31918978 Laporan Praktikum Flora Normal Tubuh Manusia

download 31918978 Laporan Praktikum Flora Normal Tubuh Manusia

of 29

description

biologi

Transcript of 31918978 Laporan Praktikum Flora Normal Tubuh Manusia

LAPORAN PRAKTIKUM ke 3 MIKROBIOLOGI TERAPAN

Di susun oleh : Nama Nim Kelas/ Semester Jurusan Program studi : Wiwik Septiani : 342007055 : A/ V : Pendidikan MIPA : Pendidikan Biologi

Dosen pengasuh : Susi Dewiyeti,S.Si,M.Si

FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN

UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH PALEMBANG 2008/2009A. PRAKTIKUM KE : 3 (tiga)

B. JUDUL C. TUJUAN

: Flora normal tubuh manusia : Untuk mengetahui keberadaan flora normal tubuh manusia.

D. DASAR TEORI

: Flora Normal

Hewan yang sehat, jaringan internal, misalnya darah, otak, otot, dll, biasanya bebas dari mikroorganisme. Namun, jaringan permukaan, yaitu kulit dan selaput lendir, yang terus-menerus berhubungan dengan lingkungan hidup organisme dan menjadi mudah dijajah oleh berbagai jenis mikroba. Campuran organisme secara teratur ditemukan pada setiap situs anatomi disebut sebagai flora normal, kecuali oleh para peneliti di lapangan yang lebih suka istilah "pribumi mikrobiota". Flora normal manusia terdiri dari beberapa eucaryotic jamur dan protista, tetapi bakteri yang paling banyak dan jelas komponen mikroba flora normal.

Gambar 1. Gram noda satu spesies Micrococcus, umumnya terisolasi dari kulit dan membran hidung manusia. Flora bakteri yang dominan manusia diperlihatkan pada Tabel 1. Tabel ini hanya sebagian kecil dari total spesies bakteri yang terjadi sebagai flora normal manusia. Percobaan baru-baru ini yang menggunakan probe RNA 16S untuk survei keragaman bakteri dalam plak gigi mengungkapkan bahwa hanya satu persen dari total spesies yang ditemukan sudah pernah dibudidayakan. Serupa pengamatan telah dilakukan dengan flora usus. Pada tabel 1. (1) staphylococci dan Corynebacteria terjadi di setiap situs yang terdaftar. Staphylococcus epidermidis sangat disesuaikan dengan lingkungan yang beragam dari inang manusia. S. aureus adalah patogen yang potensial. Ini adalah bakteri penyebab utama penyakit pada manusia. Hal ini dapat ditularkan dari membran hidung seorang pembawa asimtomatik ke host yang rentan.

S. epidermidis. Scanning EM. CDC. (2) Banyak yang baik flora normal patogen atau patogen oportunistik, yang menunjukkan tanda bintang anggota flora normal suatu yang dapat dianggap patogen utama manusia.

S. aureus. Gram noda. (3) Streptococcus mutans merupakan bakteri utama yang terlibat dalam inisiasi pembentukan plak dan karies gigi. Dilihat sebagai infeksi oportunistik, penyakit gigi merupakan salah satu yang paling umum dan mahal penyakit menular di Amerika Serikat.

Streptococcus mutans. Gram noda. CDC (4) Enterococcus faecalis sebelumnya diklasifikasikan sebagai Streptococcus faecalis. The bakteri ini seperti biasa komponen flora usus, bahwa banyak negara Eropa menggunakannya sebagai indikator standar tinja polusi, dengan cara yang sama kita gunakan E. coli di Amerika Serikat. Dalam beberapa tahun terakhir, Enterococcus faecalis telah muncul sebagai yang signifikan, antibiotik-resistant, nosokomial patogen.

Vankomisin Resistant Enterococcus faecalis. Scanning EM CDC (5) Streptococcus pneumoniae hadir dalam saluran pernapasan bagian atas sekitar setengah penduduk. Jika menyerang saluran pernapasan bagian bawah dapat menyebabkan pneumonia. Streptococcus pneumoniae

menyebabkan 95 persen dari semua bakteri pneumonia.

