Kliping Berita 28 Januari 2015

48
KTIPINGMEDIA BAOIN IIIIINA$ $flDA PUIBAIil{OOA EffituEBanyumas Rabu, 28 Januari 2075 Peasibafuga Bersiaa Lawan Pers I rp :EMBINA sepak bola yang ditunjuk menjadi caretaker pelatih Persibangga, Alip Imam mengatakan latihan akan digelar Jumat (30/1). "ttu hanya latihan menghadapi Pekalongan, bukan Divisi Utama," jelasnya, Di latih tanding itu, dia akan membawa pemain sama dengan yang diturunkan di Cilacap, Mereka adalah gabungan pemain lokal Purbalingga dan binaan puslat Cilacap, yang dilatih Alim Imam pibadl. PURBALINGGA - Usai menjadi runner up Bupati Gilacap Cup 2015, skuad Persibangga Purbalingga selection bersiap menghadapi tantangan Pesip Pekalongan, dalam uji coba di Stadion Kota Batik, Sabtu (31t11. Pihaknya membawa materi yang ada karena tak mungkin mencari pemain bagus. Dengan kemampuan pemain yang ada, Alip mencoba meramu tim agar mampu mengimbangi lawan. Materi Persip sudah jadi yang sedang disiapkan untuk Dlvisi Utama serta dilatih Gatot Barnowo. Terpisah, mantan manajer tim Persibangga musim lalu, Maftoyo, mengatakan setelah Eupati Cup pihaknya mencoba berkomunikasi dengan insan sepak bola Purbalingga. Upaya itu untuk mendapatkan kepastian Laskar Soedirman akan mengikuti putaran Divisi Utama 2015 atau tidak, Dia membawa Persibangga selection mengikuti Bupati Cup, untuk menggugah pecinta sepak bola Purbalingga. Sementara itu saat uji coba, panitia hanya membuka tiga pintu tribun yakni barat, selatan, dan utara. Khususnya di tribun barat, har-ga tiketnya lebih mahal yakni Rp 25.000. Sedangkan di kedua tribun lainnya harga tiket sama yakni Rp 10.000 orang. Manajer Operasional Persip Andi Kurniawan menjelaskan meski harganya rnahal namun l) -.- - --l/ --.---*-/ penonton yang duduk di tr.ibun barat beruntung, Mereka bakal mendapatkan satu poster ukuran cukup besar berupa gambar foto pemain kesebelasan kebanggaannya. "Kalau dijual, kisaran harga poster ini sekitar Rp 5.000," ujar dia sambil menunJukkan poster tim Laskar Kalong. Dikatakan, pemberian bonus poster ini sifatnya masih uji coba. Nantinya manajamen tim akan menerbitkan buletin yang isinya berupa foto pemain idola yang di baliknya terdapat informasi seputar kesebelasan kebanggaan masyarakat di Kota Pekalongan. Khusus buletin yang dinamakan Lakone (Laskar Kalong News), nantinya akan dijual bebas dan harganya tetap sama, Rp 5,000. Mengenai buletin tersebut, Andi menjelaskan bisa dijadikan media promosi oleh perusahaan-perusahaan yang ada di Kota Batik. Mereka bisa menampilkan logo perusahaan di buletin itu dengan harga cukup murah yakni Rp 50.000 setiap terbit. "Rencana buletin ini kami terbitkan sepinggu sekali," RAGI AN HI IM AS SF,TDA KABLTPATEN PLIRBALINGG,{

description

 

Transcript of Kliping Berita 28 Januari 2015

Page 1: Kliping Berita 28 Januari 2015

KTIPINGMEDIA

BAOIN IIIIINA$ $flDA PUIBAIil{OOA

EffituEBanyumasRabu, 28 Januari 2075

PeasibafugaBersiaa

Lawan Pers I

rp

:EMBINA sepak bolayang ditunjuk menjadicaretaker pelatihPersibangga, Alip Imam

mengatakan latihan akan digelarJumat (30/1). "ttu hanya latihanmenghadapi Pekalongan, bukanDivisi Utama," jelasnya, Di latihtanding itu, dia akan membawapemain sama dengan yangditurunkan di Cilacap, Merekaadalah gabungan pemain lokalPurbalingga dan binaan puslat

Cilacap, yang dilatih Alim Imampibadl.

PURBALINGGA

- Usai menjadirunner up BupatiGilacap Cup 2015,skuad PersibanggaPurbalinggaselection bersiapmenghadapitantangan PesipPekalongan, dalamuji coba di StadionKota Batik, Sabtu(31t11.

Pihaknya membawa materiyang ada karena tak mungkinmencari pemain bagus. Dengankemampuan pemain yang ada,Alip mencoba meramu timagar mampu mengimbangilawan. Materi Persip sudah jadiyang sedang disiapkan untukDlvisi Utama serta dilatih GatotBarnowo. Terpisah, mantanmanajer tim Persibangga musimlalu, Maftoyo, mengatakansetelah Eupati Cup pihaknyamencoba berkomunikasi denganinsan sepak bola Purbalingga.

Upaya itu untukmendapatkan kepastian LaskarSoedirman akan mengikutiputaran Divisi Utama 2015atau tidak, Dia membawaPersibangga selection mengikutiBupati Cup, untuk menggugahpecinta sepak bola Purbalingga.

Sementara itu saat uji coba,panitia hanya membuka tigapintu tribun yakni barat, selatan,dan utara. Khususnya di tribunbarat, har-ga tiketnya lebih mahalyakni Rp 25.000. Sedangkan dikedua tribun lainnya harga tiketsama yakni Rp 10.000 orang.

Manajer Operasional PersipAndi Kurniawan menjelaskanmeski harganya rnahal namun

l)-.-

- --l/--.---*-/

penonton yang duduk di tr.ibunbarat beruntung, Merekabakal mendapatkan satuposter ukuran cukup besarberupa gambar foto pemainkesebelasan kebanggaannya."Kalau dijual, kisaran hargaposter ini sekitar Rp 5.000,"ujar dia sambil menunJukkanposter tim Laskar Kalong.

Dikatakan, pemberian bonusposter ini sifatnya masih ujicoba. Nantinya manajamentim akan menerbitkan buletinyang isinya berupa foto pemainidola yang di baliknya terdapatinformasi seputar kesebelasankebanggaan masyarakat di KotaPekalongan. Khusus buletinyang dinamakan Lakone (LaskarKalong News), nantinya akandijual bebas dan harganya tetapsama, Rp 5,000.

Mengenai buletin tersebut,Andi menjelaskan bisadijadikan media promosi olehperusahaan-perusahaan yangada di Kota Batik. Mereka bisamenampilkan logo perusahaandi buletin itu dengan hargacukup murah yakni Rp 50.000setiap terbit.

"Rencana buletin ini kamiterbitkan sepinggu sekali,"

RAGI AN HI IM AS SF,TDA KABLTPATEN PLIRBALINGG,{

Page 2: Kliping Berita 28 Januari 2015

DaDarnva lalu mengatakan

oenonton bisa memesan tiket

iebih dahulu di sekretariat

Persip Pekalongan, kawasan

Stadion Kota Batik.

Lebih lanjut dijelaskan,

oembuatan buletin ini dilakukan

untuk membantu finansial tim

Persip Pekalongan.'Sebab hasil

dari Penjualan mauPun iklan

dari Pengusaha diPakai untuk

mencukuPi kebutuhan PersiP

yang bakal berlaga di komPetis

Divisi Utama'.Mengenai tribun. Penonton

vanq dibuka hanYa tiga Pintu,

Rndi menjelaskan tidak ingin

memberatka n masYarakal

yang ingin menYaksikan

oertandingan. Sebab PersiP

masih terus menggelar uii

coba sebelum komPetisi resmi

digulirkan. MakanYa Pada

ojrtandingan nanti Yang dibuka'hanYa

tribun selatan dan utara

yang biaYanYa tidak begitu

mahal, "Kalau tribun barat

memang sudah umum harga

lebih mahal dibandingkan

dengan kedua tribun lain'

Apaiagi sekarang mendaPat

bonus Poster Pemain sehingga

saYa kira lumrah," Paparnya'(SMNetworubd, H4-07)

6"[i"p ,"niuru Persibangga di gtadion Kota Batik, Sabtu (31/1)'

i :_tj,:ifj :ti

Page 3: Kliping Berita 28 Januari 2015

KLIPINGMEDIA

BAGIN II[I[{A$ $[I'DA PIJIBAIT,IOGA

ffiBanyUmF,SRabu, 28 lanuari 2015

Rendaman Batu JadlSarang NyamukPURBALINGGA- Masyarakat dimintarajin mengganti air untuk merendamBatu Klawing, Karena air rendaman itubisa menjadi tempat bertelur nyamukpembawa virus demam berdarahdengue (DBD).

"Rendaman Batu Klawing berpotensimenjadi sarang nyamuk. Masyarakat harusmengetahui hal ini," kata Kepala DinasKesehatan (Dinkes) dr Nonot Mulyono.

Dia menuturkan, belum lama inipihaknya menemukan banyak jentiknyamuk di rendaman Batu Klawing dirumah penduduk ketika melakukanpenyelidikan epidemiologi di Bobotsari.

"Di sana bbnyak warga yang menekuniusaha Batu Klawing. Batu yang sudahdibelah direndam di ember atau baskomselama berhari-hari," katanya.

Ternyata ember atau baskom itumalah menjadi tempat bertelur nyamuk.Dan mungkin karena ketidaktahuannya,pemilik usaha batu itu membiarkan jentikberkembang di tempat rendaman batu.

Menurut Nonot, mestinya pemilik batuitu tidak membiarkan jentik nyamukberkembang di ember atau baskom.Secara rutin gantilah air rendamandengan air yang baru. 'langan biarkanair rendaman berhari-hari dibiarkan.Paling tidak tiga hari sekali air rendamanitu dibuang dan diganti air baru,"kata nya,

Hari KetujuhSelain itu, dinding dan dasar ember

atau baskom Ciusap atau dilap, sehinggatelur nyamuk yang menempel di dindingatau dasar ember bisa hilang. "Padadasarnya telur nyamuk menetas dihari ketujuh. Jadi sebaiknya sebelum 7hari, air rendaman diganti air baru dantempatnya dilap. Baru diisi air baru,"tutu rnya.

Dengan demikian, pemilik usaha ituikut sefta dalam upaya pemberantasansarang nyamuk (PSN) dan ikut menekanmerebaknya demam berdarah diPurbalingga. "Hingga saat ini sudahada 19 kasus DBD dan 1 penderita,di antaranya meninggal. Diperlukanpartisipasi semua masyarakat agarpenyakit ini tidak terus merebak,"Uja rnya. (SMNetworUf 1 0-06)

BAGIAN HUTV1AS SETDA K.A'BLTPATEN PURB.A'LI.NIGGA

Page 4: Kliping Berita 28 Januari 2015

KTIPINGNMDIA

BAOIN IIti[lA$ $I[DA PI]RBAIil{OOA

WBany*mffiRabu, 28 Januari 2O75

:

BUKATEIA-,Atiyanto (14), bocah warga RT 2/RW 6 Desa

r**q.;g it, xi,gr*uii" b, tiii;a net<at ga ntun g d i ii,

Senin (ZOlf ) petang. OiOuga, dia marah karena permintaan

dibelikan sepeda motor tidak dituruti.- - roinun iit.tnrkun t uli p.ttira oleh iiringah (47),

nene[korbandjkamarkorbansekitarpukul18,00'MenJrutnya,seoeturnkeiidian,cucunyaitumemintaAiUetit<an sepeda rnotoi baru. Dia pun meminta agar

cucunya itu menunggu ayahnya yang tengah bekbrla

Oi jimOi, pulang. Rupanya, jawaban neneknya itu tidak

memuaskan AriYanto."Sambil marah-marah dia masuk ke kamarnya,"'katanya

saat dimintai keterangan oleh polisi, Senin malam,

Sekitardua jarn kemudian, Saringah mencoba menemui

cucunya itu. Tapi pintu kamar Ariyanto terkunci dari dalam'

Ketika diintip dari lubang kunci, Saringah melihat cucunya

tergantung dengan kain menjerat lehernya.

Teriakan histeris Saringah mengundang perhatian

tetanoqanya. Dibantu tetangganya, Saringah mendobrak

plntu f-amir nriyanto. Mayat korban lalu diturunkan. Salah

Iut, *iisi t<emuaian meLport<in kejadian itu ke poliii.

Kepala Polsek Bukateja Ajun Komisaris Sulasman beserta

anggotanii dan petugas medis dari Puskeimas Bukateja

liemudian mendatangi lokasi kejadiah. Polisi melakukan olah

TKP dan merninta keterangan dari para saksi' Sedangkan

petugis medis melakukan visum !u1 qalg tubu.h. korban,

Komisaris Sitowati mengatakan, dari keterangan saksi

yang dikumpulkan seda visum tim medis, Ariyanto tewas

tergantung dengan leher teri kat ja rit yang di ga ntungkan ke

kayu di lanqit-iingit kamainya. "Muini bunuh diri, tidak ada

tandatanda penganiayaan pada tubuh korban. Diduga korban

neXat mengikhiri hidup karena keinginannya dibelikan motor

njru tiOar dituruti," katanya. (srax"twotuhs246)

R AGI AN HLI\,{AS SETDA KABUPATEN PURBALINGGA

Page 5: Kliping Berita 28 Januari 2015

KLIPINGMEDIA

BAOIAil IIII[{A$ ffi]DA PI]RBINOOA

Pimpihan--Parpol

pimpinan partai politik(parpol) belakangan

mulai kasak-kusuk untukmenjalin komunikasi terkait

menghadapi pemilihanKepata Daerah (pilkada)

yang rencananya digelar16 Desember mendrtrng.Namun, partai Demokrafi

lndonesia perjuangan(pDtp) hingga saat ini

belum berbicara soat koalisidengan partai lain.

ffiLffiffitsanyRabu, 28 Januari 2015

lL-Fl

-

\--

umasUS fi d,. [i i ! t1,'f i: I.i i:i

suba,hwa. partai aiperbolehkin n,engusungcabup/cawabup sendiri dengan tuota Z"Opersen suara di parlemen.

.. 'Anggota dewan semua 45 orang.Kalau 20 persennya berarti sembila-norang, kami punya 11 yang duduk di situ.uromatis kami bisa mengusung cabup/

::yPyq sendiri tanpa UerkoarLi oungunpartai lain,,, imbuhnya,

Meskipun demikian, Tasdi tidakmenampik jika komunikasi dengan paftailain tetap berjalan, Namun ia belumbisa memastikan, bahwa partainya akanberkoalisi. "Jika partai lain mendukung

.._ulgr, Iu.lS kami usung, tentunya akai.1auh lebih kuat,,, katanya.

