105586618-Diktat-Ssp

download 105586618-Diktat-Ssp

of 53

Transcript of 105586618-Diktat-Ssp

  • 7/30/2019 105586618-Diktat-Ssp

    1/53

    SUSUNAN SARAF

    PUSAT

    DR. H. ABD. RAZAK DATU, PH.D., P.A.K.

    BAGIAN ANATOMI FAK. KEDOTERAN

    UNIVERSITAS HASANUDDIN

    MAKASSAR.

  • 7/30/2019 105586618-Diktat-Ssp

    2/53

    SUSUNAN SARAF PUSAT

    MEDULLA SPINALIS

    MORPHOLOGIMedulla spinalis berbentuk silindris yang memanjang dan berada di

    dalam canalis vertebralis. Merupakan kelanjutan dari medulla oblongata kearah caudal. Mempunyai ukuran panjang 45 cm dan berat 30 gram, meluasmulai dari foramen occipitale magnum sampai mencapai vertebra lumbalis II.

    Berhubnug adanya ascensus medullae maka letak segmen medullaspinalis tidak sesuai dengan corpus vertebrae. Makin ke arah caudal makinjelas perbedaannya sehingga nervus spinalis akan turun beberapa segmenuntuk keluar melalui foramen intervertebralis pada segmen yang sesuai.

    Diameter agak oval dengan ukuran kiri-kanan lebih besar daripada

    ukuran ventro-dorsal. Keadaan ini terutama jelas pada segmen cervical,sedangkan pada segmen thoracal bentuknya agak bulat dan segmen lumballebih membulat lagi; segmen sacral menjadi oval kembali.

    Medulla spinalis membentuk dua buah pelebaran di dua tempat, yakni :1. Segmen C 3 Th 2, disebut intumescentia cervicalis, ukuranmaksimal pada C 6.2. Segmen th 9 L 2, disebut intumescentia lumbalis, dengan ukuranmaksimal pada Th 12.

    Pelebaran pelebaran ini adalah sesuai dengan pusat nervi spinales yangmempersarafi extremitas superior dan extremitas inferios, melalui plexusbrachialis dan plexus lumbosacralis.

    Ujung caudal medulla spinalis berakhir sebagai conus medullaris, dandari conus medullaris terdapat filum terminale yang melanjutkan diri kecaudal. Filum terminale tidak mengandung komponen saraf, melainkan piameter; panjangnya kurang lebih 20 cm. Filum terminale terbagi menjadi duabagian yaitu :

    1. Filum terminale internum, panjang 15 cm,masih mengandung durameter dan arachnoid, terletak sampai V.S.2.

    2. Filum terminale externum, hanya dibungkus oleh dura meter, beradasampai V.Coc.1, panjangnya 5 cm.

    Filum terminale internum bersama-sama dengan nervi pinales membentukcauda equina, dan berada di dalam canalis vertebralis.

    Pada permukaan ventral medulla spinalis terdapat fissura medianaanterior, dan pada permukaan dorsal terdapat sulcus medianus posterior. Disebelah lateral fissura mediana anterior terdapat sulcus lateralis anterior,tempat di mana radix anterior keluar. Di sebelah lateral sulcus medianusposterior terdapat sulcus lateralis posterior, yakni tempat di mana radixposterior memasuki medulla spinalis.Pada regio cervicalis, di antara sulcus medianus posterior dengan sulcuslateralis posterior terdapat sulcus intermedius posterior, yang menjadi batasantara fasciculus cunateus dan fasciculus gracilis.

    Canalis centralis medullae spinales, yang berada di tengah-tengah

    medulla spinalis, mrupakan lanjutan dari canalis centralis medullae

  • 7/30/2019 105586618-Diktat-Ssp

    3/53

    oblongatae, dan berisi liquor cerebrospinalis. Ujung caudalis canalis centralismelebar membentuk ventriculus terminalis.

    SELAPUT MENINX MEDULLAE SPINALISMeninx adalah lembaran jaringan ikat yag membungkus medulla

    spinalis, terdiri atas dura mater, arachnoid dan piameter.Dura mater spinalis terdiri dari jaringan fibrous yang kuat, berwarna

    putih, terdiri atas lamina meningealis dan lamina endostealis. Laminaendostealis melekat erat pada dinding canalis vertebralis dan menjadiendostum (periosteum). Di antara lamina endostealis dan lamina meningealisterdapat spatium extra duralis (= spatium epiduralis), berisi jaringan ikatlonggar, lemak dan plexus venosus. Antara duramater dengan arachnoidterdapat spatium subdurale, yag berisi cairan lymphe.

    Arachnoidea mater spinalis dibentuk oleh jaringan ikat tipis yangtransparant. Ke arah cranialis arachnoidmater berhubungan denganarachnoid cerebri, dan ke arah caudal berakhir pada ujung filum trminaleinternum. Antara arachnoid dan piameter terdapat spatium subarachnoideumyang berisi liquor cerebrospinalis.

    Pia mater spinalis adalah jaringan ikat tipis yang mengandung banyakpembuluh-pembuluh darah kecil. Selaput ini melekat erat pada medullaspinalis.

    VASCULARISASIA.spinalis anterior merupakan cabang dari arteria vertebralis sinistra et

    dextra yang bersatu dan berjalan di depan fissura mediana anterior, danmengadakan anastomose dengan arteria medullaris.

    A.spinalis posterior dipercabangkan oleh arteria vertebralis atau oleharteria cerebelli inferior posterior. Mengadakan anastomose dengan arteriamedullaris.

    A.medullaris berasal dari arteria cervicalis ascendens, arteria cervicalisprofunda, arteria vertebralis, arteria intercostalis posterior dan arteria sacralislateral.

    STRUKTUR DALAMTerdiri atas substansia grisea yang mengandung benyak sel dan

    sedikit serabut saraf, dan substansia alba yang mengandung lebih banyakserabut saraf daripada sel saraf.

    1. Substansia griseaTerletak di bagian profunda di sepanjang medulla spinalis, membentuk

    columna anterior yang berada di sebelah ventral canalis centralis, dancolumna posterior yang berada di sebelah dorsal canalis centralis. Padapotongan melintang berbentuk huruf H , penampang columna anteriormembentuk cornu anterius dan penampang columna posterior membentukcornu posterius.Sepanjang segmen thoraca-lumbal substansia grisea membentuk columnalateralis, yang pada penampang melintang membentuk cornu laterale. Padasegmen sacral juga terdapat cornu laterale, tetapi tidak begitu jelas.Substansia grisea yang berada di sekitar canalis centralis disebutcommissura grisea anterior dan commisura grisea posterior.

  • 7/30/2019 105586618-Diktat-Ssp

    4/53

    Cornu anterius berbentuk pendek, lebar dengan ujungnya menghadapke arah ventro-lateral. Ujung cornu anterius tidak mencapai permukaanmedulla spinalis. Cornu anterius dibagi menjadi caput dan basis. Pada cornuini terdapat sel-sel saraf motoris yang berbentuk multipolar dan merupakanneuron effector di mana axonnya membentuk radix anterior.

    Cornu posterius mempunyai bentuk yang panjang, ramping danmenghadap ke arah dorso-lateral. Ujungnya hampir mencapai permukaanmedulla spinalis. Cornus ini dibagi menjadi apex cornu dorsalis (= posterioris),caput cornu dorsalis (posterioris), cervix cornus dorsalis (posterioris) danbasis cornus dorsalis (posterioris). Di antara apex dan permukaan medullaspinalis terdapat tractus dorsolateralis Lissaueri.

    Pada apex cornu posterius terdapat kumpulan sel-sel saraf yangmembentuk bangunan seperrti huruf V dan membuka ke arah canaliscentralis, bangunan ini disebut substantia gelatinosa Rolandi. Substantiagelatinosa Rolandi terdapat sepanjang medulla spinalis, bahkan meluas kedalam medulla oblongata membentuk nuclei spinalis nervi trigemnini.

    Substantia gelatinosa menerima serabut-serabut dari tructus dorsolateralisLissaueri.

    Di sebelah medial basis cornu posterius terdapat nucleus dorsalisClarki, yang berada sepanjang medulla spinalis segmen C 8 L 2.Pada segmen C 3 nucleus tadi hanya merupakan kelompok sel yang disebutnucleus sacralis dan pada segmen sacral membentuk nucleus sacralis. Axondari nucleus ini membentuk tractus spinocerebellaris dorsalis.Pada basis cornu posterius di sepanjang medulla spinalis terdapat nucleusproprius.Sel-sel saraf di dalam cornu posterius adalah sel-sel saraf sensoris (sensibel),menerima stimulus yang dibawa oleh serabut-serabut yang berjalan di dalamradix posterior.Pada segmen cervical, di sebelah lateral dari collum cornu posterius,substantia grisea mengadakan proyeksi ke substantia alba dan dinamakanformatio reticularis.

    2. Substansial albaBerada di sebelah superficial dari substantia grisea. Terdiri atas

    sebagian besar serabut-serabut saraf dan sedikit sel saraf. Serabut-serabutini ada yang berjalan ascendens dan ada yang descendens.Substantia alba yang terletak di antara septum medianum dorsale (posterius)

    dan sulcus lateralis posterior disebut funiculus posterior (dorsalis); yangterletak antara cornu posterius dan cornu anterius disebut funiculus lateralis,dan funiculus anterior terletak di antara cornu anterius dan fissura medianaanterior.

    Di dalam funiculus terdapat serabut-serabut yang mempunyai asalyang sama, tujuan dan fungsi yang sama membentu tractus.

    Antara satu segmen medulla spinalis dengan segmen yang lainnyadihubungjan oleh serabut-serabut intersegmentalis, disebut fasciculusproprius, yang terletak di sekitar substantia grisea. Sesuai dengan letaknyamaka ada :

    1. Fasciculus septo marginalis posterior, berada dekat septum medianum

    posterius.

  • 7/30/2019 105586618-Diktat-Ssp

    5/53

    2. Fasciculus septo marginalis anterior, berada di sekitar fissura medianaanterior.

    3. Fasciculus proprius anterius, di sekitar cornu anterius.4. Fasciculus proprius posterius, di sekitar cornu posterius.5. Fasciculus proprius lateralis, di sekitar cornu laterale.

    Substantia alba di sekitar canalis centralis disebut commissura alba.

    Pada funiculus anterior terdapat serabut-serabut yang membentuk :1. Tractus spinothalamicus anterior, terletak di perifer berdekatan dengan

    fissura mediana anterior. Menerima serabut-serabut yang berasal dari cornuposterius, lalu berjalan menyilang commissura alba anterior menuju kefuniculus anterior; selanjutnya berjalan ascendens menuju ke thalamus.Serabut-serabut ini dapat juga tidak langsung berakhir di thalamus, melainkanberakhir pada massa grisea medulla spinalis atau medulla oblongata, laluselanjutnya menuju ke thalamus. Tractus ini membawa stimulus tactil.

    2. Funiculus proprius anterius, yang mengandung fibrae intersegmentalis

    longitudinales dari cornu anterius, dan serabut-serabut otonom yang berasaldari brain stem.

    3. Tractus corticospinalis anterior (tractus pyramidalis), terletak di sebelahlateral fasciculus sulcomarginalis. Tractus ini dibentuk oleh axon dari sel-selBetz pada cortex cerebri; dalam perjalanannya tidak mengadakanpersilangan. Berada mulai dari segmen cervical sampai pada segmenthoracal bagian tengah. Sebelum berakhir, serabut-serabut ini menyilangcommissura alaba anterior, berakhir pada cornu anterius, yaitu pada neuronmotoris primer bersama-sam dengan tractus cortico spinalis alteralis, tetapi,pada pihak yang berlawanan. Tractus ini memberi kontrol pada gerakan-gerakan tubuh yang disengaja.

    4. Tractus vestibulospinalis, tereltak di perifer. Berasal dari nucleusvestibularis lateralis (Deiters). Serabut-serabut ini berakhir pada cornuanterius, dan diperuntukka untuk jalannya impuls yang mempertahankankeseimbangan dan tonus otot.

    5. Tractus tectospinalis, dibentuk oleh axon dari sel-sel yang berada didalam colliculus superior. Terletak di sebelah lateral tractus corticospinalisanterior, berakhir pada cornu anterius. Berfungsi untuk reflex gerakankepala/leher terhadap stiumulus cahaya.

