Kliping Berita Tanggal 24 Januari 2015

32
KLIPINGMEDIA BAOIN III]IIA$ $EIDA PURBAIilffiA SUARA MERDEKA sABru,24JANUARr 2015 Bupati Ya kin Tak Pecah diyakini tidak akan rerpecah meskiiig, i",ro'tia, maju sebagai bakal calon Orpri, f.rOup; Oatam gelaran pilkada purbalingga paOa 16 Oesembe, mendatang. l;a'1 Eir;** pemerintahanan. Bupati dan Wakil Bupati akan menjalani cuti, sedangkan Sekda sudah tidak menduf,uki jabatan lagi. Sekda begitu mendaftar ke Komisi pemilihan Umum (KPU) Purbalingga harus men_ gundurkan diri. . Tiga birokrat iru aOalatr pen_ hana Bupati Sukento Rido Mar haendrianto, Wakil B upati Thsdi, dan Sekretaris Daeiah (Sekda ) Imam Subijakto. , "Sayatidakkhawatirmereka akan terpecah. Mereka sudah menghadapi tiga kali pilkada langsung." ujar Bupati Sukento Rido Marhaendrianto setelah q.lT,{T pejabar eseton II. III, j.an n al fenaapa Dipokusumo, namis (22ll tpetang. Menurul. Bupiti, selama masa kampanye kedganya tidak akan bersinggungan dengan akan menunjuk penjabat bupati dan pelaksana tugas sekda. Seperti djberirakan. muncul "kekhawatiran akan terbelah aparatur negara mengingat tiga birokat yang maju dalam buria calon bupati. Sebab. hampir pasti para birokrat tersebut akan menggu- nakan bantuan jejaring biro- krasinya untuk pemenangan. Hal ini akan membuat penye- lenggaraan pemerintahan di Pemkab menjadi tidak normal. Abdi Negara Pengamat politik dari Fakultas Ilmu Sosial dan politik (FISIP) Universitas Jenderal Soedirman (Unsoed) purwo- kerto Indaru Setyo Nurprojo berharap, adanya birokrat yang. maju dalampilkada tidak mem- buat netralitas aparatur sipil hilang. Disinyalir akan ada pejabat yang ingin menyelamatkan posisinya saat ini dengan merap- at ke salah satu birokrat yang maju dalam pencalonan. "PNS adalah abdi negara bukan abdi politikus atau partai politik, serta pelayan masyarakat bukan pelayan politikus. Dia juga meminta kepada inspek- torat sebagai pengawas perilaku PNS untuk bertindak tegas jika menemukan indikasi ketidakne- tralan PNS dalam pilkada," papamya.(I{82-17) Selain itu, Sukento mevaki_ ni,. dengan ketidakaktifan- tiga pejabat utama tersebut, para pengganti bisa mengerjakan tugas-tugas pemerintahan dengan baik. Untuk menangaru' hal-hal yang bersifat membu_ tuhkan kebijakan, Gubernur B.{.GI,{N- HU\,IAS SETDA K.\BL? \TEN PURB.\LI\GG-! \ T

description

Himpunan Kliping Berita Lokal dan Regional Tanggal (24/01/15) oleh Bagian Humas Setda Purbalingga

Transcript of Kliping Berita Tanggal 24 Januari 2015

Page 1: Kliping Berita Tanggal 24 Januari 2015

KLIPINGMEDIA

BAOIN III]IIA$ $EIDA PURBAIilffiA

SUARA MERDEKA sABru,24JANUARr 2015

Bupati YakinTak Pecah

diyakini tidak akan rerpecah meskiiig, i",ro'tia,maju sebagai bakal calon Orpri, f.rOup; Oatamgelaran pilkada purbalingga

paOa 16 Oesembe,mendatang.

l;a'1 Eir;**

pemerintahanan. Bupati danWakil Bupati akan menjalanicuti, sedangkan Sekda sudahtidak menduf,uki jabatan lagi.Sekda begitu mendaftar keKomisi pemilihan Umum(KPU) Purbalingga harus men_gundurkan diri.

. Tiga birokrat iru aOalatr pen_hana Bupati Sukento RidoMar haendrianto, Wakil B upatiThsdi, dan Sekretaris Daeiah(Sekda ) Imam Subijakto.

, "Sayatidakkhawatirmereka

akan terpecah. Mereka sudahmenghadapi tiga kali pilkadalangsung." ujar Bupati SukentoRido Marhaendrianto setelahq.lT,{T pejabar eseton II. III,j.an n al fenaapa Dipokusumo,namis (22ll tpetang.

Menurul. Bupiti, selamamasa kampanye kedganya tidakakan bersinggungan dengan

akan menunjuk penjabat bupatidan pelaksana tugas sekda.

Seperti djberirakan. muncul

"kekhawatiran akan terbelahaparatur negara mengingat tigabirokat yang maju dalam buriacalon bupati.

Sebab. hampir pasti parabirokrat tersebut akan menggu-nakan bantuan jejaring biro-krasinya untuk pemenangan.Hal ini akan membuat penye-lenggaraan pemerintahan diPemkab menjadi tidak normal.Abdi Negara

Pengamat politik dariFakultas Ilmu Sosial dan politik(FISIP) Universitas JenderalSoedirman (Unsoed) purwo-kerto Indaru Setyo Nurprojoberharap, adanya birokrat yang.maju dalampilkada tidak mem-buat netralitas aparatur sipilhilang.

Disinyalir akan ada pejabatyang ingin menyelamatkanposisinya saat ini dengan merap-

at ke salah satu birokrat yangmaju dalam pencalonan.

"PNS adalah abdi negarabukan abdi politikus atau partaipolitik, serta pelayan masyarakatbukan pelayan politikus. Dia

juga meminta kepada inspek-torat sebagai pengawas perilakuPNS untuk bertindak tegas jikamenemukan indikasi ketidakne-tralan PNS dalam pilkada,"papamya.(I{82-17)

Selain itu, Sukento mevaki_ni,. dengan ketidakaktifan- tigapejabat utama tersebut, parapengganti bisa mengerjakantugas-tugas pemerintahandengan baik. Untuk menangaru'hal-hal yang bersifat membu_tuhkan kebijakan, Gubernur

B.{.GI,{N- HU\,IAS SETDA K.\BL? \TEN PURB.\LI\GG-! \ T

Page 2: Kliping Berita Tanggal 24 Januari 2015

4>

Page 3: Kliping Berita Tanggal 24 Januari 2015

KLIPINGMEDIA

BAOIA}'I IIIIII{A$ $[TDA PIJRBAINffOA

SUARA MERDEKA sABru, 24 JANUARI 201s

PemkabThkKhawaTir -PMAKabur'+,# Pelanggar UMK Akan Ditindak

PURBALINGGA . Pe-merintah Kabupaten (Pemkab)Purbalingga diminta tegas kepa-da perusahaan untuk memenuhiupah minimum kabupaten(IIMK). Dan, takperlu khawatirperusahaan ra.mbut penanamanmodal asing (PMA) ataupunlokal yang belum memenuhiakan kabur. Kekhawatiran itutidak beralasan

Ketua Komisi IV DPRDImam Syabani mengemtrkakan,Pemkab melalui dinas terkaitharus tetap tegas menindakpeianggar UMK dengan mem-beri sanksi setimpal. Dia me-yakini, pemilik perusahaan tidakakan kabur, karena aset yangsudah mereka miliki banyak danpotensi Purbalingga sangat ting-gi untLrk usaha mereka.

Di Kabupaten Purbalingga,tahun ini tidak ada perusahaanyang menangguhkan UMK, tapimereka juga belum semua men-erapkan UMK dengan alasanmasih banyak pekerja yangdalam masa percobaan. Padahal,seharusnya upah minimum ituRp I.101.600.

"Tak usah terlalu diagung-agungkan perusahaan asing itu.Meski diakui banyak menyeraptenaga kerja. Namun, jika takmemperhatikan kesej ahteraan

pekerja harus ada efekjera,"tegas politikus Partai Golkarihr.

Tak ada alasan lain untukpemerintah tidak tegas. Melaluipenyidik PNS di satuan kerjaterkait, diminta tegas dan tidakpandang bulu. Sebab, hal itumenyangkut keberlangsunganhidup karyawan.BeriTeguran

Dinas Sosial Tenaga Kerjadan Tiansmigrasi (Dinsosnaker-trans) Purbalingga akan meman-tau penerapan UMK 2015 dipuluhanperusahaan.

Jika ditemukan pelanggaran,dinas sebatas memberikan tegu-ran dan meminta secala berrahapperusahaan bersanglotan meme-nuhiUMK.

Kepala DinsosnakertransNgudiarto mengakui, tetap kesu-litan mengatasi alasan klasikperusahaan, yaitu pekerja de-ngan masapercobaan tiga bulan.Dengan demikian, setiap tahunmeski tak ada penangguhanUMK, realisasi UMK 100 per-sen juga belum tercapai.

"Masih ada lebih dari 30perusahaan termasuk PMA ram-but tidak menangguhkan IIMKtahun ini. Kami akan segeramemantau pada Februari men-datang dengan sampel 60 peru-sahaan," papamy a. (H82- 17 )

BAGIAN HUMAS SETDA LABUPATEN PLRBAL.INGGA

Page 4: Kliping Berita Tanggal 24 Januari 2015

KTIPINGMEDIA

BAOIAil IIIIIilA$ $EMA PIIIBAI${ffiA

IIIERDEKA SABTU, 24 JANUARI 2015

ThrgetPADKPMPTTlercapai l{3Persen

PTIRBALINGGA- Tirget pendapatan asli daerah (p{D)Kantor Penanaman Uoaal Iin pe.irirun f"ryrau (KpMpT)selama tahun 2014 melebilu target.

."Tahun 2014 kami ditarget pemasukan pAD Rp 1,694miliar.dan pada akhir tahun tercapai Rp 2,426 miliar atau 143persqn,'i ftata llepala KpMpI Mukodam.

_' P,l "r"rjelaskan, rarget retribusi ih4B Rp 550 juta tercapai

Rp632,7 juta atru 1 1 5 persen. Thrget retribusi iZin grng-erunilp379,9- jutate-rcapai Rp 5M.5 juta atau i32,g persen.

