Haluan kepri 14jun15

Click here to load reader

  • date post

    22-Jul-2016
  • Category

    Documents

  • view

    337
  • download

    0

Embed Size (px)

description

Haluan kepri 14jun15

Transcript of Haluan kepri 14jun15

  • KULINER

    Editor: Nando , Layouter: SyahrilCMYK

    HAL 8

    INDEKSKilau Batu Akik Sihir Masyarakat HAL 5

    Ponsel Huawei Y3 Bertema Batik HAL 6

    Kolombia Vs Venezuela, Pembuktian Falcao HAL 17

    HAL 9

    CMYK

    KORAN LOKAL TERBAIK

    DI INDONESIA

    Harian Umum

    Mencerdaskan Kehidupan MasyarakatWebsite: www.haluankepri.com

    HARGA ECERAN Rp2.500,

    KRITIK & SARAN : 085264088880

    INFO BERLANGGANAN : 085374539090

    Minggu, 14 Juni 201526 Saban 1436 HTERBIT 24 HALAMAN,NO 14/6 TAHUN KE 14

    OTOMOTIF

    M a u S u k s e s ? T i d u r l a h L e b i h A w a l HAL 15Lezatnya Ayam Bakar Lada Hitamala Kedai Bunda All New Nissan Lebih "Segar dan Manis"

    Lafadz Cinta di Negeri Sunyi HAL 13

    Marshanda

    WisudaKONTROVERSI terhadap sikapMarshanda di jejaring sosialdan berbagai media, ternyatatidak bisa dipandang sebelahmata. Di tengah hujatanbertubi-tubi dari segelintirmasyarakat, Marshandapun mampu menorehkanprestasi membanggakan.

    Lama menempuh pen-didikan jurusan public re-lations di salah satu uni-versitas swasta bertarafinternasional di Jakarta,bintang film 'Kalau Cin-ta Jangan Cengeng' iniakhirnya dinyatakanlulus dengan meraihgelar sarjana.

    Dibalut jubah wi-suda merah dengan togadi atas kepalanya, terpancarkebahagiaan dari wajahjanda cantik satu ini. Takhanya berbagi momenkelulusan, aktris yangakrab disapa Chacha inijuga memamerkan kehadirankeluarga besarnya di hari ter-akhir sebagai mahasiswi.

    Aktris yang pernah me-nyanyikan daur ulang laguKisah Sedih di Hari Minggu ini,awalnya sedih karena sempattak ditemani ibunda dansaudaranya. Namun se

    Wisuda Hal 7

    THAILANDBANTAI INDONESIA

    Kubu Aburizal Hal 7

    BATAM (HK) Setelah dua hari kritis, Rahmat binSamsuri (45), pelaku penikaman istri dan kakakiparnya di Pengadilan Agama (PA) Batam akhirnyameninggal dunia. Rahmat menghembuskan nafasterakhir di ruang ICU RSBP Batam, Sekupang,

    Sabtu (13/6) siang.

    INGAPURA (HK) Mimpi Indonesiauntuk meraih me-dali emas cabangsepakbola di SEA

    Games 2015 Singapura kan-das. Tak cuma kandas, Indo-nesia juga menanggung malubesar setelah dibantai lima goltanpa balas oleh Thailand da-lam babak semifinal di Sta-dion Nasional Singapura, Sab-tu (13/6) malam WIB.

    Thailand betul-betul tampildominan pada laga ini, seolah-olah para pemain Timnas In-donesia U-23 tak diberi nafasuntuk mengembangkan permai-nan. Nurul Sriyankem menjadimotor kemenangan Thailandmembantai Indonesia.

    Aksi individual Nurul me-ngecoh tiga pemain bertahanIndonesia pada menit ke-13menjadi awal petaka bagi In-donesia. Meski tendangan diasempat ditahan kiper TeguhAmiruddin, bola muntahnyalangsung disambar RungratPhumichantuk.

    Nurul yang dijuluki Lionel

    Messi dari Thailand menjadikreator gol kedua negaranya pa-da menit ke-29 ketika umpansepak pojoknya diselesaikanoleh tandukan Thitiphan Pua-ngjan. Skor 2-0 ini bertahan hi-ngga babak pertama berakhir.

    Enam menit babak keduaberjalan, sundulan Rungrat ya-ng tak terkawal barisan perta-hanan Indonesia mengubah skormenjadi 3-0. Gol itu terciptaberkat umpan silang Nurul darisisi kiri pertahanan Indonesia.

    Lima menit berselang, Naru-badin Weerawatnodom mengu-bah skor menjadi 4-0. Dia ber-hasil memanfaatkan bola sapuanpara pemain bertahan Indonesiayang mengarah ke dirinya.

    Sempat membuang sejuml-ah peluang, Thailand menam-bah pundi-pundi golnya men-jadi lima lewat tendangan Cha-nathip Songkrasin pada menitke-89. Kembali, kesalahan ko-ordinasi di lini belakang men-jadi penyebab.

    Ada empat pemain Thailand

    Thailand Bantai Hal 7

    Pelaku Penikaman di PA Batam Tewas

    Betul, pelaku telahmeninggal tadi, kataKepala Unit ReskrimPolsek Sekupang IptuMarzuki Zan? saat di-temui di Markas Pol-sek Sekupang.

    Seperti diberita-kan sebelumnya, Rah-mat nekat menikam

    istrinya Sri Astuti (37)dan kakak iparnya Umi

    Qoriah (43) karena tidak

    terima digugat cerai di ruangtunggu PA Batam, Sekupang,Kamis (11/6) sekitar pukul 11.-15 WIB. Akibatnya, Sri Astutikritis dan dirawat di RS AwalBros, sementara Umi Qoriahmeninggal dunia dalam per-jalanan ke rumah sakit akibatluka tusukan. Usai menikamkeduanya, Rahmat berusahabunuh diri dengan menusukkanpisau itu ke perutnya.

    Dalam kondisi kritis akibat

    luka tusuk yang sangat lebar dibagian perut, Rahmat dilarikanke RSBP (dulu RSOB-red) diSekupang untuk mendapat pe-rawatan. Tapi, selama dua haridirawat di rumah sakit milikBP Batam itu, Rahmat belumsempat keluar dari kondisikritis meski telah mendapattransfusi 11 kantong darah.Luka robek di perut dan ba-nyak mengeluarkan darahmembuat kondisi pelaku se-makin lemah, kata Marzukikemarin.

    Hingga berita ini diturun-kan, jenazah Rahmat masihberada di ruang jenazah RSBPBatam. Pihak keluarga masihmengurus administrasi peng-ambilan jenazah pelaku baik ke

    Pelaku Penikaman Hal 7

    Kubu Aburizal Akan RebutKantor DPP Partai Golkar

    JAKARTA (HK) RapatPimpinan Nasional (Rapimnas)VIII yang diselenggarakan Par-tai Golkar versi kepengurusanMunas Riau yang digelar olehkubu Aburizal Bakrie, memu-tuskan agar Kantor Dewan Pim-pinan Pusat (DPP) Partai Gol-kar di Jalan Anggrek NellyMurni, Slipi, Jakarta Barat,harus segera direbut dari kubuAgung Laksono. Sebab, me-nurut kubu Aburizal, secarahukum, DPP Partai Golkar hasilMunas Riau 2009 lah yang sahberdasarkan putusan Penga-dilan Negeri Jakarta Utara.

    Rapimnas merekomenda-sikan agar dapat mengambilalih Kantor DPP Golkar di Slipi,Jakarta Barat, kata KetuaKomisi A Samsuddin Mandja,membacakan salah satu poinrekomendasi dalam rapimnas,di Hotel Shangrila, Jakarta,Sabtu (13/6).

    Sekitar seratus kader yanghadir langsung menyambutrekomendasi tersebut secaraantusias. Ada yang memintapengambilalihan kantor ter-sebut dilakukan sesegera mu-ngkin. Malam ini juga (ambilalih), teriak sejumlah kader

    bersahutan.Rapimnas juga merekomen-

    dasikan agar DPP Golkar me-laporkan ke kepolisian jika adaoknum mengatasnamakan Par-tai Golkar dengan mengacu padahasil Munas Ancol. Sebab, meskisudah mendapat pengesahandari Menkumham, namun ke-absahan Munas Ancol sudahdibatalkan oleh pengadilan.

    Selain itu, rapimnas jugamerekomendasikan agar Mu-nas Riau kembali didaftarkanke Kementerian Hukum dan

    Dinilai Terlalu Tua Jadi Kepala BIN

    Sutiyoso: JK Lebih Tua

    JAKARTA (HK) Ketua UmumPartai Keadilan dan PersatuanIndonesia (PKPI) Sutiyoso me-nanggapi kritik yang mem-pertanyakan usianya yang ter-lalu tua untuk dicalonkan se-bagai Kepala Badan IntelijenNegara (BIN). Menurut Sutiyoso,layak atau tidaknya seseorangmenduduki jabatan strategisnegara harus dilihat dari ke-siapan, pengalaman, dan hasilkerjanya.

    Ia mencontohkan sekaligusmembandingkan keadaannyaitu dengan Wakil Presiden JusufKalla (JK), yang telah memasukiusia 73 tahun. Pak JK lebih tuadari saya, tugasnya lebih beratdari saya, kok bisa? ujar Su-tiyoso sebelum memimpin Ra-pat Pleno PKPI di Hotel GrandCempaka, Jakarta Pusat, Sabtu(13/6). Sekarang pilih tua tetapisehat kayak aku, apa pilih mudatetapi loyo, ujar mantan Gu-bernur DKI Jakarta itu.

    Seperti diberitakan,penunjukan Presi-

    den Jokowi kepadaSutiyoso sebagai

    kepala BIN me-nuai kontro-

    v e r s idari se-jumlah ang-gota DPR, penga-mat intelijen, hingga pegiathak asasi manusia (HAM).Anggota Komisi I DPR dari

    Fraksi PDIP TB Hasanuddin,misalnya, menyatakan kebi-ngungannya lantaran usia Su-tiyoso yang sudah mencapai 70tahun. Usia ini dianggap sudahsangat tua untuk mengembantugas sebagai Kepala BIN.

    Meski berasal dari partaipendukung pemerintah Jo-kowi-JK, TB Hasanuddin takserta-merta akan memudah-kan Sutiyoso dalam uji kepa-tutan dan kelayakan (fit andproper test) calon Kepala BINdi Komisi I DPR. Terlebih lagi,menurut Hasanuddin, Sutiyo-so saat menjabat sebagai Pa-nglima Kodam Jaya turut ber-tanggung jawab atas penye-rangan kantor PDI d i Ja lanDiponegoro Nomor 58, Men-teng, Jakarta Pusat pada 27 Juli1996. Hasanuddin pun me-ngaku akan mengklar i f ikas i

    peran Sutiyosodalam peris-t iwa yangdikenal de-ngan sebu-tan Kuda-tuli itu.

    Sutiyoso

    Sutiyoso: JK Hal 7

    S

    I N T

    INDONESIA KALAH Pemain Thailand Daosawang Artit (kiri) dan Weerawatnodom Narubadin berebut bola dengan pemain Indonesia Munawar Yandi Sofyan dalam babak semifinal SEAGames 2015 di Stadion Nasional Singapura, Sabtu (13/6) malam WIB. Indonesia gagal melaju ke final setelah kalah telak 0-5.

  • Editor: Nando , Layouter: Mario

    Wawancara 2Minggu, 14 Juni 2015

    Ketua KPU Husni Kamil Manik

    Inflasi, Dana Pilkada MembengkakPEMILIHAN kepala daerah (pilkada) se-rentak, yang untuk pertama kalinya akandigelar Desember 2015 nanti, berangkat darigagasan menghemat anggaran daerah.Juga untuk meminimalisasi konflik atausengketa pascapilkada. Tapi, yang terjadi,justru dana yang diperlukan membengkakdari Rp5 triliun pada pilkada pada periodesebelumnya menjadi Rp6,7 triliun padapilkada serentak ini.

    Rata-rata dana yangdiajukan daerah untukpelaksanaan pilkadamembengkak dibandingalokasi yang telah disetujuidalam Anggaran Pendapa-tan dan Belanja Daerah(APBD) 2015. Khusus untukpilkada tahun ini, anggaranpilkada diambil dari APBDkarena masih dalam masatransisi dari pilkada yangtidak serentak sebelumnya.Selain itu, keterlambatanpencairan dana pilkadaberpotensi menghambatproses pelaksanaan pilkada.

    Ketua Komisi PemilihanUmum (KPU) Husni KamilManik menjelaskanpembengkakan dana takdapat dihindari karenamengikuti laju inflasi.Sebab lain, "Ada penambah-an item, terutama biayakampanye. Apalagi se-karang ada 18 daerahotonomi baru, itu menam-bah indeks kenaikananggaran."

    Di tengah masalah itu,DPR justru mengajakBadan Pemeriksa Keuangan(BPK) mengaudit KPU.Tekanan lain adalahkeinginan merevisi UUPilkada. Hal ini terkaitdengan konflik internal didua partai, Golkar danPartai Persatuan Pemban-gunan (PPP).

    Berikut wawancaralengkap dengan Ketua KPUHusni Kamil Manik diJakarta beberapa waktulalu.

    Apa yang membuatbiaya pilkada mem-

    bengkak secara signifi-kan?

    Itu disebabkan olehadanya penambahan item,terutama biaya kampanye.Kemudian tentu inflasi.Tidak mungkin sama harga-harga yang berlaku se-karang dengan harga limatahun yang lalu. Kapan punakan diselenggarakanpilkada, apabila semakinlama, semakin tinggi inflasiyang harus diperhatikan.

