57614053 Autogenous Transplantasi Gigi

download 57614053 Autogenous Transplantasi Gigi

of 8

description

jbjbjbjk

Transcript of 57614053 Autogenous Transplantasi Gigi

Autogenous transplantasi gigi, atau autotransplantation, adalah gerakan operasi gigi dari satu lokasi di dalam mulut ke yang lain dalam individu yang sama Setelah dianggap eksperimental, autotransplantation telah mencapai tingkat keberhasilan tinggi dan

Autogenous gigi Transplantasi: Sebuah Alternatif untuk Penempatan Implan Gigi?

Cameron Clokie ML, DDS, PhD, FRCD (C), Dip. ABOMS Deirdre M. Yau, B.Sc., DDS

Laura Chano, DDS

Abstrak

Autogenous transplantasi gigi, atau autotransplantation, adalah gerakan operasi gigi dari satu lokasi di dalam mulut ke yang lain dalam individu yang sama Setelah dianggap eksperimental, autotransplantation telah mencapai tingkat keberhasilan tinggi dan merupakan pilihan yang sangat baik untuk penggantian gigi. Meskipun indikasi untuk autotransplantation sempit, pemilihan pasien secara hati-hati digabungkan dengan teknik yang tepat dapat menyebabkan hasil yang estetis dan fungsional yang luar biasa.. Satu keuntungan dari prosedur ini adalah bahwa penempatan sebuah didukung protesa implan atau bentuk lain dari penggantian gigi palsu tidak diperlukan. Artikel ini menyoroti indikasi untuk transplantasi gigi autogenous menggunakan laporan kasus sebagai contoh. Sebuah tinjauan teknik bedah yang direkomendasikan serta tingkat keberhasilan juga dibahas.

Kata Kunci: gigi / transplantasi; kehilangan gigi

Laporan awal transplantasi gigi melibatkan budak di Mesir kuno yang dipaksa untuk memberikan giginya untuk firaun mereka. Namun allotransplantation - transplantasi gigi dari satu orang ke orang lain - akhirnya ditinggalkan karena masalah histocompatability dan diganti dengan autotransplantation. Autogenous transplantasi gigi, atau autotransplantation, adalah gerakan bedah di salah satu individu atau endodontically diperlakukan gigi vital dari lokasi aslinya di mulut ke situs lain itu. Gigi autogenous transplantasi pertama didokumentasikan pada tahun 1954 oleh ML Hale. Prinsip utama dari teknik nya masih diikuti hari ini tarif. Ilmu autotransplantation telah berkembang, sebagaimana dibuktikan oleh keberhasilan tinggi yang dilaporkan dalam studi selama dekade terakhir. Studi-studi ini menunjukkan autotransplantation yang merupakan pilihan yang layak untuk gigi pengganti yang dipilih pasien dengan hati-hati.

Indikasi

Meskipun ada banyak alasan untuk gigi autotransplanting, gigi kerugian sebagai akibat dari karies gigi adalah indikasi yang paling umum, terutama bila gigi molar pertama mandibula yang terlibat. Geraham pertama erupsi paling awal dan seringkali sangat sulit dipulihkan. Autotransplantation dalam situasi ini melibatkan penghapusan sebuah molar ketiga yang kemudian dapat ditransfer ke situs dari molar pertama unrestorable. Kondisi lain yang dapat dipertimbangkan transplantasi gigi termasuk agenesis khususnya premolar lateral dan gigi seri, kehilangan gigi traumatis, atopik letusan gigi taring, resorpsi akar, lesi endodontik besar, akar serviks patah tulang, periodontitis remaja lokal serta patologi lainnya,. Suksesnya transplantasi tergantung pada kebutuhan khusus dari pasien, donor gigi dan lokasi penerima.