- Untuk diketahui, pada pilkada2010, pasangan cabup_cawabup Herusu0Jatmoko-Sukento Rido Marhaendriantoyang diusung oleh pDIp mendapat

*!ry.r1 darikoatisi parrai Istam, yaituHanat Kebangkian Bangsa (pKB), partai

11a1at Nasional (pAN), partai Keadilansejahtera (PKS), dan partai persatuanPembangunan (ppp).

[ElaisaFk-KEr PDIP Belum Bicara Koalisi

PURBALTNGGA- para

Il ELANG ;,,ndoE 20i5, saar tnt pDIp

1 tenSah berkonsentrasi dengan

:?i;ffi,*i*H?i;iliix,oan pemilihan ketua DpC. ,,Saat ini kami

masih berpikir di internal dulu. SoalKoattst,. nanti dulu, kami melihat kondisioan_p_etunjuk dari Dpp,,,kata Ketua DpCPDIP Tasdi, Senin (2611) sore.

Saat ini partai berlambang bantengTol_._onS

putih iru memitiki f1 wakitniadi,DPRD purbalingga. Jumlah itu metefifricuKup dari aturan yang menyebutkan

Maju Bersama

,. , Di tengah sikap tenang pDIp, partai

Kebangkitan Bangsa (pKB) dan partaiHa,ti Nurani Rakyat (Hanura) misalnyi,Keduanya sudah berkomunikasi dansepakat untuk maju bersama mengusungcalon bupati-wakil bupati Oatam pelrtemuinyang diadakan di antor DpC pKB di Jalan

BAGIAN I{L]MAS SETDA KABIT.PATEN PL]RBALINGGA

Page 6: Kliping Berita 28 Januari 2015

---l\-=.r---l\

Lingkar Ahmad SUdani, Selasa (2/1) sore.Wakil Ketua DpC pKB Bambang

Hermanto mengatakan, komunikasilintas partai muUak dilakukan mengingatpartainya harus bergabung denganpartai tain untuk bisa mengusung cabup-cawabup. Pasalnya pKB hanya memilikilima wakil yang duduk di DpRD. Untukmemenuhi syarat 20 persen suara agarbisa menEusung cabup-cawabup, palingtidak perlu tambahan empat suara daripartai lain.

"Dengan Hanura kami memiliki arahpolitik yang sama, Mengusung calondan memenangkannya, bukan hanyamendukung calon yang diusung partailain. Kami tidak ada instruksi dari pusatuntuk bergabung dengan siapa dalampilkada. Kami gunakan kearifan lokal,artinya, kami memiliki kewenangan untukbergerak berdasarkan situasi politik disini," papar Ketua Lembaga pemenangan

Pemilu (LPP) PKB ini.Senada, Ketua DPC partai Hanura

Haryanto mengatakan, untuk bergerakdalam Pilkada, DPC tidak ada komandodari pusat atau provinsi. DpC diberikeleluasaan untuk melihat dan memilihpotensi yang ada dalam pilkada nanti.Partai Hanura sendiri hanya memilikidua wakil yang duduk di kursi parlemen."Kami tidak ikut-ikutan saja, tapi ikutberfikir dan berperan dalam mengusupgcalon bupati, yang baik untuk rakyat dJn

yang baik untuk paftai," imbuhnya.Adapun kedua partai itu masih

akan berdialog dengan partai lainagar jumlah suara mencukup untukmengusung cabup-cawabup, Merekamerencanakan akan menggelar konvensiatau pembukaan pendaftaian bagi bakalcabup-cawabup pada awal Februari nanti.

AnjangsanaSementara itu, Ketua DpC partai

Gerindra Imam Poerseto mengatakan,pihaknya juga sudah menjalin komunikasidengan beberapa parpol. Dua hari lalu,partainya melakukan anjangsana kepengurus DPC PKB, Namun antara keduapartai itu belum ada kesepakatan apakahmereka akan maju bersama mengusungcabup-cawabup atau tidak.

"Belum ada (sepakat -red), kami barupenjajakan. Kami ingin tahu kemana arahpartaL apakah nantinya bisa sejalan atautidak jika berkoalisi. Kami hanya sharingterkait dinamika politik saat ini. Hal ituakan jadi bahan pertimbangan kami,,,kata nya.

Sementara itu, plt Ketua DpD partai

NasDem Nur Tjahtjati mengatakan, terkaitmenghadapi Pilkada, saat ini pihaknyamasih menunggu instruksi dari Dpp,"Saya belum bisa bicara banyak, Memangkemarin ada rapat dl DpW tapi saya tidakikut karena sedang mengikuti kunja DpRDPurbalingga," katanya, (HB2-06)

Page 7: Kliping Berita 28 Januari 2015

KLIPINGMEDIA

BAOIN }II]IIAS $E[DA PI]RBAIT{GOA

W}J-m_aq30 Rumah Hasil RTLH

PURBALINGGA- Setelah i100 rumah warga desa diKecamatan Kemangkon danBukateja direnovasi, melaluiprogram rehabilitasi rumahtidak layak huni (RTLH)

dari Kementerian Sosial RI,kini giliran 30 rumah wargaDesa Jingkang, KecamatanKarangjambu selesaidirenovasi,

"Pemkab tetapberkomitmen ikut memikirkankebutuhan dasar rumahtangga miskin berupa rumahtidak layak huni, karenarumah layak huni merupakandambaan semua orang,"kata Asisten PemerintahanSekda Kodadiyanto, saat"meresmikan ProgramRehabilitasi Rumah TidakLayak Huni (RTLH) diDesa Jingkang KecamatanKarangjambu, Selasa (27l1),

Menurut Kodadiyanto,salah satu kebutuhan dasaryang tidak bisa ditawar-tawar saat sekarang adalahmendapatkan hunian layak,namun juga sehat. "Rumahsebagai tempat tinggal,mungkin tidak hpnyasebatas sebagai tempatberteduh semata. Namunrumah layak huni tentunyaharus memenuhi berbagaisyarat dan ketentuan,seperti sirkulasi udaranyabaik, kualitas air memadai,penca hayaa n/penera ng a n nyacukup. Selain itu, dapurbersih dengan pembuangan.asap yang lancar sertasanitasinya baik," jelasnya.

Diserahkan Warga

Koda menambahkan,pemerintah sangatmemperhatikan sekalidalam penataan rumahtinggal penduduk yang tidaklayak huni. 0leh sebab itu,pemerintah melakukankebijakan berupa pemugaran

rumah melalui program RTLH

yang bersumber dari APBN.

"Program tersebut

merupakan oani hibair datamnegeri lewat Kemensos.Bantuan tersebut merupakanbantuan stimulan yang

diberikan pada November2014 melalui rekeningmasing-masing ketuakelompok yang digunakanuntuk membeli material,"terang nya.

Ngudiarto menambahkan,bantuan RTLH 2014 di

Kecamatan Bukateja danKemangkon yang sudahdiresmikan beberapa waktulalu, anggarannya mencapi

Rp 1 miliar. Bantuan tersebutdiberikan kepada 100 rumah

tangga yang ada di empatdesa, masing masing DesaKaranggedang, Penaruban,dan Tidu, KecamatanBukateja, serta DesaKedunglegok, KecamatanKemangkon, Bantuan yangdiberikan untuk penerimabantuan Desa Jingkang, yaitusebesar 10 juta.

"Program PSPR Gakinsudah berjalan dari era BupatiTriyono Budi Sasongko,dengan program memugar14 ribu rumah lebih diPurbalingga. Saat ini danaPSPR Gakin tidak layak hunisudah dihentikan, karenasudah ada dana masuk kedesa yang namanya ADD.Dan dalam juklak ADD,atu.ran yang diperbolehkandana tersebut untuk bantuanpemugaran RTLH," terangnya.(pt-06)

bertujuan untuk menekansefta mengurangi angkakemiskinan dan membantuwarga miskin denganmelakukan pemugaran,Dari rumah tidak layakhuni menjadi layak huni.Sehingga diharapkan derajatdan maftabat keluarga miskindapat terangkat," ujarnya.

Rp 300 Juta' Kepala Dinas SosialTenaga Kerja Dan Tranmigrasi(Dinsosna kertrans) Ngudiartomengatakan, programRTLH merupakan bantuandari Kemensos RI yangsumber dananya dari APBN.Purbalingga pada 2014mendapatkan alokasi bantuan130 rumah untuk direhabsenilai Rp 300 juta.

"Bantuan rehabilitasi sosialrumah tidak layak huni bagi

30 rumah yang ada di Desa

Jingkang, dengan bantuanmasing-masing rumah tangga

mendapatkan RP 10 juta.

Sedangkan untuk kecamatan

Kemangkon dan Bukatejayang sudah diresmikan,

t2BAGI,C}i HLMAS SETDA KABUPATEN PL]RBT\I-D{GGA

Page 8: Kliping Berita 28 Januari 2015

.."\t-\+

ffi

HARMAS/PRAYITNO

ASISTEN Pemerintahan Sekda Kodadianto.menempelkan stiker rumah hasil rehabilitasi

ru m ah ti d a k I aya k h u n i t n1"i iiii i- o"ii Ji n g ka n g, Ke ca m ata n Ka ra n gj a m b u.

Page 9: Kliping Berita 28 Januari 2015

KLIPNGMEDIABAOIAil III[{A$ $I[DA IURBAIil{GGA

Rabu, 28 lanuari 2015

ffiBanyHfirSs

PemandaRaftingHarus Jamin Keamanan

PURBALINGGA. Untukmemberikan kenyamanan bagiwisatawan minat khusus arungjeram (rafting), sebanyak 15pemandu rafting mendapatpelatihan. Selain teori,para peserta juga langsungmelakukan praktik arus SungaiKlawing yang melintas di DesaOnje, Kecamatan Mrebet.Pelatihan akan dilakukan rutinsetiap Selasa dan Kamis.

Ketua Tim pelatih TotoTriwindarto mengu n gkapkan,pemandu rafting berbedadengan pemandu wisatalainnya. Seorang pemandurafting, selain menguasai teknikkomunikasi sebagai pemanduwisata, juga dituntut harusmenguasai teknik rafting.Mereka tidak saja mampumengendalikan perahu, tapi;uga harus mampu menjaminkeama.nan bagi wisatawan dandirinya sendiri.

;r+*rii;aii,T;ii'iirii,

. 8',:iIg:I ff T ffi:l #] "3:?,9 1i9,1 ; " n n'' K I a w i n s, D e s a

"Jika seorang pemandurafting mampu menguasaiteknis rafting, maka parawisatawan yang melakukan

menyambut baik upaya

rafting akan merasa nyaman,Wisatawan rafting hampirsebagian besar tidak menguasaipengendalian perahu, mereka

cenderung akan lebih menikmatitantangan di sungai. Olehkarenanya, peran pemandurafting sangat dibutuhkan," ujarToto Triwindarto dis ela-selapelatihan, Selasa (27l1 ).

Materi pelatihan, mulai darihal teknis yang kecil seperti caramemegang tongkat dayung,cara menggerakannya, caramengendalikan arah dan lajuperahu, hingga penyelamatandi sungal. "Kebu.tuhan pemandurafting sangat diperlukan seiringdengan meningkatnya wisatawanminat khusus yang inginmenikmati rafting di SungaiKlawing," kata Toto, yang pernahmengikuti pelatihan rafting diSelandia Baru.

DibutuhkanKepala Dinas Kebudayaan

Pariwisata Pemuda danOlah Raga (Dinbudparpora)Subeno menyatakan, pihaknya

pelatihan bagi pemandu rafting.Peningkatan sumberdayamanusia bagi pelaku wisatasangat dibutuhkan seiringdengan kebutuhan wisatawanarung jeram.

Sementara Kabid PariwisataPrayitno menambahkan,pelatihan diikuti oleh 15 pesertayang akandiikutkan memandurafti n g yang diselenggarakanoleh manajemen Owabong.Peserta pelatihan terbukabagi siapa saja, merekaberasal dari pelaku outbonddi Desa Serang, pelaku wisatatubing di Desa Limbasari, dansejumlah pengurus Wisbangga(Paguyuban Wisata Purbalingga)."Jika ada wisatawan yangmenginginkan rafting,mereka kami terjunkan untukmendampingi para pemandulainnya yang sudah terlatih lebihdulu," kata Prayitno. (pt-06)

BAGIAN HLIMAS SETDA KABUPATEN PL'RtsALINGGA

Page 10: Kliping Berita 28 Januari 2015

KLIPINGMEDIA

BAOIN IIIIMA$ $SIDA PI]RBAIil{OOA

WBany_-q_qp,gp.-Rabu, 28 Januari 2015

ll.305r'l(K MasukDoftor. Tung$u'ptN|Y|!|L_INCGA- Hingga peftengahan Januari ini, sebanyak1.3,05 KK masih daftar tunggu pimasungun firtiik. r"re[[u::9:h ,,.Tb?yar biaya penyambunsan 6;r, .S;;;;;;;"yang sudah siap sambung karena srjdah membavar dansudah ada perintah keqa sekitar 1.000 KK,; k;t.'Mr;;j;,PLN Rayon purbElingga prasetyo. --- 'rir rrv!s

, Sementara calon,,Dblanggan yang sudah tersambung,dan.sudah menyala iiStriknvi ,.Uarlyqt +4a liX.iiumta"l, ,nimasih'ter:us,bertambah karena setiap frari kami r;;k;_;

Dia mengakui adanya penumpukan permohonan: pelvarnbungan,baru, Hat tu disebabkah lU"ttiipi'.bulan silam pLN: kefa biian material. untuk metaVanipenyambungan baru.

