201131063 umi nurkholifah PPT layanan Informasi

22
LAYANAN INFORMASI DENGAN TEMA MENUMBUHKAN KEMANDIRIAN NAMA : UMI NURKHOLIFAH NIM : 2011-31-063

Transcript of 201131063 umi nurkholifah PPT layanan Informasi

Page 1: 201131063 umi nurkholifah PPT layanan Informasi

LAYANAN INFORMASI DENGAN TEMA MENUMBUHKAN KEMANDIRIAN

NAMA : UMI NURKHOLIFAH

NIM : 2011-31-063

Page 2: 201131063 umi nurkholifah PPT layanan Informasi

APAKAH LAYANAN INFORMASI ITU ??????

Page 3: 201131063 umi nurkholifah PPT layanan Informasi

Layanan informasi adalah kegiatan bimbingan yang bermaksud membantu siswa untuk mengenal lingkungannya yang sekirannya dapat dimanfaatkan untuk masa kini maupun masa yang akan datang.

Page 4: 201131063 umi nurkholifah PPT layanan Informasi

Layanan informasi mempunyai tujuan yaitu :

1. Tujuan umumTujuan layanan informasi adalah dikuasainya informasi tertentu oleh peserta layanan informasi tersebut selanjutnya digunakan oleh perserta untuk keperluan hidupnya sehari-hari dan perkembangan dirinya.2. Tujuan khususTujuan khusus layanan informasi terkait dengan fungsi-fungsi konseling. Fungsi pemahaman paling dominan dan paling langsung diemban oleh layanan informasi. Penguasaan informasi tersebut dapat digunakan untuk pemecahan masalah (apabila peserta yang bersangkutan mengalaminya) untuk mencegah timbulnya masalah, untuk mengembangkan dan memelihara potensi yang ada, dan untuk memungkinkan peserta yang bersangkutan membuka diri dalam mengaktualisasikan hak-hak nya.

Page 5: 201131063 umi nurkholifah PPT layanan Informasi

Komponen dalam layanan informasi 1. Konselor Konselor, ahli dalam pelayanan konseling adalah penyelenggara layanan informasi2. Peserta Peserta layanan informasi dapat berasal dari berbagai kalangan, siswa di sekolah , mahasiswa, anggota organisasi pemuda dan sosial politik, karyawan instansi dan dunia usaha/industri serta anggota-anggota masyarakat lainnya, baik secara perorangan maupun kelompok 3. informasi

Lebih rinci berbagai informasi tersebut dapat digolongkan ke dalam :

a.       Informasi perkembangan diri.

b.      Informasi hubungan antar pribadi, sosial, nilai dan moral.

c.       Informasi pendidikan, kegiatan belajar dan keilmuan teknologi.

d.      Informasi pekerjaan/karir dan ekonomi.

e.       Informasi sosial budaya, politik, dan kewarganegaraan.

f.       Informasi kehidupan berkeluarga.

g.      Informasi kehidupan beragama.

Jenis, luas dan keadaan informasi yang menjadi isi layanan informasi sangan bervariasi tergantung pada kebutuhan para peserta layanan

Page 6: 201131063 umi nurkholifah PPT layanan Informasi

Langkah-langkah Penyajian Informasi

1.      Langkah Persiapan a.       Menetapkan tujuan dan isi informasi termasuk alasannyab.      Mengidentifikasi sasaran (siswa) yang akan menerima informasi. c.       Mengetahui sumber-sumber informasi d.      Menetapkan teknik penyampaian informasi. e.     Menetapkan jadwal dan waktu kegiatan f.       Menetapkan ukuran keberhasilan

2.      Langkah pelaksanaan

a.       Usaha menarik minat dan perhatian siswa.

b.      Siapan peran siswa secara sistematis dan sederhana sehingga jelas isi dan manfaatnya.

c.       Berikan contoh yang berhubungan dengan kehidupan siswa sehari-hari.

3.      Langkah Evaluasi

Guru pembimbing hendaknya mengevaluasi tiap kegiatan layanan informasi. Langkah evaluasi ini seringkali dilupakan sehingga tidak diketahui sejauh mana siswa mampu menagkap informasi.

Page 7: 201131063 umi nurkholifah PPT layanan Informasi

Menurut teori Anita Lie (2004 : 2) dan Sarah Prasasti (2004 : 3) kemandirian adalah perilaku yang menentukan bagaimana kita bereaksi terhadap situasi setiap hari yang memerlukan beberapa jenis keputusan bersifat moral dan merupakan sikap yang harus dikembangkan seorang anak untuk bisa menjalani kehidupan tanpa ketergantungan ke orang lain.

