Haluan kepri 14jun15

download Haluan kepri 14jun15

of 23

  • date post

    22-Jul-2016
  • Category

    Documents

  • view

    334
  • download

    0

Embed Size (px)

description

Haluan kepri 14jun15

Transcript of Haluan kepri 14jun15

  • KULINER

    Editor: Nando , Layouter: SyahrilCMYK

    HAL 8

    INDEKSKilau Batu Akik Sihir Masyarakat HAL 5

    Ponsel Huawei Y3 Bertema Batik HAL 6

    Kolombia Vs Venezuela, Pembuktian Falcao HAL 17

    HAL 9

    CMYK

    KORAN LOKAL TERBAIK

    DI INDONESIA

    Harian Umum

    Mencerdaskan Kehidupan MasyarakatWebsite: www.haluankepri.com

    HARGA ECERAN Rp2.500,

    KRITIK & SARAN : 085264088880

    INFO BERLANGGANAN : 085374539090

    Minggu, 14 Juni 201526 Saban 1436 HTERBIT 24 HALAMAN,NO 14/6 TAHUN KE 14

    OTOMOTIF

    M a u S u k s e s ? T i d u r l a h L e b i h A w a l HAL 15Lezatnya Ayam Bakar Lada Hitamala Kedai Bunda All New Nissan Lebih "Segar dan Manis"

    Lafadz Cinta di Negeri Sunyi HAL 13

    Marshanda

    WisudaKONTROVERSI terhadap sikapMarshanda di jejaring sosialdan berbagai media, ternyatatidak bisa dipandang sebelahmata. Di tengah hujatanbertubi-tubi dari segelintirmasyarakat, Marshandapun mampu menorehkanprestasi membanggakan.

    Lama menempuh pen-didikan jurusan public re-lations di salah satu uni-versitas swasta bertarafinternasional di Jakarta,bintang film 'Kalau Cin-ta Jangan Cengeng' iniakhirnya dinyatakanlulus dengan meraihgelar sarjana.

    Dibalut jubah wi-suda merah dengan togadi atas kepalanya, terpancarkebahagiaan dari wajahjanda cantik satu ini. Takhanya berbagi momenkelulusan, aktris yangakrab disapa Chacha inijuga memamerkan kehadirankeluarga besarnya di hari ter-akhir sebagai mahasiswi.

    Aktris yang pernah me-nyanyikan daur ulang laguKisah Sedih di Hari Minggu ini,awalnya sedih karena sempattak ditemani ibunda dansaudaranya. Namun se

    Wisuda Hal 7

    THAILANDBANTAI INDONESIA

    Kubu Aburizal Hal 7

    BATAM (HK) Setelah dua hari kritis, Rahmat binSamsuri (45), pelaku penikaman istri dan kakakiparnya di Pengadilan Agama (PA) Batam akhirnyameninggal dunia. Rahmat menghembuskan nafasterakhir di ruang ICU RSBP Batam, Sekupang,

    Sabtu (13/6) siang.

    INGAPURA (HK) Mimpi Indonesiauntuk meraih me-dali emas cabangsepakbola di SEA

    Games 2015 Singapura kan-das. Tak cuma kandas, Indo-nesia juga menanggung malubesar setelah dibantai lima goltanpa balas oleh Thailand da-lam babak semifinal di Sta-dion Nasional Singapura, Sab-tu (13/6) malam WIB.

    Thailand betul-betul tampildominan pada laga ini, seolah-olah para pemain Timnas In-donesia U-23 tak diberi nafasuntuk mengembangkan permai-nan. Nurul Sriyankem menjadimotor kemenangan Thailandmembantai Indonesia.

    Aksi individual Nurul me-ngecoh tiga pemain bertahanIndonesia pada menit ke-13menjadi awal petaka bagi In-donesia. Meski tendangan diasempat ditahan kiper TeguhAmiruddin, bola muntahnyalangsung disambar RungratPhumichantuk.

    Nurul yang dijuluki Lionel

    Messi dari Thailand menjadikreator gol kedua negaranya pa-da menit ke-29 ketika umpansepak pojoknya diselesaikanoleh tandukan Thitiphan Pua-ngjan. Skor 2-0 ini bertahan hi-ngga babak pertama berakhir.

    Enam menit babak keduaberjalan, sundulan Rungrat ya-ng tak terkawal barisan perta-hanan Indonesia mengubah skormenjadi 3-0. Gol itu terciptaberkat umpan silang Nurul darisisi kiri pertahanan Indonesia.