^ "Kehabisan material ini tidak hanya terjadi di

Huroattngga, namun se_Jawa Tengah. Sebab penqadaan

:::1,:l iJ,djta kuka n oteh Disrribusi semara ne y-an s

, Hal,itu menyebabkan teq.adi penumpukan jumlahpermohonan yang belum dilayani. Misalnya jilia 1 bulan adar.uuu pemohon tidak terlayani, karena tidak ada material.IrDan baru ter,tayani di,,bula; teooa; mir,ioiilrilr't i_i i,_harus melayani 2.000 pemohon; Kalau r"tr.iog;rrediaan :

material sudah ada, sehingga kamijalan,terur,; falrnyq,. ,Prq:etyo-,mengaku

le_bih senang iita ,rteriit tJr* '

l=9: setiap butan. Sehingsa tiiat< sampait;ri;;i":lenumpukan permohonan pasang. 5i;u. t:Meski iuUarr

l1r^.:1rl sudah ada mateiiat, r<amite*aaang #.0 i,a.f?l:a

m:mas?n-9. Karena alamat yang tertera tidak bisaoriemukan oleh petugas kami,,, ujarnya,

.,, ?_.11, kesulitan menemukan itarut, petugas juga

:::::]:l i..:shubunsi pemohon. Karena nomoinp yans

orcantumkan tidak bisa dihubungi, ',Sebab terkadang KTp

!l"t.T3l A, namun yans mau o-,parang a irirJil. rrimenyurttkan kami, padahal karni ingin melayani,cepat,,,tutuiPrqpely.0. {,g14Networrrr0+01 :,,, , l

BAGIA}i HI.N,{AS SETDA KABT]PATEN PLIRBALINGGA

Page 11: Kliping Berita 28 Januari 2015

a

KLIPNGMEDIABAffIN IIUMAS $[IDA PIIRBAINOOA

SUARA MERDEKARABU, 28 JANUARI 201&

& Hadapi Pilkada PurbalinggaPURBALINGGA - Para pimpinan partaipolitik (parpol),

PataPlmplPdryo!Mm

plnamfal

n-

lnI

IasKohuhlkbaru-baru ini tengah menjalin komu nikasi terkait meng hadapiPemilihan Kepala Daerah (pilkada) purbalingga, yangreneananya akan digelar 16 Desember mendatang.

Partai Kebangkiran Bangsa (pIG) danPartai Hati Nurani Rakyat (Ilanura) misal-nya, keduanya sudah berkomunikasi dansepakat untuk maju bOrsama mengusungcalon bupati-wakil bupati dalam pertemuanyang diadakari di antor DpC pKBPurbalingga, di Jalan Lingkar AhmadSudarf Rxbalingg4 Selasa (27ll) sore.

. Wakil Ketua DPC PKB purbalinggaBarnbang Hermanto, mengatakan komu-nikasi lintas partai mutlak dilakukan,mengingat partainya harus bergabungdengan partai lain untuk bisa mengusung

cabupcawabup. Hal inr karena pKB hanyamemiliki lirna wakil yang duduk di DPRDPurbalingga. Untuk memenuhi syarat 20persen suar4 agar bisa mengusung cabupcawabup, paling tidak perlu tambahanempat suara dari partai lain.

"Dengan Hanur4 kami memilila arahpolitik yang sama. Mengusung calon danmemenangkannya, bukan hanya men-dukung calon yang diusung partai lain.Kami tidak ada instrut<si dari pusat, untukbergabung dengan siapa dalam pilkada.Kami gunakan kearifan lokal. Kami memi-

il

\1\r*--7\ --/\,/\ -\

BAGIAN HLi]vTAS SETDA KARTIPATEN PURI]ALINGGA

Page 12: Kliping Berita 28 Januari 2015
Page 13: Kliping Berita 28 Januari 2015

KTIPINGIUEDIA

BAOIA}{ III]II{A$ $X[DA PUIBAIilGGA

StIf,HA fifiEilI}ElffiRABU, 28 JANUARI 2015

PDIP B elum-Bicara Koatisi'PURBALINGGA - partai

Demokrasi Indonesia Pe{uangan(PDIP), hingga saat ini belumberbicara soal koalisi dengan pm-tai lain dalam menghadapiPilkada

Saat ini mereka tengah ber-konsentrasi dengan penjaringanbakal calon bupati (cabup/wakilbupati (cawabup) dan pemilihankenra DPC. "Saat ini kami masihberfikir di intemal dulu. Soal koal-isi, kami akanmelihatkondrsi danmenunggu petunjuk dari Dpp,"kata Kerua DpC pDIp pubaling-ga,Tiasdi, Senin (26ll) sorekepadaStnraMerfuka.

Saat ini parrai berlambangbanteng moncong putih inr. memi -liki 11 wakil di DPRD Rltating-ga. Jumlah itu lebih dari cukupuntuk mengusung cabup ataucawabup sendiri, kare4a melebihikuota 20 persen suara di parlemen.

"Anggota dewan semua 45orang. Kalau 20 persermya berartisembilan orang, kami punya 11yang duduk di situ. Oromatis kamibisa mengusung cabup ataucawabup sendiri. tanpa berkoalisidengan partai lain, " imbuhnya-

Meskipun demikian, Tasditidak menampik jika komunikasidengan partai lain tetap berjalan.Tetapi dia belum bisa memastikanbahwa partainya akan berkoalisi."Jika partai lain mendukung calonyang kami usung, tentunya akanjauh lebih kuag " katanya.

Unnrk diketahui, pada pilkada20 10, pasangan cabup-cawabupHeru Sudjatmoko-Sukento RidoMarhaendrianto yang diusungoleh PDIP, mendapat dukungandari koalisi partai Islam yaituPatai Kebangkian Bangsa @KB),Partai Amanat Nasional (pAN).Partai Keadilan Sejahtera @KS),

dan Pafiai Persatuan Pembangu-

12 Formulir DikembalikanSementara itu terkait bacabup

cawabup, Wakil Ketua DpC pDIpPurbalingga Bidang Informasi danKomunikasi (Infokom), Tongatmengatakan seluruh formulir danberkas para pendaftar sudah diser-ahkan ke DPD PDIP Jawa Tengahuntukdiverifikasilebihlanjut,

"Hasil verifikasi itu, nanti di-serahkan ke DPP Para nama inrakan ikut sekolah partai. Setelahitu DPP tinggal merekomen-dasikan dua nam4 satu cabup, satucawabup. Hasil rekomendasi iti.r,kami amankan untuk dime-nangkan,"katanya-

Untuk diketahui, dari 14 for-mulir yang diambil, baru l2yangdikembalikan.Adapun merekayang sudah mengembalikan for-mulir bakal cabup yaitu SekdaPurbalingga Imam Subijakto,Wabup Purbalingga/Ketua DpCPDIP Rltalingga Thsdi, AnggoaDPRD Jateng/Sekretaris DpCPDIP Purbalingga MochammadIchwan, pengusaha Ken RagilTuryono, fungsionaris DPC PDIPPurbalingga Kris Hartoyo danBupati Sukento Rido Marhaen-drianto.

Tokoh yang mengembalikanformulir bakal cawabup, adalahpengusaha Barosyad, mantananggota DPRD Purtalingga Kho-dirin, KepalaKantorPerpustakaandan Arsip Daerah (I(PAD) pur-balingga Sidik Purwanto, KetuaDPC Partai Persatuan pem-bangunan (PPP) Purbalingga Nu-rul Hidayah Supriyati, KepalaDesa Munjul Kecamatan KuasariMuhammad Yani dan pegawaiBUMN Dyah Hayuning Pratiwi.G182-63)

B.{GIAN I-ILTN{AS SETDA KABLIPATEN PTTRBALINGGA

Page 14: Kliping Berita 28 Januari 2015

KLIPINGMEDIA

BAOIN IIWA$ $flIDA PIjIBAIINGGA

SUARA MERDEKARABU,23JANUARI 2015

30 Rumah di JingkangDirerrovasiPURBALINGGA - Seba-

nyak 30 rumah di Desa Jingkang,Kecamatan Karangjambu sele-sai direnovasi. Renonasi dila-kukan melalui program Reha-bilitasi Rumah Tidak LayakHuni (RTLH) dari KementerianSosialRL

"Pemkab tetap komit ikutmemikirkan kebutuhan dasarrumah tangga miskin, beruparenovasi rumah tidak layakhuni," tuturAsisten Pemerintah-an Sekda Kabupaten Purbaling-ga Kodadiyanto.

Kodadiyanto mengatakanhal itu, mewakili BupatiPurbalingga ketika meresmikanProgram Rehabilitasi RumahTidak Layak Huni (RTLH)Tahtn 2014 di Desa Jingkang,Selasa(2711)

Menurutnya, salah satukebutuhan dasar yang tidak bisaditawar-tawar, saat sekarangadalah mendapatkan hunianlayak, namun juga tentunyasehat.

"Rumah sebagai tempattinggal, mungkin tidak hanya

sebatas sebagai tempat berteduhsemata. Rumah layak huni tentuharus memenuhi berbagai syaratdan ketentuan." katanya.Syarat

Syarat itu antara lain sirkulasiudaranya harus baik, demikianpula dengan kualitas air dan pen-erangan cukup. Selain itu dapurharus bersih dengan pembuan-gan asap yang lancar serta sani-tasinya baik.

Pemerintah sangat memper-hatikan penataan rumah tinggalpenduduk yang tidak layak huni.Karena ifu pemerintah membuatkebijakan berupa pemugaranrumah melalui program RTLHyangbersumberdariAPBN. :

Program tersebut dilakukanpemerintah untuk menekan sertamengurangi angka kemiskinandan membantu warga miskindengan melakukan pemugaran

"Dari rumah tidak layakhuni menjadi layak huni.Sehingga diharapkan derajat danmartabat keluarga miskin dapatterangkat, " kata Kodadiyanto.G10-63)

*

BAGIAN HLTN,{AS SETDA KABTIPATEN PLIRB.{LINGGA

Page 15: Kliping Berita 28 Januari 2015

-i

sM

P

vS

'atJvOO

\.)\YOO

q\)

ll

S]F:

0oe

P!4Nq

S

F

Sq

q

\tr$).li4

!-\c\J\N\)\)

S

.b-x

vtr^lu ro'vg-F( -{.ca ::l\)NFit!HHitsHUH%

,4;,i

.&'5

ffiw",

Page 16: Kliping Berita 28 Januari 2015

KLIPING MEDIA

BAOIA}{ III]il{A$ $EMA PIIIBAIil{OOA

$tffi** ffiErilEffifiRABU, 28 JANUARI 2015

1.305 KeluargaMasukDaftarThngguPLN

PURBALINGGA - Hingga pertengahart Januari ini, se-banyak 1.305 keluarga di Purbalingga masih masuk daftar tunggupemasangan listik Me,leka sudatr membayarbiayapenyambung-anbanr.,

"Untukyang sudah siap sarnbrmgkarenasudahmembayardansudah ada perintah ke{a sekitar 1.000 keluarga," kata ManajerPLN Rayon Purbaljngga Prasetyo.

Sementaracalonpelangganyang sudah tersambung dan sudahmenyala lisfiknya, sebanyak 448 keluarga- "Jumlah ini masihterus bertambah karena setiap hari kami melakukan penyarnbun-gan," katanya Da mengakui adanya penumpukan permohonanpenyambungan bam. Hal itu karena beberapa bulan silam PLNkehabisan material untuk melayani penyambungan baru.

"Kehabisan material ini tidak hanya terjadi di Purbalingga,tetapi di seluruh Jawa Tengah. Pengadaan material ini dilakukanolehPLNDistibusiSemarangyangmernbawahi JatengdanDry"katanya-MeterialSiap

IIal itu menyebabkan penumpukan jumlah permohonan yangbelum dilayani. Misalnya jika sebulan ada 1.000 pemohon yangtidak terlayani karena tidak ada material dan bam terlayani padabulan kedua maka di birlan kedua itu harus melayani 2.000 pemo,hon.

"Kalau sekarangpenediaanmaterial sudahada sehinggakamijalan terus," katanya. Prasetyo mengaku lebih senang, apabilamat€rial terus tersedia setiap bulan. Sehingga tidak sampai terjadipenumpukan permohonan pasang bam.

"Meski sudah bayar dan sudah ada material, kami terkadangtetap tidak bisa rnemasang. Karena alamat yang tefiera tidak bisaditemukan oleh penrgas kami," kaAnya" 1F10-63)

RAGIAN H[I\,IAS SETDA KABLTPATEN PLIRB.\LINGGA

Page 17: Kliping Berita 28 Januari 2015

KLIPINGMEDIA

BAGIN IIII[{A$ $EIDA PURBAIil{OOA

SuAn[ntrnor[SRABU, 2SJANUARI 2015

Rendaman BatuJadi Seieng NYamuk

PURBALINGGA - Masyarakatdiminta rajin mengganti air untukmerendam batu Klawing. Karenaair rendaman ilu bisa menjadi tem-pat bertelur nyamuk pembawavirus demam berdarah dengue(DBD).

"Rendaman batu Klawing ber-potensi menjadi sarang nyamuk.Masyarakat harus mehgetahui halini," kata Kepala Dinas Kesehatan

(Dinkes) Nonot Mulyono.Dia menuturkan, belum lama

ini pihaknya menemukan banYakjentik nyamuk di rendaman batuKlawing, dirumah penduduk ketikamelakukan penyelidikan ePidemi-ologidiBobotsari.

"Di sana banyak warga Yang. menekuni usaha batu Klawing.

Batu yang sudah dibelah direndamdi ember atau baskom selama

berhari-hari, " katanya.Ternyata ember atau baskom

itu, malah menjadi tempat bertelurnyamuk. Dan mungkin karena keti-

daktahuannya, pemilik usaha batuitu membiarkan jentik berkembangdi tempat rendaman batu.Setiap'ligaHad

l\4enurut Nonot, mestinyapemilik batu itu tidak membiakanjentik nyamuk berkembang diemberatau baskom. lGrenaitu, airtersebut perlu diganti secara rutin.

'Uangan biakan air rendamandibiakan berhari-hari. Paling tidaktiga hari sekali air rendaman itu

dibuang dan diganti air baru,"katanya.

Selain itu dinding dan dasarember atau baskom diusaP ataudilap. Sehingga telur nyamuk yangmenempel di dinding atau dasarember bisa hilang.

"Pada dasarnya; telur nyamukmenetas di hari ketujuh. Jadisebaiknya sebelum 7 hari, air ren'daman diganti air baru dan temPat-nya dilap. Baru diisi air baru,"katanya.

Dengan demikian Pemilikusaha itu ikut sefta dalam uPaYapemberantasan sarang nYamuk(PSN) dan ikut menekan mere-

DIRENC4M AIR : Warga melihat batu Kawing yang diren-dam di M, ebet. Rendaman batu iniberpotensi meniaditem-pat beftelur nyamuk. (63)

baknya demam berdarah diPurbalingga.

"Hingga saat ini sudah ada 19kasus DBD dan 1 penderita di

antaranya meninggal. Diperlukanpaftisipasi semua masyarakat agar,penyakit ini tidak terus merebak,"tutumya.(F10€3)

BAGIAN IILMAS SETDA KABUPATEN PURBALINGGA

Page 18: Kliping Berita 28 Januari 2015

KLIPINGIIMDIA

RABU, 28 JANUARI 2015

Puftali llgga-Banyu]lla$

PerluAngkutanUmtlln

PURWOKERTO SEIATAN - Jalur

angkutan umum. "Kami bebera-pawaktu lalu lihatlokasi sampaiPasar Bukateja. Bila diukurjarakdari Pasar Bukatej a hingga pasarPenican di Purbalingga cukupjauh, sekitar 10-15 kin,,'ucapny4kemarin.

