ABSTRAK Ahmad Rofi’i, S.Pd.I (MP – 14011) Peningkatan …eprints.stainkudus.ac.id/2394/3/3....

3
xi ABSTRAK Ahmad Rofi’i, S.Pd.I (MP – 14011). Model Bimbingan Konseling Dalam Peningkatan Keberagamaan Siswa Di SDIT Umar Bin Khatab Juwana. Tesis. Program Pascasarjana, Prodi Manajemen Pendidikan Islam, Konsentrasi Bimbingan Dan Konseling, IAIN Kudus 2018. Kata kunci : Model bimbingan konseling, Peningkatan keberagamaan siswa Tujuan Penelitian ini adalah (1) Untuk mengetahui model bimbingan dan konseling di SDIT Umar bin Khattab Juwana. (2) Untuk mengetahui keberagamaan siswa SDIT Umar bin Khattab Juwana. (3) Untuk mengetahui hasil model bimbingan dan konseling dalam meningkatkan keberagamaan siswa SDIT Umar bin Khattab Juwana. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif. Pengumpulan data menggunakan metode wawancara, observasi partisipatif, dokumentasi dan triangulasi. Informan / subjek penelitian kualitatif, peneliti mewawancarai informan yakni kepala sekolah, guru bimbingan dan konseling (konselor), guru bidang studi lain, wali kelas, wali murid dan siswa Penelitian ini menyimpulkan tiga hal. Pertama model bimbingan dan konseling yang ada di SDIT Umar bin Khathab Juwana adalah model terpandu di mana guru menggunakan buku panduan Muthāba’ah Yaumiyyah untuk melakukan pengawalan terhadap pembiasaan ibadah, pembiasaan akhlak, dan pembiasaan kemandirian peserta didik, baik di sekolah maupun di rumah. Kedua Keberagamaan siswa SDIT Umar bin Khathab Juwana sangat baik dibandingkan dengan Sekolah Dasar yang lain. Pembiasaan ibadah di sekolah, mulai shalat Dhuha, Tilawah, Shalat Berjamaah, dan lain-lain terkonsep dengan baik dan masuk dalam kurikulum sekolah. Semua kegiatan tersebut terpantau dan terkawal melalui buku Muthāba’ah Yaumiyyah . Ketiga Dengan adanya model bimbingan dan konseling terpandu dengan buku Muthāba’ah Yaumiyyah , keberagamaan siswa terkawal dengan baik. Buku ini benar-benar menjadi fokus kegiatan pembiasaan ibadah, akhlak, dan kemandirian siswa SDIT Umar bin Khathab Juwana. Keberagaan siswa meningkat dengan pembiasaan nyata melalui kegiatan setiap hari (a’mal yaumiyyah) yang terekam dalam catatan yang ada dalam buku Muthāba’ah Yaumiyyah . Peningkatan kebiasaan ibadah, akhlak, dan kemandirian mereka terfokus dan tidak melebar, sehingga terpantau dan terkawal dengan jelas melalui laporan pekanan dalam buku Muthāba’ah Yaumiyyah . .

Transcript of ABSTRAK Ahmad Rofi’i, S.Pd.I (MP – 14011) Peningkatan …eprints.stainkudus.ac.id/2394/3/3....

  • xi

    ABSTRAK

    Ahmad Rofi’i, S.Pd.I (MP – 14011). Model Bimbingan Konseling Dalam Peningkatan Keberagamaan Siswa Di SDIT Umar Bin Khatab Juwana. Tesis. Program Pascasarjana, Prodi Manajemen Pendidikan Islam, Konsentrasi Bimbingan Dan Konseling, IAIN Kudus 2018.

    Kata kunci : Model bimbingan konseling, Peningkatan keberagamaan siswaTujuan Penelitian ini adalah (1) Untuk mengetahui model bimbingan dan

    konseling di SDIT Umar bin Khattab Juwana. (2) Untuk mengetahui keberagamaan siswa SDIT Umar bin Khattab Juwana. (3) Untuk mengetahui hasil model bimbingan dan konseling dalam meningkatkan keberagamaan siswa SDIT Umar bin Khattab Juwana.

    Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif. Pengumpulan data menggunakan metode wawancara, observasi partisipatif, dokumentasi dan triangulasi. Informan / subjek penelitian kualitatif, peneliti mewawancarai informan yakni kepala sekolah, guru bimbingan dan konseling (konselor), guru bidang studi lain, wali kelas, wali murid dan siswa

    Penelitian ini menyimpulkan tiga hal. Pertama model bimbingan dan konseling yang ada di SDIT Umar bin Khathab Juwana adalah model terpandu di mana guru menggunakan buku panduan Muthāba’ah Yaumiyyah untuk melakukan pengawalan terhadap pembiasaan ibadah, pembiasaan akhlak, dan pembiasaan kemandirian peserta didik, baik di sekolah maupun di rumah. Kedua Keberagamaan siswa SDIT Umar bin Khathab Juwana sangat baik dibandingkan dengan Sekolah Dasar yang lain. Pembiasaan ibadah di sekolah, mulai shalat Dhuha, Tilawah, Shalat Berjamaah, dan lain-lain terkonsep dengan baik dan masuk dalam kurikulum sekolah. Semua kegiatan tersebut terpantau dan terkawal melalui buku Muthāba’ah Yaumiyyah . Ketiga Dengan adanya model bimbingan dan konseling terpandu dengan buku Muthāba’ah Yaumiyyah , keberagamaan siswa terkawal dengan baik. Buku ini benar-benar menjadi fokus kegiatan pembiasaan ibadah, akhlak, dan kemandirian siswa SDIT Umar bin Khathab Juwana. Keberagaan siswa meningkat dengan pembiasaan nyata melalui kegiatan setiap hari (a’mal yaumiyyah) yang terekam dalam catatan yang ada dalam buku Muthāba’ah Yaumiyyah . Peningkatan kebiasaan ibadah, akhlak, dan kemandirian mereka terfokus dan tidak melebar, sehingga terpantau dan terkawal dengan jelas melalui laporan pekanan dalam buku Muthāba’ah Yaumiyyah .

    .

  • xii

    ABSTRACT

    Ahmad Rofi’i, S.Pd.I (MP – 14011). Counseling Guidance Model for Student Religiosity in SDIT Umar Bin Khatab Juwana. A Thesis. Master degree in Islamic Education Management, Postgraduate Program of IAIN Kudus 2018.

    Kata kunci : Counseling Guidance Model, Enhancement student religiosityThe purpose of this study is (1) To determine the counseling guidance

    model in SDIT Umar Bin Khatab Juwana (2) To determine the student religiosity in SDIT Umar Bin Khatab Juwana. (3) To determine results counseling guidance model to improving student religiosity in SDIT Umar Bin Khatab Juwana

    This research is a qualitative research. Data is collected through interview, observation, documentation method and triangulation. In term of Informants or subjects of qualitative research, researcher has interviewed informants: Headmaster, teacher counseling guidance, subject teacher, homeroom teacher,student guardian, and student.

    This research concludes three things. Firstly, counseling guidance model in SDIT Umar Bin Khatab Juwana is integrated model the teacher use guide books Muthāba’ah Yaumiyyah to monitoring habituation worship, habituation morality, and habituation student independence in home or in their school. Secondly theStudent religiosity in SDIT Umar Bin Khatab Juwana is very good compared to other elementary schools. Habituation worship in the school, like pray Dhuha, recite the holy Qur'an, praying jama'ah, and others well conceptualized and entered in the school curriculum. All activities are monitored and guarded with Muthāba’ah Yaumiyyah book. Third with integrated counseling guidance model in SDIT Umar Bin Khatab Juwana use Muthāba’ah Yaumiyyah , book student religiosity well guarded . This book is really the focus habituation of worship activities, morality, student independence in SDIT Umar bin Khathab Juwana. Student religiosity with real habituation in daily activity is recorded in the note on Muthāba’ah Yaumiyyah book. Increased worship habit, morality, and their independensi focused and doesn’t spread. So their activity monitored and guided clearly on weekly report on Muthāba’ah Yaumiyyah book.