    6. Tractus reticulospinalis, berasal dari formatio reticularis pontis danmedullae oblongatae, berakhir pada cornu anterius, terutama pda segmen

    thoracalis. Tractus ini berfungsi untuk facilitasi dan inhibisi terhadappengontrolan aktivitas otot skelet.

    Di dalam funiculus lateralis terdapat serabut-serabut ascendens dandescandens, sebagai berikut :

    1. Tractus spinocerebellaris dorsalis (Flechsig), berbentuk pipih, terletakdi perifer, mulai dari ujung cornus posterius dan menuju ke arah ventral.Tractus ini mulai tampak pada segmen L 2 3, dan makin ke cranial menjadibesar. Dibentuk oleh serabut-serabut dari nucleus dorsalis Clarki yanghomolateral, menuju ke cerebellum melalui pedunculus cerebellaris inferior.Tractus ini membawa stimulus proprioceptive dari truncus dan extremita

    inferior.

  • 7/30/2019 105586618-Diktat-Ssp

    6/53

    2. Tractus spinocerebellaris ventralis (Gowers), berbentuk pipih, berada dibagian perifer, di sebelah ventral tractus spinocerebellaris dorsalis. Di mulaipada segmen L 3, dibentuk oleh serabut-serabut yang berasal dari cornuposterius yang homolateral dan heterolateral, menuju ke cerebellum melaluipedenculus cerebellaris superior, membawa stimulus proprioceptive.

    3. Tractus spinothalamicus lateralis (Edinger), terletak di sebelah medialtractus spinocerebellaris ventralis. Dibentuk oleh serabut-serabut yangberasal dari substantia gelatinosa Rolandi, lalu menyilang commissyra albaanterior menuju ke funiculus lateralis, lalu berjalan ascendens dan berakhirpada thalamicus (nucleus lateralis thalami). Membawa stimulus sakit dantemperatur.

    4. Tractus spinotectalis, terletak di sebelah medial tractusspinocerebellaris ventralis dan di sebelah ventral tratus spinothalamicuslateralis. Berasal dari cornu posterius heterolateral, menyilang commcissuragrisea anterior, berjalan menuju ke funiculus lateralis, lalu ascendens danberakhir pada colliculus superior. bErfungsi untuk mengatur koordinasi

    gerakan kepala dengan gerakan mata (reflex visualis).5. Tractus corticospinalis lateralis, berada di sebelah medial tractus

    spinocerebellaris dorsalis, di sebelah dorsal tractus rubrospinalis. Berasal dariaxon sel-sel pyramidal pada cortex cerebri, berjalan descendens,mengadakan persilangan membentuk decussatio pyramidum padaperbatasan medulla oblongata dan medulla spinalis, lalu berakhir pada cornuanterius. Berfungsi untuk mengontrol oto-otot volunter.

    6. Tractus rubrospinalis (-Monakow), terletak di sebelah ventraltractus corticospinalis lateralis. Berasal dari nucleus ruber (mesencephalon),menyilang linea mediana, lalu berjalan anterius secara direct atau melaluineuron intercalatus. Tractus ini adalah bagian dari sistema extrapyramidalis.

    7. Tractus olivospinalis, terletak di perifer dan berada pada segmencervicalis. Serabut-serabutnya berasal dari nucleus olivarius inferius medullaeoblongata, berjalan descendens dalam funiculus lateralis dan berakhir padacornu anterius.

    Pada funiculus posterior terdapat :1. Fasciculus gracilis ( Goll ), terletak di sekitar septum medianum

    dorsale, berasal dari segmen lumbalis dan sacralis, berjalan di dalam radixposerior dan berakhir di medulla oblongata, pada nucleus gracilis.

    2. Fasciculus cunateus ( Burdach ), terletak di sebelah lateral fasciculus

    gracilis dan dibatasi oleh sulcus intermedius posterior pada segmen cervicalisdan segmen thoracica. Menerima serabut-serabut dari segmen cervicalis dansegmen thoracalis bagian cranial, berjalan melalui radix posterior menuju kefuniculus posterior, lalu berjalan ascendens dan berakhir di nucleus nueatusmedullae oblongata.Kedua fasciculus ini membawa stimulus proprioceptive dan discriminatorysensation.

    Selama perjalanannya di dalam funiculus posterior serabut-serabut inimemberi cabang-cabang pendek yang berjalan descendens membentukfasciculus interfascicularis. Pada setiap segmen fasciculus ini mempunyaibentuk dan nama yang tersendiri, yakni :

    1. Segmen cervicalis dan thoracalis bagian cranial disebut comaSchultze.

  • 7/30/2019 105586618-Diktat-Ssp

    7/53

    2. Segmen thoracalis bagian caudal disebut tractus septomarginalis.3. Segmen lumbalis disebut area Ovalis Flechsig.4. Segmen sacralis disebut trigonum Phillipe Gombault.

    MENINX

    Meninx adalah selaput jaringan ikat yang membungkus encephalon,merupakan lanjutan dari meninx yang membungkus medulla spinalis. Terdiridari tiga lapisan :

    Dura mater, terdiri dari lamina endostealis dan lamina meningealisyang saling melekat erat satu sama lain, kecuali di beberapa tempat salingterpisah membentuk sinus venosus, antara lain :

    a) Sinus sagitalis supriorb) Sinus sagitalis inferior

    c) Confluens sinuumd) Sinus transversusue) Sinus sigmoideusf) Sinus cavernosus

    Lamina endostealis melekat pada sutura dan basis cranii.Lamina meningealis membentuk empat bah septa :

    1> Falx cerebri2> Tentorium cerebelli3> Falx cerebri4> Diaphragma sellae

    Falx cerebri memisahkan hemispherium sinister dan dexter. Melekat di bagiananterior pada crista galli dan crista frontalis, selanjutnya melekat pada sulcussagitalis superior di vertex sampai pada protuberantia occipitalis internasampai pada protuberantia occipitalis interna. Pada tepi cranial falx cerebriterdapat sinus sagitalis superior, dan pada tepi inferiornya terdapat sinussagitalis inferior. Tepi posterior falx cerebri melekat pada tentorium cerebelli.

    Tentorium cerebelli terletak horizontal, memisahkan cerebellumdaripada lobus occipitalis cerebri. Pada satu sisinya bebas dan sisi lainnyamelekat pada processus clinoideus posterior, tepi cranial pars petrosa ossistemporalis dan pada sulcus transversus. Tepi bebas menghadap ke anterior,

    membentuk incisura tentorii dan menghadap pada mesencephalon.Diaphragma sellae adalah lembaran berbentuk lingkaran, menutupi

    sella tursica dan ditembusi oleh infundibulum.Falx cerebelli beada di antara hemispherium cerebelli kiri dan kanan.

    Suplai darah untuk dura mater diperoleh dari :1. a.meningea media,2. r.ethmoidalis anterior dan r.ethmoidalis posterior,3. r.meningealis a.pharyngea ascendens,4. r.meningealis a.occipitalis,5. r.meningealis a.vertebralis.

    aliran darah venous dibawa oleh v.meningea media dan v.diploica.

  • 7/30/2019 105586618-Diktat-Ssp

    8/53

    Dura mater dipersarafi oleh :1. n.ethmoidalis anterior dan n.ethmoidalis posterior,2. r.meningealis n.maxillaris,3. r.meningealis n.mandibularis,4. r.meningealis N.vagi,

    5. r.meningealis n.spinalis C 1 3.Arachnoid mater merupakan lembaran yang tipis, nonvascular,

    dipisahkan dari dura mater oleh septium subdurale. Archnoid mater meluassampai ke dalam fissura longitudinalis, tetapi tidak memasuki sulcus cerebri.Sebenarnya arachnoid mater dan pia mater yang berada di sebelahprofundanya, merupakan satu lembaran yang dinamakan leptomeninx,sehingga cavitas (cavum) subarachnoidea dapat dianggap sebagai celahyang berada di dalam leptomeninx. Arachnoid mater ini meluas sampai padapangkal nerrvi craniales.Arachnoid mater dan pia mater dipersatukan oleh trabeculae dan trabeculaeini berada di dalam cavitas subarachnoidea. Di dalam cavitas ini terdapat

    liquar cerebrospinalis yang berasal dari ventriculus quartus. Pada beberapatempat di basis cerebri cavitas subarachnoidea melebar, dinamakan cisternaesubarachnoideae. Cisterna magna (= cisterrna cerebellomedullaris) beradapada perbatasan antara medulla oblongata dan medulla spinalis. Cisternapontis berada di sebelah frontal pons dan mengandung a.basilaris. arachnoidmater membentuk villi arachnoidea, yang bergabung membentuk tonjolanyang lebih besar dan menonjol masuk ke dalam sinus sagitalis superior.Melalui villi arachnoideae ini liquor cerebrospinalis dialirkan masuk ke dalamsistem vena (sinus sagitalis superior).Pia mater adalah suatu lembaran yang vascular, melekat pada permukaanencephalon, dan mengikuti lekukan dari sulcus cerebri.

    ENCEPHALONTiga bagian besar dari encephalon adalah brain stem, cerebellum dan

    cerebrum. Encephalon berasal dari tuba neuralis (actodermal), yang dalampertumbuhannya membentuk prosencephalon, mesencephalon danrhombencephalon. Selanjutnya rhombencephalon bertumbuh danberkembang menjadi myelencephalon di sebelah caudal dan metencephalondi bagian rostral. Dari metencephalon terbentuk cerebellum dan pons. Danmyelencephalon selanjutnya menjadi medulla oblongata. Prosencephalonmembentuk telecephalon dan diencephalon. Telecephalon selanjutnya

    bertumbuh dan berkembang menjadi hemispherium cerebri. Rongga di dalamtuba neuralis menetap membentuk sistem ventriculi dan berada di dalamencephalon.

    Berat otak adalah 2 % dari berat badan. Menerima 1/6 bagian daricardiac output dan menggunakan 1/5 bagian oksigen yang dipakai oleh tubuhdalam keadaan istirahat.Pada otak terdapat dua belas pasang nevi craniales, di mana N.I dan N.IIterkait dengan hemispherium cerebri, N.III N.IV terkait denganmesencephalon, N.V N.XII terkait dengan pons dan medulla oblongata.

    BRAIN STEMDi dalam brain stem terdapat nucleus nervi craniales, kecuali N.I dan

    N.II. selain itu terdapat juga serabut-serabut ascendens dan descendens, baik

  • 7/30/2019 105586618-Diktat-Ssp

    9/53

    yang menuju maupun yang berasal dari hemispherium cerebri dancerebellum.Brain stem dari occipital ke frontal terdiri atas :

    1. medulla oblongata,2. pons,

    3. mesencephalon

    MEDULLA OBLONGATAMedulla oblongata merupakan lanjutan dari medulla spinalis, setelah

    medulla spinalis melewati foramen occipitale magnum. Terdiri atas duabagian, yaitu bagian caudal yang dinamakan closed part, di dalamnyaterdapat canalis centralis, yang berrhubungan dengan canalis centralismedullae spinales; bagian cranial disebut openpart, yakni bagian di manacanalis centralis melebar dan membentuk ventriculuc quartus. Bagian yangterbuka ini bersama-sama dengan bagian occipital dari pons membentukdasar fossa rhomboidea (= lantai ventriculus quartus). Dinding dorsalventriculus quartus dibentuk oleh cerebellum, ke arah occipital melanjutkandiri sebagai velum medullare posterius (caudale) dan ke arah frontalmelanjutkan diri menjadi velum medullare anterius (rostralis). Pada velummedullare posterius terdapat apertura mediana ventriculi quarti (= foramenLuschkai). Melalui ketiga lubang ini liquar cerebrospinalis meninggalkanventriculus quartus masuk ke dalam cavitas subarachnoidale. Batas frontalmedulla oblongata adalah tepi caudal pons.

    Pada permukaan ventral terdapat tonjolan pyramis, berada di kirikanan fissura mediana anterior. Di sebelah lateral pyramis terdapat oliva.Agak di cranialis dari perbatasan medulla spinalis dan medulla oblongta

    terdapat decussatio pyramidum.Di antara pyramis dan oliva terdapat sulcus lateralis anterior, tempat dimana N.hypoglossus menampakkan diri. Di latero-posterior oliva tampakpangkal N.IX. N.X dan N.XI.

    Permukaan dorsal, di bagian closed part terdapat tonjolan yangdinamakan clava, berada di kiri kanan fissura mediana posterior. Di sebelahlateral dari clava terdapat tuberculum cuneatum. Di antara clava dantuberculum cuneatum tedapat sulcus intermedius posterior. Di lateral darituberculum cuneatum tedapat tuberculum cinereum, yang merupakanlanjutan dari funiculus lateralis medullae spinalis.