    Untuk memfasilitasikampanye, itu sesuaidengan Undang-UndangNomor 8 Tahun 2015 dankita tidak bisa lari dari

    undang-undang. Apalagisekarang ada 18 daerahotonomi baru, itu menam-bah indeks kenaikananggaran. Belum lagi dalamrentang waktu 5 tahun initerjadi pemekaran diwilayah administratiftingkat kecamatan, tingkatdesa, yang dilakukan olehpemerintah kabupaten. Jadibukan karena KPU inginbanyak mendapat anggaranuntuk dikelola.

    Bukankah tujuanpilkada serentak itu

    untuk efisiensi?Efisiensi pilkada

    serentak belum bisadisimpulkan karena,faktanya, hanya sembilandari 32 provinsi yangmenyelenggarakannya.Efisiensi akan didapatkanapabila (pemilihan) ditingkat kabupaten/kotasatu kali.

    DPR meminta BPKmengaudit anggaran

    pilkada?Kami mendapat penjela-

    san dari anggota BPK,Agung Firman Sampurna,bahwa permintaan audit ituuntuk pilkada, sumber danapilkada dari APBD, danposisinya ada di daerah.Dalam rapat pimpinandengan KPUD provinsi,disampaikan agar merekamenyiapkan diri untukkooperatif dengan prosesaudit yang dijalankan BPK.

    Hasil audit BPK ter-akhir, KPU mendapatpredikat wajar denganpengecualian....

    Yang menjadi per-masalahan, ada sekitarRp17 miliar yang masihharus dipertanggungjawab-kan. Yang paling besar ituada di Provinsi Jawa Timurdan Kabupaten Blora.Masing-masing Rp7miliaran. Kemudian soalsistem pengendalianinternal yang menjadicatatan harus diperkuat.Hasil audit lazimnyabegitu. Ada temuan, cuma-besar kecilnya temuan saja.Temuan pasti ada. Laporankeuangan pemerintah jugawajar dengan pengecuali-an, kan. Kira-kira laporankeuangan KPU rata-rata

    sama dengan laporanpemerintahlah.

    Dalam audit, BPKmenemukan adanya badanpenyelenggara ad hoc daerahyang belum menyerahkanbukti pertanggungjawabanbelanja operasional....

    Ini menjadi pembelaja-ran bagaimana agar dalammemfasilitasi anggaran,badan ad hoc KPU kabupat-en/kota harus menyiapkanatau menyajikan pertang-gungjawaban yang kuatsehingga nanti, jika badanad hoc-nya bubar, merekatidak akan sulit lagimencari-cari pertanggung-jawaban itu. Persoalan dibawah kan memang variatif.Yang akan ditelusuri olehinspektorat kami itu adalahbagaimana penyelesaian-nya, pertanggungjawabanatas hasil audit BPKtersebut.

    KPU daerah menjadiujung tombak pelaksan-

    aan pilkada serentak.Bagaimana kesiapannya?

    Kami memastikansemua daerah telah memili-ki dana untuk penyelengga-raan pilkada langsungsecara serentak. Sampaihari ini kami sudah menda-patkan laporan, ada 139daerah yang sudah menan-datangani NPHD (naskahperjanjian hibah daerah)antara KPU dan pemerintahdaerah. Kemudian ada 125kabupaten/kota yang sedangmembahas dan menyetujuibesaran anggaran yang adatapi belum ditandatangani.Kemudian ada lima daerahyang pembahasannya belumsama sekali menemukantitik temu antara KPU danpemerintah daerah.

    Proses rekrutmenanggota PPS (panitiapemungutan suara) danPPK (panitia pemilihankecamatan) mayoritasdaerah juga sudah tuntaswalaupun ada beberapadaerah tertentu kekuranganpersonel yang memenuhisyarat. Peraturan KPUmembatasi masa kerja paracalon hanya boleh dua kaliikut penyelenggaraanpilkada.

    Apa kendala pem-bahasan anggaran di

    daerah?Kami tidak tahu secara

    spesifik apa masalahnya.Secara umum daerah yangterlambat ini adalah daerahyang akhir masa jabatankepala daerahnya padasemester pertama 2016.Mereka sejak awal belummenyediakan anggarankarena alasan belum adaperintah undang-undang.Undang-Undang Nomor 1Tahun 2015 baru terbitpada Januari 2015. Kemudi-an Undang-Undang Nomor 8Tahun 2015 baru terbitpada Maret 2015. Tapisebagian besar daerah yangsejenis mampu menyedia-kan anggaran. Dari 68daerah yang akhir masajabatan kepala daerahnyajatuh pada semesterpertama, tinggal lima yangbelum menuntaskan.

    Daerah yang anggaran-nya tidak cair akan

    ditunda penyelenggaraanpilkada?

    Apakah pemungutansuaranya akan ditunda,masih ada waktu untukmengevaluasinya. Belumsaatnya untuk menyatakanbahwa (pilkada) akandipindahkan ke 2017.

    Ada 10 peraturan KPUterkait pilkada dan

    kabarnya yang paling alotpembahasannya soal

    pencalonan?Yang membuat alot itu

    adanya permintaan DPRuntuk mengakomodasipartai politik yang sedangmempersengketakan SKMenteri Hukum dan HAM.Nah, ini memang tidakdiantisipasi dalam undang-undang, baik dalam UUNomor 1 Tahun 2015maupun UU Nomor 8 Tahun2015.

    Sebenarnya masalah inisudah muncul pada Oktober2014. Tapi luput diperhati-kan oleh pembuat undang-undang, yakni DPR danpemerintah. Karena tidakada dalam undang-undang,tidak ada dasar hukum bagikami untuk memasukkansecara spesifik partaipolitik yang kepengurusan-nya sedang bersengketa. Iniyang pembahasannyapanjang. Permintaan DPRagar itu dimasukkan dalamperaturan KPU pem-bahasannya sulit menemu-kan titik temu sampaiakhirnya kami tidak bisamemasukkannya secaraspesifik.

    Permintaan apa dariDPR?

    Ada permintaan putusanperadilan terakhir padasaat tahapan pencalonanitu dilakukan yang dijadi-kan rujukan. KPU tetapmerujuk pada Undang-Undang Peradilan TataUsaha Negara bahwa yangpunya legalitas untukdirujuk adalah putusanyang berkekuatan hukumtetap.

    Kapan permintaan itudisampaikan?

    Rapat konsultasi yangdilakukan Komisi II.Kemudian, pada rapatkonsultasi yang dilaku-kan pimpinan DPR,permintaan inijuga diulang.

    KPU merasa adaupaya intervensi?

    Ketika para pihakmemberikan usulan kepadaKPU, KPU tetap akanmemperhatikan yangmemberikan masukan. Tapiputusan akhir ada padaKPU. Kami mengambilkeputusan secara inde-penden. Siapa pun bolehberpendapat. Saya kira halyang wajar semua yangpunya kepentingan meng-inginkan KPU mengakomo-dasi kepentingannya.

    Tapi kami tetap berpe-doman pada apa yangmenjadi kewenangan kami.Kami bekerja sesuai denganporsi kewenangan yangkami miliki. Kami tidakmerasa diintervensi dansebagainya oleh para pihak.Tentu tidak hanya DPR,tapi mungkin pihak lainjuga.

    Pihak lain itu pemerin-tah?

    Tidak juga secaraspesifik. Bisa sajaada

    masyarakat yang menyam-paikan aspirasi juga tapimenyampaikannya beru-lang-ulang, itu juga sesuatuyang terjadi.

    Belakangan, ada rencanaDPR merevisi UU Pilkadaagar putusan pengadilanterakhir bisa diakomoda-si....

    Yang berwenang mem-buat aturan perundanganitu adalah pemerintah danDPR. Biarlah proses itu adadi sana. KPU pada posisimenunggu apa yang menjadiproduk hukum yang diter-bitkan. Kami tidak ikutberpolemik soal itu.

    Bukankah usul revisimemang datang juga dari

    KPU?Kami sejak awal menya-

    takan permintaan itu tidakpunya dasar hukum,sehingga kemudian dibutuh-kan dasar hukum. Dasarhukum untuk penyelengga-raan pilkada adalahundang-undang. Jadi,

    logikanya, undang-undangnya yang

    harus diisidengan aturan

    yang dibutuhkan itu.Itu sesuatu yang tidak

    penting siapa yang men-gusulkan. Yang palingpenting adalah yangdiajukan (DPR) itu tidakpunya dasar hukum, danyang membuat Undang-Undang DPR dan pemerin-tah.

    Jika nanti akhirnyadiputuskan ada revisi?Kalau ada perubahan

    aturan selagi ada tahapanyang belum berjalan danmemungkinkan untukdilakukan perubahan,perubahan akan dilakukan.Tapi, kalau tahapan sudahselesai lalu ada perubahanaturan, dirujuknya nantipada putaran pilkadaserentak selanjutnya.

    Untuk kasus PartaiGolkar, PTUN memutus-kan SK Menteri Hukum

    tidak berlaku?Semua yang sedang

    bersengketa harus berpe-doman pada Peraturan KPUNomor 9 Tahun 2015 Pasal34-36. KPU tetap akanmenggunakan putusan yangberkekuatan hukum tetap.

    Sepanjang belum adaputusan hukum tetap,

    KPU masih akan meng-gunakan SK Menteri

    Hukum terakhir?Tentu keputusan itu

    akan diambil ketikatahapan pencalonan telahberjalan. Bukan sekarangmenentukannya, tapi nantitanggal 26-28 Juli 2015.Jadi tidak perlu juga kitaberandai-andai kalautahapan itu dilakukanbesok hari. Masih adawaktu. Ini juga dinamikasedang berproses, kita ikutisaja. (dtc)

  • CCCCC MMMMM YYYYY KKKKK Editor: Jhoni F., Layouter: Abi Hamdani

    Metro BatamMinggu, 14 Juni 2015 3

    Di-PHK, Pekerja Hotel Indah DemoBATAM (HK) Sebanyak 11 pekerja tempathiburan karaoke di Hotel Indah, Lubukbaja,menggelar aksi unjuk rasa, Sabtu (13/6) siang.Para karyawan yang tergabung dalam SerikatBuruh Sejahtara Indonesia (SBSI) ini mintadipekerjakan kembali setelah diberhentikansecara sepihak oleh manajemen hotel.

    Koordinator aksi demo,Faisal, menilai alasan mana-jemen Hotel Indah melaku-kan pemutusan hubungankerja (PHK) terhadap dirinyadan 10 rekannya tidak masukakal. Bahkan, ia menilai ma-najemen cenderung bertindaksewenang-wenang denganmencari-cari kesalahan mere-ka untuk dijadikan alasanmelakukan PHK. "Alasannyatidak tepat untuk memecatkami. Intinya, kami inginhak-hak kami sebagai kar-yawan dipenuhi. Ini tidak sa-ma sekali," kata Faisal.

    Faisal menilai PHK ter-hadap mereka terkait dengankasus terkuncinya remotekontrol di dalam room ka-raoke beberapa waktu lalusehingga para tamu mengelu-hkan kondisi itu. Manajemenmenilai kasus ini terjadi kare-

    na kelalaian mereka. "Pada-hal terkuncinya remote kon-trol itu sebenarnya kesalah-an sistem dari manajemensendiri, namun pihak mana-jemen menyalahkan kami ya-ng bertugas malam itu hinggaberujung pemecatan sepi-hak," ungkap dia.

    Direktur Indah Hotel, PiaAnita Zaini, membantah jikasudah memberhentikan parakaryawan secara sepihak. Dis-ebutkan, sembilan dari se-belas karyawan itu belumdikontrak atau dijadikan kar-yawan tetap. Namun merekamasih dalam masa pelatihanselama tiga bulan terhitungdari 1 Desember 2014 hingga1 Maret 2015. Sedangkan duaorang lagi, diberhentikan ka-rena masa kontrak merekamemang sudah habis.

    "Kalau masa training

    dan kontrak habis, kan me-mang hak perusahaan un-tuk melanjutkan kontrakatau bagaimana. Kami jugabisa menilai karyawan sep-erti apa yang akan diper-panjang kontrak atau di-jadikan karyawan setelahmasa training. Kan dilihatdulu dari kinerja mereka se-belumnya," kata dia.

    Selain itu, ia juga menolakkeras untuk mempekerjakanpara karyawan sesuai arahandari Dinas Tenaga Kerja (Dis-naker) Kota Batam. Pasalnya,tidak ada aturan yang meng-haruskan perusahaan memper-manenkan karyawan yang ha-bis masa percobaannya. "Jikamereka sebelumnya karyawantetap, sah-sah saja memintauntuk dipekerjakan kembali.Tapi mereka masih berstatuskontrak dan training. Tidak adaaturan yang mengharuskan halitu," tegas Pia.

    Menurutnya, alasan tidakmenjadikan para karyawan se-bagai pekerja kontrak atau se-bagai karyawan tetap, karenadilihat dari pekerjaan yangmereka lakukan. Ada beberapahal aneh yang terjadi sehinggamerugikan perusahaan. "Salahsatunya memang masalahroom karaoke yang tidak ber-fungsi. Awalnya hanya dua ro-

    Polda Kepri Gelar Donor DarahBATAM (HK) Polda Ke-pri menggelar kegiatan sos-ial berupa donor darah dankhitanan massal di KepriMall, Sabtu (13/6). Selainuntuk memperingati HariBhayangkara ke-69 yangjatuh pada 1 Juli menda-tang, kegiatan yang rutindigelar setiap tahun ini me-rupakan salah satu bentuknyata kepedulian Polda Ke-pri terhadap sesama.

    "Kegiatan bakti sosialberupa donor darah dankhitanan ini sudah meru-pakan agenda rutin yangkami gelar setiap tahun,"kata Kapolda Kepri BrigjenPol Arman Depari dalamsambutannya saat mem-buka acara itu.

    Dalam kesempatan itu,Arman mengajak semua ko-

    mponen masyarakat untuktidak takut mendonorkandarahnya. Selain mendap-atkan pahala karena telahmembantu sesama, donordarah juga sangat baik danbermanfaat untuk mening-katkan kesehatan pendo-nor. "Donor darah sangatbaik manfaatnya bagi kese-hatan pendonor untuk itumari beramai-ramai donordarah," kata Arman.

