Guidebook Singapura

download Guidebook Singapura

of 18

  • date post

    22-Jul-2016
  • Category

    Documents

  • view

    236
  • download

    13

Embed Size (px)

description

 

Transcript of Guidebook Singapura

  • IS-OISAA SINGAPORE 2015 1

    EXPERIENCE AMAZING

    SINGAPORE

    36 COUNTRIES

    INDONESIA FOR

    AEC

    8 10 August 2015

    NOT FOR SALE

  • 2 IS-OISAA SINGAPORE 2015

    WELCOME TO S I NGAPORE

    Singapura adalah sebuah kota kosmopolitan yang dipenuhi dengan gedung pencakar langit dan taman-taman yang hijau. Dengan perpaduan budaya, kuliner, seni dan arsitektur yang beragam, Singapura menjadi sebuah kota yang dinamis nan kaya akan perbedaan dan penuh warna.

    Daftar isi Welcome to Singapore ................... 2 Transportasi .................................... 3

    MRT Map ........................................... 4

    Kehidupan sehari-hari ................... 5 Etika dan kebiasaan Kebersihan toilet saat wudhu Eskalator Aturan merokok

    Kamus kecil .................................... 6 Hostel .............................................. 7 Rute perjalanan .............................. 8

    Bandara-hostel Hostel-acara

    Makanan ........................................ 10 Kartu SIM ....................................... 11 Best of Singapore ......................... 12 Tentang SI-PPI Dunia 2015 .......... 13 Jadwal wisata ............................... 14 PERHATIAN .................................. 15 Peta sekitar hostel ........................ 16 Daftar kontak ................................ 17

    Bahasa Singapura memiliki empat bahasa resmi: Inggris, Melayu, Mandarin dan Tamil. Mayoritas penduduk berbicara dalam Bahasa Inggris dan Mandarin.

    Transportasi Negara dengan transportasi terbaik di dunia ini memiliki transportasi yang aman dan mudah digunakan. Ada empat kendaraan umum yang beroperasi di Singapura: MRT, LRT, bus dan taksi. MRT, LRT dan bus dioperasikan oleh dua perusahaan: SMRT dan SBS Transit.

    Iklim Singapura memiliki dua musim, yaitu musim panas dan musim hujan. Cuaca sehari-hari panas dan lembab, dengan suhu udara rata-rata 31C pada siang hari dan turun menjadi 24C pada malam hari. Musim hujan biasanya dimulai dari bulan Agustus hingga Januari. Peserta disarankan untuk membawa payung untuk berjaga-jaga terjadinya hujan.

    Listrik Colokan listrik di Singapura menggunakan soket listrik 3 pin

    Keuangan Mata uang Singapura adalah Dolar Singapura (SGD). Peserta juga dapat bertransaksi menggunakan non-tunai seperti ATM internasional /kartu debit/ kartu kredit. Penarikan uang melalui ATM internasional dapat dilakukan di mesin ATM yang terdapat logo VISA atau PLUS.

    Marina Bay

  • IS-OISAA SINGAPORE 2015 3

    TRANSPORTASI

    MRT operated by SMRT

    Singapura adalah negara dengan transportasi publik terbaik di dunia. Moda transportasi yang mudah digunakan dan aman memungkinkan penduduk maupun turis menjelajah Singapura dengan efisien dan tepat waktu.

    MRT Mass Rapid Transit (MRT) merupakan salah satu cara tercepat untuk berkeliling kota selain dengan taksi. Selain merupakan salah satu sistem transportasi paling bersih di dunia, MRT menghadirkan pemandangan indah mulai dari kawasan pusat dan area perkotaan, dengan akses hampir ke seluruh bagian pulau Singapura. MRT beroperasi setiap hari dari jam 5.30AM sampai tengah malam (11.30PM). Bus SBS Transit dan SMRT merupakan duopoli sebagai penyedia layanan bus di Singapura. Pada umumnya bus beroperasi setiap hari dari jam 5.30AM sampai tengah malam (12AM). Jika peserta ingin keluar malam lewat dari jam 12, SBS Transit dan SMRT menyediakan bus malam yang beroperasi di akhir pekan dari jam 11.30 malam sampai jam 4 pagi. Layanan bus malam yang disediakan SBS Transit bernama Night Owl, sedangkan SMRT bernama NightRider. Tarif bus malam dikenakan S$4.5 untuk sekali jalan. Tarif ini lebih mahal dibandingkan bus di waktu siang hari.