    Pada bagian open part dari medulla oblongata, yang membentuk dasar

    fossa rhomboidea, terdapat tonjolan eminentia medialis, terletak di kiri kanansulcus medianus fossae rhomboideae. Sulcus ini adalah lanjutan dari fissuramediana posterior. Pada eminentia medialis di bagian caudal terdapattrigonum nervi hypoglossi. Di sebelah lateral eminentia medialis terdapatsulcus limitans. Di sebelah lateral trigonum n.hypoglossi terletak trigonumnervi vagi (= ala cinerea). Ujung caudal fossa rhomboidea berbentuk sepertimata pena, disebut calamus scriptorius. Ujung terminalnya disebut obex. Disebelah rostral dari obex pada setiap sisi terdapat area postrema.Di dalam medulla oblongata terdapat pusat-pusat yang terkait dengancirculasi dan respirasi.Struktur dalam medulla oblongata dibentuk oleh substantia grisea dan

    substantia alba.

  • 7/30/2019 105586618-Diktat-Ssp

    10/53

    Substantia grisea membentuk beberapa nucleus, seperti :1. nucleus gracilis, berada di dalam clava,2. nucleus cuneatus, berada di dalam tuberculum cuneatum, pada

    masing-masing nucleus ini berakhir fasciculus gracilis danfasciculus cuneatus,

    3. nucleus olivarius, berlekuk-lekuk membentuk huruf U,4. nucleus spinalis nervi trigemini, berada di lateral tuberculum

    cuneatum, membentuk tonjolan yang dinamakan tuberculumcinereum ; tuberculum ini merupakan lanjutan dari substantiagelatinosa Rolandi,

    5. nucleus n.hypoglossi, berada di ventralis canalis centralis di bagianclosed part, meluas ke bagian open part membentuk trigonumn.hypoglossi,

    6. nucleus ambiguus, merupakan nucleus motoris dari N.IX, N.X danN.XI (melayani otot-otot pharynx dan larynx),

    7. nucleus dorsalis n.vagi (general viscerral eferent), membentuk ala

    cinerea,8. nucleus tractus solitarii, terletak di sepanjang medulla oblongata, di

    lateral nucleus dorsalis n.vagi ; di bagian caudal kedua ujungnucleus bersatu di dorsalis canalis centralis, menerima stimulussensoris (taste) yang dibawa oleh n.facialis, n.glossopharyngeusdan n.vagus,

    9. formatio reticularis.

    Formatio reticularis adalah suatu daerah di mana bercampur antaranuclei dan serabut-serabut. Nuclei ini menerima serabut afferen dari tractusascendens (seperti tractus spinothalamicus) dan dari serabut descendensdari cortex cerebri, tectum, corpus striatum, cerebellum dan nucleus ruber.Dari nuclei keluar serabut efferen yang berjalan descendens membentuktractus reticulospinalis dan yang berjalan ascendens menuju ke corpusstriatum, thalamus, hypothalamus dan cortex cerebri (langsung ataupun tidaklangsung). Formatio reticularis juga mempunyai fungsi inhibisi terhadapnucleus motoris dan sensibel, termasuk cortex cerebri.Di dalam substantia alba terdapat :

    1. fibra arcuata interna, merupakan axon dari nucleus gracilis dannucleus cuneatus menuju ke medial dan membentuk decussatiolemniscorum, lalu melanjutkan diri menjadi lemniscus medilis,

    2. lemniscus medialis berada di antara tractus corticospinalis(pyramis) dan nucleus olivarius di samping raphe medianum,selanjutnya berjalan ascendens,

    3. tractus spinothalamicus ventralis, berada di dorsalis dari lemnicusmedialis; selanjutnya ketika lemniscus medialis bergeser ke lateralmaka tr.spinothalamicusventralis bergeser ke lateral pula danbergabung dengan tractus spinothalamicus lateralis, menuju kethalamus,

    4. tractus spinocerebellaris dorsalis, meninggalkan bagianlateralmedulla oblongata dan masuk ke dalam pedunculus cerebellarisinferior menuju ke vermis cerebelli,

  • 7/30/2019 105586618-Diktat-Ssp

    11/53

    5. tractus spinocerebellaris ventralis, berada di bagian lateralmed.oblongata di antara nucleus olivarius, radix nervus vagus dann.glossopharyngeus,

    6. tractus corticubulbaris, serabut dari cortex precentralis dan berakhirpada nuclei motoris nervi craniales,

    7. tractus cortocospinalis, yang bersama-sama dengantract.corticobulbaris membentuk pyramis ; duapertiga bagian daritr.corticospinalis mengadakan persilangan pada decussatiopyramidum ; tr.cortocobulbaris dan tr.corticospinalis kedua-duanyadisebut tractus pyramidalis,

    8. tractus tectospinalis, berada dekat pada linea mediana di bagianrostral med.oblongata di sebelah dorsal lemniscus medialis,semakin ke caudal letaknya semakin ke lateral,

    9. fasciculus longitudinalis medialis, berada dekat pada linea medianadi antara tractus tectospinalis dan substantia grisea dorsalis ;tractus ini merupakan lanjutan dari fasciculus sulcomarginalis

    medullae spinalis.

    Pedunculus cerebelli inferior (= corpus restiforme) adalah suatu tangkaiyang menghubungkan medulla oblongata denga cerebellum, mengandungserabut-serabut yang berasal dari medulla spinalis dan medulla oblongatayang menuju ke cerebellum. Serabut-serabut yang dimaksud adalah :

    1. tractus spinocerebellaris dorsalis,2. tractus olivocerebellaris,3. axon dari nucleus arcuatus ventralis,4. fibrae arcuatae externa dorsales,5. fasciculus vestibulocerebellaris.

    PONS ( Varoli )Bagian ini merupakan lanjutan ke arah rostral dari medulla oblongata.

    Pada perbatasan antara medulla oblongata dan pons di bagian ventral,berturut-turut dari medial ke lateal, tampak pangkal dari n.abducens,n.facialis. n.intermedius dan n.acusticus. ke arah rostral berbatasan denganmesencephalon.Pons berkedudukan pada pars basilaris ossis occipitalis dan pada dorsumsellae (clivus).

    Facies dorsalis turut membentuk pars rostralis fossa rhomboidea dan

    ditutupi oleh cerebellum.Facies ventralis tidak rata, melainkan berbentuk lipatan-lipatan

    transversal yang menyilang linea mediana, dan ke arah lateral terkumpulmembentuk pedunculus cerebelli medius (= brachium pontis). Pada lineamediana terdapat sulcus basilaris yang ditempati oleh a.basilaris.Pada sisi lateral kira-kira pertengahan pons terdapat pangkal n.trigeminus.

    Struktur dalam pons terdiri dari dua bagian yang tampak berbedadalam bentuk dan strukturnya, yaitu :

    1. pars basilaris atau pars ventralis, terdiri atas serabut transversaldengan di sana sini disilangi oleh serabut longitudinal dan nucleipontis,

    2. tegmentum atau pars dorsalis, merupakan lanjutan dari formatioreticularis medullae oblongatae.

  • 7/30/2019 105586618-Diktat-Ssp

    12/53

    Nuclei yang terdapat di dalam tegemntum adalah :1. nucleus n.abducentis, berada di dalam substantia grisea dorsalis

    pada eminentia medialis, di bagian profundus colliculuis facialis.Axon dari nucleus ini menembus pons dekat pada raphe

    medianum, dan tampak pada permukaan ventral di bagian caudalpons,

    2. nucleus n.facialis, terletak di bagian dalam formatio reticularis disebelah lateral nucleus n.abducentis. serabut-serabutnya berjalanke lateral dan ventral, menembusi permukaan pons di tepi caudal diantara oliva dan pedunculus ceebelli inferior,

    3. nucleus motoris n.trigemini, berada di bagain rostral pons dekatpada permukaan dorsal, terletak sepanjang sisi lateral ventriculusquartus,

    4. nucleus sensoris n.trigemini, merupakan lanjutan dari substantiagelatinosa Rolandi,

    5. nucleus cochlearis (= nucleus n.stato-acustici), berada di bagiancaudal pons, terdiri atas nucleus cochlearis dorsalis dan nucleuscochlearis ventralis. Kedua nuclei ini saling berhubungan danberada pada bagian dorsolateral corpus restiforme,menyebabkanterbentuknya tuberculum acusticum,

    6. nucleus olivarius superior, berada di sebelah rostral nucleusolivarius (inferior), di dorsolateral corpus trapezoideum,

    7. nuclei vestibulares, menempati suatu daerah yang luas di bagianlateral dasar fossa rhomboidea (area vestbularis). Terdiri atas :1) nucleus medialis ( Schwalbe ),2) nucleus lateralis ( Deiters ),3) nucleus superior ( Bechterew ),4) nucleus inferior.

    Serabut-serabut yang terdapat di dalam tegmentum adalah :1. lemniscus medialis,2. tractus spinothalamicus,3. tractus spino cerebellaris ventralis,4. fasciculus thalamo-olivarius,5. fasciculus longitudinalis medialis.

    Di bagain caudal pons, yakni di bagian ventral tegmentum terdapat corpus

    trapezoideum, suatu bangunan yang dibentuk oleh serabut-serabut darinucleus cochlearis ventralis dan nucleus cochlearis dorsalis.Pars basilaris pontis berisikan :

    a) serabut-serabut transversal1. fibrae pontis superficialis, berada di bagian superficialis2. fibrae pontis profundae, berada di bagian profunda

    Kedua jenis fibrae ini berjalan di dalam brachium pontis.b) serabut-serabut longitudinal

    1. tractus cortico spinalis2. tractus corticopontines

    c) nuclei pontes

  • 7/30/2019 105586618-Diktat-Ssp

    13/53

    VENTRICULUS QUARTUSSebuah ruangan pipih yang berbentuk belah ketupat dan berisi liquor

    cerebrospinalis. Ventriculus ini berasal dari rongga di dalam tuba neuralis

    pada hindbrain, yakni bagian yang membentuk cerebellum pons dan medullaoblongata ujung rostal menyempit, bersambung dengan aquaductus cerebrisylvii, ujung caudal melanjutkan diri menjadi canalis centralismedullaeoblongatae. Atap ventriclus quartus di bagian rostral disebut tegmenventriculi quarti, dibentuk oleh velum medullare anterius (superius) bersama-sama dengan pedunculus ceribelli superior. Atap di bagian caudal dibentukoleh velum medullare posterius (inferius), tela chorioidea, plexus choriodeus,taenia ventraiclui quarti, lingual dan obex. Velum medullare inferius adalahsuatu lembaran tipis lapisan ependymdan di sebelah supercialisnya terdapatpia mater, lembaran ini melekat pada tepi fossa rhomboidea membentuktaenia ventriculi quarti, yang ke arah caudal menjadi semakin semoit, disebutobex.

    Ventriculus quartus ke arah lateral membentuk recessus lateralis, yangterletak di cranialis striae medullares dan di caudalis dari plexus chorioideus.Plexus chorioideus ini dibentuk oleh capiller pembuluh darah, berlekuku-lekukmenonjol ke dalam ventriculus quartus.Pada atap ventriculus quartus terdapat foramen Magendie (= aperturamediana ventriculi quarti), berada di sebelah frontal obex, dan terdapat duabuah apertura latrales ventriculi quarti (= foramen Luschka) yang berada padarecessus lateralis. Lantai ventriculus quartus kanan sulcus medianus terdapateminentia medialis, yang di bagian rostral mengandung colliculus facialis dan

    di bagian caudal mengandung trigonum n.hypoglossi. Di sebelah lateraleminentia medialis terdapat sulcus limitans ; di bagian rostral sulcus inimelebar membentuk fovea supeior, yang terletak di antara colliculus facialisdan brachium pontis, dan di bagian caudal melebar membentuk fovea inferior,yang berada setinggi trigonum n.hypoglossi. sulcus limitans di bagian rostraldisebut locus coeruleus, suatu daerah yang mengandung sel-sel berpigmen.Di lateral sulcus limitans terdapat tonjolan yang dinamakan area vestibularisatau area acustica, yang ke arah lateral membentuk tuberculum acustium.Area acustica disilangi oleh striae medullares dari lateral ke medial danmenghilang masuk ke dalam sulcus medianus.Di antara trigonum n.hypoglossi dan bagian caudal area acustica terdapat ala

    cinerea (= trigonum n.vagi). Bagian caudal ala cinerea disilangi oleh funiculusseparans. Selanjutnya di antara funiculus separans dan clava terdapat areapostrema.