Kriteria Calon

Calon harus dalam kesehatan yang baik, mampu mengikuti instruksi pasca operasi, dan tersedia untuk tindak lanjut kunjungan. Mereka juga harus menunjukkan tingkat yang dapat diterima kebersihan oral dan setuju untuk perawatan gigi yang teratur. Yang terpenting, pasien harus memiliki situs yang cocok dan gigi penerima donor. Pasien kerjasama dan pemahaman sangat penting untuk memastikan hasil yang bisa diprediksi.Kriteria Penerima Situs

Kriteria yang paling penting bagi keberhasilan melibatkan situs penerima adalah kecukupan dukungan tulang. Harus ada cukup dukungan tulang alveolar pada semua dimensi dengan jaringan keratin yang cukup melekat untuk memungkinkan stabilisasi gigi transplantasi. Selain itu, situs penerima harus bebas dari infeksi akut dan peradangan kronis.

Kriteria Donor Gigi Gigi donor harus diposisikan seperti ekstraksi yang akan mungkin sebagai atraumatic. Morfologi akar abnormal, yang membuat pencabutan gigi sangat sulit dan mungkin melibatkan sectioning gigi, merupakan kontraindikasi untuk operasi ini;. Gigi dengan Apeks terbuka atau tertutup mungkin dapat dijadikan donor; namun, hasil yang paling ditebak diperoleh dengan gigi memiliki antara satu-setengah dua-pertiga selesai perkembangan akar pembentukan. Bedah manipulasi gigi dari satu-setengah akar kurang dengan mungkin terlalu traumatis dan dapat membahayakan perkembangan akar lebih lanjut, pengerdilan kematangan atau mengubah morfologi. Ketika perkembangan akar lebih besar dari dua-pertiga, panjang meningkat dapat menyebabkan gangguan pada struktur vital seperti sinus maksilaris atau saraf alveolar inferior Selanjutnya. gigi dengan lengkap dekat akar pembentukan atau lengkap umumnya akan memerlukan terapi saluran akar, sedangkan gigi dengan apeks terbuka akan tetap penting dan harus terus perkembangan akar setelah transplantasi. Dalam kasus terakhir, transplantasi sukses tanpa membutuhkan terapi endodontik lebih lanjut biasanya terlihat.Laporan Kasus

Indikasi untuk transplantasi gigi dibahas dalam 3 laporan berikut kasus. Semua 3 pasien datang ke fakultas gigi Universitas Toronto.

Kasus 1

Seorang pasien 17 tahun ortodonsi pria dirujuk ke bagian bedah mulut dan rahang atas untuk evaluasi gigi tidak erupsi 47. Sebuah radiografi panoramik horisontal mengungkapkan dampak gigi 47 dan 48 ( Gambar 1. ), pembentukan lengkap akar gigi 47 dan pembentukan akar gigi yang tidak lengkap 48. Hal ini merasa bahwa uprighting ortodonsi gigi 47 tidak mungkin dan bahwa akan sulit untuk membawa gigi 48 ke posisi yang ideal dengan menggunakan pendekatan ortodontik. Seperti yang ditunjukkan 48 gigi sekitar dua-pertiga pembentukan akar, itu merasa bahwa transplantasi gigi yang ke posisi 47 bisa mengatasi masalah ini pasien, dan gigi berhasil transplantasi.

Gambar 1: Panoramic radiograph revealing horizontally impacted teeth 47 and 48. Note the stage of root formation of tooth 48.Kasus 2

Seorang perempuan 17 tahun disajikan ke klinik darurat mengeluh rasa sakit yang terkait dengan gigi 37. Sebuah radiografi periapikal menunjukkan kehancuran mahkota gigi ini sebagai hasil dari karies gigi ( Gambar. 2 ). Pemeriksaan menyebabkan diagnosis nekrosis pulpa dengan ekstensi periapikal. Setelah konsultasi dengan departemen endodontik dan prosthodontic, dirasakan bahwa besarnya karies akan membuat restorasi gigi sangat sulit, jika tidak mustahil. Sejak radiograf menunjukkan bahwa gigi 38 memiliki dua-pertiga perkembangan akar, keputusan itu dibuat untuk transplantasi gigi 38 ke ruang sebelah kiri setelah ekstraksi gigi 37.

Gambar 2: Periapical radiograph of the left posterior mandible demonstrating extensive decay associated with tooth 37. Note the stage of root development of tooth 38.

