Kliping Berita Tanggal 16 Januari 2015

34
KLIPNGMEDIA BAOIA}{ IIIIhIA$ $[IDA PUMAt[{ffiA SUAffiAflERDEKA JUMAIT, 16 JANUARI 2015 PKS Siapkan Gabup {#* &ekda Banyurfiffis $i*p Fv{aju PURBALINGGA - Pada saat partai politik lain masih adem ayem menghadapi pilkada 2015, selain Partai Demokrasi lndonesia perjuangan (PDIP), Partai Keadilan Sejahtera (pKS) juga sudah berancang-ancang. WaKiI Ketua DPD PKS Purbalingga Muk:harir Akhmad kepada Suara Merdeka, baru- baru ini mengemukakan. par- tainya sudah membentuk Badan Pemenangan Pemilu Kepala Daeralt (B apilukada) Purbaling- ga. "Kami sudah membentuk Bapiludaka beberapa waktu lalu. Diskusi juga sudah'dila- kukan melihat nama-nama yang pantas unnrk dicalonkan sebagai bupati atau wakil," ujar dia. Dari kabar yang beredar, PKS telah menyiapkan salah satu kader terbaiknya untuk maju dalam pesta demokrasi rakyat Purbalingga mendarang. Dia adalah Karsono. anggota DPRD Provinsi Jawa Tengah. Sementara itu, Karsono, saat dihubungi melalui telepon geng, gamnya mengungkapkan, hing- ga kemarin dia belum ditembusi informasi apa pun perihal pilka- da. "Apa iya, saya dicalonkan. S aya malah belum mendapat ka- bar itu. Saya belurn ditembusi," ujarnya. Ketika ditanya, apakah dia siap unruk maju dalam helatan pilkada nanu, Karsono berkilah, dra akan melihat perkembangan terlebih dahulu situasi politik di Purbalingga. Sementara itu, Sekretaris Daerah (Sekda) Pemkab Banyu- ll'< ]].\G 1 .1]\ LII iT'I.\ S SET|J. \ K.\}]Ll P.{I.E\ PT RBALII{[;G.\

description

Himpunan Kliping Berita Lokal dan Regional Tanggal (16/01/15) oleh Bagian Humas Setda Purbalingga

Transcript of Kliping Berita Tanggal 16 Januari 2015

Page 1: Kliping Berita Tanggal 16 Januari 2015

KLIPNGMEDIABAOIA}{ IIIIhIA$ $[IDA PUMAt[{ffiA

SUAffiAflERDEKAJUMAIT, 16 JANUARI 2015

PKS SiapkanGabup

{#* &ekda Banyurfiffis $i*p Fv{aju

PURBALINGGA - Pada saat partai politik lain

masih adem ayem menghadapi pilkada 2015,selain Partai Demokrasi lndonesia perjuangan

(PDIP), Partai Keadilan Sejahtera (pKS) juga

sudah berancang-ancang.

WaKiI Ketua DPD PKSPurbalingga Muk:harir Akhmadkepada Suara Merdeka, baru-baru ini mengemukakan. par-tainya sudah membentuk BadanPemenangan Pemilu KepalaDaeralt (B apilukada) Purbaling-ga.

"Kami sudah membentukBapiludaka beberapa waktulalu. Diskusi juga sudah'dila-kukan melihat nama-nama yangpantas unnrk dicalonkan sebagaibupati atau wakil," ujar dia.

Dari kabar yang beredar,PKS telah menyiapkan salahsatu kader terbaiknya untukmaju dalam pesta demokrasirakyat Purbalingga mendarang.

Dia adalah Karsono. anggotaDPRD Provinsi Jawa Tengah.

Sementara itu, Karsono, saatdihubungi melalui telepon geng,gamnya mengungkapkan, hing-ga kemarin dia belum ditembusiinformasi apa pun perihal pilka-da. "Apa iya, saya dicalonkan.S aya malah belum mendapat ka-bar itu. Saya belurn ditembusi,"ujarnya.

Ketika ditanya, apakah diasiap unruk maju dalam helatanpilkada nanu, Karsono berkilah,dra akan melihat perkembanganterlebih dahulu situasi politik diPurbalingga.

Sementara itu, SekretarisDaerah (Sekda) Pemkab Banyu-

ll'<

]].\G 1 .1]\ LII iT'I.\ S SET|J. \ K.\}]Ll P.{I.E\ PT RBALII{[;G.\

Page 2: Kliping Berita Tanggal 16 Januari 2015

mas Wahyu Budi Saptono me-ngemukakan, sudah menerimaformulir pendaftaran bursa ba-kal calon bupati Purbalingga le-wat PDIP. Dalam satu dua hariini, dia sedang mernpertim-bangkan kepastian mencalon-kanatautidak.FormulirPendaftaran

"Formulir sudah diserahkanke saya semalam (Rabu-Red)oleh teman-teman dari ForumPeduli Membangun Purbaling-ga. Mereka meminta dengankebesaran hati saya untuk ikutmaju dalam bursa bakal calonbupati lewat PDIP," ujarnya,kemarin.

Mendapat dukungan terse-but, lanjut dia, pihaknya akanmemutuskan dalam wakru satu

dua hari ini sebelum batas akhir20Januari.

'Maju Pilkada Purbalinggasiapa takut? Thpi, tetap harus sayapefimbangkan matang-matangdahulu," tandasnya.

Formulir yang diterima, lan-jut dia masih dipelajari, Pasal-nya, dalam formulir pendaflaran

bakal cabup adabeberapa syaratyang diajukan PDIP dan harusdipatuhi.

"Saya tidak ingin tergesa-gesa dalam rnengarnbil kepunr-san, sehingga formulir pendaf-taran yang cukup tebal itu masihsaya p.elajari dengan teliti,"ujarnya.

Menurutnya, saat dia memu-tuskan untuk ikut maju. hal yangdia pertaruhkan sangat besar.Antara lain konsekuensinyauntuk mundur sebagai PNS,sesuai yang termuat dalam LIUAparatur Sipil Negara. Masapensiunnya masih 1am4 sembi-lan tahun lagi. Belum lagi, soalperebutan untuk mendapatkanrekomendasi dari DPP PDIP,mengingat bakal cabup yangmendaftar melalui PDIPbanyak.

"DPC PDIP Purbalinggasolid. Saira tidak meragukan itu.Hanya pertarungan unfuk menda-patkan rekomendasi DPP, itusebuah pertaruhan yang besar danharus saya pertimbangkan baik-baih" tandasny a. G182, A2- 51 )

28 CalonKetuaDPCPDIPDikirim ke DPD

PURBALINGGA - Seba-nyak 28 calon ketua DPC PartaiDemokrasi Indonesia Perjuang-an (PDIP) Purbalingga dikirim-kan ke DPD untuk disaring men-jadi lima besar. Penjaringan na-ma-nama calon tersebut sebe-lumnya dilakukan oleh PAC.

Wakil Ketua DPC PDIPPurbalingga Tongat menge-rrtukakan, 28 calon itu akan dia-jukan ke DPD untuk diikutkantes kepatutan. Dari tes itu akandisaring menjadi lima orahg.Lima orang tersebut akan dia-jukar ke DPP dan mengikuti tes

kepatutan kembali. Kemudianakan muncul tiga orang yangclirekomendasi DPP.

"Tiga orang itu nantinyaakan diumumkan pada konfer-cab yang mungkin akan dilaLt-kan pada Februari. Ketiganyananti bermufakat untuk menen-hrkan siapaketuanya," ujar dia.

Menurutnya. DPC memi,likikewenangan untuk men-gusulkan lima nama, tidakberdasarkan lima besar jumlah

suara yang dicalonkan. Namun,semua calon akan dites. Bahkanhasil tes DPD serla rekomendasiDP?bisa di luar dari lima namayang diusulkan oleh DPC.RapatMufakat

I-ebih lanjut, Tongat menga-takan, untuk pemilihan ketua 13

PAC, ada 103 namayang diusul-kan oleh tingkat ranting. Senruasudah diserahkan ke DPP untukdilakukan tes kelayakan.

"Rencananya besok (hati ini)mereka akan ujian di Banjar-negara bersama calon-calon dadDapil I, m, V VII,IX dan XIJateng. Purbalingga masuk DapilVtr," ungkapnya.

Dari ujian tersebut, nantiakan muncul tiga narna di tiapPAC. Tiga nama tersebut.jugaharus melakukan rapat mufakatuntuk menentukan siaira yangmenjadi ketua. Adapu' untuknamacalonDPD yang c rsulkarr

oleh DPC Purbalingga, ;nunculdua nama, yaitu Heru Sudjat-moko dan Bambang Wuryanto"(rr82-57)

SI--B BAG PUIILIKASI Dr{r\ D{IKI'\IENT.\SI HL \1-{S SE'l'll-i Pl itlj.,\l,l\Cc.\

Page 3: Kliping Berita Tanggal 16 Januari 2015

KLIPINGMEDIA

BAGIAN IIIilIA$ SIIDA PIIRBAIfif#A

JUMAI, 16 JANUARI,2O15

Petq,ni KesuliW Cari hryuk B ercubsidi, rrxarEln'- pra petani di

Kecamatan Bukateja kesulitanmencari pupuk bersubsidi,Beberapa hari, lalu,. terjadikelangkaan di sejurnlah penyalw.

Hal'itu terungkap dari hasil

pertemuan Wakil BupatiRabalingga Tasdi dsngan keealadesa (kades) se-KecamatanBukafeja dan Dinas PertanianPdrkebunan dan Kehutanan@intanbunhut) Purbalingga di

ada lantm Kecanutar-r BukatejaI(amis (15/1).

Kepala Bidang PertanianDintanhutbun PurbalinggaSukiam mengernukak4 apa ymgterjadi di Kecamatan Bukateja

DIAI|OG SON.PUPUK : Wakil hryrt PwbalinggaTasdi (tmgoht berdialog dengan paralrelata desa di Kecarttann a*auii sml l<elmgtr;ntprrprrk di aut* t<ecanitut i"torrprt,

BAGIAN HUMAS SETDA KABUPATEN PURBALINGGA

Page 4: Kliping Berita Tanggal 16 Januari 2015

+hampir terjadi di semua keca-matan. Permasalahannya punsam4 pupuk bersubsidi menghi-lang karena keterlambatan dis-tibusi dari perusahaan pupuk kedistibutor.

Hal ini lantaran distibutor takbisa menebus pupuk bersuMisike perusahaan, karena belummer.niliki rencana definidf kebu-tuhan kelompok (RDKK) pupukbersubsidi dari kelompok tani,sebagai syarat utama penebusanpupuk di perusahaan.