"Demikian pula denean target retribusi pengendalianmenarateiekomu'nikasi Rp 765 jutatercapai Rp 1,2g miliaratauI 68,5 persen. " jelasnya.Menaia Telekbmunit<asi

Dia menuturkan. KpMpT teJah mengintensifkarr pema_sukan retribusi pengendalian menara t"1"1iomrnikusi. Karenapada,tahun sebelumnya ada beberapa menara yang belummembayarretribusi iru.

"Untuk retribusi izin rekJame juga tercapai 120.6 persen.Dari urgetRp 800 jura. rercapai np OOIpta. nitri[usi StUpter_capar IUO persen,t' katanya.

Dia menambahkan. iarget SruJK 45 unit pada akhir rahuntercapai 145 unit atau 322 persen. Hal itu kaLna perusahaanjasa konstruksi memperbirui izin usaha jasa konstruksi,..katanya.

,^_f"S_?r]rn,itu menyesuai kan formar cla n kererrr rrarr yan gbaru. Dulu tingkatan usaha ini dengan kategori gracle, tinnisekarang menggunakan kategori K.

*

: 1'Untuk retribusi izin usiha galian golongan C tidak ter_.capai satu pun. Karena.ada upiya pJn".tit'un aan pelaku:yh" p::,"p_b:ngan belurn. mengajukan izin Uaru,,,tutumya.(Ft0-55)

BAGIAN HUN,IAS SETDA KABUPATEN PLTRBALINGGA

Page 5: Kliping Berita Tanggal 24 Januari 2015

KLIPINGMEDIA

BAOIA}{ IIIIIiIA$ $HIDA PIIfiBAINOOA

SUARA TUIERDEKA SABTU,24 JANUARI 2015q:!@de4ii{i{@e:re

Jaringan lfigasi Tingkat Usaha

"Perbaikan ini diiakukandalam rangka mendukung ger_

PLRBALINGGA - Sejum_lah Jaringan lrigasiTinekat UsahaTani di Kabuparen lurUutingguyang rusak diperbaiki. Jaringan inidr}arapkan bisa mengoncori Ia_han pertanian seluas 3.100 hek_tare.

TaniDiperbaibi

an @intanbunhut) Zainal Abidin.Dia mengemukakan hal ihr

saat Bupati mencanangkan Ge_rakan perbaikan jaringan irigasidalam rangka mendukung swa_sembada pangan di Desa Ke_dunglegok Kecamatan Kemang_kon, Jumat (2311).

. .-Zanalmemperkirakan, per_baikan jaringan menelan anggar-g $r 3,2 miliar yang dananyadari Pemerintah Pusat. Dana ini

akan dikelola secara swakelolaoleh perkumpulan petani pemakaiair(P3A;.

"Diharapkan tiga tahun kedepan Indonesia tidak Iagimengekspor beras dari Vietnam.Gerakan ini kerja sama jajaranTM AD dengan KementerianPertanian," ujamya.

Selain itri, untuk mendukungkebrjakan tersebu! pemkab akanmengoptimalisasi lahan pertanianseluas 2.000 hektare. Kemudianuntukjagung hibrida seluas 3.000hektare.

Juga. penangkaran benihkedelai seluas satu hektare danpenanaman padi gogo seluas 300hektare. Untuk itu pemkab akanmembantu 63 traktor tanganunnrkkelompok mni.

"L,alu 26 unitpompa air, 3 unirtraktor roda empat, 12 unit ricetranplanter, 6 umt com seller,6unit vertical dryer, dan 12 unitcombine harve ste r jagung,''papamya.

TargetTigalhhunSemenhra itu, Dandim 0702

Purbalingga ktkol Inf AgusrinusSinaga mengungkapkai. kerjasama ini merupakan salah satutugas TM dalam rangka menjagaketahanan pangan. bukan hanyajangka pendek melainkan jugajangkapanjang

'TM sebagai bagian dari rak_yat merasa perlu mengatasikesulitan-kesulitan para petarLi,'.tegasnya (FlG57)

PEIETAKAN BATU 4ERUAMA: Bupari dan DandimT!j,,::, : ::kkan

b at u p e ft ama p "

rb auii' i i g a s i di D e s aKedunstegok, tumat 1i3tt ) f iil

IIAGIA\ HI,\'IAS SETDA KABUP.{TEN PL]RBALiTtGG.{

Page 6: Kliping Berita Tanggal 24 Januari 2015

SUARA MERDEKA SABTU,24JANUARI 2015

KLIPINGMEDIA

BAOIA}{ III[{A$ $ETDA IIJRBAINOOA

{

r.-lStll1z t.50 TE al.e.l'

?il,:li) I

aal

EE I"

iEt

^EtJ,: f

>.7 t

-?t;il& dil

= *ril

a ':-l

l€4i!llf;idll,*d: - lli- =iltrl>+ itl-t:.: I

l:l t 1. - I

Ial L.vl

li=:,*llE iil lIsisIlIT.E E}Il'az ZZIlE i'i I

lJ r:lI islI ;z'l*i

l*l;i

lfi

,9rG

€ ?

r

Nr ,' gl|

i: t" il=l6 i= l-I

:if Ii;ti!r dl:t

Fii ,lElE-+i H}Iit dl_t- ^ ,I

at* s{€ aE:lt$5trl; iE:lE:;:I;aI*lb:!{l7?-=:tiii I

i;5;ltiirlx'! | clEi=r,lE; i ql

i # g,;l9e 't *l

i-J lr* 1ll5- Xsl

i !s i;lI t a - -l

li9Iolla* l -1t a ci -ll=E'r 6l

i, *n -l

lEa i ulz> i,li4^.6l3* i ,-I 'ir, ;,*I iJc. r d

ix*f ;I5q--

l!{o "lzs2't

l.- dlL O'f,rl*z r't- c

l!i;-

l.i'i il e

l^2rdl-=6 -,

l* *= -u

Fi;

tr:

r1

9'.frc6U?Ea>-jj

^'

:5ts

r

:^

?

>.r

Z

a

u4.td

1l_

o

=

7c,7i

tfr

i<;z

>.7l+:6

z.Z

-Z<7.2tZ?<( .r:,r$

<

th

(,a

c:i,2, Z

dc o

lta5.r

a-:.r

r+35,

ra+*N

:-: .l

*s t)

5,\C3i

r oC.i.. 'J

5

i:\q

,-a.li a .:

a

N

.^-zN

e -'!"1*9ci,

: ; ,:

-1 -

J:i<ii

*a

;Z

v6

ttr

;7:l

Zjl

;Z:r

*adZ

z

r*tl

;7

:il*

:Z;t

z'

q

;i7.<

'-.,=

**l

s7

'':

!;;!

7> =7.ln

YJ;/ cY

*lv

iilF

5E

ZX>34-> i'ir.a P

<23N=:*;.ri,

o

-> &,

Ba

aat

eZ:2>=

era )4d4

C

q

t-3 Ys:( .if::9

8 4'/

z N (, rt 6

BAGIAN HUNIAS SETDA KABLIP.A.TEN PLTT{BALi\GGA

7

Page 7: Kliping Berita Tanggal 24 Januari 2015

KLIPINGMEDIA

BAffiAil III]IIA$ $frI'DA It}HBIIffiffOA

SUARA MERDEKA SABTU, 24 JANUARI 2015

Minat TtansmigrasiTinggr, Kuota Terbatas

Ngudiarto

PURBALINGGA- Minatwarga Purbalingga mengubahnasib di lum Pulau Jawa aliastrasmigrasi relatif tinggi. Sa-yang, kuota dari PemerintahPusat sangat terbatas, bahkancenderung turun dari tahun ketahun.

Kepala Dinas Sosial TenagaKerja dan Transmigrasi (Din-sosnakertrans) PurbalinggaNgudiarto, kemarin. menge-mukakan, tahun ini ada sekitar

100 keluarga yang masih masukdalam daftar tunggu unruk be-rangkat transmigrasi. Namun,dia belum bisa menyebutkanberapa yang akan betangkatkarena belum rnendapat jatahkuota dari Pemerintah Pusat.

Thhln lalu, Kabupaten Pur-baliagga hanya mendapat jatahkuota dua keluarga. Merekadiberangkatkan ke KabupatenMorowali, Provinsi SulawesiTengah.

Menurutnya, pihaknyatidak dapat merninta atau me-nambah kuota tersebut. Sebab.kuota transmigrasi ditentukanole,h Kementerian Tenaga Kerj adan Tiansmigrasi (Kemenaker-trans).

"Dana tran smi grasi berasaldari Pemerintah Pusat, kamihauyamemberi uang saku. Jadi,Kabupaten (Purbalingga) tidakbisa menentt*an k-uota transmi-grannya. Kuota sepenuhnyaditentukan oleh PernerintahPusat," ungkapny a. (H82-57)

BAGIAN HUMAS SETDA KAET,IPATEN PL1RBALINGGA

Page 8: Kliping Berita Tanggal 24 Januari 2015

KLMINGMEDIABAOIN III}[{A$ $[M PURBflNGOA

SUAnn ffiHn[EXA sABru,24JANuARr 2015

KONIDapatRplMPURBALINGGA- Tahun ini Komite Olahraga

Nasional lndonesia (KONI) Purbalingga mendapat kucuan

dana dari Pemkab Purbalingga Rp 1 miliar lebih. DPRD

Rltralingga meminta penggurunnnya lebih optimal untuk

menghidupkan semua cabang olahraga.

Wakil Ketua DPRD PurbalinggaAdi Yuwono menga-

takan, dengan dana yang besar tersebut KONI harus lebih

meningkatkan komitmen dalarn pelaksanaan program-

programnya. Komitmen transparan dantidakberat sebelah

dalim pernbagian anggaran di setiap cabah!-'olatraga

harus dikedepankan."Kepengttrusan tahun-tahun sebelumnyakami akuipaling

besar unnrk cabang sepak bola. Cabang lain tidak optimal'

Meski adahasilny4 akhimyakembali hilang. Ini bisa menjadi

penoalan, jika sejak dini tidak diberikan arahan," katanya-

Mantan juma II nasional karate tahun 2000 ini mengata-

kan, kepengurusan saat ini harus berguru pada tahun-tahun

sebelumnya. Penggunaan dana harus jelas dan tidak

bermasalah. Karena penrbangunan tidak hanya fisik tetapi

juga melalui olahraga yang rnencapai prestasi dan diakali

hingga ke mana pun.

