Kliping Berita 8 januari 2015

44
KLIPING MEilIA $AfiIAl{ IIIJMA$ $MA PtI[BAItrfffiA Radar Ban5rumas o Kamis pahing 8 Januari 20'15 Camat ilIerasa Kecolongan Tak Dilapori nyai' paparnya, nabulzA). Iual Beli Tanah Ia juga menyadari, selain merupakan hakmasing- ma- sing pemilik tanah, kenaikan harga juga dipicu prospek wilayah tersebut yang men- jadi jalur strategis dan me- miliki nilai ekonomi tinggi. "Hukum pasar atau hukum ekonomi tetap berjalan. Ka- mi di pemerintah kecama- tan kesulitan untuk me- ngendalikan atau membata- sinya. Itu hak mereka. Kami hanya bisa mewanti-wanti agar kenaikan harga itu tidak menimbr.rlkan kej adian yang tidak diinginkan, mi- salnya saling berseteru," tegasnya. di I(edungbenda KEMANGKON- Terealisa- sinya jembatan Linggamas Desa Kedungbenda Keca- matan Kemangkon secara berlahap mengubah kondisi sosial ekonomi masyarakat, Sejak akhir tahun 2013, harga tanah di wilayah Ke- dungbenda naik drastis. Namun pemerinta.ir keca- matan mengaku tak pernah mEnerima laporan dari war- ga yang melakukan jual beli tanah itu. Camat Kemangkon, Ra- harjo Minulyo mengatakan, adanya informasi harga tanah naik sudah diterima- nya. Namun hingga saat ini pihaknya yang juga sebagai pejabat pembuat akta tanah (PP,{T) tidak pernah m€n€: rima laporan jual beli tanah masyarakat. Terutama sela- ma tahapan terealisasinya jembatan itu. "Kami meminta masyara- kat bisa berkoordinasi de- ngan PPAT. Karena nantinya untuk memudahkan admi- nistrasi saat pengurusan sertifikat tanah. Namun sayangnya meski kabarnya ada juai beli, kami tidak pernah menerima berkas- Data yang dihimpun fta- darmas dari masyarakat setempat, harga tanah Per ubin sampai dengan akhir tahun 2014 berkisar antara Rp 2,5 juta- Rp 3 juta Per ubin. Padahal, sebelum ada realisasi jembatan, harga tanah per ubin hanya se- kitar Rp 400 ribu. Kades Kedungbenda, Tosa mengatakan, fenomena ke- naikan harga cukup signi-, fikan. Warga juga tidak ma: salah dan tidak ada speku= lan. "Kami menilai masih wajar. Bahkan tidak menu- tup kemungkinan, investor yang akan menanamkan modal di Kedungbenda, semakin tertariki' ungkaP- nya singkat. (amr/bdg) t ,'- - ll Ail l AN H { ll\,1 :\S SETDA ts-}\'B UPATEN P\-iRBAlll'iCGA

description

 

Transcript of Kliping Berita 8 januari 2015

Page 1: Kliping Berita 8 januari 2015

KLIPING MEilIA$AfiIAl{ IIIJMA$ $MA PtI[BAItrfffiA

Radar Ban5rumas o Kamis pahing 8 Januari 20'15

Camat ilIerasaKecolongan

Tak Dilapori nyai' paparnya, nabulzA).

Iual Beli TanahIa juga menyadari, selain

merupakan hakmasing- ma-sing pemilik tanah, kenaikanharga juga dipicu prospekwilayah tersebut yang men-jadi jalur strategis dan me-miliki nilai ekonomi tinggi.

"Hukum pasar atau hukumekonomi tetap berjalan. Ka-mi di pemerintah kecama-tan kesulitan untuk me-ngendalikan atau membata-sinya. Itu hak mereka. Kamihanya bisa mewanti-wantiagar kenaikan harga itutidak menimbr.rlkan kej adianyang tidak diinginkan, mi-salnya saling berseteru,"tegasnya.

di I(edungbenda

KEMANGKON- Terealisa-sinya jembatan LinggamasDesa Kedungbenda Keca-matan Kemangkon secaraberlahap mengubah kondisisosial ekonomi masyarakat,Sejak akhir tahun 2013,harga tanah di wilayah Ke-dungbenda naik drastis.Namun pemerinta.ir keca-matan mengaku tak pernahmEnerima laporan dari war-ga yang melakukan jual belitanah itu.

Camat Kemangkon, Ra-harjo Minulyo mengatakan,adanya informasi hargatanah naik sudah diterima-nya. Namun hingga saat inipihaknya yang juga sebagaipejabat pembuat akta tanah(PP,{T) tidak pernah m€n€:rima laporan jual beli tanahmasyarakat. Terutama sela-ma tahapan terealisasinyajembatan itu.

"Kami meminta masyara-kat bisa berkoordinasi de-ngan PPAT. Karena nantinyauntuk memudahkan admi-nistrasi saat pengurusansertifikat tanah. Namunsayangnya meski kabarnyaada juai beli, kami tidakpernah menerima berkas-

Data yang dihimpun fta-darmas dari masyarakatsetempat, harga tanah Perubin sampai dengan akhirtahun 2014 berkisar antaraRp 2,5 juta- Rp 3 juta Perubin. Padahal, sebelum adarealisasi jembatan, hargatanah per ubin hanya se-kitar Rp 400 ribu.

Kades Kedungbenda, Tosamengatakan, fenomena ke-naikan harga cukup signi-,fikan. Warga juga tidak ma:salah dan tidak ada speku=lan. "Kami menilai masihwajar. Bahkan tidak menu-tup kemungkinan, investoryang akan menanamkanmodal di Kedungbenda,semakin tertariki' ungkaP-nya singkat. (amr/bdg)

t

,'- -

ll Ail l AN H { ll\,1 :\S SETDA ts-}\'B UPATEN P\-iRBAlll'iCGA

Page 2: Kliping Berita 8 januari 2015

.\

llJ{

MELoNJAK : Harga tanah di kanan dan kiri jalur Jembatan Linggamas ""ik

jil:?lll$j}t:tahun 2013 lalu.

t]A(iIAN Hl-lMAS SB fDA PURBAT,INGGA

Page 3: Kliping Berita 8 januari 2015

KTIPING MEDIA

BAffIAil IIiJhfi$ $$IBA P1}RBAI}{f#A

RadarBanyrrmas . ^r* *ins a;uuri 2015

atan

PURBALINGGA- Masa ja-batan bupati akan berahirpada27 Iuni tahun ini. Saat

ini dewan sudah menyiaP-kan surat pemberitahuanresmi soal akhir masa jaba-tan itu. Sesuai Undang Un-dang yang ada, minimal 6

bulan sebelum akhir masajabatan, bupati harus sudahmenyampaikan laporan Per-tanggungjawabannYa.

"Kita sudah siap kirim.Saya sudah tandatanganisurat peringatan akhir masajabatan itu. Kemungkinandalam bulan ini akan kitakirim," kata Ketua DPRDPurbalingga, Tongat SH,Rabu (7/1).

Tahapan selanjutnya sete-

Sekretaris Daerah Purba-lingga, Imam Subijakto me-ngatakan, pertangungjawa-ban akhir masa jabatanbupati tahun 20L0-20I5,direncanakan dilaksanakanpada tanggal 27 Februari20 I 5. Berdasarkan informa-si dari sekretaris dewan,pemberitahuan tentang ak-hir masa jabatan Bupati pa.-

da tanggal 27 Januari ini.Setelah pemberitahuan

lah surat itu diterima bupati,maka pada Februari, buPatiakan memberikan I aPoranKeterangan Pertanggungja-waban (LKPI) dan Iaporanpertanggungjawaban lai n -

nya melalui sidang PariPur-na. Jika kurang dari 6 bulanjuga lebih baik dan pihaicnYa

yakin saat inipihak eksekutifsedang mengkebut Persia-pan laporan itu.

Sementara itu terkait kePas-

tian j adwal pemilukada buPatidan wakil bupati, Tongathanya mengatakan, sesuaiinformasiyang ada dari @U,jika p gmilukada dilal sanakansecara langsung^hal itu akandilaksanakan pada 16 De-sember. r ke hal. 10

2:r luni, MastfabBupati Berakhir

maka harus ditindaklanjutidengan LKPI AMI palinglambat 30 hari. "LKPJ darimasing-masing SKPD nan-tinya disatukan menjadiLKPI Bupatii'katanya.

Imam juga mengatakan,tahun 2015 ini ada enamkewajiban Bupati yang ha-rus diselesaikan, yaitu LKPJtahun 2014, Laporan Pe-nyelenggaraan Pemerinta-han Daerah (LPPD) akhirtahun 2014, Informasi La-poran Penyelenggaraan Pe-merintahan Daerah (IL-PPD) akhir tahun 2014,seTta LKPI, LPPD, ILPPDAMf Bupati 20L0-2015.

r 2lluni,Sambungan dari halaman 7

"Saat masa jabatan ber-akhir, posisi jabatan buPatiakan dipegang oleh Plt daripemerintah provinsi Yangrnenentukan. Namun kitatunggu saja ProsesnYa," tam-bahnya.

Sementara itu di Pihakeksekutif saat ini sedangmengebut penYelesaian LK-

PJ. Seluruh Satuan KerjaPemerintah Daerah (SKPD)

diharapkan telah menYe-Iesaikan pada Pertengahanbulan Ianuari 2015. LKPJyang biasanya selesai Maretini dipercepat Pada Febru-ari. Hal ini untuk mengan-tisip asi pertangungj awabanakhir masa Iabatan (AMJ)Bupati Purbalingga Yangakan berakhir Pada 27 l:;ni2015.

'Atas dasar itu maka selu-ruh SKPD diharapkan be-kerja keras untuk menyele-saikan LKP|-nyai' rincinya.

Kabag Tata PemerintahanSetda Purbalingga ImamHadi mengatakan, untukformat'laporan masih me-ngacu format sebelumnya.Yaitu LKPJ, LPPD dan IL-PPD juga harus dilampiridengan data dukung yangvalid, agar tim kabupatenbisa bekerja dengan baik.

"Kita berkomitmen LKP),LPPD, ILPPD baik akhirtahun 2014 maupun AM|Bupati 2010-2015 bisa ber-j aian sesuai jadwal yang telah. ditetapkan," tambahnya.(amr/bdg)

R;\GI AN H{ IM AS SETDA iL.\BU PATEN PUF,BALIf iCG;\

Page 4: Kliping Berita 8 januari 2015

KLIPING MEDIA

Radar BanSrumas o Kamis pahing 8 Januari 201rS

I)ua PefabatArnbiIFormulir

Pendaftaran Imam Subijatito ssos usidan Drs Sidik Purwanto,Kepala Kantor Perpustakaandan Arsip Daerah (KPAD)Purbalingga.

Sedangkan sau bakal calonlainnya adalah ICrodirin SHMM, mantan anggotaDPRDPurbalingga sekaligus WakilBendahara DPC PDIP Pur-balingga. Khodirin sendiribaru mengambil formulir,kemarin (7/1) siang. Se-dangkan dua bakal calonlainnya sudah mengambilformulir sehari sebelumnya.Hal itu diungkapkan oleh

Isrofi, Wakil Ketua BidangIndustri dan Pergadangan,Pengusaha I(ecil-Menengahdan Koperasi DPC PDIP Pur-balingga kepa da Radnrmas dikantor KPU Purbalingg r.

kemarin (7/1). I ke hal. 10

Bakal CalonBupati PDIP

PURBALINGGA - Bursapendaftaran bakal calonbupati dari Partai Demo-krasi Indonesia Perjuangan(PDIP), mulai memanas.Dari data terakhir, tiga bakalcalon resmi mengambil for-mulir pendaftaran bupatidan wakil bupati di kantorDPC PDIP Purbalingga.

Dua dari tiga nama yangmengambil formulir pen-daftaran adalah dua birokratyang maish aktif di Peme-rintah Kabupaten (Pemkab)Purbalingga yakni SekretarisDaerah (Sekda) Purbaiingga

AMBIL FORMULIR: KhodirinPurbalingga. Dia mengambil

ikut meramaikan bursa Pilkadaformulir pencalonan di PDIP.

RAGLAN I{r.ih,lAs SETDA KABUPATEN PIIRBAI-INCGA

Page 5: Kliping Berita 8 januari 2015

IiI /\

I lluaSambungan dari halaman 7

"Pak Imam (Irnarn Subijak-to, red) dan Pak Sidik (SidikPurwanto, red) tidak me-ngambil sendiri formulimya.

Melainkan diwakili oleh u-tusannya/' kata pria yang jugamenjadi panitia penjaringanbakal calon bupati dan wakilbupati DPC PDIP Purba-lingga itu.

