Gelombang (fisika kelas xii)

download Gelombang (fisika kelas xii)

of 37

  • date post

    14-Jan-2017
  • Category

    Science

  • view

    498
  • download

    2

Embed Size (px)

Transcript of Gelombang (fisika kelas xii)

GERAK GELOMBANG

Disusun Oleh :Sri Indriyani SiregarYesika PrebinaAnnisa AngeliaSukma SyahfitriGELOMBANG

2

3

1. PENGERTIAN GELOMBANGGelombang adalah bentuk dari getaran yang merambat pada suatu medium. Pada gelombang yang merambat adalah gelombangnya, bukan zat medium perantaranya.

Gelombang merupakan salah satu cara perpindahan energi.

2. Besaran GELOMBANG

1) Panjang Gelombang ()=>Jarak yang ditempuh oleh gelombang dalam satu periode. Satuannya meter (m).2) Periode(T)=>Waktu yang diperlukan untuk melakukan satu gelombang. Satuannya detik (s).3) Frekuensi (f)=>Jumlah gelombang yang terbentuk selama satu detik. Satuannya Hertz (Hz).4)Cepat Rambat Gelombang(v)=>Jarak yang ditempuh oleh gelombang selama satu detik. Satuannya m/s.

GelombangArah Getar

Medium

Amplitudodan fase

BerjalanStasioner(Diam)

MekanikElektro-magnetikTransversalLongitudinal

6

1. GELOMBANG TRANSVERSALGelombang transversal adalah gelombang yang memiliki arah getar tegak lurus terhadap arah rambatnya. Dalam gelombang ini, bentuknya ada bukit dan ada lembah.Contoh gelombang pada slinki, mediumnya adalah slinki itu sendiri yang tidak ikut berpindah.

BERDASARKAN ARAH gETar

3. istilah-istilah pada gelombang transversal

Puncak gelombang: titik-titik tertinggi pada gelombangDasar gelombang: titik-titik terendah pada gelombangBukit gelombang: lengkungan obc atau efgLembah gelombang: cekungan cde atau ghiAmplitudo (A): nilai mutlak simpangan terbesarPanjang gelombang () : jarak antara dua puncak berurutan atau jarak antara dua dasar berurutanPeriode (T): selang waktu yang dipelukan untuk menempuh dua puncak yang berurutan

2. GELOMBANG LONGITUDINALGelombang longitudinal adalah gelombang yang memiliki arah getar sejajar terhadap arah rambat gelombang.Dalam gelombang ini terbentuk adanya rapatan dan regangan.Contohnya gelombang suara yang berbentuk regangan dan rapatan pada molekul-molekul udara yang dilaluinya. Jadi udara berfungsi sebagai medium gelombang suara tersebut.

4. istilah-istilah pada gelombang LONGITUDINalPanjang gelombang didefinisikan sebagai jarak antara dua pusat rapatan yang berdekatan atau jarak antara dua pusat renggangan yang berdekatan

BERDASARKAN MEDIUM

1. GELOMBANG MEKANIK=> Memerlukan medium untuk merambatContoh gelombang mekanik :o) Gelombang Suarao) Gempa Bumio) Gelombang pada dawaio) dll.

2. GELOMBANG ELEKTROMAGNETIK=>Gelombang yang dapat merambat baik melalui medium ataupun vakum (tanpa medium)Contoh gelombang mekanik :o) Cahayao) Sinar Xo) Gelombang Radioo) dll.

x

v

P

A

3. GELOMBANG BERJALANSetelah A bergetar selama t detik maka titik P telah bergetar selama:

Dimana :Yp = Simpangan gelombang di titik P (m)A = Amplitudo gelombang (m)x = Jarak titik P dari titik pusat O (m)v = Kecepatan rambat gelombang ( m/s)k = Bilangan gelombang = Panjang gelombang (m,cm )f = Frekuensi Gelombang ( Hz )T = Periode gelombang ( s ) = Kecepatan sudut ( rad/s ) t = Lamanya titik asal telah bergetar ( s )t = Sudut fase gelombang ( rad)

FORMULASI GELOMBANG BERJALAN

KECEPATAN DAN PERCEPATAN PARTIKEL

Besar fasenya adalah

SUDUT FASE, FASE, DAN BEDA FASE GELOMBANG BERJALAN

16

17

18

19

SoPR

L

x

L+x

4. GELOMBANG stasionerGelombang stasioner terjadi dari hasil interferensi atau perpaduan dua buah Gelombang yang mempunyai frekuensi dan amplitudo sama bertemu dalam arah rambatan yang berlawanan. Ciri-ciri Gelombang stasioner yaitu terdiri atas simpul dan perut.

