194540854 Asuhan Keperawatan Perioperatif Pasien HIL SINISTRA

download 194540854 Asuhan Keperawatan Perioperatif Pasien HIL SINISTRA

of 14

description

Hernia Ingualis Lateralis adalah hernia yang melalui Anulus Ingualis Internus yang terletak disebelah lateral vasa epigastrika inseriar, menyusuri Kanalis Ingualis dan kerongga perut melalui Anulus Ingualis Internus. (Kapita Selekta, Jilid II, 2000)

Transcript of 194540854 Asuhan Keperawatan Perioperatif Pasien HIL SINISTRA

LAPORAN PENDAHULUAN

LAPORAN PENDAHULUAN

ASUHAN KEPERAWATANPADA KLIEN DENGAN HIL SINISTRA

I. KONSEP DASAR PENYAKITA. Pengertian

Hernia Ingualis Lateralis adalah hernia yang melalui Anulus Ingualis Internus yang terletak disebelah lateral vasa epigastrika inseriar, menyusuri Kanalis Ingualis dan kerongga perut melalui Anulus Ingualis Internus. (Kapita Selekta, Jilid II, 2000)

B. EpidemiologiTujuh puluh lima persen dari semua hernia terjadi di inguinal. Hernia reponible lebihbanyak dibandingkan hernia irreponible yaitu dengan perbandingan sekitar 2:1, herniafemoralis membuat sebuah proporsi yang jauh lebih kecil. Perbandingan hernia inguinalpada perempuan dengan laki-laki adalah 7:1. Berdasarkan data yang diperolehdidapatkan sekitar 750.000 herniorraphies inguinal dilakukan pertahun di AmerikaSerikat, dibandingkan dengan 25.000 untuk hernia femoralis, 166.000 untuk herniaumbilical, 97.000 untuk hernia insisional dan 76.000 untuk aneka hernia dinding perut.C. Penyebab

1. Kongenital

Sejak lahir

2. Didapat (acduired)

Terjadi setelah dewasa atau pada usia lanjut, disebabkan adanya tekanan intra abdominal yang meningkat dan dalam waktu yang lama misalnya batuk kronis, konstipasi kronis, gangguan proses kencing (hipertropi, prostat, stiktr uretra) ancietas.

D. Patologi AnatomiHernia terdiri dari 3 unsur yaitu kantong hernia yang terdiri dari peritoneum, isi hernia yang biasanya terdiri dari usus omentum kadang berisi cairan organ intra peritoneal lain atau ekstra peritoneal seperti ovarium, apendiks divertikes dan buli buli. Unsur terakhir adalah struktur yang menutupi kantong hernia yang dapat berupa kulit (skrotum) umbilikus atau organ - organ lain misalnya paru.

Pada hernia inguinal lateralis (indireck) lengkung usus keluar melalui kanalis inguinalis dan mengikuti kora spermatikus (pria) atau ligamen sekitar (wanita). Ini diakibatkan gagalnya prosesus vaginalis untuk menutup testis turun ke dalam skrotum atau fiksasi ovarium.

Pada pertumbuhan janin (+ 3 minggu) testis yang mula mula terletak di atas mengalami penurunan (desensus) menuju ke skrotum. Pada waktu testis turun melewati inguinal sampai skrotum prossesus vaginalis peritoneal yang terbuka. Terjadilah hernia inguinalis lateralis, karena hernia inguinalis lateralis lebih sering didapatkan dibagian kanan (+ 60 %). Hal ini disebabkan karena proses desensus dan testis kanan lebih lambat dibandingkan dengan yang kiri.

E. Patofisiologi

F. Klasifikasi

Ditinjau dari letaknya, hernia dibagi 2 golongan :

1. Hernia eksterna.

Hernia yang tonjolannya tampak dari luar yaitu hernia inguinalis lateralis, hernia inguinalis medialias (direk), hernia femoralis, hernia umbilikalis, hernia supra umbilikalis, hernia

2. Hernia interna

Hernia yang tonjolannya tidak tampak dari luar, yaitu hernia obturatorika, hernia diafragmatika, hernia foramen Winslowi dan hernia ligamen treitz.

