Direktorat Jenderal PAUDNI Puji Program PKBM

download Direktorat Jenderal PAUDNI Puji Program PKBM

of 16

  • date post

    07-Feb-2017
  • Category

    Documents

  • view

    221
  • download

    4

Embed Size (px)

Transcript of Direktorat Jenderal PAUDNI Puji Program PKBM

  • 1Bubuhan - Edisi 34/VI/Juli - Agustus 2013

    Edisi 34/VI/Juli - Agustus 2013

    Indominco Mandiri Meraih Kembali PROPER Emas

    Usaha Perikanan Berbasiskan Gotong-Royong

    Berbagi Nikmatnya Ramadhan dengan Berbagi Bahan Pangan dan Buka Puasa Bersama

    6

    8-9

    12

    Kunjungi PT Indominco Mandiri

    Direktorat Jenderal PAUDNIPuji Program PKBM

  • 2 Bubuhan - Edisi 34/VI/Juli - Agustus 2013

    SEKAPUR SIRIH

    BUBUHAN berasal dari Bahasa Kutai, Dayak, dan Banjar yang

    berarti pertemanan, perkawanan, dan atau persahabatan. Nama BUBUHAN mencerminkan

    semangat CD ITM untuk menghargai dan belajar pada

    kearifan lokal yang ada di masyarakat.

    PelindungPongsak Thongampai

    PembinaLeksono Poeranto

    Penanggung Jawab Tri Harjono

    Pemimpin RedaksiRudy Prabowo, Giwa Giwangkara

    Redaktur PelaksanaHanana Fajar

    KontributorCDO Indominco, CDO Kitadin, CDO Trubaindo, CDO Jorong,

    CDO Bharinto

    ReporterJauhari Umar, Hanana Fajar

    Pelaksana DesainCoratCoret Design

    Kebijakan perusahaan PT Indo Tambangraya Megah Tbk (ITM) terhadap pembangunan berkelanjutan adalah menghasilkan manfaat bagi masyarakat sekitar perusahaan dan lingkungannya secara berkelanjutan dengan memahami kebutuhan mereka, melakukan diskusi terbuka agar tercipta kepercayaan, dan mempertimbangkan pandangan dan harapan masyarakat di dalam kebijakan perusahaan. Hal tersebut mencerminkan target Community Development (CD) perusahaan yaitu meningkatkan kesejahteraan masyarakat sekaligus secara tidak langsung menjaga persetujuan sosial dengan masyarakat dalam berusaha.

    Oleh karena itu, semua anggota tim CD memiliki 2 peran utama dalam tugas mereka. Pertama, dari sisi perusahaan, membangun persepsi masyarakat yang positif untuk memperkecil hambatan dan biaya, bahkan dapat menghasilkan suatu kerjasama dengan masyarakat lokal. Kedua, adalah menciptakan keberhasilan keberlanjutan bagi masyarakat sekitar perusahaan.

    Kesejahteraan masyarakat dapat berkembang apabila memiliki keinginan untuk maju. CDO berperan besar sebagai pengajar bagi masyarakat dalam mendapatkan pengetahuan dan keahlian yang dibutuhkannya sekaligus sebagai pembina yang mendampingi masyarakat dalam setiap kegiatannya sehingga tercipta peningkatan dalam kesejahteraan hidupnya dan akhirnya dapat menjadi masyarakat yang mandiri.

    PT Indominco Mandiri (IMM), telah menciptakan kebersamaan dengan komunitas lokal dan terus mengembangkan pemberdayaan bagi beberapa program CD yang terbagi dalam beberapa bidang pengembangan yaitu Ekonomi, Insfrastruktur, Pelestarian Lingkungan Hidup, Sosial Budaya. Program pengembangan sosial terintegrasi dengan kesejahteraan masyarakat dalam ruang lingkup kesehatan, ekonomi dan pendidikan.Pengembangan sosial di bidang pendidikan mengambil bagian terbesar dalam program meningkatkan pengetahuan dan kemandirian masyarakat.

    IMM telah bekerjasama dengan pemerintah daerah menyediakan program pelayanan pendidikan yang komprehensif bagi semua kalangan masyarakat dan akan terus mendukung tercapainya tujuan dari pengembangan masyarakat, memberikan inspirasi dan menyediakan pengetahuan yang cukup bagi masyarakat.