'Thhun ini, penebusan pupukbersubsidi oleh.distributor kepadaperusahaan lebih ketat. Bila tidakada RDKK, maka pupuk tidakbisa ditebus," ungkapnya.

Damenyebutkan, agar hal itutak lagi terulang, dia memintaBadan Penyuluh Kecamatan@PK) untuk menyusun RDKKmaksimal dua bulan, sebelumuntuk menebus pupuk Harus dis-epakati bersama, RDKK adalahkebutuhan bersama baik unrukpetani, penyalur ataupun disnibu-

tor.

TakLagiTerjadiSementara itu, Wakil Bupati

Rrtralingga Tasdi mengaku leg4karena pupuk yang menghilang diKecamatan Bukateja sudah'ter-atasi. Dia juga berharap, adakesepahaman dari pihak terkait,agar masalah kelangkaan pupukyang akibat keterlambatan dis-ribusi tak lagi terjadi.

"Saya berharap, ke depan halini tidak lagi terj adi. Sebab, pupukmerupakan hal yang penting bagipetani. Jadi, Prcmkab tidak nrtupmata dengan permasalahanpupuk bersubsidi yang pernahlangk4:'ucapnya.

' Pertemuan itu merupakan

rangkaian pengawasan pupukbersubsidi yang dilakukanolehnya bersama dinas terkait.Sebelumny4 dia sudah mengun-jungi Kecamatan Kalirn inah danKaranganyar. Sebab, di duakeca-matan itu pupuk benubsidi jugapemah' menghilang' di pasaran.

A82-s7)

SI-TB BAG PUBLIKASI D.{N ])OKI,\,{ENTASI HIJh{AS SETDA PIJRBALINGGA

Page 5: Kliping Berita Tanggal 16 Januari 2015

KLIPNGMEDIABAOIN IIUI\{A$ $81}A PUIBAItrffGA

s*effie ffi*ffimxx*JUMAT,16 JANUARI 2015

BNNK SosialisasikanP4GI\Iewat Spanduk

PURBALINGGA. Ba.dan Narkotika Nasi onal Kabu.paten (BNNK) aktif menyo-sialisasikan pencegahan danpemberantasan penyalahgu-naan dan peredaran gelapnarkotika (P4GN).

Selain melalui pertemuan,lembaga ini jugabeke{a samadengan sejurnlah pihak. KiniBNNK menggandeng BRIuntuk mernbuat spanduk &nbalihoP4GN.

"Sebelas baliho dan 20spairduk akan dipasang di selu-ruh wilayah Kabupaten Purba-lingga," ujar Kepala BNNKF.dy Santosa, Kamis (15/1).

Dia mengemukakan, bali-ho dan spanduk yang akandipasang di pusat-pusat kera-maian dan kantor kecamatanmerupakan media komunikasi

luar ruang kepada masyarakat."Dengan pemasangan bal-

iho dan spanduk, diseminasiinformasi tentang bahaya nar-koba dan penanggulangannyaakan lebih optimal dalam men-jangkau masyarakat yanglebih luas di Purbalingga,"papamya.

Dia menyebutkan, pelak-san€uul P4GN di Purbalinggabukan semata tanggung jawabBNNK Purbalingga, melain-kan juga segenap elemen ma-syarakat.

"Instansi pemerintah,swasta, dan anggota masya-rakat memiliki tanggung ja-wab dalam sosialisasi pence-gahan nmkotika Adalah mus-tahiljikakami jalan sendiri. kritanggung jawab kitabersama,"tegas Edy.

Dia berharap, ke depanakan makin banyak instansidan masyarakat yang berperandan bekerja sama denganBNNK dalam menyutseskanP4GN guna mewujudkan In-douesia Bebas Narkoba 20 1 5 .

TlahapAwatFunding Officer BRI

Cabang Purbalingga DyahPratiwi mengemukakan, pem-buatan dan pemasangan mediakomunikasi luar ruang meru-pakan tahap awal dari kerjasamadenganBNNK.

"Ke depan akan dilakukanberbagai bentuk kerja samamendukung P4GN. Kerjasama ini merupakan wujudkepedulian BRI untuk turutmenyelamatkan generasi mu-da dari penyalahgunaan narko-b4" tandas Dyah. (F10-57)

]J.\GIAN HLIL,J.,\S SETDA K.A]JLI P,{TE,N PL] RBALING(}A

Page 6: Kliping Berita Tanggal 16 Januari 2015

+

,,. lr

$ii*,-*,#

Ht *' ,- ,,;,i" r,

..., ,*q+;,,

,

#.lrffiffiH

i:,,=l:"-Jr':

!:t::rilt-..

,-

LffTteffi#ffiffiffiffi'i-qfi,J$ffiqli i

..:r.ra;.++r:j,

I ii!', .i:r':::'"" y al;I' r fr:'r

ffi ti.k{1#.*.t.+ * 4**,,,.4=.,g

#ffiffiffi#ffiffi&

ii

liw 4*$.f '&.e-!-.-1 : .- -, r .-"i

.r.;c'1",=:, :..., r^.,_rit';;-o.rJ:.*yr. l

:.. '-.... '."i: :

*- ilq.r J-r:tr.t ,,:

PASAI/G BALIHO : Petugas BNNK memasang baliho sosialisasi P4GN diKulinumah, Kamis ( I 5/1 ) ( 57)

!r rir,\ i \.; tF'rfti ;-{ liit-\i i\-a;ar;r

Page 7: Kliping Berita Tanggal 16 Januari 2015

KLIPNGMEDIABAfiIAil III][{A$ $ETDA II]RBATffiOOA

SUARA MERDEKAJUMAI 16 JANUART 2015

Dindukcapll KekuranganBlangko KTPElektronik

PURBALINGGA- DinasKependudukan dan CatatanSipil @indukcapil) Purbaling-ga saat ini kekurangan 1 83.000

blangko KTP elektronik. Darijunrlah itu, baru 3.000 blangkoyang sudah dikirim olehPemerintah Pusat.

"Jadi, sekarang ini kamimasih kekurangan 1 80.000blangko. Kami belum tahu ka-

pan kebutuhan ini akan diPe-

nuhi oleh Pemerintah Pusat,"ujar Kepala DindukcaPil NurHamam.

Dia mengungkaPkan,blangko itu tidak bisa diPenuhi

oleh sembarang percetakan.Karena di dalam blangko ituadamicro-chip

Dengan demikian, Yangbisa mencetak hanya Peme-rintahPusat.

"Kami sudah melayangkansurat ke Direktur Jenderal Ke-pendudukan dan PencatatanSipil Kemendagri terkait de-ngan kebutuhan blangko KTPelektronik itr.r," lanjuhya.

Ratusan ribu blangko itudidasarkan pada 13 itemkebu'tuhan, yaitu usia wajib KTP2013 sebanyak 7.200 orang.Jumlah penduduk pindahandari kota lain 7.100 orang.

Kemudian jumlah Pen-duduk pindah antardesa danantarkecamatan di Purbaling ga

10.900 orang.Jumlah perubahan data

KTP elektronik, seperti nama,

status perkawinan, dan data lain5.000keping.

"Usia wajib KTP selama2014 sebanyak 20.100 orang.

Jumlah penduduk yang sudah

melakukan perekaman tetaPi

belum mendapat KTP elektron-ik 45.000 orang." ujamYa.

.Lalu j uurlah penduduk Pin-dah datang dari kota lain selama

2014 ada1ah8.000 orang. Jum-lah penduduk pindah antardesa

dan antarkecamatan selamatahun 2014 sebanyak 1i.000orang.

Usia pemuda wajib KTPpada Januari-Desember 2015

sebanyak 33.100 orang.Prediksi junrJ ah penduduk Pi n-

dah datang dari kota lain selama

2015 sebanyak 8.000 orang.

"Prediksi jumlah Pendudukpindah antardesa dan antarke-

camatan di Purbalingga tahun2015 sebanyak 11.000 orang'Jumlah KTP elektronik Yangrusak atau hilang 1.000 kePing

dan blangko cadangan 15.00q

keping," papamya.

SeparuhDicetakDia menuturkan, jadi total

kebutuhan adalah 183.000blangko.

Pada akhir 2Ol4 Pw-balingga mendaPat kiriman3.000 blangko KTP eleklronikdari Pemerintah Pusat dan saat

ini sudah separuh yang dicetak.

"sebagian KTP elektronikyang tercetak itu sudah karnidistribusikan ke kecamatan.Pihak kecamatan nanii Yangakan mendistribusikan kePada

pemilik KTP elektronik," tutur-

nya.Hamammenekankan,Pada

Desember 2014 para kePalaDinas Kependudukan se-Jawa

Tengah sudah mendesak Peme-

rintah Pusat untuk diPenuhikebutuhannya. Pusat hanYamenyatakan akan mengu-payakan. (F10-57)

R \fi]:\N HI l\{AS SL-I D-\ K-\BLIP.\TEN P{ IRR.\.I iN C{i-\

Page 8: Kliping Berita Tanggal 16 Januari 2015

KLIPINGMEDIA

BAGIN III]II{A$ SIIDA PIIABAIffOOA

Radar BanYurnas o Jumat Kliwon 16 Januari 2015

rFormulirS

tersebut

Secepatnya Akan Beri KePastianI UIB$: "Saat ini arla masyarakai kembatitagipadarekomen-

Sambungan dari ha,, flf,Tffixlllsi iH*il .t1l,;]ffiffia merupakan

_makasiyatidakbisame-saudaradarimantanBupatiPasalnya, terkait hal itu, nolaki'kutu.tyr. Purbalingga dua periode

wBS mengaku harus me- wBS juga meirgaku tirlak befiurut-turut' Triyono Bu-

*ifif.i tur!"t yang jelas, mau ter6uru-buru dalam di Sasongko., mengaku_su-

terutama terkait pemba- menentukan sikap. Me- dahmelakukankornunikasi

ngunan yang diharapkan ngingat saat ini meru- dengankeluargadanorang-

m-asyarakat. piru" pilihan langsung, or.angterdekatnya.

