari APBN dan Rp SBjuta dari APBD.

Poiisi juga sudah memintaketerangan berbagai pihakdalam proses penyelidikan.Mulai dari panitia, pihaksekolah termasuk mantanKepala Dindik Iskhak yangkala TK itu menjabat sebagaiKabid PAUD dan pNF. (jok/bds)

Page 15: Kliping media tanggal 24 April 2015

HTIPXN& Ifu$ffiMIE

I ifr i,'r}{ }{1Jh{A$'$$?}e P[]RBALII{**&

PURBIII]IGGI

perbaikan dan kemajuan Purbalingga yang pinting tidakmenyinggung sara dan fitnah.Caranya ketik pBG: unek-unek

kemudian KIRtM SMS

KE: 081-327-933-778

Minta Mobdin Malah Dikembalikan,Mobdin buat penunjang wakil rakyat dikembalikan,padahal dewan yg dua kali minta, aneh klo tahu begitualokasibisa buat yg lebih penting, terimakasih., ^. -

NN 08979581999

Protes Penutupan GaliffiC,Ratusan Massa Geruduk pendapaPURBALING"A

11,;; :::-llSl, p"*".intrh instruksi bupati, renranssan massa vang mengaku membuka-kembari p"rii- i;;;;;;; penambangan ga_sebagaipengusaharam6ang r;p;;;;;;;;.;;ii;;b iir,,,ffI",",, 2 x 24 iam1a]ilncayawakangkutai. ai,riiuujur:-*jlryJ 6*r_ Grp],,";rga kami minrapengangkut galian C di bupatenfrurbalingga. untuktransparan danres-Kabupaten Purbaringga,

{ur1a ;"gu ;""""tut ke- p"rr.irt".ir"aap aspirasi ma-menggerar demo di o"r,u" p_aaarufa;eriua*dr;r, 5rr.""r.ii'0"" jangan tebangpendapa Dipokusumo,-ke- ir sur"i,o niJo,M;?fl;;;: oif;,iilir",, galian c,,, karamarin (23/4). Mereka me- ari*t"uu,.*t *mencabut i-u*ira"riu, Ketua Serayu

Mas, pagryuban penambanggalian c di Purbalingga.

Imam Maliki menambah-kan, pihaknya iuga memintakepada bupari untuk mem-berikan toleransi kepadapenambang, untuk bisa me-lakukan aktivitas penam,bangan, meski izin belum

turun karena masih dalamproses. Sebab, hal itu bisamenyebabkan pembangu-nan di Kabupaten purba-lingga terhambat karenasulitnya mendapatkan stokmaterial gaiian c, akibat4danya larangan penam-bangan. I kehatll

-$rr

Page 16: Kliping media tanggal 24 April 2015

,,"\r-*V*

lalu. Mereka merasa tidakterkait dengan kegiatanpenambangan ilegal ter-sebut, karena mereka hanyamemenuhi order meng-

-

angkut gaiian c saja, bukanikut menambang.

Setelah melakukan orasidi depan Pendapa Dipoku-sumo, lima orang perwa-kilan pendemo kemudianmenggelar audensi denganjajaran terkait di Peme-rintah Kabupaten (Pem-kab) Purbalingga di ruangrapat bupati. Mereka di-temui oleh tim dari Pem-kab Purbalingga, yang di-pimpin langsung oleh A-sisten I Setda PurbalinggaKodadiyanto dan Asisten IiSetda Purbalingga SusiloUromo.

Asisten I Setda Purbaling-ga Kodadiyanto menga-takan, berdasarkan UU No-mor 23 tahun 2014 tentangPemerintah Daerah (Pem-da), yang berwenang mem-berikan ijin galian C adalahpemerintah provinsi (Pem-prov). Pemkab hanya rnen-dorong kepada pengusahauntuk segera mengurus su-ratnya.

Menurutnya, dengan ada-nnya UU Pemda, otomatisInstruksi Bupati Nomor540/i90 tahun 2014, tang-gal 23 Juni 20I4, terkaitpelarangan pemakaian alatberat sejenisnya untuk pe-nambangan galian C, bataldemi hukum. Terkait de-

sakan p arap erwakilan untukmembuka kembali penam-bangan galian C, Koda-diyanto mengatakan, Pem-kab Purbalingga menye-rahkan kepada Pemprov)ateng. "Sebagimana telahdijelaskan, itu kewenanganprovinsi, Bupati jangan di-paksa untukmelanggar atu-rani' ujarnya.

Kodadiyanto juga mene-gaskan harus ada komitmendari para penambang untuktidak memuat pasir ataubatu melebihi dari kapaistasjalan. Kapasitas muatanharus sesuai dengan ka-pasitas jalan. "Kalau kelas ja-lan Kabupaten kelas 3 makamuatannya harus sesuaidengan kapasitas j alan kelas3i'katanya.

Ketua Komisi IV DPRDPurbalingga, Sunarko me-ngatakan, perlu adanya so-lusi untuk mengatasi per-masalahan tersebut. DPUdalam hal ini kabid EnergiSumber Daya Mineral (ES-DM) perlu menyurati Di-nas ESDM Provinsi untukmemberikan dispensasipenambangan selama suratizin belum turun.

Pengusaha tambang jugaharus memperhatikantonase yang harus dipenuhiuntuk kelas jalan yang ada,sehingga tidak merusakjalan. "Harus ada kontribusidari para pengusaha untukmelakukan perawatanjalan," ujarr,,a.(tya/bdg)

Izin Iadi Kewenangan Provinsir Ptotes

Sambungan dari hal 7

"Kami juga meminta di-izinkan menggunakan back-hoe, untuk menambangsebelum izin yang tengahkami urus selesai," imbuh-nya.

Pendemo juga mengeluh-kan razia dan penutupanpenambangan galian c, yangdilakukan oleh Dinas ES-DM, Poida Iawa Tengah danSatpol PP Jawa Tengah,beberapa hari lalu. Penu-tupan membuat para pe-manlku kepentingan se-perti sopirpasiq, pekerja danpengusaha tambang tidakbisa bekerja. Para pengusahajasa konstruksi juga akankesulitan dalam memper-oleh bahan material sepertipasir dan batu.

Selain tuntutan dari pe-ngusaha galian c, para sopirdan awak angkutan peng-angkut galian c, menuntuthal yang sama. Sebab, sejakadanya larangan penam-bangan, mereka kesulitanmemenuhi kebutuhan eko-nominya.

Mereka juga mengeluhkantindakan poiisi, yang me-nahan surat izin rnenge-mudi (SIM) para sopir, yangikut terjaring razia galian Cdari tim dari Polda JawaTengah, Satpol PP |awaTengah, dan Dinas ESDMfawa Tengah, beberapa hari

Page 17: Kliping media tanggal 24 April 2015

'd(!

-go(,

EoE(!l(q)

o

=nio,o)

=(u-o

(L

og(!E'(g

Go

ft,

o-

=!E(u.Yooooo.

(ELL(!6Eo5I:L(!=

E-6)tre=

= (!)-Y-clU'gg;s:Eol<a_ooJc6L3or(utret!6€roEE' qch(!yttEc(!;€iz(!-c-CO(!=

9;tttEo(uo-;(,o)ultrF-o:tri;(L(!

Page 18: Kliping media tanggal 24 April 2015

i]jl* I*,$ }{IiMA$ ,$$?}A

PI]RBAI,IHfl $E

Radar Banytmas o Jumat Pon24April2o1l

BAHAYA:Genanganairhujansetinggimaksimal30sentimetermasihdepan SMP 5 Purbalingga sampai petang kemarln'

CAHYO'RADARMAs

terjadi di ruas jalan

Huian, GenanganAir KePung KotaPURBALINGGA - HanYa

diguyurhujan deras dua jam,

sejumlah ruas jalan di kotaPwbalingga Iangsung dihiasigenangan air maksimal se-

tlnggi 30 sentimeter. Hal inidijumpai di ruas jalan se-panjang bundaran dePanKodim sampai PerempatanBanca4 Kamis (2314) sore. Takjarang kendaraan roda duamaupun emPat harus berhati-hati agar tidak oleng.

Pantauan Radarmas, hinggapukul 17.00 sore kemarin, airmasih menggenang. Terma-suk di jalan Isdiman, IendralSudimran dan beberaPa ruasjalan kota lainnya. Rata- rata,

air menggenangi sisi samPingjalan hingga naik ke trotoar.

