59592899 kangker-serviks

23
Present By : Present By : dr. Yanna Dwi S dr. Yanna Dwi S

Transcript of 59592899 kangker-serviks

Page 1: 59592899 kangker-serviks

Present By : Present By :

dr. Yanna Dwi Sdr. Yanna Dwi S

Page 2: 59592899 kangker-serviks

Dimana Letak Dimana Letak Leher Rahim ?Leher Rahim ?Dimana Letak Dimana Letak Leher Rahim ?Leher Rahim ?

Leher rahim adalah Leher rahim adalah bagian bawah rahim bagian bawah rahim yang menonjol ke yang menonjol ke dalam kelamin dalam kelamin wanita. wanita. Di tempat ini Di tempat ini sering terjadi kanker sering terjadi kanker yang disebut kanker yang disebut kanker serviks.serviks.

Page 3: 59592899 kangker-serviks

Apa itu Kanker Serviks ?Apa itu Kanker Serviks ?Kanker serviks (kanker leher rahim) Kanker serviks (kanker leher rahim)

adalah tumbuhnya sel-sel tidak normal adalah tumbuhnya sel-sel tidak normal (abnormal) tak terkendali pada leher rahim (abnormal) tak terkendali pada leher rahim sehingga mendesak dan merusak jaringan sehingga mendesak dan merusak jaringan sekitarnya.sekitarnya.

Page 4: 59592899 kangker-serviks

Normal

Displasia

Sel Kanker

Gambaran secara mikroscopisGambaran secara mikroscopis

Page 5: 59592899 kangker-serviks

Kanker serviks merupakan penyebab No-3 Kanker serviks merupakan penyebab No-3 kematian wanita di seluruh dunia dan No-1 kematian wanita di seluruh dunia dan No-1 di negara-negara berkembang, termasuk di negara-negara berkembang, termasuk di Indonesia kejadiannya hampir 27% di di Indonesia kejadiannya hampir 27% di antara penyakit kanker di Indonesia .antara penyakit kanker di Indonesia .

Namun demikian lebih dari 70% penderita Namun demikian lebih dari 70% penderita datang memeriksakan diri dalam stadium datang memeriksakan diri dalam stadium lanjut. Sehingga angka kejadian dan lanjut. Sehingga angka kejadian dan angka kematian kanker leher rahim tinggi, angka kematian kanker leher rahim tinggi, padahal bila dideteksi dan ditangani padahal bila dideteksi dan ditangani secara dini, penyakit ini dapat secara dini, penyakit ini dapat disembuhkan. disembuhkan.

Page 6: 59592899 kangker-serviks

Bagaimana Gejalanya? Bagaimana Gejalanya? 

Kanker serviks pada Kanker serviks pada stadium dini sering stadium dini sering tidak menunjukan tidak menunjukan gejala atau tanda-gejala atau tanda-tandanya yang khas, tandanya yang khas, bahkan tidak ada bahkan tidak ada gejala sama sekali.gejala sama sekali.

Page 7: 59592899 kangker-serviks

Bagaimana Gejalanya? Bagaimana Gejalanya? 

Gejala yang sering timbul pada stadium lanjut Gejala yang sering timbul pada stadium lanjut antara lain adalah :antara lain adalah :

Pendarahan sesudah melakukan hubunganPendarahan sesudah melakukan hubungan Keluar keputihan atau cairan encer dari kelamin Keluar keputihan atau cairan encer dari kelamin

wanita.wanita. Pendarahan sesudah mati haid (menopause).Pendarahan sesudah mati haid (menopause). Pada tahap lanjut dapat keluar cairan kekuning-Pada tahap lanjut dapat keluar cairan kekuning-

kuningan, berbau atau bercampur darah, nyeri kuningan, berbau atau bercampur darah, nyeri panggul atau tidak dapat buang air kecil.panggul atau tidak dapat buang air kecil.

Page 8: 59592899 kangker-serviks

Apakah Penyebabnya?Apakah Penyebabnya?

Lebih dari 95% kanker serviks berkaitan Lebih dari 95% kanker serviks berkaitan erat dengan infeksi HPV (Human erat dengan infeksi HPV (Human Papiloma Virus) yang dapat ditularkan Papiloma Virus) yang dapat ditularkan melalui aktivitas seksual.melalui aktivitas seksual.