Kasus 3

Pada tahun 1995, seorang perempuan 11 tahun disajikan mengeluh mobilitas yang terkait dengan gigi 46. Pasien telah hilang untuk menindaklanjuti sampai Desember 1998, pada saat ia dirujuk ke klinik lulusan periodontal untuk pemeriksaan lengkap. Pasien didiagnosis dengan periodontitis remaja lokal, dan penghapusan gigi 46 disarankan karena prognosis yang miskin ( Gambar. 3 ). Jika tidak, prognosis keseluruhan yang adil; semua gigi lainnya bisa dipertahankan dan dipertahankan untuk jangka waktu lama. Transplantasi gigi disarankan untuk mengelola masalah ini pasien. Sebagai pengembangan akar gigi 48 muncul lebih dari dua-pertiga ( Gambar 4a. ) dan bahwa dari 38 kurang ( Gambar. 4b ), gigi 38 telah dipilih sebagai donor gigi.

Gambar 3: Periapical radiograph showing localized juvenile periodontitis associated with tooth 46.

(a) (b)Gambar 4: Periapical radiographs of the lower third molars show that root development of tooth 48 (a) appears greater than two-thirds; therefore, tooth 38 (b) was used as the donor tooth.Meskipun tidak ada jangka panjang follow-up tersedia untuk kasus ini,-operatif radiografi pasca enam bulan untuk kasus 3 ( Gambar 5. ) menunjukkan tulang yang baik mengisi di lokasi penerima, melanjutkan pengembangan dari akar gigi transplantasi, dan pengembangan ruang ligamentum periodontal, yang merupakan karakteristik dari suatu autotransplant tepat penyembuhan.

Gambar 5: Six-month post-operative radiograph indicates patient has regained the supporting alveolar bone in the region of the tooth transplant and shows continued root development with the establishment of a periodontal ligament space.

Teknik Bedah Prosedur untuk transplantasi gigi biasanya tidak lebih traumatis bagi pasien dari pengangkatan gigi molar ketiga yang impaksi. Tergantung pada keinginan pasien, anestesi lokal sendiri atau bersama dengan beberapa bentuk sedasi cukup untuk prosedur pembedahan. Setelah anestesi yang cukup dapat diperoleh, gigi di lokasi penerima diekstraksi dan soket penerima disiapkan. Oklusal dan radiografi periapikal dari gigi donor harus digunakan untuk menentukan dimensi labiolingual dan mesiodistal. Banyak praktisi menggunakan informasi ini untuk membuat sebuah replika akrilik gigi yang akan ditransplantasikan. Replika ini memungkinkan mereka untuk mempersiapkan lokasi penerima dengan menggunakan panduan dengan dimensi yang sama dengan yang diperlukan untuk gigi donor. Selanjutnya, gigi donor dihapus hati-hati untuk memastikan trauma minimal ligamentum periodontal. Ketika gigi donor tidak erupsi, ekstraksi melibatkan elevasi flap, penghapusan tulang, dan penghapusan lembut folikel dari seluruh mahkota. Trauma cedera pada permukaan akar gigi donor akan mengganggu keberhasilan transplantasi karena regenerasi ligament periodontal memadai. Hal ini penting untuk integrasi di lokasi penerima. Setelah dihapus, gigi donor harus ditangani sesedikit mungkin dan praktisi harus berhati-hati hanya menyentuh mahkota. Gigi tersebut kemudian ditempatkan dalam soket penerima. Minimal penundaan antara ekstraksi dan transplantasi adalah penting untuk menjamin pemeliharaan vitalitas membran periodontal. Jika penyesuaian lebih lanjut dari soket penerima diperlukan, gigi donor dapat dengan mudah disimpan dalam soket aslinya.