PerluPengakuanPemegang lisensi C2 wasit sepak bola ini juga mengha-

rapkan ada pengakuari kepada para atlet yang sudah meng-

harumkan nama Purtalingga. Misalnya dengm memberikan

penghargaan yang cukup dan tidak terkesan dibiarkan' Tidak

hanyaiur, ke depan semuacabang olahragayang cenderung

kurang akif harus dipacu kembali, agar aktif.

Tugas KOM harus eslda dan merangkul semua elemen

dalamkepengurusandan di tingkatpengurus cabang olahraga

"Karena itu, dalam walo dekat ini DPRD akan mengundang

pengurus KONI untrk memaparkan prcgram terutama dalam

pengalokasian anggaranyang cukup besar tenebut," katanya'

Ketua KONI Purtalingga, Muhammad Iqsan' mengata-

kan, saat ini pihaknya sedang mempersiapkan garapan pada

ajang olahraga wilayah,Kedu Pekalongan Banyumas @u-longmas). Dia beriktikad akan membukikan bahwa ang-

garan yang dibantu pemerintah digunakan dengan tepat'

"Kamiiugabemiat menghidupkan cabang olahraga yang

terkesan mati suri unruk lebih bangkit kembali," jelasnya'

KONI juga siap dan saat ini berusaha membenahi inter-

nal kepengruusan, kemudian meminta pembenahan juga di

tingkat pengurus cabang di bawah naungan KOM Rrrha-

lingga. Penghargaan kepada atlet berprestasi jelas tetap men-

jadiperhatianKONLFuAu prinsipny4 dia dan jajararmya siap membuktikan

bahwa anggaran yang masuk dari pemerintahbisadigunakan

sebagaimana mestinya. Teimasuk untuk pembinatm para

atlet yang memiliki potensi mengharumkan nama Purba-

lingga. (H82-55)

B,{cIAr\ HUMAS SETDA KA-BLTPATEN PLRB.AIINGG-.\

Page 9: Kliping Berita Tanggal 24 Januari 2015

7

KTIPINGMEDL{

BAOIN II[]I{A$ $EIDA PIJRBAIil{O$A

sAEru24 JnNunnt iots

Persihas Serius,

CILACAP'Sikap berbeda ditunjukkan dua tim yang

tam pil dalam derby klasik pang i nyongan, Persi bas

Persibangga Santai'ir,, Ller*'; Klasik

Maling itu meiotasi Pemain Padatiap laga. Pada Partat Pertama me-

lawan Putra Patra, dia memasang

mayoritas pemain eks tim Divisi I'Pada laga berikutnYa melawan

Persiba mencoba emPat samPai lima

wajahbaru.Ketua Umum Persibas SuPang-

kat mengatakan. target utama tim-

nya bermain/alr dan enak ditonton'

aear dicintai warga.

I'lenikmati PertandinganSaat sudah masuk final' orien-

tasinya adalah pencitraan' "Pemain

sayaminta menjaga emosi' Soal

trail, ainaraltan menang, sebagai

Banyumas vs Persibangga Purbalingga,

difinal Bupati Cilacap Cup 20'15, sore ini'

oembina dia memuur otak mengatasl

[.t utungun itu. dengan membuat

."r,.* alear minimal mengimbangi'

**rkir rir"nangi laga' D laPangan'

p.,.,'lrjn Yang menentukan hasil'

Perialanan Persibangga sampal

ke fini juga mengeju&an' Dengan

materi guUung'n Pemain lokal

Furuatligga dan Puslat CilacaP

binaan AliP tmam, Persibangga

menaklukkan tuan rumah PSCS

Cifr.uo 2-l daiam 8 besar' lalu

*.nurskitt* PPSM Magelang 7-

O p^Aa s.minnal' (bd-55 )'

Pelatih Putut Wijanarko menga-

takan. akan kembali merotasi

oemain. Dia ingrn melihat kemam-

puan semua atlet. untuk mendaPat-

kan komposisi terbaik.

Dalam BuPati CuP' Pelatih asal

--Hanya tarnbahnYa dalam sePak

bola ada akal dan strategi' Sebagai

Laga itu tak sekadar Perebutanhadiah juma I RP 15 juta, tetaPi adu

gengsi sepak bola dua daerah berte-

tangga itu. Persibas Ban)umas me-

mandang laga di Stadion WrjaYaku-

suma CilacaP iru dengan serius.

ukuran awal Pembentukan tim'"

Cartekei Pelatih Persibang ga'

Alip Imam. mengatakan' intinYa

pada laga iru ingin menikmati Per-

tandinsan.Oli Uersit<ap realistis' di atas ker-

tas materi timnYa kalah' APalagi

skuad Laskar Soedirman baru

bergabung emPat hari sebelum firr-

namen itu digelar.

Di sisi lain, materi PemalnPersibas bergabung sejak persiapan

Divisi I 20i4, berarti sudah satu

tahun bermain bersama' "B aik kuali-

tas perseorangan maupun kerja sama

tim, saYaakuikalah'"

BAGIAN HUN.{.{S SETDA K-AtsLIP-{TEN PLiRBALii.'G(i-\

Page 10: Kliping Berita Tanggal 24 Januari 2015

,\(

c'\r)

-s)

,ri\N

Ua,\JU\3

U

a-na4cl

\)

"x

OoOo

'N

'qb.oo

.(s

.s\)q€'-,Ia

ss>\

.\s|\qN

a.

.9v1

h{tstt

Page 11: Kliping Berita Tanggal 24 Januari 2015

Ifi,IPIN*iGMEDIA

AGIA}I }Itjl}{A$ $EIDA PURBAIffffOA

SUARA MERDEKA sABru,24JANUAR| 201s

ii

illt

il

R-i

*YI

P\)\)

-aooOO

'ts

Q.,

.vL

\Sca

?1

q

p

!

O.>

"\c'-!

-a4g

-Y{vq

-

LI

,

iz--

+1_4

.=

.i

.::"3

j

j#.i .:,I ,.t

,tl, ii

B-\.GI.\\ I]I-\I ',-r -CETD.\ K.\BT-P \ I} \ I)L]RB.\LI\(;G\

Page 12: Kliping Berita Tanggal 24 Januari 2015

KLIPNGMEDIABAOIA}{ IIIIII{A$ ffiTDA PIJIBAIffOOA

Radar Banyumas . Sabtu pon z+ Lanuari zl.ols

mupatiOptimisTak

Terbelah$elangFilkada 20L5

PURBALINQGA - BupatiPurbalingga Drs H SukentoRido Marhaendrianto MM,optimis aparatur sipil negara(ASN) di lingkungan Peme-rintah Kabupaten (Pemkab)Prir"baiingga, tidak terpecah,jelang Pemilihan KepalaDaerah (Pilkada) Purba-lingga 2015. Meskipun, tigatrirokrat bakai maju dalampesta demokasi yang akan

digelar 16 Desember men-datang.

Dalam Pilkada yang akandigelar secara langsung ter-sebut, tiga briokrat yangakan maju adalah, incum-bent Bupati Drs H SukentoRklo Marhaendrianto, Wa-kil Bupati H Tasdi SH MMdan Sekretaris Daerah (Sek-da) Imam Subijakto SSos.Selain itu, juga muncul na-ma Kepala KPAD Purba-lingga Sidik Purwanto, yangakan maju sebagai bakalcalon bupati (bacabup),

melalui PDIP."Saya tidak khawatir akan

terpecah. Sebab, mereka(ASN, red) sudah pernahmengamali tiga kali pilkadaIangsung. Saya yakin me-reka akan profesional," kataBupati kepada wartawanditemui di kompleks Penda-pa Dipokusumo, kemarin.

Apalagi, menurut bupati,selama masa kampanye,ketiganya tidak akan aktifdipemerintahan. "Bupati danwabup akan menjalani cuti,sedangkan sekda sudah ti-

dak menduduki jabatan lagi,karena begitu mendaftar keKPU (I(omisi PemilihanUmumm, red (KPU) Purba-Iingga, sebagai bacabup,yang bersangkutan harusmengundurkan diri," je-Iasnya.

Ketika disinggung terkaitkekosongan tiga posisi pen-ting di Pemkab Purbalingga,sebelum Pilkada, Dia yakinpemerintahan di Purba-lingga akan tetap berjalanbaik dan lancar. Pelayananterhadap masyarakat akan

tetap tenjaga. Sebab, untukmenangani hal-hal yangsifatnya membutuhkan ke-bijakan, akan ditunjuk pe-jabat bupati dan pelaksanatugas sekda oleh gubernur.

Diberitakan sebelumnya,sempat muncul kekhawa-tiran akan terbelahnya ASNdi lingkungan Pemkab, ka-rena tiga birokrat yang majudalam Pilkada. Sebab, ham-pir dipastikan birokrat ter-sebut akan menggunakanbantuan jejaring birokrasi-nya, sebagai tim pemena-

BAGLAN HLTMAS SETDA K.ARLTPT\TEN PLTRB.\I.lN(iGA

Page 13: Kliping Berita Tanggal 24 Januari 2015

r

-z\*1-

Page 14: Kliping Berita Tanggal 24 Januari 2015

KLIPINGMEDIA

BAOIA}{ IIUII{A$ $EIDA PtIRBAIil{OffA

Radar nurryu-* . Sabtu Pon 24 Januari 2O1S

Tak Ingin Berat SebelahPEMBANGUNAN o-

lahraga tak iuput dariperhatian DPRD Pur-balingga. Wakil KetuaDPRD Purbaiingga,Adi Yuwono SH me-minta agar anggaranyang telah digelon-torkan untuk KONIdapat dimanfaatkansecara optimai, trans-paran dan adil.