Supardi, salah satu wargaMrebet saat puJang keria dariBukateja mengatakan, saatmenikr-u:g di dekat bundaranKodim, dia nyaris roboh.Meski kendaraan Yang di-gunakannla sudah mengeremmendadak

"Tak hanya kaget karenakendaraan oleng, namuncipratan dari kendaraan YangIebih besar mengguyur Peng-guna jalan lainnyai' jelasnYa.

Hujan yang masih meng-guyur juga menYebabkanbeberapa lubang jalan ataucela.urgan jalan tak kelihatan.Sehingga pengguna kenda-raan terutama roda dua hamsekstra hati-hati. Annas Utomowarga Bobotsari sePulang

kuliah di Purwokerto jugamengaku kaget karena ge-

nangan air di jalan AW Su-

marmo ada cekr.rngan jalan."Kadang mengerem men-

dadak juga tak semPat dankhawatir ditabrak kendaraandi belakang. Apalagr jalur itujalur kencang dan usai lamPumerah," ungkapnYa.

Kasi Pertamanan BidangCipta Karya DPU Purbalingga,Tri Nuryanto menjelaskan,genangan yang terjadi setiaP

hujan lebat diakui karena tidakmampunya gorong- gorongdi bawah trotoar menampungair hujan. Selain itu ada Yangbangunannya ambles dan saat

ini dalam perbaikan'(amr/bdg)

Page 19: Kliping media tanggal 24 April 2015

rflttu$ET

i rrIlr,,o;;:i,s!l.lli rIl

Kffipflffi MEDXEITII}fIOt:uii'lti0 }A PIIRBATXI{$#E

Radar Banyumas o Jumat Pon 24April2015

HimpaudiBoionpariCrelarMuscabllPURBALINGGA - Pelak-

sanaan Muscab II dan Peian-tikan Pengurus Cabang FIim-paudi Kecamatan Boiongsaridi Gedung IPHI Bojongsariberlangsung demokratis, Ka-mis (23la).Marsusiah kem-baii terpilih sebagai KetuaUmum Himpaudi Bojongsariperiode 2015-2019.

Pada muscab tersebutmun-cul 18 kandidat yang me-rupakan p en gurus HimPaudiBojongsari periode sebe-lumnya. Mereka adalah Mar-susiah, Siti Nafsiati, HartantiLaeli Z, Aguspriani, RetnoWuiandari, Siti Solikhah, FajarUmi Haniah, Iftirotun Na-siyah, Suiastri,Umi Mah-rnudah, Era Setyowati, Rianti,Miswati, Wachyanti, TitinNina Marliana, Asriyanti, DwiHartanti dan Dian Ekawati.

Pada pemilihan Ketua U-mum, Marsusiah unggui de-ngan mengumpulkan I I suaradai?Zlembaga yang ada dibawah naungan HimpaudiKecamatan Bojongsari. Ke-giatan Muscab tersebut di-pantau langsung oleh pe-ngurus Himpaudi KabupatenPurbalingga.

"Tentu saja kami ingin agarkualitas pendidik PAUD nonformal ini lebih baik lagi.Demikian juga kesejahte-raannya. Karena itu, saya

KANDIDAT: Kdndidat Ketuaformatur berfoto bersama.

berencana agar HimpaudiBojongsari ini merintis se-buah usaha mandiri untukmenambah kesejahteraananggotal' rurur Marsusiah.

Muscab tersebufdihadiri 68

pendidik dari 22 lembaga,serta para tamu undanganseperti Kepala UPT, PenilikPAUD, Kapolsek, Kades Bo-jongsari, I(etua IGTK, IGRA,Muslimat NU, PC AisyiYah,Badko TPQ dan KSS.

Ketua Himpaudi KabuPatenPurbalingga, Tohar SE ber-harap agar Himpaudi Ke-camatan Bojongsari membuatperencanaan programyangupdate dan selarasdenganHimpaudi Kabupaten. Selainitu juga harusberupaya me-

Himpaudi Bojongsari dan

wujudkan pendidikyang ber-kualitas. "Tentu saja harussenantiasa membangu.n koor-dinasi dengan instansi danmitra-mitra terkaiti' ruturnYa.

Tohar juga berharap agarDinas Pendidikan Purba-lingga senantiasa memberikanbimbingan melalui diklat,studi banding dan lainnya."Kami juga berharap agarpemerintah kabupaten me-ngalokasikan anggaran untukpeningkatan kualitas pendidikPaud non formal serta ang-garan untuk operasional or-ganisasi karena pendidikanusia dini sangat penting dalammelttrjudkan generasi yangberkualitasj'tandasnya. (bdg/adv)

PUTUTIRADARMAS

Bojongsari dan

Page 20: Kliping media tanggal 24 April 2015

Radar BarrgUmas o Jumat Pon 24Aprir 2015

Peian$rat

DesaMinta

Siltap CairBulananRegulasi Terpisah

dari ADD

PURBALINGGA - Pagu-y"uban Kades dan PerangkatDesa Wirapraja KabupatenPurbalingga mendesak agarpencairan anggaran peng-hasilan tetap aparatur pe-merintahan desa dapat dila-kukan tiap bulan, tidak pertermin seperti pencairanADD. Aturan tentar-rg Siltapjuga diminta bisa dipisahregulasinya dari alokasi danadesa (ADD).

"Kami hanya bisa berharap.Karena sampai saat inipunsejurnlah regulasi turunan UUtentang Desa belum terealisasi.

|adi, siltap tahap alvalpunbelum bisa kami nilanatii' kataKetua Pagryuban Kades danPerangkat Desa WiraprajaKabupaten Purbalingga, Mu-hammad Yani, kemarin.

Dipisahnya anggaran Siltapjuga disebabkan karena apa-ratur pemerintahan desa su-dah menjalin kerjasama de-ngan perbankan. Sehingga,angsuran untr-rkbanklangsungbisa dipotong dari siltap bu-lanan itu. "Saat ini kami akuibanyak yang akhirnya terjeratbunga karena belum bisarnengangsur bulanan. Pe-rangkat desa berani pinjamdana ke bank karena me-nganggap siltap bisa tepatwaLtu," tambahnya.

Karenanya, ia meminta ke-pada instansi terkait sepertiDPPKAD, Bapermasdes dan

Bagian Tata Pemerintahansegera merealisasikan draftperda menjadi perda di DP-RD. Sehingga nasib Siltap danADD di desa tidak terkarung-katung.

"Kami tidak ingin pencairanADD termasuksiltap di peng-hujung paruh tahun. Se-hingga bebrtabrakan dengankegiatan lain yang mem-butuhkan waku dan tenagaseha pikiran. Sehingga jikaada keterlambatan laporanpertanggungjawaban, kamiyang diniiai tidak mampubekerjai'tegasnya.

Terkait molornya sejum-Iah regulasi turunan ini,DPRD meminta eksekutifsegera mempercepat ma-suknya draft raperda ten-tang tIU Desa itu. "Saat inikita membutuhkan turu-nan dari UU Nomor 6 Ta-hun 20I4 tentang Desa.Namun setelah salah satuPP turun, belum masuk lagiturunan regulasi misalnyaraperda di Purbalingga. Initidak bisa lama- lama, harussegera mulai dari sekarang.Karena menyangkut hajatorang banyaki' tegas KetuaBaleg DPRD Purbaiingga,Endra Yulianto.

Ia juga mengatakan, saatperda sudah turun, makawajib memebmbuat pera tu-ran bupati. I(arena denganperaturan bupati, maka perdabanLbisa berjalan selaras danteknis. "]ika perda tak adaperbup, maka tidak akan ber-jalan ru-aksima-l di iapangan,"katanya. (amr/bdg)

Page 21: Kliping media tanggal 24 April 2015

a

KttrFgffiffi Pdffimff"r

hlfl$ $ETDA PtJItBAtIHfifiA

ffiBany+JmasJumat, 24 A?ril 2O75

enambang Galian Ceruduk Kantor Bupati

ntnn[!; ,.,,1 ? I '4

'BI " l'rJJJhl

P

GPURBALINGGA- Ratusan

pekerja di bidang penambangangalian C, Kamis (2314) beramai-

ramai menggeruduk KantorBupati. Datang menggunakan

sekitar 86 dump truck, merekamenggelar aksi unjuk rasa

menolak penutupan galian C, didepan Pendapa Dipokusumo dan

menduduki alun-alun.