Setelah transplantasi gigi berada dalam posisi akhir, oklusi diperiksa dan, jika diperlukan, disesuaikan menggunakan finishing tetapi berkecepatan tinggi. Gigi harus dalam infraocclusion sedikit untuk memungkinkan untuk meledak menjadi oklusi yang tepat selama beberapa bulan ke depan. Ketika posisi yang tepat diperoleh, gigi dapat distabilkan dengan splint jahitan untuk satu sampai 2 minggu.. Atau perekat, resin polimerisasi cahaya, resin, atau sementara jembatan autopolymerizing resin kawat dan belat dapat digunakan.

Instruksi pos -operasi dan gejala sisa yang sama dengan yang berikut ini penghilangan gigi berdampak. Diet lunak harus diikuti selama beberapa hari setelah operasi dan pasien harus diinstruksikan untuk menghindari pengunyahan pada transplantasi. Pasien harus diinstruksikan untuk menjaga kebersihan mulut yang optimal. Beberapa peneliti merasa bahwa pasien harus bilas dengan bilas mulut chlorhexidine glukonat sebagai oral kebersihan untuk sisipan dapat Pasien juga diberikan perioperatif pasca operasi dan antibiotik.

Banyak dokter menyarankan pasien terlihat sehari setelah operasi untuk memastikan transplantasi telah mempertahankan posisinya yang baru, belat stabil, dan bahwa bengkak, edema, dan pembentukan hematoma masih dalam batas normal. 15 Pasien kemudian harus dilihat pada interval mingguan untuk satu bulan jika tidak ada komplikasi. Setelah satu bulan, pasien harus dilihat setiap 6 bulan selama 2 tahun resorpsi. Selama periode gigi harus dievaluasi untuk awal pulpa mengalami gangguan dilihat intrapulpal sebagai kalsifikasi periapikal, radiolusensi, akar atau. Untuk transplantasi penting dari gigi berkembang dengan Apeks terbuka, perawatan endodontik dari transplantasi tidak diperlukan karena ini gigi dapat revascularized dan reinnervated. Namun, perawatan endodontik selalu diperlukan untuk transplantasi gigi dewasa dengan pembentukan akar lengkap. Terapi endodontik dimulai sekitar satu bulan pasca-operatively dengan instrumenting dari kanal dan mengisi dengan kalsium hidroksida. Gutta percha filling is completed 3 to 6 months post-transplantation. Guttap perca mengisi selesai 3 sampai 6 bulan pasca-transplantasi.Keberhasilan

Laporan literatur tingkat keberhasilan yang sangat baik setelah pencangkokan gigi saat protokol yang tepat diikuti. Andreasen ditemukan 95% dan 98% tingkat ketahanan hidup jangka-panjang untuk menyelesaikan akar pembentukan dan tidak lengkap dari 370 premolar transplantasi diamati lebih dari 13 tahun. Lundberg dan Isaksson telah sukses di 94% dan 84% kasus dan tertutup untuk masing-masing Apeks terbuka di gigi 278 autotransplanted selama 5 tahun. Kugelberg mencapai tingkat keberhasilan 96% dan 82% untuk 45 dan gigi dewasa belum menghasilkan dipindahkan ke daerah insisivus atas lebih dari 4 tahun. Cohen menunjukkan keberhasilan dalam kisaran 98-99% lebih dari 5 tahun dan 80-87% lebih dari 10 tahun dengan gigi anterior transplantasi dengan Apeks tertutup. Nethander ditemukan tahun-5 tingkat keberhasilan lebih dari 90% untuk 68 gigi dewasa transplantasi dengan teknik 2-tahap. Josefsson ditemukan tahun keberhasilan tingkat-4 dari 92% dan 82% untuk premolar dengan lengkap pembentukan akar dan tidak lengkap.

Ini tingkat keberhasilan konsisten tinggi kontras dengan hasil variabel dilaporkan dalam studi yang lebih tua banyak. Schwartz dan lain-lain menghasilkan angka keberhasilan hanya 76,2% pada 5 tahun dan 59,6% pada 10 tahun. Demikian pula, Pogrel menemukan bahwa tingkat keberhasilannya untuk 416 autotransplanted gigi adalah 72%. Namun, peneliti lain dari era yang memiliki hasil lebih positif. Kristerson, misalnya, memperoleh tingkat keberhasilan 93% ketika 100 premolar autotransplanted diamati selama rata-rata 6,3 tahun.