Ia mengatakan, dengan jarakitujatur tersebut perlu dilayaniangkutan umum. Dengan ada-nya akses langsung dari Banyu-mas menuju lokasi tersebut,mobilitas warga dari dua wila-yah akan meningkat. Belumtentu semua warga memilikikendaraan pribadi.

Purbalingga-Banyumas yang melaluiJembatan Linggamas perlu dilayaniangkutan umum.

Menurut Ketua KoperasiAngkutan Desa (Koperades)Banyumas, Ali Masruri. pihak-nya bersama Dinas perhu-bungan ..Komunikasi dan

Banyumas telah mengecek jaiuryang rencana akan menjaditraye! baru B anyumas-purba-lirggu.

Dari pengecekan, jalur terse-but memang perlu dilayani

"S).ukurkalau temyata semuawarga sudah memilikj kenda_raan pribadi, tapi bila temyatatidak. lantas yang tidak punyakendaraan pribadi harus naik

adanya tampu pene.angan, per-mukaan.jalan juga sudah dilapisulang. 'Dari sisi Banyumas terusmenyiapkan diri untuk pem_bukaan traye(" kata dia.

apa," ujamya.MulaiDilengkapi

Menuruhrya, Koperades Ba_nyumas siap merlyediakan ang_kutan pedesaan untuk melayari.

Sementara itu Kepala Din_hubkominfo Banyumas, San_tosa Edy Prabowo, mengatakandalam pengecekan jalanltu darisisi infrastruktur mulai di_lengkapi. Di antaranya telah

Diberitakan sebelumnya,jalur menuju Jembatan I.ingga_mas melalui Desa petir, Keca_matan Kalibagor yang saat inimenjadi satu-satunya aksesmenuju jembatan tersebut, akanmenjadi jalur rintisan trayekangkudes. Namun sebelurnnyaakan dilakukan survei untukm_engetahui potensi yang ada.

",(Kt7-17)

BAGIAN }ILTh{AS SETDA IIABLIPATEN PURBALINGGA

Page 19: Kliping Berita 28 Januari 2015

KJIPINGMEDLA

BAOIN II[]MA$ $EIDA II]RBAIT,ICilA

SUANATUIER DEKARABU, 28 JANUARI 2015

Thk Dibelikan Motor,Remaja Gantung Diri

BUKATEIA - Ariyanto ( 14),

remajawargaRT2RW6DesaKarangcengis, Kecarnatan Buka-teja, Purbalingga nekat ganhmgdiri, Senin Q6l1)ptzr:ig. Diduga.dia marah karena permintaandibelikan se@a motor tidak ditu-ruti.

Korban ditemukan kali perta-

maoleh Saringatr (47), nenekkor-

ban di kamar korban sekitar pukul1 8.00. Meruuutry4 sebelumkeja-dian, cucunya itu memintadibelikan se@a motor bam. Dapun meminta agar cucunya itu,menunggu kepulangan ayahnyayang tengah bekerja di Jambi.Rupanya. jawaban neneknya iru

tidak memuaskanAriyanto." Sambil marah-marah, dia

masuk ke kamamya " katanya saat

dimintai keterangan oleh polisi,SeninmalarnMintaKeterangan

Sekitar dua jam kemudian,Saringah mencoba menemuicucunya itu. Tapi pintu kamarAriyanto terkunci dari dalam.Ketika diintip dari lubang kuttci,Saringah melihat cucunya sudah

tergantung dengan kain menjeratlehemya-

Saringah pun berteriak his-teris. Suara teriakan itu mengun-dang perhatian tetangganya.Dibantu tetangganya, S aringahmendobrak pintu kamar Ariyanto.Mayat korban lalu ditrirunkan.

Kepaia Polsek Bukateja AjunKomisaris Sulasman, beserta

anggotanya dan petugas medisdari Puskesmas Bukateja kemudi-an mendatangi lokasi kejadian.

Kepala Subbagian HumasPoLes Purbalingga Ajun Komisa-ris .Sitowati, mengatakan dariketerangan saksi yang dikum-pulkan serta visum tim medis,Ariyanto mumi bunuh diri. (I82-63)

RAGIAN HI II,TAS SETDA K.{RUPATEN PLTRB,,\IINGGA

Page 20: Kliping Berita 28 Januari 2015

Lffi*"ti.c ( Ao,2. Customer service ( GS ,

,3, Sekretaris { SKT }

ffi .1.,];HX",'lXLl;i','ilr,3,^4):y."n-c:riyl"Ti:11;,liii. Ill't"r,i,Jilti"iili.i'oi i i, zl, ilin

'i: tu'i"n Kesekretariatan { 3 }' l-

minSMU/SMKSederajat(4,), -,n\r^^:n.-x,,.h"cilo. ililr"li,"J*"'iliilii#,l"tll"tt' sraduate )' ( 1' 2' 3 ) dan 30 tahun basi:'-

vane sudah berpengalaman ( 1,4) i

1. Untuk Posisi AO dari semua

2. untuk Posisi cs dari semua'ii'ifiin iim''''up"t' IlgX !:XT, T*l*"t*i. XXilX iillii Hfi ;il;;;*dt Liaan :minimat 160 cm { diutamaka n

- Daftar RiwaYat HiduP- FotokoDi liazah dan TransKrip Nilaiyang telah dileS'alisir

-'pli p'r.l,itiu"twarna terakhir ukuran 4 x 6

- FotokoPi KTP dan SlM- Fotokopi surat PetlBolam"@

Page 21: Kliping Berita 28 Januari 2015

KTIPINGMEDIA

BAOIA}{ IIIIIIA$ $[IDA PURBAIil{OOA

Radar Banyumas o Rabu Pahing 28 Januari

PDIP BelumPikirkan I(oalisi

Berkas 6 Cabup/Cawabup Sudahdi DPD

PURBALINGGA - Hinggasaat ini, Partai DemokrasiIndonesia Perjuangan (PD-IP) masih kokoh mengu-sung kandidat calon bupatidan wakil bupati Purbaling-ga tanpa koaiisi. Sebelumada petunjuk dari DPP PD-IR DPC Purbalingga belummerembug soal koalisi de-ngan partai politik iain:

"Kami masih konsentrasimelakukan penjaringan dannantinya melengkapi ke-kurangan dan membantuverifikasi dari DPD atasberkas bakal caion itu. Sem-bari menunggu instruksidari DPP dan melihat kon-disi yang berkembangi' tu-tur Ketua DPC PDIP Pur-balingga, Tasdi, kemarinkepadawartawan. '

Langkah PDIP itu cukupberalasan karena partai ban-teng moncong putih itumemiliki rl wakihya di DP-RD Purbalingga. Kekuatanmereka lebih elari culorp jikadisandingkan dengan aturanpen$r$ungan calon bupatiyang memperbolehkan me-ngusung cabup/cawabupsendiri dengan kuota Z0persen suara di pariemen.

"Kami memiliki 11 kursiyang diduduki anggota PDIp.Yaitu dari jurnlah total anggota

. dewan Purbalingga 45 orang.Kami memiliki 11 orang dansudah lebih dari20 persen.]adi bisa m engusung kandidatsendiriani' tegasnya.Leblh lanjut dikatakan,

meski bisa sendirian me-ngusung kandidat, namunjalinan komunikasi denganparpol lain tetap berjalan.Hanya saja bclum sampaikepastian atau membica-rakan koalisi dengan suatupartai. I kehal 10

4t'

B,\GIAN HTTN,{AS SETDA KABLTPATEN PL'iRBAI,INC.GA

Page 22: Kliping Berita 28 Januari 2015

I PIIIPSambungan dari hal 7

"Kami juga siap jika Par-tai lain memang ada Yangmendukung calon Yangkami usung, jelas akanIebih kuati' tambahnya.

Sementara itu Wakil Ke-tua DPC PDIP Bidang In-fokom, Tongat SH me-njelaskan, hingga kemarinjumlah cabup dan ca-wabup yang sudah resmiterjaring melalui DPCPDIP Purbalingga ma-sing- masing 6 orang.Berkas itu sudah sampai diDPD PDIP |awa Tengah.Berkas pendaftaran be-rupa formulir dan syaratadministratif Iain itu akandiverifikasi kembali olehDPD sebelum diserahkanke DPP.

"sesuai SK DPP PDIPNomor 031, calon Yangmasuk ke DPP maksiinaldua orang cabup dan duacawabup. Hasil verifikasiitu, nanti diserahkan keDPP. Nama- nama itu akanikut sekolah partai. Setelahitu DPP tinggal mereko-mendasikan dua nama,satu cabup, satu cawabuP'Hasil rekomendasi itu,kami amankan untuk di-menangkan dan diumum-kan meialui Rakercabsus,"rihcinya.

Data yang dihimpun Ra-

darmas dari 14 formuliryang diambil, baru 12 Yangdikembalikan. Adapun dudyang belum adalah SekdaBanyumas WahYu BudiSaptono (bacabup) dananggota DPRD Purbaling-ga' Mutyadiyanto (baca-wabup).

Sedangkan mereka Yangsudah mengembalikanformulir bakal cabuP YaituSekda Purbalingga ImamSubijakto, Wabup Pur-balingga/Ketua DPC PDIPPurbalingga Tasdi, Ang-gota DPRD |ateng/Sekre-taris DPC PDIP Purba-lingga Mochammad Ich-wan, pengusaha Ken RagilTuryono, fungsionaris D-PC PDIP Purbalingga KrisHartoyo dan BuPati Pur-balingga, Sukento RidoMarhaendrianto.

Sedangkan yang me-ngembalikan formulir ba-kal cawabup adalah Pe-ngusaha Purbalingga, Ba-rosyad, mantan angSotaDPRD Purbalingga Kho-dirin, Kepala Kantor Per'

'pustakaan dan Arsip Dae-rah (KPAD) PurbalinggaSidik Purwanto, Ketua D-PC Partai Persatuan Pem-bangunan (PPP) Purba-lingga Nurul Hidayah Su-priyati, Kepala Desa Mun-jul Kecamatan KutasariMuhamad Yani dan Pega-wai BUMN Dyah HaYu-ning Pratiwi. (amr/bdg)

Page 23: Kliping Berita 28 Januari 2015

KTIPINGMEDIA

BAOIN III]II,IA$ $I[DA PIIIBAIil{OOA

Radar Bangrumas o Rabu Pahing28Januari2015

nde@NlentuunPURBALINGGA- Diban-

ding tahun 2013 lalu, capaianinvestasi dalam rupiah dikabupaten Purbalingga tahun2014 cenderung menurun.Pada tahun 20 14 total investasihanya mencapai total RP

314,8 miliar. Padahal, pada2013 lalu, investasi di Pur-balingga bisa mencapai Rp477 miliar.Berbagai faktorteknis seperti kesiapan lahanmenjadi penyebabnla.

Kepala Kantor PenanamanModal dan Perizinan Terpadu(KPMPT) Purbalingga, Mu-kodam menjelaskan, dari ca-paian Rp 314,8 miliar padatahun 2014 tersebar di 533unit usaha atau proyek. De-ngan serapan tenaga kerjasesuai perizinan usaha yang

terbit yaitu 3.397 orang.Investasi tahun 2014 itu

tidak didominasi oleh usaharambut. Namun menyebar,yaitu usaha reparasa (Rp 379

miliar), jasa Rp 62 miliar,industri termasuk pabrik ram-butRp 3I milia4, pergudanganRp 23 miliar dan lain- lain RP

13 miliar."Pada tahun 2014 unit u-

saha 100 persen diisi olehpenanaman modal dalamnegeri (PMDN). Ini me-nandakan geliat usaha da-lam negeri semakin ber-kembang dan mengalamiileningkatani' jelasnya, Se-lasa (27 lI).

Penyebab penurunan in-vestasi tahun 2014 lalu me-nurut Mukodam lebih karena

masih berproses di perizinan,belum selesainla lahan untukcalon berdirinya unit usaha.Pemkab juga diakui lebihselekif saat ini dalam mem-berikan perizinan terkaitPerda Nomor 5 Tahun 2011

' tentang Rencana Thta RuangWiayah (RTRW).

"Pemerintah tidak asal-asalan dan menyesuaikandengan RTRW. Hal ini jugamenjadi salah satu penyebabinvestasi tidak secepat tahunsebelumnya. Namun ini ber-arti pemerintah tetap mem-perhatikan dampak lingku-ngan dan tidak menabrakRTRW demi sebuah inves-tasi suatu unit usaha;' tam-bahnya.

Ia mengakui, meski ada yang

belum terealisasi di tahun2014, namun proses pepri-zinan masih berlangsung.Prinsipnya calon investor itutetap menyelesaikan semuapersyaratan termasuk me.ngurus lahan yang tidak me-langgar RTRW.

"Menurunnya investasi jugakarena semakin minimnyalalran yang bisa diperuntuk-kan bagi industri maupun unitusaha. Di sisi lain lahan yang

- bisa atau diperuntukkan un-tukinvestor di dua tempat olehpemerintah belum diminatii'rincinya.

Lahan yang diperuntukkanbagi indusrri seperti di Ke-butuh (Bukateja) dan Ke-dungbenda (Kemangkon)sebenarnya cukup luas. Na-

mun calon investor belummelirik dan berminat men-dirikan usaha di u,ilayah ter-sebut.

Pihaknya berharap,tahun2015 ini dengan target pADRp 1,8 miliar bisa tercapaimclebihi rarger seperri tahunsebelumnya. Pada tahun2014, PAD mencapai I43persen dari angka target pADRp 1.649 miliar.

'Adanya Dana Alokasi U-mum yang masuk ke desadiharapkan membawa wajahbaru di desa yang menarikin-vestor untuk menanamkanmodalnya di Purbalingga.Thhun ini desa lebih memilikibanyak anggaran untukmem-bangr.rn desa lebih bailq' ung-kapnya. (amr/bdg)

R AGI.A.N HLI MAS SETD,\ KABLIP.{TEN PLIRBALINGGA

Page 24: Kliping Berita 28 Januari 2015

KLIPINGMEDIA

BAOIN III][{A$ $[TDA PUIBAIilGOA

Radar Bafrytrmas o Rabu pahing 28 Januari 2015

Tersan$caBisaLebihdarisatuOrangKasusAmbrutcryaTK PadamaraPURBALINGGA - proses

penyidikan ambruknya TKPadamara memdsuki ta-hapan baru. polisi menya-takan siap menetapkan ter-sangka secepatnya. polresPurbalingga menyebutkan,tersangka dalam kasus ter-sebut bisa lebih dari satuorang.

Namun, Poiresbelumme-nyebutkan apakah caiontersangka yang dimaksudadalah para pejabar di ling-kungan Dinas pendidikanPurbalingga yang terlibatdalam p.roses pembangu-nan TK Pembina pada-mara.