G. Tanda dan gejala

Pasien mengeluh benjolan pada lipat paha atau perut di bagian bawah. Benjolan dapat keluar dan masuk di daerah kemaluan, kadang kadang terasa kemeng. Bisa terjadi obstruksi usus seperti bising usus nada tinggi sampai tak ada, mual dan muntah.

H. Pemeriksaan FisikPada pemeriksaan hernia, pasien harus diperiksa dalam keadaan berdiri dan berbaringdan juga diminta untuk batuk pada hernia yang kecil yang masih sulit untuk dilihatkita dapat mengetahui besarnya cincin eksternal dengan cara memasukan jari keannulus jika cincinnya kecil jari tidak dapat masuk ke kanalis inguinalis dan akansangat sulit untuk menentukan pulsasi hernia yang sebenarnya pada saat batuk. Lain halnya pada cincin yang lebar hernia dapat dengan jelas terlihat dan jaringan tissuedapat dirasakan pada tonjolan di kanalis ingunalis pada saat batuk dan hernia dapatdidiagnosa.

Perbedaan hil dan him pada pemeriksaan fisik sangat sulit dilakukan dan ini tidak terlalu penting mengingat groin hernia harus dioperasi tanpa melihat jenisnya. Hernia ingunalis pada masing-masing jenis pada umumnya memberikan gambaran yang sama. Hernia yang turun hingga ke skrotum hampir sering merupakan hernia ingunalis lateralis.

Pada inspeksi

Pasien saat berdiri dan tegang, pada hernia direct kebanyakan akan terlihat simetris, dengan tonjolan yang sirkuler di cicin eksterna. Tonjolan akan menghilang pada saat pasien berbaring. Sedangkan pada hernia ingunalis lateralis akan terlihat tonjolan yang yang bebentuk elip dan susah menghilang padaa saat berbaring.

Pada palpasi

Dinding posterior kanalis ingunalis akan terasa dan adanya tahanan pada hernia inguanalis lateralis. Sedangkan pada hernia direct tidak akan terasa dan tidak adanya tahanan pada dinding posterior kanalis ingunalis. Jika pasien diminta untuk batuk pada pemeriksaan jari dimasukan ke annulus dan tonjolan tersa pada sisi jari maka ituhernia direct. Jika terasa pada ujung jari maka itu hernia ingunalis lateralis. Penekanan melalui cincin interna ketika pasien mengedan juga dapat membedakan herniadirect dan hernia inguinalis lateralis. Pada hernia direct benjolan akan terasa pada bagian depan melewati Trigonum Hesselbachs dan kebalikannya pada hernia ingunalis lateralis. Jika hernianya besar maka pembedaanya dan hubungan secaraanatomi antara cincin dan kanalis inguinalis sulit dibedakan. Pada kebanyakan pasien, jenis hernia inguinal tidak dapat ditegakkan secara akurat sebelum dilakukan operasi.I. Pemeriksaan Penunjang Laboratorium

Untuk mendukung ke arah adanya strangulasi, sebagai berikut : Leukocytosis dengan shift to the left yang menandakan strangulasi. Elektrolit, BUN, kadar kreatinine yang tinggi akibat muntah-muntah dan menjadi dehidrasi.

Tes Urinalisis

Untuk menyingkirkan adanya masalah dari traktus genitourinarius yang menyebabkan nyeri lipat paha.

Pemeriksaan Radiologis

Pemeriksaan radiologis tidak diperlukan pada pemeriksaan rutin hernia. Ultrasonografi dapat digunakan untuk membedakan adanya massa pada lipat pahaatau dinding abdomen dan juga membedakan penyebab pembengkakan testis.