  • xiii

    ملخص

    نموذج اإلرشاد اإلرشادي لتدين الطالب في المدرسة )١٤٠١١–م ف ، س.ف د.أ (رافعياحمد

    اإلسالمية األساسية متكاملة عمر بن الخطاب جوانا. أطروحة . برنامج الدراسات العليا

    .٢٠١٨، الجامعة االسالمية الحكومية بقدس قسم االدارة التربوية االسالمية

    ). كيف نموذج اإلرشاد اإلرشادي في المدرسة ١االهداف من هذا البحث هي معرفة

    ). كيف تدّين الطالب في المدرسة اإلسالمية ٢اإلسالمية األساسية متكاملة عمر بن الخطاب جوانا ؟.

    ادي لتوجيه اإلرشاد لتحسين التدين الطالبي ). نموذج إرش٣األساسية متكاملة عمر بن الخطاب جوانا؟

    في في المدرسة اإلسالمية األساسية متكاملة عمر بن الخطاب جوانا ؟.

    المخبرون في توثيق.هذا بحث نوعي ومناهج جمع بياناته هي منهج المقابلة والمشاهدة وال

    الصف ، ولي أمر الطالب هذه الدراسة هم رئيس المدرسة ، مدرس توجيه اإلرشاد ، مدرس المادة ، معلم

    ، والطالب

    هذا البحث ثالث نتيجات: األول كان نموذج توجيه المشورة في المدرسة اإلسالمية األساسية

    متكاملة عمر بن الخطاب جوانا هو نموذج متكامل في دليل استخدام المعلم مطابعة يومية لرصد التعبد

    ثانيًا ، التدين .طالب في المنزل أو في مدرستهمالعبادة ، وتعود األخالق ، والتعود على استقالل ال

    الطالبي المشورة في المدرسة اإلسالمية األساسية متكاملة عمر بن الخطاب جوانا جيد جدًا مقارنة

    بالمدارس االبتدائية األخرى. التعبد في المدرسة ، مثل صالة الضحى ، يتلو القرآن الكريم ، يصلي

    جيدا ويدخل في المناهج المدرسية. تتم مراقبة جميع األنشطة وحمايتها الجماعة ، وغيرهم من المفاهيم

    ثالثًا ، مع نموذج توجيه المشورة المتكاملة في المدرسة اإلسالمية األساسية مع كتاب مطابعة يومية.

    متكاملة عمر بن الخطاب جوانا ابكتاب المطابعة يومية ، كان تدين الطالب حراسة جيدا. هذا الكتاب هو

    الواقع تعويد التركيز على أنشطة العبادة ، واألخالق ، واستقالل طالب في المدرسة اإلسالمية في

    األساسية متكاملة عمر بن الخطاب جوانا. يتم تسجيل التدين الطالبي بالتعايش الحقيقي في النشاط

    تركيز وال تنتشر. لذلك اليومي في المذكرة على كتاب المطبعة يومّية. زيادة تعويد العبادة ، واألخالق ، وال

    قام نشاطهم برصد وتوجيه واضح على التقرير األسبوعي في كتاب المطابعة يومييه.

    زيادة تدين الطالب,نموذج اإلرشاد اإلرشادي الكلمات الرئيسة: .

    ABSTRAK

    Ahmad Rofi’i, S.Pd.I (MP – 14011). Model Bimbingan Konseling Dalam Peningkatan Keberagamaan Siswa Di SDIT Umar Bin Khatab Juwana. Tesis. Program Pascasarjana, Prodi Manajemen Pendidikan Islam, Konsentrasi Bimbingan Dan Konseling, IAIN Kudus 2018.

