Bacaan Faal Hormon

of 38

  • date post

    03-Feb-2018
  • Category

    Documents

  • view

    256
  • download

    1

Embed Size (px)

Transcript of Bacaan Faal Hormon

  • 7/21/2019 Bacaan Faal Hormon

    1/38

    Biologi Kelas XI 285

    Bab IX Sistem Koordinasi padaManusia dan Hewan

    Mampu menjelaskan peran sistem saraf dan sistem hormonyang menyusun sistem koordinasi serta mengetahuimekanisme kerja sistem indra.

    SistemSaraf

    SistemIndra

    SistemHormon

    1. Saraf sadar 2. Saraf tidak

    sadar

    1. Penglihatan

    2. Pendengaran3. Peraba4. Pengecap5. Penciuman

    Pada Manusia Pada Hewan

    Sistem Koordinasi

    1. Hipofisis

    2. Tiroid3. Paratiroid4. Adrenal5. Pankreas6. Gonad7. Timus

    Cacing: Tangga tali

    Serangga: Tangga taliUlar: Organ Jacobson

  • 7/21/2019 Bacaan Faal Hormon

    2/38

    286 Sistem Koordinasi pada Manusia dan Hewan

    Sumber: Dokumentasi Penerbit

    Anda pasti tertawa saat membaca SMS lucu yang dikirim olehteman Anda. Namun, terkadang Anda juga akan sedih saat membacaSMS yang berisi berita menyedihkan. Mengapa ekspresi seperti itu

    bisa terjadi? Hal ini terjadi karena ada sistem koordinasi dalam diri Anda yang melibatkan sistem saraf, endokrin, dan indra.

    Pada bab ini akan dipelajari lebih lanjut tentang sistem saraf yang bekerja pada tubuh manusia dan hewan. Setelah mempelajaribab ini Anda akan dapat menjelaskan cara tubuh kita meresponterhadap sebuah rangsang.

    sistem saraf otakimpulshormonlensa mataindrareseptor sinopsisgerak reflekneurotransmiter kelenjar korpora alatadaya akomodasi

  • 7/21/2019 Bacaan Faal Hormon

    3/38

    Biologi Kelas XI 287

    Saat Anda melihat kilat, ada dua macam gerakan yang terjadiyaitu gerak refleks dan gerak sadar. Gerak refleks terjadi saat matasegera terpejam dan mulut berteriak, sedangkan gerakan sadarnyaberupa gerakan menutup telinga.

    Berbeda dengan gerak refleks, gerak sadar terjadi karena otakberpikir dengan cepat bahwa kilat biasanya diikuti oleh suara petir yang menggelegar. Keadaan tersebut membuat otak memerintahkantangan untuk menutup telinga agar dapat meredam suara tersebut.

    Reaksi terkejut pada saat Anda melihat kilat akan berpengaruhpada reaksi hormonal. Saat terkejut, tubuh akan mengeluarkanadrenalin cukup banyak. Adrenalin yang banyak tersekresi akanmeningkatkan detak jantung. Detak jantung yang cepat juga mungkinterjadi akibat hipotalamus mengaktifkan sistem saraf simpatik.

    Dari uraian singkat di atas, diketahui bahwa di dalam tubuhterdapat suatu sistem koordinasi yaitu sistem hormon dan sistemsaraf. Interaksi keduanya melibatkan sistem indra di dalam tubuh.Tersusun atas apa sajakah sistem hormon dan sistem saraf? Apaperan dari masing-masing penyusun kedua sistem itu? Hal tersebut

    akan Anda pelajari dalam subbab berikut.

    A. Sistem Saraf Sistem saraf mempunyai dua fungsi yaitu sebagai penerima dan

    penghantar rangsang ke seluruh bagian tubuh, serta memberikantanggapan terhadap rangsang tersebut. Sel saraf yang menerimarangsang disebut reseptor . Reseptor dapat dibedakan menjadieksteroseptor dan interoseptor. Perbedaan kedua reseptor tersebutdapat dilihat pada skema berikut.