"Tim ahli dari Semaranggqdah turun pada minggu)alu. Seceparnya akan kamitetapkan tersangkanya. Ke.

mungkinan bisa lebih darisatu orang," tutur Kasa-treskim Polres pu rbalingga, AKP ]unaidi.

Pc:isi juga berjan;'i akanamanah untuk mengusutkasus ambruknva TK pa-damara. "Polisi ikun uma-nah dan serius menghadapikasus TK Padamara,', te-gasnya.

Perkembangan kasus ter-sebut mendapat tanggapanpositif dari masyarakar. Di-rek(ur Insirut Negeri per-wira Indaru Setyo Nurprojomenjelaskan, kasus am-bruknya TK padamara me-rupakan momen pembuk-tikan bagi Polres purba-lingga. Pasalnya, selama initidak ada kasus besar soalkorupsi yang bisa tuntas olpolres. "Padahai di polresada unit tipikor yang khususmenangatri korupsi,,' ki.tanya.

il-r

L_<-/\/'

A kehall0

B.{GIAN IILTMAS SETDA K.ARLTPATEN PLE.BALINGGA

Page 25: Kliping Berita 28 Januari 2015

-,,\1\-*rTersanglta

Sambungan dari hal 7

Namun Indaru Yakin Ka-

polres baru Yang sekarang

iiduk ukr., menunda kasus

ini hingga tahun dePan atau

bahkan hilang. PasalnYa, didalam kasus ambruknYa TK

Padamara Polisi benar-be-nar diuii keberanianYa'

Disinggung terkait lama-nva Droses PenYidikan Yang

hlmpir 521u 1atlun oleh

Polisi Indaru mengatakan,soal cePat atau lambat Pe-.,.urreuru., kasus koruPsi TK

Pad"amara adalah wuiudkomitmen nYata Pada Pem-berantasan koruPsi d-ari

Polres Purbalingga' "Harus

kita hormati, karena ada

prosedur Yang harus di-iakukan| jelasnYa.

Doseh Politik Unsoed ituluga menjelaskan, dalamorovek ambuknYa TK Pa-

iu*utu, ada dokumen Pe-

rencanaan, dokumen Pe-laksanaan dan evaluasi' Da-

ri dokumen tersebut Polisibisa mengetahui siaPa saja

yang bermain dan berPolah

akan terlihat,"Panggil sebagai saksi bu-

kan ha'nYa Pelaksana Projek'tapi juga konsultan Peren-

"unu'aut P".,gawas, bisa jadi

tersangka lebih dari satu or'ang," imbuhnYa.

P"erlu diketahui, Pemba-

ngunan TK Padamara se-

diri ditangani secara swa-

kelola dengan ketua PanitiaIskhak. Saat itu, ishak ma-

sih meniabat sebagai Ka-

bid Pendidikan Anak Usia

Dini (PAUD) dan Pen-

aiaitan Nonformal (PNF)

Dinas Pendidikan Pur-balingga, sekretaris KeP ala

UPT DindikPadamara Ha-

di Purnomo (alm), se-

danskan bendahara Pa-nitia"diPegang Kasi PAUD

Widiantoro.Penyidik Polres Purba-

llnggi luga telah memanggil15 orang, Masing- masrng

dari panitia Pembangunan'oindik KabuPaten Purba-Iinssa termasuk Pihak se-

f.niu'h. Pihak itu dimintaiketerangan soal Proses Pem-bangunan TK tersebut' Se-

lairiitu, Polisi juga telahmenyita iujuh bendel do-

kumin meiiPuti ProPosal'petunjuk lelang, LPI Pem-tunnutru,-l serta sertifikattisensi konstruksi baja ri-ngan.

Inggutun Yang digunakandaiam Pembangunan TK

Pembina Padamara men-

capai RP 580 juta Yang d-i-

teiiatan secara swakeloladengan SPMK tertan ggal 27

okiber 20I1, dengan wak-

tu pelaksanaan mulai 28

November 2011 hingga 28

Februari 20.l2.AtaP gedung TK Negeri

Pembina Padamara di Desa

Padamara RT I RW I Ke-

camatan Padamara ambruktanoa sebab, 19 Februarilaiu. niaP ambruk saat jam

istirahat sekira Pukul 09'30'

Akibat keiadian tersebut'tiga ruang keias, Yakni keias

i2,Bl danBzserta satu unitgudang rusak Parah' EmPat

ruangan Yang ambruk se-

*,.,.unvu meruPakan kon-

struksi baja ringan' (|ok/bdg)

Page 26: Kliping Berita 28 Januari 2015

KTIPINGMEDIA

BAOIN IIUI{AS $[I'DA PI]RBAIfr'IOGA

- dar BanyfrmaS o Rabu pahing 28 Januari 201s

Disinyalir Ada ManipulasiData Pupuk

KPS DimintaTerjun LangsungPURBALINGGGA - Ko.

misi Pengawasan Pupuk danPestisida (KP3) KabupatenPurbalingga diminta tidakhanya bekerja di beiakangnreja. Tim yang terdiri daristakeholder terkait itu harusturun Jangsung mengecekfakta distribusi dan data diiapangan soal pupuk ber-subsidi itu. Terjadinya kasusdugaan penyimpangan pu-

Sumber: :

PeEtqran 6ubernur Jawa Tenqah.nomoi?4lahunr2o1.4 ,

T€ft tai]g Harg; E'aerun,Ti*tingqi,(!-t!?) Puptl! Be1:uli:ldi Sektu:PertanianTahuni0:i5 :,,'

puk bersubsidsi disinyalirkarena adanva manipulasidata pupukdi lapangan.

Hal itu diharapkail dapatmen cegah t erjadinya pcn vim -pangan pupuk bersubsidisepertitangteriadi padapupukbersubsidi jenis Z-A dan NPKr.u-rtlrk sekor p erkebunan tebutahun 201I .:01:. I Ial ituditegaskan Wakil Ketua Ko-misi II DPRD Purbalingga,Mugo WaJul o, Selasa (27lJ ).

Nllenurul.nya, terjadinyaindikasi penylmpangan pu-puk beher:apa tairun lalu itu

disinyalir karena lemahnyapenga\4rasan serta cek danricek ke barn'ah. KP3 didugakuat hanya percaya kepadalaporan di atas meja dankefias sefta tidak melakukankro scek fakta s ebenarn-ya."Iika masih sepertl dulu,

maka potensi aCanya pe-nyimpangan masih bisaterjadi. Karenanya, KP3sudah saatnya benar- benarbekerja sekuat tenaga me-lakr,rkan tup oksi p engawas ansebagai tim pengawasi' ka-tanya" I kehallA

(L-

/

l

BAGIAN HtlN{AS SETDA KARLiP.A.TEN PUI$I-,\LINCGA

Page 27: Kliping Berita 28 Januari 2015

,/ \-/--'-r t-- -

[\

r llisinyalilSambungan dari hal 7

Menurutnya, sejarah masalalu dinilai sudah cukup men-jadi pelajaran berharga bagiKabupaten Purbalingga. A-palagi, sampai saat ini kasusihr masih ditangani KejalaaanNegeri Purbalingga dan me-masuki tahap penyelidikan.

"Prinsipnya, j angan percayapada laporan saja. Karenakejadian dulu disinlalirkarenadi lapangan banyak yangmemanipulasi datddan pupukbersubsidi tidak sampai kesasaran/'tegasnya.

Seperti diketahui, Peme-rintah Provinsi (pemprov)Jaw4 Tengah pada tahun 2015telah menetapkan besaranalokasi pupuk bersubsidi untukkabupaten/kota. Hal tersebuttertuang dalam PeraturanGubemur (Pergub) Jawa Te-ngah Nomor 73 Tahun 2014tentang Harga Eceran Ter-tinggi (HET) Pupuk Ber-

subsidi untuk sekorpertaniandi Propinsi |awa Tengah Th-hun 2015.

Berdasarkan Pergub ter-sebut, tahun ini KabupatenPurbalin gga mendapatkanalokasi pupuk bersubsidi totalsejumlah 33. 351 ton. Darijurnlah tersebu! alokasi pupukbersubsidi yang terbanyakadalahpupukurea sebesar lQ200 ton. Alokasi pupuk ZA 2,650 ton, SP-36 2,400 ton,NPK 6,800 ton, dan pupukorganik 5,301 ton.

"Alokasi pupuk subsidi me-Iiputi pupuk untuk sektorpartanian dengan sub sekortanaman pangan dan hor-tikultura, perkebunan, pe-temakan dan perikanani' tutuKepala Dinas Pertanian Per-kebunan Dan Kehutanan(Dintanbunhut) KabupatenPurbilingga ZainaL Abidin,baru- baru ini.

Menurutnya, dari jumlahtersebut, alokasi pupuk ber-subsidi dirinci menurut ke-camatan, jenis, jumlah, sub

sekor dan sebaran bulananyang yang ditetapkan denganperaturan bupati (perbup)yang diterbi&an paling awalbulan Desember 2014. Se-dangkan harga eceran ter-tinggi sudah ditetapkan dalampergub.

"Untuk harga HET pupukurea Rp 1.800 perkilogram,SP-36 Rp 2.000 perkilogram,ZA Rp 1.400 perkilogram,NPK Rp 2.300 perkilogramdan pupuk organik Rp 500perkilogram. Saat ini perbuptentang kebutuhan dan HETpupuk bersubsidi sedangdalam proses. Sedangkan pe-laksanaan penyaluran pupukbersubsidi kabupaten Pur-balingga tahun 2014 sudahselesai," paparnya.

Seperti diberitakan, Ke-jaksaan Negeri Purbalinggaterus mengusut dugaan pe-nyimpangan pupuk bersub-sidi. Sejurnlah orarig termasukparapenyuluh lapangan sudahdimintai keterangan. (amr/tyalbdg)

---J+__.-.-_r/

Page 28: Kliping Berita 28 Januari 2015

r'\z.--1 l*

6G

,9

6J'

E

i<

(g

.s!C}qt

0,

oI

G.Y0)oG)g)q)

(!.Y

ias(,E

E

L'(!

B(oo.(o

q)-oq)

(!U'

o

Eo

(!

=Qr!FtltU,U'

=(!-o

(L

(!E

;Yoqo-Ytuo

,,k1 yw{t:5pty]#Tt

,.-#t-l \--, I !'' *, Y'

. :e-rE# ll' a*s \.i6\1...qrpi\ :#@

" or"N*r w

h\

Page 29: Kliping Berita 28 Januari 2015

KTIPINGMEDIA

BAOIN IIIJII{A$ $EI'DA PURBAINGOA

Radar Banyrmas o Rabu Pahing 28 Januari 2015

PURB[1Iillili[24 lfiil|

Anda memiliki unek-unek tentang berbagai haldemi perbaikan dan kemajuan Purbalingga yang

penting tidak menyinggung sara dan fitnah.CaranYa ketik PBG: unek-unek

kernudian KIRIM SMS

KE: 081-327-333-778

Jalan Mirip Kolam lkanPak Bupati, jangan cuma jalan-jalan tertentu sajayang diperbaiki. Jalan Majasari sampai Panicaniusak berat. Banyak lubang mirip kolam ikan. Sudahbanyak korban seperti saya gara-gara lubangtidak terlihat saat hujan. *"n"J*o,5;l)1,ffiu,

SllRllT

laga Kekompakan WargaMenjadi wilayah yang

semakin terbuka akses-nya memiliki banyakke-untungan. DiantaranYaadalah akifltas pereko-nomian dan pendidikanyang semakin mudah.Namun di sisi lain ada-nya pengaruh sosial bisate4adi. 1 kehall0

r laga kompakan dalam memba-ngun desa dan kebersamaandalam menYambut Peru-bahan itu.

"Saya selalu samPaikankepada warga agar selalukompak dan rukun. Karenahal itu akan mendukungperkembangan desa Yangiaat ini menjadi semakinterbuka aksesnYai' j elas Ke-

pala Desa Kedungbenda,Tosa.

Harapannya, adanYa ke-

terbukaan akses ini bisa di-manfaatkan dengan sisi Po-sitifnya untuk Iebil"r me-ningkatkan kesej ahteraanmasyarakat. Namun tanPamengabaikan dukunganuntuk mewujudkan desayang semakin berkemban g.

"Yang biasa berdagangsemakin mudah usahanYa.Termasuk di bidang lainnYayang bisa memanfaatkanadanya jembatan Linggamasitui' Laiapnya. (amr/bdg)

Sambungan dari hal 7

Hal ini nampaknYa cukuPterasa di Desa KedungbendaKecamatan Kemangkon de-

ngan hadirnYa jembatanLinggamas.

Bekal untuk menghadaPiperubahan itu harus terusdijaga'dan dilakukan. Mi-salnya dengan menjaga ke-

rukunan antar warga, ke-

BAGIAN I-II]MAS SETDA KABUPATEN PI.IRBAIINGGA

Page 30: Kliping Berita 28 Januari 2015

KLIPINGMEDIA

BAOIN III]IIA$ $[IDA PIIIBAIil{OOA

Radar BarryumaS o Rabu Pahing 28 Januari2015

---JU R BAIllI GGA TI(SPR ES

PKt KedungmenianganDitertibkan

PURBALINGGA - Munculnya pedagang kaki lima(PKL), yang berjualan di trotoar jalan di sepanjangJalan Sukarno Hatta, Kelurahan Kedungmenjangan,Kecamatan Purbalingga, langsung disikapi oleh Pe-

.merintah Kabupaten (Pemkab) Purbalingga. Ke-marin (27 ll), petugas dari satuan Polisi PamongPraja (Satpol PP), Kabup.aten Purbalingga mem-berikan teguran lisan kepada PKL.

PKL diminta untuk tidak berdagang dengan me-menuhi seluruh bagian trotoar. Selain itu, PKL jugadiminta untuk membongkar tenda, setelah selesaiberdagang. Jika, tidak mengindahkan teguran lisantersebut, Satpol PP bakal bertindak tegas.Kasi Pembinaan, Ketentraman dan Ketertiban

Satpol PP Kabupaten Purbalingga Sutrisno me-ngatakan, langkah Satpol PP untuk memberikanteguran lisan tersebut, dilakukan setelah men-dapatkan laporan dari warga.'"Saya ditelpon oleh pihak kelurahan Kedungmen-jangan, untuk menertibkan PKL yang membandeltersebut. Sehingga kami langsung mengirimkananggota untuk melakukan pembinaan," jelasnyaditemui Radarrhas di ruang kerjanya, kemarin (27 Ir).Dia menjelaskan, PKI menjadi perhatian khusus

dari Satpol PP, karena jika dibiarkan melanggaraturan yang ada. Maka, dikhawatirkan bisa meng-gangu ketertiban, terutama kenyamanan pejalan kaki.