ETUA paguyuban penambang galian CSerayu Mas, Imam Maliki menjelaskan,aksi dilakukan sebagai wujud protesterhadap kebijakan pemkab yang

melarang kegiatan penambangan galian C.Sebelumnya, Selasa (21l4), sejumlah tiiik

penambangan pasir dan batu di tepi sungai,tepatnya di Desa Arenan, Kaligondang danKarangcengis, Kecamatan Bukateja ditutup poldaJateng atas rekomendasi dari Dinas Energi SumberDaya Mineral (ESDM) Jawa Tengah karena belummengantongi izin.

"Pelarangan kegiatan galian C ini membuatratusan warga yang menggantungkan hidupdari sektor tersebut terancam kehilangan matapencarian. Selain itu proses pembangunan fisikjuga terancam mandek. pasalnya, bahan bakupembangunan fisik seperti pasir dan batu berasaldari galian C," ucapnya.

Dia menambahkan, kedatangan pihaknya kepemkab ingin bertemu bupati dan meminta agarkebijakan pelarangan penambangan galian C

-

dicabut.Perwakilan penambang galian C ditemui oleh

Asisten Sekda Bidang pemerintahan Kodadiyanto,Asisten Sekda Bidang pembangunan SusiloUtomo, serta sejumlah pejabat terkait. Dalamkesempatan itu, Imam kembali menyampaikanagar pemkab memperbolehkan usaha galian Cdibuka kembali,

"lzin sudah kami lakukan sejak lama,tapi belLm juga turun. lni kan tandanya adaperlambatan pelayanan dari pemerintah.Ketegasan itu hanya dilakukan kepada kasuskejahatan. Kalau menyangkut pembangunan,seharusnya diselesaikan dengan bijak,., kataImam.

Kewenangan PemprovMenanggapi tuntutan tersebut, Kodadiyanto

menyampaikan, berdasarkan UU Nomor 23 tahun2014 tentang Pemerintah Daerah (pemda),kewenangan pemberian izin galian C adalahpemerintah provinsi (pemprov), pemkab hanyamendorong kepada pengusaha untuk segeramengurus suratnya.

"Sampai sekarang belum ada peimintaandari pemprov teikait masalah rekomendasibupati, sehingga belum bisa ditindaklanjuti,,, ujarKodadiyanto.

Dengan adanya UU Pemda, imbuh Kodadiyanto,otomatis Instruksi Bupati Nomor 540/190 tahun2014 tanggal 23 )uni 2014, terkait pelarangan,pemakaian backhoe atau alat berat sejenisnyauntuk penambangan galian C, batal demihukum. Terkait desakan para pengunjukrasa untuk membuka kembali penambangangalian Q, Kodadiyanto mengatakan, pemkabmenyerahkannya kepada pemprov.

"Sebagimana telah dijelaskan, itu kewenanganprovinsi. Bupati jangan dipaksa untuk melanggaraturan," tegasnya,

Ketua Komisi IV DPRD Sunarko yang hadirdalam pertemuan itu mengatakan, perluadanya solusi untuk mengatasi permasalahantersebut. DPU dalam hal ini Kabid Energi SumberDaya Min'eral (ESDM) perlu menyurati DinasESDM Provinsi untuk memberikan dispensasipenambangan selama surat izin belum turun.

Kepada para pengusaha tambang juga harusmemperhatikan tonase yang harus dipenuhi untukklas jalan yang ada, sehingga tidak merusak jalan,"Harus ada kontribusi dari para pengusaha untukmelakukan perawatan jalan. Bukan pemkab sajayang merawatnya," ujar Sunarko.

Mendengar pernyataan tersebut, perwakilanpenambang galian C bisa memahami. Merekaberencana akan secepatnya mengurus perizinan.Sebelum izin turun, Imam Maliki meminta pemkabmemberikan toleransi agar penambangan galian Ctetap bisa dilaksanakan.

Terpisah, setelah acara audiensi, Imam Malikiberpendapat, dengan tidak adanya kewenangandari pemkab untuk menghentikan penambangan,maka hari ini pihaknya akan melanjutkan prosespenambangan. "Setelah audiensi, ternyatahanya soal perbedaan kewenangan. Pemkab ._,-t L

sendiri masih mengambang. Kami akan kembalimenambang, ora nambang ya ora madhang,,,katanya. (ms05-06)

Page 22: Kliping media tanggal 24 April 2015

-.l---\-.-

lt-

SEJUMLAH penambanq galian c unjuk rasa di depan Kantor Bupati, menuntut pembuk;;; t"rurrigalian C yang sempat Oitulup polda. - .

Page 23: Kliping media tanggal 24 April 2015

BA*I,EI{ }{lj}{A$ $ETDA FIJRBAi,I},I$f; &

ffiBanyHmp$lumat, 24 A1ril 2015

Iff'EHe

Aki k M el im p ah,.ftEiiffiafi".Bfitu""

Dikembangkan

IIREBET. oeiam Outu a*lf*i*uilui+eiu:in'utl*. e*1-'I

;;;;;t oimusim hujan, dan efeknva akik pun melimpah'

,.rii.ii't' 'ir,

*urgub.iu onje, Kecamatan Mrebet mulai

m"ngan.t uragamkan kerajinan batu dengan harga yang

relatif teriangkau.'-'il;#;tmbuat prasasti, papan nama' dan sejenisnya

o.irr. *ai, i.tnp"ngun batu' lnisiatif ini muncul kali

;ilil" r|.h ruo"t onj" Budi Tri Wibowo yang melihat batu

I'",i..li *.t tiair, oiamuir oleh warga untuk iadi akik';w.r.l-"'Lriiri butu buhun akik di sungal Klawing dengan

.;;;;r;;;h ;"nssrniLun palf' Jika itu bukan untuk akik

,run aitroo.r. padlhal baiu itu sangat tajam dan bisa

;;ili;;a.ri batu vans lain' Darisitulah' batu itu sava

;ffiffi ffi.tr. aior.t produk lain," katanya kemarin'; l"muaian ia beserti tiga pemuda mulai membuat

orasasti bertulis kaligrifi dan lukisan yang lainnya di

iumahnva Ai nr z/nw 5 Grumbut Brubahan' Teknisnya'

u.i,JioLr,nmenjadilempengantipis,lempenganitu,*.i.Ai-trrrit trt i.un. Usai aitutis atau ditulis' tahap akhir

;ilil;-kt; d.;gin ,etnit semprot' "Nimun bentuk batu

secara alami tetap dipertahankan," katanya'

Kasi Pembinaan dan Pengembanan UMKM Bidang.

UMKM Dinas Perindustrian Perdagangan dan Koperast

fOino.nnausfop) Adi Purwanto mengatakan' kreativitas '[#."o;;;il;Jur[ t.ngat baik' rid;k hanva membuat akik'

;:,:J..1[;;;;i',;;;'ini.;;iprodukkera jinalberbahanbatu'

S"t u*tnru seperti itu. Aatu iuga jangan dijual dalam bentu

otigir# .t J setensan ladi' eeralin tuilil91 harus bisa

krea-tif seperti itul katany-.-ts.ilFsE-llt.9rld.h02:!6t'r"'r":;'r '':;'1 ;;:1"; ;

Page 24: Kliping media tanggal 24 April 2015

KLIPING fugffiMl$-

il ,* I,rl,Ii I{iJ},{r1$'$ETni'- U!L

i I TR.!fiir IlLliii-f i i'i

ffiBanyU.mAsJumat, 24 April 2015

Akseptur, KB Ais'lirlah-fl KK.H}{

Lampaui Tar:get

BOBOTSARI- Peserta akseptor KB aulim gt3O1.uq . ,.