    Rangsang yang berasal dari luar tubuh dapat berupa bau, rasa(pahit, manis), sentuhan, cahaya, suhu, tekanan atau gaya berat.Rangsang dari dalam tubuh berupa rasa lapar, kenyang, sakit, danlelah. Sel saraf yang mengirimkan tanggapan rangsang disebutefektor . Sebelum membahas lebih lanjut tentang sistem saraf, akankita bahas terlebih dahulu penyusun sistem saraf, yaitu sel saraf

    (neuron ).1. Bagian-Bagian Sel Neuron (Sel Saraf)

    Sistem saraf tersusun atas sel-sel saraf yang disebutneuron . Sel-sel neuron terbagi atas beberapa bagian yaitu badansel, dendrit, dan neurit (akson).a. Badan sel , berwarna kelabu, terdiri atas membran sel,

    sitoplasma (neuroplasma), nukleus, nukleolus, dan retikulumendoplasma. Retikulum endoplasma yang mengelompokpada sel saraf disebut badan nissl .

    Sikap Saat Mendengar Gemuruh Petir

    Saat kita melihat kilat dan men-dengar gemuruh petir yangdahsyat, sebaiknya mulut terbuka(menganga). Hal tersebut untukmengurangi tekanan pada telinga,sehingga tidak terjadi kerusakanpada gendang telinga.Sumber: Intisari

    Berfungsi

    BerfungsiReseptor

    Eksteroseptor

    Interoseptor

    Menerima rangsang dari luar tubuh

    Menerima rangsang dari dalam tubuh

  • 7/21/2019 Bacaan Faal Hormon

    4/38

    288 Sistem Koordinasi pada Manusia dan Hewan

    Sel Schwann

    b. Dendrit , merupakan lanjutan atau percabangan badan selsaraf. Dendrit berfungsi menerima impuls yang datang dariujung akson lain, selanjutnya membawa impuls tersebut kedalam badan sel saraf. Dendrit disebut juga serabut pendekneuron .

    c. Neurit (akson ) disebut juga serabut panjang neuron . Neuritberfungsi meneruskan impuls yang berasal dari badan selsaraf ke sel-sel saraf yang lain. Bagian badan sel saraf yangberhubungan dengan akson berbentuk segitiga dinamakanakson hillcok . Neurit terbungkus oleh selubung mielin .Selubung ini tersusun oleh sel-sel Schwann. Mielin berfungsisebagai isolator.

    Bagian neurit yang tidak berselubung mielin disebut nodus

    ranvier . Nodus ranvier berfungsi mempercepat jalannya impuls.Ujung neurit disebut terminal percabangan yang akan bertemudengan ujung dendrit sel neuron yang lain. Pertemuan keduaujung sel neuron yang berbeda disebut sinapsis . PerhatikanGambar 9.1.

    Neuron terbagi menjadi 3 macam berdasarkan fungsi, tempatimpuls disalurkan, dan strukturnya. Perbedaan neuron dapatdilihat dalam Tabel 9.1 berikut.

    Sumber: Biology, Neil A. Campbell

    Inti sel

    Badan sel

    Dendrit

    Akson

    Nodus ranvier

    Selubung mielin

    Sel Schwann

    Sumber: Biology for Advanced Level, Glenn dan Susan Toole

    Gambar 9.1Struktur neuron

    Neuron Sensorik Neuron Motorik Neuron Konektor

    Arah impuls

    Daerah yang berhubungandengan dendrit

    Daerah yang berhubungandengan neurit

    Struktur dendritStruktur neurit

    Dari reseptor ke sistemsaraf pusat

    Reseptor

    Dendrit neuron lain

    PanjangPendek

    Dari sistem saraf pusat keefektor

    Neurit neuron yang lain

    Efektor

    PendekPanjang

    Dari neuron sensorik keneuron motorik

    Neuron sensorik

    Neuron motorik

    PendekPanjang

    Ciri-Ciri

    Tabel 9.1 Perbedaan Antara Neuron Sensorik, Neuron Motorik, dan Neuron Konektor

    Akson

    Nodusranvier

    Selubungmielin

  • 7/21/2019 Bacaan Faal Hormon

    5/38

    Biologi Kelas XI 289

    Coba Anda perhatikan gambar ketiga neuron berikut ini.