    Terkait khitanan mas-sal, Arman mengajak ma-syarakat untuk datang bera-mai-ramai membawa an-aknya ke Kepri Mall untukdikhitan. "Kegiatan ini takkalah pentingnya dibandingaksi donor darah. Khitananini untuk membantu ma-syarakat yang tidak mam-pu," ucapnya.

    Kabid Humas Polda Ke-pri AKBP Hartono menga-takan bakti sosial berupadonor darah diikuti satker-satker di lingkungan PoldaKepri. Targetnya terkumpul300 kantong darah yang ak-an disumbangkan ke PalangMerah Indonesia (PMI) KotaBatam. Untuk khitanan,kata dia, ditargetkan seban-yak 100 anak dikhitan. "Tar-get lebih kurang 300 kan-tong darah dan 100 khitananmassal," ujarnya.

    Hartono menambahkan,selain donor darah dan khit-anan massal, perayaan HUTBhayangkara tahun ini jugaakan diisi dengan serangka-ian kegiatan lainnya, seper-ti gotong-rotong bersamawarga, penanaman pohondan lain sebagainya. (par)

    PARIADI/HALUAN KEPRI

    DONOR DARAH Sejumlah anggota Polda Kepri melakukan aksi donor darah di Kepri Mall, Sabtu (13/6). Kegiatansosial ini digelar dalam rangka perayaan HUT Bhayangkara ke-69 yang jatuh pada 1 Juli 2015 mendatang.

    om, dan hari berikutnya malahsemua tidak berfungsi. Ini kananeh. Kami juga menemukanbukti bahwa mereka bermaindi dalam. Saat kejadian, kamijuga sudah mencoba meng-hubungi pengawas dan teknisi,tapi tidak ada tanggapan samasekali. Waktu itu saya memangsedang di luar kota," jelas dia.

    Ia juga mengharapkan pa-ra karyawan yang diberhenti-kan tidak berdemo lagi kare-na pihaknya tidak bisa meng-abulkan permintaan yang di-ajukan. "Kondisi ini jelasberdampak buruk pada ting-kat pengunjung yang menu-run drastis. Kami tidak mu-ngkin mempekerjakan orangyang tidak berkompeten dibidangnya. Kami minta de-ngan sangat agar para man-tan karyawan ini tidak ber-demo lagi, karena tidak mu-ngkin akan kami kabulkan.Jika masih seperti ini, kemu-ngkinan hotel akan tutup danberimbas pada karyawan la-innya," pungkasnya.

    Aksi demo karyawan inisudah berlangsung sejak 23Mei 2015 lalu. Unjuk rasaberkelanjutan ini membuatjumlah pengunjung karaokemaupun tamu yang mengi-nap di hotel itu mengalamipenurunan. (ren/btd)

  • Editor: Jhon, Layouter: Mario

    Laporan Utama 4Minggu, 14 Juni 2015

    STT- IBNU SINA BATAMMENERIMA MAHASISWA BARU

    UANG PANGKAL : 1,1 JUTAUANG KULIAH : Rp. 665.000 per bulan

    Bebas biaya pembangunan, praktek dan ujian semesterInformasi Via SMS Hub: 081355447257, 089667385385, 08127000284

    PROGRAM SARJANA UNGGULAN (S1) :PRODI : TEKNIK INDUSTRI (TERAKREDITASI)

    BIDANG KEAHLIAN :

    1.Teknik dan Manajemen Perusahaan

    2.Teknik Produksi dan Pengembangan Produk

    3.Perancangan Sistem Kerja dan Ergonomio

    PRODI : TEKNIK INFORMATIKA (TERAKREDITASI)

    BIDANG KEAHLIAN :

    1.SOFTWARE ENGINEERING

    2.HARDWARE DAN NETWORKING

    3.MULTIMEDIA

    Tersedia Kelas Reguler A:- Pagi, Siang, Malam dan ship (senin jumat)

    - Kelas Reguler B : Jumat, Sabtu, minggu

    Tempat Pendaftaran :Kampus STT-Ibnu Sina BatamJl. Teuku Umar Lubuk Baja Batam

    Gelombang I : Des 2014 - 14 Peb 2015Bebas biaya daftar,Kuliah mulai 24 Pebruari 2015

    Gelombang II : Maret Mei 2015Biaya Pendaftaran Rp. 100.000

    III : Juni - 12 Agustus 2015Biaya Pendaftaran Rp. 200.000

    Daftar Online : htt//sttibnusinabatam.ac.id

    PROGRAM STUDI :-S1 Pendidikan Agama Islam ( PAI )-S1 Muamalah / Hukum Ekonomi Syariah ( HESy )-S1 Pendidikan Guru Raudhatul Athfal ( PGRA )

    WAKTU PENDAFTARAN

    I. Pendaftaran Semester Genap Dimulai Bulan Januari Maret 2015

    II.pendaftaran Semester Ganjil Dimulai Bulan April Agustus 2015

    WAKTU KULIAH

    I. Perkuliahan Semester Genap Dimulai Bulan Februari 2015

    II.Perkuliahan Semester Ganjil Dimulai Bulan September 2015

    BEASISWABagi mahasiswa

    Berprestasi dan kurang mampu

    dari

    BIAYA KULIAHUang Pangkal Rp. 800.000,-

    Uang semester / bulan Rp. 625.000,-

    TERAKREDITASI BAN-PT B

    1.Bebas Uang Gedung & Uang Ujian

    2.Di Cover Asuransi Kecelakaan

    3.Jaminan Kesehatan Klinik Ibnu Sina

    4.Dapat Buku Tabungan Bank Bukopin

    5.Dapat Tabungan Dari BMT

    SEKOLAH TINGGI AGAMA ISLAM ( STAI )IBNU SINA BATAM

    MENERIMA MAHASISWA BARU TA 2015 / 2016

    CONTACT PERSON

    Siti Jubaidah ( 0812-6171-3090 ) Reno( 0813-6496-9583 )

    Hendra( 0877-8085-1094 )

    Tempat Pendaftaran :Kampus STAI IBNU SINA BATAM

    Gedung Lantai 3Jl. Teuku Umar Lubuk Baja BatamEmai : [email protected]

    Kelas Khusus Pegawai / PekerjaStai Ibnu Sina Batam Membuka KelasPegawai Tanpa Mengganggu Tugas /Rutinitas Mereka Dalam Bekerja. DimanaPerkuliahan Dilakukan Hari Sabtu & Minggu

    Lembaga Pendidikan

    Winner Batam Education

    Visi kami menjadi kreatif, inovatif danbermanfaat langsung kepada masyarakat Batam.Kami menggunakan metode pembelajaran ISE,hasil penggabungan kemampuan intelektual,spritual, dan emosional yang sederhana dan teruji.Kami sediakan mengacu pada kurikulum sekolah,perguruan tinggi maupun dunia kerja saat ini.

    Informasi & Pendaftaran

    Ruko Alexandria Blok B8 No 48 Simp.Kara

    Batam Center-Kepri 29461

    Telp: (0778) 7801-090/ Hp 081364311784

    Email: & Facebook: wbeducation

    .

    [email protected]

    KPBI Merangkul Semua Pecinta BatuDEMAM batu akik sepertinya telah merambahke semua kalangan di masyarakat. Memakaibatu akik, kini tidak lagi hanya sekadar ase-soris biasa tetapi telah menjadi penandalevel atau status bagi si pemakainya.

    Johni FLiputan BatamLiputan Batam

    Besarnya animo masya-rakat terhadap batu akikjuga ditandai dengan menja-murnya para pedagang batuakik mulai dari emperan tokohingga ke mal-mal. Bahkanpenjualan batu akik juga me-nggeliat di pasar online. Begi-tu luar biasanya apresiasimasyarakat terhadap batuakik yang merupakan bagiandari khasanah budaya bangsamemicu sekelompok pecintabatu akik untuk membuatwadah yang dinamakan Ko-munitas Pecinta Batu Indo-nesia (KPBI).

    "Komunitas ini baru di-resmikan pada bulan April2015 dan Batam khususnyadipercaya menjadi tempatterbentuknya KPBI yang me-naungi para pecinta batu dariseluruh Indonesia," ujar AKPHaris Rambe, selaku KetuaKPBI kepada Haluan Kepri disela-sela acara kontes batuakik tingkat naional di CityWalk, Nagoya Batam.

    Menurut Haris, komuni-tas ini diresmikan oleh Wa-gub Kepri, Soeryo Respationodan orang-orang yang dudukdi jajaran pengurus berasaldari berbagai kalangan profe-si mulai dari pengusaha, bi-rokrat dan politikus. Merekatidak hanya berasal dari Ke-pri tetapi juga dari perwak-ilan seluruh Indonesia diant-aranya Aceh, Bengkulu, Pa-dang dan Ambon. Dan Harismerasa bangga ditunjuk se-bagai ketua karena saat inikomunitas batu akik yangeksis dan memiliki iven-ivenkegiatan yang jelas jumlah-nya tidak banyak.

    "Batam merupakan salahsatu kota yang banyak pecin-ta batu akik tapi selama inimereka tidak memiliki wa-dah untuk saling berkomuni-kasi. Karena itulah KPBI inidibentuk untuk pecinta, peb-isnis batu akik dari beragamprofesi. Dalam komunitas initidak hanya khusus batu sajatetapi juga ada Iven Organiz-er (IO), DJ dan marketingyang siap merancang danmempromosikan agenda yangakan dilaksanakan," kataHaris yang mengaku jugamenyukai dunia bisnis.

    Untuk bergabung dalamkomunitas ini, lanjut Haris,cukup dengan membayar ad-ministrasi sebesar Rp200ribu maka anggota komuni-tas akan mendapatkan keme-ja, stiker dan kartu anggota.Dan saat ini jumlah anggotakomunitas ini telah menca-pai 235 orang se-Indonesiadan untuk Batam jumlahnyasebanyak 140 orang.

    "Sesuai dengan tujuanpembentukan komunitas iniuntuk meningkatkan budayabatu nusantara yang sangatkaya juga untuk meningkat-kan perekonomian pedagangbatu. Maka komunitas inimemiliki iven-iven yang bisamenjembatani pedagang un-tuk menjual batu kepada pa-ra pecinta batu salah satunyamelalui kontes batu yangsaat ini berlangsung,"paparperwira polisi kelahiran So-rong, 20 Juli 1978 ini.

    Haris menjelaskan, da-lam iven kontes batu yangberlangsung saat ini diikutioleh 52 stand dari seluruhIndonesia. Dimana, iven initidak hanya menjual batutetapi dikemas dengan me-narik menampilkan berbagaiacara seperti hiburan, talkshow tentang batu akik , le-lang batu, jumpa lovers danpenampilan para model. "Da-lam satu hari uang yang ber-putar di iven ini mencapaiRp60 sampai Rp70 juta kare-na pengunjung tidak hanyamasyarakat Batam tetapijuga banyak wisatawan dariSingapura, Malaysia danThailand," jelas Haris.

    Dalam waktu dekat, KP-BI juga akan menggelar ac-ara Germsstone Ramadhan,Internasional Germsstone2015 yang diikuti pesertadari Thailand, Brunai Da-russalam, Singapura danMalaysia. Selain itu Harisjuga menggandeng HaluanKepri untuk melakukan pe-nelitian adventure batutourmalin di Lingga. "Jadike depan acara-acara kitasudah jelas dan tersusun,"imbuh Haris.

    Berbicara tentang kolek-si batu akik, Haris ternyatatelah memiliki ratusan kole-ksi batu dengan bermacam-macam jenis diantaranyabatu bacan, sisip naga, rafle-sia, tapak jalak, batu jahan-am dan batu pancawarna.Diantara koleksi tersebutKasubag Remintahti PoldaKepri ini, paling favorit de-nan batu bacan yang saat inipaling diburu para pecintabatu. "Saya menyukai batuaki sejak bergabung dengankomunita ini. Dan ternyatabatu akik ini telah menjadiasesoris yang meningkat-kan level seseorang, sepertimemakai batu bacan," tutupHaris sembari memperli-hatkan koleksi batu bacanyang dipakainya.

    Batu Berkhasiat

    Seorang pengujung pame-ran, Nico, sengaja datang un-tuk membeli batu yang su-dah lama diburunya yaknibatu jahanam yang berasaldari Pulau Maluku.Kononbatu tersebut memiliki kha-siat yang bagus untuk kese-hatan. Untuk satu keping di-jual Rp50 ribu dan ukuran se-dang ditawarkan Rp150 ribu.

    Menurut penjual, batutersebut bisa menyembuh-kan semua jenis penyakit,caranya yaitu direndam da-lam air beberapa saat lama-nya, lalu diminum airnya ma-ka akan menetralisir semuaracun dalam tubuh. "Sayamau berhenti merokok, kat-anya batu ini bisa mensuges-ti agar menjauhi rokok," ujarNico.

    Nama batu Jahanam ter-sebut diperoleh dari para pe-ngusaha pemburu batu akikyang ada di Maluku Utara.Batu ini disebut Jahanamkarena batu tersebut memil-iki keanehan yang unik, sep-erti mampu mengobati berb-agai penyakit dalam perut.

    Selain Batu Jahanam, ba-tu permata fenomenal dariKebupaten Kepulauan Nias

    "Sigori Lafau" juga memilikisejuta kelebihan. Tak heranharga batu tersebut, untukjenis kalung seberat 250gram, dibandrol dengan hargaRp15 miliar.

    Sedangkan untuk bong-kahan kecil yang sudah ber-bentuk batu cincin, dibandroldengan harga Rp750 ribu perbatu akik.

    Batu Permata Sigori La-fau ini, hanya ada dalam pe-rut bumi Gunungsitoli, diwilayah Kepulauan Nias, Su-matera Utara.