Ia menilai jika angga-ran yang sudah dia-lokasikan sekitar Rp t

miliar lebih harus dimintakan komitmen dalampelaksanaan program- programnya. Komitmentransparan dan tidak berat sebeiah dalarnpembagian anggaran di setiap cabang olahragaharus dikedepankan.

"Pada kepengurusan tahun- tahun sebelumnyaanggaran untuk cabang sepak bola paling besar.Meski ada hasilnya, namun akhirnya kembalihilang. : ke hal. 10

Beri Reward bagi Atletn Tak lnuin cukup dan tidak terkesan

. dibiarkan."Kepengurusan saat ini

harus berguru pada tahun-tahun sebelumnya. Peng-gunaan dana harus jelas dantidak bermasalah. Karenapembangunan tidak hanyafisik saja, melainkan meialuiolahrraga yang mencapaiprestasi dan diakui hinggakemanapuni' tegasnya. (a-mr/bdg)

Sambungan dari halaman 7

ini bisa menjadi peysoalanjika sejak dini tidak diberikanarahani' p aparnya, kemarin.

Ia juga mengharapkan le-bih ada pengakuan kepadapara atlet yang sudah meng-harumkan nama Purba-lingga, \,lisalnya denganmemberikan reward yang

]]AGIAN HLiMAS SETDA KARUPATEN Pi,IRBALINGGA

Page 15: Kliping Berita Tanggal 24 Januari 2015

KLIPNGMEDIABAGIA}{ IIIJIIA$ $EI}A PIJRBAITI'IOGA

Badar Banytrmas r Minggu Wage 25 Januari2015

Xomisoner Pd.nwasluSegera Dilantik

PURBALINGGA - Badan Pengawas Pemilu(Bawaslu) Provinsi |awa Tengah memastikankomisioner Panitia Pengawas Pemilu (Pan-waslu) Kabupaten Purbalingga, yang terpilihakhir tahun lalu, bakal diiantik. Hal ini terjadikarena peraturan pengganti undang-undang(perpu) Pilkada telah disahkan menjadi undang-undang (UU) Pilkada.

Hal itu, diungkapkan oleh Ketua Bawaslu Provinsi

fawa Tengah Abhan Misbah kepada Radarmas,melalui sambungan telepon selulamya, I<em ann{23 If) pagi. "Kami sudah mendapatkan dasar hukum,untuk melantik anggota Panwaslu. Jadi, anggotaPanwaslu yang sudah terpilih akhir tahun lalu, akansegera kami lantiki' jelasnya. I ke hal. 10

Tunggu SK Pelantikanr [0misi0ne] ry:T**-"tr3',1'##li[ frI#:T 3:mf"']:$'h[:

sambungan dari halaman 7 kami harus memiliki dasar Tiga komisoner Panlvasiu

hukum dari Bawaslu pusat' Kabupaten Purbalingga ter-

Namun, d.ia mengaku ma- S"bub' t"guln aturan penga-- pilih' yakni mantan Ketua

sih belum bisa memastik'Jn *ut*pduauserentakadidi Fanrvascam kalimanah De-

kanan komiso,r", purr-ii,, nu*uttrp"tuti'tambahnya' 11lqYpi Cahyaningwiyati

ffiH;;:#'iirl"iit.t.: -oi,.,rlii

seb.elumnva, io- sE MSi' mantan l(etua KPU

bab, pihaknyu -urlt .il- *lro".. terpilih panwaslu Purbalingga Hery sulis-

nunggu peraruran *"#,"r, ii"u"prr"" purbalingga I-Ie- tiyo.no ST dan Thofikur

pemilihan Umum tp.rbrl, r1 Suiistiyono -",,gifakar',, RokhmanSAg. Merakabakal

yang mengattr, t".,,unf ill diti"V"^asihmenu"nggu SK men jadi komisioner Pan-

hapan pilkada. ,,pun*L.i" p"r#,iU" sebagai u'ggotu waslu untuk pelaksanaan

bekerjasetelahtahap"#ii banwaslu. Maritan K?ua Pemiiihan I(epaia Daerah

kada dimulai. iadi, ;ili tct-lt<ub"putenPurbalingga (Pilkada) Purbalingga' ta-

melanrik anggo,u eun*uriu, it'i *"t'guiakan' dirinya siap hun' depan'

kami masih ^.,rurrggu

itii *"ngt'ibun amanah untuk pelantikan komisoner Pan-

bitnya perkpu tentang tah*i- ii"ri il""r"r.reskan Pilkada, waslu Kabupaten Purbaling-

pan Pilkada," Iurrlrt.yul"' melaui Panwaslu' ga' akandibarengkandengan

Selain itu, Bawaslu provinsi Diberitakan,sebelumnya, i5 Kabupaten dan Kota lain-

Jawa Tengah, *".t,..r,,,yu meski sudah.ditetapkan se- nya di Jalva Tengah' yang

juga masih *"r,rrrgg,r'r?.1 bagai komlsioner ierpilih' akanmenggelar Pilkada se-

tnrksilebihlanj,rtauriSa;siu ketiga orang tersebut masih rentak, di Provinsi iawa Te-

RiarauBawaslupusat,ter?";i b;;i"* bisibekerja. Sebab, ngah' (tyalbdg)

UA( ii.,\N HL]\IAS S F,TDA K.{BL I'-\l'IrN PI rR B.{LING(}A

Page 16: Kliping Berita Tanggal 24 Januari 2015

KLIPINGMEDIA

BAOIA,}{ IIIIIdA$ $ETDA PI]fiBAI${OOA

Radar BanyumassABTU PoN 24 uanunnt zois

[ngs0rrl$uTnrmuilil

citnfiiliah

Mev Nwlela (Pallng hanarr)

saai sosialisait Pllpres tll Pasar Segatnas Purbnllttp;atnhun lalu

PURBATINGGA - Ilsia mudatrukan menjadi penghulang,hagi N{ey Nurlela SS untuk llisaduduk di krrrsi kornisioner Ko-rnisi Pemilihan Llmrrnr (KpU)Kabupaten Purbali n gga.

Dianfara lima komisiouerKPU Purlralingga, l.ela -pang-gilan akrah lVIey Nurlcla - rncru-pakan anggota komisiondr ter-muda. Alumni Fakultas Sastra{.lrtiversitas Diponegor-o (IIn-dip) Semarang ini, lahir di fa-karra,3t Mei t9Bz.

zurggota KPtl Divisi sosi-alisasi, Hubungan dan Parti'sipasi MasYarakat, PendidikanPemilih ini nrengungkaPkan,ke!9,'hqq&r4y4 meniadi ang-

gota knmisioner KPIJ Purba-lingga perlode 201.3-201.8, me-rupakan hasil kerja kerasnya ak-tif berorganisasi sejak tludukbangku krmpus.

"Pengalaman organisasi tlikampus, rnenjadi bekal bagisaya untuk bisa masuk ke liPUPurbalingga," katan_ya kepada

Radilrmas.Saat masih larliah, ihrr dari

Azka Raditlrya Ghan1, ini,sern*'pat rnasuk ke Badan EksbkutifMahasiswa (BEM) FakultasSastra Undip pada 2003. Setelahitu, pada 2005, istd dari KholiqIdris ini, berhasil masuk Senat{-lnivelsitas.

llhk han\.a itu, wnnita ller-

,+--".q

Br\GIAN IIfIIvt.{S SE'IDA I(.,\BUI'ATEN PURBALINC'GA

Page 17: Kliping Berita Tanggal 24 Januari 2015

iilbab.vang aktildi dunia theatersejak SI1A ini, juga aktif di or-ganisasi I-limprtrtart NlaltasisrtitIslam (l{Nll). l,ewitt organisasimahasislrra yang lahir di log-jakarta, 5 Februari 1.947 ini,

rang saat me,r4idi anggOraPPK.

I{anya hutu}r setahun, '

wanita vang menyglesaikan ,,1;.:

pendidikan SMI?-n-va c1i ,.I

SitIllN 3 Purbalingga ini,nTeniarii anggotir PI{K. Iv{a-

suk merrjacli anggota P[)K ,,{

pada ?012, setahuukemrrdian al.ilu2013, alumr-ri SDNPurbalingga Ki- .

dul 2 ini, ketnu- ,..,

cliarr terpiliirrnenjadi flnS- ,,, 1,.:,

gota kornision-er KFIJ Purba-lingga. "Sete-lah berdiskusi #Lclengatr rekan '41{:,, y

saya di IIMIsaat krl.iah danberbin.cang patr-iang.lebar rietr5;att sua- ffiinri, Akhirnva saya

sangat r:rengejutkan. Se- "rl

bab, di;l berhasil "mclrying-kirkau" ilan1a'nilrllrl )'allg su-dah lama iiktif di I(PLI, ter-niirsuk Rlantan Sekr,van DPRI)Purbalingga.

SIIARB Produk'llerpercayalvlenjadi allggot?i KPII seka-

Iigrrs rnen jadi ibu hagi anak laki"laki senrata wa-yaflgnyii, rlu:nu-rr-rtnya bukan hal yang lnudah.Sellab, dia hirrr:s pintar-pirriirrmrrn'rbagi rvakl u, ttntuk kelr-targadan pekeriaan. "Siapa pun tahu,jika rnendekati pcrnilihan n'ak-tu saya banyak tersetlot di kan-tr:r. Jadi ketika di nurrah, sayaharus nremanfaatkan rvaktusr:baik nurngkin dengan anakclan suami, " ungkapnya.

Apalagi, $aat ini, dia tengaltr-rrenyelesaikan penc{idikan pas-ca sadana atau 52 di Universitas)errrlral Sotlirman (Llnsoed)Ilrrrrvokerto. Sehingga, lvaktrrbersanra deugan keluarga se-rnakir: berkurang.' Aga r kualitaspertemuan tlengan unak dansrrrmi qprnnrrrnn llillsenvn kn-

r',-1,ahrtnni SMAI'il I Prirbalingga2000 ini, mt:ngenal tokoh-lokolryang ketnuclian dikenal aktil diIiP t.i Provinsi jan,a'l engah.