Tak hanya melakukan pembinaan terhadap PKL diKeiurahan Kedungmenjangan, Satpol PP me-nurutnya, juga melakukan pembinaan PKL di JalanAW Sumarmo. PKL di jalan tersebut diberikanpembinaan, karena banyak yang tidak membongkartenda setelah selesai berjualan.

Dalam rangkaian penertiban PKL tersebut, petugasSatpol PP juga melakukan razia reklame yangmelanggar aturan. Petugas dari Satpol PP meraziareklame melanggar di seputaran KelurahanWirasana,hingga ke Kelurahan Kedungmenjangan. "Fokuskami adalah reklame yang dipasang tidak sesuaiaturan serta tidak berijin," tegasnya.

Dia juga mengungkapkan kegiatan pembinaan PKLdan razia reklame melanggar aturan tersebut,merupakan agenda rutin dari Satpol PP Purbalingga."Tanpa ada penilaian Adipura kami tetap meiangkah,karena ini merupakan tugas kami sebagai penegakPerda," lanl'utnya. (tya/bdg)

R,\cI AN i-ll rlvf :\S SETDA K.qBl IP.\TEN PURBALIN GG:\

Page 31: Kliping Berita 28 Januari 2015

KTIPINGMEDIA

BA6]N IITI[{A$ $flIDA PUIBAIil{OGA

Radar Barryumas o Rabu Pahing 28 Januari 2015

Bocah L[TahunGantung Diri

Gara-gara TidakDibelikan MotorBUKATEIA-Rumah se-

derhana di Rt 2 Rw 6 DesaKarangcengis KecamatanBukateja mendadak dike- .

rumuni warga. Nenek Sa-ringah (47) tak kuasa me.nahan tangisnya. Ariyanto(14),sang cucu yang selamaini hidup bersamanya ne-kat mengakhiri hidupnyadengan gantung diri, Senin(2611) sekitar pukul 18.00.

Sang nenek mengisah-kan, pada sore itu, Yanto(panggilan akrab Ariyan-to, red) yang putus se-kolah dan tidak tamat SD

meminta dibelikan sepedamotor kepada neneknya.Sang nenek hanya bisameminta agar AriYantobersabar samPai ayahnyapulang dari Iambi. Selamaini, Saringah hanya me-ngandalkan kiriman uangdari ayah Ariyanto Yangbekerja di Jambi. Gunamenambah penghasilan,Saringah juga kerap men-jadi buruh tani di desanya.

Akan tetapi, bujukan siNenek agar Yanto bersabarmenunggu sang ayah Pu-Iang justru membuat Arimarah-marah terhadaPneneknya. Setelah marah,Ari Iangsung masuk kamartidur. I kehall0

r Bocah l4 nya, namun pintu kamarterkunci dari dalam. Se-hingga, pintu kamar dibukadenganpaksa.Setelah pinntu terbuka

nenek korban terkejut ka-rena melihat cucunya su-dah meninggal dalam ke-adaan gantung diri de-ngan kain jarit. Melihat

kejadian tersebut, nenekkorban Iangsung memintabantuan keluarga dan te:tangga.

Kasubag Humas PolresPurbalingga AKP Sitowatimengatakan, dari ketera-ngan saksi-saksi, pada Seninsiang (2611), Ariyanto yangtinggal bersama neneknya

Sambungan dari hal 7

"Sambil marah, Yantolangsung masuk kamar,"tutur Saringah pada Polisi.

Sekitar dua jam, nenekkorban berniat untuk me-nemui cucunya di kamar-

itu meminta dibelikan se-peda motor baru. Saringahmeminta cucunya itu me-nunggu ayah korban yangtengah bekerja di ]ambi,pulang.

Setelah dilakukan peme-riksaan oleh tim dokter danInafis Polres Qurbalinggakorban murni bunuh diri

dengan cara gantung diri."Polisi juga menyita,kainjarit yang digunakan untukbunuh dirii' tuturnya.

Sitowati menambahkan,keiuarga korban sudah me-nerima kejadian tersebutdan korban sudah dima-kamkan malam hari itu ju-ga. (Iok/bdg)

BAGIAN HLTMAS SETDA KABUPAIEN PLTRBALINC,GA

Page 32: Kliping Berita 28 Januari 2015

KLIPINGIUEDIA

BAOIN III][{A$ $MDA PURBAIil,rcO,{

Radar Banwmas r Rabu Pahing 28 Januari 2O15

Beringin A1un-alun Ifurang TerawatAncamKeselamatan

Pengunjung

PURBALINGGA - Pohon be-ringin kembar di Aiun-alunPurbalingga dapat mengancamkeselamatan p engunjung alun-alun. Sebab, diketahui, terdaPatdahan yang sudah mati danbisa patah selvaku-waktu, ter-utama jika hujan deras disertaiangin kcncang.

Berdasarkan pengamatan Ra-darmas di lapangan, Pohonberingin yang rawan Patahdahannya adalah Pohon be-ringin yang berada di sisi timur.Di bagian utara Pohon ini,terlihat dahanyang sudah mati,karena sudah berumur.

Ukuran dahan yang matijugacukup besar, sehingga jikapatah sewaktu-waktu dikha-watirkan akan membawa kor-ban jiwa, dari masyarakat Yangtengah mengunjungi alun-alun. Agar tidak membawakorban jiw3, dahan Pohonberingin yang mati itu harusdipotong.

Seo ert.i vang lliungkaP kar

r BetinginSambungan dari hal 7

Dia menjelaskan, sebe-no:nya beberapa waktulalu ada dahan pohon be-ringin tersebut, yang pa-tah karena sudah iapuktermakan usia. "Untungsaja kejadiannya waktu itumalam hari. Sehingga su-dah tidak ada pengunjungalun-alun, Coba kalau ter-jadi siang hari atau saatramai pengunjung. Bisa-bisa jadi berita besar dimedia massa," ujarnya.Menurutnya pohon be-

ringin di alun-alun, harusdirawat secara rutin, de-ngan dikurangi dahannya.Sebab, pohon beringinalun-alun tersebut usianyasudah cukup tua. Sehing-ga, dikhawatikan jika da-han dan daunnya terlalu

terkena angin kencang."Seperti saat era peme-rintahan bupati Triyono(Budi Sasongko). pohonberingin alun-alun rutindirawat, dengan dikurangidahannya agar tidak ter-lalu rimbun," Ianjutnya.Fengunjung alun-alun

yang ditemui Radarmas,kemarin (ZZL/t), jugamengaku was-was jika da-han yang lapuk tersebutpatah tiba tiba. "Wah, sayabaru tahu kalau ada dahanpohon yang bisa patahsewaktu-waktu. Saya ber-harap, bisa diatasi oleh'pihak terkait secepatnya,agar tidak timbul korbanjiwa," kata Deddy, wargaKelurahan PurbalinggaWetan, yang ditemui dialun-alun ketika diberi-tahu kondisi tersebur.tya/bdg)

KURANG TERAWAT: Karena kurang terawat,pohon beringin ini yang rawan patah"

oleh Sarno, PNS di lingku-ngan Pemerintah KabuPatenPurbalingga. "Itu harus sece-patnya ditangani. Karena jikapatah dan banyak Pengunjungal.un-alun, yang berada dibawah pohon beringin. Di-khawatirkan bisa timbul kor-ban jiwa, seperti Yang terjadidi salah satu kebun binatangdi Iakarta, baru-baru ini,"jelasnya ditemui, kemarin(27 lr). J kehall0

Iebat bisa tumU-ang; ;lta

AOITYA'RAOARMAS

banyak dahan

B.AGI:\N IIUM.A.S SETD-\ K.ABLIPATEN PLiRB.{LINGG-\

Page 33: Kliping Berita 28 Januari 2015

Radar BanyUmaS e Rabu pahing 28 Januari 2O1s

o,(E

o

o

-l(E

6(tE

GvG(!

=:,=-v(!

(E

ts

u,(gcn

;(g

trI€.EoG

I-v(n

to

=Eo

PH6=LGtrI.(E

-LG5tro(.) =-lG

b0.tro'JOGTEL

:=rgtr6GlEroElE=E':EALG*o=(Eo.9F>{c69<tr-(Ey-YE<r>:ectriE

Page 34: Kliping Berita 28 Januari 2015

KLMINGMEDIA

BA0IA}{ [LII'{AL$Wt Pt]ilB,{Ill{ff 0A

SargltrP*,srinsu PAHING,2B JANUARI 2OI5

Partai PolitikMulai

Berlioalisiffi ffimrrerem€mmg ffi#ffiP

B*rrcffimffiffiBmmre

?? Dia sudah nglenceri' tetaPi

belum melamar karena memangbelum membuka Pendaflaran. ),

IMAM PURSETOKetua DPC Gerindra Purbalingga

SIamet Wahidin, KetuaDPC PKB Purbalingga me-ngatakan belum memutus-kan partai yang akan diajakberkoalisi. Namun, ia jugatak mengatakan akan me-rapat ke PDIP ataupun Koa-lisi Purbalingga Bersatu."Nanti pada waktunya akankita umumkan," kata dia.

Imam Purseto, Ketua DPCGerindra Purbalingga me-ngatakan, koalisi belum me-netapkan jadwal tahapanpersiapan pemilukada. Iamengaku masih intensifmenggelar konsolidasi an-tarparpol peserta koalisiyang antara lain Golkar, PA-N, PKS, Demokrat, dan Ge-rindra sendiri. "Keputusanmasih harus melewati mus-yawarah bersama partai ang-gota koalisi," kata dia.

Sementara itu, Gerindrasendiri membuka pintu bagibacabup yang hendak maju.

la mengatakan, tanggal 5

Februaii Gerindra akanmembuka penlaringan ba-cabup. "Juinal besok DPDakan' memberikan arahan'Sementara menYesuaikaniadwal KPU, kami menyu-sun ladwal penjaringan,"kata dia.

Tokoh yang telah meraPatantara lain Suparno SH M-Hum. Jaksa Intelejen di Ke-

laksaan Agung ini semPatbertugas di Purbalingga. Iakelahlran Desa Silado, Ke-camatan Kembaran, Bam'u-mas. Sementara istrinYa'ke-Iahiran Desa Limbasari, Ke-camatan Bobotsari Purba-lingga. "Dia sudah n glcnceri,tet"abi belum melamar ka-."nu' *"-ung belum mem-buka pendaf{aran," uiar dia.

<2

PURBALINGGA, SATELM-POST - Gugus-gugus ke-kuatan politik di Purbali-ngga mulai menemukanbentuknya. Partai politikmulai membentuk koalisidemi memenuhi syarat mini-mal suara atau pun kursiguna mengajukan bakal ca-lon bupati.

- Di antara koalisi yang ter-bentuk yakni Koaiisi ?ur-balinggi Bersatu, bentukbaru dari Koalisi Merah Pu-tih yang minus PPP. Di luaritu, masih ada PKB, Nasdem,dan Hanura. Jika tiga partaiini membentuk koalisi-baru,maka sedikitnya akan adatiga calon bupati yang ber-tarung pada pemilukadananti.

BAGI AN II{ AL\S SETDA K-{lllrP'\TEN PtlRil-{LINfi(i.\

Page 35: Kliping Berita 28 Januari 2015

SemEntara KeIua DPD PA-N Purbalingga, Sobri Arofah,meneatakin, koalisi akanterus memPerluas dukungandenqan membuiuk Partailain?i luar koalisi. Komu-nikasi, kata dia, telah ber-jalan baik selama ini' Ia oP-fi^istis mampu mengaiaktisa partai vang masih ter-,"".ak *asuk dilam koalisi'"Saya yakin bisa, karenahubirgah kita selama iniiugaterialin baik," katanYa.

Sedangkan Tasdi, KetuaDPC PDIP, menanggaPi en-tens kekuatan di luar PDIP'M#urutnva, itu hak ma-sing-masing Partai. Saat ini,ia inengaku' hanYa fokusoada m"ekanisme internaltartainva. "Kami tidak ikut'.u-ori *t'.rtan di I uar PDI P,

kami fokus pada mekanismeinternal PD1P," uiar dia. (af-gan86@yahoo"com)

Page 36: Kliping Berita 28 Januari 2015

KLIPINGMEDIA

BAOIN III[{A$ $[IDA PUfiBAIil{OGA

SarnLtrFr,;;'srRABU PAHING,

28 JANUARI 20I5

ABG Gantung Diri karena Tak

I Dari halaman 1

ABG Gantung Dirikarena Tak

litPost, Senin (26 / 1) ma.lam.Karena tidak memiliki cu-

kup uang, Saringah hanyabisa mengatakan agar cucu-nya bersabar k alau pinginpu-nya motor. Ia juga menyuruhcucunya menelepon bapak-nya yang berada di Provinsijambi untuk minta uang.

Namun, jawaban sang ne-nek tidak membuat cuculaki-lakinya tenang. ]ustru Aryang tak tamat SD ini sema-kin kesal. Ia kemudian me-ngunci di dalam kamar, me-mukul lemari dan mengo-brak abrik isi kamarnya."Menjelang Magrib saya

Sementara, dari Pemeriksa-an tim inafis dan dokter Pus-kesmas, tidak ditemukantanda-tanda kekerasan Padatubuh korban. Kondisi kor-ban denqan lidah menjulurdan dari alat vital korbankeluar air mani. Kondisi ka-mamva berantakan dan dite-muk# handPhone Yang Pe-cah karena dibantinf. "Berda-

panggil Ar tapi ga ada jawa-ban, pintu kamarnya juga

melilit leher korban segeradipotong unfuk menurudkantubuhnya. "Dengan kondisipanik, tubuh korban diturun-kan, berharap masih bisa ter-tolong," kata Miswati.

Tak berselang 1ama, petu-gas Polsek Bukateja bersamatim inafis Polres Purbalinggadan dokter dari PuskesmasKutawis datang. Setelah me-meriksa kondisi korban dandipastikan sudah meninggal,jasad Ar diserahkan ke ke-luarganya.

Kapolsek Bukateja, AKPSulasman membenarkan ke-fadian tersebut. Diduga kor-ban mengakhiri hidupnyakarena kesal permintaannyadibelikan sepeda motor be-Ium bisa dipenuhi.

dikunci," ujar Saringah.Karena lama tak ada jawa-

ban dari sang cucu, kemu-dian pintu dibuka secarapaksa dengan bantuan te-tangganya. Begitu pintu di-buka, Ar ditemukan dalamkondisi tergantung dengansecarik kain yang diikatkanpada penglari rumah (tiangpenyangga atap). Sontaksang nenek berteriak histeris,tetangga pun berdatangan."Tubuhnya tergantung dipenglari, dengan lidah men-julur dan kamar yang beran-takan," kata Miswati (35),tetangga Saringah.

