KAMUS SOSIOLOGI

download KAMUS SOSIOLOGI

of 63

  • date post

    18-Jun-2015
  • Category

    Documents

  • view

    9.565
  • download

    7

Embed Size (px)

Transcript of KAMUS SOSIOLOGI

KAMUS SOSIOLOGI A Abangan Golongan masyarakat yang menganut agama islam, tetapi tidak melaksanakan ajaran agama secara keseluruhan. Abstrak Merupakan gambaran singkat tentang isi keselurahan laporan penelitian. Abstrak Tidak berwujud, tidak berbentuk. Accomodation Proses sosial yang ditandai dengan pengurangan tuntutan Achieved Status merupakan status atau kedudukan seseorang yang di peroleh melalui usaha-usaha yang disengaja. Acting Lawless Crowds Kerumunan yang mempunyai tujuan tertentu dengan Adat Istiadat Pola perilaku anggota masyarakat dalam memenuhi semua kebutuhan pokoknya. Adat Suatu kebiasaan yang diulang-ulang dan telah menyatu dengan kehidupan masyarakat. Agama Sistem terpadu (susunan) yang terdiri atas kepercayaan dan praktek yng berhubunan dengan hal-hal suci dan bahwa kepercayan dan praktek tersebut mempersatukan semua orang yang beriman kedalam suatu komunitas yang dinamakan umat.

Agent of Change Seseorang atau kelompok orang yang mendapat kepercayaan masyarakat untuk menjadi pemimpin satu atau lebih lembaga kemasyarakatan. Akomodasi Penyesuaian sosial dalam interaksi antara pribadi dan kelompok manusia untuk meredakan pertentangan. Aksi Antisosial Suatu aksi yang menempatkan kepentingan pribadi atau kepentingan kelompok tertentu diatas kepentingan umum. Akulturasi Budaya Proses pencampuran dua unsur buday atau lebih yang bersifat melengkapi tanpa menghilangkan corak yang lama. Akulturasi Percampuran dua hal atau lebih yang bersifat melengkapi Ambiguitas Kemungkinan yang mempunyai dua pengertian; ketidaktentuan atau ketidakjelasan. Angket Daftar pertanyaan untuk menghimpun data yang diperlukan dalam suatu penelitian. Anti Konformitas Suatu pelanggaran terhadap norma-norma dan nilai jnilai sosial yang disengaja oleh individu atau sekelompok orang. Antisosial Grudge Rasa sakit hati atau dandam terhadap masyarakat atau terhadaap aturan sosialtertentu sehingga menimbulkan perilaku menyeleweng.

Antropologi

Ilmu pengetahuan yang mempelajari tentang keanekaragaman makhluk manusia beserta dengan kebudayaannya. Apatis Acuh tak acuh; tidak peduli; masa bodoh. Applied Science Ilmu terapan. Apresiasi Harapan dan tujuan untuk keberhasilan pada masa yag aka datang. Arbitration Akomodasi dengan mengunakan pihak ketiga sebagai pihak penengah yang dapat bersifat mengikat atau memaksa kedua belah pihak yang bertikai. Arbritasi Usaha perantara dalam meleraikan sengketa. Artikel Ilmiah Laporan yang berisi intisari dari laporan lengkap.

Ascribed Status Merupakan kedudukan yang diperoleh seseorang melalui kelahiran. Asimilasi Budaya Percampuran dua unsur budaya atau lebih yang berbeda yang berlangsung secara harmonis sehingga melahirkan suatu corak budaya baru yang serasi. Asimilasi Percampuran antara dua hal atau lebih secara homogen. Askripsi Cara untuk memperoleh kedudukan melalui keturunan.

Asosiasi Perhimpunan orang-orang yang mempunyi kepenting yang sama. Assigned Status Merupakan status atau kedudukan yang diberikan kepada seseorang karena dianggap berjasa. Asumsi Alternatif jawaban dari suatu masalah.