Page 9: 59592899 kangker-serviks

Apa Saja Yang Menjadi Faktor Risikonya?Apa Saja Yang Menjadi Faktor Risikonya? Mulai melakukan hubungan seksual pada usia muda.Mulai melakukan hubungan seksual pada usia muda. Sering berganti-ganti pasangan seksual.Sering berganti-ganti pasangan seksual. Sering menderita infeksi di daerah kelamin.Sering menderita infeksi di daerah kelamin. Melahirkan banyak anak.Melahirkan banyak anak. Kebiasaan merokok (risiko dua kali lebih besar).Kebiasaan merokok (risiko dua kali lebih besar). Defisiensi vitamin A,C,E.Defisiensi vitamin A,C,E.

Page 10: 59592899 kangker-serviks

Bagaimana Mendeteksi Dini Bagaimana Mendeteksi Dini Kanker Leher Rahim ?Kanker Leher Rahim ?

Bila kita kenal pemeriksaan Kanker Bila kita kenal pemeriksaan Kanker Payudara dengan pemeriksaan SADARI Payudara dengan pemeriksaan SADARI (Periksa Payudara sendiri) untuk Cerviks (Periksa Payudara sendiri) untuk Cerviks tidak mungkin dilakukan sendiri, sehingga tidak mungkin dilakukan sendiri, sehingga memerlukan bantuan dari tenaga memerlukan bantuan dari tenaga medis/doktermedis/dokter

Page 11: 59592899 kangker-serviks

Kanker Serviks Tahap Dini / Tahap Pra KankerKanker Serviks Tahap Dini / Tahap Pra Kanker

  Kanker serviks dapat dikenali pada tahap Kanker serviks dapat dikenali pada tahap pra kanker, yaitu dengan cara melakukan pra kanker, yaitu dengan cara melakukan antara lain pemeriksaan SKRINING, antara lain pemeriksaan SKRINING, artinya melakukan pemeriksaan tanpa artinya melakukan pemeriksaan tanpa menunggu keluhan. menunggu keluhan.

Page 12: 59592899 kangker-serviks

Beberapa medote skrining telah dikenal, Beberapa medote skrining telah dikenal, yaitu antara lain: yaitu antara lain: PAP SMEARPAP SMEAR dan dan IVAIVA. . Pemeriksaan Pemeriksaan kolposkopi dengan biopsikolposkopi dengan biopsi Servik merupakan suatu pemeriksaan gold Servik merupakan suatu pemeriksaan gold standard di bidang skrening ginekologi standard di bidang skrening ginekologi yang mempunyai kemampuan yang mempunyai kemampuan menegakkan diagnosis pada kasus-kasus menegakkan diagnosis pada kasus-kasus lesi prakanker Serviks. lesi prakanker Serviks.

Page 13: 59592899 kangker-serviks

PAP SMEARPAP SMEAR

Pemeriksaan PAP SMEAR adalah cara untuk Pemeriksaan PAP SMEAR adalah cara untuk mendeteksi dini kanker serviks, dilakukan di mendeteksi dini kanker serviks, dilakukan di atas kursi periksa kandungan oleh dokter atau atas kursi periksa kandungan oleh dokter atau bidan yang sudah dilatih, bidan yang sudah dilatih, Pemeriksaan ini Pemeriksaan ini dilakukan kapan saja, kecuali pada masa haid dilakukan kapan saja, kecuali pada masa haid atau sesudah petunjuk dokteratau sesudah petunjuk dokter

Pemeriksaan ini dilakukan dengan cepat, tidak Pemeriksaan ini dilakukan dengan cepat, tidak sakit dengan biaya yang relatif terjangkau dan sakit dengan biaya yang relatif terjangkau dan hasilnya akurat. hasilnya akurat.