Oiu l,rgu mengaku cukup sehingg^a masyarakit pas- . "Kalau pak Tri hanya bi-

Ue.ryotlrr bisiUeraaa di tinyai-kan m-emilih yang lang.untuk mempertim-posisisaatinisebagaiSekda tertaik dari yang terbaik bangkan dukungan yang

Eu"y"*ur. Dan rienurut- nantinya. datangdari mana saia, wu-

.ryui diu akan secepatnya "Saya pikir PDI Perjua- jud dukungannya sepert-i

memberikan tepastiaoid.- ,rgu., fr,.Uulingga cukup apa, Ialubarumemutuskan,"

sebut. .'Jlid. Namun tu*tlurryi katanya' (bay/gus)

Sudahdi

@SayaSoalBursaBacabuPPurbaiingga

PURBALINGGA. Sekre-taris Daerah (Sekda) Ka-bupaten BanYumas, WahYuBud.i Saptono (WBS), meng-aku masih memPertim-bangkan berbagi hal se-belum memutuskan majutidaknya dia dalam Per-helatan PiIbuP KabuPatenPurbalingga mendatqng.Saat ini, dia mengaku sudahmenerima formulir Pen-daftran bakal calon buPati(bacabup) dari Forum Pe-duli Pembangunan Pur-balingga, Rabu (14ll) ma-Iamlalu.

"Siapa takut? TaPi saat inimemang masih banYak Yangperlu dipertimban gankan,iebelum memutuskan ke-

p astian maju atau tidaknYai'katanya.

Lebih lanjut, 'IAIBS menga-takan ada beberaPa halYangdipertimbangkan, sePerti re-

komendasi dari PDI Perjua-ngan, serta Pemetaan baca-bup lainnya Yang ada diPurbaLingga. Di sisi lain, IIUepararuiS:pil Negara (ASN)

iuga menjadi Pertimbangan,mengingat masih ada sekitar9 tahun lagi sebelum Pensiun.

"Masih ada aturan Yang ha-

rus dipetajari. Meski formulirsudah di tangan saYa, taPi saYa

tidak serta merta Iangsungrrrengisinyai' j elasnYa.

Dia mengatakan cukuPmengapresiasi dukunganyang diberikan mas.Ya-rakat. Namun demII(lan,dia ;'uga belum bisa men-jawab lan gsu ng dukungan

a kehall0

BAGI.qN HU\,I.\S SETDA KABI P.{I'EN PURB.{LINC]GA

Page 9: Kliping Berita Tanggal 16 Januari 2015

RadarBanlfUmaS r Jumat Kliwon 16 Januari 2015

Faktor l(eterlambatan DistribusiWabup BahasI(elangkaeur Pupuk

PURBALII:GGA - l(elang-kaan pupuk bersubsidi di Ka-bup aten Purb alingga, ternyatamenyebar hampir di semuakecamatan. I(elangkaan pupukbersubsidi juga terjadi di Ke-camatan Bukateja, beberapahari lalu. Hal itu, terungkap darihasil perlemuan Wakl BupatiPurbalingga H Tasdi SH \,1M,dengan kepala desa (kades) seKecamatan Bukateja di AulaI(antor I(ecamatan Bukatej a,kemarin (15/1).Dari hasil pertemuan ter-

sebut diketahui pupuk ber-subsidi sempat "menghilang"di sejumlah penyalur di r,rri-layah kecamatan yang ber-

PENJELASAN : Wabup Purbalinggan, H.Tasdi saat memberikanpenjelasan terkait kelangkaan pupuk ke warga Bukateja.

batasan langsung dengan Iia-bupaten Banjarnegara ini.Akibatnya, petani kesulitanmemenuhi kebutuhan pupukbersubsidi, untuk tanarnanpadi mereka.

Kepala Bidang PertanianDin tanhutbun PurbalinggaSukram mengatakan, apa yangterjadi di Kecamatan Bukateja,hampir terjadi di semua ke-camatan. I kehal 10

pun distributori' ujarnya.Sementara itu, Wakil Bu-

pati Purbalingga H Tasdi SHMM mengaku lega, karenamenghilangnya pupuk diKecamatan Bukateja sudahteratasi. Dia berharap kedepan, hal ini tidak Iagiterjadi. Sebab, pupuk me-rupakan hal yang pentingbagi petani.

Dia juga berharap ada ke-sepahaman dari pihak ter-kait, agar masalah kelang-kaan pupuk yang diakibat-kan keterlambatan distribusirak iagi terjadi. Dia jugamenegaskan dirinya ber-sama dengan PemerintahKabupaten (Pemkab) Pur-balingga, sangat peduli de-ngan permasalahan pupukbersubsidi, yang sempatIangka.

Pertemuan yang dihadirioleh Wakil Bupati itu, me-rupakan rangkaian penga-wasan pupuk bersubsidiyang diiakukan olehnyabersama dinas terkait. Se-belumnya, dia sudah me-ngunjungi Kecamatan ka-limanah dan Kecamatankaranganyar. Sebab, di duakecamatan tersebut pupukbersubsidi juga sempat"menghilang" di pasaran.(tyalgus)

Harus Ada RDKI(r ram0l

Sambungan dari hal 7

Setali tiga uang dengankecamatan lainnya, meng-hilangnya pupuk bersubsididi kecamatan ini, juga dise-babkan oleh keterlambatandistribusi dari perusahaanpupuk ke distributor.

Distributor tak bisa rne-nebus pupuk bersubdisi keperusahaan, karena belummemiliki Rencana DefinitifKebutuhan Kelompok (RD-KK) pupuk bersubsidi darikelompok tani, sebagai sya-rat utama penebusan pupukdi perusahaan. "Tahun ini,penebusan pupuk bersub-sidi oieh distributor kepadaperusahaan lebih ketat. Jika,tidak ada RDIC( maka pupuktidak bisa ditebus," ung-kapnya.

Dia menambahkan, agarhai itu tak lagi terulang, diameminta kepada Badan Pe-nyrluh Kecamatan (BPK) diKecamatan Bukateja, untukmen)'usull RDKK maksimaidua bulan, sebelum digu-nakan untuk menebus pu-puk. "Harus disepakari ber-sama bahwa RDKK adalahkebutuhan bersama baikuntuk petani, penyalur atau

SIIiI R.A'} PI]B],]KASI I)A\ I)OKi'\iE\T.!SI Hi]},,IAS S!,I']).\ I'I RB.\LI\GG.\

Page 10: Kliping Berita Tanggal 16 Januari 2015

KLIPING MEDIA

BA0I,{N }I[]I'{A$ $81}A PtifrBAiNfffiA

Fd* Banyumas o Jumat Kliwon 16 Januari 2015

- PURBIIIIIGGA TKSPRES - --]URBAIII{GGA TI(SPR TS

Batu Klawing Diburu Anggota Warga Panusupan Minta pengaspalan

_REMBANG - Warga Dusun Bojongsana dan DusunRagamukti megharapkan pengaspalan jalan yang meng_hubungkan Desa Ma-kam da Desa panusupanjKecamatanRembang. |alan sepanjang dua ki-lometeidengan lebar 3mete4 diharapkan akan mempermudah akses tiansportasimasyarakat.

Warga Dusun Ragamukti Sutaryo (45) menuturkan, setelahpembangunanjembatan DesaNlakam danDesa panusupan,masyarakat berharap jalan bisa segera diaspal. Sehingga, j<sesjalan bisa segera dilaiui dan aksei ekonomi bisa lancar.

."|alan tersebutmemangsudah lama digunakan unnrkalaesekonomi_dan pendidikan warga. Sehingga warga mintapengaspalan j alan, " tuhrmya

Sementara itu, Kepala Desa panusupan, Imam yu_lianto

3enjelaskan awairya jaian tersebut merupakan jalan setapakNamun, saat ini jalan tersebut sudah dile-barkan oleh warga.I(alau secara historis jalan tersebut adalah jalan utama namun

sejak jalan Rajawana-Panusupan dibuka jalan tersebut jarangdigunakan,"jelasnya.

Selainp.eriu dilakukan pengaspalan jalan, Ianjut Imam, jalantersebutjuga segera dibuattatua. fiotZgus)

'

DewanPadangSidempuanPURBALINGGA - Booming batu akik Sungai

Klawing di tanah ai! ternyata membuat anggotaDPRD Kota Padang Sidempuan tertarik. Saatmelakukan kunjungan ke DPRD Purbalingga,kemarin (15/1), wakil rakyat dari PadangSidempuan ini, berburu batu akik Nogosui danPancawarna yang gaungnya terdengar hingga kedaerah pecahan Tapanuii Utara itu. a kehal 10

dipimpin langsung olehKetua DPRD setempat TatiAryani Tambunan. Keda-tangan mereka, diterimaoieh Ketua DPRD Tongatdidampingi para WakilKetua Dewan dan sejum-lah eksekutif dari dinasterkait.

Ketua DPRD Purbaling-ga, Tongat membenarkanadanya booming batu akikI(lauring yang saat ini se-dang digandrungi masya-rrkat. .Venurur Tongar,naiknya pamor'batu akikKiawing mampu mening-katkan perekr:nomian ma-syarakat. "Saat ini me-mang baru jadi tren dikalangan masyarakat. Ba-nyak masyarakat yangmencari batu akik disungaiI(larving dan memolesnyamenjadi cincin batu akikyang benilai jrral ringgi.Temuannya sudah Iama,

namun trennya baru se-karang," jelas Tongat.

Sementara itu, selain ber-buru batu akik Sungai Kla-wing, Ketua DPRD KotaPadang Sidempuan, TatiAryani Tambunan menu-turkan, kunjungan kerja kePurbalingga dimaksudkanuntuk mengetahui kiat dankeberhasilan Purbalinggadalam menarik investorsehingga marrrpu mening-katkan pendapatan asli dae-rah (PAD). "Di sini ada 28perusahaan asing. Nah kamiingin belajar bagaimanacaranya menarik mereka,"jelasnya.

Selain itu, dia dan seluruhanggota Komisi l juga bclajarbagaimana mengoptimal-kan potensi yang ada untukmeningkatkan PAD. SebabPAD kota tersebut hanya Rp49 miliar pada tahun lalu.(tyalgus)

B elaj ar Mengoptimalkan Potensir Bamillawing

Sambungan dari hal 7

Dengan dipandu oleh Ke-pala Kantor Kesatuan Bang-sa, Politik, Perlindungandan Pemberdayaan Ma-syarakat (Kesb angp olinmas)Purbalingga Sarya Giri Po-do, mereka mengunjungisentra perajin batu akikSungai Klawing di DesaPenaruban, Kecamatan I(a-Iigondang.

"Kami mendengar adaanugerah dari sungai Kla-wing disini yang meng-hasilkan batu akik. Kamiingin membuktilcan ke-benaranya, keberulan kamiberkesempatan mengun-jungi Pulbalingga," ujarKetua Komisi I DPRD KotaPadang Sidempuan, H Ma-rataman Siregar SH.