Pada pemeriksaan radiologis kadang terdapat suatu yang tidak biasa terjadi, yaituadanya suatu gambaran massa. Gambaran ini dikenal dengan Spontaneous Reductionof Hernia En Masse. adalah suatu keadaan dimana berpindahnya secaraspontan kantong hernia beserta isinya ke rongga extraperitoneal. Ada 4 tipe pembagian reduction of hernia en masse :

1. Retropubic

2. Intra abdominal

3. Pre peritoneal

4. Pre peritoneal loculeJ. Penatalaksanaan

Setiap penderita hernia inguinalis lateralis selalu harus diobati dengan jalan pembedahan secepat mungkin setelah diagnosa ditegakkan.

a. Herniotomy membuang kantong hernia, ini terutama pada anak anak karena dasarnya adalah kongenital tanpa adanya kelemahan dinding perut.

b. Herniorrhaphy membuang kantong hernia disertai tindakan bedah plastik untuk memperkuat dinding perut bagian bawah di belakang kanalis inguinalis.

Pada pasien yang didapatkan kontraindikasi pembedahan atau menolak dilakukan pembedahan, dapat dianjurkan untuk memakai sabuk hernia (truss). Sabuk itu dipakai waktu pagi dimana penderita aktif dan dilepas pada waktu istirahat (malam).

II. KONSEP DASAR ASUHAN KEPERAWATAN PERIOPERATIFAsuhan keperawatan perioperatif meliputi asuhan keperawatan yang diberikan sebelum (preoperatif), selama (intraoperatif) dan sesudah (pascaoperatif). Tindakan yang dapat dilakukan pada tiap-tiap fase antara lain :A. Fase Preoperatif Pengkajian secara menyeluruh mengenai kesehatan fisik dan emosional, mengetahui tingkat resiko pembedahan, mengkoordinasi berbagai pemeriksaan diagnostik, mengidentifikasi diagnosa keperawatan yang menggambarkan kebutuhan klien (keluarga) dan melakukan intervensi serta evaluasi tehadap tindakan yang dilakukan, mempersiapkan kondisi fisik dan mental klien untuk menghadapi pembedahan, serta mengkomunikasikan informasi yang berkaitan dengan pembedahan kepada tim bedah. Klien akan lebih mampu bekerjasama dan berpartisipasi dalam perawatan jika perawat memberi informasi tentang peristiwa yang terjadi sebelum dan sesudah pembedahan, untuk itu perlu adanya penyuluhan preoperatif. Satu hal yang tidak boleh dilupakan sebelum klien menjalani pembedahan adalah adanya inform consent (persetujuan tindakan) B. Fase Intraoperatif

Perawat disini perlu persiapan yang baik dan pengetahuan tentang proses yang terjadi selama prosedur pembedahan dilaksanakan. Tindakan yang dilakukan antara lain :

1. Memasang kateter infuse ke tangan klien untuk memberikan prosedur rutin penggantian cairan dan obat-pbatan melalui intra vena.

2. Perawat memasang manset tekanan darah untuk memantau tekanan darah selama operasi berlangsung

3. Karena suhu ruangan tahanan sementara dan ruang operasi dingin maka klien harus diberikan selimut tambahan.

4. Memasang oksimetri denyut jantung untuk memonitor saturasi oksigen sebagai indeks kualitas ventilasi

5. Memberi dukungan mental kepada klien dan mendorong klien untuk bertanya.

6. Melakukan pencatatan aktivitas perawatan dan prosedur yang dilakukan oleh petugas ruang operasi

C. Fase Pascaoperatif

Tindakan pasca operatif dilakukan dalam dua tahap yaitu periode pemulihan segera dan pemulihan berkelanjutan setelah fase pascaoperatif. Perawat di ruang UPPA (unit perawatan pasca anestesi) melakukan pengkajian ulang terhadap hal-hal yang terjadi selama di ruang operasi yaitu dengan membaca di status klien. Perawat UPPA membuat pengkajian lengkap tentang status klien. Klien tetap berada dalam UPPA sampai keadaannya stabil. Perawat harus siap bila keluarga mengalami syok awal dan berperan sebagai sumber bagi keluarga. Selanjutnya perawat melakukan evaluasi terhadap tanda-tanda vital dan melakukan observasi penting lainnya minimal setiap 15 menit atau kurang tergantung kondisi klien dan kebijakan unit. Pengkajian dilakukan terus menerus sampai klien dipindahkan dari UPPA.