Dengan menggunakan se-bilah parang, selendang yang

sarkan pemeriksaan, diperki-rakan korban sudah mening-gal sekitar satu jam dari per-tama kali ditemukan kafonatubulmya sudah kaku," kataKapolsek. Setelah diman-dikan dan disalatkan, padapukul 22:30 WIB jenazah ArIangsung dimakamkan di pe-makaman umum desa setem-pat. (rar)

Dihelikan Motorw Gegerkan Warga l(arangcengis, Bukateia

PURBALINGGA, SATELIT-POST-Tak dibelikan sepedamotor, anakbaru gede (ABG)berinisial Ar (14) mengakhirihidupnya dengan tragis. War-ga Desa Karangcengis, Buka-teja, Purbalingga ini gantungdiri di kamarnya, Sentn (26/1).

lnformasi yang dihimpunSatelitPost di lokasi, peristi-wa tersebut diketahui perta-

ma kali oleh nenek korban,Saringah (55) pukul 17:30WIB. Saat itu, Saringah curigakarena cucunya yang sedangdi kamar tak menyahut ke-tika dipanggil. "Sebelumnya,Ar memang kesal karenakeinginannya dibelikan mo-tor belum bisa terpenuhi,"kata Saringah kepada Safe-

r Bersambung ke hal 11

BAGI-A}i HL-\{AS SE'TD.{ K.{BTP.q.TE\ PL RBALINGG.\

Page 37: Kliping Berita 28 Januari 2015

Anaknya MudahBergaul

AR, remaja yang nekatmengakhiri hidup dengancara gantung diri dikenalaktif bergaul. Hal itu di-katakan rekan sepermai-

nan korban, Teguh (15)."Ar anaknya enakan, ka-

mi sering main bareng,"

I Bersambung ke hal 11

iuar desa inij' katanYa.r Dari halhman 1

Anaknya MudahBergaul

kata Teguh, Senin (27l1)'Remaja Yang juga tetanggakorban ini mengatakan se-

minoou belakangan ini Puntida[ida yang aneh dengan'sikao korban.

"fiiasa saia mas. Diajakmain juga seperti biasanYa'AnaknYa sedikittertutup' la 9aoernah cerita tentang masa-

iannyaj' kata Teguh.

uJarnyaSementara, nenek korban,

Saringah mengatakan, se-betulnya Ar sudah dijanjikanakan dikirimi uang 3 jutaoleh bapaknya untuk mem-beli motor bekas. Namunharus bersabar karena ba-paknya harus mencari uangterlebih dahulu. "Tapi anak-nya bersikeras minta hari itujuga, kemungkinan ia sangatkesal dan jengkel sehingganekat gantung diri," katanya.(rar)

Tetangga korban lainnYa,

Miswati (35) mengatakan,sosok Ai meruPakan anakvano baik, sosialisasi de-

hqri t"t"ngga dan rekan se-

o6rmainannYa iuga bagus''l.lamun, di lingkungan ke-

luaroa, Ar meruPakan anakyan[ manla. "Sejak kecil Ar

hidup bersama neneKnya,kedda orangtuanya sudahlama bercerai sejak Ar ma-

sih kecil. Yang saYa tahu,baoaknva berada di Jambi,

ieitangkan ibunYa tinggal di

la sendiri tak menYangka,

hidup Ar akan berakhir tragis

denban cara gantung diri'Dikaiakan Miswati, keluarga

Ar bukanlah kategori orangberada. Karena sudah tidak

sekolah, sehari harinYa Ar

tidak PunYa Pekerjaan .tetaP,tert<a'dang ia meniadi kuli

angkut batu atauPun..mem'baitu tetangganYa iika di-

suruh. "AnaknYa baik, ke te-

tangga juga soPan, ke teman-

tern'innYa iuga ga nakal,"

Page 38: Kliping Berita 28 Januari 2015

=)E(sI(U

=-coE'6'(r,

,(d

-vo),c.s(6

E(d

E(0i<Eos(!:EEE^ordc(o

,5NC.d.=o). coEs)Li?6)Lo)ocEgE)=

i k0-i l.d.L:ll 0)t S*tut El6 9,=I cdI CO)t s6E <8,I rCT E!dtr EsI b,oI -oI oBI ea

IEEt <E

I3EI UE

oz

?ozo&

:Sro

l*<

Page 39: Kliping Berita 28 Januari 2015

KLIPNGNffiDIABAffIA}{ IIIIIIA$ $EIDA PIJIBAINOOA

SATNIITIJOST RABU PAHING,2B JANUARI 20I5

{'&"&E

ASISTEN Pemerintahan Sekda Purbalingga Kodadiyantorehabilitasi rumah tidak layak huni (RTLH) di Desa Jingkang(27t1l,.

menempelkan stiker rumah hasilKecamatan Karangjambu, Selasa

30 Rumah Desa JingkangDirehab

PURBALINGGA, SATELIT-POST-Sebanyak 30 rumahwarga Desa Jingkang Keca-matan Karangjambu Ka-bupaten Purbalingga selesaidirehabilitasi. Perbaikanrumah ini melalui programrehabilitasi rumah tidaklayak huni (RTLH) dari Ke-mentrian Sosial RI.

"Pemerintah kabupatentetap berkomitmen ikut me-mikirkan kebutuhan dasarrumah tangga miskin be-rupa rumah tidak layak hu-

hatikan sekali dailm pe-natan rumah tinggal pen-duduk yang tidak layak hu-ni. Oleh sebab itu, peme-rintah melakukan kebijakanberupa pernugaran rumahmelalui program RTLH ya-ng bersumber dari APBN.

Menurut dia pemerintahberusaha menekan serta

ni, karena rumah Iayak hunimerupakan da mbaan semuaorangt" ujar Asisten Pe-merintahan Sekda Kabu-paten Purbalingga Koda-diyanto, saat meresmikanRTLH dl Desa |ingkang Ke-camatan Karangjambu Pur-balingga, Selasa (27 /1).

Menurutnya, satu kebu-tuhan dasar yang tidak bisaditawar-tawar saat sekarangadalah mendapatkan hu-nian layak dan sehat. Ru,mah itu tidak hanya sebatas

mengurangi angka kemis-kinan dan membantu wargamiskin melalui pemugaranrumah. Terutama sekali pe-mugaran dari rumah tidaklayak huni menjadi layakhuni. Sehingga diharapkanderajat dan martabatkeluarga miskin tersebutdapat terangkat. (gus)

sebagai tempat berteduhsemata. Namun rumah la-yak huni tentunya harusmemenuhi berbagai syaratdan ketentuan seperti sir-kulasi udaranya vang baik,kualitas air memadai, danpenerangan cukup.

"Selain itu dapur jugabersih dengan pembuanganasap yang lancar serta sa-nitasinya balk," ujarnyamenjelaskan.

Koda menambahkan, pe-merintah sangat memper-

B:\GI.\\ HL }'{-\S SE'|D.\ K-\IJL'P \TEN PL-RL}.\LNC}Ci-\

Page 40: Kliping Berita 28 Januari 2015

KTIPINGMEDIA

BAOIN }II][{A$ $flIDA PUIBAIil{OOA

SATNIITPOST

RABU PAHING,28 JANUARI 2O i 5

RAGIAN HUMAS SETDA KABTIPATEN PURBALINGGA

Page 41: Kliping Berita 28 Januari 2015

KLIPINGMEDIA

BAOIN IIIIIIA$ $EI'DA TI]IBAIfi{OOA

SarnltrPt-:'sr

RABU PAHING,28 JANUARI 20I5

Willy KembaliPimpin Perbasi

PURBALINGGA, SATELITPOST - Willy NoviantiNugroho kembali terpilih menjadi Ketua PengurusCabang (Pengcab) Persatuan Bola Basket Seluruh In-donesia (Pqrbasi) Kabupaten Purbalingga. Keputusanitu dikukuhkan saat Pengcab Perbasi menggelarreorganisasi kepengurusan di Gedung KongkwanPurbalingga, Selasa (27 /1).

Dalam Musyawarah Cabang (Muscab) PengcabPerbasi Kabupaten Purbalingga tersebut, Willy secaraaklamasi disepakati kembali menjadi Ketua UmumPengcab Perbasi Purbalingga. Pengusaha asli Pur-balingga ini didampingi Firdian Alamsyah SPdsebagai wakil ketua

Sedangkan Imam Arisusila A1 Hady SPd sebagaisekretaris I dan Swastika Setya Praja SPd sebagaiSekretaris II. Di posisi bendahara ditempati olehPurwani SPd.' Sementara itu, pengurus lama juga masih men-dominasi kepengurusan perioede 201.5 -2020 ini.Seperti Satria Vy'ijayanto SPD dan Restiaji Pandu diposisi bidang kepelatihan. Kemudian Doddy Frisdiandan Ponco Sumarsono di posisi Bidang Pertandingan,Raymond Adi Sesie ditunjuk sebagai bidang per-wasitan, dan Sumarto SPd sebagai bidang pengem-bangan.

Willy berharap dengan kepengurusan baru, kedepan cabang olahraga bola basket di KabupatenPurbalingga bisa kembali berlaya. Dia juga berharapkepengurusan baru ini bisa menghasilkan atlet bolabasket berbakat yang bisa membawa prestasi bagidaerah.

Kepengurusan baru Pengcab Perbasi Purbalinggaini akan dikirimkanke Pengprov Perbasilawa Tengahuntuk mendapat surat keputusan (SK) pelantikan.Selanjutnya kepengurusan yang baru ini diharapkanbisa secepatnya bekerja memajukan bola basketPurbalingga. (gan)

BAGIAN LIL]MAS SETDA KABIIPATEN PTTRBAII\iGGA

Page 42: Kliping Berita 28 Januari 2015

ZL.*(Ut(u}F+E&L)r- c)6Y

f;a(d

(U

C(go(UooocEEooU)

E

q)-oEf

ocC(dE(U

(6.CE

+=N

(U

aC(U

E=a)oo)($

Co-)c(u.=s(d

oLo(u'i=fz(6

(U

C0)(,)c

oLE(Ua(do-.-9og

ro)EEc) -o<tro.6lcE

,iri.::t:.i1::::l:r : l::r

* t t'r,

&

*l-*d,ffi!

ffi-1Wi

SarslITP{:.}sr RABU PAHING,28 .JANUARI 2OI5

.l iN

-t{ ,})

t, r":, lll:

Page 43: Kliping Berita 28 Januari 2015

Rabu Pahing,28 Januari 2015

Tmfl"q ffi[hm[$E"q effi trk{ffitmt,

ffiemmjm ffiamtLdrc# ffiirlPURBALINGGA- Gara-gara keinginannya untuk membeli sepe-da motor lr9l5. i1e"l"hf Ariyanto (14),

-bocah yu^g -"r.rputtu.,

-*llgu RT 02 RW 06 Desa Karangcengis, Kecamaian dukateji, pur-balingga, nekat mengakhiri hidup d6ngan bunuh diri. Mafat kor-ban ditemukan menggantung di'kamai neneknya.

.Peristiwa itu terjadi Senii e6/1), awalnya korban menyam_paikankepada-neneknya bernama Saringah (qn, bahwadia inginmemiliki rgpgqu motor baru. Namun sang nenek mengatakan Eiatidak-memiliki uang. "Oleh sang nenek sing cucu dib"eri nasehatagar bersabar. Untuk membeli-sepeda molor nanti menungguty?h"y3 pulang dari ]ambi. Kebetulan ayahnya memang UetEiladi luar !awa," liata Kasubag Humas polies purbalingga,"efp di-towati.

Mendengar ucapan neneknya, korban marah marah dan masukke kamar tidur milik neneknya. Selang dua jam kemudian sangnenek mencarinya. Namun tidak ketemu. f-etlta hendak -rrrfke kamar, sang nenek curiga. Pasalnya kamar tersebut terkuncidari dalam. Saat diketuk tak ada yang menyahut. ,,Lalu pintu ka-mar dibuka secara paksa," ungkap Silowati.*f Sf-ry

Sukmffitffi Mel,amanffimffiffihup ke PmlPPURBALINGGA - Bupati in-cumbent Sukento Rido Marha-endrianto akhirnya juga me-lamar sebagai Bakal Calon Bu-pati (Bacabup) Purbalinggamelalui DPC PDIP. Yang ber-sangkutan mengembalikan for-mulir penda ftar an Sabtu (24 / 7)

lalu. Langkah itu sekaligusmenjawab teka-teki jadi atautidaknya Sukento maju sebagaiBacabup di Pilkada tahun 2015.

Kepala Sekretariat DPCPDIP Purbalingga, Sutrisno,Senin (2611) membenarkan haltersebut. Diungkapkan, Su-kento ditemani salah seorangkerabatnya bernama Akhsanmengembalikan formulir. Ber-kas pendaftaran tersebuf dite-rima Wakil Ketua DPC PDIPSamingul Singa Brata. "Sesqaijadwal batas akhir pengem-balian formulir adalah Selasa(2OltfNHmun pengurus sepa-kat berkas formulir pendaftar-an Sukento tetap kami terima,"ujarnya.

Sukento pada Pilkada ta-hun 2010 menjadi Cawabupberpasangan dengan CabupHeru Sudjatmoko melaluiPDIP dan Koalisi Partai Islam.Keduanya memenagkan Pilka-

da. Di akhir tahun 2074, S:u-

kento naik menjadi bupati me-nggantikan posisi Heru yangdilantik menjadi Wagub ]a-teng. Menjelang Pilkada 2015Sukento dikabarkan menjalinkpmunikasi dengan parpolyang tergabung dalam KoalisiMerah Putih (KMP) untuk ma-ju kembali sebagai Cabup.

iii-+ Dikirim ke DPDSementara itu berkas lamar-

an Sukento bersama Bacabupdan Bacawabup lainnya siangkemarin dikirim ke DewanPirnpinan Daerah (DPD) PDIP]ateng untuk diverifikasi. Wa-kil Ketua DPC PDIP Purba-lingga Bidang Infokom TongatSH mengatakan Setelah pen-daftaran ditutup, terdapat 21

pelamar yang mengajukan ber-kas lamaran. Masing-masingenam nama Bacabup dan enamnama Bacawabup.

Dijelaskan, Bacabup yangmengajukan lamaran masing-masing Ken Ragil Turyono,Imam Subijakto H Tasdi SHMM, HM Ichwan dan KrisHartoyo Yahya dan SukentoRido Marhaendrianto. lr:

sT-Tj

Page 44: Kliping Berita 28 Januari 2015

KLIPINGMEDIA

BAOIAN II[]IIA$ SEIDA PIJIBAIffOOA

&ff&&e'ffiSffiXB . Setasa Legi,ZTJanuari 2015

ffienm&amm S--pmmtmm Sawm KffiKEffi-ru ffi*rfom&$mggm

TempeI Tutisan,Unduh ke YouTube

Gerakan duktnig KomislPemberarrtnsa n Konrysi t KpK t

utrti.tk telap eksis mettjalar kekota-kec il sepert i p u rbal i n ggn.

