246956083 Artikel Operating System

download 246956083 Artikel Operating System

of 16

description

Operasi Sistem

Transcript of 246956083 Artikel Operating System

SISTEM OPERASI

Sistem operasi Komputer adalah perangkat lunak komputer atau software yang bertugas untuk melakukan kontrol dan manajemen perangkat keras dan juga operasi-operasi dasar sistem, termasuk menjalankan software aplikasi seperti program-program pengolah data yang bisa digunakan untuk mempermudah kegiatan manusia. Sistem Operasi dalam bahasa Inggrisnya disebut Operating System, atau biasa di singkat dengan OS.Sistem Operasi komputer merupakan software pada lapisan pertama yang diletakkan pada memori komputer, (memori komputer dalam hal ini ada Hardisk, bukan memory ram) pada saat komputer dinyalakan. Sedangkan software-software lainnya dijalankan setelah Sistem Operasi Komputer berjalan, dan Sistem Operasi akan melakukan layanan inti umum untuk software-software itu. Layanan inti umum tersebut seperti akses ke disk, manajemen memori, skeduling task, dan antar-muka user. Sehingga masing-masing software tidak perlu lagi melakukan tugas-tugas inti umum tersebut, karena dapat dilayani dan dilakukan oleh Sistem Operasi. Bagian kode yang melakukan tugas-tugas inti dan umum tersebut dinamakan dengan kernel suatu Sistem Operasi.

Sistem Operasi berfungsi sebagai penghubung antara lapisan hardware dan lapisan software. selain itu, Sistem Operasi komputer juga melakukan semua perintah perintah penting dalam komputer, serta menjamin aplikasi-aplikasi yang berbeda fungsinya dapat berjalan lancar secara bersamaan tanpa hambatan. Sistem Operasi Komputer menjamin aplikasi perangkat lunak lainnya bisa memakai memori, melakukan input serta output terhadap peralatan lain, dan mempunya akses kepada sistem file. Jika beberapa aplikasi berjalan secara bersamaan, maka Sistem Operasi Komputer akan mengatur jadwal yang tepat, sehingga sebisa mungkin semua proses pada komputer yang berjalan mendapatkan waktu yang cukup untuk menggunakan CPU dan tidak saling mengganggu dengan perangkat yang lain.

Contoh-contoh dari Sistem operasi Komputer misalnya adalah Windows, Linux, MacOS, dan lain lain

MACAM-MACAM OS

Generasi pertama merupakan awal perkembangan sistem komputasi elektronik sebagai pengganti sistem komputasi mekanik, hal itu disebabkan kecepatan manusia untuk menghitung terbatas dan manusia sangat mudah untuk membuat kecerobohan, kekeliruan bahkan kesalahan. Pada generasi ini belum ada sistem operasi, maka sistem komputer diberi instruksi yang harus dikerjakan secara langsung.Sistem Operasi Windows,Windows adalah sebuah Sistem Operasi yang dikembangkan oleh Microsoft Corporation yang menggunakan antarmuka dengan berbasikan GUI (GraphicalUser Interface) atau tampilan antarmuka bergrafis. Os ini sudah banyak sekali digunakan oleh user sejak lama. Windows pertama kali masih dalam jenis Ms-Dos (Microsoft Disk OperatingSystem) yaitu sebuah Sistem Operasi yang berbasiskan teks dan Command-Line interpreter. Dan Windows 1.0 berkembang hingga yang terbaru sekarang ini, yaitu windows 10.