Audience Pengujung atau pendengar suatu ceramah. Avunkulokal Pasangan pengantin baru yang bertempat tinggal di rumah saudara laki laki ibu dari pihak suami. B Basic Institution Lembaga sosial yang dianggap sangat penting untuk memelihara atau mempertahankan tata tertib dalam masyarakat, bertempat tinggal berdekatan sehingga dapat saling menolong. Bilokal Pengantin baru yang menetap secara bergantian antara tempat kerabat istri dan kerabat suami. Biologis Berhubungan dengan keadaan dan sifat makhluk hidup.

C Celaan Merupakan tindakan kritik atau tuduhan terhadap suatu pandangan,sikap,dan perilaku yang tidak sejalan pada umumnya. Ciciliation Usaha untuk mempertemukan pihak-pihak yang berselisih melalui cara-cara yang damai dan rasional. Civilization Peradaban. Coercion Akomodasi yang pelaksanaannya dilakukan dengan paksaan. Commonplace Tindakan yang lazim. Community Masyarakat setempat.

Compromise Akomodasi dimana pihak-pihak yang terlibat diminta dapat mengurangi tuntutannya agar perselisihan dapat diselesaikan. Concugal Family Keluarga yang dibentuk berdasarkan hubungan perkawinan atau kehidupan bersama antara sepasang suami istri yang sah akibat pernikahan. Connubium Asimetris Hubungan perkawinan terdiri antara klan yang hanya Connubium simetris

Hubungan perkawinan antara dua klan secara timbal balik. Consequence Family Keluarga yang dibentuk berdasarkan pada hubungan darah dari sejumlah orang dalam kerabat. Cooperation Bekerja sama. Cresive Institution Lembaga sosial yang tumbuh dalam adat istiadat masyarakat sehingga menjadi lembaga sosial utama di dalam masyarakat itu. Crowd Kerumunan. Cultural Lag Adanya unsur-unsur dalam masyarakat yang berubah secara cepat, tapi beberapa unsur-unsur itu berkaitan erat dengan unsur-unsur yang berubah dengan sangat lambat. Cultural Shock Suatu kondisi ketika terjadi goncangan jawa atau mental seseorang atau sekelompok orang akibat belum adanya kesanggupan menerima unsur-unsur kebudayaan asing yang berbeda jauh dengan kebudayaannya dan datang secara tiba-tiba. Custom Adat istiadat yaitu norma yang telah mendarah daging dan menyatu dengan kehidupan masyarakat dalam masyarakat. D Data Empiris Data realita di lapangan.

Data Etnografi Data-data mengenai suku bangsa tertentu. Data Primer data yang diperoleh secara langsung oleh peneliti terhadap objek penelitian tanpa melalui perantara. Data Sekunder Yaitu data yang diperoleh peneliti melalui perantara (kolektor). Data sosial Semua keterangan atau kenyataan yang berada di dalam masyarakat yang berkaitan dengan segi kemanusiaan. Demografi Ilmu tentang susunan, jumlah dan perkembangan penduduk; ilmu yang memberikan uraian atau gambaran statistik yang mengenai suku bangsa yang dilihat dari sudut sosial politik; ilmu kependudukan. Demoralisasi Penurunan kualitas moral dengan pergaulan hidup, tetapi tanpa tuhuan tertentu.

Desain Penelitian Semua proses yang diperlukan dalam perencanaan dan pelaksanaan penelitian. Desentralisasi sistem pemerintahan yang lebih banyak memberikan kekuasaan kepad pemerintah daerah. Desersi Perbuatan) lari meninggalkan dinas ketentaraan; pembelotan kepada musuh; perbuatan lari dan memihak kepada musuh. Destruktif