Dia menambahkan, ImamSubijakto diwakili oleh Su-seno, yang dibuktikan de-ngan surat kuasa yang dibe-rikan kepada panitia pen-jaringan. Sedangkan SidikPurwanto diwakili oleh War-sono. "sementara baru tigayang mengambil formulir,kemungkinan akan terusbertambah, karena sudahbanyak yang berkomunikasidengan kamii' lanjutnya.

Beberapa nama yang ren-cananya akan mengambilformulir, diantaranya ada-Iah Wakil Bupati Purba-lingga sekaligus Ketua DPCPDIP Purbalingga H TasdiSH MM. Pria asal Karang-reja ini, hingga kemarinbeium terlihat mengambilformulir baik secara pribadiatau pun melalui utusannya.

Sementara itu, ketika ko-ran ini mengunjungi Kan-

tor DPC PDIP Purbalingga,Khodirin terlihat sedangmengambil formulir pen-daftaran. Dia datang sendirimengambil formulir danditerima langzung oleh timpenjatringan bakai calonbupati DPC PDIP Purba-lingga.

Khodirin sendiri mengakumengambil formulir, karenapanggilan hati sebagai ka-der PDIP Purbalingga. "Sa-ya ingin ikut memajukanKabupaten Purbalingga,"katanya.

Dia mengaku sudah me-nyiapkan banyak programkerja, yang akan diusungnyauntuk bersaing dengan kan-didat lainnya yang men-daftar ke PDIP. Dia jugamerujuk pengalamannyamenjadi anggota DPRD se-bagai bekal bagi dirinyauntuk bersaing.

Sedangkan Sidik Purwan-to mengatakan dirinya ha-nya akan mendaftar sebagaiCawabup. Mantan KepalaKantor Penanaman Modaldan Perizinan Terpadu (KP-MPT) itu menegaskan takakan melamar ke partai lain.Dia akan fokus dan berjuangagar bisa mendapatkan re-komendasi DPP PDIP.

Sementara itu, Sekda Pur-balingga Imam Subijaktoketika dihubungi koran ini

melalui sambungan teleponsblularnya, tidak menjawab.Ketjka koran ini mengi-rimkan pesan singkat kenomor handphone-nya ju-ga tidak dibalas.

Seperti diberitakan, DPCPDIP Kabupaten Purba-lingga mulai melakukan pen-jaringan Bakal Calon Bupatidan Bakal Calon Wakil Bu-pati (Wabup). Langkah ter-sebut dilakukan sehubungandengan akan dilaksanakan-nya Pemilihan Umum Ke-pala Daerah Langsung (Pe-milukada) secara serentak ditahun 2015. Hai tersebutsesuai dengan Surat dariDPP PDIP Nomor 570.21IN/DPP/KI/20 14 tertanggal9 Desember 20L4, perihalInstruksi Penjaringan BakalCalon Kepala Daerah danWakil Kepala Daerah dariPDIP.

PDIP membuka pintu se-luas-luasnya kepada pihak-pihak yang berminat untukmenjadi bakal calon bupatidan wakil bupati melaluiPDIP. Disampaikan DPCPDIP hanya berwenangmelakukan penjari ngan.Selanjutnya proses penya-ringan dan penentuansiapa yang mendapatkanrekomendasi merupakanwewenang DPP PDIP. (ty-a/bdg)

BAGIAN HI]MAS SE]'DA PURtsALINGGA

Page 6: Kliping Berita 8 januari 2015

KLIPING MEDIA

Radar Banlnrmas o Kamis pahing 8 Januari 2015

- PUR B[1I I{GGA TI(SPR T$-

RAPAT SoStALISASt: KpU rn"rn;';l'jr"^;:;j;sosialisasi pilkada, kemarin.

Hanya PDIP Yang BisaAiukan Calon Mandiri

PURBALINGGA - PDIP merupakan satu_satunyapartai politik (parpol) yang bisa -ergrr.,.rg ,uiucalon bupati secara mandiri, tanpa berkoalisi dEnganpartai lain, dalam pemilihan kepala daerah (pilkada)eurblingCa 2015. I ke hat.10

sah pada Pemilihan umumanggota DPR, DPD danDPRD terakhir paling sedi-kit 25 persen, dari akumu-lasi peroiehan suara sahdalam Pemilihan UmumAnggota DPR, DPD danDPRD terakhir di daerahyang bersangkutan, untukparpol yang memperolehkursi di DPRD," lanjutnya.

Merujuk pada aturan ter-sebut, maka hanya PDIPyang bisa mengusung caionsendiri. Sebab, syarat mini-mal perolehan kursi di DP-RD adalah 9 kursi atau 20persen dari 45 kursi diDPRD Purbalingga. DalamPileg lalu, PDIP b.erhasilmemperoleh II kursi.

Sedangkan, parpol lainnyahanya memperoleh kursi dibawah sembilan. Sehingga,parpol lainnya harus ber-koalisi dengan parpol Iain-nya yang mendapatkan kur-si di DPRD Purbalingga,untuk bisa mengusung ca-lon bupati pada Pilkada.

Dia menambahkan,'untuk

pencalonaidari calon in-dependen atau tanpa ken-daraan parpol, syarat mini-mal dukungannya adalahmendapatan dukungan dari37 ribu warga Purbalingga.Yalini, dengan dibuktikandengan fotokopi kartu tanpapenduduk (KTP) elekronik.Dukungan harus tersebarminimal di 50 persen keca-matan yang ada di Kabupa-ten Purbalingga. Iadi du-kungan harus terseLrar mini-mal di sembilan kecamatandi Purbalingga, karena diPurbalingga ada 1B keca-matan.

Sementara itu, pertemuantersebut dihadiri oleh 12parpol yang ada di Kabu-paten Purbalingga. Yangterdiri dari l0 parpol yangmendapatkan kursi di DP-RD Purbalingga, dan duaparpol yang tidak men-dapatkan kursi. Selain itu,juga dihadiri oieh salah satubakal calon bupati inde-penden, serta pihak terkait.(tya/bds)

r HanyaSambungan d.ari halaman 7

Hal itu terungkap dalamsosialisasi peraturan peng-ganti undang-undang (Per-pu) Nomor I tahun 2014,tentang Pilkada di Aula Kan-tor Komisi Pemilihan Um-um (KPU) Purbalingga, ke-marin (7/1). "fika melihatperolehan kursi di DPRDPurbalingga saat ini. Makahanya PDIP yang bisa me-ngajukan calon sendiri tan-pa berkoalisi," kata KetuaKPU Purbalingga Sri Wah-luni AKS.

Dia menjelaskan, berda-sarkan drafPerpu yang ada,syarat caion dari parpoladalah parpol harus me-miliki kursi di DPRD. Selainitu, memperoleh kursi padaPemilihan Umum AnggotaDPR, DPD dan DPRD ter-akhir paling sedikit 20 per-sen, dari jumlah kursi DP-RD yang bersangkutan.'Atau memperoleh suara

BACIAN }{UM AS SJ]TDA ILA.BUPATEN PURBAI-T},ICC:\

Page 7: Kliping Berita 8 januari 2015

ffiMINGfufEDiABAffM}{ HU[{A$ $HI}A Pl}ftBAIfr-IffiA

Radar Banyumas o Kamis pahing g Januari 2015

AIat PernadarrrKurang Merrrad oAI

Kebakaran rus menjadi peringatan bagipabrik-pabriklainnya. Keba-karan yang merugikan pe-rusahaan hingga Rp 50miliar itu mudah meluaskarena alat pemadam apiringan (APAR) di perusa-haan tersebut.

Hal tersebut disampaikan

Kapolres Purbalingga AKtsPAnom Setiyadi SIK- Anommenjelaskan, setelah Pihak-nya melakukan penyeli-dikan ternyata perusahaanitu tidak rnenyediakan alatpemadam kebakaran yangmemadai. Sehingga, saatterjadi kebakaran api cePat

di CVPurbayasaPURBALINGGA- Kebaka-

ran yang terjadi di CV Pur-bayasa, Jl Raya Watik KM 2Desa Gemuruh KecamatanPadamara, Sabtu (3/l) ha-

merebesar dan sulit dipa_damkan.

, "I(arena itu, saya mewajib-kan pabrik yang ada di pur-balingga untuk menvedia-kan alat pemadarn tetrata-rani' tuturnya.

I(apolres menambahkan,sebagian besar perusahaan

hanya memendngkan keun-tungan dari produksi, sepenimenambah alat atau kapasitasproduksi. Tapi mereka me,ngabaikan keselamatan baikdari pekerjanya maupun ba-ngunannya scpeni memper_banyak peralatan pemadamkebakaran. I ke hal. 10

r AtarSambungan dari halaman 7

air dan lainnya. Iadi jikaterjadi kebakaran bipa lang_sun g d itangani s ecepatnyii,JeIasnya, kemarin.

Lebih lannjur, manran Ka_polsekTanah Abangiru men_ceritakan, bila teriadi ke_bakaran malah perusahaanitu akan rugi, apalagi jika tidakdiasuransikan. Karena itudalam waku dekat ini sayaakankeli l ing ke pabrik-pabrikunnrk mengecek apakah adaalatpemadani arau tidak"Kalau tidak ada, maka

akan saya perintahkan un-tuk menyediakannya,,' te-gasnya.(Jok/bds)

. Padahal hal itu menjadiinvesrasi jangka panjang.

OIeh karena itu poires pur_balingga mewajibkan ke_pada seluruh pemilik pabrikdi wilayah purbalingga un-tirk menyediakan aiat pema_dam kebakaran. Hal iniuntuk m engantisipasi rerja_dinya kebakaran besar se_perti beberapa waktu lalu.

"Semua harus punya itu.Sediakan APAR (AIar Fema-dam Api Ringan), pompa

II

BAGIIr.N II-\{r\S SETDA II{BUFATEN 1}1iF-BALII'JCGA

Page 8: Kliping Berita 8 januari 2015

\, -'--: --\ 1-lr

IT

tlilII

Iti

iilt

il:i

iiil

It Iiiil

!i

ii

tt

iiil

II

iiil

ii

ii

iliiili;

lt!!

<(!=(Eqa

<o-o>Gr>\

=E

,9tr()E

to-

$

'=

E

Eo)

L

Y.J(!

.Eto

(I,

5E-(,(!ooo*E

G(6

V

=roGo(!(!-o

o-

o.9

s

-tEx,9n_o-kurl!

JOJl.

Page 9: Kliping Berita 8 januari 2015

KLMINfi MEDIA

BAfiIA}I fiil[{A$ $$I}A PUIBAI},Ifi$A

Radar Banyrmas r Kamis pahing 8 Januari2015

amaraladiTKPad:l(asusKapolres Purbalingga AKBp

Anom Seryadi SIK melaluiKasat Reskrim Polres Purba-lingga At(P Diunaidi hcrnjanjikasus ambruknya TK Pada-mara akan menjadi prioritasdan akan selesai. "Pokoknyakasus ini harus selesai. Inijadiprioritas saya untuk menye-lesaikannya," tegasnya.

Djunaidi menjelaskan, seca-ra administrasi Polisi tnene-mukan indilcator kerugiannegara. Hal tersebut alda-sarkan dari segi beianja dan

kioritaspengadaan barang. Namun,pihaknys belum bisa mene-mukan indikasi dari segi fisikbangunan. Clleh karena itu,Polisi masih menunggu timahli konstruksi rencananyaakan datang pada mingguketiga bulan ini untuk me-ngecek kondisi konstruksibangunan itu.