Langkahrrva masuk ke KPLl

Irr"rrb;il1ngga, rnulai terlihat saat

""q &i

rni nrcrtl.ernpatkarr ialitn-jalanbertiga," uiarnya.

'i'erkait produk elektronik,ibu muda iui nrempert;avakanhan1,a kepada rneirek Shiirp.'lbr-utama uutuk produk lemaripentlingin, I ela lcbih per('avaterhadap merrek Sharp cliban-dingkan merrek lainnya. "SelairtaweJ, produk Sharp kualitasnYaterjanrin, Bahan -bahatl makan-an yalrg saya rnasukkan ke da-larn lemari pendingin lebih ter-jaga kesegaranllya," bebertlYa"

Dia pun mel'asil puas rueng-gunakan produk Sharp karenamodelnya yang sangat rnena-.^r.rn ltrra /dit'l

menjadi anggora panitia perni-lihan Ks'carrratan illpK) Keca-matan Karangmoncol. ppK nre-

l1qrlkl" kepanjangaru rangarlKPII di tingkat kecamatan" .!e-hingga, pengetahrranllva ren-tang per.KPU-an semakin ma_

iN"N

mantap tnetrdaft.ar,'i,,,'i,',r,tl,ilnggtlta KI)ll. Datr.\lhanrdulillah, sava .",'lol<.rs," tr jarrrl'a.

'lierpilihnya X{ey \,ti'., ,,i

Nr.rrleia menjadi ang- .ig1.,N:r:",

gr:ta KPU Pur'balingga.ni.,,t,,t:,periode 2013-2018 juga i ri,l-

Biodata

Nama:X'le1' Nrrrlela SS.

1'TI,:

Iakarta, 31 N{ei 1982

Pekcrjaan:Anggota KPU Ptrrbalingga,

Dirrisi Sosialisasi, llubungandan Partisipasi Masyarakat,

Pendidikan Pemilih

Pendidikan:SD Negeri Purbalingga Kidul 2

SMFN 3 PurbalirrggaSMAN l Purbalirrgga

Fhkultas Sastra l}ndip Sumarang

i

Page 18: Kliping Berita Tanggal 24 Januari 2015

KLIPINGMEDIA

BAOIA}{ IIIIIIA$ $EiDA PI]RBAIn{OOA

Radar BanSrumas . Sabtu Pon 24 Januari 2015

PolisiSegeraTetaplcanTersanglcaI(asusAmbruknyaTI( Padamara

PURBALIGGA-Polres Pur-baligga secepatnya akan me-nentukan tersangka terkaitambruknya TK Padamara.Saat ini, proses penyi,dikanawal sudah selesai. KapolresPurbalingga AKBP AnomSetiadji melaiui Kasat ReskrimPolres Purbaligga AKP Dju-naidi menjelaskan, selamadua bulan teraldrir penyidi-kan kasus ambruknya TI(Padamara terus dilakukan,

"Penyidikan sr.rdah selesaisemoga secepatnya bisamenetapkan tersangka ber-dasar bukti-bukti yang su-dah dikumpulkani' katanya.

Djuaidi belum mau men) e-

bu&an siapa saja yangterlibardan berpotensi menjaditersangka. Pasalnya, masihada prosedur yang harusdijalani dalam penyidikanambruknya TK Padamara.Polisi;'uga tidak ingin gega-

bah, prosedur dan keleng-kapan bukti harus terkumpulterlebih dahulu.

Lebih lajut Djunaidi rnen-jelaskan, tim ahli dari Sema-rang juga sudah diturunkanke lokasi TK Padamara Sela-sa (20ll) lalu. "Tim ahli jugaakan kembaii ke Purbalinggaguna mengambil sempelbangunan, semoga awalFebuari, " tambahnya.Djunaidi menegaskan, pe-

ngusutan TI( Padamara a-

kan selesai. Polisi juga berjanji akan amanah untu,.-mengusut kasus ambrukni';T'K Padarna, -. H ke hal. .iq

RAGI;\N HI]\,IAS SETDA KABUPATEN PTTRBALINGGA

Page 19: Kliping Berita Tanggal 24 Januari 2015

Mraih Tunggu Audit BPKr Polisi

Sambungan dari halaman 7

"Polisi akan amanah danserius menghadaPi kasus TKPadamara,f' tegasnya,

Seperti diberitakan sebe-lumnya, penyelidikan Pro-ses penyelidikan TK Pada-mara masih menunggu saksiahli dan audit BPK gunamenghitung total kerugiannegara. MeskiPun secaraadminitrasi Polres Purba-lingga mengindikasi adanYakerugian negara namun,polisi belum bisa memas: ,

tikan total kerugian negara.Pembangunan TK Pada-

mara sediri ditangani secaraswakelola dengan ketua Pa-nitia Iskhak. Saat itu, Ishakmasih menjabat sebagaiKabid Pendidikan AnakUsia Dini (PAUD) dan Pe-ndidikan Nonformal (PNF)Dinas Pendidikan Purba-Iingga, sekretaris KePdlaUPT Dindik Padamara HadiPurnomo (alm), sedangkanbendahara panitia diPegangKasi PAUD, Widiantoro.

Penyidik polres Purbaling-ga juga teiah memanggil 15

orang. Masing- masing dari

panitia pembangunan, Din-dik Kabupaten Purbalinggatermasuk pihak sekolah.Pihak itu dirnintai kete-rangan soal Pfoses Pemb-angunan TK tersebut. Selainitu, polisi juga telah menYitatujuh bendel dokumen me-liputi proposal, Petunjuklelang, LP] pembangunanserta sertifikat lisensi kons-truksi baja ringan.

Anggaran yang digunakandalam pembangunan TKPembina Padamara men-capai Rp 580 juta Yang di-kerjakan secara swakeloladengan SPMK tertanggal 27

Oktober 2011, serta waktupelaksanaan mulai 28 No-vember 2011 hingga 28

Februari 2012,Atap gedung TK Negeri

Pembina Padamara di DesaPadamara RT I RW I Keca-matan Padamara ambuktanpa sebab, 19 Februarilalu. Atap ambruk saat jamistirahat sekira Pukul 09.30.

Akibat kej adian tersebut,tiga ruang kelas, Yakni kelas

A2,Bl danB2 serta satu unitgudang rusak Parah' EmPatruangan yang ambruk se-

muanya meruPakan kons-truksi baj a ringan. (Jok/bdg)

Page 20: Kliping Berita Tanggal 24 Januari 2015

KLIPNG MEDIA

BAOIA}{ IIt}t{S $IIDA PIIRBAI[iiilA

Radar Banyrmas ' s'btu Jo1:1jJt'n"1j01s

I(ejaksaan Diminta Periksa IG3PURBALINGGA- Penyeli-

dikan perkara dugaan pe-nyimpangan pupuk bersub-sidi jenis ZA dan NPK untuksektor perkebunan tebu tahun20lL-20L2 kembali men-dapat tanggapan dari berbagaikalangan. Kejaksaan Negeridiminta berani rian mengam-bil langkah konkrit untukmemanggil dan memeriksaKomisi Pengawasan Pupukdan Pestisida (KP3) Kabu-paten Purbalingga.

Hal itu diungkapkan pegiatKesenian dan BudayawanPurbalingga, Agus Sukoco,Iumat (23l1). Ia menganalo-gikan, adanya pengawas itudinaungi undang- undang

€++Nah, peran KP3

dipertanyakan kalau sepertiini. Mereka jelas tahu dansudah saatnya kejaksaanmemeriksa jajaran KP3.Mulai dari pimpinannya

di provinsi maupunkabupaten yaitu SekretarisDaerah (Sekda) dan jajaranlain seperti polri dan dinas

.terkait

AGUS SUKOCO

dan memiliki peran dan ke-wenangan untuk mengawasi

pupu-k bersubsidi di tingkatpalingbawah. ]ika sampai adapenyimpangan, seharusnyamereka mengetahui.

"Nah, peran KP3 diperta-nyakan kalau seperti ini.Mereka jelas tahu dan sudahsaatnya kejaksaan memeriksajajaran KP3. Muiai dari pim-pinannya di provinsi maupunkabupaten yaitu SekretarisDaerah (Sekda) dan jajaranlain seperti poiri dan dinasterkaiti' jelasnya.

Peran kejaksaan terus me-ngusut kasus ini sangat di-tunggu masyarakat. Karena, ka-sus ini sudah Iama darr kejak-saan diyakini sudah memiliki

KP3 llrut BertangEungjawabil;{cia[saan

Sarnbungan dari halaman 7

buld. I ke hal. 10

I{anya saja, kemungkinanrnasih membutuhkan buktiyang lebih kuat.

Sehingga, belum mening_-i<atlian penl,elidikan menj adipenyidikan.

"Kami dukung kejaksaanmaju rnemberantas dan me-rryelesaikan kasus menonjolini. Segera periksa KP3 danriapatkan bukti- bukti kuatyang ada. Karena jika diru-rri.lt, I(P3 jelas ikut bertang-gungjarvabi' tambahnYa.

Sebelumnya Direkur LSMMandat Purbalingga, YudiaPatriana juga mengatakantim kejaksaan Purbalinggaharus menelusuri kerja KP3

Kahupatett Purbalingga."sesuai aturan Yang ada

dari Menteri Perdagangan,putrluk bersubsidi masukdala-'r kateg,ori barang dalampengawasan. Mulai dariproriusen sampai ke tingkat

paling bawah. Jika ada Pe-nyimpangan, maka kerjakomisi pengawas diPerta-nyakan. Inilah tugas kejak-sian menelusuri sejauh ma-na peran KP3 Purbalinggai'paparnya.

Menurutnya, komisi Pe-ngawasan seharusnYa me-ngetahui dan bisa mence-gahnya. Apalagi ini terjaditahun 2011- 2012 dan se-harusnya terpantau komisiitu. KarenanYa, sudah sern'a-

jarnya kejaksaan Purba-lingga juga melakukan Pe-meriksaan atau memintaketerangan komisi Penga-was saat itu.