,:;i; P;;venan KB Gratis vans aio$a1 9t9f Aisvivah

Wii.t.L Jateng dengan Badan Kependudukan 0an -

l'#il.ffie,n#JNusonur (srkeN) Jatene. dan Badan

Pemberdayaan Pqr'ernpuan, Perlindungan Anak' dan Keluarga

iriio'iilli..s di PKU Muhammadivah Bobotsari' Rabu

(22/4) melampaui target' -L F:!i .haricnr

''-k*iu. ui:.jis Kesehatan PD Aisyiyah Siti Cholisoh Abu

o.ii*;ns*t'kan,:target 'kttpt" baik baru maupun lama

ffi;'il,"ffivunun (e ninva 200 peserta'.Namun diluar

i;ffi;;il;#a membludak dua kali lipat' *Antusiasme

rJii.i i,lssi. Mereka jusa kami fasititasi mulai dari

u.iJ.sk.t lrirs ga diantar sampai rumah'- katS nya,

Keoiatantersebutrariretimudigelar.Duatahunterakhir'nirnl'n i',itu.ln-gga terhasi' rnendapat dua penghargaan

dari PW AisiYah lat€ng'untuk Program.gelayal:1l* "u'*.i, ji'',.,.tin'lir, r"ii g' d' n [ei

u 1 -r1o-a',i 93gll ["]' 19

u

;;;.';.; dan Pemberdavaan Perempuan (BKBPP) Hanung

Wikantono mengatakan,ielaksanaan prograrn KB tidak bisa

iiilti,r.I.-...ciil orer,,Uriainya, melainkan har,us bersinergi

i.ngin orgunisasi lain untuk bergerak bersama'- -'

sl*.niuru itu, Kasubid Keluarga -sejahtera dan

Pernherdayaan:Keluarga dP3*xO jafenq M Zaenal Arief

*-;ngutail;, iumlah'ienduduk di Jateng saat ini berada

di peringkat tiga nasionai bhh karena itu' program untuk

ilil;ili iigka kelahiran:dan kematian ibuterus

iititi,t rn,-tatuh satunya dengan pelayanan'KB yang

*Jn#nl.ng Aisyiyah ini' {$iltl*€trvork'hs246)

ltg Peserta lkutiSeleksi GuPresPURBALII{GGA - SebanYak

119 Peserta mengikuti

seleksi Pemilihari guru ,r<epaia ser<oran, Pengawas

sekolah dan tutor kejar

paket berprestasi tahun

2015. Kegiatan Yang

dilaksanakan selama

dua hari, Selasa -Rabu

CIl-2214) berlangsungai sPtt< t"trha*madiYah

i' plriouiingga, ainuka

;#.";it"di;as Pendidikan

ffi ;;i;; ;'-'b"r i ngs a, Jiah

PaluPi Twihantarti'Menurut Jiah PaluPi

Twihantafti, dari 119 Pesefta

itu, terinci dari guru TK

sebanyak 14, SD (17), SMP

(34), sMA (9), SMK (6),

k ojtu ru (12), KePala sD

1ti1, repata lrue (:), x,lqala

SMA (kosong), tutor kelar

paket B {1) dan tutor Ke]ar

paket C (2). Pengumuman

i<eiuaraan akan dilakukan

tanoqal 2 Mei, bersamaan

per:rn-gatan hari Pendidikan'nutio"nui linqut kabu Paten'

Bagi Yang keluar sebagai

juara Pertama untuk

masing-masing kategort,

akan mengikuti lomba Yang

ti*. liiiisr, Provinsi

iliilil;;,ran runi

mendatang. 1Pt-oz1

Page 25: Kliping media tanggal 24 April 2015

Kilpxffi& &lgffimfl,E

BAfr i,tq ill]$iA$ '$fi

TIA P|IR$ Alliq$f; &

ffiBanyumasJumat, 24 April 2015

Amdal Penting untukPeningkatan Lanud Wira-saba

PURBALTNGGA- pr"ogres

rencana pengembangan,Lapangan Udara (Lanud)Wirasaba menjadi bandarakomersial saat ini tengahmasuk babak penyusunananalisis mengenai dampaklingkungan (Amdal). Untukmelaksanakan tahapini, pemkab setidaknyamenggelontorkan danasebesar setengah miliarru pia h.

Kepala DinasPerhubungan, Komunikasidan Informatika

{Dinhubkominfo) yonathan

Eko Nugroho menjelaskan,Amdal atau studl kelayakanmenjadi salah satusyarat peningkatan kepembangunan berikutnya.

"Dengan adanya Anidalnanti digunakan untuk aspekteknis dampak apa saja kelingkungan, juga sebagaialat sosialisasi kepadamasyarakat Sekitar yangterdampak agar pahamdan tetap mendukungproses pembangunan,"kata Yonathan saat ditemuiHarmas, Kamis (2314).

Dia menambahkan, hasilkajian Amdal pembangunanproyek ini bermanfaatuntuk menghindari danmeminimalisasi dampaklingkungan, sehinggaterwujud pembangunan yangberkelanjutan. Terutamaterkait survei, prakiraan,dan evaluasi dampakberupa polusi, gangguankeanekaragaman ekosistem,hubungan manusia alam,dan lingkungan.

Dia menginformasikan,proses penyusunan Amdal

menelan biaya sebesar Rp494.050,000 menggunakanAPBD bantuan keuangan

, dari pemprov. Saat initengah dalam proses lelang

. dengan subkualifikasi bidangJasa Analisis dan Enjiniringlainnya, Jasa Komposisi,Kemurnian, dan atauBidang Tata Lingkungan,Subbidang Jasa KonsultansiLingkungan,

"Setelah itu kami tinggalmenunggu penandatangananMoU antara pihak terkaitseperti TNI AU, pemdasekitari dan gubernur- DrafMoU-nya sudah dibuat dansecara teknis pembuatanrencafla induk terinci jugasudah," katanya,

Persetujuan KemenhubSetelah MoU

ditandatangani, makatinggal meminta persetujuandari KementerianPerhubungan. MoU jugaakan mem-breakdownaturan kerjasama siapa sajayang akan berperan dalampembanEunan fisiknya sertadalam pengelolaan nanti.

"Respons dari pihakterkait sudah bagus, baikTNI AU maupun gubernur,serta pemerint?h kabupatenyang turut mendukung diantaranya Purbalingga,Barijarnegara, Wonosobo,dan Banyumas, Kami juga

-tidak menutup dukungandari kabupaten lain yangingin berkontribUsi dalampembangunan nanti, karenahal ini juga menyangkutdampak perkembanganekonomi masing-masing,"jelasnya. (mg05-06)

Page 26: Kliping media tanggal 24 April 2015

PENUMPANG turun dari pesawat yang mendarat diLanud Wirasaba, baru-baru ini.

Page 27: Kliping media tanggal 24 April 2015

Jumat, 24 April 2O15

BAfi i,q,q }{|1}{&$ ,$fiTl.{ pt]R$ALIH$fl e

Sekda Banyumas Nyalon Bupatir Daftar lewat DPPPURBALINGGA- Kurang

delapan bulan Pilkada digelar,

Desember mendatang, bursa

bakal calon buPati (bacabuP)

kian dinamis. Sekda BanYumas

Ir Wahyu Budi SaPtono Yang

sebelumnya Pernah mengambil

formulir bacabuP melalui

DPC PDIP, dikabarkan akan

mendaftar sebagai bacabuP

melalui DPP PDIP.

"Saya sudah berkomunikasidengan Pak WahYu. Yang

bersangkutan menYatakan

sedang bersiaP.siaP untuk

mengirimkan berkas bacabuP

kepada DPP PDIP. Kami

welcome saja. Bahkan kami

sangat senang, karena bursa

bacabup PDIP akan semakin

ramai dengan mendaftarnYa Pak

Wahyu," ujar Ketua DPC PDIP H

Tasdi kepada wartawan, Kamis

(2314).Untuk diketahui, WahYu Budi

Saptono adalah Putra daerah

Purbalingga. Dia adik kandung

Triyono Budi Sasongko, BuPati

Purbalingga dua Periode 2000-

2005, 2005-2010, dan kini

baru saja dilantik sebagai Plt

Gubernur Kalimantan Utara.

PDIPSebelum menjabat Sekda

Banyumas saat ini, WahYu

yang alumnus Magister llmuLingkungan'Unsoed Pernahmenjadi KePala Dinas Pendidikan

Banyumas, dan sejumlahjabatan lainnYa di lingkungan

Pemkab Banyumas.SelanjutnYa Tasdi Yang juga

menjadi salah satu bacabuP

yang mendaftar lewat PDIP

mengatakan, masuknYa WahYu

menunjukkan bahwa PDIP

menjadi Primadona dalam

pilkada. Dia tidak meiasa bahwa

Wahyu akan menjadi Pesainguntuk memPeroleh rekomendasi

DPP PDIP.

Berdasarkan data Yang

dihimPun Harmas, sebelumnYa

sudah ada 7 bacabuP Yang

mendaftar lewat PDIP. Enam

bacabuP mendaftar lewat DPC

PDIP, masing-masing H Tasdi

(WabupiKetua DPC PDIP), Imam

Subijakto (Sekda), Ken Ragil

Turatno (Bendahara DPC PDIP),

HM Ichwan (anggota DPRD

Jateng), Kris HartoYo YahYa

(Wakil Ketua DPC PDIP), dan

Sukento Rido Marhaendrianto(Bupati). Sedangkan satu

nama, yaitu SuParno (Pegawai

Kejaksaan Agung) juga telah

mendaftar melalui DPP PDIP.