    Menurut sang pemilikkonter Gemstone AnugrahPermata, Lutfi, salah satukelebihan itu dalam batu ter-sebut diklaim memiliki em-pat macam kandungan logammulia yang sangat berharga.Diantaranya, biji emas, per-ak, intan dan permata.

    Selain itu dengan tam-

    pang sangar Batu SigoriLafau, dipercaya memilikikhasiat dan mampu menjadimedium atau alat mediasiuntuk tolak balak bagi si em-punya batu.

    Batu akik lainnya yangjuga banyak diburu para pe-cinta batu adalah, Badar BesiMerah dari Bumi Kebumen,Jawa Tengah. Batu ini memi-liki kadungan mineral dansangat langka.

    Batu Akik Badar BesiMerah, umumnya berasaldari sungai Luk Ula, yangberada di sebuah desa di Ka-bupaten Kebumen, Jawa Te-ngah. Untuk pangsa pasardan harga dari Batu AkikBadar Besi Merah relatifdan sesuai selera pembeli.

    "Untuk harga cukup mu-rah, standar dan sesuai den-gan corak, motif dan keindah-an batunya. Ada yang diban-drol dari ratusan ribu, hinggapuluhan juta rupiah per batuakiknya," kata Bob Dewo, se-laku pemilik Konter Gem-stone X Lukulo Kebumen.

    Dijelaskan Bob Dewo, ha-sil peneliti ahli geologi, BatuBadar Besi Merah ini berasaldari lempengan kerak bumiyang terkubur ribuan tahundalam perut bumi. Yaitu ber-fungsi untuk penyeimbangPulau Jawa, sehingga batuini juga disebut sebagai batuprasejarah yang sudah adasejak zaman purbakala.

    "Di Indonesia sendiri,Batu Badar Besi Merah inibanyak digemari oleh parakolektor-kolektor batuan danpara ahli geologi. Namun,banyak juga kolektor batuanyang berasal dari luar negriuntuk datang ke Kebumen,yang khusus untuk mencariBatu Badar Besi Merah ini,"ungkapnya. ***

    Tips Mengenal Keaslian Batu Akik1. Berat: Permata atau batu akik asli lebih berat dibandingkan dengan yang palsu.

    Jika dipegang akan terasa lebih padat.2. Suhu: Secara alami sebuah batu asli lebih dingin dengan kaca/sintetis. Cara tes

    bisadilakukan dengan menempelkan pada bagian kulit yang sensitif di bagian tubuh kitaseperti pipi, leher, atau pada bagian lipatan siku lengan.

    3. Memanaskan: Membakar pada bagian batu. Jika batu itu terlihat gosong danmeninggalkan bekas yang susah terhapus dapat dipastikan batu itu palsu. Batu asli jikadibakar akan tampak basah, seperti berminyak tapi setelah dihapus akan hilang seketika.Begitu juga, setelah dipanaskan batu asli biasanya cepat dingin, sedangkan yang palsupanasnya bertahan lebih lama.

    4. Membenturkan: Jika Anda memiliki dua batu yang diyakini sama-sama batu asli,jika dibenturkan satu sama lain biasanya keluar percikan api. Cara mengetesnya bisadilakukan di tempat gelap untuk memastikan ada percikan.

    5. Meneteskan air: Batu asli jika diteteskan air pada bagian permukaannya yang licintidak akan pecah (bukan metode baku).

    6. Serat: Batu asli alam secara umum memiliki serat alami. Permata sintetis atauyang terbuat dari kaca terlihat bening. Meskipun dalam batu sintetis terdapat seratbiasanya terlihat tidak alami, seperti ada semacam gelembung yang disebabkan saatproses pembuatan terdapat udara yang terperangkap di dalamnya. (net)

    AKP Haris RambeKetua Komunitas Pecinta Batu Indonesia

    JF/HALUAN KEPRI

    PERPUTARAN uang setiap hari di lokasi pemeran batuakik di Nagoya City Walk mencapai hingga Rp70 juta.Tampak para kolektor memilih aneka batu akik.

    JF/HALUAN KEPRI

    PENGUNJUNG pameran batu akik tidak hanya datang dari warga Batam tetapi jugapecinta batu akik dari Singapura dan Malaysia.

  • Editor: John, Layouter: ParlinCCCCCMMMMM YYYYY KKKKK

    IptekMinggu, 14 Juni 2015 6

    Ponsel Huawei Y3 Bertema BatikBANDARLAMPUNG (HK) PT Huawei Tech Investment (HuaweiIndonesia) memperkenalkan telepon genggam Huawei Y3 kemasyarakat Lampung dengan mengusung tema batik terdapatpada theme dan packaging desain batik.

    "Ponsel pintar denganspesifikasi unggulan itu,didedikasikan untuk Indo-nesia dengan desain khususbatik," kata Area Sales Ma-nager Sumatra Huawei In-donesia, Eddy, dalamperkenalan produk HuaweiY3, di Graha Pattimura,Bandarlampung, Jumat.

    Ia menyebutkan, HuaweiY3 adalah smartphone yangmemberikan kemudahanuntuk penggunanya, dengandesain batik yang khusus did-edikasikan bagi Indonesia.

    Batik, lanjutnya, merupa-kan kultur atau budaya Indo-nesia sehingga perusahaanyang berada di Shenzhen,Republik Rakyat Tiongkok itumendedikasikannya untukmasyarakat Indonesia.

    Selain itu, smartphoneini mampu bekerja padakelembaban tinggi, 5--95persen yang sesuai dengankeadaan iklim di Indonesia.

    "Huawei Y3 juga mampubertahan pada suhu ekstrem 50derajat celsius," katanya lagi.

    Ponsel pintar Huawei Y3juga dilengkapi dengan tek-nologi quick snapshot, dualLED, dan humidity yang tidakdimiliki ponsel lain, dan se-

    mua fitur ini dikemas denganharga terjangkau.

    "Harga Huawei Y3 diban-drol di bawah Rp1 juta," kat-anya pula.

    Kualitas premium yang di-desain khusus untuk masya-rakat Indonesia ini bertujuanmendukung Program IndonesiaBroadband Plan yang sedangdigerakkan pemerintah.

    Sebagai ponsel peralihan,Huawei Y3 menyajikan ke-mudahan, seperti user inter-face yang sederhana, sehing-

    ga memudahkan bagi penggu-na pemula (early adopter).

    Fitur quick snapshot jugamemungkinkan pengguna me-ngambil foto tidak sampai satudetik tanpa membuka tombolkunci."Selain memiliki sensorlayar sentuh berukuran 4 inci,Huawei Y3 juga dilengkapi den-gan kamera depan 2 MP danbelakang 5 MP yang dapat diak-tifkan dua klik saja," kata dia.

    Ponsel dengan kualitas pre-mium dan harga terjangka uimbuhnya(ant)

    BBM Bakal Punya Fitur Baru?AKUN resmi BlackBerry Mes-senger (BBM) di Twitter belumlama ini berkicau. Akun terse-but mengungkapkan bahwaada satu hal baru yang bakalhadir di aplikasi chatting mil-ik BlackBerry ini.

    "Suatu hal yang baru akandatang," tulis akun @BBM itu.

    Sayangnya, baik akuntersebut maupun pihak Blac-kBerry, masih bungkam peri-hal fitur misterius baru yangakan diusung oleh BBM.

    Sebuah blog yang mem-bahas produk-produk Black-Berry, N4BB, punya analisistersendiri terkait fitur barutersebut. Menurut sang pe-nulis blog, JT Teran, tidak adahal baru dari segi fitur untukupdate BBM baru nanti.

    Menurut prediksi Teran,

    seperti dikutip KompasTe-kno dari blog N4BB, Senin(1/6/2015), BBM akan men-dapatkan pembaruan tam-pilan Material Design.

    Tampilan Material De-sign sendiri adalah tampilanyang diusung Google untukantarmuka Android 5.0. De-sain tersebut memiliki ciri

    khas yang datar dan responsyang diklaim lebih cepat.

    Mengingat tampilan ter-sebut menyesuaikan diri den-gan Material Design, tam-paknya update tampilan diBBM terbaru hanya ditujukanuntuk platform Android saja.

    Saat ini, tampilan BBMdi platform Android me-

    mang memiliki desain yangsama persis dengan BBMuntuk BB OS 10. Sementa-ra itu, BlackBerry sudahmendesain tampilan BBMuntuk iPhone agar sejalandengan desain iOS 8.

    Berdasarkan informasi itu-lah, Teran memprediksi bahwakini giliran BBM untuk Androidyang bakal mendapatkan pem-baruan dari segi tampilan.

    Dalam perjalanannya,BBM memang sering keda-tangan fitur baru. Salahsatu yang paling baru ad-alah fitur membuat PINBBM sendiri. Akan tetapi,pengguna harus membayaruntuk fitur tersebut.

    Kira-kira, fitur baru apayang akan hadir di BBM nan-tinya? Kita tunggu saja. (kcm)

  • Editor: Nando, Layouter: Syahril

    Sambungan 7Minggu, 14 Juni 2015

    Kubu Aburizal Dari Halaman 1

    Pelaku Penikaman Dari Halaman 1

    Wisuda Dari Halaman 1

    Thailand Bantai Dari Halaman 1

    bagai hadiah kelulusan, kejutanmanis tak disangka pun muncul.Seluruh keluarganya akhirnya ber-kumpul dan memberikan ucapanselamat kepadanya. "Yang bikin hariini paling bahagia... BUKAN THEFACT of gue wisudaan. No.. It is just

    the reason why kita berempat ng-umpul di kampus dengan suasanayang sunny, warm, and happy thatthis day BRINGS the THREE mostwonderful important deeply belovedperson in my life: MAMA, LISYA,sama DIDI. And that is enough.

    Enough," tulisnya pada keteranganfoto akun Instagram marshanda99miliknya pada Sabtu (13/6).

    Kebahagiaan Chacha semakinbertambah ketika sang ibundamengajak sang suami sekaligusayah tiri Chacha. (l6)

    yang bisa mengobrak-abrik 7 pe-main bertahan Indonesia. Bahkan,saat Chanathip melepaskan tem-bakan, tiga pemain Indonesia taksigap menutupnya.

    Skor akhir 5-0 untuk keme-nangan Thailand atas Indonesia.Dengan hasil di semifinal ini, In-donesia gagal membalas keka-lahan dari Thailand pada final SEAGames 2013 di Myanmar. Saat itu,Thailand menang tipis 1-0 atasIndonesia.

    Thailand melangkah ke finaldan akan menantang Myanmaryang beberapa jam sebelumnyamenang 2-1 atas Vietnam. Indo-nesia dan Vietnam akan mempe-rebutkan medali perunggu di Sta-dion Nasional, Senin (15/6). Laga

    final juga berlangsung di stadiontersebut, beberapa jam setelahduel Indonesia vs Vietnam.

    Alasan KelelahanPelatih Timnas Indonesia U-23

    Aji Santoso berdalih kekalahantelak ini disebabkan para pemainkelelahan. Selain itu, Aji menyebutkekalahan ini juga diakibatkanabsennya Abduh Lestaluhu danAgung Prasetyo. Thailand mainlebih bagus daripada kita. Pemainkita juga mengalami kelelahankarena bertanding lima kali dalam10 hari, jadi itu yang mungkinakhirnya menjadi begini, kata Aji.

    Anak-anak langsung tidaksabar setelah kebobolan pertama.Strategi yang ingin diterapkan jaditidak berjalan sesuai rencana.

    Vava Mario Yagalo yang menjadipengganti terlihat gugup. Mungkinkarena jam terbang juga, tambahasisten pelatih timnas Zein AlHaddad.

    Sementara Thailand bagus disemua lini baik secara individumaupun tim. Tak hanya itu, me-reka juga cepat dan pintar dalammemanfaatkan setiap peluangyang ada.

    Meski begitu, Aji mengatakan,timnya akan tetap mengejar medaliperunggu menghadapi Vietnam.Saya tekankan agar tim tetap me-ngejar medali menghadapi Vietnam.Anak-anak akan melakukan re-covery dan menjadi pekerjaan pen-ting saya untuk memoles mentalpemain, jelas Aji. (kom/dtc)

    Sementara itu, Wakil Ketua

    Komisi Nasional Hak Asasi Manu-

    sia (Komnas HAM), Siane Indriani

    menegaskan bahwa pihaknya akan

    membeberkan track record calon

    Sutiyoso dan kepada Komisi I DPR

    RI. Hal serupa juga akan dilakukan

    Komnas HAM untuk calon Pangli-

    ma TNI Jenderal Gatot Nurmayan-

    to. Kami akan kasih jika diminta

    oleh Komisi I DPR, sebagaimana

    juga calon Panglima TNI, waktu itu

    juga minta masukan dari Komnas

    HAM, ujar Siane.

    Menurut dia, track record terse-

    but bersifat rahasia dan harus dis-

    ampaikan ke DPR RI untuk dilaku-

    kan fit and proper test. Kami akan

    berikan track record ke Komisi I,

    karena sifatnya sangat rahasia,

    tuturnya.

    Ketua MPR Dukung

    Ketua MPR RI Zulkifli Hasan

    mendukung pencalonan Sutiyoso

    sebagai Kepala BIN dan Jenderal

    TNI Gatot Nurmantyo sebagai Pa-

    nglima TNI untuk diproses di DPR.

    Masyarakat harus memberikan

    kesempatan kepada presiden untuk

    melaksanakan hak prerogatifnya

    dan akan dipertimbangkan lagi

    oleh pra wakil rakyat di DPR, seh-

    ingga dapat menghasilkan pilihan

    yang tepat, katanya kepada war-

    tawan di Kupang, kemarin.

    Ia mengatakan, dukungan itu

    usai membuka Musyawarah Wi-

    layah (Muswil) IV PAN Nusa Teng-

    gara Timur (NTT) di aula Cendana

    II, Hotel Neo Kupang.