Faktor-faktor yang mengarah pada kesuksesan telah banyak diselidiki. Penentu yang paling signifikan bagi kelangsungan hidup transplantasi adalah vitalitas lanjutan dari membran periodontal. Dalam kasus-kasus dimana ligament periodontal adalah trauma saat transplantasi, resorpsi akar eksternal dan ankilosis sering dicatat. Schwartz mencoba untuk menghubungkan hilangnya korupsi untuk faktor prognostik spesifik dan menemukan bahwa tingkat keberhasilan tertinggi ketika donor gigi premolar, memiliki satu-setengah sampai perkembangan akar dua pertiga, dan pengalaman trauma yang minimal dan waktu ekstraoral terbatas selama operasi. Pengalaman ahli bedah juga mempengaruhi keberhasilan karena prosedur ini adalah teknik-sensitif.

Meskipun retensi gigi dan restorasi ruang edentulous adalah hasil yang diinginkan untuk pasien, parameter yang lebih spesifik telah digunakan untuk mengukur kesehatan transplantasi yang masih hidup. Parameter ini meliputi lampiran periodontal marjinal, mobilitas, nyeri, resorpsi akar, perkembangan akar, kepekaan terhadap perkusi, kedalaman poket gingiva, kehadiran gingivitis, dan adanya fistula. Namun studi ini sulit untuk membandingkan karena masing-masing digunakan ukuran yang berbeda untuk menentukan keberhasilan.

Yang umum menyebabkan sebagian besar kegagalan autotransplant adalah resorpsi akar kronis. Lebih spesifik, penyebab kehilangan gigi setelah transplantasi dari yang paling umum hingga yang paling umum adalah resorpsi inflamasi, resorpsi penggantian (ankilosis), periodontitis marginal, periodontitis apikal, karies, dan trauma. Resorpsi inflamasi dapat menjadi jelas setelah 3 atau 4 minggu, sedangkan resorpsi pengganti tidak dapat menjadi jelas sampai 3 atau 4 bulan setelah transplantasi. Kejadian kedua jenis resorpsi dapat dikurangi dengan ekstraksi atraumatic dari gigi donor dan transfer langsung ke lokasi penerima untuk meminimalkan risiko cedera pada ligamen periodontal.

Kesimpulan

Meskipun autotransplantation belum didirikan sebagai alat tradisional mengganti gigi yang hilang, prosedur waran pertimbangan lebih. Penelitian terbaru dengan jelas menunjukkan bahwa autotransplantation gigi adalah sebagai sukses sebagai penempatan implan endosseous gigi. Diterima tingkat keberhasilan minimum untuk gigi implan titanium endosseous adalah 85% setelah 5 tahun dan 80% setelah 10 tahun pasien. Untuk muda, autotransplantation juga dapat dianggap sebagai tindakan sementara. Transplantasi bisa mengganti gigi yang hilang untuk memastikan pelestarian tulang hingga pertumbuhan telah berhenti dan kemudian, jika perlu, pasien bisa menjadi calon untuk pemilihan implan. Pasien yang tepat Dengan, dan kehadiran gigi donor yang cocok dan situs penerima, autogenous transplantasi harus dianggap sebagai pilihan yang layak untuk perawatan ruang edentulous.Dr Clokie adalah kepala departemen dan rahang atas bedah mulut di University of Toronto.

Dr Yau adalah magang gigi di Gunung Sinai Hospital, Toronto, Ontario.

Dr Chano merupakan penduduk periodontik, University of Toronto.

Korespondensi: Dr Cameron ML Clokie, Departemen Bedah Mulut dan Maxillofacial, University of Toronto, 124 Edward Street, Toronto, Ontario, M5G 1G6. E-mail: [email protected] . E-mail: cameron.clokie @ utoronto.ca .