Seperti diberitakan, Kejak-saan Negeri Purbalingga me-mbidik dua instansi, YaituBadan Pelaksana Penyuluhandan Ketahanan Pangan (BP-

PKP) Purbalingga dan Din-tanbunhut. Sejumlah orangtermasuk para penYuluh laPa-

ngan sudah dimintai ketera-ngan, namun bukaan sebagai

saksi. (amr/bdg)

B.\GI-\\ I II r\'1.\S S E-l DA K.\ BLIP-'\T IrN Pl,r R R,\LINGG-{

Page 21: Kliping Berita Tanggal 24 Januari 2015

KLIPNGMEDIABAOIN III]I'IA$ $EI}A PIJIBAIT!$OA

Radar

I(ep

Terkait PolemikLelang Parkir

PURtsALINGGA - i'art'amenjadi polemik, Kepala Di-nas Perhubungan, Komuni-kasi dan Informatika (DiP-hrrbkominfo) Kabupaten Pur'balingga Drs Yonathan EkoNugroho enggan berkomen-tar tentang kelanjutan ielangparkir tepi jalan umurn. I)i-temui Radannas di kornPlcksPendap a l)ipkortsunltl, Yr.r-

nathan m.eugaku tak bisaberkomentar lagi, terkait lelangyang sudah dua kali gagal lelang

tersebut."Kami masih menunggu

instruksi dari bupati. )adisaya tidak akan berkomentarteriebih dahulu (tentanglelang parkir tepi jglan urn-urn, red)," ujarnya singkat.

Ketika disinggung apakah

Banyumas. qro@

ala DlnhutkominfoPilih Bungkam

dirinva sudah diPanggilsecala khusus oleh BupatiPurbalingga Drs H SukentoRido Marhaendrianto MMterkait hai itu, Yonathanhanya mengangguk disertaidengan senJn-rman.Terpisah, beberapa juru

parHr yang diternui Radar-mas di lapangan, mengakutidak setuju dengan rencanaPemefintah l(abupaten (Pem-

kab) Purhalingga, untuk me-nveiah lcanp engelolaan parkirtr:pi jaian untlrm ke pihakketiga. Meleka beralasan, jikasampai diserahkan kgpadapihak ketiga, m.aka akan me-nlmlitkan jr"rru parkir. Sebab,

setolan parkir diPastikanakan naik.

"Saat ini, saja kami kesu-litan memenuhi target par-kil ya.ng diberikan. APalagidis r:rahl<an pihak ketiga.

I ke hal. 10

I KWAIASambungan dari halaman 7

Lantas kami makan aPa?"

ujar salah satu juru Parkir diJalan Iendral Soedirman,yang enggan dikorankannamanya.

Meski beberapa juru Parkirtidak setuju, masyarakatjustru mendukung Penge-lolaan parkir diserahkankepada pihakketiga. Hal itu,dimaksudkan agar pengelo-laan parkir di KabuPatenPurbalingga lebih profe-sional Iagi.

Tarif Parkir Disorot;,Muduh_mudahan iik; bupuril unruk menyerahkan \o.Tilfo. mcnurur bupari,

dikelola pihak ketila, ,'*" l:,"q:!]::ltl'5'tepi ia- tidak boleh pasrah begituparkir jiuir lebih"r;il;. tu",'1.:1T-Y-lcul ke per- saja'ketikatidakadasatupun

Tid.aksepertisaatini, r"oin mut<ail;***-11 di kala- pihakketigayangikutleling'

tak pernah *"*t".it]., ngan DPRD Purbalingga, Bupati justru memperta-

karcis parkir, .erl.rgtnii';i" *,""t-"]-ollpen-dapat'yakni nyakan leadership Kepalairrrrr narlrir manarit- ,,]ll adayangsetujupengelolaan Dinhubkominfo. Menurut-

iXl[,iX'fff;:;:'1|Jfffl Fl{iiiiii{;i_";"", di- nya, iika tidak uau yu,,g ir.ut

Parkir seped.a *oro, t u,ipi, kelola pihak ketiga dan 366 lelang, harus dikaji terlebih

di seluruh parkir repi iffi y"lt ti{al,< setuju, dengan dahulu kenapa sampai tidak

ffi:,tr#;*rii:.trT'"',xTi1"T:i1,r.",.e11iEJ#f i':::*'ffil"Tfi ilaruran adalah Rp 500i,"ji, trri"yu,,sikap'pasrah" pi-kebijakannyakepadabupati.

Agung, warga purbal6!'iu "as Perhubungan, Komu-. Bupati menegaskan, pi-

Kidul. '66' nikasidanlnformatika(Din-haknya tetap ingin penge-

Duakaligagallelang, pu.U, l'!k13info)- Kabupatenlolaanparkir tepi jalan um-repi jalan umum a1hiffi Purbalingga,,terkait lelangum dilakukan oleh pihakmenladi polemik di k;i;- P3lql t:pi jalan umum, di-

nganeksetutifdanlegisla-tif. kiritik Bupati Purbalinggapio kontra terkair keiigi;;; P,.If

,k:Uri,$?"X"T_ <J L -,v'

R/\cIA\ Hl r\'lAS SETD.\ KI\RL:PA]-EN PL-RB.\I-T\CiCi.\

Page 22: Kliping Berita Tanggal 24 Januari 2015

ketiga" Sebab, potensi parkiryang sudah dilakukan me-rupakan keinginan dariDinhubkominfo dan dila-kukan oleh lembaga surveyyang kredibel. "Kita tahusendiri berapa potensinya.|adi target lelang tersebutsudah masuk akali' katanya.

Ketika disinggung klaimDinhubkominfo bahwa ha-sii survey yang dilakukantidak mencerminkan po-tensi pendapatan parkirtepi jalan umum, selamasetahun, Bupati menyebut-kan Dinhubkominfo tidakperiu mencari alasan. "Sur-veTyang dilakukan menggu-nakan metode yang bisadipertanggungj awabkan.

Karena dilalukafo Ieh Iern -

baga survey yang kredibel.jadi jangan meragulen hasilsurvey tersebuti' ujarnYa.

Dia menyebutkan, jika Din-hubkominfo menyerah begitusaja, dengan tidak adanYapeserta ielang, maka hal ituakan mempengaruhi pen,dapatan asli daerah (PAD)."I(apan mau naiktarget PAD-nya kalau seperti ini terus.PAD sangat dibuturhkan untukmembangun Purbalingga,jadi saya minta agar kePaladinas mencari soiusi terbaiki'imbuhnya. (tyaltag)

Catur PeCimi$ Raih MedaliDi Porwil Dulongmas

PURBALINGGA - Belum juga digelar, Pengurus Cabang

P;il; Catur Seluruh indonesia (Pengcab Percasi)prrtUutlnggu, sudah melempar handuk'lalam perebutan

;;J"iiPiian olahraga wiiayah Kedu, Pekalo-ngan dsn

Bunw-u, (Porwil DJlongmas) 2015 di Magelang' Sep-

i*il"r -.t'raatang. Pen&b Percasi mengaku pesimis

uil"t yu.rg ada bisa bersaing dalam kejuaraan multi even

terbesar di wilayah Dulongmas tersebut'":'urrtrt trr"taiir medali perunggu menllrut saya cukup

,rrtii. S"tuU, atlet yang kami miliki saat ini kalah

aiiru"ai"gtun daerah la,In. Hampir dipastikan daerah

Lui" uf.u"""renurunkan MN (mister nasional' red)'S*Ju.rgt urr, kami masih belum memiliki MNi' jelas

Ketua "Pengcab Percasi Kabupaten Purbalingga Drs

i"U""" SE"kepada Radarmas ditemui di gedung Setda

Purbalingga, kemarin (n I 1).

Dia me"riambahkan, sebenarnya Kabupaten Pur-

t uti.tggu *"*iliki atlet andalan, yang selama ini menjadi

p."alifu"g medali bagi kontingg" l:tP,1li"gga, di

Lerbagai even. Yakni Muhammad Luthfi AIi' .

Nadun yang bersangkutan dipastikan tidak diper-

bolehkan meiigikuti Porwil Dulongmas, karena saat iniAli, sudah *.ri-r"gu.rg gelar mastei interna'sio.nal (MI)'

Menurut aturan yang ada, seorang MI takboleh turundi kejuaraan leveiprovinsi. 'Apatagi di Porwil Dulongmas

yurrg ,tut,-rrrrya di bawah Porprov (pekan Olahraga

Provinsi, red)," tambahnYa.Menurut Subeno, sebenarnya Kabupateh Purbalingga

masih memiliki ti$a atlet citur yang berbakai' yakni

sGli, r"a"rl. dan A$"rng. Namun kualitas mereka masih

iui,tr ai bawah atlei-atllt daerah lain' "lam terbang dan

""il"g "r.t"ta

kalah dengan atlet-atlet daerah laini'imhuhnya. (tya/bdg)

Page 23: Kliping Berita Tanggal 24 Januari 2015

KLIPINGMEDIA

BAGIN IIt]Il{A$ $SIDA PtlRBAIN,ffOA

Radar Banlrumas o Sabtu Pon 24 Januari 2015

Di depan Karaoke Bintang

TA terlibal cekcol dengan

Gitol dan lit.

GRAFIS ANK GUSWAI-I

Cek-Coh Tukang Parkir Disabet SanglnrrPURBALINGGA- Pengania-

gaan berat terjadi di wiiayahhukum Polres PurbalinggaKamis, (2211) malam. Iit DwiAnggriawan alias Anggi aliascepet, (25) warga RT 04/6Dusun Pagedangan yangberprofesi sebagai tukangparkir tidak resmi di GORmengalami luka sayat padabagian leher yang dilakukan TA(I9), warga RT 01/01 DesaBajong, Kecamatan Bukateja.Kejadian diawali dengan

keributan di depan Karaoke

Bintang Ialan Komino! antaraTA dengan Gitol dan korban.

TAyang emosi memukul Gitol.Tiba-tiba tanpa sebab yangjelas, TA juga memukul Iit.