"Berafti yang mendaftar lewat

DPP bertambah satu, YaituWahyu Budi SaPtono," ujar Tasdi'

Ditambahkan, bacabuPyang telah mendaftar akan

mengikuti mekanisme intErnal,

di antaranYa fit and ProPer test

serta sekolah Partai'Sementara WahYu Budi

Saptono ketika dikonfi rmasi,

secara diplomatis membenarkan

bahwa dirinYa akan mendaftar

melalui DPP PDIP' "SaYa sedang

bersiap," ujarnYa.

Berbagai TahaPanSekretaris DPC PDIP

Bambang Irawan mengatakan,

siapa yang mendaPatkan

rekomendasi DPP PDIP masih

menunggu.berbagai tahaPan.

Dalam Kongres PDIP IV di

Bali beberaPa waktu lalu,

menurutnya Sekjen PDIP Hasto

Kristianto mengatakan agar

kader PDIP terbaik bisa diusung

dan memenangi Pilkada. PDIP

juga membuka kemungkinanmencalonkan kader internal di

daerah yang Perolehan kursinYa

mencapai 20o/o dari keseluruhanjumlah kursi di kabuPaten/kota."PDIP meraih 11 kursi dari 45

kursi di DPRD Purbalingga,"imbuhnya.

Sementara Pilkada

Purbalingga akan digelarpada Desember mendatang,bersamaan atau serentakdengan 15 kabuPaten/kota lain

di Jateng. Sedangkan BuPati

Purbalingga sekarang, Sukento

Ridho Marhaendrianto akan

mengakhiri masa jabatannYa,

akhir luli mendatang. (pt/msos'05)

Page 28: Kliping media tanggal 24 April 2015

KTIPXNG h{EDI&#A*t{i{ Hll}'i,{$ $H?}$ Pt}RBAIIr{fi$A

SarEr-ttF'r;lsg,,**,@]:ry

JUMAT PON,24 APRIL 2015

-,*[email protected]"..,,",*411::-l:_'l

RatrrsanPenamharlrgDemo

a

B,rpatiffi & - ffiy * *s.** ffiu *&-ummegrum ffiffi* * *ild1&"Br$Y$fdfFh.#-"{& g w* }iH ffi#sffiffi e B$F&ffi4ffiffi SS_$ B_ffi%#&*SffiB # 6e#e

H N& &# ff tr#*€ **,d&lw w s s# @sffi %es!68&BW w** - #

__ \\2=:-

ffi YMMPURBALINGGA, SA'TELITPOST-I{atusan ter;adi diPurbalingga l:"T?H"3tffi::t-T1l

ffi f *?i#,il]s"';lrn,*5ti:t:rsltt*4'T:fl'rl":a:*1a1[[*J''t'];;"i],fiil"il:'rl q:li:[inxH:ll* 5?l' o' "''"':":T ::Mereka menuntut oPera

kembaliberialan seterarili;; fil;t'";*,'i"u penambang iuga mengklaim telah

3tr'r*rrru;l.nn#td;ffi,;".xr.rtliiri*[1Ul'*i*,*'q"[i:ilil4:.1*f,fl" o".no.,,t"n diajak berdiarog 'J"'[:;"';:ii'i;b];8 materiar untttk

bersamaAsistenl, KhoJ#if iio J* n'ot"i ;;lB;#;ilill 9:* selain itu' mereka

I setda purbalingga srJi'r'.*Jilrrng rapat i"jr.""":ira1 pemasok materialpada banyak

bupati. rurut ha+ir a'il- ii'i"g iniantira ;"tt",i^["#Htffil-t'":J;?ijH,t#"?'iryIi"iI,'s;rp.ii'i, rapolsek Prrrbalingga dan

-";[;; uiu',-*"naupatkln matefial ini'

ild'i:id'; P.''bil,Tf,.'n ,uu,, s"yl*ii

P*"'1';;"!#;'di';1""i' Iain' va sama sala

,,.-,*Iil;i,"fli{,fl*i,##ii{1,ffi }T#itil,,ffi [}:l"fr ffi,l*{I j*

I"J".irri Jit.rtibkan petugas kepoLisran ,";;,;r"'s;;'i,jd, ,i3; mematikan mata

ia:Ult':1"',gr'*:Ll,tl1T.,!T-,'lil:]H:iltii; jilryo,1,oi,:1',":ll

f6i:'iim'k;:';,*fl'U9"fr:ilil1*I: $;:;'h dJ'r''""ti' "t'utu ai;' pensanssrlran

I a m e nya y angr'*, q";" q'i;J' ro* v u" g *f*;:jl,t* l;;? U'ffi:lii' i'ilP'iHl:"1ffi ,:5;n'.'"f ,Tlik':i,1T#fi :lgifi'i#i*ai@vfi ;"^r

Page 29: Kliping media tanggal 24 April 2015

ffi fiil&til$ru suNAHKo. Retua Komisi rv opao purbatinssa -

Penambang Flarus DifasilitasiELIHAT proses dialog Yangberlangsung alot dan takkunjung menemui titik temu,

pembangunan Oi furoitingga' Satu di

. antaranya menyuplai material bangunan

untuk setiap proyek infrastruktur.Tanpa itu, pemkab akan

mengeluarkan ongkos lebih besarkarena harus membeli dari penambang

luar. Yang tak kalah Penting, usahapenambangan yang bersifat padat karya

saya ketua Komisi lV DPRD Purbalinggamengusulkan agar kita fokub Padasolusi. Menurutnya, keberadaanpenambang memberi sumbangsihsangat besar bagi Percepatan

telah menyeJot ierraga xE, V"qq "uXrpbesar. Kebanyakan dari mereka

merupkan warga desa di sekitar lokasipenambangan. lni berdampak cukupsignifikan pada upaya pemkab nrengikisangka pengangguran dan kemiskinanyang masih berkisar di angka 24 persen.

Meskipun denrikian, penamLrangan

luga tiOat bisa rr,engorbankan sektorlain. Sebut saja kelestarian lingkungandan kondisi jalan raya. Padakenyataannya, penggunaan alat beratmembuat sungai mengalamipendangkalan, erosi, danmembahayakan konstruksi jembatan. Disisi lain, truk angkutan material jugakerap melebihi batas tonase maksimal,sehingga jalan raya semakin cepatrusak. Hal ini juga harus disadaripenarnbang tlan iuga para

pengusaha angkutan jika ingin tetapberoperasi.

Dalam hal ini, saya menyarankan agarpemkab memfasilitasi penambang untukberkomunikasi dengan Dinas ESDMProvinsi Jateng. Harapannya, Dinasbersedia memberikan rekomendasiuntuk terus mengoperasikan kegiatanpenambangan selama perizinan diproses.Namun, para penambang juga harusmenaati aturan hukunr dalamrnenjaiankan usaharrya. {rudal afgani}

Page 30: Kliping media tanggal 24 April 2015

ffi#

;* s*! x..ts

Page 31: Kliping media tanggal 24 April 2015

tsAfrIAH }II]MA$ $$T}A PtIfiBAtrH$$3

SrrnltrF'#s--E-JU,I,IAT PON,24 APR|L 2015

Tasdi: Wahyu Bukan Pesainsffi ffimrmfuax€mre ffimkmrmmm#mw$ ffimm-mfuusffi ffi$:}flffi

Bacabup kepada DPP PDIP."Kami welcome saja. Bahkankami sangat senang karenaBursa Bacabup PDIP akan se-makinramai," kata dia.

Tasdi yang juga menjadi Ba-

cabup yang mendaftar lewatPDIP mengatakan Wahy'u tidakakan menjadi pesaing Lrntukmemoeroleh rekomendasi DPPnorel wut.ry.t merupakan adikmantan Bupati PurbalinggaTriyono Budi Sasongko. Wahprmenjadi kandidat kuat yangdiharapkan bisa meneruskangaya kepemimpinan kakaloya.