Sistem Operasi Linux,Linux merupakan kloningan dari MINIX (Salah satu varian UNIX). Sistem operasi ini juga terkenal dan banyak orang yang menggunakannya. Linux disusun berdasarkan standard Sistem Operasi POSIX yangditurunkan dari UNIX itu sendiri. Ada beberapa macam Distro Linux, seperti : Debian, Lycoris, Xandros, Lindows, Linare, Linux-Mandrake, RedHat Linux, Slackware, Knoppix, Fedora, Suse, Ubuntu.MACINTOS

Sistem Operasi MACINTOSH,MACINTOSH adalah Sistem Operasi yang dibuat oleh Apple Computerkhusus untuk komputer Macintosh dan tidak kompatibel (tidak harmonis untuk digunakan) dengan komputer berbasis IBM. MAC OS merupakan Sistem Operasi pertama yang menggunakan antarmuka pengguna grafis (Graphical User Interface/GUI). Macintosh: cukup tinggi securitynya, cocok untuk user yang usagenya desain grafis atau user yang mementingkan eye-candy.SYMBIAN

Sistem Operasi Symbian,Symbian adalah sistem operasi tak bebas yang dikembangkan oleh Symbian Ltd. yang dirancang untuk digunakan pada peralatan bergerak atau ponsel. Jenis Os ini mudah kita temui di ponsel-ponsel produk nokia dan beberapa produk Sony. Akan tetapi sekarang Pamor dari OS ini sedikit bergeser karena kalah popular dengan beberapa os baru seperti android.

ANDROID

Sistem Operasi Android,Android adalah Sistem operasi yang baru-baru ini muncul dan banyak dipakai oleh orang. Pada dasarnya, Android adalah Os linux yang dikembangkan dan di buat untuk aplikasi Mobile atau ponsel. Android menyediakan platform terbuka bagi para pengembang untuk menciptakan aplikasi mereka sendiri untuk digunakan oleh bermacam peranti bergerak. Android sendiri sudah mengalami banyak perubahan. Silakan baca Jenis Sistim operasi android.

PALM

System Operasi Palm,Palm adalah Os untuk mobile yang dikembangkan oleh Palm, Inc. Yaitu sebuah perusahaan multinasional yang bermarkas di Sunnyvale, California, Amerika Serikat.Contoh produk yang menanamkan sistem operasi Palm adalah Palm Treo 680 Smartphone ini menggunakan system operasi Palm, yaitu Palm OS 5.4.9 dengan prosesor Intel PXA270, 312MHz. Beberapa fitur yang ditawarkan adalah Pocket Express, Microsoft Media Player, Palm files, PDF viewer, Adobe Acrobat reader, eReader, Pocket Tunes, dan Document To Go.

WINDOWS MOBILE

System Windows Mobile,Windows Mobile adalah Sistem Operasi yang dibuat oleh Microsoft untuk peralatan bergerak (mobile). Pertama kali Windows Mobile muncul sebagai sistem operasi Pocket PC 2000, sebagian besar perangkat yang menggunakan Windows Mobile memiliki stylus pen yang digunakan sebagai alat untuk memberi perintah dengan menyentuhkannya pada layar

BLACK BERRY

Sistem Operasi BlackBerry,BlackBerry OS adalah sebuah Sistem Operasi Mobile yang dikembangkan oleh Research In Motion untuk perusahaan BlackBerry garis smartphone untuk perangkat genggam. Sistem operasi ini menyediakan multitasking dan mendukung perangkat input khusus yang telah diadopsi oleh RIM untuk digunakan dalam handheld, khususnya trackwheel, trackball, dan yang paling baru, yang trackpad dan touchscreen.

BERITA TERABRU TENTANG OS

Microsoft telah memamerkan faktor bentuk baru untuk Windows 10 perangkat, yang sebenarnya dapat diperas ke steker. The Quanta Hitung Plug ditunjukkan oleh Microsoft Nick Parker selama Computex pidato di Taiwan.

Mini-PC dilengkapi dengan dua port USB 3.0 dan port HDMI, memungkinkan Anda untuk mengubah TV Anda menjadi pintar komputer. Pengguna dapat mengontrol TV mereka menggunakan Cortana melalui remote Bluetooth atau headset.