    Kartu EZ-Link (S$12) Untuk kemudahan peserta, kami sarankan untuk membeli kartu EZ-link untuk berkeliling kota Singapura. EZ-Link dapat digunakan di MRT dan bus. Kartu dapat dibeli di seluruh ticket office stasiun MRT dengan harga $12 ($5 non-refundable + $7 saldo). Peserta diperbolehkan untuk membayar dengan uang tunai, tetapi kembalian tidak akan diberikan ketika memakai bus. Kembalian hanya akan diberikan untuk pembelian tiket MRT saja.

    Taksi Penggunaan taksi merupakan moda transportasi paling mahal di Singapura dikarenakan kenyamanan dan kecepetannya. Taksi beroperasi 24 jam setiap hari. Untuk peserta yang ingin menggunakan taxi, disarankan untuk memesan taksi terlebih dahulu, karena mencari taksi di Singapura terbilang sulit. Pesera dapat memesan taksi dengan menelponnya. Ada 6 perusahaan taksi di Singapura, berikut nomor teleponnya:

    Comfort 6552 4525 CityCab 6552 4525 SMRT 6555 8888 Trans-Cab 6555 6666 Premier Taxis 6476 3033 Prime Taxi 6778 0808

    Warna hijau menandakan taksi tersedia

    Warna merah menandakan taksi sedang terisi

  • 4 IS-OISAA SINGAPORE 2015

    p

    *Untuk peserta yang ingin mengunjungi Universal Studios atau pantai Siloso di Pulau Sentosa, anda bisa pergi ke stasiun MRT HarbourFront, lalu menaiki Sentosa Express menuju Pulau sentosa. Penggunaan Sentosa Express dikenakan biaya $4 sekali jalan. Atau alternatifnya, peserta bisa berjalan dengan gratis dari VivoCity mall ke Pulau Sentosa melalui Sentosa Broadwalk. Berjalan dari VivoCity ke Pulau Sentosa diperkirakan memakan waktu 20 menit.

    Untuk mencari tahu rute perjalanan, seperti no. bus atau jarak, waktu, peserta bisa cek di http://gothere.sg/maps

  • IS-OISAA SINGAPORE 2015 5

    KEHIDUPAN SEHARI-HARI

    Etika dan kebiasaan hidup di Singapura Hampir di setiap sudut kota Singapura terdapat ancaman denda sehingga orang lokal sangatlah disiplin. Para peserta diminta untuk mematuhi aturan yang ada, kalau tidak akan dikenakan denda oleh pihak berwajib. Salah satu contoh peraturan yang harus ditaati seperti membuang sampah pada tempatnya, mematuhi lalu lintas saat menyebrang, mengantri antrean, dilarang makan dan minum di MRT/stasiun MRT/bus, dilarang mengunyah permen karet, membawa durian ke hotel dan lain-lain.

    Kebersihan toilet saat wudhu Sholat adalah suatu kewajiban untuk umat muslim. Namun, tempat umum di Singapura jarang terdapat tempat khusus untuk wudhu. Oleh karena itu, beberapa orang menggunakan toilet sebagai alternatif untuk wudhu sebelum sholat. Hampir semua toilet di Singapura adalah toilet kering. Maka dari itu mari kita jaga kebersihan toilet pada saat wudhu dengan tidak membasahi lantai toilet dan tidak menaikkan kaki ke wastafel.