Kunj ungan kerja tersebut

RAGI-,\N Ht-\tAS SL,TllA KABI IP-.!TEN PI rRB,\i.ING{;r\

Page 11: Kliping Berita Tanggal 16 Januari 2015

KLIPNGh{EDIABA$IA}{ IIIIIdA$ $[MA PUIBAtil{ffiA

Jumat Kliwon 16 Januari 201-5

20 l(os Bau akan Dibangun di SegamasPURBALINGGA - I(os semi

permanen yang berada di sisiselatan Pasar Segamas, bakaldibuat kios permanen. Bah-kan, rencananya jumlah kiosyang dibangun bakal iebihb anyak, dibandingkan jumlahkios semi permanen yang adasaat ini.

Saat ini Dinas PerindustrianPerdagangan dan Koperasi(Dinperindagkop) Purba-lingga tengah menyrsun De-tail Engenering Design (DED)atau gambar kerjanYa. Diren-canakan akan ada 20 kios baru.HaI itu diungkapkan oleh

Kepala Bidang PerdaganganDinp erindagkop Purb aiinggaSumitro, beberapa waktu lalu'

Dia menjelaskan, kios barutersebut rencananYa akandibangun di sisi selatan dekathutan kota. Sclain itu, jugaakan dibangun ulang kios disebelahnya yang saat ini digu-nakan sebagai kios anyaman.

"Jika di ukur, rencananYabisa membangun sekitar 20kios baru. Itu sudah termasukyang perbaikan kios anyamanyang saat ini masih beruPabangunan semi permanen,"jelasnya.

Dia menambahkan, untukmerealisasikan hal itu, Pi-haknya akan rnenganggarkandana Rp 1,5 miliar. Renca-nanya proyek tersebut bakaldirealisasikan tahun ini, de-

ngan dibiayai APBD Peru-bahan. "lika nanti di Pe-rubahan disetujui, Ya akandibangun. lika tidakya mung-kin di anggaran tahun dePani'imbuhnya. I kehall0

Banyak yang Sudah Pesan

I 20lfiosSambungan dari hal 7

Sementara itu, KePalaUFT

Pasar Segamas, Sunarto

mengatakan mengetahuiadanya rencana Pemba-ngunan kios baru tersebut'

,rlduh burryuk masYarakat

vang menghubungi dirinYa

,koi p"tun kios itu' Mereka

meniiai bahwa saat ini ber-

dagang di Pasar Segamas

suJah menguntungkan ka-

reua kondisinYa sudah ra-

mai."BanYak Yang sudah

menghubungi saYa,.Pesan

satu. SoalnYa Pasar sekarang

sudah ramai, beda dengan

waktu ar'r'al-awal selesai di-

banguni' imbuhnYa'Dii oPtimis, dengan di-

bangunnYa kios baru ter-

sebu"t, target PendaPatan asli

d.aerah (PAD) Pasar Se-

samas di tahun mendatang

tisa lebih diringkatkan ka-

rena pedagang baru banYak

yo.rg *uri.rl. SePerti di-Leritakan sebelumnYa, ta-

hun ini ada Peningkatantarget PendaPatan Yangtlibebankan kePada Penge-Icrla pasar'

'i-ahun lalu, target PAD dari

rettibusi PelaYanan PasarRo i,3 miliar dan meningkat

menladi RP 1,5 miliar' Tar-

set itrtl'ibusi Parkir rahun

ialu dibebankan RP 700 juta'

sedangkan tahun ini me-

ninskal rrrenjadi RP I miliar'

Sed"angkan rahun lalu' re-

tribusiMCK targetnya ha-

nya RP 90 juta, tahirn ini*"rrjudi RP r40 juta' (tya)

R,\G] I\N HL] \I AS S1]' IDA KABUP,{TEN PU RRAI-IN(i(J,,\

Page 12: Kliping Berita Tanggal 16 Januari 2015

KLIPNGN{EDIA

BAOTN I{[}IdAf; $EI}A }I]NBAINffffA

Radar Barryumas o JurTrat Kliwon 16 Januari2015

Pemerintah niminta Teg: :SanlsiDistibutorNald

PURBALINGGA _ peme_rintah dirninta lebih tegasuntuk menindak distributorpupuk bersubsidi nakal.Pasalnya jika dibiarkan,akan semakin menambahpersoalan pupuk bersubsidi.Karena rata- rata masih adayang main- main menjualdengan harga di atas ecerantertinggi (HET).

Salah satu distributor pu-puk di Purba.lingga, ImamMaliki mengatakan, mod usyang digunakan denganmenaikan harga diatas rata_rata. Kemudian banyal< yangtidak sampai ke keiompo['tani.

"Iika sudah ditertibkandengan dicabut izinnya,tinggal pemkab melaku(anpembenahan. Misalnya me_negaskan hanya disriibutoryang siap menerima pupukbersubsidi yang tetip di_perrahankan. yang iidaksiap dibt ang.saja,,' tegasnya,Kamis (16lr)

Pria yang seialu blak_ bla_kan ini juga mengatakanpem benahan disrri6utor inibisa melalui pengakrifanperusahaan daerah pus_pahastama. perusda yangselama ini bergerak aitam

M."Iika sudah diterribkan

dengan dicabutizinnya, tinggal

Pemkab melakr-rkanpembenahan,"

Imam MalikiDistributor Pupuk di

Purbalin!ga

bidang beras, untuk menjadidistriburor pupuk dominan.

"Saya yakin dengan di_benahi lebih tegas, tak adaistilah kekurangan pupuk,pen),,l mpangan dan lainnya.Jika masih seperti ini, sangatmungkin kasus seperti ia-hun 201 i- 2OLZ yang se-dang ditangani kejaksaan,bakal terulang," un[kap,,ya.

Pemkab melalui Dinperin_dagkop dan Kantor irena-naman Moda.l dan perizinanTerpadu harus berani men_cabut perizinan distributornakalitu. I kehal 1A

EAGIA\ HLr\,1AS SETDA KABLIP:\TIN ?I-iRBALINGGA

Page 13: Kliping Berita Tanggal 16 Januari 2015

SUB BAG PI]tsLIKASI DAN DOKUMENTASI HUMAS SETDAPLTRBALINC,GA

Page 14: Kliping Berita Tanggal 16 Januari 2015

P edagang {.T".ltlf 11"'.#-?.:i

PasarMakam

akan Ditata r: niJiir,ffil:*r1f

KTIPINGIIMDIA

BAGIN III]II,IA$ $[TDA PI]ABAIil{OOA

Radar BarryUmas o Jum'at Kliwon 16 Januari 2015

camatan Rembang akan se-gera ditata ulang sesuai de-ngan jenis barang daga-

UI an g ;::,:u'*1"il"fl "I"',x?,0fl'3f,:

kukan penataan pedagang,pasar desa juga akan dia-ktifkan selama 24 jarn pe-nuh.

Kepala Desa Makam, Su-giyatno SH menjelaskan,sejak dibangun betrerapatahun lalu, penempatanpedagang sesuai denganjenis barang yang dijual

Dibagi Menjadi Dua Shift

! PGdagaruSambungan dari hal 7

Yaitu dibagi menjadi duashift pedagang yang akanberjualan di pasar DesaMakam. Yakni jam 3 dinihari dan jam 3 sore hari."Penataan ini juga untukpenyerapan lapangan pe-kerjaan," jelasnya.

Sedangkan shift keduaakan dimulai jam 3 soresampai malam. Pada shift

SllRtIT

BANYAKIIYA perajinbatu akik Sungai Kla-wingyangbermunculandi berbagai wilayah diKecamatan Bobotsari.Ternyata, menggugahhati Pemilik objek wi-sata air Pancuran Cli-blon H Barosad IM,agar perajin semakin se-jahtera. I kehatla

sore nantinya akan digu-nakan oleh para pedagangyang sudah ada sebelumnyamejadi satu tempati "Pasarakan ramai terus sehinggaaka merangsang UKM lainnantinya. Penataan danpenggunaan sift diharap-kan bisa lebih menghi-dupkan pasar lebih hidup.Selain itu, para pengunjungpasar natinya akan merasanyaman saat berkunjung kepasar,"pungkasnya. (jok/8us)

masih tidak teratur-. Ia men-contohkan, pedagang sa-yuran satu blok denganpedagang kelontong ataupakaian.

"Tujuan dari penataan inisupaya pengunjung ataupembeli tidak bingung saatakan mencari barang diPasar Makam. BIok kuliner

akan di tempatkan khusus,begitu juga pedagang sa-yuran berada di satu tem-pati'jelas Sugiyatno, Kamis( 15/ 1).

Selain p.enataan pedaganglanjut Sugiyatno, pihaknyaakan men gaktifkan ke giatanPasar Makam selama 24 jampenuh. I kehall0

Wadahi Perajin Batu Akikoperasional komunitas. U-tamanya saat mengikutipameran di luar daerah,"kata Barosad.

Dia juga berharap, ke de-pan lapak batu akiklCawingyang ada di depan objekwisata yang dikelola oleh-nya, bisa menjadi embriopasar Lratu aki Sungai Kla-wing di Kabupaten Pur-balingga. Sebab, selama iniperajin tidak memiliki sen-tra penjualan batuakik.

Selain untuk memfasilitasipemasaran para perajinbatu Klawing, keberadaanPasar Batu Klawing ;'ugadiharapkan mampu men-dukung peningkatan ku.n-jungan wisata di PancuranCiblon. (tya/gus)

Sediakan Tempat Gratis

r wadahiSambungan dari hal 7

Pensiunan PT KAI ini,berusaha mewadahi paraperajin batu akik SungaiKlawing di Kecamatan Bo-botsari, agar memiliki tem-pat berjualan tetap. Pe-ngusaha asli Bobotsariyang sukses di Jakarta ini,menyediakan tempat pen-jualan di bagian depanPancuran Ciblon secaragratis."Tempatnya gratis. Si-

lahkan digunakan selamayang diinginkan. Nanti saatbenar-benar menjadi pasarbatu Kiawing, hasilnya se-bagian dikumpulkan untuk

B.{GI-{N HI-]\L\S SETDA KABLTPATEN PURB-ALINGGA

Page 15: Kliping Berita Tanggal 16 Januari 2015

<(6=>.5aB Ct'rc9o

ED.GrEa.o

Eo

tg.trtCd,E,6

.ooU'

trlqll,c'l

'ii-oE,o

Jd,(!(ttro-E

SUB BAG PTIBLIKASI DA.N DOKLIMENTASI HUMAS SETDA PLIRBALINGGA

Page 16: Kliping Berita Tanggal 16 Januari 2015

KLIPINGMEDIA

BAOIA}{ IITIII,IAS $[TDA PIIIBIIil{OOA

Radar Banyumas O Jumat Kliwon 16 Januari 2015

Pefuldallcan Air Huian

TidakAdaSaluran Irigasi, KARANGMONCOL-Ma-

syarakat Desa Kramat, Keca-matan Karangmoncol me-ngharapkan adanya saluranirigasi di desa mereka. Pa-salnya, selama ini petanihanya mengandalkan airhujan untkpengairan sawahkarena saluran irigasi belum

masukke wiiayah desa.Petani Desa Kramat, Su-

jarwo (59) menuturkan,selama ini musim tanampadi di Desa Kramat sangattergantung p.ada musimhujan. Sehigga, dalam se-tahun para petani hanyabisa melakukan satu kalimasa tanam.