Parker tidak menyebutkan apa yang versi Windows itu akan berjalan tapi aman untuk mengasumsikan bahwa itu akan menjadi Windows 10 model penuh daripada Windows 10 untuk IOT.

Deja vu?

Ekosistem Windows mengikuti apa yang telah dilakukan Android dan Linux sebelumnya. Intel baru-baru memeluk faktor bentuk tongkat dengan Intel Hitung Tongkat, sesuatu yang pengguna Android pertama kali ditemukan sekitar empat tahun yang lalu berkat dongle HDMI.

Adapun adaptor daya, Marvell memperkenalkan Linux bertenaga SheevaPlug kembali pada tahun 2009, salah satu yang jelas digunakan sistem-on-chip ARM.

Quanta tidak menjual komputer, tetapi adalah salah satu yang disebut produsen terbesar asli desain (atau ODM) di seluruh dunia. Dengan kata lain, mereka membangun hal-hal untuk orang lain (berpikir HP, Dell, Apple) untuk menjual.

Langkah selanjutnya jelas akan mendapatkan komputer di soket diaktifkan, menghilangkan kebutuhan untuk plug apa pun di tempat pertama.

Sumber :http://komputerlamongan.com/komputer-cabe-rawit-intel-seukuran-usb-flashdisk/10 Sistem Operasi PC Alternatif Anda Bisa Instal

Linux bukan satu-satunya alternatif sistem operasi PC di luar sana. Beberapa sistem operasi alternatif yang dikembangkan oleh perusahaan-perusahaan besar, sementara yang lain proyek-proyek kecil bekerja oleh penggemar.

Kami tidak menyarankan Anda menginstal sebagian besar pada PC Anda yang sebenarnya. Jika Anda ingin bermain dengan mereka, Anda mungkin ingin menginstal sebuah program mesin virtual seperti VirtualBox atau VMware Player dan memberi mereka pusaran. Linux , FreeBSD , dan Sistem Operasi lainyaTidak ada daftar sistem operasi alternatif PC bisa lengkap tanpa Linux. Ini adalah alternatif sistem operasi PC. Linux datang dalam berbagai rasa yang berbeda, yang dikenal sebagai distribusi Linux . Ubuntu dan Mint adalah beberapa yang paling populer. Jika Anda ingin menginstal non-sistem operasi Windows pada PC Anda dan benar-benar menggunakannya, Anda mungkin harus memilih Linux. LINUX

Linux adalah sistem operasi Unix-seperti , dan ada sistem operasi open-source lain seperti FreeBSD di luar sana. FreeBSD menggunakan kernel yang berbeda, tetapi menggunakan banyak perangkat lunak yang sama yang Anda akan menemukan pada distribusi Linux khas. Pengalaman menggunakan FreeBSD pada PC desktop akan cukup mirip.

Jika Anda pernah mendengar apa-apa tentang Linux, Anda mungkin pernah mendengar dari distribusi Linux - sering disingkat Ketika memutuskan untuk menggunakan Linux "distro Linux." - Pada komputer desktop atau server - pertama-tama Anda harus memilih distro .

Bagi banyak orang, Ubuntu telah menjadi identik dengan Linux. Tapi Ubuntu adalah salah satu dari banyak distro, dan Anda memiliki banyak pilihan ketika datang ke Linux.

CHROME OSChrome OS Google dibangun di atas kernel Linux, tetapi menggantikan desktop dan user-level software dengan desktop khusus yang hanya dapat menjalankan browser Chrome dan aplikasi Chrome.

Chrome OS adalah tidak benar-benar tujuan umum sistem operasi PC - bukan, itu dirancang untuk diinstal pada laptop khusus, yang dikenal sebagai Chromebook . Dengan Chromebook baru Google keluar di hanya $ 249, banyak orang yang pernah menulis mereka pergi sebagai terlalu mahal untuk fungsionalitas yang terbatas memberi mereka melihat kedua. Tapi akan Anda benar-benar menemukan Chrome OS berguna? Anda dapat dengan mudah menjalankan Chrome OS dalam mesin virtual VirtualBox, meskipun Anda akan perlu untuk men-tweak beberapa pengaturan sebelum itu akan berjalan dengan baik. Setelah Anda memiliki, Anda dapat menjalankan Chrome OS di jendela pada komputer Anda.