    Zulkifli yang juga Ketua Umum

    DPP PAN itu mengaku secara pri-

    badi cukup mengenal dan menge-

    tahui rekam jejak kedua anak ba-

    ngsa ini sehingga layak untuk dica-

    lonkan menjadi pemimpin di lem-

    baga dan kesatuannya. Karena itu

    mari memberi keleluasaan kepada

    wakilnya di DPR RI untuk menilai

    dan memertimbangkan kedua to-

    koh itu di lembaga legislatif untuk

    selanjutnya dikembalikan ke Pres-

    iden Joko Widodo untuk memutus-

    kan dan menetapkan keterpilihan

    mereka, ujarnya.

    Yang jelas PAN mendukung

    kedua tokoh ini untuk dilanjutkan

    prosesnya hingga akhirnya dilan-

    tik sebagai Kepala BIN dan Pan-

    glima TNI, timpal Zulkifli.

    Dari segi pengalaman dalam

    karier dan tugas kedua figur itu

    telah memenuhi syarat seperti

    Letjen TNI (Purn) Sutiyoso sebagai

    calon Kepala BIN, dan Kepala Staf

    TNI Angkatan Darat (KSAD) Jen-

    deral TNI Gatot Nurmantyo se-

    bagai calon Panglima TNI baru

    menggantikan Moeldoko.

    Menurut dia, Presiden Joko Wi-

    dodo (Jokowi) memiliki hak penuh

    untuk memilih dan mengusulkan

    nama para pejabat tinggi negara di

    bidang sipil dan militer.

    Namun, tentu Jokowi kata dia,

    sudah memertimbangkan rekam

    jejak dan kompetensi mereka sebe-

    lum memutuskan untuk menunjuk

    seseorang.

    Sutiyoso misalnya sebelumnya

    bertugas di Komando Pasukan

    Khusus (Kopassus) TNI Angkatan

    Darat karena itu pasti memiliki

    pengalaman intelijen. Komitmen

    serta kinerjanya telah teruji saat

    menjabat sebagai Gubernur DKI

    Jakarta, karena dia terbiasa bek-

    erja keras.

    Demikian pula Kepala Staf TNI

    Angkatan Darat (KSAD) Jenderal

    TNI Gatot Nurmantyo dicalonkan

    Jokowi untuk menjabat Panglima

    TNI baru menggantikan Jenderal

    Moeldoko yang akan pensiun pada

    bulan Agustus mendatang.

    Sementara itu, Menteri Sekre-

    taris Negara (Mensesneg) Pratikno

    mengatakan Sutiyoso harus me-

    lepaskan jabatan di partai politik

    untuk menjadi Kepala BIN. Sam-

    pai sekarang, Presiden (minta

    Sutiyoso) tetap tidak boleh

    rangkap jabatan. Standarnya me-

    mang begitu, kata Pratikno di

    Kampus Universitas Gadjah Mada

    (UGM), Yogyakarta, Sabtu (13/6).

    Pratikno mengatakan, Sutiy-

    oso yang saat ini menjabat Ketua

    Umum PKPI memiliki banyak pen-

    galaman, baik dalam aspek pen-

    didikan dan pemerintahan terkait

    bidang intelijen. Dengan alasan itu,

    kata Pratikno, Sutiyoso dinilai lay-

    ak diajukan menjadi Kepala BIN

    menggantikan Marciano Norman.

    Kelengkapan pendidikan dan pe-

    merintahan itulah yang sebetulnya

    dijadikan alasan Presiden Jokowi,

    untuk mengajukan beliau menjadi

    Kepala BIN, sambung dia.

    Terkait pengajuan Sutiyoso se-

    bagai Kepala BIN merupakan ba-

    gian dari pembagian jatah tim

    sukses Jokowi, Pratikno enggan

    mengomentari. Pratikno juga me-

    nilai, dari aspek usia yang saat ini

    sudah menginjak kepala 7, mantan

    gubernur DKI Jakarta itu dinilai

    masih relatif layak dan tetap

    mampu menjalankan tugasnya.

    Kalau usia relatif masih layak,

    pungkas Pratikno.

    Sutiyoso menyatakan akan me-

    lepaskan jabatannya sebagai Ket-

    ua Umum PKPI setelah resmi men-

    jadi Kepala BIN. Fit and proper

    test kan kita belum tentu lolos, ka-

    lau sudah resmi menjadi Kepala

    BIN baru keluar (PKPI), ujarnya.

    Ia juga menyatakan siap me-

    nghadapi fit and proper test di

    DPR. Enggak ada yang saya

    siapkan lagi, pokoknya aku siap

    kalau menghadapi fit and proper

    test, ucapnya. Ia mengaku be-

    lum mendapat undangan dari

    DPR untuk pelaksanaan fit and

    proper test calon Kepala BIN.

    Mungkin minggu depan, imbuh

    Bang Yos. (kom/oke/l6)

    Sutiyoso: JK Dari Halaman 1

    pihak rumah sakit maupun ke ke-polisian.

    Adik Rahmat, Dian (28) tam-pak mendatangi Markas PolsekSekupang pada Sabtu siang. Iadatang bersama salah seorang re-kannya untuk meminta surat ket-erangan pengambilan jenazah.Saat meminta surat ke polisi,sesekali Dian menangis. Ia memin-ta maaf atas ulah kakaknya yangtelah membuat repot aparat ke-polisian. Pak saya minta maafkalau ada salah dan merepotkanbapak, ujar Dian kepada anggotaPolsek Sekupang.

    Rencananya, jenazah Rahmatakan diterbangkan dari BandaraInternasional Hang Nadim, Batamke Bandara Internasional Juanda,Surabaya, Jawa Timur, Minggu(14/6) ini untuk dikebumikan dikampung halamannya di Malang,Jawa Timur. Pelaku ini mau diba-wa ke kampungnya di Malang,Jawa Timur. Tapi bukan sekarang.Besok mungkin, ujar seorang petu-gas kamar jenazah RSBP.

    Dengan tewasnya Rahmat,Iptu Marzuki Zan menyatakan ka-sus penikaman ini secara otomatisakan ditutup. Pihaknya akan seg-era menerbitkan Surat Penghen-tian Penyidikan Perkara (SP3) un-tuk menghentikan penyidikan ka-sus ini.

    Dalam kesempatan itu, Marzu-

    ki mengungkapkan, saat kejadianpenusukan, ternyata pelaku tidakhanya membawa sangkur yang di-gunakannya untuk menusuk kor-ban. Pelaku juga membawa kam-pak yang disimpan dalam tasnya.Kita simpan barang bukti aksipembunuhan seperti pisau sangkurdan kapak milik pelaku, ungkapMarzuki.

    Sementara itu, jenazah UmiQoriah dipulangkan ke kampunghalamannya, Jember, Jawa Timur,pada Sabtu (13/6) pagi untuk di-makamkan. Pihak keluarga sebel-umnya mengambil jenazah Umidari RSBP Batam pada Jumatsore. Dipulangkan tadi pagi sete-lah proses pengambilan jenazahtelah diselesaikan kemarin sore,ungkap Marzuki.

    Berdasarkan lampiran daftarperkara yang ditujunkkan HumasPA Batam, Sri Astuti menggugatcerai suaminya, lantaran adanyakekerasan dalam rumah tangga.Sri mendaftarkan gugatan ceraipada 6 Mei lalu. Ralat dari pern-yataan kita sebelumnya kalauperkara cerai Sri Astuti denganRahmat itu baru akan mendaftar.Namun yang benar? dia telah men-gajukan cerai sebulan lalu. Prosesmediasi pun telah dilakukan. Na-mun gagal, ungkap Mukti H, Hu-mas PA Batam.

    Jadi ada dua dasar pelaporan

    pihak penggugat. Yakni karenatergugat itu ringan tangan danmudah melakukan kekerasan ke-pada penggugat. Yang kedua peng-gugat merasa tak nyaman bahwadalam rumah tangganya itu terk-adang (tergugat) suka marah-ma-rah tanpa alasan yang jelas, ter-ang Mukti lagi.

    Saat kejadian, kata dia, Sri,Umi dan pelaku tengah menunggusidang kedua di ruang sidang 2 PABatam. Mediasi itu sudah. Na-mun penggugat tetap bersikerasmenolak untuk diajak damai olehsuaminya. Hingga akhirnya, dipersidangan kemarin (11/6/2015)itu sesuai jadwal pembacaan danpenyerahan hasil mediasi, ujarMukti lagi.

    Sesuai data di daftar perkaraperceraian PA, Rahmat dan Sri As-tuti menikah tahun 2008. Keduanyadikaruniai dua orang anak, yakniKamarul Nizam dan Nur Natasha.Awalnya, pernikahan mereka sela-ma sekitar berjalan harmonis. Ke-harmonisan keluarga ini mulai ter-ganggu sekitar Januari 2010. Ter-gugat diketahui suka main tangandan memarahi penggugat. Hinggapuncaknya pada April 2015 lalu, SriAstuti dipukul hingga ada beberapamemar di bagian tubuhnya. Korbanpun sampai pada satu keputusan:menggugat cerai sang suami ke PA.(vnr/btd/tr)

    HAM, karena masa berlakunyayang dianggap sudah habis. Na-mun, usulan ini langsung ditolakoleh Ketua Panitia PenyelenggaraNurdin Halid. Amanat penga-dilan sudah mengembalikan Gol-kar yang sah ke Munas Riau, tidakperlu didaftarkan lagi, ucapnya.Akhirnya, ketua sidang FreddyLatumahina mengetok rekomen-dasi yang disetujui menjadi putu-san rapimnas.

    Terkait masalah Kantor DPPPartai Golkar, sebelumnya Abur-izal Bakrie menilai usulan tokohsenior Golkar sekaligus WakilPresiden Jusuf Kalla (JK), tidakrasional. Pernyataan itu dilontar-kan Aburizal terkait dua usulanJK mengenai sengketa penggunaanKantor DPP Partai Golkar antarakubu Aburizal dengan kubu AgungLaksono.

    Aburizal mengungkapkan, JKsempat memberikan dua usulanterkait sengketa penggunaan Kan-tor DPP Partai Golkar di Slipi,Jakarta Barat. Dua usulan itu ad-alah menggunakan kantor secarabersama-sama, atau menguncinyasecara bersama-sama. Tidak ra-sional JK sampaikan dua pilihan,kantor digunakan bersama, ataukantor digembok bersamaan. Ti-dak masuk akal dan tidak rasion-al, kata Aburizal disambut tepukriuh peserta Rapimnas VII.

    Aburizal menuturkan, KantorDPP Partai Golkar seharusnyadapat digunakan pengurus Golkarhasil Munas Bali tahun 2015, ataupengurus Golkar hasil Munas Riau2009. Namun, pada 24 November2015, Kantor DPP Partai Golkardianggap Aburizal direbut olehoknum yang mengaku pengurusDPP Partai Golkar dengan meman-faatkan segerombolan orang ber-seragam AMPG.

    Beberapa hari setelah peristi-wa perebutan kantor tersebut,aparat kepolisian melakukan raziadan ditemukan sejumlah senjatatajam serta bom molotov. KubuAburizal juga telah membuat lap-oran berikut menyerahkan hasil

    visum korban kekerasan saat pe-ristiwa perebutan kantor tersebut.Tapi polisi sampai sekarang be-lum menanggapi laporan itu.Masalah kantor itu, saya memu-tuskan untuk tidak melakukantindakan anarkistis seperti kubuyang di sana, ucapnya.

    Dalam mewujudkan islah Gol-kar, JK berinisiatif menjembatanikepentingan kedua kubu. JK ber-hasil membuat kedua kubu bersep-akat untuk menjaring calon kepaladaerah secara bersama sambilmenunggu keputusan pengadilanyang berkekuatan hukum terkaitkepengurusan sah Golkar.

    Dianggap Tak Hargai JKSementara itu, Partai Golkar

    kubu Agung Laksono menilai bah-wa kubu Aburizal tidak menghor-mati dan menghargai upaya yangtelah dilakukan JK untuk memper-satukan kedua kubu Partai Golkar.Hal tersebut dikarenakan sikapAburizal yang mengirim surat keKapolri Komjen Badrodin memin-ta kubu Agung dibekukan. Ini na-manya namanya ironis. Justrumereka yang tidak menghargai in-isiatif Pak JK untuk islah, kataKetua DPP Golkar hasil MunasAncol Ace Hasan Syazidly saat di-hubungi, Sabtu (13/6).

    Ace meyakini, Kapolri akanmenolak permintaan Aburizal Ba-krie. Menurut Ace, saat ini kubuAgung dari hasil Munas Ancol sahdan berhak menjalankan tugasdan kegiatannya. Saya yakin Ka-polri sangat mengerti hukum danperaturan perundang-undangan,kata Ace.

    Ace mengacu pada surat kepu-tusan Menteri Hukum dan HAMyang mengesahkan Munas Ancol.Putusan Pengadilan Tata UsahaNegara yang Membatalkan SKMenkumham itu dianggap belumberlaku karena masih ada prosesbanding.

    Saat membuka Rapat Pimpi-nan Nasional VIII Partai Golkar dibawah kepengurusan Munas Riau,Jumat (12/6) malam, Aburizalmengaku sudah mengirimkan su-

    rat ke Kapolri meminta kubu Agu-ng dilarang menjalankan aktivitasmengatasnamakan Partai Golkar.Aburizal beralasan PengadilanJakarta Utara dan PengadilanTata Usaha Negara sudahmengembalikan kepengurusanGolkar yang sah ke hasil MunasRiau 2009. Sama dengan hasilMunas Bali akhir 2014 lalu, Mu-nas Riau dipimpin oleh Aburizalsebagai ketua umum dan IdrusMarham sebagai sekjen. Sedang-kan ketika itu Agung Laksonomenjabat sebagai wakil ketuaumum.