Tindakan yang dapat dilakukan di ruang perawatan pasca operatif antara lain :1. Perawat menerima pasien dan memeriksa kelengkapan status pasien.

2. Mengkaji klien secara rutin minimal setiap 15 menit pada satu jam pertama, setiap 30 menit selama satu sampai dua jam berikutnya, setiap 1 jam selama 4 jam berikutnya dan selanjutnya setiap 4 jam. Seringnya pemeriksaan bergantung pada kondisi klien.

3. Perawat mendokumentasikan seluruh pemeriksaan awal dan memasukkannya ke dalam catatan perawat.

4. Pantau tanda vital, asupan cairan melalui intravena, dan haluaran urin

5. Perawat menjelaskan tujuan prosedur atau peralatan pasca operatif dan menjelaskan tentang keadaan klien. Keluarga harus mengetahui bahwa klien akan mengantuk dan tertidur pada sisa waktu hari itu akibat pengaruh anestesi umum. Apabila klien mendapatkan anestesi spinal, keluarga harus diingatkan bahwa klien akan diperiksa secara rutrin dan ia akan kehilangan sensasi dan pergerakan ekstremitasnya selama beberapa jam.

6. Perawat mengkaji keluhan klien, merumuskan diagnosa, melakukan intervensi dan mengevaluasi semua tindakan yang telah dilakukan.

D. DIAGNOSA KEPERAWATAN YANG MUNGKIN MUNCUL

1. Diagnosa keperawatan pada klien preoperatif :a. Ketidakefektifan bersihan jalan nafas b.d berkurangnya batuk dan peningkatan kongesti paru

b. Ansietas b.d kurang pengetahuan tentang pembedahan yang akan dilaksanakan, adanya ancaman kehilangan bagian tubuh

c. Ketidakefektifan koping keluarga; menurun b.d perubahan sementara pada peran klien, beratnya operasi yang akan dilaksanakan

d. Ketakutan b.d pembedahan yang akan dilaksanakan, antisipasi nyeri pasca operatif.

e. Kurang pengetahuan tentang implikasi pembedahan b.d kurang pengalaman tentang operasi, kesalahpahaman tentang informasi.f. Perubahan nutrisi kurang dari kebutuhan tubuh b.d nutrisi preoperatif

2. Perubahan nutrisi lebih dari kebutuhan tubuh b.d asupan nutrisi yang berlebihan.

3. Ketidakberdayaan b.d operasi darurat

4. Resiko gangguian integritas kulit b.d radiasi preoperatif, imobilisasi selama operasi

5. Gangguan pola tidur b.d ketakutan menghadapi operasi, jadwal preoperatif rutin di rumah sakit

Diagnosa keperawatan untuk pasien pasca operatif :

1. Ketidakefektifan bersihan jalan nafas b.d hilangnya batuk, penumpukan sekret, sedasi yang berkepanjangan.

2. Ketidakefektifan pola nafas b.d nyeri insisi, efek analgesik pada ventilasi.

3. Nyeri b.d insisi bedah.

4. Ketidakefektifan koping individu b.d paksaan menjalani pembedahan, terapi pasca operatif.

5. Resiko kekurangan volume cairan b.d drainase luka, asupan cairan yang tidak adekuat.

6. Resiko kerusakan integritas kulit b.d drainase luka, gangguan mobilitas

7. Berduka adaptif b.d kondisi kritis klien

8. Hambatan mobilitas fisik b.d nyeri, pembatasan aktivitas pasca operatif.

9. Perubahan membran mukosa oral b.d puasa.

10. Defisit perawatan diri : makan, membeersihkan diri, memakai baju,. toileting b.d pembatasan aktivitas pasca operasi.

11. Resiko perubahan suhu tubuh b.d penurunan metabolisme.

12. Resiko infeksi b.d luka insisi

13. Gangguan komunikasi verbal b.d pemasangan selang endotrakhea atau selang pada jalan nafas.

A. Pengkajian

1. Biodata

Mencakup sering terjadi pada usia lanjut dan berjenis kelamin laki-laki

2. Keluhan

Pasien merasa nyeri karena ada benjolan disekitar selangkangan atau di sekitar kemaluan.