    Liquor cerebrospinalis di dalam ventriculus quartus, selain diproduksioleh plexus chorioideus ventriculi quarti juga berasal dari ventriculus tertius,yang masuk ke dalam ventriculus quartus melalui aquaductus cerebri Sylvii.Selanjutnya liquor meninggalkan ventriculus quartus melalui canalis centralismedullae oblongatae dan melalui foramen Magendie dan foramen Luschkamasuk ke dalam cavitas subarachnoidea.

    MESENCEPHALONBagian ini menghubungkan pons, cerebellum dan diencephalon. Batas

    di bagian rostral ditentukan oleh suatu bidang yang dibuat melalui

  • 7/30/2019 105586618-Diktat-Ssp

    14/53

    commissura posterior di dorsalis dan corpus mamillare di bagian ventral.Mesencephalon merupakan kelanjutan dari pons ke rostral. Batas antarapons dan mesencephalon ditandai oleh :

    1. peralihan ventriculus quartus menjadi aquaductus cerebri,2. velum medullare superius beralih pada collicus inferior.

    3. Serabut-serabut di dalam brachium conjunctivum mulaimengadakan persilangan membentuk decussatio brachiorumconjunctivorum.

    Pada mesencephalon terdapat nucleus dari n.trochlearis dan n.oculpmotorius.Selain itu terdapat juga nucleus penghubung yang berperan dalam sistemvisual dan sistem auditoria (pendengaran). Di antara tegmentum dan cruscerebri terdapat substantia nigra. Di dalam crus cerebri berjalan serabut-serabut corticofugal yang menuju ke pusat-pusat di bagian caudal sampaimedulla spinalis.Mesencephalon dibagi menjadi tiga bagian :

    1. tectum,

    2. tegmentum,3. crus cerebri.

    Tectum mesencephali berada di bagian dorsal, mengandung corporaquadrigemina, yakni sepasang collicus superior dan sepasang colliculusinferior. Colliculus superior mempunyai peranan reflex yang terkait denganvisual, sedangkan colliculus inferior berkaitan dengan reflex yang adahubungannya dengan suara (auditoria).

    Tegmentum mesencephali berada di sebelah ventral dari corporaquadrigemina. Di antara tectum dan tegmentum terdapat saluran yangmenghubungkan ventriculus tertius dengan ventriculus quartus, saluran inidinamakan aquaductus cerebri Sylvii. Tegemntum berisi serabut-serabutascendens dan descendens dan juga beberapa nuclei.

    Di sebelah ventral (anterior) tegmentum terdapat sepasang berkasserabut-serabut yang dinamakan basis pedunculi atau crus cerebri. Letaknyasaling menjauhi satu sama lain (divergen) ke arah hemispherium cerebri, danmembatasi fossa interpeduncularis. Di sebelah rostral crus cerebri disilangioleh tractus opticus.Pada fossa interpeduncularis terdapat :

    1. tuber cinereum dan infundibulum, yakni bagian dari hypophyse2. corpora mammillaria

    3. substantia perforata posterior.

    Substantia perforata posterior adalah suatu daerah yang berlubang-lubang yang dilalui oleh pembuluh-pembuluh darah kecil.

    Pedunculus cerebelli superior (= brachium conjunctivum) berisiserabut-serabut yang menghubungkan mesencephalon dengan cerebellum.

    Struktur dalam mesencephalon terdiri atas nuclei dan serabut-serabutascendens dan descendens, baik yang menuju dan atau berasal darihemispherium cerebri. Struktur dalam tectum meliputi colliculus inferior dancolliculus superior.

    Colliculus inferior dibentuk oleh nucleus multipolar, dibungkus oleh

    suatu kapsula yang dibentuk oleh serabut-serabut lemniscus lateralis.Serabut-serabut ini sebagian besar berakhir pada nucleus yang sepihak dan

  • 7/30/2019 105586618-Diktat-Ssp

    15/53

    sebagian lagi menyilang linea mediana membentuk commissural colliculoruminferiorum. Axon dari nucleus ini membentuk brachium colliculi inferioris(caudalis), berjalan menuju ke corpus geniculatum mediale. Terdapat pulahubungan dengan substantia nigra, formatio reticularis dan nuclei pontis.Colliculus inferior meri=upakan pusat bagi korelasi dan kontrol reflex yang

    berhubungan dengan suara.Colliculus superior terdiri atas 4 5 lapisan substantia alba dan

    substantia grisea. Oleh commissural colliculorum superiorum (rostralium) dancommissural posterior kedua colliculus superior dihubungkan satu denganyang lain. Menerima serabut-serabut afferen dari :

    1. retina,melalui tractus opticus,2. cortex cerebri,3. colliculus inferior,4. medulla spinalis.

    Axon dari nucleus ini membentuk tractus tectobulbaris dan tractustectospinalis. Mempunyai hubungan juga dengan formatio reticularis,

    substantia nigra dan nuclei pontis. Colliculus superior merupakan centrumprimair visual, khusus untuk koordinasi gerakan bola mata.

    Regio pretectalis adalah suatu daerah peralihan antara colliculussuperior dan thalamus. Mengandung nucleus yang menerima serabut-serabutdari tractus opticus dan mengirim serabut-serabut menuju ke nucleusEdinger-Westphal dari n.oculomotorius.

    Tegmentum mesencephali merupakan lanjutan ke rostral daritegmentum pontis dan mengandung struktur-struktur yang sama. Batastegmentum dengan subthalamus tidak tegas.Nuclei yang terdapat di dalam tegmentum adalah :

    1. Nucleus mesencephalicus n.trigemini, berada di bagian lateralsubstantia grisea centralis di sekitar aquaductus cerebri. Letaknyameluas sampai sepanjang sisi lateral ventriculus quartus, mencapainucleus spinalis nervi trigemini,

    2. Nucleus n.trochlearis, terletak setinggi colliculus inferior, berada dibagian ventral substantia grisea centralis dekat padalinea medianadan fasciculus longitudinalis medialis,

    3. Nucleus n.oculomotorius, berada di rostral nucleus n.trochlearis, dimedial fasciculus longitudinalis medialis. Meluas sampai tepi rostralcolliculus superior,

    4. Substantia grisea centralis, terletak mengelilingi aquaductus

    cerebri, mempunyai hubungan dengan sistem periventricularis darihypothalamus. Di sini terdapat sekelompok sel yang dinamakannusleus Darkschewitsch, yang berada pada perbatasanmesencephalon dengan hypothalamus.

    5. Formatio reticularis, ke arah rostral berhubungan dengan thalamusdan hypothalamus. Terdapat sekelompok sel yang disebut nucleusinterstitialis (Cajal), dan ini merupakan nucleus dari fasciculuslongitudinalis medialis.

    6. Nucleus ruber, menempati daerah yang luas di dalam tegmentum.Berbentuk bulat telur. Berada mulai di caudalis colliculus superiorsampai mencapai regio subthalamicus. Pada penampang

    melintang tampak bulat. Axonnya membentuk tractus rubrospinalis.

  • 7/30/2019 105586618-Diktat-Ssp

    16/53

    7. Nucleus interpeduncularis, berada pada substantia perforataposterior. Fungsinya belum jelas.

    Serabut-serabut yang terdapat di dalam tegmentum adalah :1. Fasciculus longitudinalis medialis, terletak dekat linea mediana di

    sebelah ventral dari nucleus oculomotoris dan nucleus trochlearis.Fasciculus ini melanjutkan diri ke pons, medulla oblongata sampaidi medulla spinalis dalam bentuk fasciculus sulcomarginalis.Pangkal dari fasciculus ini adalah pada nucleus interstitialis.Fasciculus ini menerima serabut-serabut dari nucleus vestibularisdan memberi serabut-serabut dari nucleus n.oculomotorius,nucleus n.trochlearis, nucleus n.abducentis dan sel motorismedullae spinalis. Peranan fasciculus longitudinalis medialis adalahmengadakan korelasi antara gerakan bola mata, kepala dan lehersebagai respons terhadap stimulus dari canalis semicircularis.

    2. Lemniscus medialis, yang bersama-sama dengan lemniscus

    trigeminothalamicus membentuk sebuah berkas yang besar,terletak di bagian ventral dan lateral tegmentum.

    3. Lemniscus lateralis, di bagian caudal mesencephalon terletak dekatpada permukaan tegmentum, di sebelah dorsal lemniscus medialis.Serabut-serabut ini berjalan ke dorsal dan rostral,membungkusnucleus colliculi inferioris. Ada serabut-serabut yang berakhir padanucleus colliculi inferioris dan ada yang bejalan melalui brachiumcolliculi inferioris ke corpus geniculatum mediale.

    4. Tractus robrospinalis, berasal dari bagian caudal nucleus rubber,mengadakan persilangan membentuk decussatio tegmentalisventralis. Tractus ini berada di sebelah medial lemniscus medialis.

    5. Tractus tectobulbaris.6. Tractus tectospinalis, bersama-sama dengan tractus tectobulbaris

    berasal dari colliculus superior. Mengadakan persilanganmembentuk decussatio tegmentalis dorsalis (Meynert). Berjalan kecaudal dan berada di ventral fasciculus longitudinalis medialis.

    7. Decussatio brachiorum conjunctivorum (= Decussatiopedunculorum cerebellarium superium), berada di bagian ventralsubstantia grisea centralis, setinggi colliculus inferior. Setelahmengadakan persilangan, serabut-serabut berjalan menuju kenucleus rubber dan ada yang menuju ke nucleus ventro-lateralis

    thalami.8. Tractus spino cerebellaris ventralis.9. Tractus spinothalamicus.

    Basis pedunculi sebagian besar dibentuk oleh serabut-serabutlongitudinal, berasal dari cortex cerebri, yang dinamakan tractuscorticospinalis dan tractus corticobulbaris. Serabut-serabut ini menempati tigaper lima bagian medial (tengah) crus cerebri. Pada seperlima bagian disebelah medial ditempati oleh fibrae frontopontines, dan pada seperlimabagian di sebelah lateralnya dilalui oleh fibrae perieto-temporo-pontines.

  • 7/30/2019 105586618-Diktat-Ssp

    17/53

    DIENCEPHALONBerasal dari prosencephalon. Prosencephalon membentuk dua buah

    diverticulum ke arah lateral, yang bertumbuh dan berkembang menjadihemispherium cerebri. Sedangkan pangkal diencephalon bertumbuh menjadidiencephalon dan rongga yang berada di dalamnya menjadi ventriculus

    tertius.Batas-batas diencephalon adalah sebagai berikut :

    1. batas posterior ditentukan oleh suatu bidang yang dibuat melaluicommissura posterior ke tepi caudal corpora mamillaria,

    2. batas anterior ditentukan oleh foramen interventriculare Monroi dantepi posterosuperior chiasma opticum,

    3. batas lateral dibentuk oleh cauda nuclei caudati, stria terminalis dancrus posterius capsulae internae,

    4. batas medial adalah ventriculus tertius.

    Terdiri atas empat bagian, yakni :1. thalamus;2. metathalamus;3. epithalamus;4. subthalamus;5. hypothalamus.

    Thalamus atau thalamus dorsalis adalah kumpulan substantia griseayang berbentuk ovoid dengan ukuran panjang 4 cm dan lebar 1,5, cm,membentuk dinding lateral ventriculus tertius. Permukaan medial dan superiortampak dari dalam ventriculus tertius, sedangkan permukaan inferior dan

    lateral tersembunyi dibalik struktur-struktur lainnya. Ujung rostral bentuknyakecil,letak saling berdekatan dekat pada linea mediana dan membentuk batasposterior foramen interventriculare Monroi. Ujung posterior bentuknya besar,salaing menjauhi (divergen), berada di medial dari ujung posterior menonjoldan disebut pulvinar. Permukaan superior thalamus bebas, ditutupi oleh piamater yang membentuk tela chorioidea. Permukaan superior ini dipisahkandari permukaan medial oleh taenia thalami, yaitu tepi lapisan ependymal yangmelengkung dan bertemu dengan tangkai epiphyse. Pada permukaanmedial terdapat adhesio interthalamica (= masa intermedia = commissuramedia).