Setelah aksi pemukulan, Iityang tidak terima kemudianpulang dan mengadukan ke-jadian tersebut kepada ayahdan temannnya, Adi. Merekasepakat utuk mencari ter-sangka yang sudah berani me-mukulkorban.

Kemudian ketiganya ber-boncengan dengan meng-

gunakan sepeda motor HondaBeat guna mencari tersangka.Setelah berkeliling mcncaritersangka, akhirnya merekabertemu di pintu masuk GORGoentoer I)arjono.

Setelah korban dan tersangkabertemu, percekcokan kembaliterj adi, dilanjutkan perkeiahianaiias duel antara TA dan IIT.Namun secara tiba-tiba, TAmencabut sangkur yang dib artadari rurnahnya dan mengayrn-kannya sehingga meugenaileher Iit. I ke hal. 10

n Gck- Golt,-sambungan dari halaman 7

Korban yang menderita lukadi bagian Ieher iangsung ro-boh. Setelah rnerobohkan Iit,IAlangsungkabur.

Keributan -r,ang terjadi ter-sebut diketahui oleh mas-yarakat karena lokasi itumerupakan temPat ramai.Korhan yang terluka kemu-dian langsung dilarikan keRSUD Purbalingga. Sejumlahpersonel dari Polsek Kotadatang ke Iokasi dan lang-sung melakukan pengejaranterhadap pelaku.

Kapolres Purbalingga AK-BP Anom Setiadji melalui

Kasat Reskrim Polres Purba-ligga AKP Djunaidi menje-laskan, saat ini tersangkasudah diamankan PolresPurbalingga untuk mem-pertanggung jawabkan Per-.buatanya.

Djunaidi menambahkan,akibat p erkelahian tersebut,korban mengalami lukaberai dan saat ini dirawat diRSUD Purbalingga. "Korbanmengalami luka horisontalpada bagian leher lebih 22

cmi' jelasnya.Selain itu, Polisi juga men-

yita satu bilah sangkur beri-kut sarungnya, sendal jePitkorbanyang ada noda darah,

iaket i eans yan g ;'u ga terdaPatnoda darahnya. (lok/bdg)

R {(;1AN HI,TN,I.A.S SE'fDA K.ABLII'ATEN PLTRBALINGG.\

Page 24: Kliping Berita Tanggal 24 Januari 2015

KLIPINGMEDIA

BAOIA}{ IIIIIIA-q $EIDA PIJIBAINffOA

Radar BanytrmaS o Sabtu Pon2[Januari2015

PALANG PEMBATAS: Untuk mengantisipasi kendaraan besarsebelum pengaspalan dan peresmi-an, prir*g pJmoatas masitr

Iembatan Linggamas Baru DiaspalRp 200 Iuta gamaspadaakhir.Ianuari2O15 patenBanlumas.Namunprin-

unruk 100 Meter it #iffi-l"j:ru:,:-iTilT ::lXffi::fn:il#j*,*URBALINGGA_ Ber. anggaran Rp 200, juta, unruk sehangmer.,cari materialnya,

dengan Kabupaten ur:::," pengaspalan di badan jem- k;;;# unruk skara kecil ka-

ilH tr'x*1till'#,i{* n1!: "*'ffi :. ?Tlt}lf ' :*,u,."Tf l;"n ;i,it*; ;i;, b, ;; ;H;i'J,'iflt: o. lul 115, ffJi: H;; ffi ll,t**iuil fi

:xrJffi yi

jalan itu adalah B ton."Kita Iihat saja ke depan,

semoga jalannya awet dantidak untuk kendaraan yangmelebihi tonase. Apalagi inimilik masyarakat dan harusikut menjaganyai' j elasnya.

Saat ini kondisi terakhiriembatan masih terdapatpalang untuk membat.askendaraan yang lewat. Ka-rena untuk mengantisipasitruk bermuatan besar ma-suk. Saat ini kendaraan rodaempat sudah bisa masuk,namun dengan ukuran ke-cil.(amr/bdg)

Ialan Raya DllebarkanI IGMIAIAN

Sambungan dari halaman 7

Sigit mengatakan, dalambuian yang sama akan dila-kukan persiapan untuk le-Iang pembenahan jalan rayaKedungbenda- Senon. "Ti-tik awal pekerjaan jalandimulai dar:i Kedungbendakarena kondisi jalannya pal-ing rusaki' tambahnya.

Sigit berharap,karena ma-suk jalan Kelas III, bobotmuatan atau angkutan yangdiperbolehkan maksimal di

B;\GI.A\ HLI\,IAS SETDA KABI-iPATEN Pl TRB.AI-NGIIA

Page 25: Kliping Berita Tanggal 24 Januari 2015

KTIPINGMEDIA

BAOIA}{ IIt]h{A$ $HIUA PIIIBAItrOOA

RadarBanyrmas o Sabtu Pon24Januari 2015

Warga DulcuhCikal Mulai MengungsiKARANGIAMBU-Warga Dukuh Cikal Desa

Jingkang Kecamatan Karangjambu benar-benarsudah resah dengan kondisi wilayahnya yang mulairetak dan terancam longsor. Iika hujan tiba, mereka

ramai-rar-nai mengungsi ke tempat aman. Relokasi

yang ditunggu belum juga terealisasi karena Pemkab

6a* me.raitangkan tim dari Badan Geologi untukmelak:kan survey terhadap lahan ielokasi.

Pengecekan lahan relokasi itu dilalsanakan tim ga-

bungan dari Badan Geologi Bandung BPBD Pur-

balirigga, Pemerintah Desa Jingkang dan Muspika,

Iumai (z:/ t1,. Hasil pengecekan tersebut nantinyaakan direkomendasikan kepada Pemda Purbalingga

untukmenentukaniahanrelokasi, I ke hal. 10

SURVEY: Badan Mitigasi Bencana GeologiBandung melakukan survey lahan relokasi, kemarin'

BAGIAN HI.IMAS SETDA KABI-TPATEN PURBALINGGA

Page 26: Kliping Berita Tanggal 24 Januari 2015

Siap Olielokasi SegeraI Wafga '"#13ilo,,*-elakukanpe-

Sambungan dari halaman 7 ngecekan dan penelitian di

iiPuttgut' nantinYa' akan

Kepala Desa ]ingkang, Bam- *ltuti"ttun analisis terhadap

bangHermanto mengatakan' keamana-n k'edua tempat

#:;;il;;,k rJeJ;;- tersebut'setelahdatadioiah

"#,t"r.I"ti"o""-rta"aotuti' nantinya Badan Geologi

;:ffi;;, ;d;;s"'";ih akan merekomondasikan

;;;;"#; pt;..s reloiasi ber- tempat untukrelokasiwarga

Iangsung. Dukuh Cikal''-rj?t.t"'"ro

menambahkan' "saatinibelumbisamemu-

selama ini saat t ';urt

tu*"' tuskantempatmanadaridua

;;J;a lansia danwanita dukuhyangdiusulkan'Proses

sudahmulaim".rg.-g'i';Suut analisis akan dilakukan di

il;;;;.s;-p""t'in cltut Bandungi' imluhnva'

sudah tidak tenang, a*"'" Kepala P.elaksana Badan

;ojilffi,;auiiu"ut ai Penanggulangan Bencana

betakangdu.i'uhikataya Daerah (BPBD) Purba-

Kad.es Jingkarrg menl"lus- Iingga' nl'-:,-l**oko SH

t"rr p"*"tl"triip",u'li"g l*fr *11qi:*" dasar re-

kang sudah *..g""ittitt komendasidariBadanGeo-

dua tempat yurrg t'u;ti-;ya logi ters-ebut nantinya akan

akan digunur.un '"Uug';i di"gunakan sebagai dasar

;"r"prG;karia"rrguni';ut l:*i1i1,**mpat utuk re-

7000Meterpe.r"gi'outiJ"u iokasi 36 KK Dusun Cikal'

i;ilJ t"ir"bui nantinya "Pemerintah ingin tempat

uf.uI aipifii't. Pemda akan relokasibena^r-benaraman'

memilih satu totasi tang jangan tlTpli tempat relo-

;;,h;;j'imbuhnva' kasi nantinva justru sama

Kepatatimtangggap daru- dengan kondisi di Dusun

rat bencana gerakan,"""r-t, cikai yang tanahnya labili'

Pusat vuttcaiologi dan Mi- k{TY1itg"tiu*.".;CE"r"sitPV- .Priyojugamenambahkan'MBG) Dr tr KusOlnis me- dalam waktu dekat ini' BP-

"*"t"lf."", udu d,u t"*put BD dan Pemeritah Desa

,I"g Jii"r.i vat"i o"iiui' Jingkang akan mendirikan

iIer,r,,s dan Dukuh Janei;;g t""1u ptttgt'ngsian untuk

;;;";li;*u;,;s. "^f;;;; warsa bukuh cikar' renda

temDatterseb.rt*"tufuftu" ters'ebut akan digunakan

..d;;;;;;Juiia.'u vuns sa{ hujan teriadi

nantinya akan di g""iftui "Desa dan BPBD masih

llrri"f.'*"."iokasi warga mencari lokasi yang aman

ili;h'aifui'katanya' dan d.ekat dengan Dusun"ii*iurrgssapdaruiatben- Cikali' imbuhnya'

;;;;;fi'#rgerak hanva Relokasi 36 KK akibat ta-

melakukan p"t'*fitiu" hi nah bergerakdi Dusun Ci-

dua tempat t"rr"tt'i' e;u;- kai' Desa ]ingkang sudah

;"pr-;;i;,""g disurvey ada- m11uk dalam APBD Pur-

i"f, r.onaili gJologi, keadaan balingga' -Saat ini' proses

tanah, keadaan ;;;;;;, danpiosedurrelokasisudah

;;;;l"ii-;; ii"gi""g"'i mulal dilatukan'(lok/bde)

Page 27: Kliping Berita Tanggal 24 Januari 2015

a

KTIPINGMEDIA

BAOIA}{ IIIJIIA$ $EI'DA PI]flBAIil{GGA

@t Baqlumas o Minggu wage 25 Januari 2015

FOGGING : Dinas Kesehatan melakukan fogging di Desadi wilayah ini terserang Demam Berdarah Dengue (DBD).