3. Riwayat penyakit sekarang

Setelah merasakan nyeri keluarga pasien memeriksakan kedokter dan minum obat, jika tidak berhasil pasien ke rumah sakit untuk memeriksakan penyakitnya dan akhirnya disuruh MRS, proses terjadinya HIL ditandai dengan benjolan di daerah inguinal

4. Riwayat penyakit dahulu

Biasanya pada pasien Hil tidak mempunyai penyakit lain.

5. Riwayat kesehatan keluarga

Biasanya keluarga tidak mempunyai penyakit menular / menurun.

6. Pola-pola fungsi kesehatan

Pola eliminasi

Biasanya pasien hil tidak mengalami nyeri saat buang air besar

Pola nutrisi dan metabolisme

Biasanya mengalami penurunan nafsu makan

Pola aktifitas dan latihan

Umumnya pasien Hil terjadi sering batuk

Pola istirahat dan tidur

Pola tidur dan istirahat bisa mengalami gangguan seperti nyeri akibat post op

Pola hubungan dan peran

Pasien agak terganggu karena sulit menentukan kondisinya

Pola penanggulangan stress

Biasanya pasien dan keluarganya merasa cemas

Pola sensori dan kognitif

Biasanya pasien dan keluarga merasa cemas karena kurang mengerti tentang penyakitnya

Pola reproduksi sexsual

Pasien merasa terganggua karena ada benjolan

Pola persepsi dan tata laksana hidup sehat

Pada pola ini biasanya klien agak tergangu dengan kondisinya

Pola tata nilai dan kepercayaan

7. Pemeriksaan Fisik

Diutamakan pada sistem yang tergangu sesuai dengan penyakitnya untuk hernia pemeriksaan fisik yang utama adalah :

Keadaan umum

Yang harus diperhatikan pada pasien Hil keluhan yang dirasakan klien, nyeri yang dirasakan, ekspresi wajah

Pemeriksaan kepala

Pada pemeriksaan kepala tidak terdapat kelainan / benjolan

Sistem respirasi

Pernafasan rata rata ada peningkatan

Sistem kardiovaskuler

Bisa terjadi penurunan tekanan darah

Sistem integumen

Bisa terjadi penurunan pada turgor kulit pucat kering

Sistem Gastro intestinal

Nyeri jika batuk

Sistem Abdomen

Nyeri tekan dan kembung.

Pemeriksaan penunjang

Pemeriksaan lab : darah lengkap, urine lengkap

Pemerikasaan radiologi : foto Abdomen dan thorax

Pelaksanaan atau terapi

Harus dicari dan diperbaiki ( batuk kronik, prostat, tumor, asites, dll )

Harus diisolasi, dipisahkan dari peritoneum dan ligasi

Harus dilakukan pembedahan

B. Analisa Data

Data umum terkumpul selanjutnya dikelompokkan ke dalam data mayor dan data minor sehingga dapat mengidentifikasi masalah yang terjadi data yang terkumpul kemudian ditentukan masalah keperawatannya, penyebabnya dan selanjutnya dirumuskan diagnosa keperawatan (Chider, 1995)

C. Diagnosa Keperawatan

1. Kurang pengetahuan tentang pengertian proses dan perawatan penyakit hernia yang diderita berhubungan dengan kurangnya informasi

2. Gangguan rasa nyaman (nyeri) berhubungan dengan luka post op

D.Intervensi Keperawatan

Diagnosa Keperawatan 1

Tujuan : Pengetahuan klien dan keluarga tentang proses penyakit dan penanganannya meningkat sekian 3 kali pertemuan.

Kriteria : - Dapat menyebabkan pengertian penyebab penyakit

Dapat memahami pembedahan yang dialami

Dapat memyebutkan

Intervensi

a. Berikan penjelasan mengenai hernia : pengertian, penyebab dan proses serta penanganan dengan jelas.

R/ : penjelasan yang jelas membuat klien dan keluarga cepat memahami sehingga pengetahuan meningkat

b. Berikan pengetahuan bila pasien mampu menyebutkan kembali apa yang sudah dijelaskan

R/ : klien akan lebih mudah mengingat jika diberi reinforcemen oleh perawat mengenai pernah amannya.

c. Anjurkan keluarga untuk menanyakan kepada pasien disamping untuk berbagi pengalaman.