    Kata kunci : Model bimbingan konseling, Peningkatan keberagamaan siswa

    Tujuan Penelitian ini adalah (1) Untuk mengetahui model bimbingan dan konseling di SDIT Umar bin Khattab Juwana. (2) Untuk mengetahui keberagamaan siswa SDIT Umar bin Khattab Juwana. (3) Untuk mengetahui hasil model bimbingan dan konseling dalam meningkatkan keberagamaan siswa SDIT Umar bin Khattab Juwana.

    Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif. Pengumpulan data menggunakan metode wawancara, observasi partisipatif, dokumentasi dan triangulasi. Informan / subjek penelitian kualitatif, peneliti mewawancarai informan yakni kepala sekolah, guru bimbingan dan konseling (konselor), guru bidang studi lain, wali kelas, wali murid dan siswa

    Penelitian ini menyimpulkan tiga hal. Pertama model bimbingan dan konseling yang ada di SDIT Umar bin Khathab Juwana adalah model terpandu di mana guru menggunakan buku panduan Muthāba’ah Yaumiyyah untuk melakukan pengawalan terhadap pembiasaan ibadah, pembiasaan akhlak, dan pembiasaan kemandirian peserta didik, baik di sekolah maupun di rumah. Kedua Keberagamaan siswa SDIT Umar bin Khathab Juwana sangat baik dibandingkan dengan Sekolah Dasar yang lain. Pembiasaan ibadah di sekolah, mulai shalat Dhuha, Tilawah, Shalat Berjamaah, dan lain-lain terkonsep dengan baik dan masuk dalam kurikulum sekolah. Semua kegiatan tersebut terpantau dan terkawal melalui buku Muthāba’ah Yaumiyyah . Ketiga Dengan adanya model bimbingan dan konseling terpandu dengan buku Muthāba’ah Yaumiyyah , keberagamaan siswa terkawal dengan baik. Buku ini benar-benar menjadi fokus kegiatan pembiasaan ibadah, akhlak, dan kemandirian siswa SDIT Umar bin Khathab Juwana. Keberagaan siswa meningkat dengan pembiasaan nyata melalui kegiatan setiap hari (a’mal yaumiyyah) yang terekam dalam catatan yang ada dalam buku Muthāba’ah Yaumiyyah . Peningkatan kebiasaan ibadah, akhlak, dan kemandirian mereka terfokus dan tidak melebar, sehingga terpantau dan terkawal dengan jelas melalui laporan pekanan dalam buku Muthāba’ah Yaumiyyah .

    .

    ABSTRACT

    Ahmad Rofi’i, S.Pd.I (MP – 14011). Counseling Guidance Model for Student Religiosity in SDIT Umar Bin Khatab Juwana. A Thesis. Master degree in Islamic Education Management, Postgraduate Program of IAIN Kudus 2018.

    Kata kunci : Counseling Guidance Model, Enhancement student religiosity

    The purpose of this study is (1) To determine the counseling guidance model in SDIT Umar Bin Khatab Juwana (2) To determine the student religiosity in SDIT Umar Bin Khatab Juwana. (3) To determine results counseling guidance model to improving student religiosity in SDIT Umar Bin Khatab Juwana

    This research is a qualitative research. Data is collected through interview, observation, documentation method and triangulation. In term of Informants or subjects of qualitative research, researcher has interviewed informants: Headmaster, teacher counseling guidance, subject teacher, homeroom teacher, student guardian, and student.