    Sumber: Biology, Neil A. Campbell

    (a) (b) (c)

    Berdasarkan ciri-ciri yang telah diuraikan pada Tabel 9.1, gambar manakah yang menunjukkan neuron sensorik, neuron motorik, danneuron konektor? Diskusikan dengan teman Anda dan buatlahkesimpulannya.

    2. Susunan Sistem Saraf Secara garis besar susunan sistem saraf manusia dijelaskan

    pada diagram berikut.

    a. Sistem Saraf Sadar Sistem saraf pada manusia dibedakan menjadi dua

    macam, yaitu sistem saraf sadar dan sistem saraf tidaksadar. Sistem saraf sadar dibedakan lagi menjadi sistemsaraf pusat dan sistem saraf tepi. Sistem saraf pusatberfungsi mengatur dan mengendalikan sistem koordinasi.Pada bagian ini Anda akan mempelajari fungsi dan penyusunsistem saraf pusat.

    Sistem saraf

    Sistem saraf sadar

    Sistem saraf tidak sadar (otonom)

    Sistem saraf pusat

    Sistem saraf tepi(kraniospinal)

    Otak

    Sumsum

    Otak besar Otak tengahOtak depanJembatan VarolOtak kecil

    Sumsum lanjutan

    Sumsum tulang belakang

    31 pasang saraf sumsum tulangbelakang (saraf spinal)

    12 pasang saraf otak (saraf kranial)

    Sistem saraf parasimpatetik

    Sistem saraf simpatetik

  • 7/21/2019 Bacaan Faal Hormon

    6/38

    290 Sistem Koordinasi pada Manusia dan Hewan

    1) Sistem Saraf Pusat Sistem saraf pusat terdiri atas otak dan sumsum.

    Bagian luar otak dan sumsum diselubungi oleh selaputmeninges .Selaput meninges, tersusun sebagai berikut.a) Duramater , yaitu selaput terluar yang kuat dan

    melekat pada tulang tengkorak dalam.b) Arakhnoid , lapisan ini menyerupai sarang laba-laba.c) Piamater , merupakan lapisan paling tipis dan

    paling dalam dari selaput meninges. Selaput inimengandung banyak sel darah.

    d) Ruang subarakhnoid , yaitu ruang yang berisicairan pelindung yang disebut serebrospinal .Di dalam otak terdapat cairan serebrospinal. Cairan

    ini berfungsi untuk melindungi dan menghantar zatmakanan ke jaringan sistem saraf pusat, menahangoncangan, dan menjaga agar bagian otak mempunyaitekanan yang sama.

    a) Otak Otak terdiri atas 5 bagian, yaitu otak besar

    (serebrum ), otak tengah ( mesensefalon ), otak depan(diensefalon ), otak kecil ( serebelum ), dan jembatanVarol ( ponds Varolii ). Perhatikan Gambar 9.2.(1) Otak Besar (Serebrum)

    Pernahkah Anda mengamati bentuk otaksapi? Otak sapi memiliki permukaan berlipat-lipat, begitu pula dengan otak manusia. Namun,lipatan-lipatan pada manusia jumlahnya lebihbanyak. Semakin besar volume otak dan semakin

    tinggi tingkat perkembangannya, orang akansemakin cerdas. Akan tetapi, volume otak tidakdipengaruhi oleh besarnya ukuran kepala. Bagianotak yang menentukan dasar-dasar kecerdasanseseorang adalah otak besar (serebrum).

    Serebrum berwarna abu-abu pada bagianluar (korteks) karena mengandung banyakbadan sel saraf yang disebut substansigrissea . Bagian dalam (medula) serebrumberwarna putih karena mengandung banyakdendrit dan akson, disebut substansi alba .Serebrum terdiri atas beberapa lobus.Lakukanlah eksperimen berikut agar lebih jelas.

    Membedakan Lobus pada Serebrum

    Ambillah model otak yang telah tersedia.Perhatikan dan gambarlah bagian-bagian yangmenyusun otak besar. Berapa lobuskah yangdimiliki oleh otak besar ( serebrum )? Denganmembac