I{asilnya Ialu dihitung ulangoleir Badan Pemeriksa Ke-uangan (BPK) karena pemba-ngunan menggunakan uangAPBN. r ke hat. 1o

r Polres:sambungan dari hataman , Dindik Kabupaten Furba-

_ lrlCCu_t..Iqasukpihakseko_lah. pihak itu dimintai"Iika hasil dari BpK me- keterangansoatprosespem_-

nyebutkan ada kerugian, bangunin TK tersebut. Se_baru status kasus ini dliing- lain itu, polisi juga telahkatkan ke penyidikan,,, tJ- menyitatujuhbend"etdoku_gasnya. men meliputi proposal, pe_

- Seperti diberitakan sebe- tunjuk lelang,-Lpi p*fu_Iumnyapenyeiidikanproses ngunan serta sertifikat li-penyelidikan TK Padamara sensi konstruksi baja ri_masih menunggu saksi ahii ngan.dan audit BPK guna meng- _Anggaran yang digunakanhitung total kerugian n6- dalam pembangunan TKgara.Meskipunsecaraadmi- Pembina padamara men_nitrasi Polres Purbalingga capai Rp SB0 jura yang di_mengindikasi adanya keiu- kerjakan secaia swakJlolagran negara namun, belum dengan SpMKtertanggat2Zbisamemastikantotaikeru_ Oktober 2011, serta waktugian negara. pelaksanaan mulai 28 No_PembangunanTKditanga- vember 2011 hingga 28

ni secara swakelola dengin . Februari 2012.ketuapanitialskhak Saatltu, Atap gedung TK NegeriIshakmasih menjabatsebagai pem6ini padairara di D";Kabid pendidikan Anak Uiia padamara RT 1 RW I Keca_Pini{PAUD) dan Pendidikan matan padamara ambukNonformal (PNF) Dinas pe- tanpa sebab, 19 Februdrilalatlan Purbalingga, sekre- lalu. Atap ambruk saat jamtaris Kepala UPT Dindik pa- istirahat sekira pukul 09.30.damaraHadiPumomo(alm), Akibat kejadiin tersebut,sedangkanbendaharapanitia tiga ruangkelas, yakni kelasdipegang Kasi PAUD Wi- 42,Bldan82sertasatuunitdiantoro. gudang rusak parah. Empai..Penyidik polres Purba- ruangan yang ambruk se-linggajugatelahmemanggil muanya meripakan kons-l5 orang. Masing- masing truksibajaringin.(Iok/bdg)

PohesPembangunanLibatkan PejabatDindik

PURBALINGGA-Hampir se-tahun, penanganan kasus am-bruknya TK terkatung-katung.Polres juga belum m enetapkantersangka dalam kasus ini.Namun, Polres Purbalinggamenegaskan, kasus TK pada-mara tetap menjadi prioritasuntukdiselesaikan.

BAGIAN llUlvIAS SETDA iL,\BUF,\TEN PLIF.BAI-II'iGGA

Page 10: Kliping Berita 8 januari 2015

KLIPING MEDIA

BAffIA}{ HIjI{A$ $UI}A PI}NBAItrO$A

E*LgBanyumas r Kamis Pahing 8Januari2015

Pengadaan Barang dan Iasa DisorotTidakThyangkanRUPPURBALINGGA - Satuan

Kerja Perangkat Daerah (SK-PD) di lingkungan pemerin-tah Kabupaten (Pemkab) pur-balingga, ternyata masih be-lum menaati amanat peratu-ran Presiden (Perpres) nomor70 tahun 2012 yang meru-pakan perubahan kedua per-pres 45 tahun 2010 tentangPengadaan Barang/]asa pe-

merintah. Ilal itu, terungkapdalam dalam Rapat EvaluasiPelaksanaan Kegiatan TA 20 1 4dan Percepatan Kegiatan TA2015 di Pendapa Dipoku-sumo, awalpekanini.

Asisten Pembangunan danKesra Setda Purb;rlingga SusiloUtomo.mengatakan, dari L72SKPD yang ada di kabupatenPurbalingga, belum semuanyamentaati amanat. "Pada tahun2014lalu, dari 172 SKpDmasihada beberapa SKPD yang be-lum menayangkan RUPnya

menggunakan fasilitas Silfupi'ujarnya.

Dia menambahkan, hal itusangat disayangkan, sebabdaiam Perpres diperintahkankepada setiap SKPD wajibmenyusun dan menayangkanatau mengumumka4r RencanaUmum Pengadaan (RUp)pada portal pengadaan na-sional. Yakni dengan meng-gunakan fasilitas Sistem Infor-masi Rencana Umum Penga-daan atau SiRUP pada https://sirup.lkpp.go.id. l ke hat. 10

r PengarlaaL melelui SiRUp. Total paketkegiatan itu seluruhnva se_nilai Rp It6, 932 miliar.Jumlah tersebut, terdiri

dari 23I paket kegiatanmelalui penyedia denganpagu anggaran Rp 24,234miliar dan 216 paket ke-giatan swakelola denganpagu Rp 42,693 miliar.

Sedangkan untuk tahunanggaran 2015, hingga Ra_bu (7/l), tercarat baru Ke_Iurahan Wjrasana yang me_masukan RUp dalam SiRUp.Kel urahan itu mengumum_kan 2 kegiatan melalui pe_nyedia barang/jasa senilaiRp B, 250 juta.

"Pada20IS ini, SKpD sayaminta segera menyiapkindan mengumumkan RUpbarang/jasa melalui portalpengadaan nasional. Se_Iambatnya pada Ianuari iniharus sudah diumumkansemuai' katanya.(tyalbdg)

Sambungan dari halaman 7

Menurut Susilo Utomo,pengumuman RUp denganaplikasi SiRUp sangar pen_trng untuk mempermudahpihak pengguna anggarandalam mengumumkanRUp_nya, sehingga memudahkanmasyarakat dalam mengak_ses secara Iangsung penga_daan Baran g/)asa secaraNasional.

. Melalui penelusuran padahttps : //sirup.lkpp.go.id/sir_up/rekapKldi/ D149, dipe_roleh data sejumlah SKpDyang belum menayangkanRUP.nya pada poital' pe_ngadaan nasional. Dari l._807 kegiatan yang dianggar_kan melalui ApBD murnidan APBD perubahan 2014,hanya rerdapat 442 paketkegiatan yang diumumkan

EAGI.\.{HLTNIASS]ITDAK,.\BUPATENPURBAI-INCGA

Page 11: Kliping Berita 8 januari 2015

KLIPING MEDIA

Radar BanSlumas r KamisPahing B Januari2015

Akhir Tahun, SKPD HarusMitiki Amdal

PURBALINGGA - Pemerintah Kabupaten (Pemkab)Purbalingga mulai memberi perhatian khusus teihadaplingkmgan di Kabupaten Purbalingga. Hal itu, dibuktikandengan dikeluarkannya surat edaran Bupati PurbalinggaNomor 660.I/6557 Desember 2014, tentang penjelasanpelaksanaan sruat edaranmenteri lingkungan hidup NomorB -4134/MenlH / KP / 2013, tertanggal 5 Januari lalu.

Dalam surat edaran tersebut, paling lambat akhir tahunini, seluruh Satuan Kerja Pemerintah Daerah (SKPD)wajib menyrrsun dokumen analisis mengenai dampaklingkungan (Amdal). Dokumen ini berupa dokumenlingkungan hidup dan ijin lingkungan untukbangunangedung dan kegiatan perkantoran.Bupati Purbalingga Drs H Sukento Rido Mar-

haendrianto MM mengatakan, tujuan dan sasaranAmdal adalah untukmenjamin suatuusaha ataukegiatanpembangunan dapat berjalan secara berkesinambungantanpa merusaklingkungan hidup. "Dengan melalui studiAmdal diharapkan usah dan atau kegiatan pem-bangunan dapat memanfaatkan dan mengelola sumberd'aya alam secara efisien," imbuhnya.

Kepala Bagian Humas Setda Purbalingga RusmoPurnomo membenarkan, adanya surat edaran Bupatitentang penyusunan dokumen Amdal bagi seluruhSKPD. "Dengan idanya Amdal diharapkan dapatmeminirnumkan dampak negatif dan memaksimalkandampak positif terhadap lingkungan hidupi' katanya.

Dia menj elaskan, jenis dokumen lingkungan yang wajibdisusun dari isi surat edaran menurut Rusmo mengacupada Peraturan Menteri Negara Lingkungan HidupNr:mor 5 Tahun 2012 tentangjenis rencana usaha danatau kegiatan yang wajib dilengkapi oleh Amdal.

"Penlrrsunan dokumen dan penerbitan jzin lingku-ngan selambat-lambatnya tanggal 27 Desember 20l1ijelasrrya. (tya/bdg)

BAGIAN HI]IVI,\S SI]TDA KAtsUPATEN PURBALINGGA

Page 12: Kliping Berita 8 januari 2015

KLIPINGMEDIA

BAffIA}{ IIIit{A$ $$MA Pllf,BAlft{fifi4

Radar Banyumas o Kamis pahing 8 Januari 201s

Senang BertukarPikiran

SEMUA anggota DPRD sejatinyamemiliki kesamaan, yaitu sebagaiwakil rakyat. Namun sesuai regu-lasi yang ada, mereka tetap terbagimenjadi beberapa bagian untukmenunjang kinerja jajaran ie-gislatif secara keseluruhan. Na-mun prinsipnya, semua bidang te-tap menjadi mitra kerja yang saiingmembutuhkan. r ke hal. 10

I $enangSambungan dari halaman 7

sidang, Fndra tetap salingbertukar pikiran dan pen-dapat yang membangun.

"Saya tetap anggap rekansebagai mitra kerja. Adasaatnya kita harus bersamadaiam menganalisa, me-rembuk suatu aturan mau-pun dalam tugas lain. ]adisebagai mitra kerja bisa lebihh-rwes," j elas pria yang selalu

enerjik saat berbicara ini.Sikap itu sangat menun-

jang tugasnya di bidangyang mengurusi regulasiseperti perda dan lainnya.Ke depan dengan terja-linnya kemitraan yang baik,maka semua program danrencana kegiatan DPRDsemakin matang dan terca-pai. (amr/bdg)

Prinsip itulah yang di-pegang Ketua Badan Legis-lasi DPRD Purbalingga,Endra Yulianto. Politisi par-tai Gerindra ini tetap akrabdengan semua rekan. Meskiberbeda partai, saat di luar

BA(JLA]\] HUM,\S SETDA Ii.\BUPATEN PiJR.B,{LINCGIT

Page 13: Kliping Berita 8 januari 2015

KLIPING MEDIA

BAOIAI{ II[]II{A$ $$IDA IIJIBAIft.IOGA

Radar Banyumas o Kamis pahing 8 Januari 2015

--]URBAI.IIIGGA EIGPBTS -Lapangan Desa

Tunjungmuli Kurang LayakKARANGMONCOL-Warga Desa Tunjungmuli meng-

harapkan perbaikan lapangan desa. Selama ini,lapangan yang ada kurang memadai. Pasalnya, kondisilapangan iru tidak rata sehingga membuat kegiatan desasulit difokuskan di lapangan desa.

Tokoh pemuda Tunjungmuli, Prayitno menjelaskan,selama ini kegiatan yang membutuhkan lapangan tidakbisa maksimal bila dilakukan di lapangan. "KondisiIapangan tidak rata membuat kegiatan seperti sepak bola,atau kegiatan lain kurang maksimal," tuturnya.

Ia menambahkan, Desa Tunjungmuli yang luas sangatrnembutuhkan area kegiatan bersama. Sehingga,kegiatan lingkup desa bisa dipusatkan di satu area.Masyarakat berharap, Iapangan desa bisa diperbaik.Sehingga, masyarakat Tunjungmuli bisa mengadakankegiatan dan menambah kekompakan warga.

Kepala Desa Tunjungmuli foko Pranoto menjelaskan,selama ini lapangan desa dinilai terlalu sempit, danbergelombang. Sehingga, kegiatan masyarakat belumbisa maksimal dan kurang diminati.

Lebih lanjut foko menambahkan, rencana penambahanIuas lapangan dan perataan sudah direncanakan.Sehingga, nantinya bisa digunakan untuk kegiatanbersarna. "Nantinya akan dibiyai desa, sedangkan tenagadari masyarakat swadaya/' jelasnya.(Jok/bdg)

BAGIAN HU}vlAS S]ITDA KABUFATEN PUTTBALINCGA

Page 14: Kliping Berita 8 januari 2015

KTIPING MEDIA

BAfiIAH Ht}[{A$ $ITilA }IIIBAIffiIfiA

Radaf BafflrumaS r Kamis Pahing 8 Januari 2015

Anda memiliki unek-unek tentang berbagaihal demi perbaikan dan kemajuanPurbaling-ga ygns penting tidak menyinggung sara danfitnah.Caranya ketik PBG: unek-unek

kemudian KIRIM SMS

KE: 081-327-333-778

Lampu BangjoSUDAH waktunya di perempatan Majapura kec.Bobotsaridikasih lampu"BANGJO" krna lalulintas smakin padqt dan seringkjdi keclkaan, mhon kpd phk yg beruuenang untk merealisasikan,terimakasih.Ari

NN 08213.13383393

BAG1AN HUMAS SETDA KABUFATEN PLTRBALI},iCGA

Page 15: Kliping Berita 8 januari 2015

KLtrING&fEDIA

$Unfrfi 11lERIlEl[A KAMrs, B JAI{uARI 201s

TigaOrangAmbil Formulir ke PDIP

' t-)*nj&ringan Bacabup/Baeaw*br,*p Petugas Sekretariat DPCPDIP Purbalingga Isrofi, Rabu(7 ll) , mergemukakan , keduabirokrat itu telah mengambil for-mulir pendaftaran di sekretariatmeskipun tidak datang sendiri.Keduanya menugasi utusan un-tuk mengambil fomtulir tersebut.