"Sawah di Desa Kramatjadi sawah tadah hujan,padahal bila ada irigasi se-

tahun bisa dua sampai tigakali panen," jelas Sujarwo,Kamis (i511).

Hal itu juga disampaikanoleh petani lain, Sumantri(st), selain menjadi sawahtadah hujan, akibat tidakadanya saluran irigasi kolammasyarakat juga tidak ber-fungsi saat musim kemarautiba. Akibatya, kolam yangada mati dan difungsikankembali sebagai sawah. Pa-

dahai, adanya irigasi dankolam sangat membantumasyarakat.

"Masyarakat m engharap-kan, saluran irigasi di DesaMaribaya bisa kembali di-bangun kembali. Sehigga,petani dan kolam masya-rakat bisa kembali meng-hasilkan. Sehingga, kese-jahteraan masyarakat bisameningkat, "harapnya.

Sementara itu, Kepala

Desa Kramat Imam Su-warso menjelaskan, sudahlama masyarakat Kramatmengharapkan saluran i-rigasi dibangun. Agar sa-wah mereka tidak lagi ter-gantung dengan air musimhujan.

"Irigasi dari I(ali Tambrabisa mengairi sawah rria-syarakat, dan bisa menam-bah produksi padi di DesaKramat, " ;'elasnya. fi ok/gus)

&X. PUBBIII]IGGA . PURBIIIIIGGI

Listrike Byar Pettlg mas PLN kiye agi rong dina tek titeni listrik ning jalurrembang kaya anu go dolanan .byar pet byar pet janeanu kenang apa?bisa2 brg elektonike nyong pada ruagkiYe'

oaz227o6s6s6

Tertibkan Koperasi Abal-abalPBG di pbg bnyk sekali lmbga keuangan non pmrth ygmengatas namakan koperasi yg sbnrnya adalah renteniryg kalo nagih tdk tau wkt dan krang manusiawai, tlngdinas terkait utk menertibkan krn menyengsarakanmasyarkt.

02817648s84

24 nttlAnda memiliki unek-unektentang berbagai hal

demi perbaikan dan kemajuan Purbalingga yangpenting tidak menyinggung sara dan fitnah.

Caranya ketik PBG: unek-unek

kemudian KIRIM SMS

KE: 081-327-333-778

Jalan Pasar Panican RusakPBG, sebaiknya jalan pasar panican kecamatankemangkon diperbaiki. warga yang melewatinyabingung jalannya pada rusak'

087737306041

24 nttl

B,,\GI AN HITN{AS SETDA KABLi P{I.L,N PURT}.ALIN CC A

Page 17: Kliping Berita Tanggal 16 Januari 2015

rao-

d'=

3ot-6

o-oo)trC-lg6o) o)ECO6

.jaNtr

6gco(!i(! l<faoE

6-o-=c€(!LJ(6ON'Io, Q.adCo5'Fa

o)6CU'(uFY6av(',bl!o)E6troO)==6)(!-oYgCO(5O.

F5(!troYf

-o

x.j;Y&(!o

oE',t=sf,'6''f

of,F-(50O-eo*

=Tr<'=6l:l-trgrg:I 5F=

,a-c-'Nz=<=zi:5=<:0axL!oYA

.Jumrat Kliwon 16 Januari 20i5Radar Banyrmas

Si,B BAG PL]tsLIL.ISI DA\ ]X)KI- \I}-\TASI HTI\,IAS SETD.\ PI,;]iII-\],INCiGA

Page 18: Kliping Berita Tanggal 16 Januari 2015

KLIPNGMEDIABAOIA}{ III][{A$ $[i}A PtI[BAlff0ffA

Radar Banyumas o Jumat Kliwon 16 Januari2015

Iamin-B-elum

Pedagang TertampungI(elanjutanPembangunanPasar BobotsariPURBALINGGA - Ke-

ianjutan pembangunan pa-sar Bobotsari sudah me-nunjukkan titik terang. Pa-asalnya tahun 2015 ini di-rencanakan akan kembalidigeiontor dana APBD se-besar Rp B miliar. Namundiperkirakan meski pem-bangunan lanjutan bisaterealiasi, belum menjaminsemua pedagang vang saatini di jalanan, akan ter-tampung.

Hai itu dikatakan anggota

Komisi IV DPRD Purba-Iingga, Soberi Arofah usaikunjungan kerja ke pasarBobotsari baru- baru ini.Iika belum maksimai ter-tampung, dipastikan ke-semrawutan jalan depanpasar Bobotsari akan tetapberlanjut.

"Saat inipun karena imbasbelum rampungnva pem-bangunan tahap pertamadan beium siapnya penem-patan, menjadikan sebagianruas jalan digunakan untukberdagang. Kondisi lalulintasjelas tersendat dan harussegera dicarikan solusinyai'ujarnya, Kamis (16/i).

Ironisnya, kondisi peda-gang yang sudah di daiam

pasar masih sumpek danb-erd esakan. Pasalnya, ba-ngunan pertama senilai Rp6 miliar belum bisa di-gunakan. Tahap lanjutan-nya, pada tahun 2014, adaanggarran Rp 3 miliar un-tuk melanjutkan, namungagal lelang.

"I-{arapannya tahun inibisa terlelang dan segera bisamelanj utkan p embangunan.Setidaknya bisa mengurangikesemrawutan jaaian rayadidepan pasat" tegasnya.

Kesemrawutan ini sebe-narnya karena sejak arvalpoia yang diterapkan dalampembangunan dilakukanbertahap. Sehingga saatpedagang ditempatkan di

lokasi lain ketika Pemba-ngunan berlangsung, justrumenambah kesemrawutan'

"Kasihan Pedagang Yangberiualan harus menungudalam janglca waktu lama'SeharusnYa jika tahun 201 6

ada anggiran lagi, setidak-nva RP 50 miiiar, semuapedagang diPindah. ke lokasi

khusus agar tidak meng-ganggu lalulintas," ungkaP

nolitisi PAN ini.MenurutnYa, jika Pem-

bangunan dilakukan se-

remfiak dan Pedagang untuksementara direlokasi Yanglegih menYatu, maka takakin ada lagi Permasalahankesemrawutan. Karena me-

reka akan diPindah iagi saat

bangunan sudah j adi secara

bersamaan."Yang teriadi saat ini Pe-

dagang menemPatl Jalanan,sed angkan P emtla.ngu nan

anggarannya masln mern-tuiit-.rtan tambahan taksedikiti' katanYa.

Seoeni diketahui, Pemkab

Purtalingga akhirnYa bakalmerealisasikan kelanjutanpembangunan Pasar Bo-totsari, Kecamatan Bo-botsari di tahun 2015 men-datang. Meski damPaknYarencana Pembangunan ge-

dung kantor DinPenduk-canif dan Dinsosnakertransyang d.irencanakan PPadatahun Yang sama harusditunda. (amr/gus)

B-.\GI,\N HI,\.{.\S Si.]TD]\ I{.{BIIPATEN PURB.{LINCiG:\

Page 19: Kliping Berita Tanggal 16 Januari 2015

KLTINU MEUI-A

BAOIAN }I[IINA$ $MA PI]RBALHOGA

SernlIrP<->srJUMAT KLIWON,

l6 iANUARI 2015

BambanglrawanDiisukanDUegal

ffi ffi#trffiai r=ffiffire &&msreffi e,rawm&

Strxxkftnxral ffi PC M*rrcffirxffiffi9? Kalau memang nanti tidakmendaPat amanah untuk

memimpin, saYa akan Pensiunsementara di struktur Partai

sampai ada dukungan kader untukkenrbali aktif .9?

BAMBANG IHAWANKetua PAC PDIP Boiongsari

Namr.tn, Banit.alig lr.rri airsaat ditemui mcngaku opti-mistis bisa Iol()c Iir'n\'.rri-ngan di tingkat DPD. Mes-kipun tak mastrk lirra kan-didat r-ang diusiilk.rn DPC,namun keputusan ada ditangan DPD. "Di DPD adasemacam fit antT proper test.Lima orang vang dinya-takan lolos akan dikirim keDPP," kata dia.

Ia mengatakan, PDIPharus mampu menunjukkankaderisasi partai berjalandengan baik. Satu di an-taranva,lengan iegenerasikepemimpinan berjenjang.Ini puia vang menggerak-kannva r"rntr,rk maju dalamkontestasi pemilihan ketuaDPC. Ia mengaku siap ber-saing, meskipun harus ber-

mulai tradisi baik di internaipartai. "Harus ada rege.

i

tl

PURBALINGCA, SETTTTT-POST-Persaingan memPe re-butkan kursi pimpinan De-wan Pimpinan Cabang(DPC) Partai Demokrasi Irr-donesia Perjuangan (PDIP)Purbalingga semakin panas.Daftar nama bakal calonketua hasil peniaringan te-Iah diserahkan ke DPD PD-IP ]ateng.

Selain itu, f)PC iuga me-nggunakan kervenangan r'.t-n[ dimi,Iiki untuk melrg-ajukan lima dari 2E namahasil penjaringan tersebutke DPD. Namun, dari iimanama ini, minlrs nama Bam-bang Irawan vang berada tliurutan ke dua clari daftar 28nama vaxp) telah ditar"ing lnikemu-diah mcnimbtrl k,r rr

spekulasi ada upava :e:-,' __hodapandengan kaderr,rng

ll

Il \(i1 \\ 111 \i \s :11ijegalan terhaCap Ketua P,r

' PDtP Boiongsari terset'ut.

Page 20: Kliping Berita Tanggal 16 Januari 2015

nerasi agar partai tumbuhbesar," kata dia.