VALVE STEAM OSValve SteamOS saat ini dalam versi beta. Secara teknis, uap OS hanya distribusi Linux dan termasuk banyak perangkat lunak Linux standar. Namun, SteamOS sedang diposisikan sebagai sistem operasi PC gaming baru. The Linux desktop tua ada di bawah , tapi komputer boot ke antarmuka uap dirancang untuk ruang tamu.

Pada 2015, Anda akan dapat membeli PC yang datang dengan SteamOS terinstal, yang dikenal sebagai Mesin Steam . Valve akan mendukung Anda menginstal SteamOS pada setiap PC yang Anda suka - itu hanya tidak berada di dekat lengkap belum.

PC Gaming di Ruang Tamu

Layanan Steam Valve adalah dalam memimpin ketika datang ke PC gaming. Itu adalah sebuah toko, jaringan sosial, dan semua-sekitar layanan yang membuat pembelian, mengunduh, menginstal, dan memperbarui game PC mudah.

Ini saat ini mungkin untuk membawa game PC Anda ke ruang tamu. Yang harus Anda lakukan adalah hubungkan ke TV melalui port HDMI. Anda dapat dengan mudah menghubungkan satu atau lebih Xbox controller untuk yang game PC dan menggunakannya sebagai konsol game untuk bermain game controller diaktifkan pada TV Anda, seperti yang Anda akan bermain konsol game. Uap menyediakan "Big Picture" antarmuka dimaksudkan untuk digunakan dengan kontroler di televisi, memastikan Anda tidak akan harus menavigasi desktop Windows untuk memulai permainan.

ANDROID OS

Android juga menggunakan kernel Linux, tapi hampir semua lain di Android sangat berbeda dari distribusi Linux khas . Awalnya dirancang untuk smartphone, kini Anda bisa mendapatkan laptop Android dan bahkan desktop . Ini tidak terkejut bahwa berbagai proyek yang ada untuk menjalankan Android di PC tradisional - Intel bahkan mengembangkan pelabuhan mereka sendiri Android untuk perangkat keras PC. Ini bukan sebuah sistem operasi yang ideal untuk PC Anda - itu masih tidak memungkinkan Anda untuk menggunakan beberapa aplikasi pada waktu yang sama - tapi Anda bisa menginstalnya jika Anda benar-benar ingin.

Intel sekarang tertarik mendorong "Ganda OS" PC - perangkat dengan Windows 8 dan Android pada mereka. Tapi Anda tidak perlu membeli PC baru untuk melakukan hal ini - Anda dapat menjalankan aplikasi Android dan bahkan sistem operasi Android pada PC Anda saat ini.

Hal ini memungkinkan Anda untuk menggunakan ekosistem Android dari aplikasi berbasis sentuhan pada sentuhan-enabled laptop Windows dan tablet, sehingga tidak membuat akal. Tentu saja, proses ini clunker daripada hanya menggunakan Windows 8 aplikasi.APLLE MAC OS X

Apple Mac OS X sudah diinstal pada Mac, tapi Mac kini hanya jenis lain dari PC dengan standar perangkat keras yang sama dalam. Satu-satunya hal yang menghentikan Anda dari menginstal Mac OS X pada PC yang khas adalah perjanjian lisensi Apple dan cara mereka membatasi mereka software.Mac OS X dapat berjalan dengan baik pada PC biasa jika Anda bisa mendapatkan sekitar pembatasan ini.

Ada komunitas yang berkembang dari orang membangun PC yang menjalankan Mac OS X - yang dikenal sebagai hackintoshes - di luar sana.