Streptococcus pneumoniae. Langsung antibodi fluorescent noda. CDC. (6) Streptococcus pyogenes mengacu pada Grup A, Beta-hemolitik streptokokus. Streptococcus menyebabkan terjadinya tonsilitis (radang tenggorokan), pneumonia, endokarditis. Beberapa penyakit streptokokus dapat menyebabkan demam rematik atau nefritis yang dapat merusak hati dan ginjal.

Streptococcus pyogenes. Gram noda. (7) Neisseria dan Gram-negatif lain yang sering cocci penduduk saluran pernapasan bagian atas, terutama pharynx. Neisseria meningitidis, yang penting bakteri penyebab meningitis, dapat menjajah juga, sampai host dapat mengembangkan kekebalan aktif terhadap patogen.

Neisseria meningitidis. Gram noda. 8) Sementara E. coli adalah penduduk yang konsisten usus kecil, banyak bakteri enterik lain mungkin berada di sini juga, termasuk Klebsiella, Enterobacter dan Citrobacter. Beberapa galur E. coli yang patogen yang menyebabkan infeksi usus, infeksi saluran kencing dan bayi meningitis.

E. coli. Scanning EM Shirley Owens. Center for Electron Optics. Michigan State University. (9) Pseudomonas aeruginosa adalah patogen oportunistik klasik manusia yang dapat menyerang hampir semua jaringan. Ini adalah penyebab utama didapat di rumah sakit (nosokomial) Gram-negatif infeksi, tetapi sumbernya seringkali eksogen (dari luar host).

Koloni Pseudomonas aeruginosa tumbuh pada plate agar. Yang paling virulen spesies Pseudomonas menghasilkan koloni berlendir dan zat warna hijau seperti mengisolasi ini. (10) Haemophilus influenzae adalah penyerang sekunder sering virus influenza, dan diberi nama yang sesuai. Si bakteri adalah penyebab utama meningitis pada bayi dan anak-anak hingga perkembangan terbaru dari tipe B Hflu vaksin.

Haemophilus influenzae. Gram noda. (11) jumlah terbesar ditemukan bakteri di bagian bawah saluran pencernaan, khususnya usus besar dan bakteri yang paling umum adalah Bacteroides, sekelompok Gram-negatif, anaerobik, non-sporeforming bakteri. Mereka telah terlibat dalam inisiasi kolitis dan kanker usus besar.

Bacteroides fragilis. Gram noda. (12) Bifidobacteria adalah Gram-positif, non-sporeforming, bakteri asam laktat. Mereka telah digambarkan sebagai "ramah" bakteri di usus manusia. Bifidum Bifidobacterium merupakan jenis bakteri yang dominan di usus dari menyusui bayi, di mana ia mungkin mencegah kolonisasi oleh patogen yang potensial. Bakteri ini kadang-kadang digunakan dalam pembuatan yogurt dan sering dimasukkan ke dalam probiotik.

Bifidobacterium bifidum. Gram stain (13) Lactobacilli dalam rongga mulut mungkin berkontribusi terhadap pembentukan asam yang menyebabkan karies gigi. Lactobacillus acidophilus colonizes epitel vagina selama melahirkan anak tahun dan menetapkan pH rendah yang menghambat pertumbuhan patogen.

Lactobacillus spesies dan squaemous sel epitel vagina. CDC (14) Ada banyak spesies Clostridium yang menjajah usus. Clostridium perfringens umumnya diisolasi dari tinja. Clostridium difficile dapat menjajah usus dan menyebabkan "diare yang disebabkan antibiotik" atau

pseudomembranosa kolitis.

Clostridium perfringens. Pewarnaan Gram. (15) Clostridium tetani termasuk dalam tabel sebagai contoh bakteri yang "transiently berhubungan" dengan manusia sebagai komponen flora normal. Bakteri dapat diisolasi dari tinja di 0-25 persen dari populasi. Endospores mungkin yang tertelan dengan makanan dan air, dan bakteri tidak menjajah usus.