Langkah ini bisa disebutpenentuan karier politiknyadi internal partai. Sebab, jikagagal mencapai tujuan, iatak lagi memiliki jabaian distruktural partai. Posisi ke-tua PAC selama satu dasaw-arsa sudah dilepas. Ia punmengaku maiu dukan untukduduk di posisi wakil atau-pun sekretaris DPC. "Kalaumemang nanti tidak men=dapat amanah untuk me-mimpin, saya akan pensiunsementara di struktur partaisampai ada duku ngan-kaderuntuk kembali aktif," ujar-nya.

Sementara wakil ketua D-PC, Tongat SH mengatakan,pengajuan lima nama keDPD merupakan hak DPC.Tongat mengatakan, pengu-sulan lima nama ini me-rupakan hak prerogatif D-PC. Hal ini, kata dia, jeiasdiatur dalarn SK DPP NO066 dan 067 yang mengaturmekan isme penjaringan ba-kal calon ketua PAC, DPCdan DPD. "DPC berhak

mengaiukan ti*u nr*u, irnlima nama ini tidak harussesuai urutan perolehansuara dari ranting," kata dia.

Bakal calon ketua PAC se-Dapil VII ]awa Tengah (Ke-bumen, Banjarnegara, danPurbalingga) akan megja-lani tes di Banjarnegara,Jumat (1.6/1) hari ini. Se-banyak 103 bakal calon ke-tua PAC ini akan disaringmenjadi 54 untuk menem-pati posisi ketua, wakil, dansekretaris di 18 PAC se-Purbalingga. Pencalonanmereka menjadi menarikkarena pada konfercab nantiakan turut menentukan po-sisi ketua DPC.

Seperti diketahui, tiga na-ma hasii pehyaringan diDPP akan menjalani mus-yawarah untuk menentukanposisi ketua. |ika musya-warah menemui jaian bun-tu, maka ada mekanismemusyawarah di forum kon-fercib sebelum akhirnyadikembalikan ke DPP untukmemutuskan siapa yangakan duduk di posisi ketua.([email protected])

SUB BAG PLIBLIKASI D.{N DOKLT]\{I]NTASI HIiN{AS SETDA PURBALINGGA

Page 21: Kliping Berita Tanggal 16 Januari 2015

KLIPINGIIMDIA

BAOIN IIUII{A$ $[T'DA PINBAINO$A

9arm11! CI qr iy jlfultr,,'oy,o r,

Pemkab Akan Serius Kembang kanDesa Wisata

PURBALINGGA, SATELITPOST-Pem-kab Purbalingga melalui Badan Peren-canaan Pembangunan Daerah (Bappeda)dan Dinas Kebudayaan Pariwisata Pe-muda dan Olahraga (Dinbudparpora),memprioritaskan pengembangan danpemberdayaan desa wisata. Dalam tahapawaf pemkab fokus pada Desa SerangKecamatan Karangreja, Desa LimbasariBobotsari, Desa Panusupan, dan DesaTanalum di Kecamatan Rembang.

"Kami menyiapkan fasilitasikepadadesa wisata terse-but mulai dari penyiapansumberda;, ;i manusi: hingga poma$.rra!"rdesa wisita," kata Kepaii dappe<ia lrSetiyadi MSi di sela-sela rapat koordinasi

Forum for Economic Development andEmployment Promotion (Fedep), Bap-peda, Dinbudparpora, dan PaguyubanWisata Purbalingga (Wisbangga) di AulaBappeda, Rabu (14l1) lalu.

Setiyadi mengatakan, ia lebih fokus keempat desa terpilih karena memilikispesifikasi tujuan wisata dan dukungandari masyarajat setempat. "Setelah kamiajak studi banding ke desa wisata diMagelang dan Sleman Yogyakarta, me-reka termotivasi untuk mengembangkdnelesanya sebagai desa wisata," kata Seti-Y rc'ii.

ldeski fokus pada empat desa wisatatersebut, kata Setiyadi. ia juga men-

dorong desa wisata dan kelompok sadarwisata yang lain. Setiyad i mencontohkan,ada keinginan warga Desa Karangcegak,Kecamatan Kutasari yang ingin mengem-bangkan wisata Tlaga. "Tempat ini Poten-sial-dengan ikon sumberdaya air yangmelimpah, namun masih Perlu Pem-benahan karena di situ juga terdapatmata air yang dikelol.a oleh PDAM,"katanya.

Setiadi menambahkan, pilraknya jugatelah memfasilitasi desain penataankawasan desa wisata khususnya DesaScrans dan Desa Limbasari, Desain akanmenlJli acua;"r untuk mengembangkanatau menata .bangunan. "Dengan acuan

desain ini diharapkan desa atau mas-yarakat tidak asal mendirikan bangunanyang lustru bisa merusak pemandanganhan"suasana desa wisata," uiar dia.

Kepala Bldang Pariwisata Dinbud-parpora Purbalingga, lr Prayitno MSihengatakan, fasilitasi dukungan desawisata dimulai dengan pemberian rno-tivasi oleh motivator, kemudian iden-tifikasi potensi wisata, penyusunan paketwisata, pelatihan pemandu wisata, pela-tihan p6ngel olaai homesfay, pelatihanpembuatin suvenir wisata, Promosir,gisata, dan pemasaran. Setiap destinasidesa wisata juga akan digelar travel mar-ket dengan mengundang media dan biro

wisata dari luar kota''- ;;Oinrruptan dengan pendamPinganini. potensi desa wisata daPat-tergall dan

sekalieus dapat ditawarkan sebagal PaKetlr^irfi srt wisata," kata PraYih:to'

Piaviino menambahkan, setlaP desa

wisatl memiliki spesifikasi yang hdaK

sama. Desa Limbasari misalnya' Llesa rumemiliki wahana tubing dan desa mg-

srisnva, kemudian Desa Tanalum dengan

e;;;;;;, Desa PanusuPan denganwisita religi, dan Desa Serang dengan

asro wisatfnya' "Empat desa int oapat

i,im alirJiuit dalam^satu paket wisata'aJo dita*urtan kc wisatawan"' kata ora'

(gan)

BAGi.AN HL'IN{AS SETDA KABUPATEN PL]RB.,\LINGGA

Page 22: Kliping Berita Tanggal 16 Januari 2015

KTIPINGMEDIA

BAOIN III]II{A$ $[IDA PUTBAIII{ffJL

SATBIITP,e]}ST JUMAT KLIWO'N,

#iffi ffi.M###i,:=iii,:,jr:::]:., ijiii

:,.:LI[, ":

::::] :::::t:r.,r; lli,:i:

B,q.cIAl.{ i{LrN{AS SETDA KABL]?ATEN PURBALINUGA

Page 23: Kliping Berita Tanggal 16 Januari 2015

z;->-

BAGIAN HIIMAS SETDA PT]RBALINGGA

Page 24: Kliping Berita Tanggal 16 Januari 2015

KTIPINGMEDIA

BAOIAI{ IItj[{A$ $[I'DA PUIBAIII{OOA

SarellrFcrsr JUI',IAT KLIWON,I6 JANUARI 20I5

SEJUMLAH anggota dewan Padang Sidempuan tampak sedang melihat-lihat koleksi akik Klawing di Desa Penaruban

Kecamatan Kaligondang, Kamis (1 5/1 ).

Dewan Padang SidempuanMborongAklk Klawing

PURBALINGGA, SATELITPOST-Pamor batu akik asal sungai Klawingternyata terdengar sampai PadangSidempuan Provinsi Sumatera Utara.Saat kunjungan kerja di Purbalingga,Kamis (15/1)/ para anggota DewanPerwakilan Rakyat Daerah (DPRD)Kota Pada:rg Sidempuan menyatakanketertarikannya terhadap batu akikNogosui danPancawama.

"Kami mendengar ada anugerah darisungai Klawing di sini yang meng-hasilkan batu akik. Kami ingin mem-buktikan kebenarannya," ujar KetuaKomisi I DPRD Kota Padang Sidem-puan, H Marataman Siregar SH saatditerima pimpinan DPRD Purbalingga

di ruang paripuma DPRD setempat.Kunjungan kerja terselut dipimpin

langsung oleh Ketua DPRD setempatThti Aryani Tambunan. Kedatanganmereka, diterima oleh Ketua DPRDTongat didampingi para wakil ketuadewan dan sejumlah eksekutif daridinas terkait.

Usai penerimaan, para legislator Pa-dang Sidempuan kemudian diajak ber-buru batu akik Klawing ke perajin diDesa Penaruban Kecamatan Kaligon-dang. Kebetulan di desa itu baru sajaterbentuk paguyuban perajin batu KI-awing yang beranggotakan 41 perajin.

" Alhamdulillaft mereka banyakmemborong hasil kerajinan anak-anak

muda disini," ujar Sujud, Kepala DesaPenaruban.

Ketua DPRD Kota Padang Sidem-puan, Tati Aryani Tambunan menu-^turtan, tunlungan kerja ke Purbalinggadimaksudkan untuk mengetahui kiatdan keberhasilan Purbalingga dalammenarik investor sehingga mampumeningkatkan pendapatan asli daerah(PAD). Pihaknya mengaku kagumdengan Purbalingga. Mesti kota kecilnamun mampu mmar.ik investor dariluar negeri unfuk menanamkan mo-dalnya di Purbaingga.

".Di sini ada 28 perusahaan asing.Nah kami ingin belajar bagaimana cara-nya menarik mgreka," ujamya. (gus)

BAGiAN HUMAS SETDA KABL1PATEN PURBALINCGA

Page 25: Kliping Berita Tanggal 16 Januari 2015

KLIPNGMEDIABAGIN IItiIlilAS ffiTDA PI]RB,{I,${OOA

ffimenyprea,$lumat, 76 Januari 2075

I(ekuranganlgo.ooo

Blangt(o E-KTPPURBALTNGGA- Dinas

Kependudukan dan CatatanSipil (Dindukcapit) saatini kekurangan 183.000

blangko E-KTP. Dari jumlahitu, baru 3.000 blangko

yang sudah dikirim olehpusat. Belum jelas, kapan

kekurangan itu akanterpenuhi.

EPALA Dindukcapil Nur Hamammengatakan, blangko itu tidakbisa dipenuhi oleh sembarangpercetdkan. Karena dalam

blangko ilu ada microchrp-nya. Sehingga

yang bisa mencetak hanya pusat,"Jadi sekarang ini kita masih

kekurangan 180,000 blangko. Karnibelum tahu kapan kebutuhan ini akandipenuhi pemerintah pusat. Kami sudahmelayangkan surat ke Direktur JenderalKependudukan dan pencatatan SipilKemendagri terkait dengan kebutuhanblangko E-KTP itu," ungkapnya.