Para penulis tidak memiliki kepentingan finansial dideklarasikan.Referensi

1. Cohen AS, Shen TC, Pogrel MA. Transplanting teeth successfully: autografts and allografts that work. JADA 1995; 126(4):481-5. 2. Leffingwell CM. Autogenous tooth transplantation: a therapeutic alternative. Dent Surv 1980; 56(2):22-3, 26. 3. Hale ML. Autogenous transplants. Oral Surg Oral Med Oral Pathol 1956; 9:76-83. 4. Nethander G. Periodontal conditions of teeth autogenously transplanted by a two-stage technique. J Periodontal Res 1994; 29(4):250-8. 5. Andreasen JO, Paulsen HU, Yu Z, Bayer T, Schwartz O. A long-term study of 370 autotransplanted premolars. Part II. Tooth survival and pulp healing subsequent to transplantation. Eur J Orthod 1990; 12(1):14-24. 6. Lundberg T, Isaksson S. A clinical follow-up study of 278 autotransplanted teeth. Br J Oral Maxillofac Surg 1996; 34(2):181-5. 7. Kugelberg R, Tegsjo U, Malmgren O. Autotransplantation of 45 teeth to the upper incisor region in adolescents. Swed Dent J 1994; 18(5):165-72. 8. Josefsson E, Brattstrom V, Tegsjo U, Valerius-Olsson H. Treatment of lower second premolar agenesis by autotransplantation: four-year evaluation of eighty patients. Acta Odontol Scand 1999; 57(2):111-5. 9. Kahnberg KE. Autotransplantation of teeth: indications for transplantation with a follow-up of 51 cases. Int J Oral Maxillofac Surg 1987; 16(5):577-85. 10. Tegsjo U, Valerius-Olsson H, Frykholm A, Olgart K. Clinical evaluation of intra-alveolar transplantation of teeth with cervical root fractures. Swed Dent J 1987; 11(6):235-50. 11. Kristerson L, Lagerstrom L. Autotransplantation of teeth in cases with agenesis or traumatic loss of maxillary incisors. Eur J Orthod 1991; 13(6):486-92. 12. Northway WM, Konigsberg S. Autogenic tooth transplantation: the state of the art. Am J Orthod 1980; 77(2):146-62. 13. Pogrel MA. Evaluation of over 400 autogenous tooth transplants. J Oral Maxillofac Surg 1987; 45(3):205-11. 14. Akiyama Y, Fukuda H, Hashimoto K. A clinical and radiographic study of 25 autotransplanted third molars. J Oral Rehabil 1988; 25(8):640-4. 15. Robinson PJ, Grossman LI. Tooth Transplantation. In: Robinson PJ, Guernsey LJ, eds. Clinical transplantation in dental specialties. St. Louis: C.V. Mosby Co.; 1980. p. 77-88. 16. Schwartz O, Bergmann P, Klausen B. Autotransplantation of human teeth: a life-table analysis of prognostic factors. Int J Oral Surg 1985; 14(3):245-58. 17. Andreasen JO, Paulsen HU, Yu Z, Ahlquist R, Bayer T, Schwartz O. A long-term study of 370 autotransplanted premolars. Part I. Surgical procedures and standardized techniques for monitoring healing. Eur J Orthod 1990; 12(1):3-13. 18. Tsukiboshi M. Autogenous tooth transplantation: a reevaluation. Int J Periodontics Restorative Dent 1993; 13(2):120-49. 19. Andreasen JO, Paulsen HU, Yu Z, Schwartz O. A long-term study of 370 autotransplanted premolars. Part III. Periodontal healing subsequent to transplantation. Eur J Orthod 1990; 12(1):25-37. 20. Andreasen JO, Paulsen HU, Yu Z, Bayer T. A long-term study of 370 autotransplanted premolars. Part IV. Root development subsequent to transplantation. Eur J Orthod 1990; 12(1):38-50. 21. Smith DE, Zarb GA. Criteria for success of osseointegrated endosseous implants. J Prosthet Dent 1989; 62(5):567-72. 22. Thomas S, Turner SR, Sandy R. Autotransplantation of teeth: is there a role? Br J Orthod 1998; 25(4):275-82.