Clostridium tetani. Gram noda. (16) The Corynebacteria, dan beberapa bakteri asam propionat terkait, konsisten flora kulit. Beberapa telah terlibat sebagai penyebab jerawat. Corynebacterium diphtheriae, agen difteri, dianggap sebagai anggota flora normal sebelum meluasnya penggunaan difteri toksoid, yang digunakan untuk mengimunisasi melawan penyakit.

Corynebacterium diphtheriae. Tidak lagi menjadi bagian dari flora normal. Antara Manusia dan Flora Normal E. coli adalah bakteri yang paling terkenal secara teratur diasosiasikan dengan manusia, sebagai sebuah komponen invariabel saluran pencernaan manusia. Meskipun E. coli adalah yang paling dipelajari dari semua bakteri,

dan kita tahu lokasi yang tepat dan urutan dari 4.288 gen pada kromosom, kita tidak sepenuhnya memahami hubungan ekologi dengan manusia. Pada kenyataannya, tidak banyak yang diketahui tentang sifat hubungan antara manusia dan flora normal mereka, tetapi mereka dianggap sebagai interaksi dinamis daripada saling asosiasi ketidakpedulian. Baik host dan bakteri berpikir untuk memperoleh manfaat dari satu sama lain, dan asosiasi, untuk sebagian besar, mutualistic. flora normal berasal dari host mereka pasokan nutrisi, lingkungan yang stabil, dan perlindungan dan transportasi. Host memperoleh dari flora normal tertentu manfaat nutrisi dan pencernaan, stimulasi dari kegiatan pembangunan dan sistem imun, dan perlindungan melawan kolonisasi dan infeksi oleh mikroba patogen. Sementara sebagian besar kegiatan manfaat flora normal tuan rumah mereka, sebagian dari flora normal adalah parasit (hidup di atas biaya tuan rumah mereka), dan beberapa bersifat patogen (mampu menghasilkan penyakit). Penyakit yang dihasilkan oleh flora normal di tuan rumah mereka dapat disebut penyakit endogen. Kebanyakan endogen bakteri penyakit infeksi oportunistik, yang berarti bahwa organisme harus diberi kesempatan khusus kelemahan atau membiarkan-down dalam pertahanan host untuk menginfeksi . Contoh dari infeksi oportunistik bronkitis kronis pada perokok dimana bakteri flora normal dapat menyerang paru-paru melemah. Kadang-kadang hubungan antara anggota flora normal yang inangnya tidak dapat diuraikan. Seperti hubungan di mana tidak ada jelas manfaat atau membahayakan organisme baik selama hubungan mereka disebut sebagai hubungan teman semakan. Banyak flora normal yang tidak dominan dalam habitat mereka, walaupun selalu hadir dalam jumlah yang rendah, dianggap

sebagai teman semakan bakteri. Namun, jika dugaan hubungan teman semakan mempelajari secara mendetail, parasit atau karakteristik mutualistic sering muncul. Jaringan kekhususan Sebagian besar anggota flora bakteri normal lebih memilih untuk menjajah jaringan tertentu dan bukan yang lain. Ini "kekhususan jaringan" biasanya disebabkan oleh sifat-sifat baik dari tuan rumah dan bakteri. Biasanya, bakteri spesifik menjajah jaringan tertentu oleh satu atau lain mekanisme ini. 1. Tissue tropism adalah bakteri preferensi atau kesukaan untuk jaringan tertentu untuk pertumbuhan. Salah satu penjelasan untuk jaringan tropism adalah bahwa tuan rumah menyediakan nutrisi penting dan faktor pertumbuhan pertumbuhan. bakteri, selain cocok oksigen, pH, dan suhu untuk

Lactobacillus acidophilus, informal dikenal sebagai "Doderlein's bacillus" colonizes vagina karena dihasilkan glikogen yang menyediakan bakteri dengan sumber gula yang mereka memfermentasi untuk asam laktat.