Di PDIP sendiri telah adaPOST-Ketua DPC PDIP Pur- tujuh Bacabup yang resni mm- . sedang belsiap," !jgqrl1'--balingga, Thsdi SH MM, me- diftar. Enam Bacabup men- _ Namun,SeioehrisDPCPDIPr,grk;i"tuh mendapat kepas- daftar lewat DPC PDIP Pur- Kabupaten Purbalingga Bam-tiln perihal pencalohan gitda Uatingga. Masing-mas[B H bangkawanmergatakan.tidakBanyumas Watry.r Budi Sap- Tasdi-Sll MM pVabup/Ketua mengetahuiperihalpencalonanton6 pada Pil(ada Purbh- DPC PDIP), Imam subilakto diriwahl'u'Iabarutahusetelah6ngga ZO1S. (Sekda), Ken Ragil Tnratno ramai di media sosial^ tentang

fiXt i"l ia ungkapkan setelah (Bendahara DPC -PDfP), tsn4 perya]o11n 1'y3hlu: '.Sry, T3-berkomurikasi?eriganwuhw. Ichwan(anggotaDPRDJateng! tah tidak tahu," kata diaTasdi membenarlian bahwa Kris Hartoyo Yahya (Wakil melalui pesan singkat.Wahyu saat ini tengah bersiap- Ketua DPC PDtr), d;n Sukento Ia mengatakan penyeraharsiapuntukmengiri-[rkanberkas Rido Marhaendrianto (Bupati). rekomendasi DPP PDIP masih

Sedangkan satu nama yaituSuparno (Jaksa KejaksaanAg*g) juga telah mendaftarmelalui DPP PDIP.

"Berarti yang mendaftar le-wat DPP bertambah satuyaihr Wahyu Budi Saptono,"ujar Tasdi.

Tasdi mng,atakarr Bacabupyang telah mendaftar akanmengikuti mekanisme intemal.Di antaranya llt md proper testserta sekolah partai. Semerrtaraitu Wahyu Budi Saptono ketikadikonfirmasi membenarkanbahwa dirinya akan mendaJtarmelalui DPP PDIP. "Saya

DOK

TASDI

PURBALINGGA, SATELTI-

menunggll berbagai tahaPan.Dalam Kongres PDIP IV di Balbeberapa waktu lalu, lnenu-ruhya Sh(en PDIP Hasto Kris-tianfo mengatakan agar kaderPDIP terbaikbisa dftrsung danmemenangkan Pilkada. PDIPluga membuka kernungkinanmEncalonkan kader intenral didaerah 1'ang pcrolelran kursimenca pai 20"

" d ari keseltLnr.ha n

iLurr,lah krtsi di kahrpatur r/koh'?DlPrno.aih I i t<'.rsi dari 15 kursidi DPRD ltu$alingga" €an)

eI

ffi

WAI{YU BUAISAPTONO

Page 32: Kliping media tanggal 24 April 2015

IffitffiffiG&ffffimff,l*ttH I{1l'&[A$ $ET}A Pt]HBAttr$fffi}1

SarrclITFq::,sx:JUMAT POru,]

24 APRTL 2015

Bfffi,$ Mayat Hidupffi fi $t;irr; f:":;n"r1p*,p} t ffi*_+r.*:*uirurul+*;,r{ wrttacreg$

: ?$ rarap*,*ar*l*'r'*is*i, '

i..., :r,..':iuga nantinya,bisa, ..' -,menularkan kepada

temannya tentang bahaya,' ,'narkoba, kalena f,a*S tita ,'

',, ,.pilih uRtuk'kunjdngail i6i,,, .

adalah anak-anak yangmempunyai kemampuankomunikasi yang baik.Sq

, -' " I{AfiT-ONO}tAD,l '",,::::i,:: ,

Kepata Sekolah SMFN l''-,' ' Po@vse, '"""' "PURBALINGGA, SATELITPOST-Se-iumalah.siswa SMPN 1 ptrrbalingga yangterdril ctarr perwakilan klas 1, 2 dan 3mengikuii pelajararr dampak bahavaperryalairgrrnaan narkoba terhadap nia_nrLsia. Satu rnater.i pelajarannya adalahmeirglurjungi l,anti Rehabilitasi Narkoba

Nurtrl lhsarr Al-Islami di Desa KarangsariKecamatan Kalirnanah, Rabu (22 / 4)l

Kepala Sekolah SMI)N I purbalinesa.Flartono Hadi, mengata kan kegiatan"Tniuntuk membekali siswa agar tidak ter-jerurnus kc dalam narkoba. Denganmeiihat sendiri dampak pemakaian iar-koba , siswa bisa berpikir seribu kali wrtukmemakai narkoba. '

"Para penvakilan sisrva iuqa nantinvabisa menirlarkiarr l<r'pada tiriannya te'n-tang bahaya narkoba. karena vane kitapilih untuk kunir-urgan ini adaiah"anak-a-nak yang mempunyai ke.mamrruankomunjkasi yang 6aik.'' uiar Hartoio

Satu pengasuh panti, Andi, menielaskankepada sisvva bcapa bahavanva' Densa-ruh narkoba bagi manusia.-Satir A'i ania-ranya berpengaruh terhadap saraf otak.kalau ini terjadi maka manusia bisamcnjadi gila atau lebih parahnya lagi bisaseperti mayat hidup.. _"Penyalalrgunaan narkoba ada di seke-liling kita, sepeiti obat batuk kalarrdisalahgunakan t'isa meniadi obat vanesangat berbahaya," ular nirdi. (gqs)'

Page 33: Kliping media tanggal 24 April 2015

N{f;ill}{ I{I]}I,E$ $ETDA PIIRBAII}{ff{}A

SarrclItPr,:rsrKAMIS PAHING,23 APR|L 20r5

SUASANA kunjungan anggota komunitas Kelas Menulis Purbalingga di KantorRedaksi SatelitPost Jalan drAngka nomor79, Purwokerto, Minggs (19/4).

las Menulis Purbalin gga Sinaudi SatelitPostrita, ritme kerja redaktur, tata wajahatau lavout, serta redaktur pelaksana.

Dalam paparannya, Ifanan Wiyokomengatakan, ada tiga tahap dalampenulisan berita, yaifu mengumpulkandata, melakukanwawancara, dan me-nulis berita. Selain itu, ia juga menje-laskan pentingnya membiasakan diriunfuk membaca sebagai bagian untukmemperkaya kosa kata dan memper-luas wawasan wartawan.

Kholil Rokhman juga manambahkan, dalam proses wawancara dibutuhkan kegigihan untuk mendapatkankan informasi sebagai bahan pem-biratan berita. Itu yang terkadang sulitdan membutr"rhkan teknik.

Seusai berbagi pengetahuan secarateoritis, peserta dari Kelas MenulisPurbalingga kemudian diajak rnelihatsecara langsung proses pembuatanberita sebelum diterbitkan di koran.

"Senang sekali teman-teman dariKelas Menulis Purbalingga bisa meli-hat langsung cara kerja para warta-wan. Irri pengalaman baru untuk ka-mi." kata Afiani Dwi Faizah, Ketua Ke-las Menulis Purbalingga.

Dalam kegiatan tersebut, RedakturHanan menyampaikan banyak mediayang bisa digunakan untuk melatihkemampuan menulis berita. Sepertikolom-kolom yang disediakan mediacetak. Seperti kolom citizen journalismyang banyak disediakan oleh beberapamedia salah satunya SntelitPost. (di-tulis oleh Antika Putri/Kelas MenulisPurbalingga)

PURWOKERTO, SATELITPOST-Menimba ilmu tentang jurnalistik,anggota komunitas Kelas MenulisPurbalingga melakukan kunjungan kekantor Redaksi SatelitPost, Minggu(19 / 4)lalu. Peserta kunjungan terlihatantusias mendengarkan paparan teoriserta berkenalan dengan awak redaksi.

Peserta yang melakukan kunjunganberjumlah delapan orang putri. Mere-ka didampingi oleh Bangkit Wismo,Direktur Kelas Menulis Purbalingga.Kedatangan rombongan disambutoleh Kholil Rokhmary Redaktur Pelak-

sana danllanan Wiyoko, Redaktur se-kitar pukul 16.00 WIB.

"Kamiberkunjung ke sini agar lang-sung mendapatkan pembekalan ten-tang materi jumalistik. Peserta sudahterbiasa mendapat materi tentang me-nulis dan pemah dicoba liputan, na-mun kunjungan ke kantor media barukali ini," kata Bangkit Wismo dalampengantar kunjungan.