Bobotsari.

Bobotsari I(embali DifoggingBOBOTSARI-Warga Du-

sun 1, Desa Bobotsari ak-hirnya difogging. Hal inidilakukdn untuk mengatasikasus DBD yang telah me-renggut nyawa seorang ba-Iita di dusun tersebut.

Kepala Desa Bobotsari Dar-yoto mengatakan, foggingpada ]umar (2311) ini meru-pakan fogging ke Dua. Sebe-lumya fo gging pertama sudahdilakukan minggu lalu olehDinas Kesehatan Purbaling-ga danPuskesmas Purbaling-ga. "Semoga setelah selesaidifogging tidak ada lagi wargayang terkena demam ber-

darahi' harapnya.Daryoto menambahkan,

selain melakukan fogging,masyarakat juga sudah me-laksanakan gerakan Pem-basmian Sarang Nyamuk(PSN) melalui gerakan 3 M.Perbersihan salurair air a-tau tempat yang dicurigaisebagai sarang nyamuk jugasudah dilakukan.

"Pot bunga, got, kalengyang menyimpan air sudahdicek warga," tambahnya.

Ia mejelaskan, sampai |um-at ini tidak ada laporantambahan dari masyarakatyang terjangkit DBD. Se-

hingga, hanya adatiga balitawarga Desa Bobotsari yangpositif terkena DBD.

Daryoto berharap, masya-rakat bisa membiasakannhidup bersih. Sehigga, kasusDBD tidak kembali terulangdan tidakada lagi nyawa hilangakibat penyakit tersebut.

Seperti diberitakan sebe-Iurnnya, serangan DBD ter-jadi di Dusun 1, Desa Bo-botsari, Tiga Balita positifterjangkit DBD, dan satudiantara meninggal akibatterjangkit virus yang dibawanyamuk Aedes aegypti itu.-(lotlnag;

P UT UT/RA OAR MA S

Sebelumnya tiga balita

BAGiAN HUlv{AS SETDA iiABLIP.A.TEN PLIRBALINGGA

Page 28: Kliping Berita Tanggal 24 Januari 2015

KLIPINGMEDIA

BAOIA}{ IIIIINA$ $EI'}A PIJRBAII.IOOA

I

I

II

Sabtu Pon, 24 Januari 2015

,ffi$ffi 'ffi$g*$t**' *gk*ffi,ffi$ffiffirjffi

PURBALINGGA- Pejabat dilingkungan Dinas Pendidi-kan (Dindik) KabupitenPurbalingga menandatanga-ni pakta integritas. Penanda-tangan dilakukan bersamaandengan mutasi pejabat di

li:?t"rn" dindik, Jumat

Kepala Dindik Purbaling-ga Tri Gunawan mengatakanpenandatanganan pakta in-:te$iitas,:. Bahdah$:,, perlr:,,

:agar Pei ht,dalamr,rtelaksa..nakan tugasnya dengansungguh-sungguh dan pe-nuh tanggungjawab. Sesuaidengan peraturan perun-dang-undangan yang berla-ku serta dapat menjunjungtinggi kehor matan iuga mar-

Pejabat yang dimutasi ser-ta dikukuhkan sebanyak 88orang, terdiri kepala sekolahtingkai SD sejumlah 40

orang, tingkat SD sejumlah40 orang, tingkat SMP 15,orang,,. dart,,SLTA.,,,delapanorang. Sedangkan untuk pe-ngawas satuan pendidikansejumlah 13 orang dan peni-lik 12 orang," jelasnyi.

.,,. .Feny.eraLla.n.,Surat,,K+u-'tusan (SK) Mutasi dilakukanBupati Sukento Rido Mar-haendrianio. Dalam kesem-patan itu bupati menyampaikan agar pejabat di Iing-kungan Dindik bisa mene-rapkan Good Governancedm$a:n rnenadatan$ani pak-ta integritas.

"Pimpinan SKPD dalamsetiap pelantikan, mutasiatau promosi untuk menam-bah tanda tangan pakta inte-gritas. Selain itu, usai tandatangan pakta integritas ja-ngan disimpan di besi, ataudisimpen ditqci, tapi dipa-sang ditempat ditempat

,PAKI;,-4,INT,EG.fi dTAp'tlPejQbal,{:litiigkungan,D|n*s;,,,,',F-e.rrdi.d h, (D{1td,ik)',Ptribklin l.tng,nihd*tai,giii f akta

' Ih t egi; 1 4;".; trlir 4ki iwiiv:'tipdt i:S@nla Ri do Mar hdianlA iJumat ( 23 11). Foto : foko Santoso

kerja sebagai acuan dalam tandasnya. k*rtrrenjalankan tugasnya,"

irr:iiir:ii:::,'67*ikk

BAGIAN IIUN,{I\S SETDA K-{BLPATEN PURB.A.LINC,GA

Page 29: Kliping Berita Tanggal 24 Januari 2015

KLIPINGMEDIA

BAOIA}{ IIWA$ $[I}A PUIBAIilIGOA

Tf,fttwASAN Sabtu Pon,24 Januari 2015

ffi Finat Piata BuPati CilacaP

Persibangga akan Habis-habisan

CtI- eCef - fuiebelasan Persibangga(Purbalingga) merasa tak gentar dansiap melideni lawannYa, Persibas(Ba'nyumas), dalam babak final rur-nu*"tl Piala Bupali Cilacap, yang di-gelar di Stadion WijaYakusuma,Sab.t',tQ4/1) sore ini.

Kendati awalrrYa tidak diung-g"lk*, namun tim berjuluk Laskar

Soedirman ini malnPu menembus par-

tai puncak. Sebelumnya di pertandin-gan perdana, Persibangga mamPu

meriekuk tuan rumah I'SCS (Cilacap)

dengan skor 2-1. Di babak semi finalPerslibangga menang adu penalti 7-6

atas PPSM Sakti (Magelang). "Sudahtelanlur basah. Kendati diperkuat pe-

main lokal, nalnun kami mamPu melangkah ke partai final. Makanya kami,kar', habis-habisan di final," kata man-

ager Persibangga, MartoYo, Jumat(23/7).

Diungkapkan dia, Partai melawanPersibas selilu menarik untuk dinan-

ALL ot.IT: Tim berjuluk Laskar Soedirman ini siap tampil all out,menghadapi

Persibas, di babak fin'al Turnanrcn Piala Bupati Cilacap, di stadion wtlayakusuma,

Cilncap, Sabtu (241D sore ini.ilri Foto: loko Santoso

R AGIAN HLTT,TAS SE'TDA KARTTPA'I'EN PI]RB.{LINGG.{

Page 30: Kliping Berita Tanggal 24 Januari 2015
Page 31: Kliping Berita Tanggal 24 Januari 2015

KTIPINGMEDIA

BAGIN IIt]il{A$ $IIilA PIIIBAIINIilA

\qeevfr$&I3 Sabtu Pon, 24 Januari 2015

Siswa SMK Senangakt'tr"( dit( Pr ffimdlc

PURBALINGGA - Pelaksanaan Praktik Kerja Industri (Pra-kerin) bagi siswa Sekolah Me-nengah Kejuruan (SMK) lr€ru:pakan implementasi dari kebi-jakan sistem pendidikan nasional. Hal tersebut diungkapkan oleh Koordinator RadioSuara Perwira Purbalingga(RSP), Umang Sumarsono sa-at memberikan pendalamanmateri kepada para siswaSMK jurusan multimediayang mengikuti prakerin di ru-ang siar RSP.

"Setiap tahun kami mene-rima prakerin siswa SMK. Parasiswa dapat meningkatkan,memperluas dan memantap-kan keterampilan sebagai be-kal dalam memasuki lapangankerja yang sesuai dengan bi-dang keahliannya," ungkap-nya, Jumat Q3/1).

Ia menjelaskan, selama tigabulan para siswa prakerin dike-nalkan diantaranya membuatiklan dan jingle, memotong danmenggabung suara.

"Siswa diharapkan dapatmenambah dan mengembang-kan potensi ilmu pengetahuanselama melaksanakan prake-rin," ungkapnya.

Joseph Dwi Widianto siswakelas XI jurusan MultimediaSMK Widya Manggala Purba-lingga merasa senang bisamengikuti acara ini, sebabprakerin di dunia industri se-bagai upaya pendekatan un-tuk meningkatkan mutu sis-wa SMK.

:lii Menambah Bekal"Prakerin juga menambah

bekal untuk masa mendatangsaat nanti masuk dunia kerjayang semangkin ketat dalampersaingannya seperti di ma-sa sekarang ini," ungkap ]o-seph.

Hal senada diungkapkanPrisca Oktavia siswa kelas XITeknik Audio Video SMK Maa-rif NU Bobotsari,dengan pe-ngalaman kerja selama prakerin, kita diharapkan tidak ha-

nya dapat mencari lapangankerja tetapi juga menciptakanIapangan usaha sendiri.

Wakil Kepala SMK MaarifNU Bobotsari Ahmad Tohirinmengungkapkan, prakerinmerupakan salah satu upayauntuk mewujudkan tujuandari pendidikan, yakni untukmenciptakan sumber dayamanusia (SDM) yang professional

"Sekolahnya menyebar 525siswa dari semua program ke-ahlian untuk mengikuti Prake-rin selama tiga bulan," ungkapnya. lffi ST-skh

8.4.G1.\\ HLTI4AS SE,TDA LABT]PATEN PURBALINGGA

Page 32: Kliping Berita Tanggal 24 Januari 2015

r ri- -1":*4,l$i/ :';*

,:::::i:iii:it\ ;,:

ffi

ffi

.,iii::,:,

i,;;"iIII1,,I

II

r1

rftlffi

'irl,tt#rek!}xlwiitiiiiii.iii

*iu:.::iffil! i ril L.lifii :ii#li'; fiiffi

PRAKERIN;Siszoa SMK Maarif NLI

B obotsari men gikuri P raktek

Kerja Industri (Prakerin) diRadio Suara Perwira (RSP)

m il ik Pemkab P u rbal i n gga.';t',

Foto: loko Santoso