    Facies inferior berhadapan dengan tegmentum mesencephali.

    Permukaan dorsal terbagi menjadi pars medialis, yang ditutupi oleh telachorioidea dan pars lateralis, yang turut membentuk lantai ventriculuslateralis.Di antara thalamus dan nucleus caudatas terdapat sulcus terminalis yangditempati oleh stria terminalis dan vena terminalis. Permukaan lateraldipisahkan dari corpus striatum oleh capsula interna pars occipitalis.

    Struktur dalam thalamus terdiri atas beberapa kelompok nuclei, antralain :

    1. nuclei anteriores thalami, terletak paling anterio dan menyebabkanterbentuknya tonjolan pada dasar pars centralis ventriculi lateralisyang dinamakan tuberculum anterius. Menerima afferen dari corpus

    mamillare melalui fasciculus mamillothalamicus (tractus Vicq

  • 7/30/2019 105586618-Diktat-Ssp

    18/53

    dAzyr). Memberi serabut efferen kepada gyrus cinguli. Merupakancentrum olfactorius,

    2. nuclei mediani, merupakan substantia periventricularis, ditutupi olehlapisan ependymal ventriculus tertius, melanjutkan diri padasubstantia grisea centralis disekelilingi aquaductus cerebri. Juga

    berada pada masa intermedia. Mempunyai hubungan denganhypothalamus (fungsi visceral),

    3. nuclei mediales, terletak di antara lamina medullaris interna dansubstantia grisea periventricularis. Menerima afferen dari corpusamygdaloideum. Lobus temporalis dan hypothalamus. Memberikanefferen kepada cortex area prefrontalis ( di sebelah anterior area 6dan 32),

    4. nucleus ventralis anterior, menerima afferen dari globus pallidusmelalui ansa lenticularis dan fasciculuc thalamicus. Memberiefferen kepada corpus striatum,

    5. nucleus ventralis lateralis, menerima afferen dari nucleus dentatus

    cerebelli pada sisi kontra lateral melalui tractus dentatothalamus,dari globus pallidus melalui fasciculus thalamicus dan darisubstantia nigra. Serabut efferennya menuju ke area 4 dan 6 (motorcortex),

    6. nucleus ventralis posterior, terdiri atas :a) nucleus ventralis posteromedialis, menerima impuls ekstroseptif

    nyeri, suhu, rabaan spesifik dari daerah kepala, muka danstruktur-struktur disekitar cavitas oris, yang dibawa olehlemniscus trigeminalis. Meneruskan impuls ke areasomatosensorik (area 3,1,2 );

    b) nucleus ventralis posterolateralis, menerima serabut lemniscusmedialis dan tractus spinothalamicus. Memberi serabut efferenkepada area 3,1,2.

    Metathalamus dibentuk oleh corpus geniculum mediale dan corpusgeniculum laterale. Corpus geniculum mediale berada di antara pulvinar danpedunculus cerebri, merupakan station penghubung antara colliculus inferiordengan gyrus temporalis superior (cotex area pendengaran), yaitu area 41dan 42.Corpus geniculum laterale berada di sisi lateral ujung posterior thalamus,mempunyai hubungan dengan colliculus superior melalui brachium colliculi

    rostralis (superioris). Sebagian besar serabut-serabut tractus opticus berakhirpada corpus geniculatum laterale dan selanjutnya diteruskan ke cortex areapenglihatan primer (area striata, area 17).

    Epithalamus terdiri dari trigonum habenulare, corpus pineale dancommissura posterior. Trigonum habenulare adalah suatu daerah berbentuksegitiga di ujung posterior thalamus, dekat pada epiphyse. Mengandungnucleus habenulare. Menerima afferen stria medullaris, yang berjalanbersama-sama taenia thalami. Commissura habenulare menghubungkandaerah habenulare satu sama lainnya, dan berada di ventral epiphyse.Corpus pineale atau epiphyse mempunyai struktur kelenjar dengan ukuranpanjang kira-kira 8 mm, terletak di antara colliculus superior, pulvinar,

    splenium dan corpus callosum. Mempunyai tangkal yang terdiri atas dualapisan, yakni lamina superior dan lamina inferior, yang membatasi recessus

  • 7/30/2019 105586618-Diktat-Ssp

    19/53

    pinealis. Lamina superior berlanjut pada commissura habenulare dan laminainferior pada commissura posterior.Commissura posterior dibentuk oleh substantia alba yang menyilang lineamediana pada perbatasan aquaductus cerebri dengan ventriculus tertius, danberada di sebelah anterior dan superior dari colliculus superior.

    Subthalamus atau thalamus ventralis adalah suatu daerah transisiantara thalamus dan tegmentum mesencephali. Nucleus ruber dan substantianigra meluas sampai kedalam subthalamus. Struktur dalamnya terdiri atasnucleus subthalamicus dan serabut-serabut yang membentuk daerah H, H 1dan H 2 dari Forel.

    Hypothalamus membentuk bagian ventral dan rostral dindingventriculus tertius. dIpisahkan dari thalamus oleh sulcus hypothlamicus.Terdiri atas :

    1. corpora mammillaria,2. tuber cinereum,3. infundibulum,

    4. hypophyse,5. chiasma opticum.

    Corpus mammilare berbentuk bulat dengan ukuran 5 mm. Ada dua buah danterletak dekat linea mediana, dekat pada pedunculus cerebri.Tuber cinereum adalah lamina yang dibentuk oleh substantia grisea, beradadi antara corpora mammillaria dan chiasma opticum. Di sebelah lateralnyadibatasi oleh tractus opticus dan pedunculus cerebri. Dari permukaan inferiorterdapat infundibulum, yang menonjol ke arah inferior dan anterior danberakhir pada lobus posterior hypophyse.Tractus opticus berada pada batas antara dinding inferior (lantai) dan dindinganterior ventriculus tertius. Dari chiasma opticum nervus opticus berjalan kerostral di samping hypophyse menuju ke bulbus oculi. Dari chiasma opticumtractus opticus berjalan ke arah dorsal menyilang pedunculus cerebri, beradadi antara substantia perforata anterior dan tuber cinereum, menuju ke corpusgeniculatum laterale.Struktur dalam hypothalamus terdiri atas :

    1. Area periventricularis (= nucleus paraventricularis) yang adalahsubstantia grisea yang menghubungkan thalamus dengansubstantia grisea centralis di sekelilingi aquaductus cerebri.Dibentuk oleh sel-sel kecil dan serabut-serabut yang menuju kepons dan medulla oblongata (= fasciculus longitudinalis dorsalis)

    2. Nucleus supraopticus, menerima serabut dari nucleusparaventricularis dan serabut-serabut efferent membentuk tractussupraopticohypophyealis.

    3. Nucleus hypothalamicus ventromedialis, berada pada regioinfundibulum, menerma afferen dari stria terminalis, dari fornix, dariglobus pallidus dan dari sistema periventricularis. Serabut efferentmemasuki system periventricularis.

    4. Nucleus hypothalamicus posterior, menerima afferen dari fornix,sistema periventricularis dan medial forebrain bundle. Serabutefferent keluar menuju ke pons dan medulla oblongata.

    5. Nuclei corporis mammillaris mediales et laterals, memberi efferent

    yang menuju ke thalamus sebagai tractus mamillothalamicus(= Tractus Vicq d Azyr).

  • 7/30/2019 105586618-Diktat-Ssp

    20/53

    Hypothalamus berperan dalam hegiatan fungsi visceral, otonom danendokrin.

    VENTRICULUC TERTIUSBerbentuk calsh yang berada di antara kedua thalamus sinister dan

    dexter. Di bagian rostral terdapat foramen inventriculare Monroi yangmenghubungkan ventriculus tertius dengan ventriculus lateralis. Di bagianposterior melanjutkan diri pada aquaductus cerebri Sylvii. Dinidng lateraldibagi oleh sulcus hypothalamicus menjadi pars superior dan pars inferior.Pada pars superior terdapat columna fornicis dan thalamus, pada parscaudalis terdapat subthalamus dan hypothalamus. Batas rostral dibentuk olehlamina terminalis dan commissura anterior. Bagian dari atap yang berada dicranialis commissura anterior adalah tepi inferior septum pellucidum. Disebelah posteriornya, atap ventriculus berada di cranialis forameninterventriculare dan melanjutkan ke dorsal sepanjang fornix sampai displenium corporis callosi. Di sini terdapat tela choriodea dan plexuschoriodeus. Batas posterior dibentuk oleh commcissura habenulare, epiphysedan commissura rolposterior. Di caudalis commissura posterior terdapt muaraaquaductus cerebri. Lantai ventriculus dibentuk oleh tegmentummesencephali, pedunculus cerebri dan hypothalamus.Ventriculus tertius berisi liquor cerebrospinalis, baik yang diproduksi oleh telachorioidea ventriculi tertii maupun yang berasal dari ventriculus lateralis.

    CEREBELLUMCerebellum menerima stimulus proprioceptive dari badan dan

    extremitas yang dibawa oleh tractus spinocerebellaris ventralis et dorsalis dan

    dari nucleus cuneatus accessorius. Dan menerima juga impuls proprioceptiveyang berasal dari canalis semircularis melalui nervus vestibularis. Stimulus-stimulus ini diperlukan untuk mengontrol posisi dan mengatur tonus otot yangdibutuhkan pada waktu mengadakan pergerakan.Cerebellum berada pada permukaan posteior dari pons dan medullaoblongata, menempati fossa cranii posterior. Di antara cerebellum dan lobusoccipitalis terdapat tentorium cerebelli.

    MORFOLOGIPermukaan superior agak datar, sedangkan permukaan inferior

    berbentuk konveks. Di sebelah superior terdapat sebuah incisura yang

    dangkal, yang disebut incisura cerebelli anterior, dan sebuah incisura lainyang lebih dalam dan sempit, dinamakan incisura cerebelli posterior danditempati oleh falx cerebelli.

    Terdiri atas dua buah lobus, disebut hemispherium cerebelli, dansebuah vermis cerebelli yang menghubungkan kedua lobus dan terletak dibagian medial. Pada permukaan superior batas antara vermis denganhemispherium cerebelli tidak begitu jelas, berbeda dengan permukaan inferiorterdapat sebuah fossa yang dalam, terletak pada garis mediana dan disebutvallecula cerebelli, dan melanjutkan diri menjadi incisura cerebelli posterior.Dasar dari vallecula cerebelli dibentuk oleh vermis pars inferior.Hemispherium cerebelli difiksasi pada brain stem oleh tiga buah tangkai,yaitu :

  • 7/30/2019 105586618-Diktat-Ssp

    21/53

    1. Pedunculus cerebellaris inferior (caudalis) atau corpus restiformeyang berhubungan dengan medulla oblongata.

    2. Pedunculus cerebellaris medius (pontinus) atau brachium pontisyang berhubungan dengan pons.

    3. Pedunculus cerebellaris superior (rostralis) atau brachium

    conjunctivum yang mempunyai hubungan dengan mesencephalon.

    Permukaan luar cerebellum (= cortex cerebelli) membentuk lipatan-lipatan paralel yang dinamakan folia cerebelli. Folia ini terletak transversalmelintasi seluruh permukaan cerebellum, dan setiap folium membentuklipatan-lipatan selanjutnya yang dinamakan secondary dan tertiary folia.Terdapat lima buah fissura yang arahnya transversal dan membagicerebellum menjadi lobus dan lobulus, yang tampak jelas pada penampangsagital melalui linea mediana. Pada permukaan superior terdapat fissuraprima dan fissura postero-superior, pada tepi posterior terdapat fissurahorizontalis, dan pada facies inferior terdapat fissura prepyramidalis dan

    fissura postero-lateralis. Fissura prima memisahkan palaeocerebellumdaripada neocerebellum.

    LOBUS CEREBELLIPembagian hemispherium cerebelli banyak macamnya, salah satu di

    antaranya adalah menurut Carpenter, sebagai berikut :1. Lobus anterior, berada di sebelah rostral f issura prima. Di

    bagian ini vermis terdiri atas lingula, lobulus centralis dan culmen.Ke arah hemispherium lingula tidak mempunyai hubungan,sedangkan lobulus centralis berhubungan dengan ala lobuli

    centralis dan culmen dengan lobulus quadrangularis anterior.2. Lobus posterior, berada di antara fissura prima dan fissura

    postero-lateralis, merupakan bagian terbesar dari cerebellum.Bagian dari vermis yang terdapat pada lobusini adalah declive,folium vermis, tuber vermis, pyramis vermis dan uvula vermis.Lobulus simpleks terletak di antara fissura prima dan fissurapostero-superior, berhubungan dengan declive. Lobulus ansiformisadalah bagian hemispherium cerebelli yang berada di antarafissura posterosuperior dan lobulus gracilis. Oleh fissurahorizontalis lobulus ansiformis dibagi menjadi lobulus semilunarissuperior atau crus I dan lobulus semilunaris inferior atau crus II.