Sekitar satu jam lebih, pesertamendapat gambaran tentang bagaima-na cara kerja surat kabar mulai dariwartawan mencari dan mengirim be-

Page 34: Kliping media tanggal 24 April 2015

KI,IPING MEDIAB,tfr IU{ }IIJ${A$ $$Y$A PUfifr AIIffifi$&

Sarnlttp,u:lsr/JUMAT PON,'24 APRTL 2015

upomN

,P, ,Sii .$

q-n*- pI,*TIIJIEiGi

a. Ta€h *;;;;;G.--bArurnurosie*.y,rru-t.-=T*=E.-*G-.rt.i;iE;;

d AkumurasrF_;;;i@

1,75,Ua

14,,52e.932124,6A3, r50

6.139,&1

Page 35: Kliping media tanggal 24 April 2015

-' l,r

LAPORAN KOMITMEN DAN KONTINJE115l_ Tanggal:31 Desember2014

D,ft x iner Fil$I$I EE$fiIIETH 2O{4 POSI IOESEMSER,OI3

311-d1tr.e krcd,r kapsda ir-sabah yong aerrrn--iIiil __- _.24f99.991co (

r o,ooo.ooo ?5.OOO.O0(

1 A.d prdurilif yans dihap.;E;;; - --9-94 039 19,4Q3,A41

5_210 AA 3,36

14,S3-921 1 3.767

LAPoRAN LABA RUGI FUELmSjJ

-., .":,, " " 'YU li.- f, OS

-

iO$ISI BTSEMBER20l{ PO$$lIE$EM.BER,;2d13Pendepabn Bunq6#

tutrsasi p@vrs,Eonr=asr er.y-f .e.F 4,875,69a

4 r,#9,J936,2S.49

B€banBuhsa % 19.205,1A 44,135.&2

20,375-ge 12.9S,210

zo-375.gaao

P€nda@nop€-ai;ffiJUlu,.H rEil .-

24,A2s.1d4. 4.4*.474

30,139,432i.460.9Ol

709-93112-%O

oo

reu*n oe".sio.Jiilii,G.'-.--.'-..^'-''.-''.'.- 14.s37,Ae& 15,€28.1412.508.€36

la"a36-Z??l!.{G3_ae

UBA(Rucrlorceffi%

:=I9a-ara-di- -

{a,l5a.g3al6.l?O.ga

% Ketuglsn penlusr.h a---

I I 1-e51 a3f,4s

LBintatn %

.

-

o5Ag,5C9

. (477,OSt 1.2A3,1A2ie?,a€5,

- --- .'---"_:::EYr PAJAX PeNGUSluil

-

TAKsalGffiJAk pEreH;qslljpuu {euar} eendri' '''-=-

14.ce 2-4S3.679.&6

,r.or2"9S

13.0o!,eair3,rs,Bgaet;,

Page 36: Kliping media tanggal 24 April 2015

!

* Nama Kantor Akuntan pubtik : DARSONO & BUDI CAHYO SANTOSO

- ir'r"i",i pttr,r vrnl Menandatangani Laporan : Drs' Darsono' MBA' cPA25 Maret 2015

Direksi,

Laporan Publikasi ini sudah diaudit KantorAkuntan Publik

Catatan:'BPR denoan total aset RplO millar atau lebih wajib mencantumkan nama KantorAkuntan

p?rriri7"',i'."irlii r"iJ" Fr6rik vj"g b!fla-ngluni lawao terl-radap audit (partmr in-charge) 1 .

lnformasi keuangan di atas telah disusun untuk memenuhi Peraturan Bank lndonesla

N". ivilparl20is tanggal 21 tvtei iotg tentang Transparansi Kondisi Keuangan Bank

ij"rri"oirr" niiv;t ainturat roaran-,duir<'inoonSsiu ruo. r 5/29lDKBU tangsal 31 Juli 201 3

;i#6;;;; ilLmn oan taporan keuansan PublikasiBPR

i"J-;{J iB'{L.,

Page 37: Kliping media tanggal 24 April 2015

KttrPING MEilT&*,tfr I,{}i }{{JHA$"8$TDA P[]RBAIIH$$J1

Jumat Pon,24 Aprit2015

Siswa SMPN 1 Kunjungi PantiRehabititasi NarkobaPURBALINGGA - SisrvaSMPN 1 Purbalingga yalrg ter-diri atas perwakilan kelas I, IIclan III mengikuti pelajarandampak bahaya penyalahgu-naan narkoba terhadap manu-sia. Salah satu materi pela-jarannya adalah rnengurrjungiPanti Rehabiiitasi Narkoba Nu-rul Ihsan Al-Islami di Desa Ka-rangsari Kecamatan Kalima-nah, Rabu (22/q.

Kepala Sekolah SMI'N 1 Pur-balingga, Hartono Hadi me-ngatakan kegiatan ini adalahdalam rangka membekali siswaagar tidak terjerumus kedalamnarkoba. Dengan melihat sen-

Ij &Ibffi&46ffi${ftH}

BERKUIVILD\iG: Sisuta SMPN 1

i t r rbal i t t ggn nrot gu n i u t t,"'i Pa.rt t i

R.eh uhi t i in"si N n rkbbn N t r r t rl I h sn t t'

ii;ii: Foto Joko Santoso

diri danrpak penrakaian nar-koba diharapkan siswa bisaberpikir seribu kali untuk me-makai narkoba.

"Para perwakilan siswa juganantinva bisa menularkan ke-pada temannya tentang baha-nva narkoba, Karena yang kitapilih untuk kunjungan ini ada-lah anak-anak yang memplr-nvai kemarnpuan komtinikasiy ang balk," ujar Hartono.

Sebagai rasa kepedulian ter-hadap penanggulangan bahayanarkoba di kalangan remaja,Bupati Sukento Rido Marhaen-drianto, beserta kasatpol PP,bagian kesra dan bagian hurnasikut mendan-rpingi siswa ber-kunjung ke panti rehabilitasi.

Bupati dalam kesempatanitu rnengatakau, -dengan mem-beri gambaran bahaya narkoba

sajak dini diharapkan menjadigenerasi emas. Cenerasi yangdiidam-idamkan sebagai pene-rus estafet kepemimpinanbangsa Indonesia.

:iii BahayaSedangkan salah satu pe-

ngasuh panti, Andi menjelas-kan kepada siswa betapa baha-yanya pengaruh narkoba bagimanusia. Salah satunya ber-pengaruh terhadap syaraf otak,kalau ini terjadi maka matruasiabisa menjadi gila atau lebiirparahnya lagi bisa seperti ma-yat hidup.

"Penyalahgunaan narkobaada disekeliling kita, sepertiobat batuk kalau disalahgu-nakan bisa menjadi obat yangsangat berbahaya," ujar Andi.titiL ST-iie

Page 38: Kliping media tanggal 24 April 2015

KTIPING &frMDIATi*Lq}{ }{IJ}'{A$ $$?}Jt PiIM&IIr{fl$A

,,KEDAUI-ATAN RAKYAT"

JUMAT PON,24APRIL2O15

( 5 REJEB 1948 )

TIDAK BERIZIN, KEGIAIAN DITUTUP

usan Penambang danRat

UnjukrasaPLJRBALINGGA (KR) - Ralusan penambang

material jenis galian C tpasir dan batu), awak trukdan iengusaha tambang mendatangi gedung Sekre-tanat Daerah (Set(la) Purbalingga, I(amis fZSt+1.

- Penambang yang biasa be- ,,Sampai sekarang belumkerja di daerah aliran sungai ada permintaan dari Femprov,(DAS) Klawing dan Serayu itu terkait masalah rekorrrentasimemprotes penutupan tam- Bupati sehingga belum bisabang oleh Dinas ESDM Pro- ditindaklanjuti,,,tutw Koda_virni Jateng dan Polda Jateng diyanto.pada Selasa (2114) la1u. Penu- Dengan adanya IfU Nomortupan karena tidak ada izin ZA tahun ZOt+ tentangpenambangan. Pemerintah Daerah (pemda)]

Penutupan membuat para otomatis Instruksi nupalipemangku kepentingan seper- Nomor E4O/7}O tahun 2b14ti sopir pasir, pekerja dan tanggal28Juni 2074,terkaitpengusaha tambang tidak bisa pelarangan pemakaian bach_beke{a. Para pengusaha jasa furc atai ale/ berat sejenisnyakonstruksi juga akan kesulit- untuk penambangan galian-C,an dalam memperoleh bahan batal demi hukum.

Sopirlluk

material seperti pasir danbatu.

Sementara ratusan sopirtruk pengangkut sirtu (pasirbatu) berorasi diAlun-alun, ji-ma oraug perwakilan diterimaAsisten I, Kodadiyanto di ru-ang rapat Bupati. Setelahmenyimak keberatan perwa-kilan pengunjukrasa, Kodadiyanto menjelaskan, kewenang-an yang memberikan izin ga-lian C ada pada Pemprov, se-dangkan Pemkab hanya men-dorong kepada pengusaha urr-tuk segera mengurus surat-nya.