2. Spesifik kepatuhan Kebanyakan bakteri dapat menjajah suatu jaringan atau situs tertentu karena mereka dapat mematuhi bahwa situs dalam jaringan atau cara tertentu yang melibatkan interaksi kimia yang saling melengkapi antara dua permukaan. Khusus biokimia kepatuhan melibatkan interaksi antara komponen permukaan bakteri (ligan atau adhesins) dan molekul reseptor sel inang. Komponen bakteri yang menyediakan molekul adhesins adalah bagian dari kapsul mereka, fimbriae, atau dinding sel. Reseptor pada sel manusia atau jaringan molekul glikoprotein biasanya terletak pada host permukaan sel atau jaringan.

Gambar 2. Khusus kepatuhan melibatkan interaksi kimia yang saling melengkapi antara sel inang atau jaringan permukaan dan permukaan bakteri. Dalam bahasa medis mikrobiologi, bakteri "adhesin" melekat kovalen ke host "reseptor" sehingga bakteri "dermaga" itu sendiri pada host permukaan. Adhesins dari sel-sel bakteri adalah komponen kimia kapsul, dinding sel, pilus atau fimbriae. Host reseptor glikoprotein biasanya terletak pada membran sel atau jaringan permukaan. Beberapa contoh situs adhesins dan lampiran khusus digunakan untuk ketaatan pada jaringan manusia dijelaskan dalam tabel di bawah ini. Tabel 2. Contoh bakteri kepatuhan spesifik pada sel inang atau jaringan.

Bakteri Streptococcus pyogenes

Adhesin bakteri Sel-terikat protein (Mprotein) Sel-terikat protein

Situs lampiran Pharyngeal epitel

Streptococcus mutans (Glycosyl transferase) Streptococcus salivarius

Kulit tipis gigi

Lipoteichoic asam epitel lidah Sel-terikat protein (kolinStreptococcus pneumoniae Mukosa epitel binding protein) Staphylococcus aureus Sel-terikat protein Mukosa epitel N-methylphenyl-alanin epithelium Uretra / serviks Neisseria gonorrhoeae pili epitel Enterotoxigenic E. coli coli Tipe-1 fimbriae Epitel usus Uropathogenic E. coli coli P-pili (pap) Saluran kemih bagian atas Fimbriae ( "berserabut Bordetella pertussis Pernapasan epitel hemagglutinin") N-methylphenylalanine Vibrio cholerae Epitel usus pili Treponema pallidum Peptida di luar membran Mukosa epitel Mycoplasma Protein membran Pernapasan epitel epithelium Conjunctival atau Chlamydia Tida diketahui epitel uretra

3. Biofilm pembentukan. Beberapa bakteri asli mampu membangun biofilm pada permukaan jaringan, atau mereka mampu menjajah sebuah biofilm dibangun oleh spesies bakteri lain. Banyak biofilm adalah campuran mikroba, walaupun salah satu anggota bertanggung jawab untuk menjaga dan biofilm dapat mendominasi.

Gambar 3. Kartun menggambarkan pembentukan biofilm. Biofilm biasanya terjadi ketika salah satu spesies bakteri atase khusus atau non spesifik ke permukaan, dan kemudian mengeluarkan lendir karbohidrat (exopolymer) yang imbeds menarik bakteri dan mikroba lain ke biofilm untuk perlindungan atau keuntungan nutrisi. Biofilm klasik yang melibatkan komponen flora normal rongga mulut adalah pembentukan plak gigi pada gigi. Plak adalah biofilm dibangun secara alami, di mana konsorsium bakteri dapat mencapai ketebalan 300-500 sel pada permukaan gigi. Ini subjek akumulasi gigi dan jaringan gingiva konsentrasi tinggi metabolit bakteri, yang mengakibatkan penyakit gigi . Permukaan kulit itu sendiri terdiri dari beberapa lingkungan yang berbeda. Bidang seperti aksila (ketiak), perineum (pangkal paha) dan ujung jaring biasanya menyediakan daerah lembab untuk pertumbuhan bakteri. Ini "hutan tropis" sering lingkungan pelabuhan terbesar di antara

keanekaragaman flora kulit. Khas organisme meliputi Staphylococcus aureus, Corynebacterium dan beberapa bakteri Gram-negatif. Sebagian besar permukaan kulit manusia, bagaimanapun, adalah jauh lebih kering dan ini sebagian besar dihuni oleh Staphylococcus epidermidis dan

Propionobacterium.

