Teori geosentris & heliosentris

Post on 17-Feb-2017

319 views 4 download

Transcript of Teori geosentris & heliosentris

Shibu lijack

TEORI GEOSENTRIS & HELIOSENTRIS

PERBEDAANTEORI GEOSENTRIS & HELIOSENTRIS

Teori Geosentris yaitu teori yg menganggap bahwa bumi adalah pusat tata surya kita teori ini dikemukakan oleh ilmuwan bernama Galileo Galilei.

Anggapan ini muncul kira-kira pada abad ke-6 sebelum Masehi. Keberadaan anggapan Geosentris juga didukung oleh beberapa ilmuan, seperti: Plato, Socrates, Aristoteles,

Anaximander, dan Pythagoras.

PERBEDAANTEORI GEOSENTRIS & HELIOSENTRIS

Teori geosentris berhasil Klaudiusz Ptolemeusz astronom Yunani di abad ke-II dan ia menunjukkan itu dalam karyanya "Megale syntaksis".

Asumsi:

- Bergerak Bumi adalah pusat alam semesta, - 20 000 earthbeam menjauh dari pusat alam semesta ada bola kristal, - Di dalam lingkup ada 7 planet: Bulan, Merkurius, Venus, Matahari, Mars, Jupiter, Saturn, - Konstan bintang tetap untuk bola, - Bulan dan Matahari bergerak langsung pada lingkaran (deferents) di sekitar Bumi, - Planet lain juga bergerak di aroun lingkaran Bumi, tetapi, lebih jauh lagi, mereka melakukan gerakan seragam rute yang lebih kecil yang disebut epicycle. Ringkasan ini diterjemahkan dari Geocentric Theory

PERBEDAANTEORI GEOSENTRIS & HELIOSENTRIS

Teori heliosentris yaitu teori ini mengatakan bahwa matahari adalah pusat tata surya. Jadi, bumi dan planet-planet lainnya bergerak mengelilingi matahari, dan pencentusnya adalah copernicus (menurut cendekiawan barat).

Keberadaan anggapan Heliosentris juga didukung oleh beberapa ilmuwan, seperti: Galileo, Isaac Newton, Nicolaus Copernicus, dan Johanes Kepler.

PERBEDAANTEORI GEOSENTRIS & HELIOSENTRIS

Terjadi Perbedaan Musim di Bumi

Thank you