    Memberi tips tidak wajib di

    Singapura

    Eskalator Kebanyakan penduduk Singapura berjalan dengan cepat. Ketika di stasiun MRT, terkadang mereka terburu- buru dan berlari mengejar kereta agar tidak ketinggalan. Oleh karena itu, jika anda ingin berjalan santai saat naik eskalator berdirilah di sebelah kiri dan jika anda ingin mendahului dapat melewati sebelah kanan. Budaya ini wajib untuk ditaati bagi semua peserta. Aturan merokok Singapura mempunyai larangan yang ketat tentang merokok. Anda hanya dapat merokok di tempat yang bertanda Smoking Area atau di area terbuka minimum 5 meter jauh dari pintu masuk dan fasilitas umum. Bila anda merokok di area yang bertanda dilarang merokok, anda akan dikenakan denda sebesar SGD 1,000.

  • 6 IS-OISAA SINGAPORE 2015

    Kamus kecil

    Singlish atau yang biasa dikenal Singapore English merupakan Bahasa Inggris yang digunakan oleh penduduk lokal sehari-hari. Singlish adalah Bahasa Inggris dengan perpaduan Bahasa Mandarin, Melayu, Hokian, Kanton, Teochew dan Tamil. Singlish memiliki aksen yang unik dan terkesan cepat saat berbicara.

    SINGLISH ARTI Ta pau Bungkus bawa pulang Dohwan Tidak, terima kasih Alamak! Astaga! Can can Ya, bisa Oh, izzit? Apakah itu benar?

    Teh-O Teh dengan gula Teh-C Teh dengan susu kental manis

    Teh-peng Es teh Kopi-O Kopi dengan gula Kopi-C Kopi dengan susu kental manis

    Kopi-peng Es kopi

  • IS-OISAA SINGAPORE 2015 7

    Hostel

    Plush Pods 2 Tan Quee Lan Street S ingapore 18 809 1 Telp : (+65 ) 634 1 9258 MRT terdekat : Bug is , ex it D

    LOKASI HOSTEL

    20 menit dari bandara dengan MRT

    10 menit ke daerah pariwisata dengan MRT

    2 menit berjalan kaki ke pusat

    makanan terbaik di Singapura!

    5 menit berjalan kaki ke Bugis Junction & Bugis+

    10 menit berjalan kaki ke mall- Suntec City, Raffles City, Esplanade, Marina Bay

    15 menit berjalan kaki ke Kampong

    Glam, Little India, Victoria Street

    Mengisi waktu luang Bugis adalah lokasi yang tepat untuk berpergian karena kedekatan area dengan destinasi turis lainnya. Mall di Bugis tutup jam 10 malam, sedangkan toko-toko di Bugis Street tutup jam 11 malam. Namun demikian, Bugis adalah surga makanan 24 jam dan pusat berbelanja barang murah. Jika ingin pergi saat tengah malam, anda bisa pergi ke Clarke Quay dimana terdapat banyak bar dan club yang buka sampai subuh. Selain itu, anda juga bisa bersantai sambil menikmati pemandangan malam di tepi sungai.

  • 8 IS-OISAA SINGAPORE 2015

    RUTE PERJALANAN

    Bandara Hostel Changi Airport MRT terletak di basement antara terminal 2 dan 3. Perjalanan menuju hostel di mulai dari Changi Airport MRT, lalu peserta berhenti di Tanah Merah MRT untuk berganti MRT yang menuju ke arah Joo Koon. Setelah mengganti MRT, peserta akan sampai di Bugis setelah 8 stop dari Tanah Merah MRT. Sesampai di Bugis MRT, peserta keluar melalui exit D dimana letak hostel berada di sekitar sana. Waktu perjalanan total kira-kira 40 menit.

  • IS-OISAA SINGAPORE 2015 9

    RUTE PERJALANAN

    Hostel KBRI International Symposium OISAA Singapore diadakan di Kedutaan Besar Republik Indonesia(KBRI) yang berlokasi di 7 Chatsworth Road, Singapore 249761. Perjalanan ke KBRI dimulai melalui stasiun MRT Bugis. D