Streptococcus mendominasi dalam rongga mulut dan nasofaringeal daerah tetapi juga dapat menemukan Anaerob lain dan spesies Neisseria. Banyak potensi patogen juga dapat ditemukan di nasofaring individu yang sehat, menyediakan reservoir untuk infeksi lain. Patogen ini termasuk Streptococcus influenzae. Saluran pencernaan adalah lingkungan yang agak memusuhi bagi mikroorganisme namun sebagian besar flora normal kita mendiami wilayah ini dari tubuh. Bahkan, usus mungkin mengandung 109

pneumoniae,

Neisseria

meningitidis

dan

Haemophilus

untuk 10

11

bakteri per

gram bahan. Sebagian besar (95 - 99,9%) di antaranya Anaerob, diwakili oleh Bacteroides, Bifidobacterium, streptokokus anaerob dan Clostridium.

Organisme ini menghambat pertumbuhan patogen lain, tetapi beberapa dapat oportunistik (misalnya C. difficile dapat menghasilkan pseudomembranosa kolitis). Urogenital. Saluran urogenital biasanya steril dengan pengecualian vagina dan distal 1 cm dari uretra. Berbagai anggota dari genus Lactobacillus menonjol dalam vagina. Organisme ini umumnya lebih rendah pH sekitar 4-5, yang optimal untuk lactobacilli tetapi penghambatan untuk pertumbuhan bakteri lainnya. Hilangnya efek perlindungan ini oleh terapi antibiotik dapat menyebabkan infeksi oleh Candida ( "ragi infeksi"). Uretra sebagian besar kulit dapat mengandung mikroorganisme termasuk staphylococci,

streptokokus dan diphtheroid. Mikroorganisme tidak saja terdapat dan hidup di lingkungan, akan tetapi juga di tubuh manusia. Tubuh manusia tidaklah steril atau bebas dari

mikroorganisme, begitu manusia dilahirkan ia langsung berhubungan dengan mikroorganisme. Mikroorganisme yang secara alamiah terdapat di tubuh manusia disebut flora normal atau mikrobiota. Faktor-faktor yang mempengaruhi kehadiran flora normal pada tubuh manusia adalah : 1.nutrisi 2.kebersihan seseorang (berapa seringnya dibersihkan) 3.kondisi hidup 4.penerapan prinsip-prinsip kesehatan Mikroflora pada tubuh berdasarkan bentuk dan sifat kehadirannya dapat digolongkan menjadi 2 yaitu : 1. Mikroorganisme tetap/normal (resident flora/indigenous) yaitu

mikroorganisme jenis tertentu yang biasanya ditemukan pada bagian tubuh tertentu dan pada usia tertentu dan pada usia tertentu. Keberadaan mikroorganismenya akan selalu tetap, baik jenis ataupun jumlahnya, jika ada perubahan akan kembali seperti semula. Flora normal/tetap yang terdapat pada tubuh merupakan organisme komensal. Flora normal yang lainnya bersifat mutualisme. Flora normal ini akan mendapatkan makanan dari sekresi dan produk-produk buangan tubuh manusia, dan tubuh memperoleh vitamin atau zat hasil sintesis dari flora normal. Mikroorganisme ini umumnya dapat lebih bertahan pada kondisi buruk dari lingkungannya. Contohnya : Streptococcus viridans, S. faecalis,Pityrosporum ovale,Candida albicans.

2.