"Sejak penjaringan bakal ca-bup dan cawabup dibuka Senin

PURBALINGGA - Tigaorang mengambil formulirpendafraran bakal calon bupati

@acabup) dan bakal calon wakilbupati (bacabup) lewat PDIFerjuangan. Mereka adalahSekda Imam Subijakto, KepalaKantor Perpustakaan dan Arsip

Daerah (I(PMPI) Sidik Purwan-to, sertaWakil Ketua DPC PDIPKhodirin yang juga anggota .

DPRD Purbali ngga ?ffi9 -2014.Imam Subijakto mengisyma&anakan melarnar sebagai bacabup,sedangkan Sidik dan Khodirinakan melamm sebagai bawabup.

(5/l) Ialu. sudah banyak yang da-

tang. Namun, yang mengambilformulir baru tiga oft ng."UsungMandiri

Imam Subijakto ketika dim-intai konfirmasi mengatakan,memang berniat maju sebagaicabup di Pilkada 20 15 . KarenaPDIP merupakan paryol pertamayang membuka penjaringan, diaberinisiatif mengarnbil formuLirpendaftaran. "Saya akan melaku-kan pendekatan dan komunikasidengan semua parpol, termasukdenganPDIP,"

Adapun Sidik Purwantomenyebutkan, dirinya akanmendaftar sebagai cawabup. Damenegaskan, tak akan melamarke partai lain. Da akan fokus danberjuang agar bisa mendapatkanrekomendasi DPP PDIP. Siapapun cabupnya, dia siap yang pent-ing juga mendapatkan rekomen-dasi DPP. Sementara itu Khodirinmenandaskan, siap all out ber-saing dengan nama-nama lainyang akan melamar via PDIP.

DPC PDlPKabupaten Purba-lingga mulai menjming bacabup-bacawabup. Langkah ini dila-

kukan sehubungan dengan akandilaksanakannya pilkada Desem-bermendatang.

Komisi Pemilihan Umum(KPU) Purbalingga menge-mukakan, hanya PDIP yang bisamengusung satu calon bupatisecara mandiri, tanpa berkoalisidengan patai lain, dalam PilkadaPurbalingga 2015.

'T{anya PDIP yang bisa hen-gusungcalon sendiri. Sebab,syaratminimal perolehan kursi di DPRDadalah 9 kursi atau 20 persen dari45 kursi di DPRD Purbalingga"Dalam Pileg lalu, PDIP memper-oleh 11 kursi," ujm Ketua KPUPurbalingga Sri Wahyuni saatsosialisasi Perpu Nomor 1 Thtrun20 14 tentang Pilkada di aulakantorKomisi Pemilihan Umum ((PL)Purbalingga, Rabu (7/l ).

Parpol lain hanya memper-oleh kursi di bawah sembilan.Yang paling mendekati adalahParrai Golkar dengan raihan dela-pan kursi. Dengan demikian. par-tai-partai lain bisa mengusungcabup/cawabup dengan berkoal-isi untuk memenuhi persayaratan

tenebut. ftI82-57)

tl\.'-l

BAGL\N Hi-IMA-S S]]TDA i;,ABUFATEN P1,JR.B,AI-I]\iCCA

Page 16: Kliping Berita 8 januari 2015

ctELti +\EE'

=G6Oos\)N ['\'F t'a

\-<Q=:N-v-SFOn.\J6;(Js:- a<

^v \.]

otH!\.1 .:l

ooXOo *!aSUNA

s*Q\s<>tr!\xl.J=sudR

P.s.\s'tslpHSassiS

BAGIAT\ HUMAS SE]'DA PURtsALINGGA

Page 17: Kliping Berita 8 januari 2015

KLtrING MEDIA

BAffIAN HTIlt{A$ $UI}A TI]IBAIffOfiA

SUARA MERDEKA KAMIS, SJANUARI 2015

olres Cium lndikasi

Kerugian Negaral,.o$ap ffiang u r-ian Ambruk

PURBALINGGA - Penyelidik llndak Pidana

menemukan indikasi kerugian negara atas

peristiwa atap bangunan TK Pembina Padamara

yang ambruk pada Februaritahun lalu.

Korupsi (Tipikor) Polres Purbalingga

"Secara administrasi kamimenernukan indikasi kerugiannegara dari segi belanja dan pe-ngadaan barang," ujar" KepalaSatuan Reserse dan Kriminal(S atreskrim) Polres PurbalinggaAjun Komisaris Djunaidi,kemarin.

Meskipun denfkian, pihak-nya belum bisa menemukan

indikasi dari segi fisik bangunan.

Karena itu, tim ahli konstruksiakan datang pada minggu ketigabulan ini urtuk mengecek kondisikonstuksibangunaniu.

' Tim ahli ini juga dipakai olehKPK untuk membantu penye-lidikan kasus korupsi lain.Mereka akan datang mengecekdan mengambil sampel bahan

bangunan TK tersebut." ujar dia.Dari hasil pemeriksaan tim

ahli nanti akan digabungkandengan hasil penyelidikan polisisecara administrasi untuk bisamengetahui kerugian negara itu.Hasilnya lalu dihitung ulang olehBadan Pemeriksa Keuangan(BPK) karena pembangunanmenggunakanuangAPBN.Te*atung-katung

"Jika hasil dari BPK menye-butkan ada kerugian, baru status

kasusini kepenyi-dikan," tandasnya.

Seperti diberitakan, atap ba-ngunan- TK Pembina Padamaraambruk pada Fe,bruari tahun lalu.Padahal, bangunan tersebut barudua tahun berdiri. Ada dugaanpenyimpangan dana dalam pro-

TERBENGKAIAI : Bangunnn TK P embina P adamnraterbengkalai setelah atapnya ambruk, Februari tahunlalu.(57)

ses pembangunan. Hampir seta- ini harus selesai' Ini jadi prioritas

hun, penanganan kasus ini ter- saya untuk menyelesaikannya,"

katung-kahrng. "Pokoknya kasus tegas dia. (II82-57)

BAGIAN }]LII\,I.,\S SII,TDA T,ABUF,{TE,N PI,;RBAL1.}iCGIr

Page 18: Kliping Berita 8 januari 2015

KLIPING h,fEDIA

BAffIA}I trtjil{A$ $EMA }I}RBAIfi{$fi4

$llfiH* MERIIE*{* KAMrs, 8 JANUART 201s

SKPO Diminta P.t*pat ProYekPURBALINGGA-BuPati

Sukento fudo meminta semua

pimpinan satuan kerja Perang-kat daerah (SKPD) melakukanpercepatan pelaksanaan ke-giatan pada'Tahun Anggaran2075.

Hal itu perlu dilakukan agar

pelaksanaan kegiatan 2015

dapat tepat waktu, tepat man-

faat, efisien dan efektif, dengan

hasil berkualitas dan tidak ada

lagi putus kontrak."Kegiatan Yang diren-

canakan pada 2015 agar daPat

dilelang lebih awal, terutamauntuk proyek-ProYek Yanggagal lelang pada2014," uiarBupati.

Bupati juga minta Unit La-

yanan Pengadaan (lLP) untukmengevaluasi faktor PenYebabsejumlah proyek Pada 2014gagal lelang. Setelah evaluasi'proyek-proyek tersebut seha-

rusnya dapat dilelang lebihawa].

"Perencanaan . kegiatan2014 jirga harus dilakukan lebih

cermat. Saya yakin semuabisa.

SKPD haffis lebih serius dalam

melaksanakan tugas-tugas Pada2015," tandasnya.

Sementara itu Sekda ImamSubijakto mengatakan, Per-cepatan seharusnYa berawaldengan penyusunan dokumenpelaksanaan anggaran (DPA)

SKPD lebih awal agar Padaminggu keempat Januari inidapat diserahkan kePada Bu-pati.

"Termasuk standar indeks

harga satuan juga harus segera

disusun," ucapnya.DewanMendukung

Ketua DPRD Tongat men-

dukung upaya Percepatan Pe-laksanaan kegiatan Yang dila-kukan jajaran eksekutif. Diamenilai, pelaksanaan kegiatan

2014 belum diikuti Perenca-naan yang baik sehingga caPa-

ian kegiatan tidak maksimal."Perencanaan harus me-

ngantisipasi alokasi waktu,keterbatasan dana, dan alat setakondisi cuaca. Harus ada Per-baikan-perbaikan. sehinggatidak terjadi keterlambatanpekerjaan," ujamYa.

Terutama Perencanaanharus dipercePat diikuti Persia-pan regulasi terkait. KetuaGapensi SuPriYatno memintaperencanaan kegiatan Yangdilakukan konsultan Peren-canaan dapat dikonsultasikandenganSKPD.

"Hal ini dimaksudkan agar

iika ada hal-hal Yang kurangtepat dalam Perencanaan daPat

segera diperbaiki. sehinggadiperoleh hasil konstruksi Yangsesuai dengan haraPan Pem-

kab," tandasnya. (F10-57)

BAGLAN HI,-l M:\S Si-]TIlA L{BUF.,\TEN P I-;RBALII'IGGA

Page 19: Kliping Berita 8 januari 2015

KLtrING MEDIA

$ll*ftf, ffiEEIIEIt* KAMrs, 8 JANUART 2015

Perkembangan LelangParkir Ditanyakan

PURBALINGGAKomisi II DPRD Purbalinggamenanyakan perkembanganlelang parkir di tepi jalan umumyang digelar Pemkab. Sebab,hal itu terkait dengan peneri-maan pendapatan daerah.

"Irllung pengelolaan parkirdi tepi jalan umum itu, perkem-bangannya sudah sampai mana.Kami ingin tahu perkembanganlaporannya seperti apa," ujarKetua Komisi trAris Widiarso.

Menurut anggota FraksiPKS itu, target pendapatan dariparkir ini diubah yang semulaRp 4O0 juta - Rp 600 juta; naikmenjadi Rp 2 miliar. Hal itukarena potensi parkir yang sebe-namyatinggi.

"Dalam beberapa kesem-patan, Bupati menyampaikanpotensi pendapatan dari sektorparkir bisa Rp 2 miliar. Iniberkaitan dengan sumber pen-dapatan untuk mendukungpelaksanaan kegiatan pada20l5." ujarnya

Kepala DinhubkominfoYonathan Eko Nugroho menge-mukakan, pihaknya sudahmembuka lelang parkir padaDesember 2014. Namun, hing-ga penutupan pendaftaran tidakada yang memasukkan pena-waran.

"setelah kami mengako-modasi semua masukan dandisposisi Bupati, pengelolaanparkir di tepi jalan umum kamilelang pada akhir 2014," ung-kapnya.

Dia menyebutkan, tetapi

hingga batas akhir lelang tidakada yang memasukkan pena-warannya. Ada telepon masuk,hanya minta targel diturunkandari Rp 2 miliar.

"Si penelepon minta targetditurunkan menjadi Rp 1,2miliar. Kalau sebesar itu, diaberani mengajukan penawar-an." tuturYonathan.LelangTahaptr

Namun sesuai dengan ins-truksi Bupati, Dinhubkominfotetap mengumumkan lelang itusecara terbuka, sehingga semuapihak bisa melakukan penawar-an.

"Ternyata hingga akhirDesember tidak ada penawaran.Sekarang pada 5 - 12 Januarikami buka lelang tahap kedua.Persyaratan lelang bisa dilihat diw eb s ite http : / / purb alin g g akab.-go.id," ujamya.

Pada Oktober silam, Bupatiberharap, parkir dikelola olehpihak ketiga. Dengan harapan,agar semakin bagus dan mampumelampaui target.

"Saya mempunyai wacanatahun pengelolaan parkir diser-ahkan kepada pihak ketiga.Pemkab siap memfasilitasidengan mengadakan lelang,"tandasnya saat memimpin rapatdi RuangArdi Lawet Setda.

Selain itu, dalam pelak-sanaannya nanfi . jangan sampajada intervensi dari pihak manapun. "Pokoknya perusahaanyang berani tinggi dalamlelang,

'itu yang kami pilih," tandasnya.

G10-57)

B.,\GLr\N II.-i]'lAS SETDA K.dBUP.,\"TEN P{-IE-8.,i'LIFiCG:\

Page 20: Kliping Berita 8 januari 2015

/\,/-f \

D ^^I AIT UI Ti' A( {TT'{14 DIIPETAI tN(YiA

Page 21: Kliping Berita 8 januari 2015

a

KLIPINff MEDL{

$lJ*ffie ffiHffi[}ffi*{e KAMls, s JANUARI 2015

Pahrik Wajib Sediakan

PURBALINGGA- Ke-pala Polres Purbalingga AjunKomisaris Besar Anom Setya-dji mewajibkan semua pemilikpabrik di wilayah Purbaiinggauntuk menyediakan alat pema-dam kebakaran. Hal ini untukmengantisipasi kebakaran besarseperti terjadi beberapa waktulalu.