    Untuk mencapai tujuan di atas, kita sebagai CDO harus selalu siap dengan pengetahuan dan keahlian yang dibutuhkan dalam membimbing masyarakat dalam melaksanakan program CD perusahaan yang telah ditetapkan bersama. Lebih lanjut, nilai-nilai Banpu Spirit dan Do by Heart harus selalu tercermin dalam setiap perilaku CDO.

    Berkaitan dengan hal diatas, Bubuhan merupakan salah satu media untuk berkomunitas antar tim CD, sekaligus menjadi publikasi mengenai program-program CD yang telah dilakukan dan keberhasilan para CDO dalam menjalankan program CD tersebut bersama masyarakat binaan, pemerintah lokal dan pihak stakeholder terkait lainnya.

    Sebagai anggota dari tim CD ITM, saya mendorong semua anggota CDO untuk mengirim tulisan mengenai kegiatan pengembangan masyarakat yang telah Anda lakukan ke Bubuhan ini sebagai sarana untuk berbagi dengan sesama.

    Setelah diadakannya CDO Forum 2013 di Hotel Amos Cozy Jakarta, Februari lalu, sepertinya semangat para CDO untuk kembali berkarya dan memberikan tulisan-tulisan mengenai kegiatan Community Development akan kembali bangkit. Hal tersebut dikarenakan para penulis yang artikelnya pernah dimuat di Bubuhan selama tahun 2012 diberikan reward oleh Redaksi Bubuhan. Diharapkan dengan adanya reward tersebut, para CDO ataupun stakeholders semakin berkeinginan dan kreatif dalam menuangkan ide maupun tulisannya di majalah Bubuhan.

    Tentu tidak hanya sampai di sana kami memberikan apresiasi kepada para penulis, kali ini kami pun memberi kesempatan kepada para CDO khususnya, untuk menampilkan foto terbaik mereka yang memiliki makna BANPU Spirit di dalam kegiatan Community Development. Seperti apa dan ingin tahu lebih jelasnya? Jawabannya hanya ada di Bubuhan edisi 32 ini.

    Salam Redaksi

    Sean T. Pellow

    Director & SVP OperationsPT Indo Tambangraya Megah Tbk

  • 3Bubuhan - Edisi 34/VI/Juli - Agustus 2013

    dan Recycle (menggunakan lagi sampah setelah proses pengolahan), yang biasa disebut 3R. Sementara Ketua Yayasan Bikal Bontang, Saparuddin Senny, menjelaskan mengenai sistem pengelolaan bank sampah. Keberadaan bank sampah merupakan salah satu alternatif yang dapat membantu masyarakat dan pemerintah mengurangi permasalahan sampah. Di hari kedua, Kamis (20/6) digelar perlombaan kantor Desa Bersih dan Sehat binaan IMM dengan mengangkat tema Kebersamaan dalam pemeliharaan kebersihan kantor desa. Tak kurang dari 6 desa di Kutai Timur mengikuti lomba tersebut, yakni Desa Kandolo, Teluk Pandan, Martadinata, Suka Rahmat, Suka Damai, dan Danau Redan. Penilaian berdasarkan 3 indikator yakni kebersihan, kehijauan, dan partisipasi. CDO bagian pengembangan lingkungan IMM, Lidya Elisabeth Alverin mengatakan, digelarnya Lomba kantor desa bersih dan sehat merupakan langkah awal menstimulasi desa agar lebih peduli dengan lingkungan sekitar, karena pemerintah desa merupakan panutan awal terhadap perubahan perilaku kepedulian masyarakat desa terhadap lingkungan.

