Jawaban Ujian Tengah Smstr Ai

download Jawaban Ujian Tengah Smstr Ai

of 21

  • date post

    25-Nov-2015
  • Category

    Documents

  • view

    25
  • download

    0

Embed Size (px)

Transcript of Jawaban Ujian Tengah Smstr Ai

AKUNTANSI INTERNASIONAL

UJIAN MID SEMESTER(TAKE HOME)OLEH :

RENI DAHAR

1021221021

JURUSAN AKUNTANSI KEUANGAN DAN PASAR MODAL

PROGRAM PASCASARJANA UNIVERSITAS ANDALASPADANG2011

JAWABAN UJIAN MID SEMESTER (TAKE HOME)SOAL 1:

Sejarah Akuntansi Internasional dan trend kebijakan sektor keuangan nasional serta peran akuntansi dalam bidang usaha dan pasar modal global.

Jawab:

a) Sejarah Akuntansi InternasionalSejarah akuntansi merupakan sejarah internasional, kronologi berikut ini menunjukkan bahwa akuntansi telah meraih keberhasilan besar dalam kemampuanya untuk diterapkan dari satu kondisi ke kondisi lainnya sementara di pihak lain memungkinkan timbulnya pengembangan teres-menerus dalam bidang teori dan praktik di seluruh dunla. Berikut ini kita lihat sejarah Akuntansi Internasional: Double entry bookeeping (luca pacioli), Italia (Inggris (selanjutnya ke persemakmuran Inggris termasuk AS)Sistem pembukuan berpasangan (double-entry book keeping), yang umumnya dianggap sebagai awal penciptaaa akuntansi seperti yang kita ketahui selama ini, berawal dari negara-negara kota di Italia pada abad ke-14 dan 15. Perkernbangannya didorong oleh pertumbuhan perdagangan internasional di Italia Utara selama masa akhir abad pertengahan dan keinginan pemerintah untuk menemukan cara dalam mengenakan pajak terhadap transaksi komersial. Pembukuan Italia kemudian beralih ke Jerman untuk membantu para pedagang pada zaman Fugger dan Kelompok Hanseatik. Perkembangan Inggris Raya menciptakan kebutuhan yang tak terelakkan lagi bagi kepentingan komersial Inggris untuk mengelola dan mengendalikan perusahaan di daerah koloni, dan untuk pencatatan perusahaan kolonial mereka yang akan diperiksa ulang dan diverifikasi. Kebutuhan-kebutuhan mi menyebabkan tumbuhnya masyarakat akuntansi pada tshun 1850-an dan suatu profesi akuntansi publik yang terorganisasi di Skotlandia dan Inggris selama tahun 1870-an. Paktik akuntansi laggris memyebar luas tidak hanya di seluruh Amerika Utara, tetapi juga di seluruh wilayah Persemakmuran Inggris yang ada waktu itu.