    Lima menit berselang, Naru-badin Weerawatnodom mengu-bah skor menjadi 4-0. Dia ber-hasil memanfaatkan bola sapuanpara pemain bertahan Indonesiayang mengarah ke dirinya.

    Sempat membuang sejuml-ah peluang, Thailand menam-bah pundi-pundi golnya men-jadi lima lewat tendangan Cha-nathip Songkrasin pada menitke-89. Kembali, kesalahan ko-ordinasi di lini belakang men-jadi penyebab.

    Ada empat pemain Thailand

    Thailand Bantai Hal 7

    Pelaku Penikaman di PA Batam Tewas

    Betul, pelaku telahmeninggal tadi, kataKepala Unit ReskrimPolsek Sekupang IptuMarzuki Zan? saat di-temui di Markas Pol-sek Sekupang.

    Seperti diberita-kan sebelumnya, Rah-mat nekat menikam

    istrinya Sri Astuti (37)dan kakak iparnya Umi

    Qoriah (43) karena tidak

    terima digugat cerai di ruangtunggu PA Batam, Sekupang,Kamis (11/6) sekitar pukul 11.-15 WIB. Akibatnya, Sri Astutikritis dan dirawat di RS AwalBros, sementara Umi Qoriahmeninggal dunia dalam per-jalanan ke rumah sakit akibatluka tusukan. Usai menikamkeduanya, Rahmat berusahabunuh diri dengan menusukkanpisau itu ke perutnya.

    Dalam kondisi kritis akibat

    luka tusuk yang sangat lebar dibagian perut, Rahmat dilarikanke RSBP (dulu RSOB-red) diSekupang untuk mendapat pe-rawatan. Tapi, selama dua haridirawat di rumah sakit milikBP Batam itu, Rahmat belumsempat keluar dari kondisikritis meski telah mendapattransfusi 11 kantong darah.Luka robek di perut dan ba-nyak mengeluarkan darahmembuat kondisi pelaku se-makin lemah, kata Marzukikemarin.

    Hingga berita ini diturun-kan, jenazah Rahmat masihberada di ruang jenazah RSBPBatam. Pihak keluarga masihmengurus administrasi peng-ambilan jenazah pelaku baik ke

    Pelaku Penikaman Hal 7

    Kubu Aburizal Akan RebutKantor DPP Partai Golkar

    JAKARTA (HK) RapatPimpinan Nasional (Rapimnas)VIII yang diselenggarakan Par-tai Golkar versi kepengurusanMunas Riau yang digelar olehkubu Aburizal Bakrie, memu-tuskan agar Kantor Dewan Pim-pinan Pusat (DPP) Partai Gol-kar di Jalan Anggrek NellyMurni, Slipi, Jakarta Barat,harus segera direbut dari kubuAgung Laksono. Sebab, me-nurut kubu Aburizal, secarahukum, DPP Partai Golkar hasilMunas Riau 2009 lah yang sahberdasarkan putusan Penga-dilan Negeri Jakarta Utara.

    Rapimnas merekomenda-sikan agar dapat mengambilalih Kantor DPP Golkar di Slipi,Jakarta Barat, kata KetuaKomisi A Samsuddin Mandja,membacakan salah satu poinrekomendasi dalam rapimnas,di Hotel Shangrila, Jakarta,Sabtu (13/6).

    Sekitar seratus kader yanghadir langsung menyambutrekomendasi tersebut secaraantusias. Ada yang memintapengambilalihan kantor ter-sebut dilakukan sesegera mu-ngkin. Malam ini juga (ambilalih), teriak sejumlah kader

    bersahutan.Rapimnas juga merekomen-

    dasikan agar DPP Golkar me-laporkan ke kepolisian jika adaoknum mengatasnamakan Par-tai Golkar dengan mengacu padahasil Munas Ancol. Sebab, meskisudah mendapat pengesahandari Menkumham, namun ke-absahan Munas Ancol sudahdibatalkan oleh pengadilan.

    Selain itu, rapimnas jugamerekomendasikan agar Mu-nas Riau kembali didaftarkanke Kementerian Hukum dan

    Dinilai Terlalu Tua Jadi Kepala BIN

    Sutiyoso: JK Lebih Tua

    JAKARTA (HK) Ketua UmumPartai Keadilan dan PersatuanIndonesia (PKPI) Sutiyoso me-nanggapi kritik yang mem-pertanyakan usianya yang ter-lalu tua untuk dicalonkan se-bagai Kepala Badan IntelijenNegara (BIN). Menurut Sutiyoso,layak atau tidaknya seseorangmenduduki jabatan strategisnegara harus dilihat dari ke-siapan, pengalaman, dan hasilkerjanya.