    Bagian dari vermis yang berkaitan adalah folium vermis dan tubervermis. Di antara fissura prepyramidalis dan fissura postero-lateralis terdapat pyramis dan uvula vermis dan bagian darihemispherium cerebelli yang dinamakan lobulus biventer dantonsilla cerebelli.

    3. Lobulus flocculonodularis, berada di sebelah rostral darifissura postero-lateralis, terdiri dari nodulus (vermis) dan sepasangflocculus (hemispherium cerebelli). Nodulus terletak tepat disebelah caudal dari velum medullare inferius.

    Pembagian lain, menurut Larsell adalah sebagia berikut :

    1. Lobus flocculonodularis, di bagian posterior.2. Corpus cerebelli, di bagian anterior, dibagi menjadi :

  • 7/30/2019 105586618-Diktat-Ssp

    22/53

    1> lobus anterior2> lobus posterior, dibagi menjadi :

    a. lobus mediusb. lobus posterior proprius.

    Di antara lobus flocculonodularis dan corpus cer3ebelli terdapat fissura

    postero-lateralis. Fissura prima berada di antara lobus anterior dan lobusmedius. Fissura prepyramidalis memisahkan lobus medius dari lobusposterior proprius.

    Vermis cerebelli terdiri atas pars superior dan pars inferior. Parsinferior mempunyai batas yang lebih tegas daripada pars superior, dandibentuk oleh noduluds, uvula dan pyramis. Lingula adalah bagian dari vermispars superior yang mempunyai kontak dengan velum medullare superius.

    Secara embryologus dan fungsional cerebellum dapat dibagi menjaditiga bagian, yakni :

    1. Archeocerebellum, meliputi nodulus dan lobus flocculonodularis.Bagian ini adalah bagian yang paling tua, secara phylogenetis,

    dan mempunyai hubungan fungsional dengan sistemavestibularis.

    2. Palaeocerebellum (paleocerebellum), bagian dari cerebellum yangberada di sebelah rostral fissura prima, yaitu lobus anteriorcerebelli. Menerima stimulus dari medulla spinalis melalui tractusspinocerebellaris anterior et posterior.

    3. Neocerebellum, bagian ini adalah yang paling muda dalam artiphylogenetik dan juga merupakan bagian yang paling besar padacerebellum. Berada di antara fissura prima dan fissura postero-lateralis. mEnerima impuls dari cortex cerebri dengan melaluinuclei pontis (= fibra corticopontocerebellaris).

    STRUKTURStruktur cerebellum dari luar kedalam adalah sebagai berikut :1. Cortex cerebelli, dibentuk oleh substantia grisea.2. Corpus medullare, dibentuk oleh substantia alba.3. Nuclei cerebelli, ada empat pasang.

    Cortex cerebelli mempunyai bentuk yang sama pada seluruhpermukaan cerebellum dan terbentuk dari tiga lapisan yang mengandung limatipe neuron, sebagai berikut :

    1. stratum moleculare;2. stratum neuronorum piriformium atau lapisan sel Purkinje;3. stratum granulosum.Stratum moleculare terletak superficial, mengandung banyak

    anyaman serabut dendrit dari sel-sel basket, sel bintang dan sel Purkinje, danmengandung sedikit sel yang terdiri atas dua tipe neuron, yaitu sel basket (=sel keranjang) dan sel bintang (= stellate neuron). Axon dari sel basket darisel bintang terletak pada bidang yang tegak lurus pada sumbu panjangfolium. aXon dari sel basket membungkus badan sel Purkinje, seperti sebuahkeranjang, dan membentuk synapse. Sebuah sel basket dapat membentukhubungan sinaptik dengan kurang lebih 10 buah sel Purkinje.

    Stratum neuronorum piriformium dibentuk oleh sederetan sel-selPurkinje yang membentuk satu lapisan, berada di antara stratum moleculare

  • 7/30/2019 105586618-Diktat-Ssp

    23/53

    dan stratum granulosum. Badan sel Purkinje berbentuk oval, dari sisisuperficialnya keluar serabut-serabut dendrit yang menyebar luas masuk kedalam stratum moleculare, berada dalam suatu bidang yang tegak lurus padafolium. Percabangan ini tampak jelas pada penampang sagitalis. Dari sisiyang berlawanan (basal aspect) keluar sebuah axon yang mempunyai

    selubung myelin, berjalan ke arah profundus melintasi stratum granulosum,melalui substantia alba dan membentuk synapse dengan nuclei cerebelli.Sel Purkinje merupakan neuron efferen pertama yang membawa impuls mulaidari cortex cerebelli menuju ke nuclei cerebelli, dan selanjutnya dari siniditeruskan ke bagian-bagian lain dari otak. Dari bagian proximal dari setiapaxon sel Purkinje keluar cabang collateral yang berjalan ascendens untukmengadakan hubungan dengan sel-sel Purkinje yang berada di dekatnya,bahkan dapat berhubungan dengan sel-sel Purkinje itu sendiri (yangbersangkutan). Dengan cara ini maka suatu sel dapat segera mempengaruhisel-sel yang berada salaing berdekatan, baik untuk eksitasi maupun untukinhibisi. Masih ada mekanisme lainnya, yaitu membuat sinkron aktivitas suatu

    kelompok sel-sel Purkinje yang letak saling berdekatan, dan dilakukan olehsel-sel basket yang terdapat di dalam stratum moleculare.

    Stratum granulosum berisi banyak sel granular yang berbentukseperti lymphocyt. Sel ini berbentuk bulat atau oval , berdiameter 5 8 um.Dari setiap sel granural keluar 4 - 5 serabut dendrit pendek , yang berjalanmenuju ke suatu glomelurus, yang dinamakan glomerulus atau cerbellarislands adalah daerah yang bebas dari sel granular. Axon dari sel granulartidak mempunyai selubung yelin, berjalan ascendens dengan arah vertikalmenuju ke superficial { stratum moleculare } , membentuk bifurcatio danberjalan paralel dengan axis longitudinal folium , serabut-serabut inidinamakan serabut paralel. Serabut serabut paralel ini terdapat di dalamstratum moleculare dan letaknya tegak lurus terhadap dendrit sel Purkinje,memberi gambaran seperti kabel-kabel listrik di tepi jalan yang berjalan diantara dahan-dahan suatu pohon (dendrit sel Purkinje). Dengan demikianmaka setiap serabut paralel tersebut diperkirakan dapat mengadakanhubungan synapse dengan sejumlah besar (sampai 500) sel Purkinje. Selaindaripada itu serabut-serabut paralel juga mengadakan hubungan synapsedengan dendrit-dendrit sel bintang, sel basket dan sel Golgi tipe II. Di bagiancranialis dari stratum granulosum terdapat banyak sel Golgi tipe II. Dendritdari sel Golgi tipe II meluas ke dalam seluruh lapisan cortex cerebelli dnmengadakan synapse dengan serabut-serabut paralel di dalam stratum

    moleculare. Axon sel Golgi tipe II berakhir di dalam glomerulus. Serabut-serabut afferen cerebellum terutama membawa impuls untuk cortex cerebelli,yang memasuki cerebellum melalui corpus restiforme, brachium pontis danbrachium conjunctivum. Di dalam cortex serabut-serabut ini kehilanganselubung myelin dan berakhir sebagai mossy fibers dan climbing fibers.

    Mossy fibers (= serabut lumut) membentuk bifurcatio di dalamsubstantia alba dan banyak kali memberi percabangannya ke dalam foliumyang berdekatan. Serabut-serabut ini berjalan masuk ke dalam stratumgranulosum, kehilangan selubung myelinnya dan memberi cabang-cabangcollateral. Di sepanjang serabut-serabut tadi dan juga pada ujung terminalnyaterdapat bulatan-bulatan yang dinamakan mossy fiber rosettes. Dan setiap

    rosette membentuk suatu pusat glomerulus. Pada suatu glomerulus selainterdapat sebuah rosette, terdapat pula ujung terminal dendrit dari beberapa

  • 7/30/2019 105586618-Diktat-Ssp

    24/53

    sel granular, ujung terminal axon sel Golgi tipe II dan bagian proximal daridendrit sel Golgi tipe II. Synapse yang terbentuk antara mossy fiber dengansel granular di dalam glomerulus bersifat eksitasi (= exitatory), sedangkansynapse antara sel Golgi tipe II dengan sel granular bersifat inhibisi (=inhibitory). Stimulus yang dibawa oleh serabut mossy disampaikan ke stratum

    moleculare oleh sel-sel granular, dan selanjutnya diteruskan ke sel-selPurkinje sehingga stimulus meluas secara difus pada cortex cerebelli.

    Climbing fibers (= serabut memanjat) adalah serabut-serabut yangberjalan dari substantia alba melalui stratum granulosum dan mencapaidendrit sel Purkinje di dalam stratum moleculare. Setiap climbing fibermembentuk synapse dengan sebuah sel Purkinje, sehingga stimulus ituterbatas pada suatu daerah tertentu pada cortex cerebelli. Dengan demikianmaka kedua jenis serabut tersebut tadi membawa impuls yang dapatmenimbulkan reaksi yang berbeda di dalam cortex cerebelli.Yang termasuk serabut mossy adalah tractus spinocerebellarus, tractuspontocerebellaris dan tractus vestibulocerebellaris. Serabut climbing adalah

    serabut-serabut yang berasal dari nucleus olivarius inferior (= tractusolivocerebellaris).

    Corpus medullare adalah substantia alba yang dibentuk oleh serabut-serabut yang berselubung myelin. Substantia ini meluas masuk ke dalamfolium sehingga pada suatu penampang tampak menyerupai dahan-dahansuatu pohon, keadaan ini dinamakan arbor vitae. Serabut-serabut tersebutmelanjutkan diri ke dalam ketiga pasang pedunculi cerebelli. Serabut-serabutini terdiri dari serabut intrinsik dan ekstrinsik.

    Nuclei cerebelli berada di dalam corpus medullare dan terletak di kirikanan linea mediana. Dibentuk oleh substantia grisea, terletak di sebelahdorsal dan dorsolateral ventriculus quartus.Dari medial ke lateral berturut-turut adalah :

    1. Nucleus fastigii2. Nucleus globosus3. Nucleus emboliformis4. Nucleus dentatusNucleus fastigii terletak paling medial, dekat linea mediana, berada

    pada atap ventriculus quartus. Mempunyai hubungan dengan nucleusvestibularis. Nucleus fastigii termasuk archicerebellum. Menerima serabut-serabut dari lobus anterior,pyramis, uvula, nodulus dan dari nucleusvestibularis.

    Nucleus globosus terdiri dari beberapa sel dan berada di sebelahmedial nucleus emboliformis. Menerima serabut dari palaeocerebellum danmengirim serabut-serabut via pedunculus cerebellaris superior ke nucleusruber.

    Nucleus emboliformis terletak pada hilus nucleus dentatus. Terdiridari sel-sel yang serupa dengan nucleus dentatus. Menerima serabut-serabutdari paleocerebellum dan dari neocerebellum, mengirim serabut melaluipedunculus cerebellaris superior menuju ke nucleus ruber. Nucleusemboliformis dan nucleus globosus termasuk paleocerebellum.

    Nucleus dentatus adalah nucleus yang terbesar dan mempunyaibentuk seperti nucleus olivarius inferior dengan hilus yang membuka ke arah

    medial. Axon dari nucleus ini meninggalkn cerebellum melalui pedunculuscerebellaris superior. Nucleus ini menerima serabut afferen dari cortex

  • 7/30/2019 105586618-Diktat-Ssp

    25/53

    neocerebellum (lobus posterior) dan juga dari lobus anterior, dan serabut-serabut efferen meninggalkan hilus dengan menyilang linea mediana menujuke nucleus ruber sebagai fibra dentatorubralis dan ada yang menuju kethalamus sebagai fibra dentatorubrothalamicus.