Mac. Komputer terbaik yang dibuat oleh Apple, yang dikenal karena kesederhanaan mereka dan gaya, Sistem Operasi mereka, dan harga mereka. Jika Mac OS X adalah semua Anda hasrat untuk, membaca dan mencari tahu bagaimana cara menginstalnya di komputer custom-built Anda!HAIKU OSBeOS adalah sistem operasi PC ringan porting ke platform Intel x86 pada tahun 1998, tapi itu tidak bisa berdiri untuk Microsoft Windows. Jadilah Inc akhirnya menggugat Microsoft, menuduh mereka menekan Hitachi dan Compaq untuk tidak melepaskan hardware BeOS. Microsoft diselesaikan di luar pengadilan, membayar $ 23.500.000 untuk Jadilah Inc tanpa mengakui kesalahannya apapun. Akan Inc akhirnya diakuisisi oleh Palm Inc.

Haiku adalah implementasi ulang open-source dari BeOS yang saat ini di alpha. Ini adalah snapshot dari apa yang mungkin telah jika Microsoft tidak menggunakan praktek bisnis kejam seperti di tahun 90-an.

ECOMSTATION OSOS / 2 adalah sistem operasi awalnya dibuat oleh Microsoft dan IBM. IBM terus perkembangan setelah Microsoft meninggalkannya dan OS / 2 bersaing dengan MS-DOS dan versi asli Windows. Microsoft akhirnya menang, tapi masih ada ATM lama, PC, dan sistem lain yang menggunakan OS / 2. IBM sekali dipasarkan sistem operasi ini sebagai OS / 2 Warp, sehingga Anda mungkin tahu dengan nama itu.

IBM tidak lagi mengembangkan OS / 2, tapi sebuah perusahaan bernama Serenity Sistem memiliki hak untuk melanjutkan mendistribusikannya. Mereka menyebut sistem operasi mereka eComStation. Ini didasarkan pada IBM OS / 2 dan menambahkan aplikasi tambahan, driver, dan perangkat tambahan lainnya.

Ini adalah sistem operasi hanya dibayar dalam daftar ini selain dari Mac OS X. Anda masih dapat men-download CD demo gratis untuk check it out.

REACT OS ReactOS adalah gratis, open-source implementasi ulang arsitektur Windows NT. Dengan kata lain, ini merupakan upaya untuk reimplement Windows sebagai sistem operasi open-source yang kompatibel dengan semua aplikasi Windows dan driver. ReactOS berbagi beberapa kode dengan proyek Wine , yang memungkinkan Anda untuk menjalankan aplikasi Windows di Linux atau Mac OS X. Ini tidak berbasis Linux - yang ingin menjadi sistem operasi open-source yang dibangun seperti Windows NT. (Versi konsumen modern Windows telah dibangun pada Windows NT sejak Windows XP.)

Sistem operasi ini dianggap alpha. Tujuannya saat ini adalah untuk menjadi kompatibel dengan Windows Server 2003, sehingga memiliki jalan panjang untuk pergi.

SYLLABLE OS

Sillable OS adalah sistem operasi open-source bercabang dari atheos, yang pada awalnya ditujukan untuk menjadi clone AmigaOS. Ini adalah sistem operasi ringan "dalam tradisi Amiga dan BeOS, tapi dibangun dengan menggunakan banyak bagian dari proyek GNU dan Linux." Seperti beberapa yang lain sistem operasi yang lebih kecil di sini, itu hanya segelintir pengembang.

SKY OS seperti banyak sistem operasi hobi lain di sini, SkyOS adalah milik dan tidak open source. Anda awalnya harus membayar untuk akses sehingga Anda bisa menggunakan versi pengembangan SkyOS pada PC Anda sendiri. Pengembangan SkyOS berakhir pada 2009, tapi versi beta terakhir dibuat tersedia sebagai download gratis pada 2013.