R/ : eksplorasi pengalaman dengan pasien lain dalam pembedahan yang sama membantu meningkatkan pengetahuan pasien dan keluarga

Diagnosa Keperawatan 2

Gangguan rasa nyaman (nyeri) berhubungan dengan luka post op

Tujuan : setelah diberi tindakan keperawatan selama 3 jam pasien merasa nyaman (tidak nyeri)

Kriteria : - pasien rileks

tenang

tanda vital (N)

Intervensi

a. Berikan head education tentang penyebab terjadinya nyeri

R/ : pasien paham atau tahu penyebab nyeri yang dialami dan berusaha melakukan koping mekanisme

b. Anjurkan teknik relaksasi

R/ : untuk membantu mengurangi ketergangan otot rangka

Untuk strategi khusus mengurangi rasa nyeri ex (napas perlahan, teratur)

Tingkatkan relaksasi seperti pijat punggung, masase

c. Ajarkan metode distraksi

R/ : mengalihkan nyeri dengan kegiatan lain sehingga mampu menurunkan nyeri

d. Kolaborasi dengan dokter untuk pemberian analgetik

R/ : membantu menekan rasa nyeri

e. Pertahankan sikap kasem

R/ : sikap pasien dan lingkungan yang tenang membantu pasien mengontrol nyeri dan mengurangi kecemasan pasien

E.ImplementasiMerupakan pelaksanaan perencanaan keperawatan dan klien hal yang harus di perhatikan ketika melakukan implementasi adalah intervensi dilaksanakan sesuai dengan rencana setelah dilakukan validasi. Penguasaan keterampilan interpersonal intelektual dan tehnikal intrervensi harus dilakukan dengan cepat.

F. Evaluasi

Merupakan fase akhir dari proses keperawatan di evaluasi terhadap askep yang diberikan. Hal-hal yang perlu dievaluasi adalah : kekuatan kelengkapan kualitas / data teratasi / tidak, masalah klien serta pencapaian tujuan serta ketepatan intervensi keperawatan

DAFTAR PUSTAKA

Kapita Selekta, Jilid II tahun 2000

Carpenito,J,L (1999). Rencana Asuhan Dan Dokumentasi Keperawatan Edisi 2

Doenges M.E. (1989) Nursing Care Plan, Guidlines for Planning Patient Care (2 nd ed ). Philadelpia, F.A. Davis Company.

Gangguan balance cairan dan elektrolit

Perubahan kontinuitas jaringan

Sistem integunem

Penurunan turgor kulit

Sistem urogenital

Terdesaknya kandung kemih oleh isi hernia

Terganggunya pengorongan dan penampungan urine

Gangguan elininasi alvi

Keterbatasan aktivitas

Nyeri

Rangsangan peritoneum

Stimulasi hipotalamus

Sitem saraf

Merangsang sistem saraf pusat

Defisit perawatan diri

Abses lokal fistel / peritonitis

Nyeri tekan

Perferasi

Gangguan perfusi jaringan

Peningkatan suhu tubuh

Gangguan istirahat tidur

Transudasi dalam kantung hernia

Gangguan peredaran darah jaringan

Nekrosis

Potensial infeksi

Gangguan pemenuhan kebutuhan nutrisi

Gangguan balance cairan dan elektrolit

veskularisasi

Bendungan nana

Oedema organ/struktur dalam hernia

Sumbatan / gangguan peristaltik usus

Gangguan absorsi makanan dan cairan

Obstruksi usus

Sistem pencernaan

Peningkatan tekanan intra abdomen

Mendorong lemak peritoneal ke dalam kanalis femoralis

Kehamilan multipara, obesitas degenerasi jaringan ikat pada lansia

Kelemahan dinding abdomen

Benjolan pada inguinal lateralis

Hernia

Dinding intra abdomen incomplet

Melalui kanalis inguinalis

Mengikuti legimen sekitar

Lengkung usus

Kematian