-"Semua harus punya itu.

Sediakan alat pemadam apiringan (APAR), pompa air rlan

lain-Iain. Jadi, jika terjadi ke-bakaran bisa langsung ditanganisecepaff rya," ujar dia, kemarin.

Dia mencontohkan, keba-karan di CV Purbayasa Unit 3Jalan Raya Walik Km 2 DesaGemuruh, Kecamatan Pada-mara, Sabtu (3/l) lalu, setelahpihaknya temyata

perusahaan itu tidak menyedi-akan alat pemadam kebakaranyangmemadai.

JangkaPanjangMenurubaya, sebagian be-

sar perusahaan hanya memen-tingkan keuntungan dari pro-duksi, seperti menambah alatatau kapasitas produksi. Thpimereka mengabaikan kesela-matan baik dari pekerjanya

mauptn bangunannya, sepertimemperbanyak peralatanpemadam kebakaran. padahal,

itu menjadi investasi jangkaparyang.

"Kalau tedadi kebakaranmalah perusahaan itu akan rugi,apalagi jika tidak diasuransikan.Karena itu, dalam waktu dekatini saya akan keliling ke pabrik-pabrik untuk mengecek apakah

ada alat pemadam atau tidak.Kalau tidak ada, akan saya

. perintahkan untuk menyedi-akannya," tegas dia.

Seperti diberitakan, baru-baru ini kebakaran hebat te{adidi pabrik pengolahan kayu CVPurbayasa Unit 3. Bangunanbeserta isinya ludes dilalap sijago merah dengan kerugiansekitar Rp 50 miliar. GfB2-51)

BACTANILTMASSETDA*r.,\BI-rP,'\TENPUF-B:\LLNGGA

Page 22: Kliping Berita 8 januari 2015

./\r->*\-ti

tsAT;1411 HUN4AS SE'f DA PU RtsAI1NGGA

Page 23: Kliping Berita 8 januari 2015

KLtrING MEDL&

$AfiHil II$MA$ $gI}A fi}NBAItrGfiA

JEMARINYAcekatan mem-buka tutup mesin arloji Yangrusak di sebuah bangunan kecil

semipermanen.

( B ersambung hlm 22 kol 2 )

Dulu...

Beberapa bagian mesin arloji dilepas

lalu dipasang dengan yang baru. Sesekali

ia membetulkan kacamatanya Yang

melorot. Setelah beberapa menit diutak-

atik, jarum detik jam kembali berjalan' ,

Setelah itu dipasang kembali penutupnya,

jarum jam dan menitkemudian dicocokkan

dengan arloji Yang dia kenakan.

M Sori (74),45 tahun lebih ia menekuni

lasa perbaikan arloji. Sebelumnya ia menja-

di cantrikseorang ahli seMsadoji, Samadi,

yang iug'a seorang Pemuka agama di

Keltlrahan Purbalingga Wetan. Saat itu ia

sangat butuh pe(erjaan untuk menyam-

bung hidup. ) 'i. "'Suatu hZni teman saya Suwatto men-

. gajak saya ke Pak Samadi, seorang ahli

ieMs arloji. Mulai saal itulah saya bekerjadi

' .sana. ibarat bus, Pak Samadi itu sopir, saya

kondekturnya,i' kisah , pria kelahiran

Purbalingga 1 6 Juli 1940 teisebut.

Ternyata Samadi tak hanya menga-

jakan dia tentang bagaimanq mempefuai-

ki arioji. Lebjh jauh, sebagai pemqka agama

dan takmir mushala setempat, luga menga-

jarkannya tentang bagaimana ibadah yang-benar,

amal-amal sunah yang semakin

, mendekatkannya dengan lllahi hingga cer-

mat dalam meman{aatkan wal(u yang ter- ,

sisa di dunia.

Setelah dua tahun nyantik, M Sori pun

berpamitan untuk berdikari membuka jasa

servis jam sendiri. Samadi yang bijaksana

sangat mendukung tanpa sedikit pun

perasaan tersaingi.

Sebelum berprofesi memperbaiki adoji,

lulusan Sekolah Rakyat (SR) 6 Putualingga

itu sempat menjadi bagian dari kesatuan

Tentara Nasional lndonesia fl-Nl). Dia per-

nah ikut memberantas Pemberontakan

Dl/Tll di Pekalongan (1 959), penumpasan

,Permesta di Sumbar (1960), Permesta di

'Aceh (1 961), DUTII di Kuningan Jawa Barat

(1962), dan bertugas di Kalimantan hingga

tahun 1968. Kenyataan pahit harus ia

alami.

"'sepulang diatugas dari Kalimantan ke

Batalyon Blora pada 1968, sepuluh hari

ke[rudian saya difitnah terlibat G-3OS/PK|

dan dijebloskan ke penjara. Setelah lujuh

tahun mendekam dalam penjaratanpa per-

sidanQan saya dibebaskan karpna tak ter-.=)z

KAMIS, S JANUARI 2015

Dulu Mengangkat SeniataKini Hidup dari Detak Arloii

Oleh Ryan Rachman

Dulu, dia mengangkatsenjata mempertahankankemerdekaan. Pernahdijebloskan ke penjara

karena difitnah. Kini

di usia senja memperbaikiarlojimenjadipenyambung hidup.

PERBAIKI ARLOJT : M Sori merperOain';:EiHf:;;gan di tempat kerjanya.(l 7)

BACi,rrN Filn\4,,\S SIITDA IABUP,,\TEN P-uF.BALifiCG;\

Page 24: Kliping Berita 8 januari 2015

vt'ecanda darg dengan tetarggd dan karga. Dari'arloii pula ia bisa melihatbagaimana waktrliU sarlgat penting.

Belajar, bekerj4 menghifu r diri dan lsti-

rahat Kefnngan*enangan pahityarg per-nah ia alami, pun perlahan'tekikis ditelan

Wakfird1fl , .

SAGIAN HUMAS SEIDA PT]RBALINGGA

Page 25: Kliping Berita 8 januari 2015

KTINGMEDIABAffIAI{ III}MA$ $$IfiA Pl}ilBAItrffiA

-ffi;a,*=:-ffiBenyu,mrs

Dua Pejabat PemkabAmbil Formulir ke PDIP

IKamis, I lanuari 2015

Penjaringan Cabup-Cawabup

PURBALINGGA- Dua Pejabat Pemkab,

masing-masing Imam Subijakto

(Sekda) dan Sidik Purwanto (KePala

Kantor Perpustakaan dan Arsip Daerah)

mengisyaratkan akan melamar sebagai

bakal calon bupati (cabup) dan calon

wakil bupati (cawabup) melalui PDIP'

Keduanya telah mengambil formulirpendaftaran di Sekretariat DPC PDIP'

"KeduanYa tidak datang sendiri,

namun menugaskan utusan untuk

mengambil formulir pendaftaran," kata

petugas sekretariat, Isrofi, Rabu (7/1)'

Selain.dua nama tersebut, satu

nama lagi, Yaitu Khodirin (Wakil

Sekretaris DPC PDIP) juga telah

mengambil formulir Pendaftaran'Yang bersangkutan menyatakan ingin

melamar sebagai bakal calon wabup'

Sejak penjaringan bakal cabuP dan

cawabup dibuka Senin (5/1) lalu sudah

banyak yang datang. "Namun Yang

mengambll formulir baru tiga orang,"'

ungkapnya.Imam Subijakto sendiri ketika

dikonfi rmasi mengatakan, dia memang

berniat maju sebagai cabup di Pilkada

2015. Karena PDIP merupakan parpol

peftama Yang membuka Penjaringan, .

maka dia berinisiatif mengambil formulirpendaftaran. "Saya akan melakukanpendekatan dan komunikasi dengan

tertanggal 9 Desember 2014, perihal

Instrulsi Penjaringan Bakal Calon Kepala

Daerah dan Wakil Kepala Daerah dari

PDID" kata Ketua DPC PDIP H Tasdi. :

Ditambahkan, PihaknYa membuka

pintu seluas-luasnya kepada pihak-pihak

yang berminat untuk menjadi bakal

seluruh ParPol Yang ada, termasuk

dengan PDIP," ungkaPnYa.

FokusSedangkan Sidik Purwanto

mengatakan, dirinYa hanYa akan

mendaftar sebagai cawabup, Mantan

Kepala Kantor Penanaman Modal

dan Perizinan TerPadu (KPMPT) itu

menegaskan, tak akan melamar ke

partai lain. Dia akan fokus dan berjuang

agar bisa mendapatkan rekomendasi

DPP PDIP sebagai cawabup, "Siapa pun

cabupnya, saya siap, yang penting juga

mendapatkan rekomendasi DPP PDIB"

tegasnya.Hal senada disamPaikan Khodirin'

Mantan anggota DPRD Purbalingga

periode 2009-2014 tersebut juga

berkeinginan mendaftarkan diri sebagai

cawabup. Dia mengatakan siap a//out

bersaing dengan nama-nama lain yang

akan melamar melalui PDIP.

SePerti diberitakan, DPC PDIP

Kabupaten mulai melakukan penjaringan

cabup dan cawabup. Langkah tersebut

dilakukan sehubungan dengan akan

dilaksanakannYa Penrilihan Umum

Kepala Daerah Langsung (Pemilukada)

secara serentak di tahun 2015' "Hal

tersebut sesuai dengan surat dari DPP

PDIP Nomor 570. 2/iN/DPPiXlll 20L4

*fon nrPuti dan wakil buPti melalui

PoiP. oiiu*Puikan, DPC PDIP hanYa

berwenang melakukan penjaringan'

ietaniutnya, proses penyaringan dan

o.n.ntuun siapa yang mendapatkan - --IJ.t',L.l.ii r.ruPukun wewenang DPP

PDIP. 1pt-os1

\\ ,

\,/

BAC1AN }.IUMAS SETDA 1{ABTjP,,1JEN PURB,ILIFiCGA

Page 26: Kliping Berita 8 januari 2015

,/\/ ,_\II1i

MANTAN anggota DPRD, Khodirin mengambll tglttL'"t penjaringan bakal '

lifiroip'oi s"i"Ltrri"t ciic Foii, n"o,i (7/1.)- PDIP mulai membuka penjarrnsan

["il-i-""nrp Cniawauup untuk persiapan Pilkada 2015'

BAGIAN HLTMAS SETDA PUF.BALINGGA

Page 27: Kliping Berita 8 januari 2015

KLIPING MEDIA

ffi BanyHmFF- KAMrs, I JANUART 201 5

DPRD Target Selesaikan2f Raperda

Prolegda 2015,

PURBALINGGA- DPRD merencanakan

oembahasan sedikitnya 24 rancangan

;;;;i;r.; daerah (RaPerda) tahun ini'

Lima Oi antaranya merupakan produk

inisiatif dewan.iRd. 19 raPerda Prioritas' 15

rur.ioi, draf, dan naskah akademik

disiaokan ole[ eksekutif' Dan

.rrit tuinnYu oleh legislatif"' kata

fepata Aagian Perundang-Undangan

selietariai DPRD Akhmad Alfidin'

Rabu (7ii).''- nOJ irs. tiga raperda kurnuiatif

terbuka, Yakni RaPerda Tentang

Pertanqqungjawaban Pelaksanaan

n-pdo iJr,r'i n.ggaran 20 14, Raperda -

p.rrn.ftun npa6 ranun $nggaran 2015' -

;;il;;tJ. APBD Tahun Anesaran 2016'--

OPRO iuga akan melanjutkan

o.rinuriutun dua raperda yang belum

I.i.t" p..u.hasannYa (luncuran)

p"o-. idr+. Masing-masing Raperda

tentang Penataan dan Pemberdayaan

iuououlq Kaki Lima Yang diajukan

pin-# ekielutif, dan Raperda tentang

Penataan dan Pembinaan Pasar

iruJi.ionur, Pusat Perbelanjaan' dan

Toko Modern oleh legislatif'- iiDulu, menYusun naskah

akademik, DPRD bekerjagama

i".r.. rJrrrtas Hukum (FH) Unsoed'

illirsL.. dua raperda luncuran saat

ini suAin memasuki Pembicaraan

tahap I," ujarnYa.