    Soal kehadiran Wakil KetuaUmum Partai Golkar hasil MunasAncol, Priyo Budi Santoso dalampembukaan Rapimnas yang dige-lar kubu Aburizal, Wakil KetuaUmum Golkar hasil Munas Ancol,Yorrys Raweyai, menilai mantanWakil Ketua DPR itu telah berbo-hong dengan menyebut kehadiran-nya atas undangan kubu Aburizal.Ia menegaskan kubu Munas Ancoltak pernah menerima undanganmenghadiri Rapimnas kubu Abur-izal itu. Bohong itu Priyo bilangdiundang, saya enggak terima un-dangan. Saya juga kan pengurus diMunas Riau kemarin, kata Yorrys.

    Pengurus kubu Agung Laksonolain yang juga menjabat di kepen-gurusan Munas Riau, kata Yorrys,juga tidak pernah mendapatkanundangan. Kendati demikian, Yor-rys enggan menuding Priyo sebagaipembelot. Mungkin dia sedanggalau saja, ujar Yorrys.

    Yorrys meyakini, semua kaderyang ada di kubu Agung saat initidak akan pindah haluan. Sebab,secara legal, kubu Agung lah yangsah berdasarkan surat keputusanMenteri Hukum dan HAM Yason-na H Laoly.

    Keputusan Pengadilan NegeriJakarta Utara dan PengadilanTata Usaha Negara yang mem-batalkan keputusan itu, kata dia,belum berlaku karena ada prosesbanding. Ngaco itu yang bilangPriyo sudah kembali ke jalan yangbenar, ucapnya. (kom/oke)

    KPAI Minta PelakuKejahatan AnakDihukum Mati

    JAKARTA (HK) Komisi Perlindungan Anak Indone-sia (KPAI) meminta regulasi tegas yang menjerat parapelaku kekerasan pada anak menimbulkan efek jera.KPAI berharap seluruh pelaku kekerasan anak,khususnya kejahatan seksual, dijerat sanksihukuman mati atau seumur hidup.

    Kekerasan seksual itu me-nyebabkan kerusakan lima organsekaligus. Sangat pantas dihukummati, kata Sekretaris JenderalKPAI Erlinda, Sabtu (13/6).

    Hal ini disampaikan terutamamerujuk pada kasus pembunuhanAngeline, 8 tahun, oleh mantanpembantu rumah tangga keluargaangkatnya, Agustinus Tae Hamdai,pertengahan Mei lalu. Dalam ka-sus tersebut, Agus bahkan men-gaku telah beberapa kali melaku-kan kekerasan seksual kepadaAngeline.

    Asisten Deputi Anak Berhada-pan Dengan Hukum KementerianPemberdayaan Perempuan danPerlindungan Anak Ali Khasanmenilai regulasi dan sanksi bagipelaku kekerasan terhadap anaksebenarnya sudah cukup berat.Dalam Undang-Undang Perlind-

    ungan Anak, seorang pelaku kek-erasan terhadap anak mendapatancaman penjara maksimal 15tahun dan denda Rp 3 miliar.

    Jika pelakunya adalah orangdekat, berarti hukumannya ditam-bah 1/3 persen dari total penjaradan denda, kata Ali.

    Menurut dia, Kementerian sela-lu berusaha melakukan advokasidan pengawasan peradilan, seh-ingga pelaku mendapatkan sanksiyang layak. Kementerian juga ber-dalih telah melakukan sosialisasisecara terus-menerus kepada ma-syarakat soal perlindungan anak.

    Ali mengklaim kekerasan padaanak ibarat gunung es yang hanyaterlihat sebagian kecil dari keselu-ruhan masalah. Sejumlah kasusbaru terdeteksi dan ditangani saattelah mencuat di masyarakat danmedia. Untuk itu, Kementerian

    mengambil sikap penguatan unsurmasyarakat agar lebih peka ter-hadap kasus kekerasan pada anak.

    Wakil Sekjen Majelis UlamaIndonesia Pusat Amisyah Tam-bunan juga menyatakan seluruhpelaku harus menerima hukumanyang sepantasnya. Menurut dia,tak hanya hukuman yang harusditegakkan, tetapi juga semangatanti kekerasan terhadap anakharus mulai dipahami seluruhlapisan masyarakat.

    Kita harus memiliki perhatianyang konsisten dan bertahap untukmenyelesaikan semua masalahkekerasan anak, kata Amisyah.

    Berbeda, ahli psikologi forensikReza Indragiri Amriel menilai pe-merintah dan parlemen tak perlulagi merancang regulasi baru soalsanksi kekerasan anak. Semakinbanyak regulasi justru semakinmenunjukan lemah dan bobroknyasuatu bangsa.

    Reza mempermasalahkan ke-napa parlemen dan pemerintahjustru sibuk soal regulasi saat kek-erasan anak itu butuh penangananlangsung. Lebih baik perbaikipengembangan keluarga dan poli-tik anggaran dibanding sibuk den-gan soal regulasi baru. (tc)

    Fauzi Hasibuan Jadi Ketum PeradiPEKANBARU (HK) Fauzi Ha-

    sibuan terpilih menjadi Ketua

    Umum Perhimpunan Avokat In-

    donesia (Peradi) periode 2015-

    2020 dalam Munas II Peradi yang

    digelar di Pekanbaru, Riau.

    Fauzi mendapatkan 301 suara

    dari 501 utusan cabang yang me-

    nggunakan hak memilih.

    Menetapkan saudara Dr H

    Fauzi Hasibuan SH MH sebagai

    ketum terpilih, kata Ketua Ste-

    ering Committee Munas II Peradi

    Achiel Suyanto, membacakan ke-

    tetapan, di Hotel Labersa, Pekan-

    baru, Riau, Sabtu (13/6).

    Fauzi terpilih menjadi ketum

    dengan sistem pemilihan delegasi

    atau perwakilan menyisihkan Ja-

    maslin James Purba yang men-

    dapat 120 suara, dan Frederich

    Yunadi yang hanya meraih 38 suara.

    Selain ditetapkan sebagai ke-

    tum terpilih dengan Thomas Edi-

    son Tampubolon sebagai sekjen-

    nya, Fauzi diberi wewenang untuk

    menetapkan kepengurusan periode

    2015-2020.

    Fauzi menyatakan, bakal me-

    nyatukan advokat-advokat yang

    sekarang ini terkesan mengalami

    perpecahan. Termasuk di dalam

    Peradi sendiri. Dengan begitu re-

    konsiliasi menjadi agenda utama

    yang harus dijalankan ke depan.

    Nilai musyawarah ini kami

    ambil untuk melakukan rekon-

    siliasi. Organ Peradi ini harus

    dipertahankan, ujarnya. (b1)

    235 Perguruan Tinggi DinonaktifkanJAKARTA (HK) Berdasar-

    kan data dari Pangkalan Data

    Perguruan Tinggi (PDPT) ter-

    dapat 235 perguruan tinggi yang

    dinonaktifkan.

    Menurut Direktur Direktorat

    Kelembagaan dan Kerjasama

    Ditjen Dikti, Hermawan Kresno

    Dipojono, perguruan tinggi (PT)

    yang dinonaktifkan bukan se-

    mata mata karena terindikasi

    ijazah palsu, melainkan sebab-

    kan beberapa faktor.

    Yang nonaktif itu bisa secara

    sistem atau bisa karena adanya

    laporan. Salah satu faktornya

    adalah rasio dosen dan mahasis-

    wa yang tidak seimbang yaitu

    1:300, ungkap Hermawan.

    Hermawan juga menegaskan

    bahwa jika perguruan tinggi yang

    sudah dinyatakan nonaktif te-

    tapi masih melakukan kegiatan

    belajar mengajar tanpa melaku-

    kan perbaikan, maka izin pen-

    dirian perguruan tinggi akan

    dibekukan. Kalau masih nakal

    juga bisa dipidanakan. Tetapi

    jika sudah ada laporan dari ma-

    syarakat yang merasa dirugikan.

    Karena kita tidak berhak sampai

    ke situ, tandasnya.

    Untuk mencegah semakin

    maraknya perguruan tinggi bo-

    dong, Hermawan mengatakan

    dirinya telah melakukan sosia-

    lisasi tentang PDPT ke sejumlah

    sekolah. Hal itu untuk menge-

    dukasi masyarakat agar lebih

    cermat memilih perguruan tinggi.

    Kami sudah paparkan semua

    data mana perguruan tinggi yang

    aktif dan nonaktif yang dapat

    dilihat oleh semua masyarakat di

    web kami forlap.dikti.go.id untuk

    mengedukasi masyarakat agar

    cermat memilih perguruan ting-

    gi,pungkasnya. (oke)

  • Dapur Resep...!!!

    CMYK

    Editor: Reni , Layouter: SyahrilCCCCCMMMMMYYYYYKKKKK

    KulinerMinggu, 14 Juni 2015 8

    Lezatnya Ayam BakarLada Hitam ala Kedai Bunda

    BATAM (HK) Menikmati sajian ayam bakar ataupanggang mungkin sudah biasa. Akan tetapisajian ayam bakar lada hitam yang ditawarkan olehKedai Bunda yang masih bernaung di KuplekGroup yang berlokasi di Komplek GNP CIKITSUBlok A No 02 Batam Centre ini menghadirkan rasayang begitu spesial.

    Liman Marzuki, pemilikkedai Bunda ini mengata-kan bahwa kedai makanmiliknya ini mempunyaisebuah konsep yang berbedadari kedai,Caf ataurestaurant yang lainnya.Karena Ia menerapkankonsep masakan tradisionalyang menggunakan belacanbahkan saat ini sudah adamenu baru yang siapmemanjakan lidah kon-sumen yakni ayam bakarlada hitam.

    "Menu top sale yang adadi kedai Bunda memangsalah satunya adalah AyamBakar Lada Hitam yangmemang begitu sangatspesial beda dari yang lain,"ujar Liman.

    Daging ayam memangspesial dipilih dan dihadir-kan dengan kualitas terbaik.Ditambah juga bumbu-bumbu spesial yang diracikdan dimasak oleh chef andal.

    Tak hanya itu, menuspesial lainnya yakni nasigoreng kambing belacan

    juga merupakan menu topsale lainnya.Kedai Bundaini memang hadir denganmenu-menu makananspesial, yang memangterkenal dengan makanandengan cita rasa yang lezat.

    "Semua orang sudahpasti tau bahwa masakanyang menggunakan belacanatau terasi, sudah tentumengundang selera. Takhanya dari segi rasa saja,tetapi juga aroma yang khasbelachan sangat menggugahselera kita. Untuk itulahsetiap masakan di kedaimakan saya ini meng-gunakan belacan. Hinggamenu spesial kami kali iniyakni ayam bakar ladahitam juga dilengkapidengan sambal belacan"papar Liman

    Cara pembuatan ayambakar lada hitam ini jugasama dengan yang lainnya,dan yang berbeda hanyadari segi bumbu campuran-nya saja. Karena Limanmeracik sendiri bumbu yangdigunakan untuk pembua-tan olahan ayam bakar ini.

    "Semua masakan disinimenggunakan bumbu

    racikan sambal belacan,sehingga rasa yang disaji-kan berbeda dari yanglainnya. Dan susah tentudalam cara memasaknyahampir sama dengan yanglain, dan yang berbedahanya dari segi bumbu danteknik membakarnya"papar Liman

    Untuk campuran ayambakar lada hitam ini, Limanmenggunakan bahan-bahanyang segar mulai daridaging ayam, bumbu dapur,maupun yang lainnya. Dandalam penyajiannya juga,ayam bakar ini dilengkapidengan nasi putihg, lalapansegar seperti timun,selada,kol dan ditambah dengansambal belacannya.

    Hmm, sudah bisadibayangkan nikmatnyaayam bakar ini padasantapan pertama. Dijaminpengunjung bakal ketagihaningin mencobanya lagi. Dandalam menyantap menu inisebaiknya dilahap selagihangat karena akanmemberikan sensasi rasayang lebih nikmat.

    "Dalam penyajian ayambakar ini, kami berbedadari yang lainnya. Karenakomposisinya lengkap sertamenggunakan kerupukudang, selada, serta irisantimun dan tomat sebagaipelengkap. Dan sangatnikmat jika disantap selagihangat" papar Liman lagi.

    Untuk harga menu ayambakar lada hitam inisangatlah ekonomi hingga

    dapat dijangkau oleh semuakalangan,yakni hanyadengan Rp 21 ribu rupiahper porsi sudah bisamenikmati menu ini denganrasa istimewa.

    "Untuk harga menudisini ini dijamin terjangkauoleh semua kalangan yaknimulai dari Rp 7 ribuanhingga Rp 23 ribu dengankomposisi lengkap dan enak.Dan harga minumannya jugaterjangkau yakni mulaiharga Rp 5 ribu hingga Rp18 ribu,"tambah pria aslijakarta ini.

    Tak hanya ayam bakarlada hitam dan nasi gorengkambing belacan saja yangbisa dinikmati, masihbanyak menu lainnya yangbisa dipilih sesuai seleraseperti mie goreng belacan,bihun goreng belacan,kwetiaw belacan(bilis,-baso,ayam,seafood,petai ),kangkung cah belacan,terong penyet belacan, ayampenyet / lele penyet sambalbelacan, soup ayam, cap cay,cumi goreng tepung, ayamasam pedas / manis, cumiasam pedas / manis.

    Selain itu juga ada menuayam goreng bawangdisediakan dikedai Kuplek,aneka roti bakar denganberbagai rasa, french fries,aneka olahan Indomie sertaberbagai minuman darimulai kopi, teh, aneka juice,wedang jahe, bandrek,chinese Tea pun ada. Yangpastinya mempunyai citarasa, dan ciri khas yang

    berbeda di bandingkandengan yang lain.