Mikroorganisme

sementara

(transient

flora)

yaitu

mikroorganisme

nonpatogen atau potensial patogen yang berada di kulit dan selaput lendir/mukosa selama kurun waktu beberapa jam, hari, atau minggu. Keberadaan mikroorganisme ini ada secara tiba-tiba (tidak tetap) dapat disebabkan oleh pengaruh lingkungan, tidak menimbulkan penyakit dan tidak menetap. Flora sementara biasanya sedikit asalkan flora tetap masih utuh, jika flora tetap berubah, maka flora normal akan melakukan kolonisasi, berbiak dan menimbulkan penyakit. Flora normal pada manusia tidak tetap, selalu mengalami fluktuasi yang disebabkan oleh : 1. nutrisi 2. usia 3. hormon 4. kesehatan umum Flora normal pada tubuh manusia terdapat di : 1. kulit Flora dapat hidup lama di kulit karena kulit mengeluarkan zat bakterisidal, contohnya kelenjar keringat akan mengeluarkan enzim lisozim, kelenjar lemak mengeksresikan lipid yang kompleks. Spesies yang biasanya ada di kulit antara lain : Staphylococcus epidermidis, S. aureus, Streptococcus viridans, Peptostreptococcus sp., sianobakteri aerobik, difteroid. Pada kelenjar lemak antara lain bakteri anaerob lipolitik misalnya Propionibacterium acnes yang menyebabkan timbulnya jerawat. Faktor-faktor yang menghilangkan flora

normal sementara pada kulit adalah asam lemak pada sekresi sebasea, adanya lisozim, dan pH yang rendah. Flora normal tidak berubah secara signifikan oleh pencucian/ mandi/ keringat yang berlebihan, tetapi pemakaian tutup yang rapat pada kulit akan mengakibatkan populasi mikroorganisme secara keseluruhan akan meningkat dan mengakibatkan perubahan kualitatif flora normal. 2. saluran nafas : - hidung - nasofaring Flora normal yang menghuni hidung dan nasofaring antara lain : Staphylococcus epidermidis, S. aureus, Branhamella catarrhalis,

Haemophilus influenzae, Moraxella catarrhalis, Prevotella melaninogenica, Neisseria meningitidis. 3. saluran cerna : - mulut - orofaring - perut - usus kecil - usus besar Air liur mengandung air, asam amino, protein, lipid, karbohidrat dan senyawa anorganik. Air liur merupakan medium yang kaya kompleks yang dapat digunakan oleh mikroorganisme yang hidup di mulut sebagi sumber nutrien. Mikroorganisme yang menghuni orofaring (bagian belakang mulut) antara lain

S. aureus dan S. epidermis dan streptococcus viridians (merupakan penghuni asli orofaring). Adanya flora normal dalam saluran cerna akan memberikan keuntungan bagi hospesnya : 1. menghambat pertumbuhan atau menimbulkan resistensi terhadap bakteri patogen 2. menghasilkan vitamin B kompleks dan vitamin 3. konversi pigmen empedu dan asam empedu 4. absorbsi zat makanan Contohnya : B. fragilis, C. perfringens 4. saluran urogenitalis : saluran kemih. Pada saluran urogenitalis laki-laki dapat ditemukan bakteri : Staphyllococcus epidermis, Mycobacterium smegmatis, dan E. coli. Pada saluran urogenitalis perempuan ditemukan antara lain : E. coli, Enterobacter aerogenes, Staphyllococcus, Streptococcus, Veillonella, Mycobacterium smegmatis, Neiserria catarrhalis, N. sicca, dan Yeast. Ada banyak penyebab dari keputihan namun paling sering disebabkan oleh infeksi jamur candida, bakteri dan parasit seperti Trikomonas yang menyebabkan peradangan pada vagina dan sekitarnya. Keputihan yang harus diwaspadai adalah jika didapatkan keputihan yang berwarna

kuning/hijau/keabu-abuan/coklat, berbau tidak enak, jumlah banyak dan menimbulkan keluhan seperti gatal dan rasa terbakar pada daerah intim.