Model Akuntansi Belanda ( diimpor ke Indonesia.Pada waktu yang hampir bersamaan, para filsuf hitvis di Belanda mempertajam cara menghitung pendapatan periodik dan aparat pemerintah di Prancis menemukan keuntungan menerapkan keseluruhan sistem dalam perencanaan dan akuntabilitas pemerintah. Model akuntansi Belanda digunakan di Indonesia. System akuntansi Prancis menemukan tempatnya di Polenisia dan wilayah-wilayah di Afrika yang ada di bawah pemerintahan Prancis, sedangkan kerangka pelaporan system Jerman terbukti terpengaruh oleh Jepang, Swedia. Perkembangan Akuntansi didukung oleh adanya pendidikan (munculnya sekolah bisnis) Seiring perubahan jaman dan perkembangan hubungan internasional, kerumitan akuntansi semakin menjadi b) Tren kebijakan sector keuangan nasionalPola kebijakan moneter ini menginformasikan bahwa kebijakan BI rate sampai saat ini lebih diekspektasikan untuk menjaga tingkat inflasi dan bukan diorientasikan menstimulus sektor riil secara langsung. Tren kebijakan sektor keuangan tidak terintegrasi dengan strategi dan kebijakan di sektor perdagangan dan industri. Kebijakan keuangan yang longgar bahkan cenderung membiarkan dan mendorong masuknya hot money, dan Indonesia akan tetap menjadi surga bagi investasi portofolio dunia. Sebagaimana kita ketahui di negara mana pun ukuran keberhasilan ekonomi bukan pencapaian sektor keuangan. Ini terbukti, sejak awal tahun, hampir semua negara sibuk memainkan kebijakan di sektor keuangan yang tujuan utamanya untuk menggerakkan sektor riil. Seperti misalnya, negara-negara maju dan berkembang yang terus berupaya menurunkan suku bunga mereka hingga mendekati nol dan melemahkan nilai tukarnya untuk mendorong sektor riil dan mengurangi pengangguran. Hal ini bertolak belakang dengan Indonesia, selama tahun 2010 Indonesia justru mengambil arah kebijakan yang berbeda dengan tren kebijakan keuangan negara-negara di dunia. Rupiah yang menguat justru dinilai sebagai kekuatan. Melambungnya IHSG dianggap prestasi, padahal ada ancaman terjadinya financial bubbles.c) Peran akuntansi dalam bidang usaha dan pasar modal globalBeberapa pemicu munculnya akuntansi internasional dapat disebutkan sebagai berikut .1. Salah satu pemicu utama munculnya akuntansi internasional adalah semakin luas dan besarnya jangkauan dan operasi MNC (Multi National Corporation). Dengan semakin besarnya jangkauan MNC ini, akan memengaruhi pasar uang dan modal internasional serta berbagai transaksi bisnis dan keuangan yang menyertainya misalnya dikemukakan oleh Jacoby (1970) tentang perubahan perusahaan dari skala domestik menjadi skala internasional :

Perkembangan perusahaan menyebabkan impor bahan mentah dari luar dan ekspor ke pasar internasional Membuka cabang-cabang penjualan di luar negeri Perusahaan memberikan lisensi atau franchising Pemilikan perusahaan di luar negeri baik melalui pemilikan sebagian, joint ventures, pemilikan seluruhnya Manajemen dengan multiorganisasi Perusahaan yang dimilki oleh beberapa perusahaan multinasional

2. Investasi di luar negeri yang dilakukan perusahaan, investor, pemerintah dan sebagainya

3. Fluktuasi keuangan yang disebabkan berubahnya sistem keuangan internasional yang menimbulkan munculnya risiko perubahan kurs valuta asing sehingga memerlukan informasi akuntansi

4. Meningkatnya harga sumber-sumber alam dan komoditi serta monopoli

5. Meningkatnya pertumbuhan ekonomi dan aspirasi dunia ketiga

6. Meningkatnya peranan pasar modal. Dari aspek Pasar Modal Global ditemukan berbagai indikator penting yang mau tidak mau memerlukan akuntansi internasional Beberapa indikator itu adalah sebagai berikut :

Cash flow dari transaksi overseas saat ini adalah US 1,4 triliun dollar per hari Ada kecenderungan volume capital market semakin meningkat Ada kecenderungan konsolidasi dan integrasi pasar modal dunia karena ;

Mengurangi transaction cost Masalah likuiditas Semakin besar suatu pasar bursa semakin baik7. Berubahnya Vision Pasar Modal, hal ini ditandai oleh :