Ratusan ribu blangko itu didasarkanpada 13 ltem kebutuhan, yakni usia wajibKTP tahun 2013 sebanyak 7.200 orang.Jumlah penduduk pindahan dari kota tain7.100 orang.

Kemudian jumlah penduduk plndahantardesa dan antarkecamatan diPurbalingga 10.900 orang. Jumlahperubahan data E-KTp, seperti nama,status perkawinan, dan data lainnya5.000 keping.

"Usia wajib KTP selama tahun2014 sebanyak 20,100 orang, lumlahpenduduk yang sudah melakukanperekaman tapi belum mendapat E-KTp45,000 orang," katanya.

Lalu jumlah penduduk pindah datangdari kota lain selama tahun 2014sebanyak 8.000 orang, Jumlah pendudukpindah antardesa dan antarkecamatanselama tahun 2014 sebanyak 11.0000rang,

Usia pemuda wajib KTP bulan Januari-Desember 2015 sebanyak 33.700 orang.Prediksi jumlah penduduk pindah datangdari kota lain selama 2015 sebanyak8.000 orang.

"Prediksi jumlah penduduk pindahantardesa dan antarkecamatan diPurbalingga tahun 2015 sebanyak11.000 orang. iumlah E-KTP yang rusak

atau hilang 1.000 keping dan blangkocadangan 15.000 keping," katanya.

Sudah DidistribusikanDia menuturkan, jadi total kebutuhan

adalah 183,000 blangko. Pada akhir2014, Purbalingga mendapat kiriman3.000 blangko E-KTP dari pusat dansaat ini sudah separo yang dicetak."Sebagian E-KTP yang tercetak itusudah kami distribusikan ke kecamatan.Pihak kecamatan nanti yang akanmendistribusikan kepada pemilik E-K|P,'tutu rnya.

Hamam menjelaskan, pada Desember2014, para kepala Dinas Kependudukanse-Jawa Tengah sudah mendesak kepadapusat untuk dipenuhi kebutuhannya.Pusat hanya menyatakan akanmengupaya ka n. (sMNetworufl 0-06)

]J.{CI-AN HL }rI-{S SE TDA K-{UL iPi{TllN PLiRBALINGGA

Page 26: Kliping Berita Tanggal 16 Januari 2015

KLIPNGMEDIABAOIA}{ ilt][fi$ [EI}A PIjfiBfiM{OOA

Jumat, 76 Januari 2O7S

Petani Sempat KesulitanCari PupukBeisubsidi

BUKATEJA- para petani diKecamatan Bukateja sempatkesulitan mencari pupukbersubsidi. Beberapa hari ialu,sempat terjadi kelangkaan dise;umlah penyalur.

Hal itu terungkap dari hasilpertemuan Wakil Bupati Tasdidengan kepala desa (kades)

se-Kecamatan Bukateia danDinas pertanian perke-bunan

dan Kehutanan (Dintanbunhut)Purbalingga di Aula KantorKecamatan Bukateja,Kamis(15/1).

Kepala Bidang peftanianDintanhutbun Sukrammengatakan, apa yang terl.adi

di Kecamatan Bukateja, hampirtenadi di semua kecamatan,Permasaiahannya pun sama,menghilangnya pupuk bersubsididisebabkan oleh keterlambatandistribusi dari perusahaan pupukke ciistributor. Hal ini karenadistributor tak bisa menebuspupuk bersubdisi ke perusahaan,

karena belum memiliki RencanaDefi nitif Kebutuhan Kelompok(RDKK) pupuk bersubsidi darikelompok tani, sebagai syaratutama penebusan pupuk diperusahaan.

"Tahun ini, penebusan pupukbersubsidi oleh distributorkepada perusahaan lebih ketat.

Jika tidak ada RDKK, maka '

pupuk tidak bisa ditebus,"ungkapnya.

Dia menambahkan, agarhal itu tak lagi terulang, diameminta kepada Badan PenyuluhKecamatan (BPK) untukmenyusun RDKK maksimaldua bulan, sebelum digunakanuntuk menebus pupuk. Harusdisepakati bersama bahwa RDKKadalah kebutuhan bersama baikuntuk petani, penyalur, ataupundistributor.

TeratasiSementara itu, Wakil

Bupati Tasdi mengaku lega,karena menghilangnya pupukdi Kecamatan Bukateja sudahteratasi. Dia juga berharap adakesepahaman dari pihak terkait,agar masalah kelangkaan pupukyang diakibatkan keterlambatandistribusi tak lagi terjadi.

. ."Saya berharap, ke depanhal ini tidak lagi terjadi.Sebab, pupuk merupakanhal yang penting bagi petani.:adr pemkab tidak tutup matadengan permasalahan pupukbersubsidi, yang sempatlangka," katanya.

Pertemuan itu merupakanrangkaian pengawasanpupuk bersubsidi yanqdilakukan olehnya ber-samadinas terkait. Sebelumnya,dia sudah mengunjungiKecamatan Kalimanah danKeca matan Karan ganyar.5ebab/ di dua kecamatantersebut pupuk bersubsidiluga sempat .,menghilang,,

dipasaran. (SMNetworkthS2_06)

i].\GlAN 1 IU\{AS SI]'1'DA K.{BL P.{TEN P LIRBALINGG:\

Page 27: Kliping Berita Tanggal 16 Januari 2015

z-4Pd(E

A-i(D9(D=a=C;(t,?6>cE(E-o

oY(5f(s

E-!z5CL

o-

GGlzo)

s0)lziiooG'6'(Eta:Jo(s(U

E(Eo'0)YE6c)btz(E

(E. e'-cGo,coo)o.q

o)-o

(0o,q)

EoGF

-fcJLm(E<t=_9

4J

(IiD PAA DTTPT TTA(I I1A\T N/]TII\r{E\iTA(] I.ITII\IAq SFTNA PTIPRIT INi'}'}A

Page 28: Kliping Berita Tanggal 16 Januari 2015

KTIPNGMEDIABAfiIA}{ IItJ}?i,{$ $flMA Tl]RBtrtrffiA

ffiBanyltmaslumat, 16 )anuari 2015

[xnwan Padang Sidempuan Berhuru Batu KlawingPURBALINGGA- Pamor

Batu Akik asal SungaiKlawing, ternyataterdengar hingga daerah

Padang Sidempuan,Provinsi Sumatera Utara.

Saat kunjungan kerja di

Purbalingga, Kamis (15/1),para anggota Dewan

Perwakilan Rakyat Daerah(DPRD) Kota Padang

Sidempuan menyatakanketertarikannya terhada p

Batu Akik Nogosui danPancawarna yang gaungnya

terdengar hingga ke daerahpecahan Tapanuli Utara itu.

"Kami mendengar ada

anugerah dari SungaiKlawing di sini yang

menghasilkan batu akik.Kami ingin membuktikankebenarannya, kebetulankami berkesempatanmengunjungi Purbalingga,"

ujar Ketua Komisi I DPRD

Kota Padang SidemPuan H

lvlarataman Siregar, saat

diterima pimpinan DPRD

Purbalingga di Ruang

Paripurna DPRD,

Kunjungan kerjatersebut dipimpin langsungoleh Ketua DPR.D KotaPadang SidempuanTati Aryani Tambunan.Kedatangan merekaditerima oleh Ketua DPRD

Tongat didampingi para

Wakil Ketua Dewan dansejumlah eksekutif daridinas terkait.

Ketua DPRD Tongatmembenarkan adanyaboaming Batu Akik Klawingyang saat ini sedang

digandrungi masyarakat,Menurut Tongat, naiknyapamor Batu Akik Klawing

ANGGOTA DPRD Padang Sidempuan Provinsi Sumatera Utara saat berburu Batu AkikSungai Klawing,

mengaku kagum denganPurbalingga, meski kota

kecil, namun mampumenarik investor dari luarnegeri untuk menanamkanmodalnya di Purbaingga.

"Di sini (Purbalingga-red) ada 28 perusahaan

asing. Nah, kami ingin

belajar bagalmana caranyamenarik mereka (investor),"ung kapnya.

Selain itu, dia danseluruh anggota Komisi Ijuga belajar bagaimanamengoptimalkanpotensi yang ada untukmeningkatkan PAD. Sebab

PAD kota tersebut hanya

Rp 49 miliar pada tahunlalu. 1pt-oe;

H*itiiiii;irt::lir:

if,tgii 'l:#iii;,,,H}{ .: ::,*]*9 . :; t*rl:r:iiii!i: :.::l::; r:::::

mampu meningkatkanperekonomian masyarakat.

t'Saat ini memang.baru jadi tren di kalangan

masyarakat. Banyakmasyarakat yang mencaribatu akik di Sungai Klawing

dan memolesnya menjadicincin batu akik yang benilaijual tinggi. Temuannyasudah lama, namun trennyabaru sekarang," jelas

Tongat.Usai penerimaan, para

legislator Padang Sidempuankemudian diajak berburuBatu Akik Klawing keperajin di Deia Penaruban,Kecamatan Kaligondang.Kebetulan di desa itu barusaja terbentuk Paguyuban

Perajin Batu Klawing yang

beranggotakan hingga 41

perajin."Mereka banyak

memborong hasil kerajinananak-anak muda di sini,"ujar Kepala Desa Penaruban

Sujud,

Tarik InvestorKetua DPRD Kota Padang

Sidempuan Tati AryaniTambunan menuturkan,kunjungan kerja ke

Purbalingga dimaksudkanuntuk mengetahui kiatdan keberhasilan Kota

Perwira ini dalam menarikinvestor, sehingga mampu

meningkatkan pendapatan

asli daerah (PAD). PihaknYa

B.\t,I \\ Hi'\1.\s; tl, t 1l.\ Ii-\BI P.\.TF.\l PI -RR.\Li.\,(l(;i\

Page 29: Kliping Berita Tanggal 16 Januari 2015

KLIPINGMEDIA

III]h{A$ $ffDAPI]MINIf'I

tumat, 76 Januari N)15

BAGIAN HUMAS SETDA KABLIPATEN PIIRBALINGGA

Page 30: Kliping Berita Tanggal 16 Januari 2015

KLIPNGMEDIABA$IA}{ Il[jht{$ $EIDA PIIIBAINOOA

ffiBanJumat, 16 Januari 2415

28 Calon KetuaDPC PDIP Dikirimke DPDPURBALINGGA- Sebanyak 28 calon keiuaDPC Padai Demokrasi Indonesia Perjuangan(PDIP) dikirimkan ke DPD untuk disaringmenjadi lima besar. Penjaringan nama-nama calon tersebut sebelumnya dilakukanoleh PAC.' Wakil Ketua DPC PDIP Tongat

mengatakan, 28 calon tersebut akan

diajukan ke DPD untuk diikutkan teskepatutan. Dari tes itu akan disaringmenjadi lima orang. Lima orang tersebutakan diajukan ke DPP dan mengikuti teskepatutan kembali. Kemudian akan muncul

tiga orang yang direkomendasi DPP.