    (Kutipan Bontang Post)

    Dalam rangka memperingati pekan lingkungan hidup, PT Indominco Mandiri (IMM) menggelar seminar bertajuk Kebersamaan untuk Lingkungan yang Lebih Baik atau Togetherness for Better Environment di Hotel Oak Tree, Rabu (19/6) lalu. Kegiatan tersebut dirangkaikan dengan Lomba Kantor Desa Bersih dan Sehat 2013 juga merupakan hasil kerja sama dengan PT Kitadin. Langkah tersebut semakin menunjukkan kepedulian dan tanggung jawab IMM terhadap lingkungan di sekitarnya yang akhirnya menghantarkan IMM mendapatkan bendera emas PROPERDA dari Gubernur Kalimantan Timur, Awang Faroek, sebagai perusahaan pertambangan yang bertanggung jawab baik terhadap lingkungan tambang itu sendiri maupun masyarakat sekitar. Selain menghadirkan pemateri dari Badan Lingkungan Hidup (BLH) Provinsi Kalimantan Timur dan Yayasan Bina Kelola Lingkungan Hidup (Bikal) Bontang, kegiatan sosialisasi ini dibuka oleh Asisten Administrasi Ekonomi Pembangunan dan Kesejahteraan Masyarakat Bontang, Emlizar Muchtar, dihadiri jajaran Dinas Kesehatan (Diskes)

    Kutai Timur dan Bontang, jajaran pemerintahan dari seluruh desa binaan IMM, Lembaga Pemberdayaan Masyarakat (LPM), dan tokoh masyarakat. Dalam sambutannya, Emlizar mengatakan, menjaga kelestarian lingkungan merupakan tanggung jawab semua pihak dan memberikan apresiasi kepada IMM sebagai perusahaan pertambangan yang peduli terhadap lingkungan. Assistant Vice President IMM, HM Nasution mengatakan, kegiatan tersebut merupakan agenda rutin perusahaan dalam rangka memperingati Hari Lingkungan Hidup. Dalam kegiatan itu, IMM mencoba memberi pemahaman sistem pengelolaan sampah kepada masyarakat desa binaan. Dikatakannya, permasalahan sampah hampir terjadi di semua daerah. Di balik itu, sambung Nasution, setelah sampah didaur ulang justru bisa diubah menjadi rupiah. Peluang inilah yang diharapkan bisa dimanfaatkan masyarakat sehingga tercipta pengembangan ekonomi berbasis lingkungan melalui pemanfaatan sampah tersebut. Selanjutnya peserta disuluh Kasubbid Kapasitas Lingkungan BLH Kalimantan Timur, Noor Utami. Dia menekankan tiga hal mengenai pengelolaan sampah. Antara lain Reduce (mengurangi timbunan sampah), Reuse (upaya memanfaatkan barang agar tidak menjadi sampah),

    Peringati Pekan Lingkungan Hidup, Ajak Masyarakat Peduli Lingkungan, Sulap Sampah Jadi Rupiah

    IMM Gelar Seminar dan Lomba Desa Bersih

    BERITA KITAPT Indominco Mandiri

  • 4 Bubuhan - Edisi 34/VI/Juli - Agustus 2013

    BERITA UTAMAPT Indominco Mandiri

    Kunjungi PT Indominco Mandiri, Direktorat Jenderal PAUDNI Puji Program PKBM

    Gandeng UNHAS, Tak Sekedar Lulus

    SD. Anggota yang kebanyakan dari petani diuji untuk membaca. Walaupun harus terbata-bata, para anggota mampu untuk membaca. Dari situlah bukti pengurangan buta aksara mulai terlihat. Di hari berikutnya, digelar seminar dan lokakarya (semiloka) yang bertema Membangun Pendidikan Nonformal yang Cerdas Komprehensif dengan Berilmu, Berkarakter, Berkembang, serta Mandiri dalam Kebersamaan, berlangsung di Hotel Bintang Sintuk. Hadir Wali Kota Bontang Adi Darma, pemateri Ansar Arifin, dan Kepala Dinas Pendidikan Bontang, Dasuki. Dirjen PAUDNI, Lydia memberi apresiasi tinggi kepada IMM. Melalui Corporate Social Responsibility (CSR) dapat membantu terselenggaranya layanan prima pendidikan dan kebudayaan untuk membentuk insan Indonesia cerdas komprehensif, khususnya dalam melakukan pemberdayaan PKBM. Dan dianggap bersinergi dengan pemerintah dalam hal membangun dunia pendidikan. Bahkan Lydia mengungkapkan jika IMM bisa menjadi pelopor di Indonesia. Pasalnya, seluruh masyarakat yang ikut dalam PKBM

    Bontang-Direktur Jenderal Pendidikan Anak Usia Dini, Nonformal dan Informal (PAUDNI) Kementerian Pendidikan dan Kebud