    SERABUT AFFEREN DAN EFFERENPedunculus cerebellaris inferior mengandung serabut-serabut yang

    menghubungkan medulla spinalis, medulla oblongata dengan cerebellum.Serabut-serabut afferen terdiri atas :

    1. Tractus spinocerebellaris dorsalis, yang membawa impulsproprioceptive dari medulla spinalis dan berakhir pada lobusposterior cerebelli, yaitu pada vermis dan pada hemispheriumcerebelli yang berdekatan.

    2. Fibrae arcuatae extrnae dorsales et ventrales. Nucleus arcuataeexternae dorsales, yang disebut tractus cuneocerebellaris,merupakan axon dari nucleus cuneatus accessorius, meneruskanimpuls proprioceptive dari daerah cervical dan membrumsuperius. Fibrae arcuatae externae ventrales terutama berasaldari nucleus arcuatus.

    3. Tractus arcuatocerebellaris, berasal dari nucleus arcuatus danberjalan ke arah dorsal dekat linea mediana sampai mencapaidasar ventriculus quartus, selanjutnya membelok ke arah lateralmenyelusuri dasar fossa rhomboidea dikenal sebagai striaemedullares.

    4. Tractus reticulocerebellaris, yang berasal dari nucleus reticularislateralis medullae oblongatae.

    5. Tractus olivocerebellaris, ini adalah satu-satunya serabut climbingyang berakhir pada lobis posterior dan pada nuclei cerebelli danmempunyai pengaruh eksitasi terhadap dendrit sek Purkinje danterhadap sel nuclei cerebelli. Fungsi khusus nucleus olivariusinferior pada manusia belum diketahui dengan pasti.

    6. Tractus vestibulocerebellaris, yang membawa impuls vestibularisdari nucleus vestibularis superior et lateralis dan ada yanglangsung dari nervus vestibularis; berakhir pada lobusflocculonodularis, uvula, lingula dan nucleus fastigii.

    7. Fibrae trigeminocerebellaris, yang berasal dari nucleus pontis dandari nucleus spinalis n.trigemini menuju ke culmen dan declive.

    Serabut-serabut efferen berupa tractus cerebello-spinalis (fasciculusuncinatus Russelli), yang berasal dari nucleus fastigii.

    Pedunculus cerebellaris medius mempunyai bentuk yang lebih besardaripada kedua pedunculus lainnya. Terdiri atas fibrae pontocerebellares,yang sebagian besar menyilang linea mediana di daerah basis pontis, danmencapai cortex cerebelli. Serabut-serabut ini adalah neuron kedua di dalamsusunan fibrae corticoponto-cerebellaris; neuron pertama membentuk fibraecorticopontinae, yang berasal dari daerah asosiasi cortex cerebri lobusfrontalis, lobus temporalis dan lobus occipitalis,

    Pedunculus cerebellaris superior, sebagian besar di bentuk olehserabut-serabut efferen yang berasal dari nucleus dentatus, nucleus

    embolifromis dan nucleus globosus, dan serabut afferen dalam bentuk tractusspinocerebellaris ventralis yang berjalan ke arah mediocranial dan

  • 7/30/2019 105586618-Diktat-Ssp

    26/53

    persilangan setinggi colliculus inferior dalam tegmentum mesencephalis.Tempat persilangan serabut-serabut efferen ini dinamakan decussatiopedunculorum cerebellarium rostralium (= decussatio brachiorumconjunctivorum). Sesudah membentuk decussatio maka sebagian besarserabut-serabut ini berjalan ascendens di dalam brain stem untuk mencapai

    dan berakhir pada nucleus ruber (= fibrae dentatorubrales) dan padathalamus (nucleus ventralis lateralis thalami).Tractus spinocerebellaris ventralis berakhir pada lobus anterior cerebelli(paleocerebellum).Dari nucleus fastigii keluar serabut-serabut efferen, ada yang menyilang lineamediana dan ada yang tidak menyilang, berjalan descendens pada bagianlateral formatio reticularis pontis dan medullae oblongatae. Suatu berkas yangdinamakan fasciculus uncinatus dari Russel berjalan melingkar pedunculuscerebellaris superior lalu bergabung dengan serabut-serabut lainnya, danbersama-sama membentuk tractus fastigiobularis. Tractus ini bergabungbersama-sama dengan fasciculus vestibulocerebellaris, berjalan descendens

    pada sisi medial pedunculus cerebellaris inferior menuju ke nucleusvestibularis lateralis dan nucleus vestibularis inferior.

    CEREBRUMBerbentuk bundar, menempati cavitas cranii.

    Di dalam fossa cranii anterior, bulbus olfactorius dan tractus alfactoriusterdapat pada lamina cribrosa, sedangkan kedua lobus frontalis masing-masing berada di bagian kiri dan kanan fossa.Di dalam fossa cranii media, hypophyse berada pada fossa hypophysis didalam sella tursica, dan kedua lobus temporalis berada di bagian kiri dan

    kanan fossa.Di dalam fossa cranii posterior, medulla oblongata dan pons menempati clivusdan kedua pedunculus cerebri berada pada dorsum sellae, sedangkan keduahemispherium cerebelli berada di sebelah kiri dan kanan fossa.

    Tepi caudal hemispherium ceebri terletak sesuai denagan suatu garispad dinding kepalayang mulai kira-kira 1 cm di cranialis otbits di sebelahfrontal dan berjalan ke arah occipital, lalu kira-kira 15 mm di posterior orbitamembelok ke caudal dan mencapai tepi atas arcus zygomaticus danmengikutinya sampai mencapai processus condylaris mandibulae. Lalu garisini berjalan miring ke cranio-posterior melalui porus acusticus externussampai protuberantia occipitalis externa. Tepi inferior cerebellum berada

    sesuai dengan batas rambut pada tengkuk.Dibagi oleh suatu sulcus yang dalam, disebut fissura longitudinalis

    cerebri, manjadi belahan kiri dan kanan (= hemispherium cerebri). Pada dasardari fissura ini terdapat corpus callosum, yaitu kumpulan substantia alba yangmenghubungkan hemispheium sinister dan dexter.Terdiri dari luar ke dalam :

    1. Cortex cerebri2. Centrum semiovale3. Nuclei basales (= ganglion basalis)4. Rhinencephalon

  • 7/30/2019 105586618-Diktat-Ssp

    27/53

    CORTEXBENTUK PERMUKAAN

    Bentuk permukaan superior dan lateral dari cortex cerebri adalahkonveks (facies superolateralis), permukaan medial datar dan facies inferior

    berbentuk ierguler. Antara facies medialis dan facies lateralis terdapat margosuperior, dan antara facies lateralis dan facies inferior terdapar margolateralis yang bentuknya lebih bundar. Ujung anterior disebut polus frontalis,ujung posterior disebut polis occipitalis, dan di bagian latral terdapat polustemporalis yang merupakan ujung ke arah anterior dari lobus temporalis.Permukaan hemispherium cerebri tidak rata, melainkan ireguler yangdisebabkan oleh adanya sulcus, fissura dan gyrus.

    Sulcus lateralis (= fissura Sylvii) merupakan suatu sulcus yang dalam,berada pada facies lateralis dan memisahkan lobus frontalis dan lobusparietalis di satu pihak dengan lobus temporalis di pihak lainnya. Ke arahcaudoanterior melebar dan membentuk fossa lateralis. Sulcus ini dibagimenjadi dua bagian, yakni pars anterior yang pendek, disebut stem, dan parsposterior yang panjang, ukuran kira-kira 7 cm, disebut ramus posterior. Padabatas antara kedua bagian ini terdapat ramus anterior dan ramus ascendensyang membentuk huruf V dan membuka ke cranial.

    Sulcus centralis Rolandi, mulai dari facies medialis kira-kira padapertengahan margo superior, berjalan ke caudoventral pada facies lateraliissampai hampir mencapai sulcus lateralis di dorsalis ramus ascendens.

    Sulcus calcarinus (=fissura calcarina), berada pada facies medialis dibagian posterior hemispherium. Dimulai di bagian anterior di caudalis darisplenium corporis callosi, berjalan ke cranial ke arah polus occipitalis. Terbagi

    dua oleh ujung sulcus parieto-occipitalis menjadi pars anterior dan parsposterior. Pars anterior merupakan suatu fissura yang lengkap danmenyebabkan terbentuknya tonjolan ke dalam dinding posterior ventriculuslateralis, disebut calcar avis.

    Sulcus parieto-occipitalis berada pada facies medialis di regiooccipitalis, tampak seolah-olah sebagia lanjutan ke arah cranial dari parsanterior sulcus calcarinus. Sulcus ini melewati margo superior kira-kira 5 cmdari polus occipitalis.

    Sulcus cinguli terletak pada facies medialis, mengikuti lengkunganmargo superior, mulai dari rostrum corporis callosi sampai di sebelahposterior sulcus centralis.

    Sulcus collateralis (=fissura collateralis) berada pada permukaaninferior hemispherium cerebri, letak paralel dengan margo lateralis, mulai didekat polus occipitalis sampai hampir mencapai polus temporalis.

    Sulcus circularis letak tersembunyi di bagian dalam fissura lateralisdan mengelilingi insula.

    PEMBAGIAN LOBUS CEREBRIHemispherium cerebri terdiri atas :1. Lobus frontalis2. Lobus parietalis3. Lobus occipitalis

    4. Lobus temporalis

  • 7/30/2019 105586618-Diktat-Ssp

    28/53

    Dan masih ada lobus yang kelima, yakni lobus limbicus, yang dibentuk olehbagian-bagian dari lobus frontalis, lobus parietalis dan lobus temporalis.Lobus ini berbentuk huruf C, berada disekitar diencephalon. Secara tepatlobus limbicus dibentuk oleh :

    1. Area subcallosa

    2. Gyrus cinguli3. Isthmus gyri cinguli4. Gyrus hippocampalis5. Uncus hippocampi6. Corpus amygdaloideum7. Diagonal band of broca

    Lobus frontalisLobus frontalis adalah bagian yang terbesar dari hemispherium

    cerebri, mempunyai facies lateralis, facies medialis dan facies inferior. Disebelah posterior dibatasi oleh sulcus centralis dan di bagian inferior oleh

    fissura lateralis.Pada facies lateralis terdapat sulcus precentralis, yang terletak sejajar dengansulcus centralis, sulcus frontalis superior dan sulcus frontalis inferior, letakmelintang mengarah ke polus frontalis. Sulcus-sulcus ini membatasi gyrusprecentralis, gyrus frontalis superior, gyrus frontalis medius dan gyrus frontalisinferior. Gyrus precentralis berada di antara sulcus centralis dan sulcusprecentralis. Gyrus frontalis superior terletak di superior sulcus frontalissuperior, membentuk facies lateralis dan facies medialis. Gyrus frontalismedius terletak di antara sulcus frontalis superior dan frontalis inferior. Gyrusfrontalis inferior berada di sebelah inferior dari sulcus frontalis inferior, meluasmelewati margo lateralis sampai mencapai pars orbitalis facies inferiorhemispherium. Gyrus frontalis sinister berkembang melebihi yang kanan dandinamakan area Broca (= Brocas area speech).Facies inferior dibagi oleh sulcus orbitalis, yang berbentuk huruf H, menjadigyrus orbitalis medialis, anterior, latral dan posterior. Sulcus olfactoriusditempati oleh tractus olfactorius, memisahkan gyrus rectus daripada gyrusorbitalis medialis.Facies medialis di bagian posterior dibatasi oleh suatu garis yang ditarik daripersilangan sulcus centralis dengan margo superior ke arah caudoventralismenuju corpus callosum, meliputi gyrus frontalis superior dan sebagian darugyrus cinguli. Bagian posterior dari gyrus superior yang meluas ke dalam

    lobus parietalis membentuk lobulus pars centralis.Fungsi lobus frontalis adalah memulai dan mengatur gerakan motoris(voluntary motor function), speech dan berperan dalam proses berpikir(thinking) atau evaluation of ideas.