    "Kedai Bunda yangsebelumnya bernama KedaiKuplek ini selain berada dilokasi yang sangat strate-gis dan mudah dijangkauserta ditunjang denganfasilitas wifi, juga menyedi-akan anekan menu yangbisa dipilih sesuai denganselera pelanggan. Dijaminmenu makanan disinidengan rasa puas dan hargapas" imbuhnya lagi

    Liman juga menambah-kan kedai miliknya inimenyediakan menu makanmalam, outside catering,penyediaan catering untukacara-acara yang diseleng-garakan baik oleh company,lembaga, institusi maupunacara keluarga dan perseor-angan. Serta juga melayanidelivery service, denganminimum order dan radiusyang ditentukan kemudianberikut besaran nilai danjarak tempuh.

    Nah, tunggu apalagi bagipencinta kuliner, buruandatang ke kedai Bundauntuk menikmati menuistimewanya. karena kedaiini buka mulai pukul 17.00wib hingga pukul 01.00 wibsetia harinya, atau jugabisa menghubungi Liman081287797960 untukketerangan lebih lanjut.

    "Kita buka setiap harikerja dan kami jugamenghadirkan 100 menumakanan yang lainnya,"tutupnya.***

    ReniLiputan Batam

    Resep Rendang Padang

    Bahan-bahan:

    Daging sapi kgKelapa parut 150 gr,sangrai hingga keringSantan kental 400 ml

    Bumbu Halus:

    Jahe 1 ruasLengkuas 1 ruasKunyit 1 ruasDaun kunyit 1 lembarKetumbar 1,5 sendok tehLada putih 1,5 sendok tehCabai merah 8 buahBawang putih 4 siungBawang merah 7 biji

    Bahan Tambah:

    Sereh 1 batang, ambil

    bagian putihnya dan

    memarkan Daun jeruk 2

    lembar, hilangkan tulang

    daunya, Asam kadis 1,5

    buah, Bawang merah 3 biji,

    iris tipis, Garam

    secukupnya, Gula merah 1

    sendok teh, sisir halus,

    Minyak goreng secukupnya

    Cara Membuat:

    Panaskan minyak,

    masukan bawang merah

    yang sudah diiris.

    Masukan bumbu halus,

    sereh, daun kunyit dan daun

    jeruk. Tumis hingga

    mongering.

    Masukan daging sapi

    yang sudah dicuci bersih.

    Tuangkan santan kental

    sedikit demi sedikit sambil

    diaduk perlahan.

    Kecilkan api, tambahkan

    garam, gula merah, asam

    kandis, masak sampai

    daging sapi terasa empuk.

    Masukan kelapa

    sangrai, aduklah sampai

    kuah santan mengering.

    Rendang padang kering

    sudah siap disajikan

  • CMYK

    CMYK CMYK

    OtomotifMinggu, 14 Juni 2015 9

    Editor : Reni, Layouter: Syahril

    PERUSAHAAN mobil Nissan asal negeri matahari terbit telah lamaberkecimpung dalam pasar otomotif Indonesia sehingga merekatahu betul bagaimana keinginan dan kebutuhan masyarakat nu-

    santara, sehingga Nissan sering kali merilis mobil-mobil terbarunyayang dihasilkan dari proses pengembangan dan inovasi sehingga

    mendapatkan penjualan yang baik.

    Secara keseluruhanNissan March mempunyaidimensi yang kecil namuncukup bergaya untuk diajakkeliling di jalananperkotaan. Apalagi mobilmempunyai mesin yangcukup irit dan tangguh

    sehingga cocok bagimasyarakat urban yangsemakin susah karenaharga bahan bakar mesinyang melambung tinggi.

    Spesifikasi danKelebihan Nissan MarchIndonesia 2015

    Spesifikasi NissanMarch pada sektor me-ngalami modifikasi cukupmengesankan karenasekarang lebih bergaya,sporty serta cantik. Be-berapa aksesoris mobildipasang pada bodi March

    terbaru 2015 semisal Grillebagian depan yangmempunyai bentuk V-Strutsehingga pantas untukdisematkan julukan mobilhatchback elegan.

    Amel Alvi Hal 10

  • Otomotif 10Minggu, 14 Juni 2015

    Editor: Reni, Layouter: Syahril

    All New Nissan

    Lebih Segardan ManisPERUSAHAAN mobil Nissan asal negerimatahari terbit telah lama berkecimpungdalam pasar otomotif Indonesia sehinggamereka tahu betul bagaimana keinginan dankebutuhan masyarakat nusantara, sehinggaNissan sering kali merilis mobil-mobil ter-barunya yang dihasilkan dari proses pe-ngembangan dan inovasi sehingga men-dapatkan penjualan yang baik.

    Secara keseluruhanNissan March mempunyaidimensi yang kecil namuncukup bergaya untuk diajakkeliling di jalanan perkotaan.Apalagi mobil mempunyaimesin yang cukup irit dantangguh sehingga cocok bagimasyarakat urban yangsemakin susah karena hargabahan bakar mesin yangmelambung tinggi.

    Spesifikasi danKelebihan Nissan MarchIndonesia 2015

    Spesifikasi Nissan Marchpada sektor mengalamimodifikasi cukupmengesankan karenasekarang lebih bergaya, sportyserta cantik. Beberapaaksesoris mobil dipasangpada bodi March terbaru 2015semisal Grille bagian depanyang mempunyai bentuk V-Strut sehingga pantas untukdisematkan julukan mobilhatchback elegan.

    Tidak salah jikaheadlamp mempunyaiukuran lebih besar dan sinarlebih bercahaya sehinggaakan memudahkanpandangan ketika berkendaradi kegelapan malam. Bumperdepan Nissan March tampillebih gedhe dan dipadudengan Foglamp yangmemberikan kesan sporty.Tampilan eksterior March2015 lebih segar dan manisserta ditambah denganaplikasi teknologi LED lampubelakang.

    Kelebihan Nissan March2015 ini juga pada modeldesain Side Body Moldingyang ciamik ditambah dengaasesoris di sektor pintubagasi. Velg Alloy dimensi15 inci akan menjadikanmobil hatchback ini

    primadona di aspalanperkotaan.

    Jangan ragu padaspesifikasi Nissan Marchpada bagian performa ataujantung pacunya, karenaMarch terbaru memberikanopsi 2 kapasitas mesinyakni 1.2 L dan 1.5 L yangsama-sama mempunyaikelebihan tersendiri. NissanMarch bermesin 1.2 Lmengadopsi tipe mesinHR12DE yang mampumenyemburkan dayamaksimal 76 PS di 6.000rpm. Mobil hatchbackterbaru dari Nissan padavarian 1.5 L dibekali mesinHR15DE yang dapatmenghempaskan dayamaksimal sebesar 102 PS di6.000 rpm dan torsimaksimal 108 di 4.400 rpm.

    Nissan March 1.500 CCTerkena Efek 'KacamataKuda'Nissan March masukdalam daftar lima besarpenjualan mobil penumpangsegmen city denganpenjualan 1.866 unit.Namun, angka itu hanyaberlaku untuk NissanMarch bermesin 1.200 cc.

    Saat ini, Nissan MotorIndonesia memangmendatangkan dua tipemesin untuk mobil kota ini,yakni 1.200 cc dan 1.500 cc.Sebelum tipe mesin terakhirhadir, wacananya sungguhramai karena Marchtersebut memang menjadisesuatu yang baru danmenawarkan performauntuk kelas mobil kota.

    Namun seperti sudahmenjadi tradisi, tipe yanglebih berperforma biasanyahanya untuk kalangantertentu jika dibandingkanyang cenderung lebih efisien

    dan konvensional denganmesin 1.200 cc.

    Akibatnya pun, penjualanNissan March 1.5 sepertiterkena efek "kacamatakuda". Angka penjualannyasungguh jomplang jikadibandingkan Nissan March1.2. Konsumen ibaratmemakai kacamata kudadan terkena blind spot untuktidak terlalu melirik yangber-cc besar.

    Bayangkan, NissanMarch 1.2 masuk lima besarcity car terlaris denganpenjualan 1.866 unit,sedangkan Nissan March 1.5,yang dinyatakan 300 unit perbulan, hanya terjual 16unit.Namun memang NissanMarch 1.5 tentu punyatenaga lebih besar, yakni 102PS (versi di bawahnya 76PS). Ia juga sudah dilengkapibrakes ABS + EBD + BA,vehicle dynamic control, 4sensor parkir, dan speedsensoring auto lock, yangpastinya menjadikannyapunya harga mendekat ke Rp200 juta.(oto)

    Tips dan Trik

    Ini Penyebab Aki Cepat MatiAKI merupakan sumberkelistrikan dan mesinpada mobil. Jika ternyataaki mati atau soak, tentumenjengkelkan. Mesinmobil tak bisa di-startatau komponen lain padamobil tak berfungsi.

    Jika hal ini terjadi,Anda perlu me-rechargeatau mengisi teganganlistrik aki mobil Andadengan beberapa cara.Antara lain adalahdengan jump start,yakni menghubungkanaki Anda dengan akimobil lain. Atau me-recharge aki yang matidengan charger portableyang mudah diperoleh diberbagai tokoperlengkapan otomotif.

    Berikut hal umum

    yang menyebabkan akimobil mati (kering):

    -Jarak pendek.Sering mengemudi

    mobil dengan jarakpendek atau kurang dari20 menit akan membuatalternator tidakmemiliki cukup waktuuntuk sepenuhnyamengisi ulang aki.Alhasil, aki berpotensiterkuras dengansendirinya dan usiapemakaian pun makinsingkat, yakni antaratiga hingga lima tahun.

    -Suhu ekstrimEnergi kimia dalam

    aki mobil diubah menjadienergi listrik melaluireaksi kimia. Suhu yangekstrim panas ataudingin dapat

    mempengaruhikelancaran reaksi kimiadalam aki. Suhu dibawah titik bekuberpotensi membuat akimobil mati, sehinggaperlu di charge ulang.Begitu pula suhu yangterlalu panas juga bisamembuat aki mobil cepatkering/mati.

    -Gadget listrikSelain untuk menstart

    mesin mobil, aki jugadiperlukan sebagaisumber energi berbagaiperalatan listrik padamobil seperti lampu,klakson, hingga pemutarmusik dan radio. Denganadaptor, Anda juga dapatmenggunakan aki mobiluntuk mencharge teleponselular atau perangkat

    elektronik lainnya. Namunberbagai gadget tambahanini bisa membuat akibekerja terlalu keras,sehingga mudah kering.Energi pada aki juga akanlekas terkuras saat Andalupa mematikan lampudepan atau tidak menutuppintu secara benar. Bebanaki akan semakin berat,jika komponen listrikdalam mobil dinyalakantetapi mesin mati.

    -KorosiKorosi adalah musuh

    utama aki. Korosi padaaki bisa membuatkinerjanya menurunsignifikan. Ada beberapacara untuk membersihkankorosi, yang umumnyanampak seperti subtansitepung.(dtk)

  • CMYK Editor: Reni, Layouter: Agung Raharjo

    Figur 11Minggu, 14 Juni 2015CMYK

    Makin Diminati Masyarakat Kota Batam

    Bidik Remaja Jadi Atlet Tarung DerajatBATAM (HK) Meningkatnya kenakalanremaja saat ini tampaknya menjadi halyang sangat meresahkan. Penyebabnyatak lain adalah kontrol keluarga, sosial danlingkungan masyarakat sangat minim,terlebih kawula muda memiliki sikap men-tal labil yang butuh bimbingan ekstra.

    Reni AsmayetiLiputan Batam

    Banyak cara yang bisa di-lakukan untuk meminimali-sir kenakalan remaja ini, sa-lah satunya dengan mengiku-ti ekstrakulikuler bela diri.Pada dasarnya ilmu bela diriyang diajarkan semuanyasangat positif, namun butuhmateri bela diri yang lebihdan sangat tepat dalammembentuk karakter, sikap,mental dan emosi yang posi-tif yaitu Tarung Derajat.

    Yup, Tarung Derajat meru-pakan olahraga bela diri yangsangat berbeda. Meskipunbela diri ini identik dengankontak fisik namun disini jugaditanamkan disiplin, seman-gat dan sikap mental diri yangpositif dengan mengutama-kan rasa kekeluargaan.

    Ketua Umum PengurusCabang (Pengcab) Tarung De-rajat Kota Batam, Ir DendiPurnomo mengatakan bahwatarung derajat adalah olahra-ga bela diri yang sangat tepatbagi generasi penerus bangsa.Sehingga dari itu pula TarungDerajat terbukti tengah digan-drungi masyarakat di Batam.

    Bahkan sejumlah turnamenmaupun kejuaraan olahraga

    bela diri asli Bandung,JawaBarat, ini digelar di berbagaitempat. Di sisi lain, tarung der-ajat diyakini dapat menyatukanberbagai unsur masyarakat,khususnya kalangan pemuda.

    Tarung derajat adalahsebuah olahraga bela diri yangsemakin banyak digemarioleh masyarakat, khususnyasegmen pemuda. Walaupunolahraga kompetitif, namunpertandingan tarung derajat terbukti bisa menyatukanberbagai unsur masyarakat,kata Ir Dendi Purnomo.

    Sejak ditetapkan sebagaiKetua Umum Pengcab TarungDerajat Kota Batam periode2011-2016, pria yang akrabdisapa Dendi ini menegaskanbahwa dirinya beserta sekre-tariat kepengurusannya lang-sung tancap gas. Salah satuprogram awal di bawah ke-pemimpinannya adalah mem-perkenalkan olahraga bela diriini dengan membidik para pel-ajar dan mahasiswa.

    Saya selalu berusaha ke-ras agar tarung derajat bisadipertandingan di setiap ke-juaraan mulai dari tingkatusia dini hingga mahasiswa.Itu sebabnya tarung derajatmasuk dalam cabang olahra-ga yang dipertandingkan pa-

    da Pekan Olahraga PelajarNasional (Popnas), dan sayajuga ingin memasyarakatkantarung derajat ini di KotaBatam, tegasnya.