    Ia mencontohkan sekaligusmembandingkan keadaannyaitu dengan Wakil Presiden JusufKalla (JK), yang telah memasukiusia 73 tahun. Pak JK lebih tuadari saya, tugasnya lebih beratdari saya, kok bisa? ujar Su-tiyoso sebelum memimpin Ra-pat Pleno PKPI di Hotel GrandCempaka, Jakarta Pusat, Sabtu(13/6). Sekarang pilih tua tetapisehat kayak aku, apa pilih mudatetapi loyo, ujar mantan Gu-bernur DKI Jakarta itu.

    Seperti diberitakan,penunjukan Presi-

    den Jokowi kepadaSutiyoso sebagai

    kepala BIN me-nuai kontro-

    v e r s idari se-jumlah ang-gota DPR, penga-mat intelijen, hingga pegiathak asasi manusia (HAM).Anggota Komisi I DPR dari

    Fraksi PDIP TB Hasanuddin,misalnya, menyatakan kebi-ngungannya lantaran usia Su-tiyoso yang sudah mencapai 70tahun. Usia ini dianggap sudahsangat tua untuk mengembantugas sebagai Kepala BIN.

    Meski berasal dari partaipendukung pemerintah Jo-kowi-JK, TB Hasanuddin takserta-merta akan memudah-kan Sutiyoso dalam uji kepa-tutan dan kelayakan (fit andproper test) calon Kepala BINdi Komisi I DPR. Terlebih lagi,menurut Hasanuddin, Sutiyo-so saat menjabat sebagai Pa-nglima Kodam Jaya turut ber-tanggung jawab atas penye-rangan kantor PDI d i Ja lanDiponegoro Nomor 58, Men-teng, Jakarta Pusat pada 27 Juli1996. Hasanuddin pun me-ngaku akan mengklar i f ikas i

    peran Sutiyosodalam peris-t iwa yangdikenal de-ngan sebu-tan Kuda-tuli itu.

    Sutiyoso

    Sutiyoso: JK Hal 7

    S

    I N T

    INDONESIA KALAH Pemain Thailand Daosawang Artit (kiri) dan Weerawatnodom Narubadin berebut bola dengan pemain Indonesia Munawar Yandi Sofyan dalam babak semifinal SEAGames 2015 di Stadion Nasional Singapura, Sabtu (13/6) malam WIB. Indonesia gagal melaju ke final setelah kalah telak 0-5.

  • Editor: Nando , Layouter: Mario

    Wawancara 2Minggu, 14 Juni 2015

    Ketua KPU Husni Kamil Manik

    Inflasi, Dana Pilkada MembengkakPEMILIHAN kepala daerah (pilkada) se-rentak, yang untuk pertama kalinya akandigelar Desember 2015 nanti, berangkat darigagasan menghemat anggaran daerah.Juga untuk meminimalisasi konflik atausengketa pascapilkada. Tapi, yang terjadi,justru dana yang diperlukan membengkakdari Rp5 triliun pada pilkada pada periodesebelumnya menjadi Rp6,7 triliun padapilkada serentak ini.

    Rata-rata dana yangdiajukan daerah untukpelaksanaan pilkadamembengkak dibandingalokasi yang telah disetujuidalam Anggaran Pendapa-tan dan Belanja Daerah(APBD) 2015. Khusus untukpilkada tahun ini, anggaranpilkada diambil dari APBDkarena masih dalam masatransisi dari pilkada yangtidak serentak sebelumnya.Selain itu, keterlambatanpencairan dana pilkadaberpotensi menghambatproses pelaksanaan pilkada.

    Ketua Komisi PemilihanUmum (KPU) Husni KamilManik menjelaskanpembengkakan dana takdapat dihindari karenamengikuti laju inflasi.Sebab lain, "Ada penambah-an item, terutama biayakampanye. Apalagi se-karang ada 18 daerahotonomi baru, itu menam-bah indeks kenaikananggaran."

    Di tengah masalah itu,DPR justru mengajakBadan Pemeriksa Keuangan(BPK) mengaudit KPU.Tekanan lain adalahkeinginan merevisi UUPilkada. Hal ini terkaitdengan konflik internal didua partai, Golkar danPartai Persatuan Pemban-gunan (PPP).

    Beri