    Lobus parietalisLobus parietalis membentuk sebagian facies lateralis dan facies

    medialis hemispherium cerebri. Sulcus centralis menjadi batas antara lobusfrontalis dengan lobus parietalis, dan sulcus parieto-occipitalis lobus parietalisdipisahkan dari lobus occipitalis. Dengan lobus temporalis tidak ada batasyang tegas. Sulcus post centralis letak paralel dengan sulcus centralis, dan di

    antara kedua sulcus ini terdapat gyrus centralis posterior. Kira-kira padapertengahan sulcus post centralis terdapat sulcus intraparietalis yang terletak

  • 7/30/2019 105586618-Diktat-Ssp

    29/53

    horizontal menuju ke polus occipitalis dan berhubungan dengan sulcusoccipitalis transversus. Bagian yang nerada di cranialis sulcus intraparietalisdisebut lobulus parietalis dan bagian yang berada di sebelah inferior sulcustersebut disebut lobulus parietalis inferior.Bagian dari lobulus parietalis inferior yang berada melingkari ujung sulcus

    lateralis disebut gyrus supramarginalis, dan bagian yang terletak melingkarpada ujung sulcus temporalis superior dinamakan gyrus angularis.Pada facies medialis sulcus pareito-occipitalis memisahkan lobus parietalisdaripada lobus occipitalis. Ujung sulcus cinguli yang membelok ke supariosmenjadi batas antara precuneus (= lobulus quadratus) dengan lobulus paracentralis.

    Fungsi lobus parietalis adalah menerima stimulus somatosensibel,memori yang berkaitan dengan bahasa dan belajar.

    Lobus occipitalisLobus ini berbentuk piramid dengan puncaknya polus occipitalis.

    Mempunyai facies medialis, lateralis dan inferior. Batas anterior pada faciesmedialis ditentukan oleh sulcus parieto-occipitalis dan suatu garis ujungsulcus parieto-occipitalis sampai di incisura preoccipitalis.Pars posterior fissura calcarina pada facies medialis memisahkan cuneusdaripada gyrus lingualis; cuneus berada di sebelah superior dan gyruslingualis berada di sebelah inferior fissura terrsebut. Batas anterior padafacies lateralis adalah suatu garis yang ditarik dari pars lateralis sulcusparieto-occipitalis menuju ke incisura preoccipitalis. Sulcus occipitalis lateralismembagi facies lateralis menjadi gyrus occipitalis superior dan gyrusoccipitalis inferior. Batas anterior pada facies inferior ditentukan oleh garisyang menghubungkan kedua incisura preoccipitalis. Pars posterior fissuracollateralis memisahkan gyrus lingualis daripada gyrus fusiformis. Berfungsisebagai primary center of vision.

    Lobus temporalisLobus ini terpisah dari lobus frontalis oleh fissura lateralis, dari lobus

    occipitalis oleh suatu garis yang ditarik dari incisura preoccipitalis menuju kesulcus preoccipitalis dan dari lobus parietalis oleh suatu garis yang ditarik daripars posterior fissura lateralis menuju ke polus occipitalis.Facies lateralisnya dibagi oleh sulcus temporalis superior dan sulcustemporalis medius, yang letak sejajar dengan margo lateralis, menjadi gyrus

    temporalis superior, medius dan inferior. Facies superior letak tersembunyi didalam fissura lateralis. Bagian yang membungkus insula membentukoperculum temporalis. Pada bagian posterior fissura lateralis terdapat 3 4buah gyrus yang terletak oblique ke arah latero-frontal, disebut gyrustemporalis transversusu dan salah satunya merupakan centrum corticalpendengaran. Facies inferior lobus temporalis melanjutkan diri pada faciesinferior lobus occipitalis, batasnya adalah incisura preoccipitalis.

    Gyrus parahippocampalis (= gyrus hippocampi) terletak di antarafissura collateralis dan fissura hippocampi. Di bagian posterior berhubungandengan gyrus cinguli melalui isthmus dan dengan gyrus lingualis. Ujunganteriornya membentuk uncus, yang merupakan bagian dari rhinencephalon

    dan dipisahkan dari polus temporalis oleh incisura temporalis.

  • 7/30/2019 105586618-Diktat-Ssp

    30/53

    Fissura hippocampi terletak mulai dari splenium corporis callosisampai di sebelah dalam dari uncus. Fissura ini menyebabkan terbentuknyatonjolan hippocampus di dalam cornu inferius ventriculus lateralis.

    Fungsi lobus temporalis menerima sensasi auditoria dan turutmengatur speech melalui pendengaran.

    InsulaBangunan ini disebut juga lobus centralis. Terletak di bagian

    profundus fissua lateralis, ditutupi oleh operculum frontalis, operculumparietalis dan operculum temporalis, masing-masing berasal dari lobus yangsesuai.Operculum frontalis terdiri ata pars orbitalis dan pars frontalis yang dipisahkanoleh ramus anterior horizontalis dari sulcus lateralis.Sulcus circularis memisahkan insula daripada ketiga opercula tersebut.Insula berbentuk segitiga puncaknya, yang disebut limen insulae,menghadap ke arah substantia perforata anterior. Pada insula terdapat gyruslongus di bagian dorsal dan gyrus brevis berada di bagian anterior.

    STRUKTUR LAPISAN CORTEXPada contrex cerebri terdapat beberapa jenis sel , sebagai berikut :1. Sel pyramidal, berbentuk pyramid, mempunyai sebuah dendrit

    apicalis yang menuju ke permukaan dan beberapa buah dendritbasalis yang berjalan horizontal. Axon dari sel ini keluar daribagian basalis badan sel dan masuk ke dalam substansia alba.Sel pyramidal raksasa terdapat pada gyrus precental

    2. Sel stellata atau sel granularis , berbentuk polygonal danmempunyai beberapa dendrit yang menuju ke berbagai arah dansebuah axon yang pendek . Terdapat pada semua lapisan cortex ,terutama banyak pada lapisan ke IV .

    3. Sel fusiformis atau sel spindle , letak vertikal dan terutamaterdapat dalam lapisan terdalam. Serabut dendrit ada yangmenuju ke permukaan dan ada yang menyebar di dalam lapisanyang sama. Axonnya keluar dari bagian caudal sel dan masuk kedalam substansia alba .

    4. Sel horizontalis dari Cajal, berada pada lapisan yang palingsuperficial , berbentuk fusiformis kecil

    5. Sel dari Martinotti sel-sel kecil berbentuk segitiga terdapat padasemua lapisan cortex , dan mempunyai axon yang berjalan

    ascendens menuju ke permukaan.

    Serabut-serabut pada cortex ada yang berjalan radial dan ada yangtangentia. Serabut-serabut radial arahnya vertikal dari bagian profundamenuju ke permukaan, terdiri dari axon sel-sel pyramidal, sel fusiformis dansel stellata. Serabut-serabut ini merupakan serabut proyeksi dan serabutasosiasi. Serabut-serabut tangential berjalan paralel dengan perrmukaancotex, merupakan serabut terminal dari serabut proyeksi dan asosiasi, axondari sel horizontalis dan sel granularis dan serabut collateralis dari selpyramidal dan sel fusiformis.

    Sel-sel tadi pada cortex cerebri terletak dalam enam lapisan yang

    tersusun dari luar ke dalam, sebagia berikut :I. Lamina molecularis

  • 7/30/2019 105586618-Diktat-Ssp

    31/53

    II. Lamina granularis externaIII. Lamina pyramidalisIV. Lamina granularis internaV. Lamina ganglionarisVI. Lamina multiformis

    Di dalam lamina molecularis terdapat sel-sel horizontalis dan selGolgi tiper II serta ujung dendrit dari sel-sel yang berada pada lapisan disebelah profunda. Serabut-serabut dendrit dan axon membentuk anyamanserabut-serabut tangential.

    Lamina bgranularis externa mengandung sel-sel granularis yangdendritnya menuju ke lamina molecularis dan axonnya menuju ke lapisanyang lebih dalam.

    Lamina pyramidalis mengadung sel-sel pyramidal dari berbagaiukuran, di mana dendrit dari sel ini berakhir pada lamina molecularis danaxonnya memasuki substantia alba sebagai serabut asosiasi dan serabutcommissura.

    Di dalam lamina granularis interna banyak sel-sel stellata dengandendrit yang menyebar di dalam lamina ini dan axonnya menuju ke laminayang letaknya lebih ke profundus.

    Lamina ganglionaris atau lamina pyramidalis interna berisi sel-selpyramidal dengan medium dan besar. Dendruit dari sel-sel ini ada yangmenuju ke lamina molecularis dan ada yang menuju ke lapisan granularisinterna.

    Atas dasar komposisi dan tipe sel serta keberadaan serabut-serabutmyelin dibuatkan peta area pada cortex cerebri. Campbell (05) membuat 20area, Brodmann (09) membagi cortex ke dalam 47 area, dan ini yang banyakdipakai sampai saat ini. Vogts (29) membuat peta dengan lebih dari 200area, Economo (29) membuat 109 area. Brodmann memberi kode nomor 1sd 47 pada peta yang dibuatnya itu.Setiap area di cortex cerebri tidak bekerja sendiri-sendiri, melainkan salingmempengaruhi satu sama lain.

    Area motoris = cortex precentralis, sesuai dengan area 4 Brodmann,berada pada gyrus precentralis. Area ini luas di bagian margo superior danmakin mengecil ke bagian caudal. Pada facies medialis area ini berada dibagian anterior lobulus paracentralis. Area ini berisi sel-sel raksasa pyramidal(giant pyramidal cells of Betz) di dalam lamina ganglionaris. Merupakanpangkal dari tractus pyramidalis, dan sel-sel Betz turut dipengaruhi oleh sel-

    sel pyramidal lainnya (sel ukuran kecil dan medium). Area 4 ini mempunyaikaitan erat dengan area 6 Brodmann. Setiap bagian dari tubuh mempunyaisentrumnya sendiri yang terletak memanjang di sepanjang sulcus centralis.Bagian caudal tubuh (tungkai) diatur oleh area yang letaknya tertinggi padamargo superior hemispherium cerebri, dan semakin ke cranial bagian tubuhmembpunyai sentrumnya yang semakin menurun pada facies lateralis cerebripusat wajah dan cavum oris berada dekat pada fissura lateralis.

    Area premotoris = area precentralis, sesuai denag area 6 Brodmann,berada di bagian rostral atau motoris. Terletal dorsoventral pada facieslateralis dan melanjutkan diri pada facies medialis sampai pada sulcus cinguli.Struktur area ini sama dengan area 4, kecuali tidak mengandung sel raksasa

    betz. Area 6 dan 4 bekerja bersama-sama, dan didahului di area 4.

  • 7/30/2019 105586618-Diktat-Ssp

    32/53

    Di frontalis area 6 terdapat area 8, yang mengatur gerakan bola mata dankepala. Area premotoris merupakan pangkal dari tractus extrapyramidalis.

    Area frontalis adalah daerah yang berada di rostral area precentralis.Mempunyai hubungan dengan bagian bagian lain dari cortex cerebri danthalamus. Rangsangan pada daerah ini memberi efek pada circulasi,

    respirasi, reaksi pupil dan aktivitas isceral.Area broca (=speech area) berada pada operculum frontalis, sesuai

    area 44 Brodmann. Berkembang lebih baik pada hemisphrium kiri pada orangyang menggunakan lengan kanan yang lebih dominan kerusakan padadaerah ini menimbulkan aphasi motoris.

    Area postcentralis adalah area 3, 1, 2 Brodmann merupakan areasensoris atau area somesthetic. Berada pada facies latelaris gyruspostcentralis dan meluas sampai ke lobulus para centralis pada permukaanmedialis . area ini menirima stimulus proprioceptive dan exterocep tive yangberasal dari medulaa spinalis dan medulla oblongata setelah melalui stationperantara di thalamus. Daerah yang menerima stimulus tersebut berada pada

    peta yang mempunyai gambar yang sama seperti peta pada area precentralisArea stiriata = area visualis sensoris = area 17, berada pada

    dinding pars posterior sulcus calcirunus, meluas ke cuneus di bagian superiordan meluas ke gyrus lingualis di bagian inferior dan mengelilingi polusoccipitalis pada facies latelaris. Merupakan centrum cortical visualis.Menerima stimulus dari corpus geniculatum laterale. Pada tempat ini dikenaldan dapat dibedakan warna, bentuk ukuran dan gerakan.

    Area parastriata = areavicualis psychis = area 18 dan 19 Brodman,berada mengelilingi area visualis sensoris berperan untuk mengenalpengalaman yang lalu (terakit dengan identifikasi)

    Area auditoris sensoris = area pendengaran, sesuai dengan area 41dan 42, berda pada gyrus temporalis transversus dan pada sebagian darigyrus temporalis superior menerima serabut-serabut dari corpus geniculatummediale melalui radiotio auditoria. Peranannya adalah menentukan keras,kualitas dan ketajaman suara

    Area auditoris psychis , sesuai dengan ar