Jamur Keputihan yang disebabkan oleh infeksi jamur Candida albicans umumnya dipicu oleh faktor dari dalam maupun luar tubuh seperti : Kehamilan Obesitas / kegemukan Pemakaian pil KB Obat-obatan tertentu seperti steroid, antibiotik Riwayat diabetes / penyakit kencing manis Daya tahan tubuh rendah Iklim, panas, kelembaban Sekret yang keluar biasanya berwarna putih kekuningan, seperti kepala susu (cottage cheese), berbau khas dan menyebabkan rasa gatal yang hebat pada daerah intim-vulva dan sekitarnya sehingga disebut vulvovaginitis. Rasa gatal sering merupakan keluhan yang dominan dirasakan. Bakteri Pada vagina terdapat flora normal yang terdiri dari bakteri baik yang berfungsi dalam keseimbangan ekosistem sekaligus menjaga keasaman / pH yang normal serta beberapa bakteri lain dalam jumlah kecil seperti Gardnerella vaginalis , mobiluncus, bacteroides dan Mycoplasma hominis.

Beberapa keadaan seperti kehamilan, penggunaan spiral / IUD (intra uterine device), hubungan seksual, promiskuitas dapat memicu ketidakseimbangan flora normal vagina dimana pertumbuhan bakteri jahat menjadi berlebihan. Keputihan yang disebabkan oleh bakteri Gardnerella dsb disebut sebagai bacterial vaginosis / BV. Sebanyak 50% dari wanita dengan bacterial vaginosis bersifat asimtomatik yaitu tidak memberikan gejala yang berarti Keputihan biasanya encer, berwarna putih keabu-abuan dan berbau amis (fishy odor). Bau tercium lebih menusuk setelah melakukan hubungan seksual dan menyebabkan darah menstruasi berbau tidak enak. Jika ditemukan iritasi daerah vagina seperti gatal biasanya bersifat lebih ringan daripada keputihan yang disebabkan oleh Candida albicans atau

Trichomonas vaginalis. Parasit Infeksi parasit Trichomonas vaginalis termasuk dalam golongan penyakit menular seksual (PMS) karena penularan terutama terjadi melalui hubungan seksual namun juga dapat melalui kontak dengan perlengkapan mandi, bibir kloset yang telah terkontaminasi. Keputihan berupa sekret berwarna kuning-hijau, kental, berbusa dan berbau tidak enak (malodorous). Kadang keputihan yang terjadi menimbulkan rasa gatal dan iritasi pada daerah intim. Komplikasi Keputihan bila tidak diatasi dapat menimbulkan masalah kesehatan yang lebih serius seperti infertilitas / masalah kesuburan, penyakit radang panggul

(Pelvic Inflammatory Disease). Pada wanita hamil, infeksi trikomonas dan bacterial vaginosis diduga dapat menyebabkan kelahiran prematur dan berat badan lahir rendah (BBLR).

E. PELAKSANAAN PRAKTIKUM 1. Tempat : Laboratorium Biologi

: Waktu dan Tempat FKIP Universitas :

Waktu : Hari Jumat, tanggal 6 Noovember 2009.. jam 13.00 Muhammadiyah Palembang.2. Alat Dan Bahan Alat : : 2. Bahan: Kertas Ph Media agar Muller Hinton (MH) Alcohol 70 % Spiritus Rambut Epidermis kulit

Cotton bud steril

Cawan petri Bunsen Pinset Termometer Sprayer

Autoklafe Inkubator Penggaris

Sekret vagina Air liur Kertas label

3. Cara Kerja

:

1) Flora normal pada epidermis kulit. a. Usapkan (swebbing) cotton bud steril di permukaan kulit, lalu

cotton bud tersebut digoreskan di media MH secara aseptis atau uasapkan llangsung jari tangan di atas media MH secara aseptis. b. Bungkus secara terbalik cawan Petri dengan kertas.

(Mengapa?). c. d. Inkubasi selama 24 jam. Amati pertumbuhan mikrobanya (bentuk, jumlah, warna, elevasi,

permukaan, diameter, tepian).

2) Flora normal pada secret vagina. a. Usapkan cotton bud steril pada labia mayora dan labia minora,

lalu goreskan cotton bud tersebut di atas media MH secara aseptis (laakukan di kamar mandi). b. c. d. Bungkus secara terbalik cawan Petri di atas kertas. Inkubasi selama 24 jam. Amati pertumbuhan mikrobanya (bentuk, jumlah, warna, elevasi,

permukaan, diameter, tepian). 3) Flora normal pada rambut.

a.