Bersifat merusak; memusnahkan; menghancurkan. Diferensiasi Sosial Pembedaan penduduk atau masyarakat yang sifatnya betingkat. Difusi proses penyebaran unsur-unsur kebudayaan dan sejarah keseluruh dunia bersamaan dengan terjadinya proses penyebaran dan migrasi kelompok-kelompok manusia di muka bumi. Dikotomi pembagian atas dua kelompok yang saling bertentangan. Dinamika Sosial Gerak perubahan situasi di dalam masyarakat sebagai akibat dari proses sosial yang terjadi dalam masyarakat tersebut. Dinamis penuh semangat dan tenaga sehingga cepat bergerak dan mudah menyesuaikan diri dengan keadaan tersebut. Diskriminasi Pembedaan perlakuan terhadap sesama warga negara. Diskusi Kelas Sebuah seminar kecil yang dilakukan oleh siswa-siswa dalam kelasnya masingmasing. Diskusi Panel Diskusi yang dilakukn oleh sekelompok orang guna membahas suatu topik yang menjadi perhatian umum dengan menghadirkan beberapa ahli dalam bidang yang dijadikan topik diskusi. Disorganisasi Proses memudarnya atau melemahnya norma-norma dan nilai-nilai sosial dalam masyarakat karena adnya perubahan sosial dan perubahan budaya.

Diverse bermacam-macam. Doktrin suatu penentu sifat hubungan antar sesama dan hubungan antara manusia dengan Tuhan. Dokumenter Metode Pengumpulan data dengan cara mengambil data dari arsip. E Editing suatu kegiatan meneliti dan memeriksa kembali data- data yang telah dikumpulkan dari lapangan, terutama yang didapat dari kuesioner. Ejekan Tindakan membicarakan seseorang dengan menggunakan kata-kata kiasan,perumpamaan,atau kata-kata yang berlebihan,serta bermakna negatif. Ejudication Suatu penyelesaian sengketa melalui peradilan.

Ekologis Ilmu tentang hubungan penduduk dengan lingkunan alam, teknologi dan masyarakat manusia. Eksistensi keberadaan. Ekskusivitas Kecenderungan untuk memisahkan diri dari masyarakat. Eksogami

Pernikahan yang dilakukan dengan seseorang di luar lingkungannya. Eksperimen Laboratorium Pengamatan yang dilakukan di luar laboratorium dan peneliti memberikan pengalaman-pengalaman baru kepada objek secara umum, kemudian diamati hasilnya. Eksplisit Nyata atau realistis.

Eliminasi pengunduran diri salah satu pihak yang terlibat dalam konflik karena mengalah. Elite Kelompok kecil orang-orang yang terpandang atau berderajat tinggi. Empati keadaan mental yang membuat seseorang merasa atau mengidentifikasi dirinya dalam keadaan perasaan atau pikiran yang sama dengan orang atau kelompok yang lain. Empiris Ilmu pengetahuan tersebut didasarkan pada observasi terhadap kenyataan dan akal sehat serta hasilnya tidak bersifat spekulatif. Enacted Institution Lembaga sosial yang sengaja dibentuk untuk memenuhi tujuan tertentu yang berakar dari kebiasaan-kebiasaan dalam masyarakat.

Endemik

Penyakit yang terjangkit di suatu daerah tertentu; secara tepat terdapat di tempat-tempat atau kalangan orang-orang tertentu atau pada golongan suatu masyarakat. Endogami Pernikahan yang dilakukan dengan seseorang yang berasal dari lingkungannya sendiri. Etiket Tata cara dalam masyarakat dan sopan santun dalam upaya memelihara hubungan baikantara sesama manusia. Etnis Bertalian dengan kelompok soaial dalam sistem sosial atau kebudayaan yang mempunyai arti atau kedudukan tertntu karena keturunan, adat, agama dan bahasa. Etnosentrisme Sikap atau pandagan yang berpagkal pada masyarakat dan kebudayaan sendiri, biasanya disertai dengan sikap dan pandangan yang meremehkan masyarakat dan kebudayaan lain.

Evolusi Perubahan-perubahan yang memerlukan waktu lama dan ada serangkaian perubahan-perubahan kecil yang saling mengikuti dengan lambat pula. Extended Family keluarga luas. F F