Page 14: 59592899 kangker-serviks

PAP SMEARPAP SMEAR

dengan menggunakan dengan menggunakan alat untuk membantu alat untuk membantu membuka kelamin membuka kelamin wanita. wanita. Ujung leher Ujung leher diusap dengan spatula diusap dengan spatula untuk mengambil cairan untuk mengambil cairan yang mengandung sel-sel yang mengandung sel-sel dinding leher rahim, dinding leher rahim, kemudian diwarnai, lalu kemudian diwarnai, lalu dilihat di bawah dilihat di bawah mikroskop.mikroskop.

Page 15: 59592899 kangker-serviks

BIOPSIBIOPSI

Mengambil Mengambil sebagian jaringan sebagian jaringan cerviks untuk cerviks untuk memastikan ada memastikan ada atau tidaknya sel-atau tidaknya sel-sel kankersel kanker

Page 16: 59592899 kangker-serviks

Vaksin HPVVaksin HPVSaat ini sudah terdapat vaksin untuk Saat ini sudah terdapat vaksin untuk

mencegah infeksi HPV khususnya mencegah infeksi HPV khususnya tipe 16 dan tipe 18 yang tipe 16 dan tipe 18 yang diperkirakan menjadi penyebab diperkirakan menjadi penyebab 70% kasus kanker serviks di Asia70% kasus kanker serviks di Asia

Vaksin diberikan dalam 3 dosis Vaksin diberikan dalam 3 dosis ((periode periode 6 bulan6 bulan)) yaitu pemberian awal, 2, dan yaitu pemberian awal, 2, dan 6 bulan berikutnya. Keefektifan vaksin 6 bulan berikutnya. Keefektifan vaksin HPV menurut penelitian diperkirakan HPV menurut penelitian diperkirakan selama 5 tahunselama 5 tahun..

Page 17: 59592899 kangker-serviks

Gambar serviks NormalGambar serviks Normal

Post Menopouse Post PartumPrimipara Multipara

Page 18: 59592899 kangker-serviks

Gambar Serviks AbnormalGambar Serviks Abnormal

Cervisitis Cervisitis Chronis/Nabothian folliclesNabothian follicles Polyp Cerviks

Page 19: 59592899 kangker-serviks

Gambar Kanker serviksGambar Kanker serviks

Page 20: 59592899 kangker-serviks

Cervical cancerCervical cancer

Page 21: 59592899 kangker-serviks

Pesan Yang Perlu Diingat Pesan Yang Perlu Diingat

Lakukanlah pemeriksaan PAP SMEAR  setahun Lakukanlah pemeriksaan PAP SMEAR  setahun sekali atau segera mungkin melakukan sekali atau segera mungkin melakukan pemeriksaan PAP SMEAR dan jangan pemeriksaan PAP SMEAR dan jangan menunggu sampai timbul gejala dan Jika menunggu sampai timbul gejala dan Jika ditemukan kelainan pra kanker ikutilah pesan ditemukan kelainan pra kanker ikutilah pesan petugas/dokter. petugas/dokter. Apabila perlu pengobatan, Apabila perlu pengobatan, jangan ditunda. Karena pada tahap ini tingkat jangan ditunda. Karena pada tahap ini tingkat kesembuhannya hampir 100%. kesembuhannya hampir 100%. Dilakukan pada Dilakukan pada perempuan yang sudah menikah atau sudah perempuan yang sudah menikah atau sudah melakukan hubungan seksual.melakukan hubungan seksual.

Page 22: 59592899 kangker-serviks

Rumah Sakit Medika BSD, Menyediakan Rumah Sakit Medika BSD, Menyediakan fasilitas pemeriksaan PAP SMEAR dengan fasilitas pemeriksaan PAP SMEAR dengan

dokter pemeriksa wanita serta perawat dokter pemeriksa wanita serta perawat berpengalaman, hasilnya pun dapat berpengalaman, hasilnya pun dapat

dikonsultasikan pada dokter yang bersangkutan dikonsultasikan pada dokter yang bersangkutan dan bila memerlukan penangan lebih lanjut akan dan bila memerlukan penangan lebih lanjut akan

di tangani oleh dokter spesialis kebidanan.di tangani oleh dokter spesialis kebidanan.

Page 23: 59592899 kangker-serviks

Terima KasihTerima Kasih

Semoga kita semua Semoga kita semua selalu dalam selalu dalam keadaan sehatkeadaan sehat