A. FORMULASI GELOMBANG STASIONER PADA UJUNG TETAP

Dimana :y = simpangan gelombang stasioner pada ujung tetapA = amplitudo gelombang berjalanAs = amplitudo gelombang stasionerx = jarak partikel dari ujung tetap

Letak simpul dan letak perut Simpul yaitu tempat kedudukan titik yang mempunyai amplitudo minimal (nol),

sedangkan perut yaitu tempat kedudukan titik-titik yang mempunyai amplitudo maksimum pada gelombang tersebut.

Letak simpul dan letak perut pada ujung tetap-) Letak simpul

letaksimpul dari ujung tetap merupakankelipatan genap dari seperempat panjang gelombang.-) Letak perut

letak perut dari ujung tetap merupakankelipatan ganjildari seperempat panjang gelombang.

b. FORMULASI GELOMBANG STAsioner pada ujung bebas

Dimana :y = simpangan gelombang stasioner pada ujung tetapA = amplitudo gelombang berjalanAs = amplitudo gelombang stasionerx = jarak partikel dari ujung tetap

Letak simpul dan letak perut pada ujung BEBAS-) Letak simpul

letaksimpul dari ujung bebas merupakankelipatan ganjil dari seperempat panjang gelombang.-) Letak perut

letak perut dari ujung tetap merupakankelipatan ganjildari seperempat panjang gelombang.

5. Gejala-gejala GELOMBANGDispersi gelombang adalah perubahan bentuk gelombang ketika gelombang merambat melalui suatu medium.Udara adalah medium nondispersi untuk gelombang bunyi.Gelombang mekanik yang merambat melalui medium nondispersi, sepanjang perambatannya, bentuk gelombang tidak berubah

a. dispersi Gelombang

b. Pemantulan Gelombang

Superposisi dari gelombang pantul dengan gelombang datang menghasilkan gelombang stasionerGelombang permukaan air mudah diamati dengan menggunakan tangki riak atau tangki gelombang

Pengertian muka gelombang dan sinar gelombangMuka gelombang atau front gelombang didefinisikan sebagai tempat kedudukan titik-titik yang memiliki fase yang sama pada gelombang

Pemantulan gelombang permukaan airA. Pemantulan gelombang lurus oleh bidang datar

B. Pemantulan gelombang lingkaran oleh bidang datar

c. Pembiasan gelombang

Sinar datang dari tempat yang dalam ke tempat yang dangkal dibiaskan mendekati garis normal (r < i ) . Sebaliknya, sinar datang dari tempat yang dangkal ke tempat yang dalam dibiaskan menjauhi garis normal ( r > i )

Penurunan Persamaan Umum Pembiasan Gelombang Sin rSin i vv = = n

PENGERTIAN INDEKS BIAS

Lenturan gelombang yang disebabkan oleh adanya penghalang berupa celah dinamakan Difraksi Gelombang

d. Difraksi gelombang

e. Interferensi gelombangPengaruh yang ditimbulkan oleh gelombang-gelombang yang berpadu disebut Interferensi Gelombang Kedua gelombang saling memperkuat (inteferensi konstruktif),Kedua gelombang saling memperlemah atau meniadakan (inteferensi destruktif).

Interferensi gelombang permukaan air ( dua dimensi )Dua sumber getar yang memiliki fase, amplitudo, dan frekuensi yang sama dinamakan dua sumber koheren.

Polarisasi Gelombang Gelombang terpolarisasi linear jika getaran dari gelombang tersebut selalu terjadi dalam satu arah saja. Arah ini disebut arah polarisasi.

Mengapa polarisasi hanya terjadi pada gelombang transversal?

SEKIAN PRESENTASI KAMI