Penggunaan Decimal Pricing dalam transaksi bursa Munculnya pasar yang saling terkait atau linked exchange Penggunaan Electronic Trading System di seluruh pasar modal Adanya Global Accounting Standard satu standar global Tidak ada lagi batas negara borderless country8. Pasar Modal USAPasar modal Amerika termasuk pasar modal yang paling cepat menjadi pasar global. Pada tahun 1999 di pasar bursa NYSE (New York Stock Exchange) terdapat 1200 perusahaan asing yang terdaftar (listed) di pasar modal USA yang berasal dari 56 negara. Bayangkan semua perusahaan ini wajib mengikuti standar akuntansi negaranya. Dari 56 negara ini memiliki 56 standar akuntansi yang saling berbeda, dan merupakan 32% dari seluruh kapitalisasi pasar (market capitalization) di NYSE.SOAL 2:

Jelaskan variabel yang mempengaruhi perkembangan akuntansi di seluruh dunia dan diskusikan pengaruh setiap variabel tersebut secara singkat. Jelaskan juga kenapa perbedaan akuntansi antar negara semakin lama menjadi semakin kabur (tidak nyata).

Jawab:

a) Variable yang mempengaruhi perkembangan akuntansi di seluruh duniaStandard dan praktek akuntansi disetiap Negara merupakan hasil dari interaksi yang kompleks diantara factor ekonomi, sejarah, kelembagaan dan budaya. Dapat diduga akan terjadinya perbedaan antar Negara. Factor-faktor yang mempengaruhi perkembangan akuntansi nasional juga membantu menjelaskan perbedaan akuntansi antar bangsa.

Ada 8 faktor yang memiliki pengaruh yang signifikan terhadap perkembangan akuntansi, antara lain :1. Sumber Pendanaan

Dalam sistem berbasis kredit dimana bank merupakan sumber utama pendanaan, akuntansi memiliki fokus pada perlindungan kreditor melalui pengukuran akuntansi yang konservatif dalam meminimumkan pembayaran dividend an menjaga pendanaan yang mencukupi dalam rangka perlindungan bagi para pemimpin.

2. Sistem Hukum

Menentukan bagaimana individu dan lembaga berinteraksi.

3. Perpajakan

Peraturan pajak secara efektif menentukan standar akuntansikarena perusahaan harus mencatat pendapatan dan beban dalam akun mereka untuk mengklaimnya untuk keperluan pajak.

4. Ikatan Politik dan Ekonomi

Integrasi ekonomi melalui pertumbuhan perdagangan dan arus modal internasional merupakan pendorong kuat akan konvergensi standar akuntansi.

5. Inflasi

Menyebabkan distorsi terhadap akuntansi biaya historis dan mempengaruhi kecenderungan suatu negara menerapkan perubahan harga terhadap akun-akun perusahaan.

6. Tingkat Perkembangan Ekonomi

Faktor ini mempengaruhi jenis transaksi usaha yang dilaksanakan dalam suatu perekonomian dan menentukan manakah yang paling utama. Pada gilirannya, jenis transaksi menentukan manakah yang paling utama.7. Tingkat PendidikanStandar dan praktik akuntansi yang sangat rumit akan menjadi tidak berguna jika disalahartikan dan disalahgunakan. Pengungkapan mengenai resiko efek derivatif tidak akan informative kecuali jika dibaca oleh pihak yang berkompeten. 8. Budaya

Disini budaya berarti nilai-nilai dan perilaku yang dibagi oleh suatu masyarakat. Variabel budaya mendasari pengaturan kelembagaan disuatu negara.

b) Perbedaan akuntansi antar Negara semakin lama menjadi semakin kabur (tidak nyata)

Karena: Dukungan terhadap International Financial Reporting Standards (IFRS) sebagai standar tunggal pelaporan keuangan yang berkualitas semakin meluas. Semakin banyak negara yang mengadopsi IFRS, sehingga pada akhirnya IFRS dapat digunakan di seluruh dunia. Karena pada kenyataanya tiap negara memiliki standar akuntansi yang berbeda satu sama lainnya, karena perbedaan latar belakang nasional, keunikan iklim bisnis, serta adanya perbedaan kebutuhan dari pemakai laporan keuangan. Dengan IFRS ini diharapkan masalah pe