"Tiga orang itu nantinya akan

diumumkan pada Konfercab yang mungkinakan dilakukan pada Februari. Ketiganyananti bermufakat untuk menentukan siapa

ketuanya," katanya,Menurutnya, DPC memiliki kewenangan

untuk mengusulkan lima nama, tidakberdasarkan lima besar jumlah suara yang

dicalonkan, Namun demikan, seluruh calon

akan dites semua. Bahkan hasil tes DPD

serta rekomendasi DPP bisa diluar dari lima

nama yang diusulkan oleh DPC.

103 NamaLebih lanjut, Tongat mengatakan,

untuk pemilihan ketua 13 PAC, ada 103

nama yang diusulkan oleh tingkat ranting.Seluruhnya sudah diserahkan ke DPP untukdilakukan tes kelayakan,

"Rencananya besok (hari ini) mereka

akan ujian di Banjarnegara bersama calon-calon dari Dapil 1, III, V VII, IX, dan XIJateng. Kebetulan Purbalingga masuk Dapil

VII," imbuhnya.Dari ujian tersebut, nantinya akan

muncul tiga nama sdi masing-masing PAC,

Tiga nama tersebut juga harus melakukanrapat mufakat untuk menentukan siapayang menjadi ketua, Sedangkan untuknama calon DPD yang diusulkan oleh DPC,

muncul dua nama yaitu Heru Sudjatmokodan Bambang Wuryanto. (SMNetworUhs2-06)

ll.'\Cl.dil\ HLIh.{:\.S SETDA KABLTP.{f t}i PL IIBALINGGA

Page 31: Kliping Berita Tanggal 16 Januari 2015

KLIPNGMEDIABAOIN III][{A$ $EIDA PIIIBAIil{OOA

ffiBanyHmffiJumat, 76 Januari 2015

Sosi isa ft.P#g Bf*,f,{l(Cilh BRIPURBAUNGGA- Badan Nasional Narkotika Kabupaten(BNNK) bekefia sama dengan fank Rakyai indonesia(BRI) Cabang Purbalingga mencetak puluhan ba!iho danspand uk eencegahan, Fernberantasan nenyalahgunian dinPeredartn Gelap Narkotika (p+eru). Bitifro Aan spanduk ituakan dipasang di seluruh wllayah Purbalingga.

Kepala Bl'lNK AKBP Edy Santosa menuturkan, melalulbaliho dan spanduk, diseminasi informasi tentang bahayanarkoba dan penanggulangannya akan lebih optimeldalarn menjangkau masyarakat yang lebih luas di wilayahKabupaten Pur,balingga.

Edy berhiiap akan semakln banyak instanii dan pihakmasyarakat yang akan berperan serta dan bekerjasamadengan BNNK dalam menyukseskan program P4GN untL.rk

mewujudkan Indonesia gebas Narkoba. i

"Karena Program P4GN di Purbalingga bukan sematatanggung jawab dari BNNK, tapi merupakan tanggung jawabbersama dari seluruh elemen masyarakat, baik instansipemerintih, instansi swasta dan anggo* maiyarakat ltusendiri," ujar Edy saat pemasangan baliho di dekat kantorBNNK, Kamis (15/1).

: i,,:i:Ierpi$ah, :Fund,rllg'.Qffiffir ERI,.Ciibang, Fui,b#inggaDyah Pratiwi menyebutkan, pembuatan dan pemasanganmedia komunikasi luar ruang merupakan tahap awaldari kerjasama eNf{k aan BRI. Nantinya, kedua belahpihak akan melanjutkan kerjasama pelaksanaan programp4cru datam bentuk trinnia ,

"BRI peduli dan ikut beipartisipasi dalam upaya :

menyelamatkan generasi muda dari ancamanpenyalahgunaan narkoba," ujar Dyah, (pt46l

ffiffiffiffiffiffiH*ffiffiff'

ffiffiffiffiffiffiffi,,PETUGAS BNNK memasang baliho sosialisasi P4cN diKalirnanah, Kamis (151,l). : ,

'!ii;,,ffiJ

ffiffi',

ffii ffia&#ffi#: #

BAGI.{\T HUiVIAS SE.IDA KABTIPATEN PURBALINGGA

Page 32: Kliping Berita Tanggal 16 Januari 2015

14&?1ffiSAX? I

PURBALINGGA- Kelangkaanpupuk bersubsidi di KabrfiatenPurbalingga menyebar hampirdi semua kecamatin. Kelangka_an pupuk bersubsidi juga teriadidi Kecamatan BukatejJ bebera_pa hari lalu. Hal itu terungkapjud.l1:t] fgtemuan Wabrip fiTasdiSH MM dengan para ke_pala desa kades se"-KecamatanBukateja di Aula Kantor Keca-matan Bukateja, Kamis (15ll).

Dari hasil pertemuan ter_sebut diketahui pupuk bersub_sidr sempat menghilang disejumlah penyalur ai wii-ayalrkecamatan yang berbatasan

bus puptk bersubdisi ke peru_sahaan, karena belum memilikiRencana Definitif KebutuhanKelompok (RDKK) pupukbersubsidi dari kelom-p<it tlni,sebagai syarat utama pene_busan pupuk di perusahaan."Tahun ini, penebusan pupukbersubsidi oieh distributor ke_pada perusahaan lebih ketat.]ika, tidak ada RDKK maka pu_puk tidak bisa ditebus i, uitg_kapnya.

.. Dia menambahkan, agar halitu tak lagi terulang, dla me_minta kepada Badan penvuluhKecamatan (BpK) di keca_

KLIPNGMEDIABAOIAN }I{][{A$ $EMA PI]RBAIT{OOA

Jumat Kliwon, I6 Januari 2015

ffiexpark Lm$Tffika, W&husp

Kurnpu[kan Kades

langsung dengan KabupatenBanjarnegara ini. Akibahya, pe_tani kesulitan memenuhi kebu_tuhan pupuk bersubsidi untuktanaman padi mereka.

Kepala Bidang pertanianDintanhutbun Purbalingga, Su-kram mengatakan, apa yangterjadi di Kecamaran'A"UtelXhampir terjadi di semua keci-matan. Kondisi disebabkan olehketerlambatan distribusi dariperusahaan pupuk ke distribu_tor.

ffi Tebus RDKKDistributor tak bisa mene-

matan B-ukateja, untuk menyu-sun RDKK maksimal dua 6u_lan, sebelum digunakan untukmenebus pupuli. ,,Harus

dise_pakati bersama bahwa RDKKadalah kebutuhan bersamabaik untuk petani, penyaluratau pun distributor,,,' u jainya.

Sementara itu, Wabup me_ngaku lega, karena menghil_angnya pupuk di KecamatanBukateja sudah teratasi. Diaberharap ke depan, hal ini ti_dak lagi terjadi.'Sebab, pupukyerypakan hal yang p'eniingDa$ petani. l;ii

srtrj

R:\GI.!\ TILJ\IAS SETDI\ K,\RI -]P.Tf l]N 1,L1RB.AI,ING(i.\

Page 33: Kliping Berita Tanggal 16 Januari 2015

BAGIAN HdMAS SETDA KABT'PATEN PURBAIINGGA

Page 34: Kliping Berita Tanggal 16 Januari 2015

KLIPNGMEDIABAOIN III]II{A$ $ETDA PIIRBAIil{OOA

j

?Y&&VffiS&Xe , Jumat Ktiwon, 16 Januari2015

Maxmp$km Jmdfr ffmspmkffrur

LJpmn&rffi #E SekmLmh

PURBALINGGA-ia jaranMusyawarah Pimpinan Keca-matan (Muspika) Kemangkon,Purbalingga siap menjadi in-spektur upacara (Irup) setiaphari Senin di empat SMP Ne-geri di wilayahnya. Ha1 ini se-bagai bentuk pembinaan kepada para pelajar, agar tidak ter-jerumus kepada perbuatan ne-gatif yang merugikan diri sendiri, orang tua maupun masva-rakat.

"Seiring dinamika masyara-kat di wilayah Kemangkonyang terus berkembang, apala-gi sekarang jembatan Lingga-mas yang menghubungkanKabupaten Purbalingga dan

Ketua SubraYon 12 SMP se-

Kecamatan Kemangkon BudiSefyawan, KaPolsek Kemang-kon AKP Suharsono, KePalaPuskesmas Kemangkon dr R

Martanto Budianto, DanramilKemangkon KaPten KaPtenUntung, dan KePala UPT Di-nas Pendidikan Kecamatan Ke-

mangkon, RuwiYo.Rahario MinulYo menyam-

but positif langkah keriasamalintas instansi ini "Ke dePankami berharap, kasus-kasus ke-

nakalan remaja di Kemangkondapat ditekan seminimalmungkin. Dan kami haraP, re-

kan-rekan MusPika untuk te-

rus memberikan Pembinaan

Banvumas mulai berfunp;si,maka permasalahan yang diha-dapi masyarakat semakin kom-pleks. Untuk itu, guna mencegah perbuatan negatif yangdilakukan para pelajar, kamisiap melakukan pembinaan disekolah-sekolah secara bergi-liran," ujar Camat Kemangkon,Raharjo Minulyo pada penan-datanganan kontrak kerja samalintas instansi yang berlang-sung di Aula SMPN 3 Kemang-kon di Desa Kedungbenda,Kecamatan Kemangkon, Pur-balingga, kemarin.

i# PositifKegiatan itu dihadiri juga

kepada masYarakat, tak terke-

cuali para pe7ajar," Pesan Ra-

harjo MinulYo.Kepala SMPN 3 Kemang-

kon, Sunarso mengatakan, ke-nakalan remaja sePerti membolos, merokok, miras, salahpergaulan, tidak tertib berla-iulintas dan lainnYa menjadifenomena yang memerlukanperhatian dan Penanganan se-

rius."sebagai guru, saya Prihatin

dengan keadaan ini' Untukmencegah agar tidak semakinparah, maka Perlu dilakukankoordinasi dengan jaiaranMuspika," haraPnYa. ,,'

,r_rU,

R {GLAN Hl Il\,1.'\S SEI'D:\ KABI TPATEN PURBALINGG,,\