Ambil selembar rambut, lalu letakkan diatas media MH secara

aseptis; b. c. d. Bungkus secara terbalik cawan Petri di atas kertas. Inkubasi selama 24 jam. Amati pertumbuhan mikrobanya (bentuk, jumlah, warna, elevasi,

permukaan, diameter, tepian). 4) Flora normal pada air liur. a. Usapkan cotton bud steril pada permukaan lidah yang sudah

terkumpul air liur, lalu goreskan cotton bud tersebut diatas media MH secara aseptis. b. c. d. Bungkus secara terbalik cawan Petri di atas kertas. Inkubasi selama 24 jam. Amati pertumbuhan mikrobanya (bentuk, jumlah, warna, elevasi,

permukaan, diameter, tepian).

F.

HASIL PENGAMATAN

:

1. Hasil Praktikum : Mengapa cawan Petri harus dibalik ? 1. untuk menghindari terjadinya tetesan air hasil dari respirasi mikroba sehingga mikroba yang tumbuh seperti yang diharapkan atau agar media tidak rusak. 2. apabila tidak dibalikkan maka kemungkinan besar ketika kita mengangkat maka cawan Petri tersebut akan terbuka sehingga

kontaminasi terjadi. Apabila tidak dibalikkan maka kita akan sulit menghitung jumlah koloni mikroba dikarenakan menyatu menjadi satu. Karena NA banyak air sehinga menjadi lembek dan lunak.

2. Pembahasan : Pada hasil pengamatan berdasarkan tabel, dapat diketahui

mikroorganisme banyak terdapat pada epidermis kulit yaitu berupa bakteri dan jamur, tetapi hanya bersifat sementara. Pada rambut hanya terdapat 1 jenis mikroorganisme yaitu jamur, dimana jamur juga bersifat sementara. Sedangkan pada air liur hanya ditemukan 1 jenis mikroorganisme yaitu jamur tetapi dalam jumlah banyak dan hidup berkelompok, dan bersifat menetap pada tubuh manusia. Pada secret vagina yang dipakai juga terdapat banyak mikroorganisme yaitu khamir dan bakteri, yaang bersifat menetap dan kemungkinan bisa sementara bila manusianya hidup dengan bersih. Contohnya bila seseorang dari buang air kecil ataupun besar, sesudah dibilas dengan air haruslah di keringkan dengan cara dilap dengan tissue, pada bagian vagina. G. KESIMPULAN : Dari hasil percobaan yang dilakukan berdasarkan hasil pengamatan terhadap pertumbuhaan flora normal pada tubuh manusia. Bagian yang paling banyak ditumbuhi flora adalah epidermis kulit karena keberadaan mikroorganisme ada secara tiba-tiba (tidak tetap) dapat disebabkan oleh pengaruh lingkungan, tidak menimbulkan penyakit dan tidak menetap, dan kulit memiliki kontak langsung dengan lingkungan / udara bebas. Dan permukaan kulit itu sendiri

terdiri dari beberapa lingkungan yang berbeda. Bidang seperti aksila (ketiak), perineum (pangkal paha) dan ujung jaring biasanya menyediakan daerah lembab untuk pertumbuhan bakteri.

H. DAFTAR PUSTAKA :

Todar,

Kenneth

PhD.

2008.

The

Normal

Flora

Normal

Flora.

http://www.textbookofbacteriology.net/normalflora.html. http://www.cehs.siu.edu/fix/medmicro/normal.htm

Sofa.

2008.

Mikroorganisme

dan

mikrobiota.

http://massofa.wordpress.com/2008/10/14/mikroorganisme-danmikrobiota/ Tidak diketahui. 2009. Penyebab Keputihan.

http://www.cooldesak.com/cooldesak/blogs/getBlog.do;jsessionid=89CEFCCB 8E14AA373C95719411DBE04E?blogId=21860 Kusumaningrum, Elizabeth Novi. 2008. MIKROBIOLOGI LINGKUNGAN.