Sekelompok sineas mudiyang tergabung dalam

Cinema Looers ContmtL-nity (CLC) melakukan aksi

rtnik yang mengundnn,q

lterhatian khalayak. V iliotentang aksi yang

dilakukan sineas darilereng Gunung Slamet

itu juga diundtthke YouTube.

kukan aksi dengan menempelspanduk dan tulisan yangisinya mendukung keberadaanKPK memberantas korupsi. Tu-lisan tersebut dipasang di se-jumlah fasilitas umum. Be-berapa leaflet bertuliskan kali-mat dengan logat Banyumasan"KPK Rika Ora Dewekan", In-yong Tresna Maring KPK danInyong Rika adalah KPK"

Tempel ...".

(Sambungan htm 1)

desa, tak mau tinggaldiam. Kami melakukanaksj dukungan dengan.cara yang bisa kami laku-kan," tutur Bowo, yangjuga direktur CLC.

Namun aksi yang me-reka lakukan ridak berja-lan mulus. Pasalnyaleaflet dan tulisan yangdipasang di pos polisi itutak berselang lama harusdicopot. Sejumlah ang-gota polisi dari PolresPurbalingga yang dinihari itu sedang berpatrolimengetahui aksi yangrnereka lakukan. "Merekalalu menegur kami. Na-mun kami tidak takut.Apa yang kami lakukanmurni inisiatif kami danmerupakan suara hatirakyat," tegas Bowo.

Jika apa yang mereka

AKSI Save KPKyang dilakukanCLC tergolongberani. Bebera-

' pa aktivis CLCseperti BowoLeksono danNanky Nir-'manto, meia-

"Leaflet senga ja kami pasang dipos polisi yang ada diJalan Xh-mad Yani dan lalan Soedir_man," ujar Bowo Leksono.

. . Sgbagqi sineas, aksi yang di-

Iakukan di rengah,uusrnu?i"ihari yangdingin itu juga direkam untuk dibuat film doku,meter. Bowo mengakui aksi itud jla.kuka n sebagaiwujud kepe_duliarr terhadap eksistehsiKI.K. Pihaknya meljhat adaupaya dari pihak-pihak terten_fu_uniuk memberangus peranKPK. sebagai garda"terdepanpemberantasan korupsi.,,Wa_Iauptrn kami adalah anak-anak

Bersambung ke hal 7 kol 7

\\

-

.....-"-*-r'-

BAGIAN HLI}VIAS SETDA K,.\BLIPdf EN PL]RB,\LI\GGA

Page 45: Kliping Berita 28 Januari 2015

-/ ---\t -

lakukan dianggap me- YouTube. Judulnya -KPK Nurproio . - *"ngut'kun

il;g;r, aia miiair Uatit Rika Ora Dewekan". Ka- apa yang dilakukan para

mefipertanyakannya. laudalambahasalndone- aktifis dan sineas muda

Bowo' reraatin leailet sia artinya "KPK Kamu Purbalingga merupakan

#Save KPK mereka pa- Tidak Sendiri," terang- h4 spo-ntan' Gerakan

sang di fasilitas umum' nya. #SaveKPK memang

i;;;r"a di pos polisi. ' Vid"o tersebut ternya- sdah.menjalar hinggaLceplu tut ,"puk'^t jika hal ta banyak mendapatkan daerah:.selama'ini CLC

itu dianggip melanggar. respons positif dari ber- menurutnya TlgmangM"n.,r"[iyi fusliitar bagai pihak- Video terse- meniadi salah salah satu

"^"* JiU'"ngun dengan fui luga dilampirkan.di pilar gerakan di wilayahUiry" ar.l pllat .utlut. halamln jejaring sosial Pu"y"T3? d-an. Purba-,,Makanva iakvat seperti facebook CLC Purbaling- lingga. "Mereka indepen-

tu*i inl'Uotehlntukl me - ga. Bowo mengatakan, den dan cerdas. Yang

"yu^puitu" aspirasi me- ieiak. diunggah Minggu menarik apa yang mereka

lalui fasilitas umurn Qi/D matiri, sudah-tdr- lakukan j'gu mereka

i".r"r"tl tandasnya. dapat 1377 orang yang dokumentasikan menjadi

Debat antara personel memberikan koirentar-. fi1m. Ini yang melia.dj

CLC dan anggo^ta potisi "Video itu juga sudah 23 nilai lebih tersendiri,"

sempat te4ad1lBowb me- kali diunggah," jelasnya'. imbuhnya' t-'#

nsaiakan'aksi tersebut Dosen Fisip Unsoed

te"rmasuk saat ditegur Purwokerto, Indaru Setyo Joko Santoso-snoleh polisi, semuanYa di-rekam dan telah diPro-duksi menjadi sebuahfilm dokumenter. Filmtersebut berdurasi 6

menit 42 detik. "Film ter-sebut bisa disaksikan di

SAVE KPK : Sinens mudaPurbalingga melakukan aksi Sazte

KPK dengnn aksi yang dijadikan

film doktrmentcr. V idco nksitersebut juga sudah dittnggah diYouTube. ,*.i.i Foto: foko Santoso

li{ .rfl{'J 'jr*fir,ir' ...*

ffi ffi"14 ,L.t'.,-i'*,*L"iliau KF"K t'. ,,.*i:

4;4 .it ialir*r,,t il +l"i;**iiE*si*&r ','' -**l ....,-... . :.

Page 46: Kliping Berita 28 Januari 2015

KLIPINGMEDIA

BAGIN iIUil{A$ $TT'DA PI]IBAIflGOA

3ry"ffi&,e"fbs&ge Selasa Legi,27 Januari 2015

Duet Bamhang - ntlP-Effiffim

Latih PersibanggaPURBALINGGA- Duet PelatihBambang Sutedjo danAlif Imam,diisyaratkan bakal melarih rimPeriibangga (Purbalingga),

menghadapi komPetisi DivisiUtama muiim ini, KeduanYa di-anggap sukses dalam menanganitim. Salah satunya dengan Penca-paian Persibangga sebagai finalisdi Turnamen Bu pa ti CilacaP Cu P2015, pekan lalu.

"Saya rasa kedua Pelatih itusangai baik, terutama Bambang.Diiadalah petatih asli Purbal-ingga. Dia juga sudah memilikilisensi B Nasional, sebagai sYarat

utama melatih tim Divisi Utama'

Jadi lebih baik tim ini dilatihorang Purbalingga saja," kataManager Persibangga, MartoYo,Senin (2611).

Dia menambahkan, dengandilatih pelatih asli Purbalingga,menurutnya bakal menjadi moti-vasi lebih bagi pelatih itu. "SaYa

rasa dia akan termotivasi untukmemberikan prestasi lebih,bagi

daerahnya," katanYa.

ffiff Tambal SulamTerkait Alif Imam, meski be-

rasal dari CilacaP, selama ini diacukup dekat dengan sePakbolaPurbilingga. Selain itu, dia juga

sudah memiliki Pengalamandalam menangani Pemain-Pe-mdn muda. "SaYa Yakin, kombi-nasi keduanya sangat bagusuntuk Persibangga. Tinggal dira-patkan saia dengan Pengurus.Sebab, penenhtan Pelatih ada ditangan pengur rs," tambahnYa.

Sementara it'r unluk Pemain,Martoyo nrengungkaPkan,Persibingga bakal diPerkuat Pe-main-pemain lokal Purbalingga.termaiuk pemain-Pemain daritim Persihangga Junior.

"Kalau pun butuh tarnbahanpemain (dari luar daerah-retl)iidak barlyak. Tinggal tambalsr-rlam saia. Karena Pemain Yangada saat ini, menurut kami sudahcukup," imbuhnya.'i,!:ii ST -Atn

IUARAKEDUA: Para pemain Persibangga b9rt'ot7 bersnmo' usa,i.

menerima piala dan hadiah sebagai iuara kedua, dalam Turnamen Bupati

Cilacap Cup, b elum lqma ini.'ffi E o t o : i ok o s ant o s o

BAGIAT\ HLT]VIAS SETDA KABUPATEN PLTRBALINGGA

Page 47: Kliping Berita 28 Januari 2015

KTIPNGMEDIAB,{OIN HI][NA$ $[T'}A PIIRBAIil{GOA

,,KEDAULATAN RAKYAT"

*t, lr^"

28 JANUAR r zoi rz eAxoarvruLuD r g+B )

ftubalinsgaDapat Sffi5l lbnhpukPURBALINGGA (.I(R)

__ Kabupaten purbalingga

menda_patkan arokasi pupuk r""."hiar ii'.e;J ""3*:""rrah terse_but,

1u3r1k urea paling brrrrt rrt"t*i,"ro, ton. Atokasipupuk zA 2, 6Eo ton, Sp_go z,+oo tr", iiri 6,800 ton danpupuk organik S,S01 ton.

_ S,eaanSqn alokasi pupuk subsidi meliputi pupuk untuk sektorparbanian dengan sub sektor

""r_* r."*i i" horhikultura,perkebunan, peternakan a* p""it rrrrrrlar^1f., orr* bersubsi-di dirinci menurut kecematan, jenis, jumlJ, ."f sektor dan se-baran bulanan yans ait"t"pti"" "a'"i*ll'iJ.tr"r.,

Bupati(Pelbup) yang diterbrtkan paling r*rf U,ril n"lember 201+.

^ "Sedangkan harga eceran tertinggi sudah diietapkan dalamPergub," tutur Kenala omus pJitaolur^il*"rrrran

DanKehutanan (Dintanbunhut) p*brlrnJ;Z*"i oor* kepadawartawan, Senin (2611).HET pupuk urea dinatok

_Rp 1-g00&ilogram (kg), Sp_86 Rp2.}}Oks.ZARp 1.400/ks. NpK n, z.S-Oijftg"a1" p:upuk organik Rp500/kg. Saat ini perhrio tentang f."f"rin* iL HET pupukbersubsidi sedang daj# proses.

Zainal menambahlan, keseluruhan alokasi pupuk bersubsidisudah mengatami dua k+^ d;;-hr". ;;,k"}ou.i sebesar27 .887 ton, tereatisas i ra.?yt"" *hi";s.;'"#;"r#ffifiton. Kebutuhan pupuk di p"rbrrr"gs;i]."irri","n

dua pro-dusen pupuk, yaknj pr pupuk_Sri#j;r?Hr.rl'r* pr perro_kimia Gresik. ,Di purbalingga, HI pusri punya empat distributordanPlpetrokimiaG"e"ikllr'fis*il;G"*#. (Rus)_c

BAGIAN HUN,{AS SETDA KABLTPATEN PLTRBALINGGA

Page 48: Kliping Berita 28 Januari 2015

KTIPINGMEDIA

BAOIA}{ IILIIA$ ffi]NA PI]RBAIT'IffiA

REPUBIIKA sELAsA, 2zJANuARr 2ot5

Kuota Pupuk PurbaLl ngga Jadi33 Ribu TonI Eko Widiyatno

PTIRBALINGGA-Alokasipupuk bersubsidi untuk Kabu-paten Purbalingga mengalamipeningkatan dibanding tahunlaiu. Berdasarkan pefaturanGubernur (Pergub) Jawa Te-ngah Nomor 73 Tahun 2014, un-tuk 2015 ini, Kabupaten purba-lingga mendapatkan alokasipupuk bersubsidi sebanyak33.351 ton-

Menurut Kepala Dinas per-tanian Perkebunan Dan Kehu-tanan (Dintanbunhut) Kabupa-ten Purbalingga, Zainal Abidin;aiokasi pupuk bersubsidi inimeningkat cukup banyak di-banding tahun 1alu. pada 2014,alokasi pupuk bersubsidi bagipetani Purbaiingga tercatat27.887 ton. "Jadi ada penamba-han sebanyak 5.464 ton,,, jelasdia, Senin (26/l).

Dengan alokasi itu; Zainalmemerkirakan akan cukupuntuk memenuhi kebutuhanbagi para petani di daerahnya.Hal ini didasarkan kondisi padatahun laIu, di mana dari alokasi

27.887 ton pupuk bersubsidiyang dialokasikan di purba-lingga, ternyata hanya 24.BB4ton vang terealisasi. sehinggamasih tersisa 3.504 ton.

"Karena itu, kami perkira-kan alokasi pupuk subsidi se-banyak itu akan cukup meme-nuhi kebutuhan petani. Jadimestinya, tidak akan terladikelangkaan pupuk subsidi diPurbalingga, " ujarnya.

Dia menyebutkan, berda-sarkan pergub, alokasi pupuksubsidi terbanyak adalah untukjenis pupuk urea yang ditetap-kan 16.200 ton. Sedangkan un-tuk jenis pupuk lainnya, antaralainpupuk ZA ditetapkan 2.6b0ton, SP36 sebanyak 2.400 ton,VPK sebanyak 6.800 ton, danpupuk organik 5.301 ton.

"Berdasarkan aiokasi ini,n" nti bupati akan menetapkanperaturan mengenai sebaran-nya," jelasnya. Dalam perbupakan ditetapkan jumlahnya,sub sektor pertaniannya, dansebaran per bulan untuk ma-sing-masing kecamatan.

Sedangkan harga jualnya,menurut Zatnal, juga sudah

ditetapkan dalam pergub. Untukpupuk urea, IIET (Harga EceranTeftinggi)-nya ditetapkan Rp1.800 per kg, SP-36 Rp 2.000 perkg, ZARp 1.400perkg, NpKRp2.300 per kg, danpupuk organikRp 500 per kg" "Dengan ke-tentuan itu, maka tingkat hargapupuk subsidi masih samadengan tahun lalu," jelasnya.

Mengenai produsen yang a-kan memasok pupuk bersubsididi Purbalingga, Zainal menye-butkan, ada dua produsen, ya-itu Pupuk Sriwijaya dan PI pe-trokimia Gresik. Untuk itu, pu-puk Sriwijaya (Pusri) telah me-nunjuk empat distributor danPT Petrokimia Gresik menun-juk dua distributor di Purba-lingga.

Sementara Kepala BadanPelaksana Penyuluhan Keta-hanan Pangan (BPPKp) Kabu-paten Purbalingga Lily purwatimengatakan, pihaknya sedangmelakukan pendampingan bagikalangan Gabungan KelompokTani (Gapoktan) untuk me-nyusun Rencana Definitif Ke-butuhuan Kelompok Tani(RDKK) RDKK. I edr yusuf assidiq

BAGIAN fIUIv{AS SETDA K-ABLTPAI'EN PtiRil.{I,IN-(iGA