    This research concludes three things. Firstly, counseling guidance model in SDIT Umar Bin Khatab Juwana is integrated model the teacher use guide books Muthāba’ah Yaumiyyah to monitoring habituation worship, habituation morality, and habituation student independence in home or in their school. Secondly the Student religiosity in SDIT Umar Bin Khatab Juwana is very good compared to other elementary schools. Habituation worship in the school, like pray Dhuha, recite the holy Qur'an, praying jama'ah, and others well conceptualized and entered in the school curriculum. All activities are monitored and guarded with Muthāba’ah Yaumiyyah book. Third with integrated counseling guidance model in SDIT Umar Bin Khatab Juwana use Muthāba’ah Yaumiyyah , book student religiosity well guarded . This book is really the focus habituation of worship activities, morality, student independence in SDIT Umar bin Khathab Juwana. Student religiosity with real habituation in daily activity is recorded in the note on Muthāba’ah Yaumiyyah book. Increased worship habit, morality, and their independensi focused and doesn’t spread. So their activity monitored and guided clearly on weekly report on Muthāba’ah Yaumiyyah book.

    ملخص

    احمد رافعي ، س.ف د.أ ( م ف – 14011) نموذج الإرشاد الإرشادي لتدين الطلاب في المدرسة الإسلامية الأساسية متكاملة عمر بن الخطاب جوانا. أطروحة . برنامج الدراسات العليا قسم الادارة التربوية الاسلامية ، الجامعة الاسلامية الحكومية بقدس 2018.

    الاهداف من هذا البحث هي معرفة 1). كيف نموذج الإرشاد الإرشادي في المدرسة الإسلامية الأساسية متكاملة عمر بن الخطاب جوانا ؟.2). كيف تديّن الطلاب في المدرسة الإسلامية الأساسية متكاملة عمر بن الخطاب جوانا؟ 3). نموذج إرشادي لتوجيه الإرشاد لتحسين التدين الطلابي في في المدرسة الإسلامية الأساسية متكاملة عمر بن الخطاب جوانا ؟.

    هذا بحث نوعي ومناهج جمع بياناته هي منهج المقابلة والمشاهدة والتوثيق.المخبرون في هذه الدراسة هم رئيس المدرسة ، مدرس توجيه الإرشاد ، مدرس المادة ، معلم الصف ، ولي أمر الطالب ، والطالب

    هذا البحث ثلاث نتيجات: الأول كان نموذج توجيه المشورة في المدرسة الإسلامية الأساسية متكاملة عمر بن الخطاب جوانا هو نموذج متكامل في دليل استخدام المعلم مطابعة يومية لرصد التعبد العبادة ، وتعود الأخلاق ، والتعود على استقلال الطالب في المنزل أو في مدرستهم. ثانياً ، التدين الطلابي المشورة في المدرسة الإسلامية الأساسية متكاملة عمر بن الخطاب جوانا جيد جداً مقارنة بالمدارس الابتدائية الأخرى. التعبد في المدرسة ، مثل صلاة الضحى ، يتلو القرآن الكريم ، يصلي الجماعة ، وغيرهم من المفاهيم جيدا ويدخل في المناهج المدرسية. تتم مراقبة جميع الأنشطة وحمايتها مع كتاب مطابعة يومية. ثالثاً ، مع نموذج توجيه المشورة المتكاملة في المدرسة الإسلامية الأساسية متكاملة عمر بن الخطاب جوانا ابكتاب المطابعة يومية ، كان تدين الطالب حراسة جيدا. هذا الكتاب هو في الواقع تعويد التركيز على أنشطة العبادة ، والأخلاق ، واستقلال طالب في المدرسة الإسلامية الأساسية متكاملة عمر بن الخطاب جوانا. يتم تسجيل التدين الطلابي بالتعايش الحقيقي في النشاط اليومي في المذكرة على كتاب المطبعة يوميّة. زيادة تعويد العبادة ، والأخلاق ، والتركيز ولا تنتشر. لذلك قام نشاطهم برصد وتوجيه واضح على التقرير الأسبوعي في كتاب المطابعة يومييه.

    الكلمات الرئيسة: . نموذج الإرشاد الإرشادي , زيادة تدين الطلاب

    xi

    xii