Cukup BanYakKeiua Badan Legislasi (Baleg) DPRD

Endra Yuwono menYebutkan, jumlah

usulan raperda dinilai sudah cukup ban-

yak untuk dibahas oleh masing-masing

icomisi. Menurutnya, semua judul rap-

erda yang diprogramkan menjadi priori-

tas anggota dewan untuk membahasnya

dan menetaPkan menjadi Perda'

Endra menYebutkan, delaPan judul

raperda tentang desa yang diusulkan

oleh eksekutif tahun ini. Perda itu

diperlukan pemkab sebagai pegangan

oelaksanaan UU No 6 tahun 2014

ientang Desa yang implementasinya

dimulai Pada tahun ini.

Sejak dilantik Pada Agustus 2014,

DPRDmasa bakti 2014-2019 telah

menetapkan enam raPerda menjadi

perda. Masing-masing Perda tentang

Perubahan APBD Tahun Anggaran

2014, Perda APBD Tahun Anggaran

2015, Perda Perubahan Kedua Perda

ruo t+ tafrun 2010 tentang Organisasi

dan Tata Kerja Dinas Daerah, Perda

Penetapan Desa, Perda Pencabutan

Perda No 17 tahun 2010 tentang

Retribusi Penggantian Biaya Cetak

KTP dan Akta Catatan Sipil dan Perda

Pencabutan Perda No 12 tahun 2012

tentang Alokasi Dana Desa' 1Pt-os;

B.'\CIAN HIjNI.'\S S]TTDA tSBtiF,dTEi.i P1,ip.B,^J-lf iCGA

Page 28: Kliping Berita 8 januari 2015

KTIPING I\,IEDIA

ffiBanyHmA$Kamis, 8 lanuari 2015

PerkembalrganLelang Parkir

DipertanyakaPURBALINGGA- Komisi

ll DPRD mempertanyakanperkembangan lelang

parkir di tepijalan umumyang digelar Pemkab.

Sebab hal itu terkaitdengan penerimaanpendapatan daerah.

menyampaikan potensi pendapatan

dari sektor parkir bisa Rp 2 miliar. Iniberkaitan dengan sumber pendapatan

untuk mendukung pelaksanaan kegiatandi 2075," katanya.

Kepala Dinhubkominfo YonathanEko Nugroho menjelaskan, pihaknya

sudah membuka lelang parkir pada

bulan Desember 2014. Namun hinggapenutupan pendaftaran tidak ada yang

memasukkan penawaran.

"Setelah kami mengakomodir semuamasukan dan disposisi dari Bupati makapengelolaan parkir di tepi jalan umumkami lelang pada akhir tahun 2014,"u ng ka pnya.

Dia menambahkan, tapi hinggabatas akhir lelang tidak ada penawaryang memasukkan penawarannya.Ada telepon masuk hanya mintatarget diturunkan dari Rp 2 miliar. "Sipenelepon minta target diturunkanmenjadi Rp 1,2 miliar. Kaiau sebesaritu dia siap berani mengajukanpenawaran," tutur Yonathan.

ETUA Komisi II Aris Widiarsomenanayakan, sudah sejauhmana perkembangan lelangpengelolaan parkir di tepi jalan

umum itu. "Kami ingin tahu progressreport-nya seperti apa," ujarnya.

Menurut anggota Fraksi PKS itu,target pendapatan dari parkir ini diubahyang semula Rp 400 juta-Rp 600 juta,naik menjadi Rp 2 miliar, Hal itu karenapotensi parkir yang sebenarnya tinggi.

"Dalam beberapa kesempatan Bupati

<7RA{II,A.N H{ IIvIAS SETDA KABUPATEN PI,JR.BALINCG/I

Page 29: Kliping Berita 8 januari 2015

t1\-

. .:. - ,-:,Pihak Ketiga .

, Pqda Qktsber,silam, Bupati [erharapparkir dikelola oleh pihak ketiga. Denganpengelolaan diberikan kepada pihakketiga, harapannya akan semakin bagus:dan mampu mdlampaui target yangdinginkan.

,'Saya memunygi wacana/ tahun inipengelolaan parkir diserahkan kepada,pihak ketiga. Peryrkab siap memfas'l't"s'dengan mengadakan lelang," katanyasaat memimpin rapat di Ruang Ardi,Lawet Setda.

Selain itu, dalam pelaksanaanya nanti,jangan sarnpaiada intervensi dari pihak

Ii,

rnana pun. "Pokoknya perusahaan yangberani tinggi dalam lelang, itu yang'kita'pitih," katanya, (sMNerwoflr/f,t0loG)

: rnemunlai surat izin usaha

: mengikuti proses pelqlangan danmemasukkan doku6eh penawaran

- tidak dalam pengawasan perigadilan,tidak bangkrut

: kegiatan usahanya tidak sedangdihentikan dan atau tidak sedangmenjalani sanksi pidana

:'s?nEgup menaati,ketentUan dalamsur:at MoU berupa surat pernyataanbermaterai Rp 5.000

: melampifkan dokumen penawarandl atasrnaterai dengan minimalpenawaran Rp 2 miliar

BAGIAN HUMAS SETDA PURBALINGGA

Page 30: Kliping Berita 8 januari 2015

TJT TNTLTNR I ,ITI IITI

IIAfltIN IIIilI( OTMTunutrut llumft) utlun

DIMDIIilMNIf UniiiiiriiitjUn

lhar-aFalzr El.= !.r!r! ! !!'] a ciju@jifUGjUii =icti ilr Lii i iti$Kamis, I Januari 2015

piuiitr waiib sediakan

KORAHE II'IYOHG

AlatPemEdam Kebakaran

PURBALINGGA- Kepala Polres Purbalingga Ajun

Komisaris Besar Anom Setyadji mewajibkan

kepada seluruh pemilik pabrik di wilayah

Purbalingga untuk menyediakan alat pemadam

kebakaran. Hal ini untuk mengantisipasiterjadinya kebakaran besar sepeti beberapa

waktu lalu,"Semua harus punya itu. Sediakan APAR

(Alat Pemadam Api Ringan -red), pompa ai1 dan

lainnya. Jadi jika terjadi kebakaran bisa langsung

ditangani secepatnya," katanya, kemarin. s

Dia mencontohkan, kebakaran yang terjadi di

CV Purbayasa Unit 3 di Jl Raya Walik KM 2 Desa

Gemuruh, Kecamatan Padamara, Sabtu (3/1)

lalu, setelah pihaknya melakukan penyelidikan,

ternyata perusahaan itu tidak menyediakan alatpemadam kebakaran Yang memadai.

Pentingkan KeuntunganMenurutnya, sebagian besar perusahaan

hanya mementingkan keuntungan dari produksi,

seperti menambah alat atau kapasitas produksi'

Tapi mereka mengabaikan keselamatan, baik

dari pekerja maupun bangunaftaya, sepefti

memperbanyak peralatan pemadam kebakaran.

Padahal hal itu menjadi investasi jangka panjang.

"Kalau terjadi kebakaran malah perusahaan

itu akan rugi, apalagi jika tidak diasuransikan.'

Karena itu, dalam waktu dekat ini saya akan

keliling ke pabrik-pabrik untuk rnengecek

apakah ada alat pemadam atau tidak, Kalau

tidak ada, maka akan saya perintahkan untuk

menyediakannya," tegasnYa.

Seperti dketahui, baru-baru ini kebakaran

hebat terjadi di pabrik pengolahan kayu CV

Purbayasa Unit 3 di Jl Raya Walik KM 2 Desa

Gemuruh, Kecamatan Padamara. Bangunan

beserta isinya ludes dilalap si jago merah dengan

kerugian sekitar Rp 50 miliar. (sMNetworUhs2'06)

BAGIAN HT]MAS SETDA KABUPATEN PT'RBALINGGA

Page 31: Kliping Berita 8 januari 2015

1r,-l:>-

BAGIAN HUMAS SE'I'DA PURtsAL1NGGA

Page 32: Kliping Berita 8 januari 2015

KLIPING MEDIA

$AOIN HI]MA$ $SIDA PI]IBAIfr{0OA

Seiumlah SKPD BelumManfaatkan SIRUP

Kamis, E lanuari 2075

BAGIAN HUMAS SETDA KABT'PATEN PURBALINGGA

Page 33: Kliping Berita 8 januari 2015

KLtrING MEilIA$AfiIA}{ IItjh{A$ $EMA Plffi$Al#{fifiA

ax;# BanyumaSKamis, 8 Januari 2O75

Penyusunan LKPi Dikebut Parkir Pasar Segamas SetorPURBALI t{GG[- Selu ru h Satua n Keri a Pemerintah

Daerah (SKPD) diharapkan telah menyelesaikan Laporan

Keterangin Peftan gun gjawaba n (LKPj) pada perten gahan

lanuari 2015. LKPj yang bisanya selesai Maret, dipercepatpada Februari, guna mengantisipasi pertangungjawaban

ikhir rnasa jabatan Bupati Purbalingga yang akan berakhirpada27 luni 2015.

Menurut Sekretarjs Daeiah Imam Subijakto,pertangungjawaban akhir masa jabatan {AMl) bupati

2010-2015, direncanakan ditaksanakan pada 27 Februari

2015. Berdasarkan informasi dari Sekretaris Dewan, Dewan

Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) akan menyampaikanpemberitahuEn tentang akhir masa jabatan Bupati pada

27 lanua:ri 20t5, Setelah pemberitahuan, maka harus

dltind,aktanjuti dengan LKPj AMJ paling lambat 30 hari.

"Ll(Pj dari masing-masiilg SKPD nanti*ya disatukanrnenjadi LKFj Bupati," ujar Imam pada saat memberikanpengarahan kepada Tim Pefiyusun LKPj se-Kabupaten

Puibatingga di Ruang Ardilawet, Rabu (7/1),'Pada 2015, rnehurut lrnam, ada 6 kewajiban Bupati

yang,harus diselesaikan, yaitu LKFj 2014, Laporan

Penyelenggaraan Pemerintahan Daerah {LPFD) akhir tahun: ?014, Informasi L€ poran Penyelenggaraan Pemerintahan

Da€rah {ILPP-D) akhir tahun 2014, serta LKPj, LPPD, dan

It-ppo nm Bupati 2010-2015. "Dari dasar itu, maka seluruh

SKFD diharapkan bekerja keras untuk menyelesaikan LKPj-

nya," ujarnya.Sedangkan untuk format laporan, menurut Kabag Tata

Femerintahan Imam Hadi, maslh mengacu format yang

dulu; LKPj, LPPD, dan ILPPD juga harus dilampiri dengan

data dukung yang valid, agar tim kabupaten bisa bekerja

dengan baik."Kami berkomitmen, l-KPj, LPPD, ILPPD baik akhir tahun

2014 maupun AMJ Bupati 2010.2015 bisa berjalan denganjadwal yang telah ditetapkan," kata Imam Hadi. 1pt-oo1

PAD Rp 700,JutaPURBALINGGA. Pendapatan dari pengelolaan pasarSegamas, khu5usnya dar-i perparkiran di tahun 2014lalu mampu setor Pehdapatan Asli Daerah (pAD) Rp700. 1 1 5,000' atau rterealisasi 100, 0l% dari target tahun2014 senilaiRp 700 juta. Fada tahun 2015 ini, retribusiparkir di Pa$ar Segamas ditargef senitai Rp 1 miliar.

Kepala UP? Pasar Segarnal Sunarto mimbenar.kan,pendapatan dari pengelolaan parkir di pasar Segamasmencapai Rp 700juta lebih dan di tahun 2015 ini target dariretribusi parkir Pasar Segamas naik menjadi Rp1 miliir., Secara keseluruhan tar:get pAp Z0I4 sebesar Rp2.000.090.000 dan pada akhir Desember latu mampu setor107 persen lebih atau sebesar Rp 2,243,000.000,

lJumlah PAD ini berasal dari target retribusi pelayananqa_s9f yang ditarget Rp 1,3 miliar, mampu terealisasi Rp1.380.000.000 atau 1060/0, Retribusi MCK ditarget Rp 90juh, mampu s€tor Rp 131.400.000,, kata Sunart0. (pt-06)

B,\CIAli llii\'I-'\ai S!:TDA !':\Bl iFrr.i!:i'l iri-1P.R,'\l,lliiicA.

Page 34: Kliping Berita 8 januari 2015

KLIPINff MEDIA

Galon lnvestor DiberiWaktu sampai20 Januari

PURBATINGGA - CEO PT PersibanggaSpoftama (badan hukum klub PersibanggaPurbalingga-red) Rohman Supriyadi

mengatakan pihaknya membuka pintulebar-lebar kepada warga kabupaten itu dansekitarnya yang berminat menjadi investor.