Terkait desakan para per-wakilan untuk membuka kem-bali penambangan galian C,Kodadiyanto menegaskanPemkab Purbalingga menyer-ahkan kepada PemprovJateng. "Sebagaimana telahdijelaskan, itu. kewenanganprovinsi, Bupati jangan dipak-sa untuk melanggar aturan,"tegas Kodadiyanto.

Ia menegaskan harus adakomitmen dari para penam-bang untuk tidak memuat pa.sir atau batu melebihi dari ka-pasitas jalan. Kapasitas mu-atan harus sesuai dengan kap-

Page 39: Kliping media tanggal 24 April 2015

Ratusan sopir dan pena.mhang berw$uktasa

asitas jalan.'Kalau kelas jalanKabupaten kelas 3, muatan-nya harus sesuai dengan kapa-sitas jalankelas 3," ujarnya.

Ketua Komisi IV DPRDPurbalingga, Sunarko menye-butkan perlu adanya solusi un-tuk mengatasi permasalahantersebut. Kabid EnergiSumber Daya Mineral DPUperlu menyurati Dinas ESDMProvinsi untuk memberikandispensasi penambangan sela-ma surat izinbelum turun.

Kepada para pengusahatambang juga harus memper-

hatikan tonase yang harusdipenuhi untuk kelas jalanyang ada, sehingga tidakmerusak jalan. "Harus adakontribusi dari pa'ra pengusa-ha untuk melakukan pera-watan jalan. Bukan Pemkabsaja yang merawatnya," qjarSunarko.

Sedangkan Kepala DinasPerhubungan Komunikasi danInformasi (Dinhubkominfo),Yonathan Eko Nugroho me-.ngatakan, terkait masalahtonase, pihaknya bisa mem-bantu dalam pengawasannya.

Yakni dengan mendatangkanmobil timbang portable dariUPID Dinhubkominfo Pro-vinsi. "Seperti kemarin jalanitu hancur, karena tonasedump tnik yang mengangkutpasir melebihi kapasitas," ujarYonathan

Dalam pertemuan tersebutpara pengusaha tambangmenyatakan siap memper-baiki kerusakan yang ter{adi.Para pengusaha tambang jugatelah membentuk pagul'ubandengan nama paguyrbanSeralrrMas. (Rus)-m

Page 40: Kliping media tanggal 24 April 2015

ffitffit$ffi$,{ffimffifi Afr I,{H }{IJE{E$'$$fNA PIIHBAIIHfiffi&

,KEDAULATAN RAKYAT"

JUMAT PON,24APRIL2015( 5 REJEB 1948 )

ffiEffiU.#$ DE:'p

' .rril ffiDESAWisata mulai bermunculan di seantero Indonesi.a se-

jak awal tahun 1990-an. Desa wisata memadukan honsep be-berapa karakteristik tertentu sebuah dcsa d.engan akomod.asidan fasilitas pendukung. Berbeda. dengan objek wisata konuen-sional berupa wahana alam atau buatan, desa wisatajugarnenawarkan aktiuitas warganya sebagai'komod,itas'.Purbalingga salah satu kabupaten yang getol mcndarong desawisata. Berikut laporan wartawa.n KR Toto Rusmanto d,ariPurbalingga (Red.)

tiDARA,dingnmenJ rsup. dari ventilasi udara pada

Minggu pagi dini hari, tigapekan lalu. fidur meringkukdibalut selimut tebal, parawisatawan enggan beranjakdari tempat tidurnya, di se-bluah homestay Desa WisataSerang, Kecamatan Karang-reja Purbalingga. Tapi suaraadzan subuh tentunya tidakboleh diabaikan. Satu per-satu wisatawan keluar darikamar, mengambil air wudhuyang dingin dan men-jalankan ibadah salat.

Niat kembali meringkuk ditempat tidur karena harimasih gelap diurungkan keti-ka dari balik jendela, dalamsuasana yang masih remang-remang, tampak sejumlahorang melintasi jalan depan

homestay. Orang-orang de-pgan pikulan di pundak,sambil membawa sabit ituhendak berangkat ke ladang.Sebuah pemandangan yangtidak pernah terlihat di kota.Dengan pakaian hangat,para wisatawan itu keluardari homestay dan mendapatsapa ramah dari penduduksetempat yang pada pagi bu-ta itu mulai beraktivitas.

Aktivitas sehari-hari war-ga itulah, salah satu yang'di-jual'di desa wisata Serang.Bukan hanya aktivitas eko-nomi semata, beberapakarakteristik khusus wargadi sebuah desa wisata sertatradisi budaya yang masihasli menjadi daya pikat khassebuah desa wisata.

'Desa wisata adalah suatu

*_l rt\__-=7-___\_-,/

Page 41: Kliping media tanggal 24 April 2015

wilayah dengan luasan ter-tentu dan memiliki potensikeunikan daya tarik wisata

t---:yang khas, dengan komuni-tas masyarakatnya yangmampu menciptakan perpa-

;;";' ;;;;;;;i il;I t;riwisata dan fasilitas pendu-kungnya untuk menarik kun-jungan wisatawan," tuturKepala Dinas KebudayaanPariwisata Pemuda danOlahraga (Dinbudparpora),Drs Subeno MSi.

Di Purbalingga saat ini ter-dapat enam desa wisata. Ma-sing-masing Desa Karang-

. banjar Kecamatan Bojong-sari yang sudah ditetapkansejak awal dekade 1990-ansilam. Disusul Desa Serang(Karangreja), Desa Panu-supan Kecamatan Rembang,.Desa Tanalum (Rembang),Desa Limbasari (B6f ef ssri;,dan Desa Wisata Siwarak' (Karangreja).

Desa wisata di Purba-lingga, selain lekat denganaktivitas khas warga pede-saan seperti bertani danbeternak, juga menyimpanpotensi berupa panoramaalam yang eksotik. Sebut sajaDesa Serang di kaki GunungSlamet. Desa ini berada padaketinggian di atas 1.300 me-ter dari permukaan laut. de-ngan kondisi topografi yang

Desa Thna.lutn n eruLwarhan wisata alam yang mcnarihda.n d.ikenal dcngan sebutan Desa Seribu Curu$.

berbukit-bukit. Di desa van, Hampir serupa dengan

terletak ZS kilomete" 'u"ui Desa Serang, Desa Tanalum

barat laut ild;lil;;" i;; l'"c q""fl dengan sebutan

wisatawan a.p"t *"iiL*uii Desa seribu curug juga

buah strobe; t.il dr;;;i; menawarkan wisata alam'

sendiri .lari kelrrri* i;;-' Selain. sejumlah curug (air

dapat pula sarana ,"tur"a t3rjun),. wahana yang

yang menant""g. Wi.utu*.r ditawarkan berupa wisatajuga akan disuguhi atraksi r .- := .:i:,-:,ii ::, ,:::,,::, :::::lsenj banibu gtmbeng, thek- canyoning aan triniiig iitheh dankesenian trafisional bukit Sunti.lainnya. Untuk bermalam, Atau Desa panusupan Ke_terdapat tidak kurang dari T0 camatan Rembang yang me_homesta .{i desaitu. miliki Mr r<am Syech Jambu

^ "Pada J_uni tahun ini, Desa TTlg p.r.rk C,rrrrrrg

Serang ak-rn menjadi pusat Ardi lawe Di d.esa itu pulikegiatan Festival Gunung terdapatr0bendapurbakala,Slamet. Kegiatan dengan curug Wana Tirta, kampungatraksi berbagai tradisi bu- Dayakan, kampung sawahdaya dan kearifan lokal," tu- yang merupakan Otlbudr-nyatur Kabid Pariwisata Dinas Purbalingga, kerajinan bam_Kebudayaan Pariwisata pe- bu, kuliner nasi jagung,m tda dan Olahraga (Din- kripik daun Keji, ,";"*f#budparpora), Ir Prayitno seni tradisi seperti kotekanMSi. lesung dan keunikan lokal

lainnya.

Desa Wisata Siwarak diKecamatan Karangrejamenyediakan paket wisatacau irug, y ahi.menelusuri GoaLorong Kereta, trehkingmen5rusuri kawasan agro-wisata kebun nanas, home in-dustry manisan. Paling me-narik menikmati matahariterbit (sunrise) di BukitNjelir.

l'Keindahan panoramadi Bukit Njelir tidak katahdengan Sikunir di DiengBanj arnegara," uj ar Subeno.

(Bersambung)-m