Page 8: 201131063 umi nurkholifah PPT layanan Informasi

Ciri-Ciri kemandirian :a. Percaya dirib. Mampu bekerja sendiric. Menguasai keahlian dan keterampilan yang sesuai dengan kerjanyad. Menghargai waktue. Tanggung jawab

Page 9: 201131063 umi nurkholifah PPT layanan Informasi

FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI KEMANDIRIAN

Ada beberapa faktor yang dapat mempengaruhi kemandirian pada remaja menurut Masrun, (1986:4) yaitu:1. usia 2. jenis kelamin3. konsep diri 4. pendidikan5. keluarga6. interaksi sosial

Page 10: 201131063 umi nurkholifah PPT layanan Informasi

Proses terbentuknya kemandirian

a. Lingkungan : Lingkungan kehidupan yang dihadapi individu sangat mempengaruhi perkembangan kepribadian seseorang, baik segi-segi positif maupun negatif. Lingkungan keluarga dan masyarakat yang baik terutama dalam bidang nilai dan kebiasaan-kebiasaan hidup akan membentuk kepribadiannya, dalam hal ini adalah kemandiriannya b. pola pendidikan : Pola pendidikan yang baik selalu ditegakkan dengan prinsip-prinsip memberi hadiah dan memberi hukuman yang akan menyebabkan anak-anak dalam keluarga memiliki taraf kesadaran dan pengalaman nilai-nilai kehidupan yang lebih baik.

Page 11: 201131063 umi nurkholifah PPT layanan Informasi

8 unsur kemandirian 1. Kemampuan untuk menentukan pilihan;2. Berani memutuskan atas pilihannya sendiri;3. Bertanggungjawab menerima konsekwensi yang menyertai pilihannya;4. Percaya diri;5. Mengarahkan diri;6. Mengembangkan diri;7. Menyesuaikan diri dengan lingkungannya;8. Berani mengambil resiko atas pilihannya.

Page 12: 201131063 umi nurkholifah PPT layanan Informasi

Faktor mendorong kemandirian a. Dengan mendorong penjelajahanb. Dengan memuji (praise)c. Kasih sayang dan cinta

Page 13: 201131063 umi nurkholifah PPT layanan Informasi

Paris dan Winograd (2004) menjelaskan prinsip-prinsip kemandirian belajar terdiri dari dua belas prinsip, yang dikelompokkan menjadi empat kategoti, yaitu:

1.    Menilai diri mengarah pada pemahaman belajar yang lebih dalam, menilai diri secara periodik akan bermanfaat bagi guru dan siswa, karena merupakan refleksi pada pembelajaran yang dinamik. 2.    Mengatur diri dalam berpikir, berupaya, dan meningkatkan pendekatan yang fleksibel pada pemecahan masalah yang adaptif (menyesuaikan diri), tekun, pengendalian diri, strategi, dan berorientasi tujuan.3.    Self-regulation dapat diajarkan dengan berbagai cara. Dikarenakan kemandirian belajar fleksibel dan adaptif, berbagai strategi yang berbeda dan motivasi dapat ditekankan pada anak yang berbda.4.    Belajar adalah bagian dari kehidupan seseorang, dan sebagai akibat dari karakter seseorang. Dengan pandangan ini, kemandirian belajar dibangun oleh karakter dari kelompok yang diikutinya.

Page 14: 201131063 umi nurkholifah PPT layanan Informasi

Menurut Mu’tadin seseorang dapat dikatakan

mandiri bila ia memenuhi aspek-aspek kemandirian, yang terdiri dari empat aspek yaitu:

Emosi. Aspek ini ditunjukkan dengan kemampuan mengontrol emosi dan tidak tergantungnya emosi dari orang tua. 

Ekonomi. Aspek ini ditunjukan dengan kemampuan mengatur ekonomi dan tidak tergantungnya kebutuhan ekonomi pada orangtua. 

Intelektual. Aspek ini ditunjukkan dengan kemampuan mengatasai berbagai masalah yang dihadapi. 

Sosial. Aspek ini ditunjukkan dengan kemampuan untuk mengadakan interaksi dengan oranglain dan tidak tergantung atau menunggu aksi dari orang lain.

Page 15: 201131063 umi nurkholifah PPT layanan Informasi

Menurut Masrun (dalam Widayatie, 2009) kemandirian ditunjukkan dengan beberapa bentuk yaitu:

1. Tanggungjawab yaitu Kemampuan memikul tanggung jawab, kemampuan untuk menyelesaikan suatu tugas, mampu mempertanggungjawabkan hasil kerjanya, kemampuan menjelaskan peranan baru, memiliki prinsip mengenai apa yang benar dan salah dalam berfikir dan bertindak. 

2. Otonomi ditunjukan dengan mengerjakan tugas sendiri yaitu suatu kondisi yang ditunjukkan dengan tindakan yang dilakukan atas kehendak sendiri dan bukan orang lain dan tidak tergantung pada orang lain dan memiliki rasa percaya diri dan kemampuan mengurus diri sendiri. 

3. Inisiatif ditunjukkan dengan kemampuan berfikir dan bertindak secara kreatif. 

4. Kontrol diri yang kuat, ditunjukkan dengan pengendalian tindakan dan emosi mampu mengatasi masalah dan kemampuan melihat sudut pandnag orang lain.