Karena klub harus segera bersiapmenghadapi Divisi Utama, pintu untuk investor

itu dibuka sampai 20 Januari. Jika sampai tanggalitu belum ada yang masuk, CEO akan turun langsung, "Saya akanmemulai langkah-langkah pembentukan tim," ujarnya.

Langkah-langkah tersebut adalah perekrutan pelatih dan pemain,Untuk arsitek tim, sudah ada yang melamar, yakni Siswanto aliasKancil. Perekrutan pemain dilaksanakan segera karena kompetisisemakin dekat.

Selama ini, semua unsur di Persibangga sudah berusaha mencariinvestor. Usaha akan dilakukan terus sampai saat waktu habis,Penanam modal diharapkan menyelesaikan tunggakan musimlalu dan pendanaan musim 2015."Warga yang berminat, dimintamenghubungi kami,'t lsn6urnya. Persibangga harus segera bersiapdan mengikuti Divisi Utama. Dua tim lain di eks KaresidenanBanyumas, yakni PSCS Cilacap dan Persibas Banyumas, sudahmelakukan persiapan. (sMNerworUbd-07)

BAGlrlN liiiM,{.S SLTDA iftBUF,{TEN Pl,jR.BALl}iCGi\

Page 35: Kliping Berita 8 januari 2015

KTIPINGMEDIA

BifftAl,t EIIMA$ $$mArffiBAIS lSlrnlltlt'i::I,sT

DuaP"jabaterapatke PDIffi &mffi&ffi ffimffiffiwlr-w ffiwre#m€€mrmsre

ffiwpm€ffi #mmre Wmtu$$ ffiwrym$,x

9? Saya akan melakukanpendekatan dan komunikasi denganseluruh parpol yang ada, termasuk

dengan PDIP. ttIMAM SUBIJAKTO

Sekda Kabupaten Purbalingga

utusan masing-masing. "Ke- dengan seluruh parpol yang 20A9-201.1tersebut juga ber-duanyatidakdatangsendiri, ada, termasuk dengan PD- keinginan mendaftarkannamun menugaskan utusan IP," katanya. diri sebagai carn,abup. Diauntuk mengambil formulir Sedarrgkan Sidik Pr-rrwan- mengatakan siap beisaingpendaftaran," kata petugas to mengatakan dirinya ha- dengan nama-nama lainsekretariat Isrofi SSi, Rabu nya akan mendaftar sebagai yang akan melamar melalui(7 /7). Selain dua nama ini, cawabup. Ia yang sebelum- PDIP.satu narna lagi yang me-. nyamenljabatKepaiaKantor Ketua DPC PDIP Purba-ngambil formuliryaitu Kho- Penanaman Modal dan Per- lingga H TasdiSH MM, me-dirin SH MM (Wakil Sekre- izinan Terpadu (KPMPT) itu ngafakan pihaknya mem-taris DPC PDIP). mengaku tak akan melamar buka pintu seluas-luasnya

Imam Subijakto sendiri kepartailain.Diaakanfokus kepada pihak-pihak yangketika dikonfirmasi menlang dan berjuang agar bisa men- beiminat untuk menjadi ja:sudah berniat maju sebagai dapatkan rekomendasi DPP goan PDIP di pemiiukada.bupati di pemilukada. Ka- PDIP sebagai cawabup: Meski begitu DPC PDIPrena PDIP merupakan par- "Siapapun cabupnya saya hanya berwenang melaku-pol pertamayangmembuka siapyangpentingjugamen- kan penjaringan. Selanjut-penjaringan maka dia ber- dapatkan rekomendasi DPP nya proses penyaringan daninisiatif mengambil formuiir PDIP," ujarnya. penentuan siapa yang men-pendaftaran di partai ini. Hal senada disampaikan dapatkan rekomendasi me-"Saya akan melakukan pen- Khodirin. Mantan anggota rupakan wewenang DPPdekatan dan komunikasi DPRD Purbalingga periode PDIP. ([email protected])

KAMIS PAHING,B JANUARI 20I5

PURBALINGGA, SATBLIT-'POST-Dua pejabat Purba-lingga, Imam Subijakto (Sek-da) dan Sidik Purwanto (Ke-pala Kantor PerpustakaandanArsip Daerah) mengam-bil formulir pendaftaranbakal calon bupati (cabnp)dan calon wakil bupati (ca-wabup) melalui PDIP.

Keduanya mengambil for'-mulir pendaftaran di sekre-tariat DPC PDIP melahli

\\-

B hGI AN H1 l lvlAs SETDA K.,!B t l P ;\TEN P1-ingUr-tO,ooo

Page 36: Kliping Berita 8 januari 2015

4|

ri:, ll '']tT MEWA

MANTAN anggota DPRD Purbalingga Khodirin-S] MM menqambil formulir penjaringan bakal

cawabup di sekretariat Dp; p;l;,"Fiunu lztry pDtp r"nuiai mlmbuka peniaringan bakal cabup

Ou" "u*rn*p

untuk persiapan pernilukada tahun 2015'

-- -"; #

mru;;

BAGIAN HUM,.\S SE'IDA PURBALINGGA

Page 37: Kliping Berita 8 januari 2015

KLtrINGMEDIABAfiIA}{ IItih{A$ $HIilA PI]ft$AIS{fifiA

SATELIT€x'*isry KAMIS PAHING,B JANUARI 2OI5

SUASANA pasar Segamas saat mendapat kunjungan Bupati Sukento beberapa waktu lalu

Target PAD Pasar Segamas NaikPUFAALINTA, SATELITFOST-Tar-get Pendapatan Asli Daerah (PAD)pasar Segamas tahun 2015 naik signi-fikan. Sejumlah upaya disiapkan demimerealisasikan target tersebut, satu diantaranya penyesuaian retribusi.

Hal ini diungkapkan kepala PasarSegamas, Sunarto. Meskipun bebansemakin berat, namun menurutnyakenaikan target ini masih realistis. "Inimenjadi tantangan buat kami agarbekerja lebih baik iagi," katanya.

Ia mengatakan, target 2015 di antara-nya retribusi pelayanan pasar yangnaik dari Rp 1,3 miliar di tahun 2014menjadi Rp 1.,5 miliar di tahun 2015,retribusi parkir dari Rp 700 juta menjadi

Rp 1 miliar, retribusi MCK dari Rp 90

futa menjadi Rp 140 juta. "Memangbeban, tetapi kami optimistis mampurnerealisasikarrry a," katany a.

Ia mengatakan, penyesuaian tarifretribusi yang dilakukan menyusulkenaikan target PAD ini juga akandiikuti peningkatan pelayanan. Iamencontohkan, untuk kebersihan,petugas akan disiapkan untuk me-ningkatkan kinerjanya, sehinggapembeli nyaman berbelanja. "Mi-salnya lagi lampu, begitu ada laporanmati, kami langsung tangani sehinggaaktifitas perdagangan bisa berlang-sung nyaman," ujar dia.

Optimisme ini bukan tanpa alasan.

Sunarto menjelaskan, ia optimistiskarena meLihat geiiat di pasar semakinmenggembirakan. Pasar yang padakisaran tahun 2009 sepi, kata dia, kinisemakin ramai.

Ini dibuktikan dengan capaiantahun 2014 yang meJampaui target. Iamengatakan, total targei ?014 sebesarRp 2,09 miliar tercapai hinggaRp2,274miliar atau 108,8 persen. "Ini terdiridari realisasi retribusi pela.vanan pasarsebesar Rp 1,380 miiiar (106,23 ?i,),retribusi parkir Rp 700,715 juta (100,-02"k), retrrbusi MCK Rp 131 juta(146%), dan tagihan kekuranganpembyaran serva kios tahun 2{109sebesar Rp 30,9 jr.rta," krrta dia.(gan)

BAGLiN lllih'I.'\S S!.TDA i-^-BU?.r.TEl'i ?iiRB:\l-lliCG..".

Page 38: Kliping Berita 8 januari 2015

KLIPING MEDIA

BAffIAH l{ti}dA$ ffiMA TIl[BAIS{fffiA

KAMIS PAHING,B JANUARI 20I5

BAGIA}{ HTiV1AS SETDA I:ABUPATE}{ PURBALIFJCGT

Page 39: Kliping Berita 8 januari 2015

KTIPING h{EDIA

BA$IAI{ IItih{A$ $flIilA PURBAI$'IfiffA

SnrplrrFqlsy KAMIS PAHING,8 JANUARI 2OI5

KPU Undang ParPolffi ffi immrmkmrro Ym*remBmrc ffi*rxx*Euxkm#m

PURBALINGGA,SATXLIT.FOST-Kon'ii*i Perr,ilirarrUmum (KFIJ) Pr,rtbalinggarnengundang partai Politikguni membicarakan taha-[an, program, dan iadwalPemiiihan Umum KepalaDaerah (Pemilukada) Pur-balingga di aula KPU, Rabu(7 /11. IHal ini dilakukanuntuk mengantisipasi jikapertengahan Januari ini Per-ppu Pemilukada ditetapkan.- -"Jika

nanti disahkan, KPUtidak terlalu tergesa-gesakarena hari ini sudah diko-ordinasikan dengan partaipolitik. ]ika memang tidakdisahkan pun tidak masa-lah," kata Ketua KPLI Pur-balingga, Sri Wahyuni SSos,di ruang kerjanya.

Ia mengatakan, PerppuPemilukada langsung renca-nanya akan dibahas DPRpada pertengahan ]anuari.Sementara, sesuai Perppuini, tahapan akan dimulaiFebruari. "Kalau Perppudisahkan, kita diharuskantancap gas. Karena itu, kamicoba mengkoordinasikantahapan dan program sesuaiperppu," ujar dia.

Seiuai jadwal, pendaf-taran bakal calon akarr di-mulai bulan Februari. Inisekaligus awal sosialisasipemilukada hingga men-lelang pemungutan pada

9* Jika nanti disahkan, KPU

tidak terlalu tergesa-gesa karenahari ini sudah dikoordinasikan

dengan partai Politik. Jikamemang tidak disahkan PUn

tidak masalah. tt

SRI WAHYUNI SSOSKetua KPU Purbalingga

bulan Desember. Pada bulanMaret, KPU akan memben-tuk panitia uji publik ter-hadap bakal calon. Uji pub-lik menjadi syarat bagi se-tiap bakal calon kepala da-erah untuk maiu dalam kon-testasi pemilukada. "Iniyang sempat meniadi Per-bincangan di antara Pen-gurus partai politik, yaituterkait independensi paraoanelis. Panelis terdiri dariLnr,r, akademisi, tokohmasyarakat, dan PNS," katadia.

Uii publik memang tidakmenggugurkan bakal calondari proses pencalonan. Na-

mun, hal ini dinilai Pentinguntuk mengukur kapasitaspara bakal calon, sehinggamasyarakat bisa Iangsungmenilai calon pemimPinmereka.

Sri wahyuni menambah-kan, petemuan ini iuga se-bagairespon terhad aP la ng-kah partai politik yang mu-lai rirenjaring bakal calonbupati. Sejatrh ini, baru Par-taf Demokrasi IndonesiaPerjuangan (PDIP) yang te-lah membuka penjaringanbakal calon. Partai train, se-perti Golkar masih menu-nggu solusi atas dinamikapirtai di tingkatpusat. (gan)

BACIAJ'J iT.]IvI.{S SETDA IIABIJPATEN PURB-A'LI}.JCGA

Page 40: Kliping Berita 8 januari 2015

KLtrING MED{A

BAfiIffi{ IitJh{fr$ $gMA TilRBAIff'IfifiA

Wffi-tfrref$An Kamis Pahins, 8 Januari 2015

Kotq $emorong .

RembongPurbolinggo . ...KebumenKoto Surokortc ..

Boyololi(oto PekolongonBloroKendalKoto MogelongSukohorjoKabupoten SemarongFurworejoWonosoboWonogiriKlotanSumber, KP|J Jateng. M9

2 Desember

mungutan serentak di 2018.

Kalau begitu penunjukan Yangakan dijabat setidaknYa duatahun lebih. Ini ada kaitannvajuga dengan roling dengan ese-

ion II Pemprov," ungkaP Politi-kus PKB tersebut, Rabu (7/1).

Fuad menyarankan, Peiabai

vang, mellgganii sebaiknr-a ber-isal dari kalangan PemPrtrv Ja-teng agar tidak teriadi tunrPangtindih kepentingan.