    Untuk itu pula dirinya jugaberusaha mempersiapkan se-gala yang dibutuhkan agarolahraga bela diri ini bisadipertandingkan di ajang mul-tievent. Karena menurutnyapara atlet yang mengikuti ke-juaraan-kejuaraan adalahpenerus yang akan menumbuh-kembangkan tarung derajathingga tingkat internasional.

    Banyak alasan untukmembidik para pemuda untukmengikuti tarung derajat inisalah satunya sebagai genera-si penerus atlet yang nantinyaakan mengharumkan namabangsa serta untuk mencegahkenakalan remaja saat ini.Kita ingin pemuda Kota Ba-tam bisa mengukir prestasiyang baik melalui olahragabela diri ini, tambahnya.

    Dengan semangat yangmembara pada diri anggotatarung derajat Kota Batamsaat disambangi Haluan Ke-pri beberapa waktu lalu, jugatak lepas dari antusiasmepara pelatih di Batam untukmengajarkan materi pelati-han yang baik.

    Ada satu kelebihan daripara pelatih tarung derajat diBatam, yakni semangat dandisiplin. Saya sangat yakinkalau hal ini terus dipertahan-kan, suatu saat tarung drajatKepri khususnya Batam akanbisa makin eksis di Indonesia.Dari sisi potensi cukup banyak,namun harus dibina terus me-nerus, terang Dendi lagi.

    Sudah saatnya juga kita

    sebagai masyarakat Batammerasa bangga memiliki olah-raga seni bela diri lokal yanghandal seperti tarung derajat.Karena tarung derajat se-bagai sebuah ilmu olahragaseni bela diri yang meman-faatkan senyawa daya gerakotot, otak serta nurani secararealistis dan rasional.

    Terutama dalam prosespendidikan dan pelatihan, se-luruh pergerakan anggota tu-buh beserta bagian-bagianpenting lainnya seperti kaki,tangan, kepala dan sebagain-ya, dilakukan dalam rangkamenguasai dan menerapkanlima unsur daya gerak yaitukekuatan, kecepatan, kete-patan, keberanian, dan ke-uletan,imbuhnya lagi.

    Ke lima unsur itu melekatsecara agresif dan dinamisdalam gerakan-gerakan sepertipukulan, tendangan, bantingan,kuncian, serta teknik- teknikdan strategi bertahan-meny-erang lainnya yang praktis danefektif suatu pembelaan diri.

    Dengan gerakan dan materiini membuat sejumlah pihakmengadopsi bela diri ini salahsatunya instansi KepolisianRepublik Indonesia (POLRI).

    PB Kodrat dan Polri te-lah melakukan penandatan-ganan MoU untuk kemajuantarung derajat di Indonesiapada Januari 2014.Dan halini membuktikan bahwa beladiri ini layak untuk ketingkatInternasional nantinya, danjuga kami semua berharapatas dukungan pemerintahagar bisa lebih mensuportapa yang kami lakukan. Dantentunya kami sangat ber-syukur dengan kerjasamayang dilakukan antara pengu-rus dan pihak kepolisian. Mu-dah-mudahan dengan MoU

    yang dilaksanakan ini mem-buat perkembangan tarungderajat semakin maksimalseperti halnya cabang beladiri lain,tutur.

    Memiliki 13 Satlat seKota Batam

    Satuan latihan (Satlat)adalah pelaksana organisasiyang melaksanakan latihan-latihan olahraga tarung dera-jat oleh anggota organisasiyang dalam pelaksanaan lati-han dan pengembangan ilmudibina oleh Guru Haji AchmadDradjat ( Aa Boxer ) mela-lui Kawah Dradjat di Bandungsebagai Perguruan pusatnya.

    Dalam pengembangan ke-ilmuan olahraga tarung derajatmembentuk satuan latihan yangdidirikan diberbagai tempat,mulai dari Kota/Kabupaten,-Kecamatan dan Kelurahan, ke-mudian dilingkungan instansiTNI, SATPOL PP, maupun sipil(universitas, skolahan dan ling-kungan masyarakat lainya).

    Satlat juga diberi namasesuai dengan nama domisil-inya masing-masing, Setiapsatlat juga dipimpin oleh ang-gota dewan pelatih yang di-tunjuk oleh Perguruan pusattarung derajat.

    Untuk di Batam setidak-

    nya terdapat 13 satlat yangsebelumnya hanya 4 satlat.Hal ini membuktikan bahwaperkembangan tarung derajatdi Kota semakin meningkat.

    Adapun 13 satlat tersebutyakni Satlat Batamindo, Sat-lat Tembesi, Satlat Sakura,Salat Gajah Mada, Satlat Ta-man Sari, Satlat Puri Mas,Satlat SMK N 1, Satlat Genta,Satlat Permata Puri, SatlatBrimob, Satlat Polda, SatlatPoliteknik dan Satlat Odessa.

    Dengan adanya penambah-an satlat ini juga diharapakanagar potensi para anggota danatlit tarung derajat Kota Batambisa lebih maksimal,kata priaberkacamata ini.

    Filosofi HakekatTarung Derajat

    Tarung Derajat adalahsebuah seni bela diri dari In-donesia, yang diciptakan olehHaji Achmad Drajat. Drajatmengembangkan teknik me-lalui pengalamannya sebagaipetarung jalanan di Bandungtahun 1960an.Tarung Dera-jat secara resmi diakui se-bagai olahraga nasional dandigunakan sebagai pelatihandasar Angkatan Darat Indo-nesia.

    Aku Ramah Bukan Be-

    rarti Takut, Aku Tunduk Bu-kan Berarti Takluk, meru-pakan slogan tarung derajat,dan BOX! adalah salampersahabatannya.

    Seni bela diri ini memilikibeberapa pengaruh dari Kara-te dan Silat. Gerakannya ant-ara lain seperti gerakan-ger-akan pukulan, tendangan,bantingan, kuncian, sertateknik-teknik dan strategibertahan-menyerang yang lo-gis dan efektif.

    Sebagai seni bela diri, ta-rung derajat dijuluki sebagaiIndonesian Kickboxing dansering dibandingkan denganKyokushin Karate, karena be-berapa kesamaannya.Seorangpraktisi tarung derajat dise-but petarung.

    Sejak tahun 1990-an, ta-rung derajat telah disempurna-kan untuk olahraga. Pada ta-hun 1998, organisasi tarungderajat resmi masuk menjadianggota KONI.Sejak itu, tarungderajat memiliki tempat diPekan Olahraga Nasional, se-buah kompetisi multi-olahraganasional yang diadakan setiapempat tahun sekali.

    Tarung derajat itu adalahilmu olahraga seni pembe-laan diri yang memanfaatkansenyawa daya gerak otot, otakserta nurani secara realistisdan rasional, didalam prosespembelajaran dan pember-latihan gerakan-gerakan se-luruh anggota dan organ tu-buh serta bagian-bagian pen-ting lainnnya, dalam rangkamemiliki dan menerapkan 5(lima) unsur daya moral, ant-ara lain yaitu : kekuatan, ke-cepatan, ketepatan, kebe-ranian dan keuletan, yangmelekat dengan dinamis danagresif dalam suatu sistemketahanan atau pertahanandiri serta pola teknik, taktikdan strategi bertahan meny-erang yang praktis dan efektifbagi suatu pembelaan diri.

    Untuk digunakan terutamapada upaya pemeliharaan kese-lamatan, kesehatan dan ke-sempatan hidup sebagai manu-sia yang berhakekat, sepertimampu menghindari dan men-jauhkan sikap hidup permusu-han dan kesombongan, pence-gahan dan pemulihan penyakitfisik dan mental, serta mampumensyukuri kehidupan dan ber-buat amal kebaikan berman-faat bagi kemanusiaan.

    Rangkaian dari suatu prosespengalaman hidup tersebut dita-ta dalam bentuk paduan imaji-nasi yang sarat dengan hasratperjuangan dan kerja keras un-tuk merubah nasib, tertata da-lam bentuk paduan kreativitas.Paduan imajinasi menyatu den-gan paduan kreativitas melahir-kan suatu tindakan hidup yangpraktis dan efektif. Dan tindakanmoral yang dilakukan dengankonsisten pada setiap mengh-adapi tantangan dan tuntutanhidup, merefleksi dalam paduanKeberanian Moral.***

    RENI ASMAYETI/HALAUN KEPRI

    KETUA Umum Pengcab Tarung Derajat Kota Batam,Ir Dendi Purnomo sedangmemberi nasehat kepada salah satu anggota tarung derajat remaja

  • Kesehatan 12Minggu, 14 Juni 2015

    Editor: Reni, Layouter: Abi Hamdani

    Batu Ginjal Muncul Tanpa GejalaSeorang wanita yang sedang berbaring ditempat tidur sebuah rumah sakit tampak se-tengah tak percaya saat mendengar ucapandokter yang merawatnya. Dokter mengatakan,ginjalnya sudah rusak, tidak bisa lagi berfungsidan ia disarankan untuk segera menjalaniproses cuci darah sebagai pengganti ginjal.

    Seumur hidupnya, belumpernah wanita ini berpikirakan menjalani proses cucidarah. Namun, kenapa iabisa mengalami hal ini? Pada-hal, ia selama ini tidak pernahmengalami gejala atau kelu-han sakit apa pun?

    Ilustrasi kasus di atassering kali ditemukan dimasyarakat. Bisakah sese-orang tiba-tiba divonis men-galami gagal ginjal kroniktanpa sebelumnya menun-jukkan gejala? Jawabannyaadalah ya.

    Menurut dr Candra Wibo-wo, SpPD, spesialis penyakitdalam di Rumah Sakit Mitra,Kemayoran, Jakarta, masya-rakat memang perlu mewasp-adai penyakit ginjal kronik(PGK) karena penyakit yangsatu ini tidak memberikan ge-jala peringatan dini.

    Sering kali fungsi ginjalpasien diketahui sudah jauhmemburuk sehingga harus di-gantikan segera dengan terapipengganti ginjal (TPG) seper-ti hemodialisis atau dikenaljuga dengan sebutan cuci da-rah, peritoneal dialisis. Jikamemungkinkan, dilakukancangkok ginjal untuk meng-gantikan ginjal yang rusak.

    Di Indonesia, banyak pa-sien datang berobat ke dokterdengan kondisi PGK padastadium lanjut karena takmengalami keluhan selamabertahun-tahun. Candramenjelaskan, pasien kerapdatang dalam stadium lanjuttanpa gejala sebelumnya.Padahal, penurunan fungsiginjal sebenarnya terjadi se-cara bertahap dalam waktu

    lama sehingga tubuh sudahmengadaptasinya tanpa ke-luhan yang berarti.

    Namun, ketika PGK men-capai stadium lanjut, tubuhtidak dapat lagi mengeluar-kan zat-zat yang harusnyakeluar dari tubuh. Sebagaiakibatnya, zat yang harusnyakeluar tersebut menjadi ra-cun bagi tubuh kita.

    Semakin lama tumpukanracun dan sisa metabolismesel dapat memberikan gejalamual, muntah, selera makanturun, bengkak, batuk, dansesak, kulit kering dan gatal,bahkan napas bau urine. Aki-bat yang fatal bisa terjadi,seperti irama jantung menjaditidak teratur, gagal jantung,dan penurunan kesadaranyang disebut koma uremikum,sampai meninggal mendadak.Jika sudah mengalami gejalaseperti di atas, mau tidak maudibutuhkan terapi penggantiginjal secepatnya sehingga bi-asanya pasien akan disaran-kan untuk dicuci darahnya se-cepatnya oleh dokter.

    Bagaimana kita dapatmengenal gejala dan tanda-tanda dini PGK? Pasien harusmelakukan deteksi dini den-gan cara penapisan (screening),terutama pada orang yangmempunyai faktor risikoPGK. Mereka adalah pengidapdiabetes melitus atau kencingmanis, darah tinggi, obesitas,kolesterol, asam urat, batusaluran kemih, dan infeksi sa-luran kemih berulang.

    Pasien dengan riwayat per-nah mengalami gangguanfungsi ginjal, atau memiliki ri-wayat penyakit dalam keluar-

    ga dengan penyakit ginjal hen-daknya juga melakukan detek-si dini. Kita yang berusia lebih40 tahun tanpa gejala sebaikn-ya juga melakukan penapisanumum (general medical check-up) untuk mendapatkan infor-masi tentang kesehatan secarakeseluruhan.

    Hal ini penting karena pe-nyebab sebagian besar (60-70persen) PGK adalah sekunder,yang artinya penyakit awaln-ya bukan berasal dari ginjalitu sendiri, tetapi berasal daripenyakit sistem organ lainseperti diabetes, hipertensi,hiperurisemia, kolesterol, obe-sitas, penyakit jantung danhati, serta otoimun.

    Dengan mengendalikanfaktor risiko, kita dapat men-cegah PGK atau memperlam-bat kerusakan ginjal lebihlanjut sehingga tidak masukke stadium akhir yang me-merlukan TPG.

    Mengendalikan faktorrisiko tersebut tidak harus se-lalu dengan obat, tapi yangpaling mudah yang dapatAnda lakukan adalah peruba-han gaya hidup dan hal inimerupakan pilar utama da-lam pencegahan PGK. Gayahidup sehat yang melekatdalam aktivitas sehari-hariamat membantu dalam mem-bentuk kesehatan jasmani danrohani kita, papar Candra.

    Menurunkan berat badanadalah PR yang sulit bagimereka yang sudah dalamkondisi obesitas. Diet danolahraga hendaknya dipaha-mi benar sehingga target be-rat badan ideal dapat dica-pai. Makanan tidak sehatyang sering kali dikonsumsi saat waktu luang dapat di-ganti dengan buah-buahansebagai cemilan sehat.

    Lebih lanjut, Candra me-nyarankan untuk mengurangimenu berlemak, makananmanis, dan junk food. Makanancepat saji harus dihindari kare-na merupakan makanan taksehat. Olahraga juga se