Page 16: 201131063 umi nurkholifah PPT layanan Informasi

Interaksi dan Dinamika Perkembangan Interaksi dan dinamika perkembangan kemandirian manusia dapat digambarkan dengan lima karakteristik, yaitu

Kedirian Komunikasi Keterarahan Dinamika Sistem nilai

Page 17: 201131063 umi nurkholifah PPT layanan Informasi

Pentingnya Kemandirian bagi Peserta Didik Melihat potensi remaja, menjadi penting dan sangat menguntungkan jika usaha pengembangannya difokuskan pada aspek-aspek positif remaja dari pada menyoroti sisi negatifnya. Usaha mempersiapkan remaja menghadapi masa depan yang serba kompleks, salah satunya dengan mengembangkan kemandirian. Usaha pendidikan yang dilakukan secara sungguh-sungguh untuk mengembangkan kemandirian menjadi sangat penting karena dapat menjauhkan individu dari aspek-aspek negatif.

Page 18: 201131063 umi nurkholifah PPT layanan Informasi

Gejala negatif yang menjauhkan individu dari kemandirian:

Ketergantungan disiplin kepada kontrol luar dan bukan karena niat sendiri yang ikhlas. Perilaku seperti ini akan mengarah kepada perilaku formalistik dan ritualistik serta tidak konsisten. Sikap tidak perduli terhadap lingkungan hidup. Manusia mandiri bukanlah manusia yang lepas dari lingkungannya, melainkan manusia yang bertransenden terhadap lingkungannya. Sikap hidup konformistik tanpa pemahaman dan kompromistik dengan mengorbankan prinsip.

Page 19: 201131063 umi nurkholifah PPT layanan Informasi

Proses Perkembangan Kemandirian Kemandirian, seperti halnya kondisi psikologis lain, dapat berkembang dengan baik jika diberikan kesempatan untuk berkembang melalui latihan yang dilakukan secara terus-menerus dan dilakukan sejak dini. Latihan tersebut dapat berupa pemberian tugas-tugas tanpa bantuan, dan tentu saja tugas-tugas tersebut disesuaikan dengan usia dan kemampuan anak.

Page 20: 201131063 umi nurkholifah PPT layanan Informasi

Peran Orang tua Terhadap Pembentukan Kemandirian Remaja

1. Komunikasi Berkomunikasi dengan anak merupakan suatu cara yang paling efektif untuk menghindari hal- hal yang tidak diinginkan.

2. Kesempatan Orang tua sebaiknya memberikan kesempatan kepada anak remajanya untuk membuktikan atau melaksanakan keputusan yang telah diambilnya.

Page 21: 201131063 umi nurkholifah PPT layanan Informasi

Upaya Mengembangkan Kemandirian1.    Anak-anak didorong agar mau melakukan sendiri

kegiatan sehari-hari yang ia jalani seperti mandi sendiri, gosok gigi, makan sendiri, bersisir, berpakaian, dan lain sebagainya segera setelah mereka mampu melakukan sendiri.

2.    Anak diberi kesempatan sesekali mengambil keputusan sendiri, misalnya memilih baju yang akan dipakai.

3.    Anak diberi kesempatan untuk bermain sendiri tanpa ditemani sehingga terlatih untuk mengembangkan ide dan berpikir untuk dirinya. Agar tidak terjadi kecelakaan maka atur ruangan tempat bermain anak sehingga tidak ada barang yang membahayakan.

4.    Biarkan anak mengerjakan segala sesuatu sendiri walaupun sering membuat kesalahan.

5.    Ketika bermain bersama bermainlah sesuai keinginan anak, jika anak tergantung pada kita maka beri dorongan untuk berinisiatif dan dukung keputusannya.

6.    Dorong anak untuk mengungkapkan perasaan dan idenya

Page 22: 201131063 umi nurkholifah PPT layanan Informasi

7.    Latihlah anak untuk mensosialisasi diri, sehingga anak belajar menghadapi problem sosial yang lebih kompleks. Jika anak ragu-ragu atau takut cobalah menemaninya terlebih dahulu, sehingga anak tidak terpaksa.

8.    Untuk anak yang lebih besar, mulai ajak anak untuk mengurus rumah tangga, misalmya menyiram tanaman, membersihkan meja, menyapu ruangan, dan lain-lain.

9.    Ketika anak mulai memahami konsep waktu dorong mereka untuk mengatur jadwal pribadinya, misalnya kapan akan belajar, bermain dan sebagainya. Orang tua bisa mendampingi dengan menanyakan alasan-alasan pengaturan waktunya.

10.   Anak-anak juga perlu diberi tanggung jawab dan konsekwensinya bila tidak memenuhi tanggung jawabnya. Hal ini akan membantu anak mengembangkan rasa keberartian sekaligus disiplin.

11.  Kesehatan dan kekuatan biasanya berkaitan juga dengan kemandirian, sehingga perlu memberikan menu yang sehat pada anak dan ajak anak untuk berolah raga atau melakukan aktivitas fisik.