Politikus Partai Gerindra Sri-yanto Saputro menambahk-an,

Bersambung ke lnl 7 kol 3

bat 5ementara set;dakil' me- incumbent," timpalnya. meski akan menjabat masih la-nguasai isu Pemkab. Perhati- Kepala BKD Jateng Suko ma. Sebenernya bisa pakai Pe-

kin juga yang sampai dua ta- Mardiyanto mengatakary pihak- jabatHarian. Pada perinsipnyahun. Kerjaan dia yang wajib itu nya bersama Pemprov |ateng sudah disiapkan. Kita mena-bagaimana? Apakah maksi- sudah melakukan koor- dinasi makan mereka Pj karena lli P"-mil," tanya Sriyinto. terkait penunjukkan pejabat se- jabat negara, bukan Plt. Kalau

Diakui Sriyanto, dalam Un- mentar di 16 wilayah. Dalam Plt adlah jabatan struktural,"dang-undan (UU) nomor 2 ta- etika birokrasi, pejabat semen- tutup Suko.hun ZOt+, menjabarkan menge- tara memang tidak memiliki we- Sebelumnya Ketua KPU ]a-nai kewenangan Gubernur. Da- wenang memutasi pejabat dae- teng ]oko P91nom9 Tglgutu-Iam UU teisebut, Gubernur rah. Pihaknya beisama Biro kan, di 16 Wilayah Kabupq-memiliki kewenangan yang Otoonomi Daerah (Otda) Jateng ten/Kota akan dijabat oleh Pj

lebih dalam mengatur p-ems- akan melakukan prinsip yang saat AMJ habis. Kota Semarangrintahan di kabupatenTkota. tegas dalam menugaskan peja- merupakan wilayah _dengan"Jangan sampai kaiau diisi de- bat sementara di l'wilayah. AM] paling awal,-dan $P"p1.ngan" pejabaf yu.rg pro diang- "Pejabat sementara selama ten Pelamang paling akhir digap sebagai trik memenangkan ini dari BKD selalu diusulkan, 201,5. ffi M9-yan

I Dampak Pitkada Serentak 2015

16 Daerah Dipimpin Pejabat SementaraSEMARANG - Pemilihan Ke- lpala Daerah (Pilkada) serentak :

iOt5 dirk"nrriokan berjalan 15 l

Desember, serentak di 16 r'r'ila- ,:

yah Jateng. Padahal akhir masa i,

iabatan (AMJ) masing-masingwilayah bervariasi mulaiJulihingga Desember, sehingga se-

lumtah daerah bakal diemban i

oleh pejabat sementara buPati i

atau walikota.Payung hukum dan teknis

dalam penunjukan pejabat (Pj) .

sementara harus jelas sehingga :

tak menimbulkan kerancuan'Wakil Ketua Komisi A DPRD

|ateng Fuad Hidayat mengata-kan, kemampuan calon Pejabatsementara bupati / r,valikota ha-rus melihat komPetensi Yangdimitiki. Jangan samPai, Peja-bat sementara dengan jabatanyang dirangkap sangat berla-wanln justrtr membuat Peker-jaan aslinya tak terurus'

"Daerah yang memiliki AMJJuli sebaiknya diPersiaPkanakhir Februari supaya Punyapejabat sementara. Terlebih, zo-na yang dipersiapkan untukAMJ awal tahun 2016 harus ma-tang. Karena yang Pilkada AMJhabis di 2016, dilaksanakan Pe-

d$# nlffi*rart 20r 5:

BAil l/lN lii-r\4As SI:TDA i-tlBl FI\.TEN P iiRB'\LiliCC lt

Page 41: Kliping Berita 8 januari 2015

ErE !!!!!=Ifi I= EEIIT At\ I rt I- I Irt I tYl litrl,"l

BAGHil Ht]}ffi $SIDA }IRBAUI{f#A

-i-----i-E=E--t\,Epulrttna

REPUBIIKA RABU, zJANUARI 20ls

ll:i

ltii

I!!

!!

I!!Iiiltil!!

l1

flt!lti:

ilIll

Anggota Dewan dan Jaksa

I Eko Widiyatno

PTIRBALINGGA-BadanNarkotika Nasional (BNN)Kabupaten Purbalinggamenggenearkan pemeriksaantes urine bagi para pejabatpenyelenggara negara. Selamadua hari berturut-turut, Senindan Selasa (5-611), BNN me-ngambil sampel urine dari se-hiruh anggota DPRD dan parajaksa di kantor Kejaksaan Ne-geri Purbalingga.

"Tes urine yang diiaksana-kan tanpa pemberitahuan se-

iiili:

llI!til;i

IIItltil;i

il!!

I

ili:

fl!!tl

!!

il;ri

fllt!!II:;

ilii

tlu!l

Jalani Tes Urinebelumnya ini, dilakukan un-tuk menyukseskan programIndonesia Bebas Narkoba2015. Kita mengambil sampelurine dari para pejabat dae-rah, karena sesuai dengan ke-dudukannya, mereka memangharus bisa menjadi teladanbagi masyarakat," jelas Kepa-la BNNK Purbalingga AKBPEdy Santosa, Seiasa (6/1).

Dalam pengambilan tesurine pada anggota DPRD, se-luruh anggota dewan yangjumlahnya 45 orang bersediadiambil sampelnya. Dengandemikian, semua pimpinan

dewan yang terdiri dari ketua,wakil ketua, dan anggota, tan-pa kecuali diambil sampelnya.. Sedangkan di kantor Ke-jaksaan Negeri Purbaiingga,sampel urine diambil dari 49orang pegawai di kantor ter-sebut. Mereka berasal darikalangan jaksa dan juga pe-gawai administrasi.

Kepala Urusan Kepega-waian Kejaksaan Negeri pur-balingga, Wari Retno Wardani,menyatakan pengambilansampel urine ini cukup menge-jutkan seluruh jajaran pegarvaidi kantornya karena dilal<ukan

tanpa pemberitahuarr reb"tur* satupun instansi yang bisamengklaim dirinya bersih daripenyalahgunaan narkotika,,,katanya.

Sementara tes urine dilingkungan kantor kejaksaan,dilakukan karena merupakaninstitusi penegakan hukumyang benar-benar harus bebasdari narkoba. "Apalagi, insti:tusi kejaksaan merupakan sa-lah satu institusi yang turutserta menandatangani Peratu-ran Bersama T\rjuh Kemente-.rian /LPNK dalam mendukungupaya dekriminalisasi dan de-penalisasi bagi pengguna nar-

kotika," ujar Edy.Dari hasil tes urine di ka-

langan anggota DPRD, dike-tahui 43 orang wakil rakyattersebut bersih dari narkoba.Sedangkan dua orang di an-taranya, dari tes urine inidiketahui mengandung bahankimia BZO (Benzodiazepam)."Tapi setelah dikonfirmasi,diketahui bahwa kedua orangitu sedang mengonsumsi obatsakit gigi dan pengobatanalergi. Sedangkan hasil tesurine di lingkungan kejaksa-naan, seluruhnya negatif,"jelasnya. I ed : yusuf assidiq

nya. "Meski demikian, seluru_hjajaran pegawai kejaksaanPurbalingga mendukung lang-kah deteksi dini yang dilaku-kan oleh BNN Kabupaten pur-balingga," jelasnya.

Menurut AKBP Edy San-tosa, pengambilam sampel dikalangan anggota DPRD dila-l<ukan karena kedudukan ang-gota dewan sebagai represen-tasi perwakilan rakyat Purba-Iingga, sehingga harus benar-benar bebas dari penyaiahgu-naan narkotika. "selama be-Ium dilakukan tes, tidak ada

IIilil

iiii

fllt!!I;i

BAUTAN HUMAD I'}JI I}A X.A]'UTAI!,N PURIJALTNLiUA

Page 42: Kliping Berita 8 januari 2015

Tz-T TIlFeTn E lTlh-T fALlf I rlrJ -LYlLlrrIfL

BAGIAI{ Ht]lNA$ $[IDA PIIIBAIilOGA

---^--E-E=i--ntEPtllrllna

REPUBLIKA RABU, 7 JANUARI 20 I5

18 Proyek.AlaffiiGegat LetangI Eko Widiyatno

P'{IBBALINGGA-Sejumlahproyekpe4bangrlr,|an.di,Kabupaten,nirbbling$a,paaa tatrun anggaren 201'4iaiu mqngaiaxrri. gagat.'igia::g., D-ari ?14 h€glatan yang'perrgadaannya dil*kukan rnelalui iral'anah, P,.gqgadaan,SecararElektlonik (LPSE), -hanyq 188 kegi*aa y,angberhasil dilelang.

'r'Iiga kegiatan, dokumen lelangnya dikembailkankepada SKPD aiau tidak jadl;dileiang, dan 18 kqgiatanlainnya memang gagal lelang " jelas ;Sekr,etaris Daer4hl;1Imarn Strbiiakto, Selasa (6/12)

Dia menyatatan, gagalnya proses lelang padarlSproyek terse.butrterjadi karena berbagai iaktor.,Antarii:lairi;,w pehks*aan:Iela4gyang:fieinang sudah,d€katdengan- berakhkaya tailun,anggaidn' s€iiingga pararekanaa tidakberaqi,rtreagi itlti lelarrg., lbrkait'haf ini, ,dia menyebutken , bupati purt alingga '

telah raercerintahkan agar proyek.ptoyeli yaag gagnl,1elaag.di2014; agar ;egera dilaksamakan ierang EiSg pada'iliratr 2015rir1i iuga: rlPada pekan,keerapat; proyek yan$gagal: lelangpada:Z014 tersebut,, sudah,akar,klta:1elaag,lagi," jelasnya.': I Teimasiik,ffi a.dua' proyek keglatarr pada.20!4' yangmenfalluni putw kontrak karena pihak konkat<tor gagalmeuyeles*ikan proyek pembaugrlnan sesuaijddtt{ral.:',"'','' ,l 'r.Kedga'proyeAyang putus kontrak itu teidiridariproyek figasi-Pi+rng di Eesa Losari Kecazltatan-tsembangdan proyek iemlatan Kali*anu di jalur jalan arifala DesaSinduraja-P€ngadegan,.ti'jetras.nya, : ",'',,: ,' 1,

. Diunglapkaa, daIarn,AFBD nrtirni 2014;,pemkab danD'PRD telah merretapkan.dokasi anggarbn'selesar. Bp1,296 tr-iliun ,Nilaiini kemudian bertambah dal*Ln,APBD'Perub'ahanrreriadi.,Rn 1,446 triliun, Dari lotalrdaggeraaituryalqg.diatolialiksh qntuk belanj a langsun$iierupaproy€k',pr-d-yekl<eg:aten:t€rse.b*tmea-eapai.Rp.556,2,miliar.

},AUIAN HUMA} IiB I DA KAIJUPA I E,N PU}I.I'ALIN LJ(}A

Page 43: Kliping Berita 8 januari 2015

tsAGIAN }IUMAS SETDA PURBAI.I}ICCA

Page 44: Kliping Berita 8 januari 2015

KLIPINGMEilIA$AffIA}{ Htj[{ffi $EIBA

pIJIBAIfr{GOA

,,KEDAULATAN MKYAT" KAMIS pAHtNG I JANUART 2015 (17 MULUD 1948 )

${PD \[aiib Susun Dokumen Amdal

PIIRBALINCCA (KR) - Paling lambat akhir tahun 2015

selumh Satuan Kerja Pemerintah Daerah (SKPD) wajib me-

n)rusun dokumen Analisis Mengenai Dampak Lingkungan(e*att). Dokumen berupa lingkungan hidup dan izin ling-

kungan untukbangunan gedung dan kegiatan perkantoran'

Kewajiban menyusun dokumen Amdal tertuang dalam

Surat Edaran Bupati Purbalingga Nomor 660'1/6557 Bulan

Desember 2014, penjelasan Pelaksanaan Surat Edaran Men-

teri Lingknngan Hidup Nomor B-413ilMenlJJIKP/2O13'"T\rjuan dan sasaranAmdal untuk menjamin suatu usaha

atau tegiatan pembangunan dapat berjalan secara berkesi-

nambungan tanpa merusak lingkungan hidup' Dengan mela-

lui studiAmdal diharapkan usaha dan atau kegiatan pemba-

ngunan dapat memanfaatkan dan mengelola sumber daya

uL* r".... efrsien," tutur Bupati Drs Sukento Ridho Mar-

haendrianto MM, Selasa (6/1).

Jenis dokumen lingkungan yang wajib disusun dari isi Surat

Edaran, mengaeu pada Peraturan Menteri Negara Ling-

kungan Hidup Nomor 5 Tahun 2012 Tentang Jenis Rencana

Usaha dan atau Kegiatan yang wajib dilengkapi olehAmdal'

'?enyusunan dokumen dan penerbitan izin lingkungan selam-

bat-lambatnya tanggal 27 Desember 2015," ujarnya' (Rus)'s

BACI,{N HIJMAS SETDA irr\BtiP,'\TEN PLIRBALII'IGGI'.